The Jimi Hendrix Experience

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Jimi Hendrix Experience
Jimi Hendrix Experience in Fenklup.png
The Jimi Hendrix Experience melakukan pertunjukan di televisi Belanda pada tahun 1967. Dari kiri ke kanan: Jimi Hendrix, Noel Redding dan Mitch Mitchell
Latar belakang
Asal London, Inggris
Genre Hard rock, psychedelic rock, blues-rock, acid rock, heavy metal
Tahun aktif 1966–1969, 1970
Label Track (Britania raya), Reprise (Amerika Utara), Polydor (Eropa), Barclay (Perancis), MCA
Artis terkait Gypsy Sun and Rainbows, Band of Gypsys, The Noel Redding Band, Ramatam
Situs web www.jimihendrix.com
Mantan anggota Jimi Hendrix
Billy Cox
Mitch Mitchell
Noel Redding

The Jimi Hendrix Experience adalah band psychedelic rock Inggris-Amerika yang terbentuk di London pada bulan Oktober 1966. Terdiri dari penyanyi, penulis lagu, dan gitaris Jimi Hendrix, bassis dan backing vokal Noel Redding, dan drummer Mitch Mitchell, band ini aktif sampai bulan Juni 1969. Pada saat itu, band ini merilis tiga album studio yang sukses. Setelah Redding meninggalkan band, Hendrix dan Mitchell tinggal bersama-sama melalui proyek-proyek lainnya. 'Reuni' Pengalaman pada tahun 1970 dengan Billy Cox dijuluki "The Cry of Love", sampai kematian Hendrix pada bulan September 1970. Redding meninggal pada tahun 2003, dan Mitchell menjadi anggota terakhir dari anggota band asli, pada bulan November 2008.

Dikenal luas sebagai band yang sangat berpengaruh pada perkembangan genre hard rock dan heavy metal pada akhir 1960-an dan seterusnya. Yang paling dikenal dari The Experience adalah keterampilan, gaya dan karisma dari sang pentolan Hendrix, yang telah terpilih sebagai salah satu gitaris terbesar oleh berbagai publikasi musik dan penulis. Semua tiga album studio band, Are You Experienced (1967), Axis: Bold as Love (1967) dan Electric Ladyland (1968), telah ditampilkan dalam daftar majalah Rolling Stone The 500 Album Greatest of All Time - masing-masing dalam peringkat 100 teratas - pada posisi masing-masing 15, 82 dan 54. Pada tahun 1992, The Jimi Hendrix Experience dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Jimi Hendrix tiba di Inggris pada September 1966 [1] dan dengan manajer barunya Chas Chandler membentuk backing band dengan bassis Noel Redding dan drummer Mitch Mitchell [2] Mitchell adalah seorang drummer dari London yang berpengalaman sebelumnya dengan Georgie Fame and the Blue Flames yang membawa gaya Jazz dan bermain drum untuk band. Dia akan membuktikan untuk menjadi mitra musik yang paling berharga bagi Hendrix. Redding dipilih karena Hendrix menyukai sikapnya terhadap musik dan gaya rambut. Ini adalah pertama kalinya ia pernah bermain bass di band, karena ia sebenarnya adalah seorang gitaris. Nama "The Jimi Hendrix Experience" diciptakan oleh manajer bisnis mereka Mike Jeffery [3] . Penampilan resmi pertama dari "The Jimi Hendrix Experience" (diundang oleh penyanyi asal Perancis Johnny Hallyday) berada di Novelty di Évreux (Perancis) pada 13 Oktober 1966 [4] Enam hari kemudian band memainkan pertunjukan pertama mereka di Inggris sebagai sebuah karya pribadi di Scotch of St James.

Meskipun awalnya berstatus sebagai backing band Hendrix, The Experience segera menjadi lebih dari itu. Mengikuti jejak Cream, mereka adalah salah satu kelompok pertama yang mempopulerkan format "trio power", yang terdiri dari gitar, bass dan drum.[5] Pada format yang lebih kecil ini juga mendorong lebih ekstrover dari anggota band, seringkali pada volume yang sangat tinggi. Dalam The Experience,Hendrix menggabungkan tugas lead dan ritme gitar menjadi satu, sementara juga memanfaatkan efek gitar seperti feedback, dan kemudian pedal wah-wah, ke tingkat yang belum pernah terdengar sebelumnya. Mitchell bermain keras dipengaruhi alur jazz yang sering melayani peran melodi sebanyak seperti ketepatan waktu yang mereka lakukan. Redding memainkan garis bass tampak sederhana yang membantu untuk jangkar suara band. Secara visual, mereka menetapkan tren dalam pakaian dan psychedelic, mengikuti teman bandnya 'Bob Dylan dengan gaya tatanan rambut 1966an, Mitchell juga memakai gaya rambut tersebut. Pada 11 Januari 1967, band ini menaklukkan London ketika mereka muncul di klub malam The O'Nails Bag. Yang hadir malam itu adalah John Lennon, Ringo Starr, Brian Epstein, Lulu (penyanyi), The Hollies, Small Faces , Pete Townshend, John Entwistle, Mick Jagger, Brian Jones, Donovan, Georgie Fame, Denny Laine, Terry Reid, Jeff Beck, dan Eric Clapton yang jarang melewatkan pertunjukan Hendrix di London. Townshend mengaku, "[Jimi] mengubah suara seluruh gitar listrik dan membalikkan dunia rock menjadi terbalik". Clapton setuju, "setelah Pete Townshend dan aku pergi untuk melihat dia bermain, saya pikir itu saja, permainan itu untuk kita semua, kita mungkin juga pak masuk" '3 [6] Kelompok ini datang ke menonjol di AS hanya setelah Juni 1967 Monterey Pop Festival, [7] salah satu batu besar pertama festival musik [2] Penampilan band ini berakhir dengan membakar gitar listrik Fender Stratocaster milik Hendrix yang terkenal dicat ala psychedelic. [8] Setelah festival mereka diminta untuk pergi tur dengan The Monkees. Mereka bergabung dengan tur pada tanggal 8 Juli 1967, di Jacksonville, Florida, pada giliran kedua dari masing-masing tiga kelompok band, dibuka oleh The Sundowners. Kurang dari dua minggu kemudian, dan setelah hanya segelintir pertunjukkan, mereka meninggalkan tur, karena dilaporkan frustrasi oleh respon penonton. The Hendrix / Monkees terakhir konser dilakukan di Flushing Meadows di Queens, New York - Chas Chandler kemudian mengatakan bahwa itu semua adalah aksi publisitas [9]

Foto publik dari band pada tahun 1968

Dengan band, Hendrix mencatat lima single hit "Hey Joe", "Purple Haze", [7] "The Wind Cries Mary", "Burning of the Midnight Lamp "dan" All Along the Watchtower ", dan tiga album paling sukses, Are You Experienced, Axis: Bold as Love dan Electric Ladyland. Pada April 1969, band ini mulai terpecah. Hubungan Hendrix memburuk dengan Redding akhirnya muncul, dan Hendrix juga merasa perkembangan musiknya terhambat oleh format trio. Hendrix juga mulai bereksperimen dengan depressan dan obat-obatan psychedelic. Dia rentan terhadap perubahan suasana hati, yang menciptakan konflik dalam band [10] Kelompok asli bermain bersama-sama cukup lama untuk memenuhi keterlibatan yang ada, yang berpuncak pada Denver Pop Festival pada tanggal 29 Juni 1969. Dari panggung, Hendrix membuat pengumuman terkenal: "Ini adalah pertunjukan terakhir kami akan bermain bersama". The Experience yang asli dibubarkan.

Hendrix bereksperimen dengan line-up band yang lebih besar yang dikenal sebagai Gypsy Sun and Rainbows untuk konsernya di Woodstock pada bulan Agustus 1969, namun akan kembali ke format trio dengan Band of Gypsys . Tapi dengan 1970, Hendrix telah bubar Band of Gypsys - telah menyatakan ini disebabkan oleh keinginan Michael Jeffery (sekarang satu-satunya manajer Hendrix) untuk mereformasi line-up asli band The Experience, tetapi sebagai Trixie Sullivan, asisten Jeffery, bersaksi, Hendrix melakukan persis seperti yang ia merasa musik dan Jeffery hanya menangani sisi bisnis, seperti biasa. Juga, menurut bassist Gypsys Billy Cox, trio kekuatan hitam-hitam terutama satu-off untuk membantu Hendrix memenuhi kewajiban luar biasa untuk Ed Chaplin dengan merekam LP satu-off hidup. Jeffery disebut Redding dan Mitchell tentang reformasi Pengalaman. Keduanya sepakat untuk berpartisipasi dalam apa yang tampaknya akan menjadi pembuat uang besar dari tur, Mitchell dan Redding bisa menggunakan uang tunai, dan tur juga akan mendapatkan Hendrix keluar dari masalah keuangan ia berada di pada waktu itu sebagian karena pembangunan Electric Lady Studios. Hendrix terbuka untuk memiliki Mitchell bergabung kembali, namun enggan untuk membawa Redding kembali.

Pada awal Februari 1970, tampaknya seolah-olah The Experience asli direformasi. Manager Michael Jeffery bahkan mendirikan sebuah wawancara dengan majalah Rolling Stone untuk mengumumkan kembalinya kelompok, yang diterbitkan pada tanggal 19 Maret 1970 berjudul "J.H.: The End of a Beginning Maybe"(dan dicetak ulang dalam majalah Guitar Player lima tahun setelah kematian Hendrix). Sedangkan wawancara memberi kesan bahwa luka lama sembuh dan masa depan tampaknya cerah bagi pengalaman, itu jauh dari kebenaran. Redding menunggu selama berminggu-minggu untuk mendengar kembali tentang latihan untuk tur mendatang, dan ketika dia akhirnya berbicara dengan pacar Mitchell, dia belajar bahwa ia telah digantikan oleh Billy Cox. Sebelum mulai, Hendrix "menyebut Tur Cry of Love, karena itulah apa itu" dalam sebuah wawancara, hal ini hanya menyebutkan nama itu, menyangkut kepada nama LP anumerta (1971), dan kelompok itu sendiri masih disebut dalam semua iklan, artikel, promo, pemesanan, perkenalan, dll sebagai "Jimi Hendrix Experience" atau hanya "Jimi Hendrix". Jadi setelah istirahat hampir sepuluh bulan (selama itu ia hanya bermain enam hari) "Jimi Hendrix Experience" menghantam jalan untuk satu tur terakhir. Hendrix merasa band ini harus tinggal di Amerika dan merekam untuk LP berikutnya, sementara Mike Jeffery ingin tur ke Eropa. Tur Eropa adalah keputusan yang buruk dari awal. Hendrix punya demam, tidak mendapatkan istirahat, dan masih terpengaruh oleh perubahan iklim. Penghinaan bagi manajemen dan situasinya keuangannya terakumulasi buruk, dan oleh kaki Eropa itu Hendrix jelas tidak bahagia dan tidak layak untuk tur. Mitchell melaporkan bahwa Hendrix bahkan tidak melakukan cek suara sebelum pertunjukan.

Selama periode ini, sebelum Isle of Wight Festival, Hendrix berbicara kepada teman Richie Havens mengenai kesulitannya. Havens mengatakan, "Dia sangat tidak bahagia, sangat tertekan, dan meminta bantuan saya" Saya mengalami waktu yang buruk dengan manajer dan pengacara saya 'Jimi mengatakan' Mereka akan membunuh saya,.. Semuanya tergantung kepada saya dan itu menjadi sangat buruk aku tidak bisa makan ataupun tidur ... '". Ada wawancara dengan Havens Richie (diproduksi oleh Will Scally), di mana Richie Havens membahas ini sama dengan pertemuan Hendrix. Wawancara ini belum pernah disiarkan. Setiap informasi lebih lanjut dapat diperoleh dari Barry Levene.

Selama istirahat dalam tur akhir tahun itu, Hendrix meninggal pada tanggal 18 September 1970 dalam keadaan kontroversial. [2] Pada tahun 1992, The Experience dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame. [1]

Noel Redding ditemukan tewas di rumahnya di Irlandia pada 11 Mei 2003 [11] Will Scally, diproduksi dan disutradarai oleh Redding Experience dvd (MNVDISCS), Noel membahas sejarah band secara rinci.

Sementara tur di AS, Mitch Mitchell ditemukan tewas pada 12 November 2008 di kamarnya di Benson Hotel di Portland, Oregon [12] Dia adalah anggota yang terakhir yang masih hidup dari Jimi Hendrix Experience asli sementara Billy Cox tetap satu-satunya anggota tambahan yang masih hidup.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

1. ^As well as his regular position on lead vocals and guitar, Jimi Hendrix also played bass on Electric Ladyland; backing vocals on "Foxy Lady", "She's So Fine", "Long Hot Summer Night", "Mastermind", "Changes" and "We Gotta Live Together"; piano on "Are You Experienced?", "Spanish Castle Magic" and "Crosstown Traffic"; glockenspiel on "Little Wing"; flute on "If 6 Was 9"; harpsichord on "Bold as Love" and "Burning of the Midnight Lamp"; mellotron on "Burning of the Midnight Lamp"; and percussion on "1983... (A Merman I Should Turn to Be)".
2. ^As well as his regular position on bass and backing vocals, Noel Redding also played electric guitar and acoustic guitar on "Little Miss Strange" and lead vocals on "She's So Fine" and "Little Miss Strange".

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Lawrence, Sharon (2005). Jimi Hendrix: The Intimate Story of a Betrayed Musical Legend (ed. 2006). New York, N.Y.: Harper. ISBN 0-06-056301-X. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Jimi Hendrix Experience". Rock and Roll Hall of Fame. Diakses 2009-03-19.  Unknown parameter |tahun= ignored (help)
  2. ^ a b c Templat:Mengutip web
  3. ^ Lawrence 2005, hlm. 56.
  4. ^ / rockpop / jimihendrix / jimi_hendrix.html Sebuah plakat di Évreux, Prancis commemorating Jimi Hendrix dan resmi pertama Pengalaman ini menunjukkan 13 Oktober 1966
  5. ^ Saunders, William (2010) Jimi Hendrix London Roaring Forties Press ISBN 978-0-9843165-1-9
  6. ^ adalah Magic Number 'oleh Matt salju untuk Mojo Magazine (Nov 2006), hlm 81-82
  7. ^ a b Templat:Gilliland
  8. ^ Lawrence 2005, hlm. 78.
  9. ^ Lawrence 2005, hlm. 84.
  10. ^ Mitch Mitchell and John Platt, The Hendrix Experience,(London: Hamlyn, 1990), pp. 88–96, 48–149.
  11. ^ Vintage Amps Bulletin Board • View topic - Hendrix Bassist Noel Redding Dead At 57
  12. ^ Jimi Hendrix drummer dies at 61 just days after tribute tour. Daily Mail. Retrieved 16 June 2012

13. Redding Experience dvd MNVDISCS 2010

External links[sunting | sunting sumber]