Uruguay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
República Oriental del Uruguay
Bendera
MottoLibertad o Muerte
(Spanyol: "Kebebasan atau Kematian")
Lagu kebangsaanLagu Kebangsaan Uruguay

Ibu kota
(dan kota terbesar)
Montevideo
Bahasa resmi Spanyol
Pemerintahan Republik
 -  Presiden José Mujica
 -  Wakil Presiden Danilo Astori
Kemerdekaan
 -   - Deklarasi
 - Diakui
Dari Argentina Brasil 25 Agustus 1825
28 Agustus 1828 
Luas
 -  Total 176,215 km2 (91)
 -  Perairan (%) 1,5%
Penduduk
 -  Perkiraan 2011 3.318.535 (133)
 -  Sensus 2011 3.286.314[1] 
 -  Kepadatan 18,65/km2 (196)
PDB (KKB) Perkiraan 2013
 -  Total $56,338 miliar[2] 
 -  Per kapita $16.607[2] 
Mata uang Peso (UYU)
Zona waktu (UTC-3)
 -  Musim panas (DST)  (UTC-2)
Ranah Internet .uy
Kode telepon 598

Republik Timur Uruguay (bahasa Spanyol: República Oriental del Uruguay) adalah sebuah negara kecil di Amerika Latin.

Negara ini berbatasan dengan Brasil di utara, Sungai Uruguay di barat, muara Río de la Plata (River Plate) di barat daya, dengan Argentina di tepi seberang keduanya, dan Samudra Atlantik Selatan di tenggara. Uruguay adalah rumah bagi sekitar 3,5 juta orang, di antaranya 1,8 juta tinggal di ibukota Montevideo dan daerah metropolitannya. 88% penduduknya adalah keturunan Eropa. Negara ini adalah yang kedua terkecil di Amerika Selatan dan salah satu yang ekonomi dan politiknya paling stabil.

Perbatasan Uruguay adalah Utara merupakan Rio Grande do Sul, Brasil . Di barat terletak Sungai Uruguay dan ke barat daya terletak muara Rio de la Plata dengan Argentina, dan di bagian selatan adalah Samudera Atlantik . Uruguay, dengan luas sekitar 176.000 kilometer persegi (68.000 sq mi), adalah bangsa kedua terkecil di Amerika Selatan di daerah setelah Suriname.

Colonia del Sacramento, salah satu pemukiman tertua Eropa di Uruguay , didirikan oleh Portugis pada tahun 1680. Montevideo didirikan oleh orang Spanyol di awal abad 18 sebagai benteng militer. Uruguay meraih kemerdekaan pada 1811 setelah perjuangan tiga arah antara klaim dari Spanyol, Argentina dan Brasil. Ini adalah demokrasi konstitusional, presiden memenuhi peran kedua kepala negara dan kepala pemerintahan.

Uruguay merupakan salah satu negara yang paling ekonomis Amerika Selatan, dengan PDB per kapita yang tinggi dan kualitas tertinggi ke-52 indeks kehidupan di dunia pada 2010, dan paling tinggi dalam kualitas hidup / pembangunan manusia di Amerika Latin. Menurut Transparency International, Uruguay dinilai sebagai negara yang kedua terendah korupsinya setelah Chile di Amerika Latin, meskipun Uruguay jauh lebih baik dari Chile pada jajak pendapat domestik persepsi korupsi.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, República Oriental del Uruguay berarti Republik Oriental Uruguay atau Republik Timur Uruguay. Dinamai seperti lokasi geografisnya ,di sebelah timur Sungai Uruguay. Pemerintah Uruguay biasanya menggunakan hanya dalam bahasa Inggris. Nama "Uruguay" berasal dari bahasa Guaraní dari Paraguay, yang berarti "Sungai Burung-burung yang Dilukis".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Resultados del Censo de Población 2011: población, crecimiento y estructura por sexo y edad ine.gub.uy
  2. ^ a b "Uruguay". International Monetary Fund. Diakses 4 January 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]