Kapal feri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Feri)
Langsung ke: navigasi, cari

Kapal feri atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat.

Feri Amsterdam

Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong.

Feri pejalan kaki dengan banyak pemberhentian, seperti di Venesia, kadang kala dikenali sebagai bis air atau taksi air.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam kendaraan air digunakan sebagai feri, tergantung pada jarak perjalanan, kapasitas kapal, kecepatan yang diperlukan dan keadaan air yang harus dilalui.

Ujung-ganda[sunting | sunting sumber]

Feri di Ontario (Pulau Manitoulin), kendaraan keluar-masuk lewat bukaan di depan dan belakang feri

Feri ujung-ganda memiliki bagian depan dan belakang yang dapat ditukar, sehingga feri ini dapat berlayar bolak-balik tanpa harus memutar. Feri ujung-ganda yang terkenal termasuk Feri Pulau Staten, Feri negara bagian Washington, Feri Star. Pada 2008, Feri BC meluncurkan tiga feri ujung-ganda terbesar di dunia.

Hydrofoil[sunting | sunting sumber]

Hydrofoil digunakan karena kelebihannya untuk melaju pada kecepatan tinggi, menggantikan hovercraft. Hydrofoil juga terbukti sebagai solusi praktis, mudah, cepat dan ekonomis.

Hovercraft[sunting | sunting sumber]

Mark 3 SR.N4 hovercraft, Dover

Hovercraft dikembangkan tahun 1960-an dan 1970-an untuk membawa mobil. Yang terbesar adalah SR.N4. Hovercraft digantikan oleh katamaran yang hampir sama cepat tetapi lebih tidak terpengaruh oleh keadaan laut dan cuaca.

Katamaran[sunting | sunting sumber]

Katamaran biasanya dihubungkan dengan feri kecepatan tinggi. Jalur Stena mengoperasikan katamaran terbesar di dunia, kelas Stena HSS, antara Kerajaan Bersatu dan Irlandia. Kendaraan jet air dapat menampung 375 kendaraan penumpang dan 1.500 penumpang. Contoh katamaran lainnya adalah Feri Britani dengan Normandie Express dan Normandie Vitesse.

Ro-ro[sunting | sunting sumber]

Lorries preparing to unload from the Pont-Aven. The Brittany Ferries Flagship.

Feri Roll-on/roll-off adalah feri besar dan konvensional di mana kendaraan dapat keluar masuk dengan mudah.

Feri kabel[sunting | sunting sumber]

Untuk Jarak yang dekat dapat digunnakan feri kabel, dimana feri digerakkan dan di kendalikan dengan menggunakan kabel yang disambung di kedua sisi. Kadangkala feri kabel digerakkan menggunakan tenaga manusia. Feri arus adalah feri kabel yang menggunakan kekuatan arus sebagai sumber energi. Feri rantai dapat digunakan di sungai yang berarus laju pada jarak pendek.

Feri meja-putar[sunting | sunting sumber]

Turntable ferry at Isle of Skye, Scotland, United Kingdom.

Feri jenis ini memiliki platform yang dapat diputar untuk memuat kendaraan.

Feri kereta[sunting | sunting sumber]

Train and car ferry between Calabria and Sicily, Italy

Feri kereta adalah sebuah kapal yang dirancang untuk membawa kereta, biasanya memiliki rel kereta.

Kapal feri seringkali berlabuh di tempat yang dibuat khusus untuk meletakkan kapal dengan cepat dan untuk penurunan dan pengisian yang mudah, dikenal sebagai slip feri. Jika feri membawa kendaraan atau kereta, biasanya terdapat jambatan (ramp) yang disebut apron yang merupakan bagian dari slip. Dalam kasus lain, jembatan apron merupakan bagian daripada feri itu sendiri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]