Wikipedia:Tutorial (Pemformatan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perkenalan   Penyuntingan   Pemformatan   Pranala   Berkas/Gambar   Halaman pembicaraan   Ingatlah   Pendaftaran    

Tutorial Wikipedia – Pemformatan

Sebagian besar pemformatan telah dilakukan secara otomatis oleh markah wiki, sehingga Anda tidak harus mempelajari HTML.

Markah wiki

Menulis artikel Wikipedia sedikit berbeda dengan menulis di pengolah kata standar. Jika pada pengolah kata umumnya Anda mengetik seperti halnya yang tampak pada tampilan layar (atau dikenal dengan istilah WYSIWIG), wiki menggunakan kode-kode sederhana untuk pemformatan. Cara ini mirip dengan penulisan HTML pada halaman web, namun kode ini lebih sederhana.

Wiki dapat menerima beberapa tag HTML secara langsung, namun umumnya orang menggunakan bahasa markah MediaWiki yang telah tersedia, yang dirancang untuk memudahkan penyuntingan.

Tebal dan miring

Tag wiki yang paling banyak digunakan adalah untuk membuat penulian kata bercetak tebal dan miring. Caranya adalah dengan mengapit kata (atau frase) yang hendak diformat dengan tanda kutip tunggal/apostrof ('):

  • ''miring'' akan tampak miring. (2 tanda petik di depan dan belakang kata)
  • '''tebal''' akan tampak tebal. (3 tanda petik di depan dan belakang kata)
  • '''''tebal miring''''' akan tampak tebal miring. (5 tanda petik di depan dan belakang kata)


Sebuah konvensi Wikipedia mengharuskan untuk menebalkan judul artikel ketika ditulis dalam paragraf pertama. Misalnya, artikel Jawa Tengah dimulai dengan:

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa...


Konvisi Wikipedia lainnya adalah untuk membuat miring nama judul buku, film, serta video game. Jika judul tersebut disebut di paragraf pertama artikel, maka digunakan tebal miring. Misalnya, artikel The Lord of the Rings dimulai dengan:

The Lord of the Rings adalah saga fantasi epik yang ditulis oleh penulis asal Britania J. R. R. Tolkien.

Seksi dan subseksi

Sebuah halaman dapat terdiri dari beberapa seksi dan subseksi. Misalnya, artikel Jawa Tengah berisi seksi-seksi seperti "Geografi", "Sejarah", "Demografi", dan sebagainya. Membuat seksi pada sebuah artikel sangatlah mudah, yakni dengan mengapit judul seksi dengan tanda "=" (sama dengan).

Seksi dan subseksi dapat dibuat dengan cara:

  • ==Seksi== (2 tanda "sama dengan")
  • ===Subseksi=== (3 tanda "sama dengan")
  • ====Sub subseksi==== (4 tanda "sama dengan")

Jika sebuah artikel terdiri sedikitnya empat seksi, sebuah tabel daftar isi secara otomatis akan dibuat. Cobalah membuat seksi dalam halaman bak pasir.

Indentasi

Indentasi adalah sebuah paragraf dengan batas yang agak menjorok ke dalam. Indentasi biasanya digunakan pada "Halaman bicara". Indentasi dijelaskan dalam Bab 6 tutorial ini.

Uji coba

Bakpasir.jpg

Lakukan uji coba penyuntingan halaman di bak pasir sesuka Anda, kemudian lanjutkan ke topik tutorial selanjutnya.


Lanjutkan tutorial ini →