PepsiCo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PepsiCo Inc.
Perusahaan publik
Kode emitenNYSEPEP
S&P 500 Component
IndustriBeverages, Chips
DidirikanNew Bern, North Carolina, U.S. (1919)
PendiriDonald Kendall
Herman Lay
Kantor
pusat
Purchase, New York, U.S.
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
Indra Nooyi
(Chairman and CEO)
Shaiq Wani
(President)
ProdukSee list of PepsiCo products
Pendapatan
  • Kenaikan US$ 66,415 miliar (2013) [1]
  • Penurunan US$ 65,492 miliar (2012) [1]
  • Kenaikan US$ 9,705 miliar (2013) [1]
  • Penurunan US$ 9,112 miliar (2012) [1]
  • Kenaikan US$ 6,74 miliar (2013) [1]
  • Penurunan US$ 6,178 miliar (2012) [1]
Total aset
  • Kenaikan US$ 77,478 miliar (2013) [2]
  • Kenaikan US$ 74,638 miliar (2012) [1]
Total ekuitas
  • Kenaikan US$ 24,389 miliar (2013) [2]
  • Kenaikan US$ 22,399 miliar (2012) [1]
Karyawan
274,000 (2013)[3]
Anak
usaha
Daftar Anak Perusahaan PepsiCoPepsiCo.com
Situs webpepsico.com Sunting ini di Wikidata

PepsiCo adalah perusahaan yang bergerak di Industri makanan ringan, makanan, dan minuman, dengan pendapatan sebesar $60 miliar dan lebih dari 285.000 karyawan. PepsiCo memiliki beberapa merek dunia yang paling populer, termasuk Pepsi-Cola, Mountain Dew, Teem, Dole, Lay's, Doritos, Tropicana, Gatorade, dan Quaker. PepsiCo didirikan pada 1965 melalui penggabungan Pepsi-Cola dan Frito-Lay. Tropicana diakuisisi pada tahun 1998 dan PepsiCo bergabung dengan Perusahaan Quaker Oats, termasuk Gatorade, pada tahun 2001.

Pemasaran Internasional[sunting | sunting sumber]

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Di Korea, Industri Minuman Dongbang memproduksi berbagai produk Pepsi dan CJ Group untuk Gatorade dengan lisensi. Selanjutnya, Perusahaan tersebut sering diakuisisi oleh berbagai perusahaan seperti Hanmi selanjutnya Lotte sehingga Lotte memperoleh hak penjualan produk-produk Pepsico yang selanjutnya produk-produk Gatorade juga ikut diserap mengikuti bisnis global setelah akusisi Gatorade oleh Pepsi. Selanjutnya, untuk makanan ringan awalnya diproduksi oleh Orion Confectionery hingga 2004 dan CJ Group untuk produk-produk Quaker dan selanjutnya bersama Lotte hingga Quaker ikut diserap.

Jepang[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, bisnis minuman Pepsi awalnya diproduksi oleh Cheerio bersama 7up dan Megmilk Snowbrand hingga Pokka Sapporo untuk Gatorade. Namun, sejak Krisis diserap ke Suntory dan selanjutnya Gatorade juga diserap pada 2001 mengikuti jejak global setelah gabung dengan Pepsico. Untuk bisnis makanan ringan awalnya diproduksi oleh Fujiya dengan lisensi dan selanjutnya oleh Calbee.

Taiwan[sunting | sunting sumber]

Di Taiwan, awalnya Uni President Memperoleh hak penjualan produk-produk Pepsico dan juga franchise KFC dari Yum Brands. Namun, usaha tersebut berhenti sejak awal 2000an dan menjadi usaha independent karena tak laku.

Kepulauan Britania[sunting | sunting sumber]

Di Britania Raya, produk Pepsi dipasarkan oleh Britvic untuk minuman dan Smith's untuk makanan ringan. Namun, Pepsi juga mengakuisisi saingan Smith's yaitu Walkers sehingga Smith's Pindah ke Australia Untuk mencegah monopoli dan bisnis makanan ringan Pepsi di Kepulauan Britania diganti oleh Walkers.

Australia[sunting | sunting sumber]

Bisnis Pepsi di Australia untuk minuman awalnya diproduksi oleh Lion Nathan. Namun, akhir 1990an bisnis Pepsi diserap ke dalam bisnis Cadbury Schweppes hingga akhir 2000an. Selanjutnya, bisnis Cadbury dan Schweppes terpisah. Schweppes Australia dibeli Asahi yg merupakan agen Pepsi di Asia Tenggara dan Asia Timur Maritim hingga agen Heineken yang merupakan distributor produk Pepsi Belanda untuk pasar Jepang. Selanjutnya, untuk bisnis makanan diproduksi oleh Smith's.

Belanda[sunting | sunting sumber]

Di Belanda, Pepsi awalnya bekerja sama dengan perusahaan bir Vrumona. Namun, karena dana tidak cukup akhirnya mengadakan patungan dengan Heineken yang merupakan mitra jepang Asahi dan Amstel yang cenderung jg mau mendapatkan lisensi Pepsico hingga akhirnya Heineken menguasai penuh lisensi Pepsico setelah mencaplok Amstel dan Vrumona ke dalam kesatuan Heineken.

Swedia[sunting | sunting sumber]

Di Swedia, awalnya Pepsi bermitra dengan Spendrupps. Namun, mitra tersebut menghilang dan selanjutnya bersama Carlsberg cabang Swedia. Namun, menariknya perusahaan tersebut seolah-olah melakukan monopoli soda di 2 negara Skandinavia imbas pernah bermitra dengan Coca-Cola sebelum dengan Pepsi dan mencaplok Sinebrychoff Finlandia yg merupakan mantan agen Pepsi dan sekarang dengan Coca-Cola.

Finlandia[sunting | sunting sumber]

Di Finlandia, pada awalnya Pepsi bermitra dengan Sinebrychoff. Namun, akhir 90an lisensi Pepsi menghilang dari Sinebrychoff dan pindah ke Hartwall.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h "PEPSICO INC 2013 Annual Report Form (10-K)" (XBRL). United States Securities and Exchange Commission. February 14, 2014. 
  2. ^ a b "PEPSICO INC 2014 Q1 Quarterly Report Form (10-Q)" (XBRL). United States Securities and Exchange Commission. April 17, 2014. 
  3. ^ "PepsiCo 2013 Annual Report" (PDF). Diakses tanggal August 3, 2014.