Frankfurt am Main

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Frankfurt)
Langsung ke: navigasi, cari
"Frankfurt" beralih ke halaman ini. Untuk penggunaan lain, lihat Frankfurt (disambiguasi)
Frankfurt am Main
Panorama Frankfurt am Main, searah jarum jam dari kiri atas: Facade of the Römer dan Katedral Frankfurt, Patung Charlemagne di Museum Sejarah Frankfurt, pemandangan Frankfurt dan Sungai Main
Panorama Frankfurt am Main, searah jarum jam dari kiri atas: Facade of the Römer dan Katedral Frankfurt, Patung Charlemagne di Museum Sejarah Frankfurt, pemandangan Frankfurt dan Sungai Main
Lambang Frankfurt am Main
Frankfurt am Main is located in Jerman
Frankfurt am Main
Koordinat 50°6′42,5″LU 8°41′9,4″BT / 50,1°LU 8,68333°BT / 50.10000; 8.68333
Administrasi
Negara Jerman
Negara bagian Hessen
Regierungsbezirk Darmstadt
Distrik Distrik urban
Pembagian Kota 16 kawasan distrik (Ortsbezirke)
46 distrik kota (Stadtteile)
Walikota Peter Feldmann (SPD)
Partai yang berkuasa CDUHijau
Statistik dasar
Area 24.831 km2 (9,587 mil²)
Elevasi 112 m  (367 kaki)
Populasi  695.624  (30 September 2011)[1]
 - Kepadatan 2.801 /km2 (7.256 /mil²)
 - Perkotaan 2.895.000
 - Metro 5.600.000 (10/2006)
Didirikan abad ke-1
Informasi lain
Zona waktu CET/CEST (UTC+1/+2)
Tanda nomor kendaraan bermotor F
Kode pos 60001–60599, 65901–65936
Kode wilayah 069, 06109, 06101
Situs web www.frankfurt.de
Lokasi the kota of Frankfurt am Main di Hessen
Map

Frankfurt am Main Tentang suara ini Frankfurt am Main (ˈfʁaŋkfʊɐtʰ am ˈmaɪn; biasa hanya dipanggil Frankfurt) adalah kota terbesar di negara bagian Hessen di Jerman dan kota terbesar kelima di Jerman, dengan jumlah penduduk pada tahun 2012 sebesar 704.449 orang.[1] Kawasan urban kota ini diperkirakan berpenduduk 2,3 juta orang pada tahun 2010.[2] Kawasan Metropolitan Frankfurt mempunyai penduduk kira-kira 5,6 juta orang[3] dan merupakan kawasan metropolitan kedua terbesar di Jerman.

Frankfurt adalah pusat keuangan dan transportasi serta pusat finansial terbesar di benua Eropa. Kota ini menjadi tempat dari kantor pusat Bank Sentral Eropa, Bank Federal Jerman, Bursa Efek Frankfurt dan Pameran Perdagangan Frankfurt, serta beberapa bank besar lain seperti Deutsche Bank, Commerzbank dan DZ Bank. Bandara Frankfurt merupakan salah satu bandara internasional tersibuk di dunia, Stasiun Sentral Frankfurt merupakan salah satu terminal stasiun terbesar di Eropa, dan Frankfurter Kreuz juga merupakan salah satu persimpangan Autobahn tersibuk di Eropa. Indonesia juga memiliki konsulat jenderal di kota ini.

Pada tahun 2011, firma konsultan Mercer menempatkan Frankfurt sebagai kota dengan Kualitas Hidup terbaik ketujuh di dunia.[4] Menurut majalah The Economist, biaya hidup di Frankfurt adalah yang termahal di Jerman, dan biaya hidup kota ini berada di urutan ke-10 termahal dunia.[5] Frankfurt biasa dipanggil dengan nama lengkapnya untuk membedakannya dari Frankfurt lainnya di Jerman, Frankfurt an der Oder.

Frankfurt sebagai ibukota Jerman[sunting | sunting sumber]

Frankfurt sejak lama telah menjadi pusat politik Jerman selama berabad-abad. Bahkan Frankfurt sering disebut sebagai ibukota Jerman yang non de facto. Dari 855-1792 Frankfurt adalah kota pemilihan bagi para Kaisar Jerman dalam Kekaisaran Suci Romawi. Dari 1848/49 kota ini adalah ibukota revolusi dan situs parlemen Jerman pertama yang dipilih secara demokratis. Revolusi akhirnya gagal, dan pada 1949 Frankfurt kalah dalam pemilu parlemen untuk status ibukota Jerman Barat dari Bonn dengan selisih satu suara, yang terpilih karena letaknya yang dekat dengan rumah Kanselir Jerman yang pertama, Konrad Adenauer.

Alasan lain mengapa Frankfurt tidak dipilih ialah bahwa mereka takut bahwa orang Jerman akan enggan memindahkan ibukota kembali ke Berlin, jika Jerman bersatu kembali. Namun di sisi lain, bandara internasional utama Jerman terletak di Frankfurt dan bukan di dekat Bonn maupun Berlin.

Setelah jatuhnya Tembok Berlin pada 1990, Berlin menjadi pilihan yang jelas untuk ibukota Jerman.

Pemandangan kota[sunting | sunting sumber]

Marka tanah[sunting | sunting sumber]

Römer, balaikota Frankfurt

"Römer" dalam bahasa Jerman berarti "Roman" dan merupakan nama dari sebuah kompleks 9 rumah yang membentuk balaikota Frankfurt (Rathaus). Rumah-rumah ini dibeli oleh dewan kota pada tahun 1405 dari sebuah keluarga pedagang kaya. Rumah di tengah menjadi balaikota dan kemudian terhubung dengan bangunan di sebelahnya. Di atasnya terdapat Kaisersaal ("Emperor's Hall"), tempat raja baru dilantik. Römer hancur sebagian ketika Perang Dunia II dan kemudian dibangun kembali. Alun-alun di dekatnya dinamakan Römerberg.

Katedral Santo Bartolomeus (Dom Sankt Bartholomäus), dinamai dari Santo Bartolomeus, adalah gedung bergaya gotik yang dibangun pada abad ke-14 dan 15. Mulai tahun 1356, pemimpin Kekaisaran Romawi Suci dipilih dari gereja ini, dan pada tahun 1562 sampai 1792, raja Romawi Jerman juga naik tahta dari katedral ini. Saat ini, Katedral Santo Bartolomeus menjadi gereja utama kota Frankfurt.

Meskipun disebut "katedral", namun gereja ini tidak pernah menjadi tempat kediaman para uskup. Gereja ini pernah terbakar tahun 1867 dan kemudian dibangun kembali dengan bentuk sekarang. Gereja ini hancur lagi pada Perang Dunia II dan dibangun kembali tahun 1950-an. Tinggi katedral ini 95 meter.

Gereja Santo Paulus (Paulskirche) adalah bangunan bersejarah di Jerman yang mempunyai simbol politis, karena dulunya gedung ini dipakai sebagai gedung Parlemen pertama yang terpilih tahun 1848. Awalnya didirikan tahun 17789 sebagai gereja Protestan namun tak pernah selesai sampai 1833. Gereja ini kemudian berperan penting bagi Parlemen Frankfurt ketika mereka berkumpul di gereja ini tahun 1848/49 untuk merumuskan konstitusi untuk Jerman. Usaha ini gagal karena kerajaan Prusia dan Austria tidak mau menyerah, dan mereka mengirimkan pasukan kesini sehingga parlemen bubar. Setelah itu, gedung ini kembali digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Gereja Santo Paulus hancur sebagian ketika Perang Dunia II dan kemudian dibangun kembali dengan arsitektur modern. Saat ini gedung gereja tidak lagi digunakan sebagai gereja, namun sebagai tempat pameran.

  • Archäologischer Garten Frankfurt

Taman Arkeologi berisi sebagian kecil dari gedung-gedung tertua yang ada di Frankfurt: penduudukan Romaw kuno dan Frankfurt Royal Palace (Kaiserpfalz Frankfurt) dari abad ke-6. Taman ini terletak antara Römerberg dan Katedral Santo Bartolomeus. Kawasan ini ditemukan setelah Perang Dunia II setelah hancur akibat dibom dan kemudian dibangun kembali.

  • Haus Wertheim

Rumah Wertheim adalah satu-satunya rumah berbahan kayu pada distrik Altstadt yang selamat setelah pengeboman dahsyat selama Perang Dunia II tanpa rusak sedikit pun. Terletak dekat Römerberg sebelah Museum Sejarah.

  • Saalhof

Saalhof adalah gedung tertua di distrik Altstadt yang sudah ada sejak abad ke-12. Gedung ini digunakan sebagai tempat pameran oleh para pedagang pakaian Belanda ketika pameran perdagangan digelar di Frankfurt pada abad ke-14 dan 15. Saalhof hancur sebagian ketika Perang Dunia II dan kemudian dibangun kembali. Saat ini Saalhof bagian dari Museum Sejarah.

  • Eiserner Steg

Eiserner Steg (Jembatan Besi) adalah jembatan khusus pejalan kaki yang melintasi sungai Main yang menghubungkan Römerberg dan Sachsenhausen. Dibangun pada tahun 1868 dan merupakan jembatan perlintasan sungai kedua di Frankfurt. Pernah hancur akibat dibom Wehrmacht saat Perang Dunia II, tahun 1946 jembatan ini dibangun kembali. Saat ini sekitar 10.000 orang melintasi jembatan ini setiap harinya.

Alte Oper, gedung konser, di Opernplatz

Alte Oper dulunya merupakan gedung pertunjukan opera, maka namanya "Old Opera". Dibangun pada tahun 1880 oleh arsitek Richard Lucae. Merupakan salah satu gedung opera utama di Jerman sampai hancur akibat Perang Dunia II. Sampai akhir 1970-an, gedung ini masih berupa reruntuhan. Akibat tekanan dari masyarakat, gedung ini dibangun dan akhirnya dibuka kembali tahun 1981. Saat ini, Alte Oper berfungsi sebagai gedung konser, sedangkan pertunjukan opera sendiri dimainkan di Oper Frankfurt.

Menara Eschenheim (Eschenheimer Turm) dibangun pada awal abad ke-15 dan berperan sebagai gerbang kota pada abad pertengahan. Merupakan bangunan tertua pada distrik Innenstadt.

Gereja Santa Catherine (Katharinenkirche) adalah gereja evangelikal terbesar di Frankfurt, mengambil nama santa pelindung Katarina dari Aleksandria. Terletak di tengah kota, dekat pusat perbelanjaan Zeil.

Bangunan Hauptwache didirikan pada tahun 1730 dan pada awalnya digunakan sebagai penjara. Saat ini alun-alun yang mengelilingi bangunan ini juga disebut "Hauptwache" (formal: An der Hauptwache). Terletak di tengah kota kebalikan dari Gereja Santa Katarina.

Stasiun Utama Frankfurt (Frankfurt Hauptbahnhof) dibuka tahun 1888 untuk menggantikan 3 stasiun lainnya yang lebih kecil. Stasiun ini adalah stasiun terminus dan merupakan stasiun kereta terbesar di Eropa berdasarkan luasnya sampai Stasiun Utama Leipzig dibuka tahun 1915.

  • Frankfurter Hof

Frankfurter Hof adalah hotel yang terletak di kawasan Kaiserplatz, dibangun tahun 1872-1876. Merupakan bagian dari grup Steigenberger Hotels dan merupakan salah satu hotel paling prestisius di Frankfurt.

Arsitektur abad ke-20[sunting | sunting sumber]

Gedung IG Farben, juga dikenal dengan Gedung Poelzig (Poelzig-Bau) dibangun tahun 1928-1930 sebagai kantor pusat dari konglomerat industri kimia I.G. Farbenindustrie AG. Terletak pada distrik Westend dan berbatasan dengan Grüneburgpark di sebelah barat. Ketika gedung ini selesai dibangun, kompleksnya merupakan bangunan kantor terbesar di Eropa dan bertahan sampai 1950-an. Gedung ini juga berperan sebagai kantor pusat proyek penelitian Nazi Jerman di masa perang: minyak buatan dan karet buatan, serta administrasi produksi magnesium, oli pelumas, metanol dan Zyklon B, gas letal yang digunakan pada kamp konsentrasi.[6][7] Setelah perang, Gedung IG Farben digunakan sebagai kantor pusat Supreme Allied Command dan Komisioner Tinggi Jerman (1949–1952). Lokasi ini juga Komisioner Tinggi untuk Jerman. Gedung ini juga pernah dipakai untuk pengambilan keputusan Marshall Plan yang memberikan bantuan keuangan bagi Eropa pasca perang. Gedung IG Farben kemudian digunakan pemerintah Amerika Serikat untuk Korps V A.S. sampai 1995. Setelah dikembalikan ke pemerintah Jerman, kemudian dibeli oleh pemerintah negara bagian Hesse dan menjadi bagian Kampus Westend Universitas Goethe bulan Oktober 2001.

Gedung IG Farben, sekarang digunakan sebagai gedung Kampus Westend Universitas Goethe

Arsitektur abad ke-21[sunting | sunting sumber]

The Squaire in 2011
  • Die Welle (The Wave), dibangun 1998–2003, kompleks gedung perkantoran di samping Opernplatz.
  • Alte Stadtbibliothek, dibangun ulang 2003–2005, rekonstruksi dari perpustakaan umum lama yang dibangun 1820-1825.
  • Palais Thurn und Taxis, dibangun ulang 2004–2009, rekonstruksi istana yang sebelumnya dibangun 1731-1739.
  • MyZeil, dibangun 2004–2009, sebuah pusat perbelanjaan.

The Squaire, juga dikenal dengan Airrail Center Frankfurt, adalah gedung perkantoran setinggi 45 m (147.64 kaki) dan panjang 660 m (2,165.35 kaki) yang terletak di Bandara Frankfurt. Dibangun pada tahun 2006-2011 diatas stasiun kereta bandara dan mempunyai jembatan penghubung ke Terminal 1 untuk pejalan kaki. Dengan luas 140.000 (1,506,947 ft²), gedung ini merupakan gedung perkantoran terbesar di Jerman. Penyewa utama Squaire antara lain KPMG Europe LLP, 2 Hotel Hilton dan Lufthansa.

Pencakar langit[sunting | sunting sumber]

Bagian atap Menara Main pada ketinggian 200 meter

Frankfurt adalah satu dari sedikit kota di Eropa yang memiliki banyak gedung pencakar langit dengan tinggi lebih dari 150 m (492.13 kaki). Kebanyakan gedung tinggi ini berada pada distrik finansial (Bankenviertel), sekitar pameran perdagangan (Europaviertel) dan Mainzer Landstraße.

Gedung pencakar langit yang ada di Frankfurt antara lain:

Gedung tinggi lainnya:

Pemandangan Frankfurt bulan Juni 2013, dilihat dari selatan-barat

Pusat perbelanjaan[sunting | sunting sumber]

Zeil adalah sebuah jalan pusat perbelanjaan di Frankfurt dan salah satu yang teramai di Jerman. Jalan ini adalah jalanan khusus pejalan kaki dan dibatasi oleh 2 lapangan publik besar: Hauptwache di barat dan Konstablerwache di Jerman. Toko-toko yang ada disana antara lain H&M, Saturn, Esprit, Zara atau NewYorker. Tahun 2009 MyZeil dibuka di kawasan ini.

Goethestraße adalah jalan perbelanjaan termahal di Frankfurt. Toko-toko yang ada antara lain Louis Vuitton, Prada, Gucci, Tiffany, Giorgio Armani, Versace, Cartier, Burberry, Vertu dan Bulgari.

"Freßgass" adalah nama jalan khusus pejalan kaki yang berada di antara Börsenstraße dan Opernplatz di pusat kota.

  • Berger Straße

Berger Straße adalah jalan perbelanjaan terpanjang di Frankfurt. Jalan ini lebih sepi dibandingkan Zeil dengan toko, restoran dan kafe yang lebih kecil.

  • Braubachstraße

Brauchbachstraße terletak di distrik Altstadt, dekat dengan kawasan sejarah kota, banyak terdapat galeri seni dan toko buku bekas.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Bandara[sunting | sunting sumber]

Bandara Frankfurt dan Frankfurter Kreuz (sisi kanan bawah)

Kota ini dapat dicapai melalui Bandara Frankfurt (Flughafen Frankfurt am Main) yang terletak 12 km (7 mil) dari pusat kota. Bandara ini memiliki 4 landasan pacu dan melayani perjalanan ke 265 destinasi di seluruh dunia. Bandara ini dioperasikan oleh Fraport. Bandara Frankfurt merupakan salah satu bandara penumpang tersibuk di dunia dan kedua tersibuk di Eropa untuk jumlah kargo. Bandara ini juga merupakan penghubung bagi maskapai Condor dan penghubung utama untuk maskapai utama Jerman, Lufthansa. Jumlah penumpang Bandara Frankfurt tahun 2012 adalah 57,5 juta orang.

Bandara Frankfurt dapat dicapai dengan mobil, bus, atau kereta. Ada 2 stasiun kereta di bandara Frankfurt, satu kereta regional dan satu kereta jarak jauh. Jalur S-Bahn S8 dan S9 (arah Offenbach Ost atau Hanau Hbf) berangkat dari stasiun regional membutuhkan waktu 10-15 menit untuk tiba di Stasiun Utama Frankfurt dan stasiun Hauptwache), sedangkan kereta IC dan ICE berangkat dari stasiun jarak jauh.

Bandara Hahn Frankfurt (Flughafen Frankfurt-Hahn) terletak 120 km (75 mil) dari Frankfurt, dekat kota Lautzenhausen (Rhineland-Palatinate). Bandara Hahn merupakan penghubung utama bagi maskapai murah Ryanair. Bandara ini hanya bisa dicapai dengan mobil dan bus. Ada layanan bus yang berangkat dari Stasiun Utama Frankfurt setiap satu jam sekali yang memakan perjalanan kurang lebih 1 jam 45 menit. Tahun 2012, bandara ini melayani 3,5 juta orang.

Bandara Egelsbach Frankfurt (Flugplatz Frankfurt-Egelsbach) adalah bandara penerbangan umum yang terletak sebelah utara Bandara Frankfurt, dekat kota kecil Egelsbach.

Jalan raya[sunting | sunting sumber]

Karena letaknya yang berada di tengah Jerman, Frankfurt menjadi penghubung utama bagi sistem jalan tol Jerman (Autobahn). Frankfurter Kreuz adalah perlintasan Autobahn yang dekat dengan bandara, sedangkan Bundesautobahn 3 (A3), Cologne ke Würzburg, dan Bundesautobahn 5 (A5), Basel ke Hannover. Dengan 320.000 jumlah kendaraan setiap harinya, perlintasan ini adalah yang tersibuk di Eropa. Bundesautobahn 66 (A66) menghubungkan Frankfurt dengan Wiesbaden di barat dan Fulda di timur. Bundesautobahn 661 (A661) adalah jalan raya komuter yang bermula di selatan (Egelsbach) kemudian lurus melalui timur Frankfurt dan berakhir di utara (Oberursel).

Jalan-jalan raya Frankfurt biasanya dipenuhi kendaraan ketika jam sibuk. Beberapa kawasan, terutama dekat pusat perbelanjaan Zeil, Goethestraße dan Freßgass, hanya boleh dilewati pejalan kaki, namun lahan parkir kendaran tersedia di seluruh sudut kota.

Stasiun kereta api[sunting | sunting sumber]

Stasiun Utama Frankfurt (Frankfurt Hauptbahnhof) adalah stasiun terbesar di Jerman berdasarkan lalu lintas kereta. Dari segi jumlah penumpang, stasiun ini menempati peringkat kedua bersama dengan München Hauptbahnhof dengan 350.000 penumpang per hari. Terletak antara distrik Gallus, Gutleutviertel dan Bahnhofsviertel, tidak jauh dari pusat keuangan dan pameran perdagangan. Frankfurt Hauptbahnhof berperan sebagai penghubung untuk kereta jarak jauh (InterCity, ICE) dan kereta regional. Selain itu, direncanakan juga kereta ICE menuju London via Terowongan Channel tahun 2013.[8] Semua jalur Rhine-Main S-Bahn, 2 jalur U-Bahn (U4, U5), beberapa tram dan jalur bus juga berhenti disini.

  • Stasiun Bandara Frankfurt

Bandara Frankfurt mempunyai 2 stasiun kereta: Stasiun jarak jauh Bandara Frankfurt (Frankfurt Flughafen Fernbahnhof) yang hanya digunakan untuk lalu lintas jarak jauh dan menghubungkan bandara dengan stasiun utama. Stasiun jarak jauh terletak di luar kawasan bandara, namun mempunyai bandara penghubung ke terminal 1. Sedangkan Stasiun regional Bandara Frankfurt (Frankfurt Flughafen Regionalbahnhof) digunakan untuk kereta-kereta lokal S-Bahn (lines S8, S9) dan kereta regional. Stasiun regional juga berada di Terminal 1.

Stasiun ketiga jarak jauh di Frankfurt adalah Stasiun Selatan (Frankfurt Südbahnhof), terletak di Sachsenhausen. Stasiun ini juga menjadi tempat pemberhentian kereta lokal dan tram (jalur 14 ke 16, 19) dan stasiun terakhir untuk 4 jalur U-Bahn (U1, U2, U3, U8) dan 2 jalur S-Bahn (S5, S6).

  • Stasiun Messe

Pameran Perdagangan Frankfurt mempunyai 2 stasiun: stasiun Messe untuk kereta lokal S-Bahn (jalur S3-S6) dan terletak di pusat pameran dan stasiun Festhalle/Messe untuk jalur U-Bahn U4 yang terletak di timur laut pameran.

Dua stasiun utama lainnya yang ada di pusat kota adalah Konstablerwache dan Hauptwache, masing-masing terletak di ujung Zeil. Stasiun Konstablerwache dan Hauptwache masing-masing adalah stasiun kedua dan ketiga tersibuk di Frankfurt.

Transportasi umum[sunting | sunting sumber]

Kereta U-Bahn di Hauptwache
Jaringan transportasi umum
Map transportasi umum (2011)

Kota ini mempunyai 2 sistem kereta bawah tanah: U-Bahn dan S-Bahn, serta sistem tram diatas tanah. Informasi S-Bahn dan U-Bahn dapat dilihat di situs web milik RMV.[9]

Ada 9 jalur S-Bahn (S1 sampai S9) menghubungkan Frankfurt dengan kota-kota di sekitar Kawasan Rhine- Main. Kebanyakan rute memiliki pelayanan selang 15-menit. Semua jalur, kecuali S7, melewati terowongan kota Frankfurt dan melewati stasiun Ostendstraße, Konstablerwache, Hauptwache, Taunusanlage dan Stasiun Utama Frankfurt. Ketika meninggalkan kota, jalur S-Bahn melewati atas tanah. S-Bahn juga melewati kota-kota terdekat seperti Wiesbaden, Mainz, Darmstadt, Rüsselsheim, Hanau, Offenbach am Main, Oberursel, Bad Homburg, Kronberg, Friedberg dan kota-kota kecil lainnya yang ada sepanjang jalur.

Ada 9 jalur U-Bahn (U1 sampai U9) melayani Frankfurt dan Bad Homburg serta Oberursel. Interval perjalanan tiap pemberhentiannya sekitar 7,5 sampai 10 menit.

Frankfurt mempunyai 10 jalur tram (11, 12, 14 sampai 21), dengan tiap tramnya tiba setiap 10 menit. Banyak kawasan yang dilintasi 2 jalur sekaligus, sehingga mengurangi waktu tunggu di jam sibuk. Tram hanya ada di atas tanah dengan pemberhentian yang lebih banyak daripada U-Bahn atau S-Bahn.

  • Bus

Berbagai macam jalur bus melengkapi sistem transportasi publik kota Frankfurt. Bus malam menggantikan pelayanan U-Bahn dan tram pada jam 1.30 sampai 3.30 pagi.[10]

Taksi[sunting | sunting sumber]

Taksi dapat ditemukan di luar stasiun S-Bahn, U-Bahn, bandara, pameran perdagangan, dan tempat-tempat ramai lainnya.

Sepeda[sunting | sunting sumber]

Velotaxi di Zeil

Deutsche Bahn tidak hanya mengoperasikan jaringan kereta saja, namun juga menyewakan sepeda di berbagai penjuru kota. Sepeda ini dapat dengan mudah diketahui karena warnanya yang mencolok silver-merah.

Ekonomi dan bisnis[sunting | sunting sumber]

Karena banyaknya institusi dan lembaga keuangan penting, Frankfurt adalah salahs satu pusat keuangan dunia. Kota ini berada pada urutan ketujuh untuk Indeks Perkembangan Pusat Finansial Internasional (2012), urutan kedelapan pada Indeks Pusat Dunia untuk Komersial, urutan kesepuluh untuk Indeks Pusat Finansial Global (2013)[11] dan Indeks Kekuatan Kota Global (2011), urutan kesebelas pada Indeks Kekompetitifan Kota Global (2012), urutan keduabelas pada Indeks Kota Inovasi (2011),[12] keempat belas pada Survei Kota Dunia dan ke-23 pada Indeks Kota Global (2012).[13]

Bank Sentral[sunting | sunting sumber]

Lambang Euro di depan Eurotower, kantor pusat Bank Sentral Eropa

Frankfurt menjadi kedudukan dari 2 bank sentral penting.

Bank Sentral Eropa (Europäische Zentralbank) adalah bank yang menetapkan kebijakan moneter untuk kawasan Zona Eropa, yang terdiri dari 17 negara Uni Eropa yang telah mengadopsi mata uang tunggal Euro (€). Sejak berdiri tahun 1998, kantor pusat Bank Sentral Eropa berada di Eurotower di Willy-Brandt-Platz.

Bank Federal Jerman (Deutsche Bundesbank), terletak di Bockenheim, didirikan tahun 1957 sebagai bank sentral Republik Federal Jerman. Sampai diperkenalkannya euro (€) tahun 2002, Deutsche Bundesbank bertanggung jawab atas kebijakan moneter Jerman dan mata uang Jerman sebelumnya yaitu Deutsche Mark (DM). Saat ini Bundesbank bagian dari Sistem Bank Sentral Eropa yang dibentuk oleh 27 negara Uni Eropa.

Bank[sunting | sunting sumber]

Menara Kembar Deutsche Bank di distrik finansial
Menara Westend, juga dikenal dengan Westendstraße 1 atau Crown Tower, Kantor Pusat DZ Bank
Opernturm, Kantor pusat UBS Jerman di Opernplatz

Tahun 2010, ada 63 bank nasional dan 152 bank internasional mempunyai kantor di kota Frankfurt, memperkerjakan 73.200 orangw.[14]

Deutsche Bank adalah bank komersial terbesar di Jerman. Bank ini mempunyai pangsa pasar 15% dengan total aset sebesar 1.900 miliar euro tahun 2010. Deutsche Bank termasuk dalam 30 bank terbesar di dunia dengan sepuluh bank terbesar di Eropa.[15] Deutsche Bank juga termasuk dalam DAX, indeks kapitalisasi pasar dari 30 perusahaan terbesar Jerman di Bursa Efek Frankfurt.

Commerzbank adalah bank komersial kedua terbesar di Jerman dengan total aset 754 miliar euro (2010). Tahun 2009, Commerzbank merger dengan kompetitornya Dresdner Bank. Karena merger dan mengalami resiko kredit tinggi, Commerzbank kemudian dinasionalisasi sebagian (25%) ketika krisis finansial 2009. Kantor pusat Commerzbank berada di Menara Commerzbank (259 meter), gedung tertinggi di Uni Eropa.

KfW Banking Group adalah bank pembangunan yang dimiliki pemerintah. Dibentuk pada tahun 1948 sebagai bagian dari Marshall Plan untuk membangun kembali Jerman pasca Perang Dunia II. Saat ini KfW menyediakan jasa pinjaman dengan bunga rendah (lebih rendah daripada bank komersial), terutama untuk bisnis kelas menengah. Dengan total aset 442 miliar euro, KfW adalah bank terbesar ketiga Jerman.

Landesbank Hessen-Thüringen, atau Helaba, adalah bank sentral federal (Landesbank) untuk negara bagian Hesse dan Thuringia. Maka, bank ini dimiliki oleh pemerintah negara bagian dan menyediakan jasa bagi bisnis umum lokal (Sparkassen). Helaba adalah satu dari sembilan Landesbanken di Jerman.

  • Bank internasional

Banyak bank-bank dari luar negeri mempunyai kantor di Frankfurt, seperti Credit Suisse, UBS, Bank of America, Morgan Stanley, Goldman Sachs, Merrill Lynch, JPMorgan Chase & Co., Bank of China, Banco do Brasil, Itaú Unibanco Société Générale, BNP Paribas, SEB, Royal Bank of Scotland dan Barclays.

Bursa Efek Frankfurt[sunting | sunting sumber]

Bull and bear di depan Bursa Efek Frankfurt

Saat ini Bursa Efek Frankfurt (Frankfurter Wertpapierbörse) adalah bursa terbesar di Jerman dengan perputaran lebih dari 90 persen di pasar modal Jerman. Di Eropa, Bursa Frankfurt menempati urutan ketiga setelah Bursa Efek London dan NYSE Euronext. Indeks pasar modal paling penting di bursa ini adalah DAX, indeks dari 30 perusahaan Jerman terbesar. Bursa ini dimiliki dan dioperasikan oleh Deutsche Börse.

Bursa Efek Frankfurt terletak di pusat kota di Börsenplatz. Kantor pusat Deutsche Börse telah pindah ke Eschborn tahun 2010, karena pajak korporat yang lebih rendah disana.

Pameran Perdagangan Frankfurt[sunting | sunting sumber]

Messeturm dilihat dari pameran, kantor pusat Goldman Sachs Jerman

Pameran perdagangan mempunyai sejarah panjang di Frankfurt karena sudah ada sejak abad ke-12. Sekarang, Pameran Perdagangan Frankfurt (Messe Frankfurt) adalah pameran perdagangan terbesar ketiga di dunia dengan luas pameran 578.000 meter persegi. Pameran ini diselenggarakan di Bockenheim, antara distrik Westend dan Gallus.

Selain itu, Frankfurt juga menggelar acara Frankfurt Motor Show (Internationale Automobil-Ausstellung – IAA), pameran otomotif terbesar dunia; Pameran Buku Frankfurt (Frankfurter Buchmesse), pameran buku terbesar dunia; Ambiente Frankfurt, pameran produk rumah tangga terbesar dunia; Achema, pameran teknik terbesar dunia, dan masih banyak lain.

Jasa akuntan dan profesional[sunting | sunting sumber]

Tiag dari empat perusahaan jasa akuntansi dan profesional terbesar dunia ada di Frankfurt.

PricewaterhouseCoopers (PwC) mempunyai kantor pusat cabang Jerman di kota ini, di Menara 185. KPMG juga memindahkan kantor pusat mereka ke kota ini. Deloitte Touche Tohmatsu are also represented in the city while Ernst & Young chose to move its office to Eschborn.

Lembaga pemeringkat kredit[sunting | sunting sumber]

Tiha lembaga pemeringkat kredit internasional – Standard & Poor's, Moody's dan Fitch Ratings – mempunyai kantor pusat cabang Jerman di Frankfurt.

Konsultan manajemen[sunting | sunting sumber]

Banyak lembaga konsultan manajemen ada di Frankfurt, seperti Arthur D. Little, McKinsey & Company, Boston Consulting Group, Booz & Company, Oliver Wyman, Bearing Point, Capgemini, Bain & Company dan Roland Berger Strategy Consultants.

Perusahaan periklanan[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa perusahaan periklanan terkenal di kota ini seperti McCann-Erickson, Saatchi & Saatchi, JWT, and Publicis.[16]

Perusahaan makanan[sunting | sunting sumber]

Frankfurt menjadi lokasi kantor pusat Nestlé di Jerman. Perusahaan makanan lainnya adalah Ferrero SpA dan Radeberger Gruppe KG.

Perusahaan otomotif[sunting | sunting sumber]

Kia Motors memindahkan kantor pusat Eropa mereka ke Frankfurt tahun 2007. Pada tahun yang sama Fiat juga membuka kantor di kota ini. German headquarters in the city. The automotive supplier Continental AG has the headquarters and a major manufacturing plant of its Chassis & Safety division (formerly ITT Automotive) located in Frankfurt Rödelheim.

Industriepark Höchst

Bekerja di Frankfurt[sunting | sunting sumber]

Dengan 922 pekerjaan per 1000 penduduk, Frankfurt memiliki lapangan pekerjaanterbanyak di Jerman. Dengan jumlah pekerjaan sekitar 600.000 dengan hanya 663.000 penduduk maka dapat disimpulkan banyak komuter di kota ini.

Hidup Frankfurt[sunting | sunting sumber]

Menurut peringkat yang dirilis oleh oleh Universitas Liverpool tahun 2001, Frankfurt adalah kota terkaya di Eropa berdasarkan PDB per kapita, kemudian diikuti Karlsruhe, Paris dan Munich.[17]

  • Tingkat kriminalitas

Meski makmur, Frankfurt juga mempunyai tingkat kriminalitas tertinggi di Jerman, dengan total 15.976 kejahatan tahun 2008.[18]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Kota sahabat[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Amt für Statistik, Frankfurt am Main, Einwohnerstand und Einwohnerbewegung in Frankfurt am Main – Drittes Quartal 2012
  2. ^ (Inggris) "World Urban Areas" (PDF). Diakses 2007-09-20. 
  3. ^ Organization for Economic Cooperation and Development, Competitive Cities in the Global Economy, OECD Territorial Reviews, (OECD Publishing, 2006), Table 1.1
  4. ^ "Mercer's Survey 2011". Mercer. 29 November 2011. 
  5. ^ "World's most expensive place to live is...". The Economist. 
  6. ^ Robertson, Staun. "Zyklon B Poison Gas". A History of Jews in Hamburg. University of Hamburg. 
  7. ^ "Poelzig Building / Westend Campus". Historical Frankfurt. Tourismus+Congress GmbH. 
  8. ^ "High-speed trains to link England and Germany". Brisbanetimes.com.au. 16 October 2011. Diakses 2012-05-16. 
  9. ^ "Rhein-Main Transport Association". RMV.DE. 24 November 2010. Diakses 2011-04-10. 
  10. ^ "Nightbus Frankfurt Rheinmain". Nachtbus-frankfurt.de. Diakses 2011-04-10. 
  11. ^ "The Global Financial Centres Index 12.5". Long Finance. January 2013. 
  12. ^ Innovation Cities Index 2011[pranala nonaktif]
  13. ^ Kearney, Inc., A.T. "The 2012 Global Cities Index". Foreign Policy. 
  14. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Bundesbank:_Bankenplatz_Frankfurt
  15. ^ "Größte Banken der Welt". Manager-magazin.de. 
  16. ^ FOCUS: Die größten Werbeagenturen 2007
  17. ^ Nick Swift: European cities outperform their English counterparts. citymayors.com (Zugriff am 1. November 2006)
  18. ^ Source: Polizeiliche Kriminalstatistik 2008

Pranala luar[sunting | sunting sumber]