Penerbangan umum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pemandangan penerbangan umum di Lapangan Udara Kemble, Inggris. Pesawat di depan adalah pesawat buatan rumah Vans RV-4
Pesawat di bandara penerbangan umum Helsinki-Malmi, Finlandia.
Terminal penerbangan umum di Bandar Udara Internasional Raleigh Durham. Terminal A di belakang.

Penerbangan umum (disingkat GA: General aviation) adalah satu dari dua kategori penerbangan sipil. Sebutan ini merujuk pada semua penerbangan selain penerbangan militer dan maskapai terjadwal dan kargo reguler, apakah pribadi atau komersial. Ada berbagai macam penerbangan umum, mulai dari glider dan parasut bertenaga hingga penerbangan jet kargo besar non-terjadwal. Hasilnya, mayoritas lalu lintas udara dunia jatuh ke dalam kategori ini, dan sebagian besar bandara di dunia melayani penerbangan umum.

Di Amerika Serikat, terdapat hampir 20.000 bandar udara dan heliport, 5.300 di antaranya dapat digunakan secara umum oleh pilot pesawat penerbangan umum. Sebagai perbandingan, penerbangan terjadwal beroperasi dari sekitar 600 bandara di AS[1] Menurut U.S. Aircraft Owners and Pilots Association, penerbangan umum memberikan lebih dari satu persen PDB Amerika Serikat, mencakup 1.3 juta pekerjaan dalam jasa profesional dan manufaktur.[2]

Aktivitas penerbangan umum[sunting | sunting sumber]

Penerbangan umum mencakup berbagai jenis aktivitas, komersial dan non-komersial, termasuk penerbangan pribadi, pelatihan penerbangan, ambulan udara, pesawat polisi, pemadaman kebakaran udara, penyewaan udara, penerbangan terpencil, gliding, dan lainnya. Pesawat eksperimen, pesawat sport ringan, dan jet sangat ringan mulai bermunculan sebagai gaya baru dalam penerbangan umum.

Regulasi dan keselamatan[sunting | sunting sumber]

Banyak negara memiliki otoritas yang mengawasi semua penerbangan sipil, termasuk penerbangan umum, patuh terhadap kode standardisasi International Civil Aviation Organization (ICAO). Contohnya Federal Aviation Administration (FAA) di Amerika Serikat, Civil Aviation Authority (CAA) di Britania Raya, Luftfahrt-Bundesamt (LBA) di Jerman, dan Transport Canada di Kanada.

Sejak sebutan ini mencakup penerbangan komersial non-terjadwal dan penerbangan pribadi, dengan berbagai tipe dan ukuran pesawat, dan pilot dengan berbagai tingkat pelatihan dan pengalaman, tidak mungkin untuk membuat pernyataan umum mengenai regulasi atau catatan keselamatan penerbangan umum. Pada titik puncak, di sebagian negara, jet bisnis dan jet kargo besar menghadapi regulasi yang sama seperti angkutan udara terjadwal dan terbang ke bandara yang sama. Penerbangan terpencil komersial dan ambulan udara secara normal tak beroperasi di bawahnya sebagai beban regulasi, dan sering menggunakan bandara kecil atau landasan lepas bandara yang tidak ada campur tangan pemerintah.

Statistik kecelakaan penerbangan bisa diperkirakan. Menurut U.S. National Transportation Safety Board, pada tahun 2005, penerbangan umum di Amerika Serikat (tak termasuk sewaan) memiliki 1.31 kecelakaan fatal untuk setiap 100.000 jam terbang di negara itu, dibandingkan dengan 0.016 untuk penerbangan maskapai terjadwal.[3] Di Kanada, penerbangan rekreasi mengalami 0.7 kecelakaan fatal untuk setiap 100.000 jam, sementara taksi udara mengalami 1.0 kecelakaan fatal untuk setiap 100.000 jam.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]