Bantuan:Kategori

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kategori berada di kiri bawah halaman

Kategori di Wikipedia adalah suatu sistem yang berfungsi untuk membantu menjelajahi topik-topik terkait. Di bagian bawah hampir semua halaman Wikipedia, Anda bisa menemukan kotak "Halaman berkategori:" yang dapat Anda gunakan untuk mengakses halaman kategori.

Menambahkan kategori

Untuk menambahkan kategori, gunakan kata kunci contohnya [[Kategori:Politik]] untuk memasukkan suatu halaman ke dalam kategori "Politik".

Gunakan kategori yang tepat

Gunakan selalu kategori yang tepat. Jangan menggunakan kategori yang terlalu luas. Misalnya jika Anda ingin mengategorikan suatu halaman bertopik tokoh politik di Indonesia, jangan gunakan kategori "Politik" atau "Politik di Indonesia", gunakan kategori "Politikus Indonesia". Selalu carilah terlebih dahulu kategori yang tepat dan spesifik.

Membuat kategori

Untuk membuat kategori, Anda dapat mengeklik sebuah kategori merah yang ada di artikel, atau dengan cara lain.

Setelah Anda berada di halaman penyuntingan kategori, masukkan beberapa hal di bawah ini:

  • Kategori yang lebih luas. Setiap kategori memiliki kategori juga. Di Wikipedia seharusnya tidak ada kategori yang tak terkategori. Kategorikan minimal satu kategori biru. Misalnya Politik di Indonesia dikategorikan ke Politik menurut negara. Apabila Anda tidak tahu apa kategori yang pas untuk kategori tersebut, Anda dapat melihat kategori yang setara di Wikipedia bahasa lain (mis. Wikipedia bahasa Inggris) untuk mendapatkan ide. Atau tanyakan ke penyunting lain yang lebih berpengalaman
  • Interwiki. Setiap kategori memiliki interwiki ke Wikipedia bahasa lain.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan beberapa templat di bawah ini:

  • {{artikel utama}}, apabila kategori tersebut memiliki artikel utama
  • {{commonscat}}, apabila kategori tersebut memiliki kategori di Wikimedia Commons
  • {{hiddencat}}, apabila Anda ingin kategori tersebut menjadi kategori tersembunyi (biasanya untuk kategori pemeliharaan)
  • dan lain-lain.

Menggunakan dan menjelajahi kategori

Halaman-halaman kategori, contohnya kategori:ilmu, bisa terdiri dari dua bagian:

  1. Subkategori, contohnya kategori:ilmu alam
  2. Artikel, contohnya fisika

Subkategori adalah pembagian yang lebih terspesialisasi dari suatu kategori. Jika Anda tidak berhasil menemukan suatu topik pada kategori atas, cobalah untuk menelusuri subkategorinya, karena bisa jadi topik yang Anda cari berada pada subkategori tertentu. Contohnya, artikel mengenai botani tidak akan Anda temukan dalam kategori:ilmu melainkan berada pada kategori:biologi. Harap dicatat bahwa tidak semua kategori memiliki subkategori.

Sewaktu membaca suatu halaman artikel dan ingin menjelajahi topik-topik lain yang berkaitan dengan halaman yang sedang Anda baca, cobalah melihat bagian "Halaman berkategori:" pada bagian bawah artikel. Anda akan menemukan kategori (mungkin lebih dari satu) yang terkait dengan topik yang sedang dibahas pada halaman tersebut.

Suatu halaman kategori juga bisa memiliki bagian "Halaman berkategori:" yang dapat Anda pergunakan untuk menjelajahi kategori yang di atas kategori tersebut.

Mengurutkan kategori

Untuk mengurutkan halaman agar urutannya di halaman kategori tidak diurutkan berdasarkan judul halaman dapat menggunakan tanda pipe ("|"). Kunci pengurutan atau kata setelah tanda pipe diistilahkan sebagai index atau indeks. Pengurutan yang berbeda dengan judul halaman umumnya berlaku untuk artikel biografi tokoh, contohnya Try Sutrisno yang dalam halaman artikel harusnya berada dalam kelompok "S". Hal ini dapat diperoleh dengan menuliskan kategorinya seperti [[Kategori:Wakil Presiden Republik Indonesia|Sutrisno, Try]]. Dalam hal ini [[Kategori:Wakil Presiden Republik Indonesia|S]] dan [[Kategori:Wakil Presiden Republik Indonesia|Sut]] sama-sama akan meletakkan Try Sutrisno dalam kelompok "S". Menuliskan indeks sebagai "Sutrisno, Try" lebih kepada unsur kerapian dan standarisasi gaya penulisan semata.

Indeks untuk artikel utama dari suatu kategori menurut konsensus menggunakan spasi agar artikel tersebut muncul di paling atas sewaktu di halaman kategori, contoh: artikel Fisika menggunakan kategori [[Kategori:Fisika| ]]

Pengurutan memakai kata kunci

Untuk menyatakan suatu indeks yang secara default berlaku untuk semua kategori tanpa menyatakan indeks untuk masing-masing kategori dapat menggunakan kata kunci {{DEFAULTSORT:''indeks''}}. Dalam contoh Try Sutrisno di atas, dapat ditulis sebagai berikut:

{{DEFAULTSORT:Sutrisno, Try}}
[[Kategori:Kelahiran 1935]]
[[Kategori:Wakil Presiden Republik Indonesia]]
[[Kategori:Panglima TNI]]
[[Kategori:KSAD]]

Hasilnya akan sama dengan menuliskannya dengan:

[[Kategori:Wakil Presiden Republik Indonesia|Sutrisno, Try]]
[[Kategori:Kelahiran 1935|Sutrisno, Try]]
[[Kategori:Panglima TNI|Sutrisno, Try]]
[[Kategori:KSAD|Sutrisno, Try]]

Perhatikan pula bahwa kata kunci {{DEFAULTSORT}} harus berada sebelum definisi kategori-kategori agar pengurutan memakai urutan yang sesuai dengan yang didefinisikan oleh {{DEFAULTSORT}}. Apabila kategori berada sebelum {{DEFAULTSORT}} dan kategori tersebut tidak memiliki pengurutan (memakai karakter pipe), maka metode pengurutan untuk kategori tersebut adalah berdasarkan judul halaman. Hal yang serupa berlaku untuk templat rintisan. Templat rintisan menambahkan kategori rintisan. Apabila kata kunci {{DEFAULTSORT}} ditempatkan sesudah templat rintisan, maka halaman tersebut akan diurutkan berdasarkan judul halaman di kategori rintisan.

Memasukkan suatu halaman pada suatu kategori

Kategori untuk halaman artikel dan halaman kategori flora dan fauna

1). Untuk halaman spesies, berikan kategori nama marga/genus dari spesies tersebut

Contoh: untuk halaman Kayu hitam sulawesi dengan nama ilmiah Diospyros celebica, berikan Kategori:Diospyros

2). Untuk halaman dan kategori marga atau genus, berikan kategori suku atau famili dari marga atau genus tersebut

Catatan: suku atau famili selalu berakhiran -aceae untuk tumbuhan dan -idae untuk hewan
Contoh: untuk halaman Diospyros dan Kategori:Diospyros, berikan Kategori:Ebenaceae

3). Untuk halaman dan kategori suku atau famili, berikan kategori nama bangsa atau ordo dari suku/famili tersebut.

Catatan: ordo selalu berakhiran -ales untuk tumbuhan dan -iformes untuk hewan
Contoh: untuk halaman Ebenaceae dan Kategori:Ebenaceae, berikan Kategori:Ericales

Lihat pula