Wikipedia:VisualEditor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Selamat datang di portal VisualEditor, sebuah cara baru dalam menyunting Wikipedia yang sedang dikembangkan oleh MediaWiki dan Wikimedia Foundation. Menyunting Wikipedia dahulunya memerlukan seseorang untuk memahami markah wiki, sebuah bahasa markah yang cukup rumit, bahkan untuk membuat perbaikan kecil pada sebuah artikel sekalipun. Pada tahun 2001, cara ini masih dapat diterima; pada tahun 2013, cara ini membuat para kontributor meninggalkan Wikipedia. VisualEditor memperbolehkan seseorang untuk menyunting tanpa harus mempelajari markah wiki, dan kami berharap, akan mendorong orang lain untuk berkontribusi di Wikipedia.

Tabel waktu lengkap untuk peluncuran VisualEditor dapat ditemukan di bawah — namun pada akhir Juli 2013, kami berharap VisualEditor sudah tersedia bagi pengguna di hampir seluruh proyek Wikipedia.

Tentang VisualEditor[sunting | sunting sumber]

VisualEditor adalah sebuah cara "visual" dalam menyunting Wikipedia, sebuah sistem baru di mana orang-orang dapat berkontribusi tanpa harus mempelajari markah wiki. VisualEditor telah tersedia sebagai sebuah pilihan peluncuran "alpha" pada Wikipedia bahasa Inggris sejak Desember 2012, pada 16 bahasa lainnya sejak April 2013, dan hampir pada seluruh bahasa lainnya sejak awal Juni. Seperti yang dijelaskan di bawah, kami berharap dapat membuat VisualEditor ini tersedia di hampir seluruh Wikipedia pada akhir Juli, dimulai dari Wikipedia bahasa Inggris pada 1 Juli.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan VisualEditor, kami memiliki panduan untuk menggunakannya, dan juga daftar pintasan papan tombol yang umum. Jika Anda tertarik untuk membantu kami dalam mengembangkan VisualEditor, kami memiliki banyak tugas yang dapat Anda kerjakan. Kami akan mengeluarkan status terkini secara rutin, yang bisa kami kirimkan langsung ke halaman pengguna Anda dengan cara mendaftarkan diri Anda pada surat kabar kami.

Video yang menjelaskan versi "alpha" dari VisualEditor Wikipedia (dalam bahasa Inggris)

Saat ini, VisualEditor memiliki beberapa bug; hal ini tidak dapat dihindari. Jika Anda menemui masalah, jangan ragu untuk melaporkannya di halaman Umpan balik. Ada juga beberapa area di mana kami masih harus mengembangkan fitur-fitur baru. Keterbatasan yang ada saat ini antara lain:

  • Lama dalam memuat — Memerlukan waktu cukup lama bagi sebuah halaman yang panjang dan rumit untuk dapat dimuat ke dalam VisualEditor. Ke depannya peranti lunak ini akan menjadi lebih cepat dan memperbolehkan pemuatan halaman yang lebih panjang.
  • Tampilan yang aneh — Saat ini kami berusaha membuat HTML yang kami hasilkan tampil seperti apa yang biasa Anda temukan. Penggayaan dan beberapa hal lain yang diterapkan di sini mungkin sedikit (atau bahkan sangat) terlihat aneh. Kami meluangkan lebih banyak waktu untuk hal ini, namun fokus ke depan kami adalah untuk memastikan bahwa VisualEditor tidak mengubah teks wiki menjadi yang tidak terduga.
  • Penyuntingan yang tidak lengkap — Beberapa unsur pemformatan "rumit" akan ditampilkan dan dapat Anda sunting isinya, namun tidak dapat Anda ubah strukturnya maupun tambahkan entri barunya – seperti pada tabel dan daftar definsi. Penambahan fitur di area ini adalah salah satu prioritas kami.
  • Keterbatasan dukungan peramban — Saat ini, kami hanya dapat membuat VisualEditor berfungsi di versi modern dari Firefox, Chrome dan Safari. VisualEditor tidak berfungsi pada versi yang sangat lama dari setiap peramban tersebut, bahkan tidak berfungsi di Opera, walaupun seorang sukarelawan sedang bekerja untuk dukungan di Opera. VisualEditor juga tidak berfungsi di Internet Explorer saat ini, tapi kami berharap memiliki dukungan untuk versi terakhir dari IE pada saat kami meluncurkan VisualEditor ke pemirsa yang lebih luas.
  • Hanya untuk halaman Artikel dan Pengguna — VisualEditor hanya akan diaktifkan untuk ruang nama artikel dan pengguna (sehingga Anda bisa membuat perubahan di bak pasir pribadi). Seiring berjalannya waktu, kami akan mengembangkan sejenis alat penyuntingan yang dikhususkan untuk keperluan non-artikel, namun fokus kami adalah untuk artikel.

Akibat keterbatasan ini, dan bug yang tidak dapat dihindari, kami menyarankan agar pengguna mengeklik "Tinjau perubahan Anda" sebelum menyimpan halaman, dan melaporkan segala masalah yang dihadapi.

Tabel waktu[sunting | sunting sumber]

Tanggal Peluncuran Proyek sasaran
1 Juli VisualEditor tersedia untuk semua pengguna yang masuk log Wikipedia bahasa Inggris
15 Juli VisualEditor tersedia untuk semua pengguna
24 Juli VisualEditor tersedia untuk semua pengguna yang masuk log pada wiki fase 2 Wikipedia de, es, fr, he, it, nl, pl, ru dan sv
29 Juli VisualEditor tersedia untuk semua pengguna pada wiki fase 2
Pertengahan hingga akhir Agustus VisualEditor tersedia untuk semua pengguna yang masuk log pada wiki fase 3 Semua Wikipedia, kecuali Wikipedia dengan sistem penulisan yang sedang kami usahakan.
Pertengahan hingga akhir Agustus, sepekan setelahnya VisualEditor tersedia untuk semua pengguna pada wiki fase 3

Bagaimana cara membantu[sunting | sunting sumber]

Agar VisualEditor dapat menjadi sebagus mungkin, kami memerlukan bantuan Anda dalam beberapa hal. Tentunya, satu area terbesar adalah dengan menggunakan peranti lunaknya, menemukan bug, dan melaporkannya, namun ada banyak tugas lainnya juga. Tugas-tugas ini antara lain:

  • Memutakhirkan halaman bantuan — Semua proyek kami memiliki halaman bantuan yang dapat mempermudah dan membantu pengguna baru untuk berkontribusi. Sayangnya mereka semua sibuk mengembangkan penyunting markahnya, dan saat VisualEditor diluncurkan, cuplikan layar dan tutorial tersebut akan menjadi usang. Akan sangat berguna jika seseorang dapat memutakhirkan halaman bantuan, berdasarkan tutorial kami untuk menggunakan VisualEditor.
  • Menambahkan DataTemplat di templat — VisualEditor menyertakan penyunting templat yang cantik, seperti yang dijelaskan lebih rinci di halaman bantuan kami. Seperti yang Anda lihat saat menggunakan templat di Wikipedia, beberapa templat memiliki parameter bernama dan penjelasan yang bagus yang mempermudah penggunaannya. Namun ada beberapa templat yang tidak memilikinya. Ini karena templat memerlukan "DataTemplat" agar fitur ini dapat berfungsi. Jika Anda tertarik dalam menambahkan DataTemplat, kami memiliki panduan untuk melakukannya, berserta daftar templat paling penting untuk ditambahkan DataTemplatnya.
  • Membantu pengguna baru — Jika peluncuran VisualEditor berhasil, kita akan memiliki lebih banyak pengguna baru dari jumlah yang kita miliki biasanya, dan meskipun penyuntingan mungkin menjadi lebih mudah, mencari tahu cara untuk berinteraksi dengan komunitas tetaplah sulit. Silakan coba dan luangkan lebih banyak waktu di meja bantuan, atau di saluran bantuan IRC, untuk membantu para pendatang baru ini menjadi terbiasa dengan Wikipedia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]