The A-Team

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The A-Team
Ateam.jpg
The A-Team searah jarum jam dari atas: Murdock, B. A. Baracus, Hannibal dan Faceman.
Format Aksi/Petualangan
Pembuat Frank Lupo
Stephen J. Cannell
Pemeran George Peppard
Dirk Benedict
Dwight Schultz
Mr. T
Melinda Culea
Marla Heasley
Eddie Velez
Robert Vaughn
Komposer lagu tema Mike Post
Pete Carpenter
Negara  Amerika Serikat
Jumlah musim 5
Jumlah episode 98 (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif Stephen J. Cannell
Frank Lupo (seasons 4 and 5)
Produser John Ashley
Tom Blomquist (season 5)
Durasi 48 minutes per episode
Rumah produksi Universal Television
In Association With Stephen J. Cannell Productions
Siaran
Saluran asli NBC
Penayangan awal January 23, 1983 – March 8, 1987

The A-Team adalah serial televisi aksi petualangan komedi yang mengisahkan tentang sekelompok mantan anggota Pasukan Khusus Angkatan Darat Amerika yang bekerja sebagai tentara bayaran, sementara itu mereka selalu melarikan diri dari pengejaran pihak Polisi Militer. The A-Team diciptakan oleh seorang penulis Frank Lupo dan produser Stephen J. Cannell, mereka sering berkolaborasi menciptakan film serial televisi Wiseguy, Riptide dan Hunter atas perintah seorang Presdir NBC Entertainment, yaitu Brandon Tartikoff.

Setiap episode film ini dimulai dengan sebuah intro voiceover:

(Ten years ago / In 1972), a crack commando unit was sent to prison by a military court for a crime they didn't commit. These men promptly escaped from a maximum security stockade to the Los Angeles underground. Today, still wanted by the government, they survive as soldiers of fortune. If you have a problem, if no one else can help, and if you can find them, maybe you can hire... The A-Team.

Diperankan oleh George Peppard sebagai Kolonel Hannibal, Dirk Benedict sebagai Letnan Faceman, Dwight Schultz sebagai Kapten Murdock, Mr. T sebagai Sersan B. A. Baracus.

Pemimpin The A-Team, Hannibal adalah seorang ahli dalam menyamar dan ahli dalam bidang taktik, kadang-kadang skema yang telah direncanakan sering direvisi. Ia selalu berkata "I love it when a plan comes together" ketika rencana yang telah ia siapkan berjalan mulus. H.M. "Howlin' Mad" Murdock adalah seorang pilot yang berpura-pura menderita gangguan jiwa, kadang-kadang sering dipanggil oleh B.A. sebagai "crazy fool" (orang gila yang bodoh).

Templeton "Faceman" Peck adalah salah satu anggota yang memiliki wajah sangat tampan. Kemahirannya adalah ia sanggup memperoleh apa saja, khususnya ahli dalam menipu orang lain. Tidak seperti teman sejawat lainnya yang sering berhadapan dengan orang-orang jahat, Face sangat tidak menyukai perkelahian dan ia sering korban pukulan. Sedangkan Bosco "B.A." Baracus adalah pria yang kekar. Dia menyatakan bahwa "B.A." berarti "Bad Attitude." Ia seorang yang ahli dalam bidang mekanik dan sanggup memperbaiki macam-macam mesin. Kelemahannya adalah ketika naik pesawat untuk terbang, ia selalu menolak untuk terbang, sehingga teman sejawatnya harus memukulnya hingga pingsan atau bahkan diberi obat pembius.

The A-Team (2010)[sunting | sunting sumber]

The A-Team akan dibuat versi layar lebar pada tahun 2010, diperankan oleh Liam Neeson sebagai Kol. John 'Hannibal' Smith, Bradley Cooper sebagai Lt. Templeton 'Faceman' Peck, Quinton Jackson sebagai Sersan B.A 'Bad Attitude' Baracus, dan Sharlto Copley sebagai Kapten H.M. 'Howling Mad' Murdock.[1][2] Untuk memodernisasikan plot film, maka The A-Team yang baru akan dijadikan sebagai veteran Desert Storm. Stephen J. Cannell akan membuat film terbaru ini lebih mengarah ke genre film laga serius seperti gaya film Die Hard. Kemudian karakter-karakternya akan dibuat lebih baik dibandingkan dengan pemeran pendahulunya.[3][4] Film ini akan disutradarai oleh Joe Carnahan dan ia juga sebagai screen writer dalam film tersebut. Film ini dirilis pada tanggal 11 Juni 2010.

Sebelumnya dikatakan bahwa Hannibal akan diperankan oleh Bruce Willis[5], kemudian Murdock diperankan oleh Woody Harrelson. Ada pula yang mengabarkan George Clooney akan bermain sebagai Hannibal, B.A. Barracus diperankan oleh Mike Tyson. Dikatakan bahwa Clooney telah membantu Tyson untuk menolong kariernya sebagai aktor,[6] kemudian disebut juga Jim Carrey akan berperan sebagai Murdock dan Michael Clarke Duncan sebagai B.A.[7] Ternyata kesemua berita tersebut hanya kabar burung belaka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]