Bantuan:Suntingan kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bagian suntingan kecil saat penyuntingan halaman.

Suntingan kecil (minor) adalah sebuah pilihan personal yang umumnya dipilih jika perubahan yang dilakukan tidak berdampak besar untuk makna suatu artikel, seperti: koreksi tipografi, format, pengubahan susunan kata, dan lainnya. Hanya pengguna yang telah masuk log yang dapat menandai suntingannya sebagai suntingan kecil.

Sebaliknya, suatu suntingan besar (mayor) akan membuat pengguna lain yang memantau atau berkepentingan dengan suatu artikel akan tertarik untuk mengulas perubahan yang terjadi pada artikel tersebut. Dengan demikian, perubahan sekecil apa pun, jika mengubah arti atau pengertian suatu artikel, bisa jadi tidak dapat dianggap sebagai suntingan kecil.

Perbedaaan antara suntingan besar dan kecil cukup penting, karena seorang pengguna dapat memilih untuk mengabaikan suntingan kecil sewaktu melihat halaman perubahan terbaru. Seorang pengguna yang masuk log bahkan dapat mengatur preferensi pribadinya untuk otomatis mengabaikan suntingan kecil. Tidak ada seorangpun yang senang jika merasa "ditipu" karena tidak mengawasi perubahan penting yang terjadi pada suatu artikel hanya karena perubahan tersebut ditandai sebagai suatu "suntingan kecil". Jadi, ingatlah untuk memperhatikan pandangan kontributor lain sewaktu Anda menentukan suatu suntingan sebagai suntingan kecil.

Pengguna yang tidak masuk log tidak diizinkan untuk menandai suntingan mereka sebagai suntingan kecil untuk mencegah vandalisme. Kemampuan untuk menandai suatu suntingan sebagai suntingan minor ini juga merupakan suatu alasan untuk mendaftar di Wikipedia.

Dapat ditandai sebagai "Suntingan kecil"

  • Koreksi ejaan.
  • Format sederhana, misalnya huruf besar, tanda baca, atau membuat menjadi huruf miring untuk kata-kata yang bukan bahasa Indonesia.
  • Perubahan format yang tidak mengubah arti halaman tersebut, misalnya menambah garis mendatar, membagi alinea menjadi dua, bilamana perlu.
  • Perbaikan kesalahan fakta yang jelas, misalnya "Indonesia merdeka pada tahun 1845" diganti menjadi "Indonesia merdeka pada tahun 1945".
  • Perbaikan kode format halaman.
  • Menambah atau memperbaiki kode pranala.

Lihat pula