Kanton (pembagian negara)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kanton merupakan sebuah pembagian wilayah suatu negara yang lazim dipakai di berbagai negara. Kata ini berasal dari bahasa Latin canto yang berarti "bagian dari suatu negara". Posisi kanton sendiri bermacam-macam, tergantung negara yang memakainya.

Pembagian administratif kanton yang paling terkenal adalah di negara Swiss. Kanton-kanton di Swiss secara teori hampir sama seperti suatu negara yang berdaulat sendiri-sendiri. Di tempat lain, kanton biasanya merupakan bagian dari provinsi atau departemen, dapat juga merupakan kumpulan beberapa munisipalitas (pekotaan).

Pada zaman Kesultanan Utsmaniyah, istilah kaza atau qadaa merupakan sebutan untuk distrik di dalam sebuah provinsi, kadang disebut pula / disamakan dengan istilah 'kanton'.

Penggunaan masa kini[sunting | sunting sumber]

Belgia[sunting | sunting sumber]

Di Belgia, terdapat kanton yudisial dan elektoral.

Kanton yudisial (Belanda: gerechtelijk kanton, Prancis: canton judiciaire) merupakan kumpulan dari beberapa pekotaan di mana hanya terdapat seorang Hakim Perdamaian yang memiliki wewenang atas pekotaan-pekotaan tersebut. Di Belgia terdapat 225 kanton yudisial. Kota Antwerp, misalnya, dibagi menjadi 12 kanton yudisial. Lihat pula Daftar Kanton Elektoral di Belgia.

Kanton elektoral (Belanda: kieskanton, Prancis: canton électoral) merupakan kumpulan dari beberapa pekotaan di mana pemilihan umumnya diselenggarakan oleh satu Kantor Kepala Kanton. Ini merupakan level terendah di mana hasil pemilu dapat dihitung. Di Belgia terdapat 208 kanton elektoral. Lihat pula Daftar Kanton Elektoral di Belgia.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Di Kanada, istilah 'kanton' di dalam bahasa Prancis Kanada sama artinya dengan istilah dalam bahasa Inggris township yang kurang lebih semacam kelurahan.

Kosta Rika[sunting | sunting sumber]

Lihat Daftar kanton di Kosta Rika.

Ekuador[sunting | sunting sumber]

Lihat Daftar kanton di Ekuador.

Luxemburg[sunting | sunting sumber]

Distrik di Luxemburg dibagi menjadi 12 kanton. Kanton-kanton ini dibagi lagi menjadi 116 komune. Kanton-kanton tersebut, diurutkan menurut distriknya, ialah:

Swiss[sunting | sunting sumber]

Masing-masing kanton di Swiss merupakan negara bagian yang memiliki kedaulatan sendiri-sendiri.

Jersey[sunting | sunting sumber]

Di Jersey, kanton merupakan subdivisi dari vigtaine, yaitu subdivisi dari paroki di Jersey.

Prancis[sunting | sunting sumber]

Di Prancis, kanton merupakan subdivisi dari arondisemen dan departemen yang mencakup beberapa komune. Kanton di Prancis berjumlah 4.032 dari 341 arondisemen dan 100 departemen yang ada di Prancis.

Lihat pula Daftar kanton di Prancis.

Bosnia-Herzegovina[sunting | sunting sumber]

Kanton (Bosnia: kanton, plural kantoni; Kroasia: županija, plural županije; Serbia: кантон, plural кантони ) merupakan daerah otonomi tingkat II di Federasi Bosnia dan Herzegovina.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]