The Simpsons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Simpsons
C-SimpFamily.png
Format Animasi
Komedi
Pembuat Matt Groening
Pemeran Dan Castellaneta
Julie Kavner
Nancy Cartwright
Yeardley Smith
Hank Azaria
Harry Shearer
Negara Amerika Serikat
Jumlah musim 24
Jumlah episode 512
Produksi
Durasi 30 menit
Siaran
Saluran asli FOX
Mengudara sejak 17 Desember 1989

The Simpsons adalah serial kartun komedi Amerika Serikat yang diciptakan oleh Matt Groening. Program ini pertama kali mulai ditayangkan sebagai potongan acara Tracey Ullman Show pada tahun 1987.

Setiap episode Simpsons berfokus pada kehidupan keluarga Simpsons yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa dan Maggie tinggal di sebuah kota bernama Springfield. Keluarga Simpsons ini disertai lebih dari 300 tokoh-tokoh pendukung yang sendiri juga telah cukup dikenal para penontonnya. Saat ini, The Simpsons ditayangkan oleh FOX di Amerika Serikat, dan merupakan serial animasi terpanjang dalam sejarah Amerika Serikat. The Simpsons sudah menjajaki musim ke-25 pada tahun 2014.

Meskipun berformat kartun, The Simpsons merupakan acara yang ditujukan untuk pemirsa dewasa. Tema-tema yang diangkat beraneka ragam dan tak jarang memasukkan topik yang sensitif. Serial ini banyak dikenal atas komedi satir yang menyinggung kehidupan sosial di Amerika Serikat pada khususnya. Selain itu, The Simpsons juga sering menghadirkan bintang tamu, baik aktor, politikus, olahragawan, dan figur publik lainnya yang seringkali mengisi suara tokoh mereka sendiri.

Merayakan ulang tahun ke-20 serial The Simpsons, film The Simpsons Movie diluncurkan pada tahun 2007, meraih laba kotor $527 juta (sekitar Rp5 triliun).

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

Jumlah tokoh di dalam The Simpsons mencapai lebih dari 100 karakter yang mengisi kota Springfield, mulai dari keluarga Simpson, tetangga, sahabat Homer, teman sekolah Bart dan Lisa, polisi, badut, hingga penjaga minimarket. Selain itu, The Simpsons menghadirkan berbagai bintang tamu dari publik figur Amerika Serikat. Para publik figur seringkali mengisi suara untuk tokoh animasi mereka sendiri.

Berikut adalah daftar tokoh-tokoh utama dan pendukung utama disertai profil singkat:

Keluarga Simpson[sunting | sunting sumber]

Homer Simpson[sunting | sunting sumber]

Dibesarkan oleh ayah yang merupakan veteran PD II dan ditinggal pergi oleh sang ibu, Homer Simpson tumbuh dewasa tanpa hubungan yang baik dengan sang ayah. Ia adalah kepala keluarga yang berbadan buncit dan sangat menyukai donat. Bekerja di sebuah pabrik pembangkit tenaga nuklir, namun sangat malas dan terkadang ceroboh saat bekerja. Homer Simpson sangat membenci pekerjaannya, namun tidak punya pilihan lagi mengingat ia harus menghidupi seorang istri, tiga orang anak, dan hewan peliharaannya. Dalam berbagai episode, Homer Simpson banyak terlibat dalam hal-hal yang tidak biasa, antara lain bertengkar dengan Presiden Bush, pergi ke luar angkasa, mendapat Grammy Awards dengan bandnya, sampai menjadi kru dalam tur bgrup musik Smashing Pumpkins.

  • Kutipan-kutipan terkenal:
  • "D'oh!" (saat sadar telah melakukan hal yang konyol)
  • "Mmmm... (tambahkan nama benda apapun; namun paling sering makanan, misalnya: Mmmm... donat...., mmmm... pensil....)..." (saat membayangkan sesuatu yang "lezat")
  • "Why, you little..." (saat mencekik leher Bart)

Marge Simpson[sunting | sunting sumber]

Istri Homer; ibu dari Bart, Lisa, dan Maggie; ibu rumah tangga yang perhatian kepada anak-anaknya; sering membuat lelucon yang tidak lucu. Sifat baiknya sangat bertentangan dengan sang suami Homer. selain menjadi ibu rumah tangga, Marge Simpson pernah menjalani beberapa pekerjaan mulai dari agen Real Estate sampai petugas polisi.

Bart Simpson[sunting | sunting sumber]

Anak sulung; nakal, jahil, malas dan bodoh; suka bermain skateboard; acara favoritnya adalah The Krusty Show & The Itchy & Scratchy Show; teman terdekatnya adalah Milhouse van Houten. Bart simpson sering membuat coretan di tembok dengan nama samaran "El Barto". Ia sering menjahili pemilik bar Moe, melalui lelucon via telepon. Pada awal musik video,dia selalu menulis tulisan di seluruh whiteboard bertuliskan kata-kata aneh dan terkadang berbeda di setiap episode.

Lisa Simpson[sunting | sunting sumber]

Anak kedua; suka bermain saksofon; sangat pintar namun mempunyai sedikit teman. Pintar dan penuh inisiatif merupakan bakat turun temurun yang hanya dimiliki oleh para perempuan diKeluarga The Simpson. Lisa Simpson merasa bakat yang dimiliki terbuang sia-sia karena berada di keluarga ini.Dalam The Simpsons Movie Lisa mempunyai pacarr bernama Colin.

Maggie Simpson[sunting | sunting sumber]

Anak paling kecil, selalu terlihat dengan dot karet di mulutnya. Walaupun ia masih bayi namun ia pernah tanpa sengaja menembak Mr. Burns dengan pistol dalam dua episode "Who shot Mr.Burns?". Ia merupakan anak terakhir di keluarga ini yang seringkali keberadaannya dilupakan oleh sang ayah, namun cerita tentang kelahiran Maggie cukup mengharukan dan dibahas pada episode "when Maggie makes three".

Abraham Simpson[sunting | sunting sumber]

Kakek dari Bart, Lisa, dan Maggie. Sekarang tinggal di panti jompo.

Santa's Little Helper[sunting | sunting sumber]

Anjing yang dimiliki oleh Bart, tadinya merupakan anjing yang dilatih untuk balap lari. Tapi karena sudah kehilangan kemampuan, akhirnya di ambil oleh Homer dan diserahkan kepada Bart sebagai hadiah natal.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

The Simpsons pertama kalinya tayang di RCTI di awal 90an dan sempat tayang kembali pada tahun 2001. Serial ini juga pernah tayang dalam jangka waktu pendek di antv. Dalam beberapa episode, adegan Homer mencekik Bart tidak ditayangkan karena dianggap sebagai contoh kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
3rd Rock from the Sun
1998
Super Bowl lead-out program
The Simpsons
alongside
Family Guy
1999
Dilanjutkan oleh
The Practice
2000


Didahului oleh
Survivor: All-Stars
2004
Super Bowl lead-out program
The Simpsons
alongside
American Dad!
2005
Dilanjutkan oleh
Grey's Anatomy
2006