Sejarah politik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sejarah politik adalah analisis peristiwa-peristiwa politik, narasi (oral history) [1], ide, gerakan dan para pemimpin[2] yang biasanya disusun berdasarkan negara bangsa dan walaupun berbeda dengan ilmu bidang sejarah akan tetapi tetap berhubungan antara lain dengan bidang sejarah lain seperti sejarah sosial, sejarah ekonomi, dan sejarah militer.

Secara umum, sejarah politik berfokus pada peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan negara-negara dan proses politik formal. Menurut Hegel, Sejarah Politik "adalah gagasan tentang negara dengan kekuatan moral dan spiritual di luar kepentingan materi pelajaran: itu diikuti bahwa negara merupakan agen utama dalam perubahan sejarah" [3] Ini salah satu perbedaan dengan, misalnya, sejarah sosial, yang berfokus terutama pada tindakan dan gaya hidup orang biasa[4], atau manusia dalam sejarah yang merupakan karya sejarah dari sudut pandang orang biasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pui Huen Lim, Patricia; James H. Morrison, Chong Guan Kwa (2000). Oral history in Southeast Asia: theory and method. Institute of Southeast Asian Studies. ISBN 9812300279, 9789812300270 Check |isbn= value (help). 
  2. ^ Politik: perkembangan dalam historis mengenai ekonomi, hukum, dan ide-ide dan institusi politik, ideologi dan gerakan. DalamKamus idea dalam sejarah.
  3. ^ Tosh, John: The Pursuit of History, 2nd edition, London Group UK Limited, USA, 1991, pg.74
  4. ^ Parthasarathi, Prasannan, "The State and Social History