Hulk Hogan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hulk Hogan
LahirTerry Gene Bollea
11 Agustus 1953 (umur 70)
Augusta, United States
Tempat tinggalTampa, Florida, United States
Beverly Hills, California, United States
PekerjaanProfessional wrestler, actor, television personality, entrepreneur, musician
Tahun aktif1976 (musician)
1976–2015 (wrestler)
1982–present (actor)
Suami/istri
(m. 1983; c. 2007)

Jennifer McDaniel
(m. 2010)
AnakBrooke Ellen Bollea
Nicholas Allan Bollea
Nama ringHollywood Hulk Hogan[1]
Hollywood Hogan[2]
Hulk Hogan
Mr. America
Sterling Golden[3]
Terry Boulder[1]
The Super Destroyer
Hulk Machine
Tinggi6 ft 7 in (2,01 m)[4]
Berat322 pon (146 kg; 23,0 st)[4]
Asal dariVenice Beach, California[4]
(as Hulk Hogan)
Washington, D.C.
(as Mr. America)[5]
Hollywood
(as Hollywood Hogan)
Dilatih olehHiro Matsuda[1]
Debut1977[1]
Situs webHulkHogan.com

Terry Gene Bollea atau lebih dikenal dengan nama ringnya Hulk Hogan (lahir 11 Agustus 1953), adalah mantan pegulat profesional dan aktor asal Amerika Serikat.

Karier Gulat[sunting | sunting sumber]

Ada sebuah bar yang memiliki seorang pemusik berbakat. Banyak pegulat datang ke sana seperti Jerry Briscoe, Superstar Billy Graham, dan Harley Race. Mereka ke sana untuk melihat penampilan sang pemusik. Pemusik itu ternyata juga ingin menjadi pegulat. Setelah melalui pembicaraan yang serius, para pegulat menyarankan pemusik itu untuk mengambil pelatihan di sekolah gulat yang didirikan oleh Hiro Matsuda Juara Dunia kelas berat AWA saat itu. Pemusik berbakat itu bernama Terry Gene Bollea. Demi menjalani latihan yang panjang itu Terry telah mengeluarkan semua modal yang telah didapat dalam kurun waktu 10 tahun sebagai musikus. Dia bahkan telah menjual dua buah gitar kesayangannya. Akhirnya usaha keras itu membuahkan hasil. Terry bermain di sirkuit indy Florida sebagai Terry Boulder. Dia juga bertanding di Georgia Champion Wrestling dengan menjadikan Jimmy Hart sebagai manajernya dengan nama Sterling Golden memenangkan gelar juara kelas berat daerah tenggara versi NWA. Pernah juga berpasangan dengan Dizzy Hogan (Brutus Beefcake). Vince Mcmahon Sr tertarik akan bakat Terry dan mengajaknya bergabung Di WWF. Memberinya karakter Hulk Hogan (sebab tubuh Terry lebih besar dari Lou Ferrigno, pemeran serial TV the Incredible Hulk). Di bawah manajer “Classy” Freddie Blassie. Terry juga mulai merintis karier di Hollywood berperan sebagai Musuh The Italian Stallion dalam The Rocky III. Sir Vince McMahon Sr kecewa akan tindakan Hogan tersebut dan memecat sang Pegulat secara sepihak. Hogan berada di AWA selama 2 Tahun ( dan berhasil menaikkan rating AWA di televisi), kemudian menjadi juara IWPG turnamen di All Japan Pro Wrestling. Hogan kembali lagi ke WWF atas undangan kehormatan dari pemilik WWF yang Baru Vince Kennedy Mcmahon Jr. Yang memiliki cita – cita untuk menjadikan WWF sebuah perusahaan Nasional Amerika.

Di sana ia menjadi juara dunia 4 kali, memenangkan 2 kali turnamen Royal Rumble (Tahun 1990 dan 1991). Juga membentuk Grup bersama Randy Savage dan istrinya Elizabeth.( Grup ini bubar karena kecemburuan dan kesalahpahaman Randy Savage pada Hogan) 1992 Majalah “The People” menduga Hulk Hogan menggunakan steroid untuk merangsang pertumbuhan otot dan daya tahannya. Billy Graham juga mencatat bahwa Hogan secara mengejutkan dapat menambah berat badannya dari 230 Lbs hingga 295 Lbs dalam setahun sesuatu hal yang tidak mungkin dapat dilakukan tanpa bantuan steroid. Ada juga yang menuduhnya memakai mariyuana dan Kokain. Hogan menyangkal semua tuduhan itu. Namun tekanan media dan Fan terus berdatangan. Hogan memutuskan beristirahat hingga muncul kembali di awal 1993. Namun keluar pada tahun yang sama karena berseteru dengan pihak manajemen. Memulai karier di WCW, pada pertandingan perdananya ia menjadi Juara Dunia Kelas berat WCW menggalahkan Ric Flair. Ia membentuk NWO bersama Scott Hall dan Kevin Nash berusaha menguasai perusahaan Ted Turners.

Dalam suatu turnamen Hogan pernah mempertaruhkan gelar juaranya dengan 60 orang pegulat sekaligus, ia sanggup menggalahkan mereka semua. Namun pada akhirnya jatuh karena serangan dari belakang oleh The Machoman Randy Savage. Dalam acara tonight Show Jay Reno Hulk Hogan juga mengatakan akan maju sebagai Calon kandidat Presiden Amerika Serikat (ini hanya merupakan sebuah gurauan namun sering dianggap pernyataan serius oleh para fan-nya) Pada tahun 1999 pasca habisnya kontak Kevin Nash. Hogan menjadi juara dunia kelas berat WCW sekali lagi melalui “Fingerspoke Of Doom” Match (saat itu Kevin Nash secara sengaja menjatuhkan diri dan membiarkan Hogan Menguncinya).

Di Millenium Baru, Hogan berhasil menjatuhkan Jeff Jarrett untuk meraih gelar juara Dunia Kelas Berat WCW. Namun tiba –tiba muncul Vince Russo ia menyatakan bahwa Hogan telah mengubah jalan cerita, dengan mengintervensi tim penulis untuk mendapatkan gelar tersebut. Russo juga mengatakan Hogan Merupakan Manusia terakus di Planet ini. Gelar juara tetap dimiliki Jarrett dan Hogan meninggalkan ring WCW. Hogan Kembali di WWE sebagai anggota virus NWO melakukan pertarungan yang sangat terhormat dengan The Rock dan Triple H , menjadi juara Dunia tak terkalahkan dan memulai perselisihan di dalam ring dengan Vince McMahon yang ingin menghancurkan Persatuan Hulkamaniac. Vince akhirnya memberhentikan Hogan dari dalam Ring. Ia menyatakan akan tetap membayar Hogan. Dan membiarkan The Hulk diam di Rumah selama sisa kariernya. Hulk Hogan muncul kembali sebagai sosok Bertopeng yang dikenal dengan julukan Mr Amerika (sesuai tema musik Hogan).Hogan sempat mempermalukan Vince dengan alat pendeteksi kebohongan. Namun Vince tetap berhasil menguak jati diri Mr Amerika dan memecat Hogan seketika itu juga. Karier gulat-nya berlanjut di All Japan Pro Wrestling dan sebagai pegulat tamu untuk NWA TNA.

Terlibat dalam perselisihan dalam ring dengan Jeff Jarrett. Sekarang Hogan tidak lagi terlalu aktif dalam dunia Gulat mengingat dari segi usia. Ia kini sibuk mengatur karier musik bagi putrinya yang telah remaja Brooke Hogan. Hogan telah menjadi salah satu sosok fenomenal di dalam Arena Gulat Banyak orang menganggap Hogan merupakan Legenda Hidup. Namun banyak juga orang yang menganggap bahwa Hogan tidak memiliki bakat dan kemampuan apa pun untuk menjadi Juara Dunia. Ia menjadi Legenda karena “politik Kotor” yang dimainkannya di belakang panggung. Mereka justru menganggap bahwa Hogan lah yang telah menjadikan Gulat tampak Palsu. Dengan menjadikan seorang tanpa kemampuan gulat menjadi juara dunia beberapa kali.

Karier Film[sunting | sunting sumber]

Selain membintangi film Rocky III, Terry Gene Bolea pernah bermain di beberapa film lainnya. Diantaranya No Hold Barred (Film Gulat), Mr Nanny, dan Santa Muscle. Ia membintangi sendiri serial TV-nya Thunder In Paradise dan menjadi bintang tamu dalam drama serial Baywatch. Pada tahun 2005 pegulat yang memegang rekor sebagai pegulat dengan jangkauan terpanjang ini berperan dalam Film Punisher bersama Kevin Nash. Ia juga menjadi Bintang Iklan Untuk Iklan sosial yang bertujuan mengajak anak–anak untuk rajin minum susu dan vitamin.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Film/Show Peran Catatan
1982 Rocky III Thunderlips
1983 Bimini Code Rick, Blond Henchman Uncredited
1984 Goldie and the Bears Mac McKenna
1985 The A-Team Dirinya Sendiri 1 episode: ("Body Slam")
1989 No Holds Barred Rip Thomas
1990 Gremlins 2: The New Batch Dirinya Sendiri
1991 Suburban Commando Shep Ramsey
1993 Mr. Nanny Sean Armstrong
1993 Thunder in Paradise Randolph J. Hurricane Spencer Direct-to-video
1994 Thunder in Paradise TV series, 22 episodes
1995 Space Ghost Coast to Coast Dirinya Sendiri Episode: "Sleeper"
1996 Baywatch Dirinya Sendiri Episode: "Bash at the Beach"
The Secret Agent Club Ray Chase
Spy Hard Steele's other Tag-Team Member Cameo
Santa with Muscles Blake
1997 The Ultimate Weapon Cutter
Assault on Devil's Island Mike McBride
1998 McCinsey's Island Joe McGrai
3 Ninjas: High Noon at Mega Mountain Dave Dragon
1999 Assault on Death Mountain Mike McBride
Muppets from Space Dirinya Sendiri
2001 Walker, Texas Ranger Boomer Knight 1 episode: ("Division Street")
2009 Little Hercules Zeus
2011 Gnomeo & Juliet Terrafirminator V.O.
Saints Row: The Third Angel de la Muerte Video game
2011–2015 China, IL The Dean Main cast
2012 American Dad! Dirinya Sendiri 1 episode: ("Stanny Tendergrass")

Dalam Bergulat[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

1 ^ Hogan's last reign was as Undisputed WWF Champion. The title was renamed the Undisputed WWE Championship on May 6, 2002 after World Wrestling Federation Entertainment, Inc. settled a lawsuit with the World Wide Fund for Nature, and became simply World Wrestling Entertainment.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama OWW
  2. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama james
  3. ^ Wrestling Classics, Jan 1992 issue, P.16.
  4. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama WWEBio
  5. ^ Judgment Day 2003 (DVD). WWE Home Video. 2003. 
  6. ^ "Finishing Moves List". Other Arena. Diakses tanggal August 28, 2009. 
  7. ^ "Hulk Hogan's WWE Debut". 
  8. ^ a b "Mega Powers profile". Online World of Wrestling. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-10. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  9. ^ "Just for Kicks: WWE's top 10 kicks". WWE. January 3, 2014. Diakses tanggal January 5, 2014. 
  10. ^ The Masked Man. "Dead Wrestler Of The Week: Captain Lou Albano". Deadspin. Diakses tanggal August 8, 2015. 
  11. ^ "Jimmy Hart profile". Online World of Wrestling. Diakses tanggal September 4, 2009. 
  12. ^ Wrestling Classics, Jan 1992 issue, p.17.
  13. ^ Dave Meltzer. "WWE Vintage Collection TV report - Hulk Hogan The Early Days". Wrestling Observer/Figure Four Weekly. Diakses tanggal August 8, 2015. [pranala nonaktif permanen]
  14. ^ "When Hulk Hogan and Marvel Collided". Red-Headed Mule. Diakses tanggal August 8, 2015. 
  15. ^ "WWE Top 24 Matches". WWE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-11. Diakses tanggal November 2, 2011. 
  16. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Nottingham012611
  17. ^ a b c d "Entrance themes". 
  18. ^ "WWE Anthology at Allmusic". 
  19. ^ "The History of Rock & Pop Vol. 1". 
  20. ^ "WCW Mayhem: The Music at Allmusic". 
  21. ^ "Immortal Theme". Total Nonstop Action Wrestling. Diakses tanggal May 12, 2011. 
  22. ^ "The 1st International Wrestling Grand Prix Championship Tournament". Wrestling-Titles.com. Diakses tanggal October 21, 2007. 
  23. ^ "Pro Wrestling Illustrated Award Winners Inspirational Wrestler of the Year". Wrestling Information Archive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-06-16. Diakses tanggal July 27, 2008. 
  24. ^ "Pro Wrestling Illustrated Top 500–1991". Wrestling Information Archive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-20. Diakses tanggal March 14, 2009. 
  25. ^ "Pro Wrestling Illustrated's Top 500 Wrestlers of the PWI Years". Wrestling Information Archive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-27. Diakses tanggal March 14, 2009. 
  26. ^ The Great Hisa's Puroresu Dojo: Puroresu Awards: 1990s. Puroresu.com. Retrieved on May 8, 2011.
  27. ^ The Great Hisa's Puroresu Dojo: Puroresu Awards: 1980s. Puroresu.com. Retrieved on May 8, 2011.
  28. ^ "History of the WCW World Championship". WWE.com. Diakses tanggal October 21, 2007. 
  29. ^ "World Tag Team Championship official title history". WWE. Diakses tanggal October 21, 2007. 
  30. ^ "History of the WWE World Heavyweight Championship". WWE. Diakses tanggal October 21, 2007. 
  31. ^ FULL-LENGTH MATCH - SmackDown - Hulk Hogan vs. Chris Jericho - WWE Undisputed Championship Match. September 21, 2013 – via YouTube. 
  32. ^ "Past Rumble Winners". WWE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-20. Diakses tanggal October 21, 2007. 
  33. ^ "Hulk Hogan Statement on Racist Rant : People.com". PEOPLE.com. Diakses tanggal July 25, 2015. 
  34. ^ Meltzer, Dave (January 19, 1998). "Jan. 19, 1998 Wrestling Observer Newsletter: 18th Annual Newsletter Awards Issue". Wrestling Observer Newsletter. 
  35. ^ Meltzer, Dave (January 22, 1996). "Jan. 22, 1996 Wrestling Observer Newsletter: Results of the 1995 Wrestling Observer Newsletter Awards, 1995 Record Book, Tons More". Wrestling Observer Newsletter. 
  36. ^ Milner, John. "Hulk Hogan". SLAM! Wrestling. Diakses tanggal February 5, 2009. [pranala nonaktif permanen]
  • Portal Biography