Bantuan:Templat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Untuk templat-templat yang dipakai di Wikipedia, lihat: Wikipedia:Templat Wikipedia.

Templat dalam Wikipedia digunakan untuk menyertakan suatu isi pada lebih dari satu halaman. Perubahan pada templat akan otomatis merubah halaman-halaman yang menggunakan templat tersebut.

Menggunakan templat[sunting | sunting sumber]

Untuk menggunakan templat pada suatu halaman, gunakan markah {{nama templat}} (ganti nama templat dengan nama templat yang ingin anda gunakan) pada suntingan Anda.

Membuat atau menyunting templat[sunting | sunting sumber]

Pembuatan templat baru atau penyuntingan templat yang sudah ada sama dengan proses pembuatan atau penyuntingan halaman-halaman artikel. Perbedaan halaman templat dengan artikel biasa adalah bahwa di depan nama halaman ditambahkan prefiks "Templat:".

Sejak MediaWiki versi 1.6 dipakai, perubahan pada templat yang dipakai oleh banyak artikel, tidak akan mengubah artikel-artikel yang memakai templat tersebut pada saat itu juga, melainkan akan dikirimkan ke daftar antrian (queue). Sebuah proses kemudian akan membaca antrian tersebut dan memrosesnya melalui sistim FIFO. Jika suatu templat dipakai oleh banyak artikel, maka perubahannya akan membutuhkan waktu, sampai seluruh artikel diubah ke versi templat yang terbaru. Jumlah antrian dapat dilihat di halaman statistik. Jika job dalam antrian 0 maka antrian kosong yang berarti seluruh perubahan templat sudah selesai diterapkan. Hal ini untuk menjelaskan berbagai pertanyaan "saya mengubah templat ini tapi sepertinya wikipedia mengalami error, artikelnya masih menggunakan versi templat yang lama, sedangkan cache-nya sudah saya bersihkan." Bisa terjadi malah si pengguna itu kemudian mengutak-atik templat tersebut lagi (hal ini malah akan makin menambah panjang antrian yang harus dikerjakan).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]