The Economist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Economist logo.png
20071013EconAP.jpg
Jenis Majalah berita mingguan
(Di Britania terdaftar sebagai suratkabar)
Format Majalah
Pemilik The Economist Group
Redaktur John Micklethwait
Didirikan September 1843
Haluan politik Liberalisme ekonomi (Libertarianisme moderat), "sentrisme ekstrem"
Kantor pusat 25 St James's Street
London
SW1A 1HG
Inggris
Sirkulasi lebih dari 1,2 juta/minggu
ISSN 0013-0613
Situs web resmi www.economist.com

The Economist adalah majalah berita dan peristiwa internasional berbahasa Inggris milik "The Economist Newspaper Ltd", yang disunting di London, Inggris. Majalah ini didirikan oleh James Wilson pada September 1843, dan sejak itu terus diterbitkan. Hingga pertengahan 2007, majalah ini bertiras 1,2 juta lebih, setengahnya terjual di Amerika Utara.[1] Karena itu, The Economist sering disebut majalah berita transatlantik (bukan hanya Britania). Penerbitan majalah ini sendiri dibagi menjadi empat wilayah, Amerika Utara, Britania Raya, Eropa, dan Asia Pasifik.

Menurut redaksinya, misi The Economist adalah "to take part in a severe contest between intelligence, which presses forward, and an unworthy, timid ignorance obstructing our progress" ("untuk ikut serta dalam pertandingan hebat antara kecerdasan, yang terus maju, melawan kebodohan yang tak layak, dan dengan malu-malu merintangi kemajuan kita"). [2] Topik-topik yang dibahas oleh The Economist antara lain berita internasional, ekonomi, politik, bisnis, keuangan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian. Penerbitannya ditargetkan kepada pasar ber-"prestise" tinggi, dan para pembuat keputusan bisnis dan pemerintah yang berpengaruh.[3]

Dalam tulisan-tulisannya, The Economist memiliki sudut pandang editorial yang kuat dalam berbagai isu, misalnya dukungannya terhadap perdagangan bebas. Karena itu, The Economist dapat dianggap sebagai penganut jurnalisme advokatif.

Walaupun The Economist menyebut dirinya sebuah suratkabar, majalah ini dicetak dalam bentuk majalah pada kertas mengkilap, seperti majalah pada umumnya.

Edisi online[sunting | sunting sumber]

Edisi online dari The Economist adalah Economist.com. Economist.com menampilkan seluruh isi edisi cetak The Economist, ditambah isi-isi tambahan yang sering diperbaharui. Isi dari Economist.com yang diterbitkan dalam 1 tahun terakhir dapat dilihat secara gratis, sedangkan sebagian besar sisanya dapat dilihat dengan cara berlangganan. Pelanggan edisi cetak The Economist memiliki akses gratis ke seluruh isi Economist.com.

Referensi budaya pop[sunting | sunting sumber]

Dalam salah satu episode The Simpsons berjudul "Catch 'Em If You Can" dikisahkan Homer dan Marge Simpson sedang bepergian menggunakan pesawat kelas utama:

Simpson-economist.jpg

Homer: "Look at me, I'm reading The Economist! Did you know Indonesia is at a crossroads?"
Marge: "No!"
Homer: "It is!"

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Bahan bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Edwards, Ruth Dudley (1993) The Pursuit of Reason: The Economist 1843–1993, London: Hamish Hamilton, ISBN 0-241-12939-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]