Bahasa Azeri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Azerbaijan penduduk

Bahasa Azeri dituturkan oleh penduduk Azerbaijan, dan 25% penduduk Iran. Di Iran, bahasa Azeri menjadi bahasa ibu bagi penduduk provinsi Azerbaijan-e-Gharbi, Azerbaijan-e-Sharqi, Ardabil dan Zanjan, Iran. Disamping itu, banyak juga konsentrasi penutur bahasa ini yang tinggal di Teheran dan kota-kota besar lainnya di Iran. Selain itu, terdapat sekitar 500 ribu penutur bahasa ini di wilayah Kars, Turki timur yang berbatasan dengan Iran.

Sedangkan masyarakat Turkoman yang tinggal di bagian utara Irak sebenarnya adalah penutur dialek Azeri. Mereka tinggal di wilayah peralihan antara kelompok Arab dan Kurdi.

Di Republik Azerbaijan, sebelum tahun 1929, bahasa ini ditulis dalam huruf Arab, kemudian pada tahun 1930-1940 huruf Latin dipergunakan. Akan tetapi dengan kebijakan keras dari Stalin pada tahun 1940, huruf Azeri diganti dengan huruf Sirilik, dan setelah kemerdekaan pada tahun 1991, huruf Azeri mulai menggunakan huruf Latin dengan mengadaptasi versi Turki.

Sedangkan di Iran, penutur Azeri menggunakan huruf Arab yang berbeda sistemnya dengan Persia, dan perbedaannya dengan Azeri di Azerbaijan adalah, pengaruh bahasa Persia yang sangat kuat dalam bahasa ini.