Kargo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peti kemas prah di terminal peti kemas Port Elizabeth, New Jersey

Kargo (Inggris: cargo) atau angkutan mengacu kepada barang yang diangkut untuk kepentingan komersial yang umumnya oleh kapal, kereta api, truk atau pesawat terbang. Pada masa sekarang ini peti kemas digunakan untuk transportasi kargo.

Kargo juga dapat mengacu kepada "barang bawaan" atau "bagasi".

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Kargo memiliki tiga jenis berdasarkan klasifikasi pengirimannya. Antara lain General Cargo, Special Cargo, dan Dangerous Goods. Khusus untuk spesial kargo terbagi atas beberapa jenis barang di antaranya diplomatic mail, human remain, perishable goods, strongly smelling goods, live animals, dan valuable goods. Setiap jenis kargo memiliki penanganan berbeda dengan mempertimbangkan aspek safety dalam setiap kali penerbangan.

Perbedaan Pengiriman Kargo dan Reguler[sunting | sunting sumber]

Pada dasarnya hampir tidak ada perbedaan antara pengiriman kargo dan reguler, yaitu memberikan jasa pengiriman dan juga mendistribusikan barang atau paket pada yang berhak menerimanya. Namun yang membedakan keduanya adalah penilaian yang diberikan terutama oleh sebagian masyarakat, yaitu;

  • Kargo: Pengiriman kargo adalah layanan yang lebih mengutamakan pengiriman barang dalam jumlah besar dan berat. Biasanya terdapat berat minimum jika Anda ingin menggunakan jasa ini. Ketentuan minimum berat dari tiap perusahaan kargo juga biasanya berbeda-beda.
  • Reguler: Pengiriman reguler adalah layanan yang ditujukan untuk pengiriman barang atau paket dengan berat yang tidak terlalu besar atau disebut juga pengiriman satuan. Jenis pengiriman ini juga tidak memberlakukan berat minimum untuk proses pengiriman.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]