Canon (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Canon Inc.
(キャノン株式会社)
Jenis Publik
TYO: 7751
NYSE: CAJ
Industri/jasa Elektronik konsumen
Genre Elektronik
Didirikan Tokyo, Jepang (10 Agustus 1937)
Kantor pusat Bendera Jepang Ōta, Tokyo, Jepang
Daerah layanan Seluruh Dunia
Tokoh penting Fujio Mitarai
(Ketua dan CEO)
Produk Kamera SLR, kamera biasa, kamera digital, camcorder, pencetak, scanner, lensa, LCD, instrumen oftalmik, kepala magnetik, motor mikro
Pendapatan ¥3,557 triliun (2011)[1]
Laba usaha ¥378,071 miliar (2011)[1]
Laba ¥248,630 miliar (2011)[1]
Jumlah aset ¥3,930 triliun (2011)[1]
Jumlah ekuitas ¥2,551 triliun (2011)[1]
Karyawan 198.307 (2011)[2]
Slogan make it possible with canon (Jepang)
Delighting You Always (Asia)
kamu bisa Canon (Eropa)
imageANYWARE (Amerika Serikat)
Advanced Simplicity (Oseania)
Divisi Unit Bisnis Kantor, Unit Bisnis Konsumen, Unit Bisnis Industri dan Lain-lain
Situs web www.canon.com
Logo Canon

Canon Inc. (dibaca ké-nèn, IPA:ˈkænən, dalam Bahasa Jepang: キヤノン株式会社), bermarkas di Tokyo, adalah sebuah perusahaan Jepang yang mengkhususkan dalam produk gambar dan optik, termasuk kamera, mesin fotokopi dan printer komputer.

Kantor Pusat Canon

Perusahaan ini didirikan pada 1933 dengan nama 精機光学研究所 (Seiki-kougaku-kenkyuujo atau Laboratorium Peralatan Optik Presisi) oleh Yoshida Goro dan adik iparnya Uchida Saburo dan didanai oleh Takeshi Mitarai, teman dekat Uchida. Tujuan awalnya adalah untuk mengadakan riset dalam pengembangan kamera berkualitas. Pada Juni 1934 mereka mengeluarkan kamera pertamanya, Kwanon, dinamakan atas Dewi welas asih Buddha. Pada tahun berikutnya perusahaan ini mengubah namanya menjadi Canon karena dilihat lebih modern daripada nama sebelumnya.

Saingan utama Canon termasuk Nikon, Konica Minolta, Leica, Pentax, Olympus, Sony, Epson, Kodak, Hewlett-Packard dan Xerox.

Produk[sunting | sunting sumber]

Canon adalah produsen produk-produk imaging yang mencakup printer, scanner, teropong, kamera digital, film dan kamera digital SLR, lensa dan perekam video.Bagian Solusi Bisnis menawarkan solusi cetak dan dokumen untuk usaha kecil dan menengah, perusahaan besar dan pemerintah. Ini termasuk printer multi-fungsi, printer kantor hitam putih dan warna, printer ukuran besar, scanner, printer produksi hitam putih dan warna, serta perangkat lunak untuk mendukung produk tersebut.

Lesser dikenal sebagai produk Canon produk ,mencakup bidang medis, produk optik dan siaran, termasuk peralatan oftalmik dan x-ray, lensa siaran, semikonduktor, dan lain - lain.

Kamera Digital[sunting | sunting sumber]

Canon telah memproduksi dan mendistribusikan kamera digital sejak tahun 1984, dimulai dengan RC-701. Seri RC diikuti oleh PowerShot dan IXUS seri dari kamera digital. Canon juga mengembangkan seri EOS (Electro-Optical System) dari kamera digital single-lens reflex (DSLR) yang mencakup model profesional high-end. Canon baru-baru ini memperkenalkan Thermal Transition Copying sebagai bagian dari proses manufaktur untuk semua kameranya. Proses ini memungkinkan casing polimer kamera untuk sangat sedikit mengubah suhu kamera melalui reaksi eksotermis dipicu oleh sensor elektronik, untuk membantu dalam pencegahan kondensasi di dalam kamera; Masalah umum yang dialami saat menggunakan kamera SLR dalam kondisi tertentu

Mesin pencetak[sunting | sunting sumber]

Canon EOS 1D-X

Canon Pixma adalah mesin pencetak berwarna keluaran perusahaan Canon yang dikhususkan untuk kecepatan. Seri-seri baru mesin pencetak Canon hampir rata-rata sekarang ini adalah seri Pixma. Pertama kali keluar pada tahun 2002 dan berkembang cepat pada tahun 2003. Canon Pixma sudah tidak menggunakan lagi jenis tinta seri BC, tetapi sudah menggunakan jenis tinta Canon generasi baru seperti Cli, Bci, dan sebagainya. Terdapat tiga jenis penamaan seri Canon Pixma, yaitu iP dan yang diikuti 4 digit angka dikhususkan untuk kertas ukuran A4, iP yang diikuti 2 digit angka dikhususkan untuk mobile printer/ukuran kertas maksimal R4 dan iX yang dikhususkan untuk kertas ukuran A3.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "2010 Form 10-K, canon". Google. 
  2. ^ "Canon Historical Data (consolidated)". Diakses 9 February 2010.