Nakhichevan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Peta Azerbaijan; wilayah Nakhichevan terletak di sebelah kiri
Nakhichevan03.png

Republik Otonomi Nakhichevan (bahasa Azeri: Naxçıvan Muxtar Respublikası) adalah eksklave milik Azerbaijan. Wilayah seluas 5.500 km² ini berbatasan dengan Armenia, Turki dan Iran.

Nakhichevan terdiri dari 6 rayon: Babak, Julfa, Ordubad, Sadarak, Shahbuz dan Sharur.

Kota terbesarnya ialah Kota Nakhichevan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Nakhchivan adalah, atmosfer semi-gurun wilayah yang terpisah dari bagian utama Azerbaijan oleh Armenia. Pegunungan Zangezur membuat perbatasan dengan Armenia, sementara Sungai Aras mendefinisikan perbatasan dengan Iran. Araz reservoir terletak di bahwa pasokan air sungai untuk kebutuhan pertanian dan bendungan air menghasilkan listrik untuk kedua Azerbaijan dan Iran. Hal ini sangat kering dan pegunungan. Nakhchivan puncak tertinggi adalah Gunung Kapudzhukh (3904 m) dan yang paling khas adalah Ilandag (Ular Gunung) (2.415 m), yang terlihat dari Nakhchivan City. Menurut legenda, celah di puncaknya dibentuk oleh keel Bahtera Nuh sebagai banjir mereda. Qazangöldağ (3.829 m) merupakan puncak utama.

Budaya[sunting | sunting sumber]

Nakhchivan merupakan salah satu pusat kebudayaan Azerbaijan. Pada tahun 1923, sebuah sub kelompok musik diselenggarakan di Negara Drama Teater (berganti nama menjadi Musik Mammadguluzadeh dan Drama Teater tahun 1962). Song Aras dan Tari Ensemble (didirikan pada tahun 1959) adalah kelompok lain yang terkenal. Pertunjukan Drama dipentaskan oleh rombongan tari amatir yang diselenggarakan di Nakhchivan di akhir abad 19. Teater seni juga banyak menyumbang budaya Nakhchivan's. Pekerjaan kreatif Jalil Mammadguluzadeh, Huseyn Javid, dan Huseyn Arablinski (Sutradara teater pertama Azerbaijan ) adalah beberapa dari nama yang telah memperkaya heritage.Budaya Nakhichevan telah juga pada waktu telah disebutkan dalam karya sastra.

Penulis dan penyair[sunting | sunting sumber]