Final Fight

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Final Fight
Final Fight (flyer).jpg
Brosur Final Fight pada mesin arkade untuk rilis internasional
Pengembang Capcom
Penerbit Capcom, U.S. Gold Ltd., Ubisoft, (GBA)
Sega (Sega CD)
Perancang Akira Nishitani (Nin-Nin)
Akira Yasuda (Akiman)
Seniman Akira Yasuda
Komposer musik Yoshihiro Sakaguchi
Yōko Shimomura
Platform Arkade, Amiga, Amstrad CPC, Atari ST, Commodore 64, PlayStation 2, Sega CD, ZX Spectrum, Super NES, Sharp X68000, Xbox, XBLA, Game Boy Advance, PlayStation Portable, Playstation Network, Virtual Console, iOS
Tanggal rilis
Mode Single player, 2 player Co-op
Kabinet Upright
Sistem arkade CP System
Tampilan Raster, 384 x 224 pixels (Horizontal), 3072 colors

Final Fight (ファイナルファイト fainarufaito) adalah judul permainan arkade bergenre Beat 'em up yang dirilis pada tahun 1989. Game ini juga merupakan judul terpopuler yang diluncurkan oleh Capcom sebelum akhirnya digeser kedudukannya oleh Street Fighter II dua tahun kemudian. Untuk versi arkade, penangggung jawab disain gim dipegang oleh Akira Nishitani (Nin-Nin). Sedangkan rancangan karakternya dipegang oleh Akira Yasuda (Akiman). Popularitas judul ini kemudian dilanjutkan pada versi konsol dan seri lanjutannya beberapa tahun kemudian.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Permainan ini bersetting di sebuah kota fiktif Amerika Serikat yang bernama Metro City. Diceritakan bahwa pada tahun 1990 (atau 1989 dalam versi Jepang), tingkat kriminalitas kota tersebut mencapai taraf yang memprihatinkan. Akan tetapi sejak terpilihnya Mike Haggar sebagai wali kota yang baru, kondisi Metro City pun berubah secara drastis. Di bawah pemerintahannya, Haggar berhasil menekan angka kejahatan kota tersebut hingga titik yang terendah. Hal ini tentu saja memicu rasa tidak senang dari para preman dan penjahat lokal. Salah satu kelompok yang membenci sepak terjang wali kota Haggar ini adalah Mad Gear yang diketuai oleh konglomerat Belger. Kelompok ini kemudian menteror Hanggar dengan menculik putrinya, Jessica, serta membuat keresahan bagi warga kota Metro City. Haggar yang murka kemudian menantang langsung kelompok Mad Gear. Untuk melawan geng tersebut, Hanggar meminta bantuan kepada Cody, ahli beladiri muda dan juga kekasih Jessica, serta Guy yang merupakan seorang Ninja dan rekan Cody. Dari sinilah kisah pertarungan antara wali kota dan rekan-rekan mudanya melawan kelompok geng jalanan Mad Gear dimulai.

Aturan permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan ini maksimal dapat dimainkan oleh dua orang. Ada 3 karakter yang dapat dipilih sebelum memulai permainan, yakni Guy, Cody, dan Haggar. Masing-masing karakter memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tombol yang digunakan pada permainan ini terdiri atas tuas arah dan 2 tombol akasi. Sedangkan tombol aksi terdiri atas fungsi serang dan fungsi lompat.

Layar permainan gim ini terdiri dari indikator tenaga dan waktu permainan yang bergerak mundur. Di atas indikator tenaga terdapat juga jumlah poin dan banyaknya nyawa permain yang tersisa. Saat permainan berlangsung, indikaotor tenaga akan berkurang bila karakter utama mendapatkan serangan dari musu. Meskipun indikator tenaga telah habis, pemain masih dapat melanjutkan permainan hingga jumlah nyawa karakter mencapai angka nol dan permainan dinyatakan berakhir. Jumlah nyawa juga dipengaruhi oleh waktu yang mengharuskan pemain menyelesaikan permainan dalam satu derah sesegera mungkin. Setiap karakter juga memiliki serangan khusus yang dapat dilakukan dengan menekan 2 tombol aksi secara sekaligus. Konsekuensi dari setiap melakukan serangan khusus tersebut adalah berkurangnya indikator tenaga dalam jumlah yang sedikit.

Pada permainan ini pemain harus mengalahkan musuh-musuh yang mucul pada kedua arah di layar. Musuh-musuh tersebut tidak dapat dilampaui. Untuk melewati suatu daerah, pemain harus mengalahkan semua musuh yang muncul pada layar hingga muncul tampilan perintah untuk maju ke daerah berikutnya. Permainan ini terdiri atas 6 tingkat yang pada setiap tingkatnya diakhiri dengan karakter bos. Biasanya karakter bos akan dibantu oleh karakter bawahan sehingga membuat permainan lebih menantang. Selain 6 tingkatan tersebut, terdapat juga arena bonus yang berfungsi untuk menambah poin yang didapatkan.

Dalam perjalanannya, karakter dapat mengambil benda-benda yang tercecer dilantai. Benda-benda tersebut biasanya berupa senjata, bonus nilai, maupun penambah tenaga. Senjata yang bisa digunakan terdiri dari pisau, pipa besi, pedang katana, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan senjata ini, pemain dapat meningkatkan kekuatan serangan dan mempermudah mengalahkan musuh. Akan tetapi penggunaan senjata ini hanya sekali pakai dan berlaku pada satu daerah saja.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Protagonis[sunting | sunting sumber]

Ada tiga tokoh utama pada permainan ini, yaitu:

  • Guy, merupakan pewaris bela diri Ninja aliran "bushin (kanji: 武神)" dan juga rekan seperjuangan Cody. Memiliki tingkat kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan karakter lain, namun terlemah dari segi kekuatan. Keunggulan lain Guy adalah pukulannya dapat dilakukan secara beruntun serta kombinasi serangan yang lebih bergam. Karakter ini juga muncul pada seri Street Fighter Alpha bersama dengan beberapa karakter Final Fight lainnya.
  • Cody, karakter ini diceritakan sebagai seorang pemuda yang menguasai karate dan memegang tingkatan sabuk Dan 3. Karakter ini memilik tingkat kecepatan dan kekuatan yang berimbang. Selain itu, Cody juga mempu menggunakan pisan untuk serangan-serangan jarak dekat. Selain muncul pada seri Final Fight, karakter ini juga dapat dimainkan pada permainan Street Fighter Alpha 3.
  • Mike Haggar, adalah seorang wali kota serta mantan pegulat profesional yang ditakuti oleh lawan-lawannya. Memeiliki gerakan yang lambat namun kuat dari segi serangan. Bantingan dan teknik gulatnya dianggap yang salah yang terbaik di antara karakter-karakter keluaran Capcom lainnya. Menurut majalah Electronic Gaming Monthly, Haggar dinobatkan sebagai salah satu dari sepuluh karakter politisi terbaik di dalam permainan video [1]

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Karakter bawahan[sunting | sunting sumber]

  • Simons, Bred, Jake, dan Dug
Merupakan karakter musuh standar pada permainan ini. Serangan yang dikeluarkannya hanya berupa pukulan dan tendangan biasa serta tendangan melompat khusus untuk karakter Simon.
  • Two. P dan J
Karakter ini berpenampilan layaknya anak-anak punk dengan kaos oblog dan jaket berbahan katun. Serangannya berupa pukulan, tendangan, dan hantaman biasa namun gerakannya lebih cepat dibandingkan dengan karakter standar.
  • Axl dan Slash
Memiliki badan yang besar dan merupakan anggota geng bermotor. Selain serangan standar, karakter ini mampu menangkis serangan pemain.
  • Wong Who, G. Oriber, dan Bill Bull
Trio berbadan gemuk ini memiliki serangan mematikan berupa hantaman yang dapat menjatuhkan pemain secara langsung bila terkena serangannya tersebut.
  • El Gado dan Holly Wood
Dua preman bersenjata ini menggunakan serangan pisau serta sapuan bawah sebagai serangan utamanya. Keuntungan menjatuhkan karater ini adalah pemain dapat mengambil pisau dari musuh tersebut untuk dijadikan senjata. Tedapat juga versi lain dari Holly Wood yang bersenjatakan bom molotov.
  • Poison dan Roxy
Poison digambarkan sebagai karakter transgender[2] yang memiliki serangan akrobatik dan tendangan yang mematikan. Pada versi keluaran Inggris untuk SNES dan GBA, karakter ini dihilangkan dan diganti dengan karakater anak punk, Billy dan Sid.[3]
  • Andore Bersaudara
Merupakan karakter yang paling tangguh di antara karakter bawahan yang lain. Ciri-cirinya berupa rambat kriting dengan kaos loreng dan jelana jins sebagai pakainanya. Terdiri atas Andore dan Andore Jr yang muncul pada setiap tingkat sebagai musuh standar pada gim ini serta Father Andore and Grandfather Andore muncul sebagai sub-bosses pada tingkat kedua (the West Side). Memiliki serang berupa pukulan dan tendangan yang lebih kuat dibandingkan dengan karakter lain. Selain hantaman dan terndangan ganda, karakter ini memiliki serangan khusus berupa pitingan, bantingan, dan mampu mengimpit pemain yang telah terjatuh.

Karakter bos[sunting | sunting sumber]

Merupakan boss dari "the Slum" atau tingkat pertama. Karakter Caribbean ini bertugas sebagai informan untuk kelompok Mad Gear. Diceritakan juga di awal permainan bahwa penculikan Jessica dilakukan oleh karakter ini. Pada permainan ini serangan yang dihasilkannya berupa pukulan dan tendangan yang lebih kuat dibandingkan dengan karakter standar. Serang khususnya berupa tendangan rolling yang dapat menjatuhkan pemain secara langsung.
Merupakan boss pada tingkat kedua, "the Subway". Diceritakn bahwa Sodom merupakan pegulat Amerika yang sangat terobsesi dengan hal-hal yang berbau Jepang. Karakter ini juga muncul sebagai salah satu pemain dalam seri Street Fighter Alpha. Perawakannya tinggi dengan helm ala Jepang dan aromor serta dilengkapi dengan pedang katana sebagai senjatanya. Karena menggunakan armor, pertahanan karakter ini cukup kuat. Agar mudah mengalahkannya, pemain harus menjatuhkannya dana mengambil pedang yang dijatuhkannya.
  • Edi. E
Merupakan boss dari tingkat ketiga, "the West Side". Diceritakan bahwa Edi. E adalah polisi korup yang menjadi agen ganda bagi kelompok Mad Gear. Bersenjatakan sebuah tongkat dan bila sudah terdesak, karakter ini akan mengeluarkan pistol dan menembaknnya kesegala arah.
  • Rolento
Berasal dari "the Industrial Area" dan merupakan boss pada tingkatan keempat. Rolento merupakan bekas anggota pasukan khusus Red Beret Amerika yang kemudian membelot dan bekerja untuk kelompok Mad Gear. Bisa dikatakan bahwa karakter ini merupakan "backing" kelompok Mad Gear dalam memproduksi obat-obat terlarang di kota Metro City. Memiliki kemampuan militer yang sangat tinggi sehingga gerakannya termasuk yang paling cepat di antara karakter boss yang lainnya. Bersenjatakan sebuah tongkat dan melumpuhkan lawannya dengan melemparkan granat ke segala penjuru arah. Selain melumpuhkan pemain, kadang-kadang granat ini juga melukai Rolento sendiri sehingga dapat dijadikan salah satu strategi dalam mengalahkannya. Pada versi konsol, tingkat dan karakter ini dihilangkan. Akan tetapi seperti halnya Sodom, karakter ini juga kelak akan muncul sebagai salah satu pemain dalam seri Street Fighter Alpha.
  • Abigail
Merupakan boss pada tingkat keempat di kawasan "Bayside". Abigail adalah seorang preman jalanan yang memiliki tempramen yang tinggi. Serang-serangnya dalam pertarungan sangat brutal dan mematikan. Teknik yang sering digunakan adalah bantingan dan pitingan. Jika kemarahannya memuncak, wajah Abigail akan menjadi merah dan serangannya akan lebih berbahaya.
  • Belger
Merupakan boss terakhir dalam gim ini. Diceritakan konglomerat berkursi roda ini merupakan otak dibalik kejahatan kelompok Mad Gear dan tidak diketahui oleh siapa pun. Bersenjatakan sebuah pistol panah dan untuk mengalahkan karakter ini, pemain harus berhati-hati agar tidak mengenai Jessica yang dijadikan sebagai tameng. Pada veris SNES dan Sega CD kursi roda Belger diganti dengan kursi kantor biasa.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Permainan Final Fight bisa dikatakan sebagai pengekor dari seri Double Dragon yang telah sukses terlebih dahulu. Pada awalnya pimpinan Capcom meinginkan sebuah sequel dari sebuah judul permainan yang telah dikenal sebelumnya yakni Steet Fighter. Oleh sebab itu permainan ini diberi judul sebagai Street Fighter '89. Akan tetapi pada saat uji peluncuran, beberapa operator mengajurkan nama lain karena permainan ini tidak ada kaitan dengan Street Fighter sama sekali. Oleh sebab itu dipilihlan nama Final Fight sebagai judul permainan tersebut[4]. Meski demikian kelak seri permainan ini dianggap sebagai sepupu dari seri Street Fighter dan sering dilakukan pertukaran karakter antar kedua seri tersebut.

Serba-serbi[sunting | sunting sumber]

  • Two. P dirancang berdasarkan karakter pemain kedua pada permainan Forgotten Worlds. Nama Two. P sendriri merupakan plesetan dari kata "Two Player" (atau 2P) yang artinya pemain kedua.[5]
  • Beberapa nama karakter terisnpirasi dari band-band rock terkenal seperti Axl Rose dan Slash dari Guns N' Roses serta Poison dan Roxy dari nama band yang sama.
  • Nama kelompok Mad Gear diambil dari sebuah judul permainan keluaran Capcom yang di luar Jepang dipasarkan dengan nama Led Storm[6].
  • Karakter Andore bersaudara terispirasi dari pegulat André the Giant. Kelak karakter ini juga muncul sebagai Hugo pada serial Street Fighter III dengan Poison sebagai manejernya. Uniknya, adegan pembuka pertarungan atara Hugo dengan Alex pada seri ini juga terinspirasi dari pertarungan antara Hulk Hogan dan André the Giant di dunia nyata.
  • Pada awalnya karakter Poison diceritakan sebagai seorang wanita tulen dan dialih suarakan oleh wanita pula. Akan tetapi, badan sensor Amerika menganggap pemukulan pria terhadap lawan jenisnya adalah perbuatan tidak terpuji. Oleh sebab itu maka digantilah status gender Poison dari wanita menjadi transgender. Hal ini dilakukan dengan mealih suarakan karakter tersebut dengan suara laki-laki. Untuk pasar negara Inggris, karakter ini diganti dengan karakter lain yakni Bill dan Sid[3].
  • Untuk pasaran Amerika dan beberapa negara lainnya, nama karakter Sodom diganti dengan Katana. Hal ini disebabkan nama Sodom dianggap merujuk pada imej negatif yaitu nama dari sebuah kota yang dihancurkan dalam cerita keagamaan.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Scott Sharkey, “EGM’s Top Ten Videogame Politicians: Election time puts us in a voting mood,” Electronic Gaming Monthly 234 (November 2008): 97.
  2. ^ Studio Bent Stuff (Sept. 2000). All About Capcom Head-to-Head Fighting Game 1987-2000. A.A. Game History Series (Vol. 1) (dalam bahasa Japanese). Dempa Publications, Inc. hlm. 339. ISBN 4885546761. 
  3. ^ a b Sheff, David. Game Over. hlm. 225. "With Capcom USA, Phillips's team edited some of the grislier games that came in from its Japanese parent company, although Capcom's own censors weeded out the most offensive touches... When a Capcom USA representative suggested that it was tasteless to have the game's hero beat up a woman, a Japanese designer responded that there were no women in the game. 'What about the blonde named Roxy?' the American asked. The designer responded, 'Oh, you mean the transvestite!' Roxy was given a haircut and new clothes." 
  4. ^ Kent, Steven. "VideoGameSpot's Interview with Yoshiki Okamoto (Waybacked)". 
  5. ^ All About Capcom Head-to-Head Fighting Game 1987-2000, pg. 327
  6. ^ "System 16 - 68000 Based Hardware (Capcom)". 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]