Kekaisaran Mongol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kekaisaran Mongolia

Монголын эзэнт гүрэн
ᠶᠡᠬᠡ
ᠮᠣᠩᠭᠣᠯ
ᠤᠯᠤᠰ

Yeke Mongγol Ulus [1]
1206–1368
Bendera Mongol Empire
Bendera Bangsa Mongol
Panji Perang
Lambang
Puncak wilayah terluas Kekaisaran Mongol tahun 1279
Puncak wilayah terluas Kekaisaran Mongol tahun 1279
Perluasan Kekaisaran Mongolia antara 1206–1294 ditindihkan di atas peta politik modern Eurasia
Perluasan Kekaisaran Mongolia antara 1206–1294 ditindihkan di atas peta politik modern Eurasia
Ibu kotaAvarga
Karakorum[catatan 1]
Dadu[catatan 2] (kini Beijing)
Agama
Tengriisme (Shamanisme), kemudian Buddha, Kristen dan Islam
PemerintahanMonarki pemilihan, kemudian monarki herediter
Khan Agung 
• 1206-1227
Jenghis Khan
• 1229-1241
Ögedei Khan
• 1246-1248
Güyük Khan
• 1251-1259
Möngke Khan
• 1260-1294
Kublai Khan
• 1333–1370
Toghon Temür Khan
LegislatifKurultai
Sejarah 
• Jenghis Khan menyatukan suku-suku dan menyatakan berdirinya Negara Mongolia Raya
1206
• Kematian Jenghis Khan
1227
• Pax Mongolica
1210-1350
• Perpecahan kekaisaran
1260-1264
• Keruntuhan Dinasti Yuan, menandai benar-benar berakhirnya kekaisaran
1368
Mata uangKoin (misalnya dirham), Sukhe, uang kertas yang dijamin dengan sutra atau batangan perak, serta matauang Dinasti Yuan (Chao)
Didahului oleh
Digantikan oleh
Khamag Mongol
ksrKekaisaran
Khwarezmia
Kekhanan Kara-Khitan
dnsDinasti
Jin (1115-1234)
dnsDinasti
Song
Xia Barat
Rus Kiev
Volga Bulgaria
Cumania
Alania
krjKerajaan
Dali
Kekhanan Kimek
kslKesultanan
Rûm
klfKekhalifahan
Abbasiyah
krjKerajaan
Georgia
Kekhanan Chagatai
Gerombolan Emas
Ilkhanate
dnsDinasti
Yuan
Yuan Utara
Sekarang bagian dari
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kekaisaran Mongolia (bahasa Mongol: Монголын эзэнт гүрэн; bahasa Rusia: Монгольская империя) adalah kekaisaran kedua terbesar dalam sejarah dunia setelah Imperium Britania, menguasai sekitar 33 juta km² pada puncak kejayaannya, dengan perkiraan penduduk sebanyak di atas 100 juta orang dan menjadi yang paling kuat di antara semua kekaisaran Abad Pertengahan.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Bangsa-bangsa dunia pada masa pra-Mongol, 1200 M.

Kekaisaran Mongolia didirikan oleh Jenghis Khan pada tahun 1206 sesudah mempersatukan Suku-suku Mongolia yang saat itu sering berselisih di antara sesama dan memulai banyak penaklukan di seluruh benua Eurasia yang dimulai dengan penaklukan Dinasti Xia Barat di Cina Utara dan Kerajaan Khawarezmia di Persia. Pada puncaknya, Kekaisaran Mongolia menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara ke Eropa tengah. Selama keberadaannya, Mongolia melakukan pertukaran budaya antara Timur, Barat dan Timur Tengah sekitar abad ke-13 dan 14.

Kekaisaran Mongolia dipimpin oleh Khagan (Khan Agung keturunan Jenghis Khan) secara turun-temurun. Sesudah kematian Jenghis Khan, Kekaisaran Mongolia pada dasarnya terbagi menjadi empat bagian yaitu; Dinasti Yuan (Cina), Ilkhanate (Persia), Kekhanan Chagatai (Asia Tengah), dan Golden Horde (Rusia). Semua wilayah pembagian itu dipimpin oleh keturunan Jenghis Khan.

Menurut ahli sejarah barat R.J. Rummel, diperkirakan sekitar 30 juta orang terbunuh dibawah pemerintahan Kekaisaran Mongolia dan sekitar setengah jumlah populasi Tiongkok habis dalam 50 tahun pemerintahan Mongolia.

Khan Agung Mongol (Dinasti Yuan)[sunting | sunting sumber]

Para Khan Agung di Karakorum dan setelah masa Mongke, di Peking atau Khanbaliq (berarti "Kota Para Khan"), hidup dengan kekayaan meterial dan barang jarahan yang didapat dari daerah-daerah taklukan Mongol. Hal tersebut dapat ditemui dalam laporan perjalanan dari para musafir dan tamu dari Eropa Barat dan Timur Dekat. Lambat-laun, para Khan Agung Mongol menjadi dinasti Tiongkok dan hanya memiliki kekuasaan nominal saja terhadap khan-khan Mongol di Asia Tengah dan Asia Barat.

Berikut ini adalah tahun kenaikan tahta para Khan Agung (Kha Khan) Mongol atau Dinasti Yuan di Tiongkok, 1206-1634 M, berdasarkan penelitian dari C.E. Bosworth:

Setelah Toghan Temur disingkirkan oleh kaisar Ming, maka pengaruh mereka di wilayah non-Tiongkok menjadi pupus sama sekali.

Masa pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Kublai KhanMongke KhanOghul GhaymishGuyuk KhanTöregene KhatunOgadai KhanToluiJenghis Khan

Khan-Khan Asia Tengah dan Asia Barat[sunting | sunting sumber]

Wilayah Mongolia tahun 1300-1368.

Sementara itu, para pemimpin wilayah atau kerajaan bawahan Khan-Khan Agung Mongol memerintah dengan cukup bebas, beberapa yang terkenal antara lain adalah:

  • 1227-1241 Chagatai Khan; anak Jenghis Khan, yurt atau wilayah kekuasaannya meliputi Transoxania sampai Turkestan Timur, termasuk pula Gunung T'ien Shan.
  • 1226-1280 Orda Khan; anak Jochi, putra sulung Jenghis Khan dan pendiri Kekhanan Gerombolan Putih.
  • 1227-1255 Batu Khan; saudara Orda Khan dan pendiri Kekhanan Gerombolan Biru.
  • 1256-1265 Hulagu Khan; saudara Möngke Khan dan Kublai Khan, serta penguasa Il-Khanate (Il-Khan berarti warga atau bawahan Khan Agung).
  • Kadan Khan; salah seorang anak daripada Ogadai Khan.
  • Oghui, bukan bermarga khan.

Wilayah kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Pada awal masa kekuasaannya, Kekaisaran Mongol hanya meliputi wilayah padang rumput dan dataran tinggi di Tiongkok bagian utara. Setelah memerintah banyak bangsa di wilayahnya, wilayah kekuasaan Kekaisaran Mongol meluas hingga mencakup sebagian besar Asia Timur. Wilayah kekuasaannya yang terluas mencakup wilayah Timur Jauh dan Timur Dekat.[2]

Secara rinci, wilayah kekuasaan Kekaisaran Mongolia meliputi:

  1. Seluruh Tiongkok (dinasti Xia Barat, Song, Jin, dan Liao) dan Nanchao (Kerajaan Dali).
  2. Kerajaan Khawarezmi (bisa disebut juga wilayah Persia atau Iran-Irak-Azerbaijan sekarang ini).
  3. India bagian utara.
  4. Beberapa negara di Asia Tenggara (Vietnam, Kamboja, Thailand, Burma, dll).
  5. Timur Tengah atau Asia Barat Daya (Irak, Sebagian Turki).
  6. Sebagian wilayah Rusia.
  7. Asia Tengah (Afganistan, negara-negara pecahan Soviet: Ukraina, Georgia, Belarusia, Moldavia, dll).
  8. Mongolia.
  9. Beberapa negara di Eropa Timur atau Eropa Tengah (Bulgaria, Hungaria, dll).
  10. Asia Timur (Korea).
  11. Yerusalem (Israel, Palestina).

Penaklukan yang gagal[sunting | sunting sumber]

Beberapa penaklukan Kekaisaran Mongol mengalami kegagalan, yaitu:

Mongolia sekarang ini.
  1. Jepang berhasil mengusir pasukan Mongolia yang akan menginvasi negerinya tetapi akhirnya mengirimkan upeti sehingga Kaisar Mongol merasa puas, dan kemudian memusatkan perhatiannya ke Asia Tenggara.
  2. Jawa (Indonesia), Serbuan Yuan-Mongol ke Jawa terjadi pada bulan Desember 1292 - Juni 1293 (7 bulan) berakhir dengan hasil kegagalan akibat disiasati dan diusir oleh Raden Wijaya, yang kemudian mendirikan Kerajaan Majapahit.
  3. Negara-negara Eropa seperti Lithuania, Polandia, Austria, Moravia (Rep. Ceko timur), Dalmatia (Kroasia), Hungaria, dan pegunungan Carpathia. Pasukan Polandia, Hungaria dan Austria mengalami kekalahan besar tetapi wilayah mereka tidak jadi dikuasai karena pada saat itu Kaisar Mongolia (Ogadai Khan) meninggal sehingga pasukan Mongolia ditarik kembali ke Mongolia.
  4. Mesir, dinasti Mameluk berhasil mengusir dan menghancurkan tentara Mongol pada masa pemerintahan Hulagu Khan dalam Pertempuran Ain Jalut bahkan mereka terus mendesak mongol hingga keluar dari Damaskus, Syria.

Catatan: Kekaisaran Mongolia juga pernah berencana menyerang negara Eropa Barat, seperti Prancis, Romawi dan negara-negara Eropa lainnya. Ahli-ahli sejarah menyatakan jika bukan karena kematian Ogadai Khan, maka kemungkinan seluruh Eropa akan dikuasai dan sejarah Eropa akan berubah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Bahasa Mongol Pertengahan)
  2. ^ Zaghrut, Fathi (April 2022). Artawijaya, ed. Tragedi-Tragedi Besar dalam Sejarah Islam. Diterjemahkan oleh Irham, Masturi. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar. hlm. 109. ISBN 978-979-592-978-9. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • C.E. Bosworth, The Islamic Dynasties, University Press, Edinburgh 1980.
  • L. Hambis, Le chapitre CVII du Yuan Che, les genealogies imperiales mongoles dans l'histoire chinois offiecielle de la dynastie mongole (Leiden 1945).
  • F.W. Cleves, The Mongol names and terms in the History of the Nation of the Archers by Grigor of Akanc, Harvard Journal of Asiatic Studies, XII, (1949), 400-43.
  • J.A. Boyle, On the titles given in Juvaini to certain Mongol princes, Harvard Journal of Asiatic Studies, XIX (1956), 146-54.


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "catatan", tapi tidak ditemukan tag <references group="catatan"/> yang berkaitan