Pusat Antariksa Guyana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pusat Antariksa Guyana, atau lebih umum, Centre Spatial Guyanais (CSG) adalah sebuah pelabuhan antariksa Perancis dekat Kourou di Guyana Perancis. Beroperasi sejak 1968, sangat cocok sebagai lokasi pelabuhan antariksa karena letaknya dekat dengan khatulistiwa, dan peluncuran sering dilakukan di dekat perairan. European Space Agency, badan antariksa Perancis CNES, dan perusahaan Arianespace melakukan peluncuran dari Kourou.

Tempat ini dipilih tahun 1964 untuk menjadi pelabuhan antariksa Perancis. Ketika European Space Agency (ESA) didirikan tahun 1975, Perancis menawarkan berbagi Kourou dengan ESA. Peluncuran komersial juga dilakukan oleh perusahaan non-Eropa. ESA membayar dua per tiga pendapatan tahunan pelabuhan ini, dan juga mendanai pembaruan yang dilakukan selama pembangunan peluncur Ariane.

Situs peluncuran Araine 4 ELA 2 - l'Ensemble de Lancement Ariane 2
Bangunan perakitan akhir untuk Ariane 5

Kourou terletak 500 kilometer (310 mi) di utara khatulistiwa, di lintang 5°10'. Pada garis ini, rotasi Bumi mencapai kecepatan 460 meter per detik (1,000 mph/1,700 km/h) ketika jalur peluncuran mengarah ke timur[1].

Peluncuran terakhir[sunting | sunting sumber]

  • 2008-03-09 - Ariane 5 diluncurkan mengangkut ATV (Automated Transfer Vehicle) Jules Verne dalam persiapan berlabuh di ISS. Ini merupakan peluncuran pertama wahana pembantu tak berawak ESA.

Album[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 5°14′14″LU,52°45′38″BB