Tabaré Vázquez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tabaré Vázquez
Presiden Konstitusional Uruguay ke-33
Masa jabatan
1 Maret 2005 – 1 Maret 2010
Wakil Presiden Rodolfo Nin Novoa
Didahului oleh Jorge Batlle
Digantikan oleh José Mujica
Informasi pribadi
Lahir 17 Januari 1940
La Teja, Montevideo, Uruguay
Partai politik Frente Amplio
Suami/istri María Auxiliadora Delgado
Profesi Oncologist

Tabaré Ramón Vázquez Rosas (dilafalkan IPA: [taβa'ɾe ra'mon 'bahkes 'rosas]) (lahir 17 Januari 1940) adalah Presiden Uruguay saat ini. Vázquez terpilih menjadi presiden pada 31 Oktober 2004 dan menjabat pada 1 Maret 2005, dimana ia merupakan presiden kiri-tengah pertama yang terpilih dalam sejarah Uruguay.

Latar belakang pendidikannya adalah kedokteran. Vázquez adalah seorang sosialis dan anggota koalisi Front Luas (Frente Amplio dalam bahasa Spanyol) yang kiri. Vázquez terpilih sebagai presiden pada 31 Oktober 2004 dan mulai menjabat pada 1 Maret 2005, presiden kiri pertama dalam sejarah Uruguay.

Vázquez dilahirkan di daerah La Teja, Montevideo, dan belajar kedokteran di Sekolah Kedokteran dari Universidad de la República, lulus sebagai spesialis onkologi (kanker) pada 1972. Pada 1976 ia mendapatkan bantuan dari pemerintah Prancis yang memungkinkannya memperoleh pendidikan lebih lanjut di Institut Gustave Roussy di Paris.

Dari 1990 hingga 1995, Vázquez adalah Walikota Montevideo pertama dari koalisi Front Luas. Pada 1994, mencalonkan diri sebagai presiden sebagai kandidat Frente Amplio, namun kalah karena hanya memperoleh 30.6% suara. Pada 1996, ia terpilih menjadi pemimpin Frente Amplio, menggantikan pemimpin koalisi sayap kiri yang historis, Liber Seregni. Ia mencalonkan diri lagi pada 1999, dan memperoleh 45.9% suara pada putaran kedua pemilu, dan dikalahkan oleh Jorge Batlle. DAlam pemilu 2004, ia memenangkan 51.7% suara yang sah, dengan 1.124.761 suara pada putaran pertama, sehingga putaran kedua tidak perlu diadakan. Ia menjadi presiden Uruguay pertama yang tidak tergolong partai-partai "tradisional", partai Nasional (Blanco) dan partai Colorado.

Dengan Frente Amplionya yang memiliki suara mayoritas di Parlemen, Vázquez diperkirakan tidak akan menghadapi banyak halangan. Ia pun mendapatkan dukungan dari Presiden Brazil, Luiz Inácio Lula da Silva, yang juga seorang kiri.

Vázquez adalah seorang penggemar sepak bola. Ketika ia menjadi ketua tim Club Progreso selama sepuluh tahun (1979-1989), klubnya memenangkan kejuaraan nasional pada 1989.

Vázquez menikah dengan María Auxiliadora Delgado dan mendapatkan tiga orang anak dengannya (Ignacio, Álvaro and Javier) ditambah seorang anak angkat, Fabián.

Kebijakan Hak Asasi Manusia[sunting | sunting sumber]

Tabaré Vázquez dan wakil presiden, Rodolfo Nin Novoa, dalam acara pelantikan seremonial.

Pada November 2005 pemerintahnya memimpin suatu kemenangan yang mendalam dan sangat penting dalam investigasi pelanggaran HAM yang pernah terjadi dalam pemerintahan diktator militer. Setelah mengangkat sebuah tim yang terdiri dari antropolog dan peneliti forensik, dan memerintahkan militer bekerja sama serta menunjukkan tempat-tempat yang mungkin telah digunakan sebagai kuburan yang tak diberi tanda, pemerintahnya berhasil menggali sisa-sisa tulang-belulang kaum komunis yang telah "hilang" pada tahun 1970-an.

Kabinet[sunting | sunting sumber]

Vazqueztabare09122006.jpg

Kabinet Presiden Tabaré Vázquez:

(dalam kurung adalah kelompok politik dalam Frente Amplio yang menunjukkan partai asal para menterinya)

Jabatan non-menteri:

Didahului oleh:
Jorge Batlle Ibáñez
Presiden Uruguay
20052010
Diteruskan oleh:
José Mujica

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]