Bahasa Klingon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Klingon
tlhIngan Hol
Lafal /ˈt͡ɬɪŋɑn xol/
Dibuat oleh Marc Okrand
Pengaturan dan penggunaan film-film dan serial televisi Star Trek (TNG, DS9, Voyager, Enterprise)
Pengguna (Tidak diketahui. Sekitar 12 pembicara lancar pada tahun 1996, menurut Lawrence Schoen, direktur dari KLI[1]. cited 1984)
Tujuan
Status resmi
Diatur oleh Klingon Language Institute
Kode-kode bahasa
ISO 639-2 tlh
ISO 639-3 tlh

Bahasa Klingon (tlhIngan Hol dalam Bahasa Klingon) adalah bahasa artifisial yang digunakan oleh bangsa Klingon dalam dunia fiksional Star Trek. Bahasa ini sengaja dibuat oleh Marc Okrand agar terdengar seperti "alien"; memiliki beberapa fitur-fitur topologi yang tidak biasa. Pembuatan suara dan kata-kata dasar bahasa Klingon dipelopori oleh James Doohan ("Scotty") untuk digunakan pada film Star Trek: The Motion Picture. Film itu adalah film pertama yang menggunakan bahasa Klingon. Dalam film-film sebelumnya, bangsa Klingon berbicara dalam bahasa Inggris.

Bahasa Klingon acapkali disebut Klingonese, seperti pada Star Trek: The Original Series episode The Trouble With Tribbles. Seorang karakter Klingon mengeja bahasa tersebut /klɪŋɡoni/. Klingonese juga disebut-sebut pada Star Trek I: Motion Pictures. Namun, dalam komunitas pengguna bahasa Klingon, bahasa Klingon dipercaya berasal dari bahasa Klingonaase, sebuah bahasa Klingon dengan dialek yang lain. Bahasa Klingonaase diperkenalkan oleh John M. Ford pada tahun 1988 melalui novelnya, The Final Reflection.

Sebagian kecil orang, kebanyakan fans Star Trek berdedikasi atau pengamat bahasa, dapat berbicara dalam bahasa Klingon. Pembendaharaan katanya terpusat pada konsep Klingon-Star Trek seperti pesawat antariksa atau peperangan. Karena itu, bahasa Klingon seringkali aneh apabila digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Walupun bahasa Klingon sering digunakan pada Star Trek: The Original Series, bahasa tersebut pertama kali digunakan pada Star Trek: The Motion Picture (1979). Bahasa Klingon mengalami perkembangan pada pembuatan Star Trek III: The Search for Spock. Sutradara Leonard Nimoy dan produser sekaligus penulis Harve Bennet ingin agar bangsa Klingon berbicara dengan bahasa yang baik. Okrandpun diminta untuk mengembangkan kalimat yang dibuat Doohan agar menjadi sebuah bahasa yang lengkap.

Dengan munculnya Star Trek: The Next Generation (1987), bahasa Klingon dikembangkan lagi karena salah satu karakter utama Star Trek: The Next Generation adalah Worf. Bahkan, pada Star Trek: Deep Space Nine, seiring dengan semakin pentingnya bangsa Klingon, bahasa Klingon semakin sering dipakai sehingga banyak kata-kata bahasa Klingon yang tidak lagi diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Worf kemudian muncul kembali bersama karakter-karakter reguler Star Trek: Deep Space Nine (1992) dan B'Elanna Torres, Klingon-manusia hibrid. Mereka akan menjadi pemain utama Star Trek: Voyager (1995). Bahkan, dalam episode prekuel Star Trek: Enterprise, "Broken Bow" (2001), bahasa Klingon memiliki delapan puluh dialek.

Sumber-sumber[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah karya-karya yang dibuat oleh the Klingon Language Institute. Karya Klingon Language Institue sering digunakan sebagai bahan pembendaharaan kata dan tata bahasa bahasa Klingon.[2]

Buku
The Klingon Dictionary (TKD)
The Klingon Way (TKW)
Klingon for the Galactic Traveler (KGT)
Sarek, novel yang mengandung beberapa tlhIngan Hol
Federation Travel Guide, pamflet dari Pocketbooks
Kaset
Conversational Klingon (CK)
Power Klingon (PK)
The Klingon Way (TKW)
Sumber-sumber Elektronik
Klingon Language Suite, alat untuk belajar bahasa Klingon, dibuat oleh Simon & Schuster
Sumber lainnya
Beberapa artikel di HolQeD (jurnal KLI) (HQ)
Beberapa kartu Skybox (SKY)
Poster Star Trek Bird of Prey (BoP)
Star Trek: Klingon, permainan komputer(KCD dan STK)
Teks dan rekaman suara Marc Okrand

Konsonan[sunting | sunting sumber]

  Dwibibir Gigi/Rongga-gigi Tarik-belakang Langit-langit Langit-langit
belakang
Tekak Celah suara
Tengah Sisi
Letup Nirsuara p /pʰ/ t /tʰ/       q /qʰ/ ' /ʔ/
Bersuara b /b/   D /ɖ/        
Gesek Nirsuara   tlh /t͡ɬ/ ch /t͡ʃ/ Q /q͡χ/
Bersuara       j /d͡ʒ/      
Desis Nirsuara     S /ʂ/   H /x/    
Bersuara v /v/         gh /ɣ/    
Sengau m /m/ n /n/   ng /ŋ/    
Getar   r /r/
([ɹ])
       
Hampiran w /w/ l /l/   y /j/      

Tata bahasa[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah urutan kata bahasa Klingon. Dalam beberapa kasus, urutan kata-kata tersebut terbalik apabila diterjemahkan ke bahasa Inggris.

DaH  mojaq-mey-vam  DI-vuS-nIS-be'           'e'   vI-Har
now  suffix-PL-DEM   1PL.A.3PL.P-limit-need-NEG  that 1SG.A.3SG.P-believe
Bahasa Inggris: "I believe that we do not need to limit these suffixes now."

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  • Bernard Comrie, 1995, "The Paleo-Klingon numeral system". HolQeD 4.4: 6–10.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]