Subprefektur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Subprefektur adalah sebuah pembagian administratif sebuah negara yang berada di bawah prefektur atau provinsi.

Albania[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua belas county atau prefektur di Albania, masing-masing dibagi lagi menjadi beberapa distrik, kadang diartikan sebagai subprefektur.

Contoh: Distrik Korçë, Distrik Sarandë

Brazil[sunting | sunting sumber]

Di Brazil, subprefektur (bahasa Portugis: subprefeituras) adalah pembagian administratif sejumlah kota besar, seperti São Paulo dan Rio de Janeiro. Kepala subprefektur, yaitu subprefeito, ditunjuk oleh walikota kotamadya (di Brazil disebut prefeito).

Di São Paulo terdapat 31 subprefektur, yang terbesar - Parelheiros - mencakup 353,5 km², dan yang terpadat - Capela do Socorro - memiliki lebih dari 600.000 jiwa.

Burkina Faso[sunting | sunting sumber]

Contoh: Subprefektur Djibasso

Chad[sunting | sunting sumber]

Contoh: Subprefektur N'Gouri, Prefektur Chari-Baguirmi, dan Subprefektur Massakory.

Cina[sunting | sunting sumber]

Digunakan pada masa Dinasti Qing. Disebut ting (廳 atau 厅) dalam bahasa Cina, juga setingkat dengan departemen (州) dan distrik (縣). Dan berada di bawah prefektur (府).

Contoh: Subprefektur Tamsui (Danshui) (淡水廳 dàn shuĭ tīng) dan Subprefektur Kavalan (Ga'malan) (噶瑪蘭廳 gá mă lán tīng) (keduanya di Taiwan).

'Sous-préfecture' di Verdun, Perancis

Perancis[sunting | sunting sumber]

Sebuah Sous-préfecture adalah kota administratif di sebuah arrondissement di Perancis. Di sebuah sub prefektur, sebuah arondisemen tidak berisi préfecture. Pelayan sipil yang diberi kekuasaan eksekutif lokal adalah sous-préfet.

Contoh: Aix-en-Provence, Apt, Arles, Bayonne, Boulogne-Billancourt, Boulogne-sur-Mer, Calais, Cambrai, Chalon-sur-Saône, Château-Thierry, Cherbourg, Le Havre, Narbonne, Reims, Saint-Germain-en-Laye, Saint-Omer, Sedan, Vichy

Guadeloupe[sunting | sunting sumber]

Guinea[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Sejumlah prefektur Jepang memiliki kantor cabang bernama 支庁 (shichō) dalam bahasa Jepang, yang diartikan dalam bahasa Inggris sebagai "subprefektur", "kantor cabang", atau "cabang pemerintah prefektur". Lihat informasi di Subprefektur di Jepang dan contohnya Subprefektur Kushiro.