Kia Motors

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kia Motors
기아자동차
Jenis Perusahaan publik (KRXS: 000270)
Industri Otomotif
Didirikan 9 Juni 1944
Kantor pusat Seoul, Korea Selatan
Jumlah lokasi

Lokasi pabrik: Pabrik Hwaseong, Hwaseong, Korea Selatan; Sohari Plant, Gwangmyeong, Korea Selatan; Kwang-Ju Plant, Gwangju,Korea Selatan; Seosan Plant, Seosan, Korea Selatan; Žilina Plant, Žilina, Slowakia Yangcheng Plant, Jiangsu, China Chu Lai Plant, Quang Nam, Vietnam

West Point Plant, Georgia, AS
Daerah layanan Internasional
Tokoh penting Young-Jong Seo: CEO and President[1]
Produk Mobil
Karyawan 42,000 (November 2009)
Induk Hyundai Kia Automotive Group (38.67%)
Situs web kia.com
Kia Motors
Hangeul 기아자동차
Hanja 起亞自動車
Alih Aksara yang Disempurnakan Gia Jadongcha
McCune–Reischauer Kia Chadongch'a

Kia Motors (Hangul : 기아자동차) adalah perusahaan otomotif dunia yang didirikan di Korea Selatan. Kia Motors juga dimiliki Hyundai Motor Company. Kia Motors masuk ke Indonesia pada tahun 1999 dengan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kia berdiri pada tahun 1944 di Seoul Korea Selatan. Dulunya, Kia memproduksi truk roda tiga. Pada tahun 1992, Kia memproduksi Truk kecil dengan nama Ceres. Pada tahun 1998, Saat krisis ekonomi, Kia motors mengalami kebangkrutan . Namun akhirnya bangkit kembali setelah sahamnya dibeli oleh Hyundai Motors. Sebelumnya, Nama Kia Motors sendiri bernama Asia Motors (tahun 1986 - 1990)

Kia adalah singkatan dari "Korean International Automotive" atau "Korea Industrial Autocar". atau dalam bahasa koreanya adalah Terbit di Asia"


Daftar mobil Kia Motors[sunting | sunting sumber]

Kesuksesan Kia Motors[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, Kia Motors memiliki cerita kesuksesan sendiri. Berawal dari penjualan Kia Sportage yang dipakai oleh Pejabat atau petinggi Polri dan TNI setingkat Brigjen dan Kolonel , Selain Sportage, Kia Retona pun digunakan untuk acara khusus. Selain di bidang keamanan, Kia Mobil Indonesia juga memiliki cerita kesuksesan di bidang Transportasi umum. Kia Pregio dan Travello , adalah mobil yang mempunyai penjualan tertinggi di antara mobil sekelasnya. Umumnya, kedua mobil ini digunakan untuk Transportasi komersil seperti Travel, Rental mobil, Ambulans dan Mobil Jenazah. Di Kota - kota besar, sebagian armada Taksi pun menggunakan mobil Kia. Diantaranya Kia Rio, Kia Pride (tahun 2010) dan Mobil Timor.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Board of Director". Diakses 22 August 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]