Enklave

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
C adalah enklave A dan eksklave B.

Enklave atau daerah kantong adalah negara/bagian negara yang dikelilingi oleh wilayah suatu negara lain.

Eksklave dapat muncul pada tingkat subnasional ketika sebuah subdivisi muncul di luar divisi induk.

Kata "enklave" (enclave) berasal dari kata Perancis, lingua franca kosakata bidang diplomasi, yang aslinya berasal dari kata Latin inclavatus (artinya 'terkurung, terkunci'). Kata tersebut menjadi jargon diplomasi bahasa Inggris pada 1868. Sedangkan kata "eksklave" (exclave) merupakan perluasan kata yang logis yang diciptakan tiga abad kemudian.

Enklave bisa pula timbul karena berbagai alasan sejarah, politis atau geografis. Beberapa wilayah ditinggalkan saja menjadi enklave akibat perubahan aliran sungai.

Sebuah negara enklave harus menyelesaikan berbagai masalah, seperti alamat surat, aliran listrik dan hak lintasan, dengan negara tetangga agar penduduk kedua negara dapat hidup tenteram.

Negara enklave[sunting | sunting sumber]

Wilayah Lesotho (hijau) keseluruhannya dikelilingi oleh Afrika Selatan.

Beberapa enklave merupakan negara berdaulat yang seluruh wilayahnya dikelilingi oleh sebuah negara lain, sehingga tidak dapat dinamakan eksklave. Hanya terdapat tiga negara enklave, yaitu:

Negara pesisir[sunting | sunting sumber]

Beberapa enklave merupakan negara yang dikelilingi oleh negara lain, kecuali pada suatu bagian di mana mereka mempunyai akses ke perairan lepas melalui pesisir kecil. Tetapi, akses ini lebih tepat disebut koridor. Contohnya:

Walaupun Portugal, Korea Selatan dan Irlandia berbatasan dengan satu negara saja, mereka memiliki akses menuju perairan internasional yang cukup luas sehingga tidak dapat dijuluki enklave.

Bagian pesisir[sunting | sunting sumber]

Beberapa wilayah tidak dapat dicapai dari negaranya kecuali melalui perairan internasional. Wilayah-wilayah ini dapat dianggap sebagai fragmen terpisah (detached fragment) suatu negara daripada dinamakan enklave, karena mereka tidak bisa memenuhi kriteria yang mengharuskan wilayahnya tertutup seluruh sisi oleh wilayah negara lain. Contohnya:

Wilayah enklave historis di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Eksklave - wilayah suatu negara yang terpisah dari wilayah utama negara tersebut.