Shuma-Gorath

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shuma-Gorath

Shuma-Gorath seperti yang terlihat dari permainan video Marvel Super Heroes
Shuma-Gorath seperti yang terlihat dari permainan video Marvel Super Heroes

Penerbit Marvel Comics
Muncul
perdana
Marvel Premiere #5 (Nov 1972) (disebutkan namanya)
Marvel Premiere #10 (Sep 1973) (muncul)
Pencipta Steve Englehart
Frank Brunner
Robert E. Howard
Karakteristik
Spesies Iblis
Afiliasi
kelompok
Old Ones
Alias The Old Ones, He Who Sleeps But Shall Awake, Lord of Chaos
Kemampuan
  • Kekuatan super dan kemampuan penyembuhan diri secara cepat melalui wujudnya yang unik
  • Kemampuan nyaris tak terbatas di dimensinya sendiri
  • Keabadian
  • Kemampuan mengeluarkan energi perusak dari mata dan tentakelnya
  • Mampu bertelepati dan berpindah antar dimensi
  • Kekuatan sihir

Shuma-Gorath adalah salah satu tokoh jahat dalam komik Dr. Strange terbitan Marvel Comics. Ia diciptakan oleh Steve Englehart dan Frank Brunner, sementara namanya diciptakan oleh Robert E. Howard. Shuma-Gorath juga muncul di komik Conan the Barbarian dan Fantastic Four sebagai musuh. Shuma-Gorath juga terkenal karena kemunculannya di aneka permainan video ciptaan Capcom.

Biografi Fiktif Karakter[sunting | sunting sumber]

Shuma-Gorath pertama kali mendarat di bumi setelah meninggalkan dimensinya jutaan tahun yang lalu untuk menguasai dunia dan umat manusia. Shuma-Gorath kemudian ditidurkan kembali oleh penyihir waktu Sise Neg, yang kemudian mengirimnya kembali ke dimensi asalnya.[1]

Shuma-Gorath kemudian berusaha kembali ke bumi dengan bantuan beberapa anak buahnya melalui pikiran Ancient One, guru dari Dr. Strange. Dr. Strange kemudian masuk ke dalam pikiran Ancient One dan menghancurkan inti pikiran dari Ancient One untuk mencegah Shuma-Gorath sampai ke bumi. [2] Setelah itu, Dr Strange berkali-kali terlibat pertarungan dengan Shuma-Gorath, termasuk di dalam dimensi Shuma-Gorath sendiri.

Shuma-Gorath akhirnya berhasil mendarat di bumi berkat bantuan Nicolas Scratch, yang menipu Fantastic Four untuk membacakan mantera yang membebaskannya. Namun, Fantastic Four, dengan bantuan dari Dr. Strange, berhasil mengirimnya kembali ke dimensi lain. Shuma-Gorath pun terkurung di dalam dimensi kekacauan – menunggu saatnya untuk kembali.[3]

Kekuatan dan Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Shuma-Gorath adalah salah satu iblis terkuat yang pernah ada dalam dunia komik. Ia tidak bisa menua ataupun mati, sehingga pada dasarnya mustahil untuk melenyapkannya sama sekali. Ia bisa berpindah dan bertelepati antar dimensi, termasuk ke dimensi bumi. Di dalam dimensinya sendiri, kekuatannya nyaris tak terbatas. Tentakelnya berjumlah antara 6 dan 8, bergantung pada wujudnya. Dengan tentakelnya itulah ia bisa menyerang musuhnya dan menghasilkan kekuatan sihir.

Selain kemampuan-kemampuan tadi, Shuma-Gorath juga menguasai beberapa kemampuan sihir lain. Ia bisa mengubah bentuk dan ukurannya, menciptakan ledakan energi, menyerap kekuatan dari makhluk lain, serta memaksa makhluk lain mengikuti kemauannya. Ia juga menguasai semacam teknik voodoo, di mana ia bisa menciptakan replika bumi untuk merusak bumi yang sebenarnya.[4]

Di dalam game-game video buatan Capcom, Shuma-Gorath diperlihatkan memiliki beberapa kemampuan sihirnya, seperti menyerap energi musuh, menggandakan dirinya, mengubah bentuknya, menembakkan energi perusak, sampai kemampuan mengurung musuhnya dalam “dimensi kekacauan” (Chaos Dimension).

Penampilan di Media Lain[sunting | sunting sumber]

Permainan Video[sunting | sunting sumber]

  • Shuma-Gorath muncul pada film penutup karakter Storm pada permainan video X-Men Vs Street Fighter[5]
  • Shuma-Gorath muncul sebagai karakter yang bisa dimainkan pada permainan-permainan video Marvel Super Heroes, Marvel Super Heroes Vs Street Fighter, dan Marvel Vs Capcom 2

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Di dalam permainan videonya, Shuma-Gorath ditampilkan dengan warna asli ungu, bukan hijau seperti di dalam kebanyakan komiknya. Di awal penampilan komiknya, Shuma-Gorath sendiri memang tampil dalam warna ungu.
  • Masih di dalam permainan video yang sama, Shuma-Gorath memiliki perkataan favorit “waste of flesh”, yang kurang lebih berarti ”orang tak berguna” saat mengejek atau usai mengalahkan musuhnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marvel Premiere #14
  2. ^ Marvel Premiere #10
  3. ^ Marvel Knights 4 #26-27
  4. ^ Strange Tales II #14/2
  5. ^ The Video Game Museum - Storm Ending

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Shuma Gorath di Buku Panduan Online Jagad Marvel
  2. Shuma-Gorath di Ensiklopedia Marvel