Mitsubishi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mitsubishi Corporation)
Langsung ke: navigasi, cari
Mitsubishi Group
三菱グループ
Mitsubishi Gurūpu
Jenis Publik
Simbol saham TYO: 8058
LSE: MBC
Industri/jasa Konglomerat
Didirikan Didirikan 1918
Didirikan ulang 1954
Pendiri Yataro Iwasaki
Kantor pusat Bendera Jepang Jepang
Daerah layanan Seluruh dunia
Tokoh penting Yataro Iwasaki (Pendiri)
Yorihiko Kojima (Chairman)
Ken Kobayashi (Presiden & CEO)
Pendapatan ¥19,233,443 juta (2011)[1]
Laba usaha ¥316,141 juta (2011)[1]
Laba bersih ¥463,188 juta (2011)[1]
Jumlah aset ¥11,347,442 juta (2011)[1]
Jumlah ekuitas ¥3,600,990 juta (2011)[1]
Situs web Mitsubishi.com
Salah satu produk Mitsubishi, Mitshubishi Lancer Evo.

Mitsubishi Group (三菱グループ Mitsubishi Gurūpu?), Mitsubishi Group of Companies, atau Mitsubishi Companies adalah sebuah perusahaan Jepang yang menaungi berbagai perusahaan yang berbagi merek dagang dan bagian perusahaan Mitsubishi. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1870 sebagai perusahaan pelayaran oleh Yataro Iwasaki.

Sejarah Mitsubishi[sunting | sunting sumber]

Perusahaan Mitsubishi pertama kali didirikan sebagai perusahaan pelayaran oleh Yataro Iwasaki (1834-1885) pada tahun 1870. Pada tahun 1873, namanya diubah menjadi Mitsubishi Shokai (三菱 商会). Nama Mitsubishi (三菱) terdiri dari dua kata: "Mitsu" yang berarti "tiga" dan "hishi" (yang menjadi "bishi" yang berarti di bawah "rendaku") , dan karenanya terdapat tiga buah belah ketupat, yang tecermin dalam logonya yang terkenal. Diartikan pula sebagai "tiga berlian".

Mitsubishi telah didirikan pada tahun 1870, dua tahun setelah Restorasi Meiji, dengan jasa pengiriman sebagai bisnis inti. Hal ini ditandai dengan mulainya pertambangan untuk mendapatkan batu bara yang dibutuhkan untuk kapal, pembuatan kapal dari pemerintah untuk memperbaiki kapal yang digunakan, mendirikan sebuah pabrik besi untuk memasok besi ke pembuatan kapal, memulai bisnis asuransi laut untuk melayani pengiriman, dan sebagainya. Kemudian, sumber daya manajerial dan kemampuan teknologi yang diperoleh melalui pengoperasian kapal yang digunakan untuk memperluas usaha lebih lanjut ke pembuatan pesawat dan peralatan. Demikian pula, pengalamannya dalam hal pelayaran luar negeri mengakibatkan perusahaan ini masuk ke bisnis perdagangan.

Perusahaan ini memulai pertambangan batu bara pada 1881 dengan membeli tambang Takashima dan Pulau Hashima pada tahun 1890, untuk produksi besar bahan bakar armada kapal uap. Perusahaan ini juga melakukan diversifikasi pada pembuatan kapal, perbankan, asuransi, pergudangan, dan perdagangan. Kemudian diversifikasi juga dilakukan ke dalam sektor-sektor seperti kertas, baja, kaca, peralatan listrik, pesawat, minyak, dan real estate. Mitsubishi sebagai perusahaan berbasis luas, memainkan peran penting dalam modernisasi industri Jepang.

Diversifikasi ini akhirnya menghasilkan tiga anak perusahaan. Mitsubishi Bank (sekarang bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group) didirikan pada tahun 1919. Setelah pecah dengan Bank of Tokyo pada tahun 1996, dan UFJ Holdings pada tahun 2004, Mitshubishi menjadi bank terbesar di Jepang. Contoh anak perusahaan Mitsubishi:

  • Mitsubishi Corporation, yang didirikan pada tahun 1950, perusahaan perdagangan terbesar Jepang
  • Mitsubishi Heavy Industries, yang meliputi perusahaan-perusahaan industri alat-alat berat.
  • Mitsubishi Motors, produsen otomotif terbesar ke-6 di Jepang.
  • Mitsubishi Atomic Industry, perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir.
  • Mitsubishi Chemical, perusahaan kimia terbesar di dunia
  • Mitsubishi Powersystems, sebuah perusahaan pembangkit listrik

Perusahaan Mitsubishi[sunting | sunting sumber]

Bagian[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Financial Results for Fiscal Year Ended March 31, 2011". Mitsubishi Corporation. May 10, 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]