Khwarezmia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kekaisaran Khwarezmia, 1190 - 1220 masehi.

Khwarezmia adalah nama dari beberapa negara yang berpusat di delta sungai Amu Darya di Laut Aral, yang melingkupi wilayah Iran Raya (termasuk wilayah Uzbekistan sekarang). Di sini pernah berdiri Kekaisaran Khwarezmia.

Kekuasaannya meliputi dataran tinggi Ust-Urt dan kemungkinan membentang ke barat sampai ke pantai timur dari Laut Kaspia bagian utara. Pada sebelah selatan, ia berbatasan dengan Khorasan, pada bagian utara dengan kerajaan suku Alan, pada bagian tenggara dengan Kangju dan Sogdiana, dan timur laut dengan suku Hun dari Transoxiana. Ibukotanya adalah Urgench Kuno (bahasa Persia: Kuhna Gurganj); dan sejak abad ke-17 adalah Khiva, yaitu ketika Khwarezmia mulai dikenal dengan nama Kekhanan Khiva.

Saat ini, bagian utara wilayah Khwarezmia telah menjadi negara-negara Uzbekistan, Turkmenistan dan Tajikistan, sedangkan bagian selatannya termasuk wilayah Iran. Banyak peninggalan kota-kota kuno Khwarezmia dapat ditemukan di Provinsi Xorazm, Uzbekistan.

Wilayah yang dahulu disebut sebagai Khwarezmia, saat ini memiliki populasi yang beragam; yaitu etnis-etnis Uzbek, Karakalpak, Turkmen, Persia, Tajik, dan Kazak.