Wikipedia:Tulisan rintisan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
ProyekWiki Rapikan rintisan

R Puzzle.png
Keterangan
Halaman proyek diskusi
 • Rintisan induk diskusi
 • Rintisan (lengkap) diskusi
 • Prioritas diskusi
Rintisan diskusi
Prioritas
Rintisan > 100 diskusi
Rintisan > 500 diskusi
Rintisan > 1000 diskusi
Penghapusan (log) diskusi
Kategori

Tulisan rintisan atau stub adalah tulisan pendek (satu kalimat hingga dua paragraf) yang diharapkan dapat merintis jalan bagi terbentuknya artikel yang utuh. Sebutan ini juga kadang digunakan untuk artikel yang belum rampung diterjemahkan (biasanya dari Wikipedia Bahasa Inggris), meskipun artikel terjemahannya sudah cukup panjang.

Hampir setiap artikel dalam Wikipedia adalah upaya gotong-royong dari banyak orang, yang masing-masing menyumbang sedikit atau banyak pengetahuannya untuk menyempurnakan artikel tersebut, baik itu menambahkan informasi, pranala (link), memperbaiki ejaan, menambahkan gambar, mewikifikasi, dan tugas-tugas lain yang menjadikan suatu artikel itu baik.

Janganlah ragu untuk mengklik tab Sunting dan turut-serta mengembangkan artikel Wikipedia semampu Anda.

Pedoman umum mengenai struktur suatu tulisan rintisan yang baik

Suatu tulisan rintisan adalah tulisan yang pendek (sekitar satu kalimat hingga dua paragraf) dan tidak memberikan informasi secara lengkap, tetapi masih memiliki konteks. Berbeda dengan tulisan tanpa konteks atau yang tidak menjelaskan judul artikel, yang dianggap sebagai tulisan rintisan biasanya memberikan penjelasan yang singkat mengenai subyek artikel serta mengapa artikel tersebut layak dimasukkan ke dalam Wikipedia.

Berikut adalah suatu pedoman umum mengenai struktur suatu tulisan rintisan yang baik:

  1. Definisi dari judul atau subjek halaman, cukup dengan satu kalimat. Judul harus diberi huruf tebal. (misal: "Tono adalah pemain bola basket Indonesia kelahiran Surabaya")
  2. Penjelasan mengapa subjek tersebut cukup penting atau layak menjadi artikel ensiklopedia. Satu kalimat akan cukup memadai. (misal, "Tono merupakan pemain bola basket Indonesia pertama yang menjadi pemain NBA")
  3. Memenuhi kriteria kelayakan dan harus dapat diperiksa kebenarannya. (misal: Dari mana Anda memperoleh informasi bahwa Tono merupakan pemain bola basket Indonesia pertama yang menjadi pemain NBA?). Khusus untuk biografi tokoh yang masih hidup harus mematuhi kebijakan khusus.
  4. Sertai dengan rujukan yang cukup (misal pranala surat kabar atau kantor berita) yang terpercaya. Lebih lanjut, lihat Wikipedia:Kutip sumber tulisan.
  5. Jangan lupa untuk melakukan wikifikasi seperlunya.

Jika Anda sudah terbiasa dengan Wikipedia, tidak ada salahnya untuk menambahkan hal-hal berikut

  1. Templat rintisan yang sesuai (lihat daftarnya)
  2. Pranala luar yang relevan dengan subyek dalam pembahasan (opsional). (misal, situs pribadi Tono)
  3. Kategori yang cocok. (misal, Olahragawan Indonesia)
  4. Kotak info dan kotak navigasi
  5. Interwiki, jika ada.

Artikel yang cukup lengkap, tapi tidak diwikifikasi atau copy edit dengan baik, umumnya tidak dianggap sebagai suatu rintisan. Artikel-artikel seperti ini harus diberi tag pemeliharaan yang sesuai (misal, {{wikify}}). Meskipun demikian, templat rintisan biasanya tetap diberikan.

Harap diperhatikan bahwa artikel pendek yang mengandung informasi yang terlalu sedikit atau tidak jelas, dapat dinominasikan untuk dihapus atau digabung ke artikel lain yang terkait. Wikipedia bukanlah suatu kamus, tapi memiliki proyek saudara - Wiktionary - yang dapat digunakan untuk memasukkan entri-entri yang layak masuk ke dalam kamus. Jika artikel Anda sangat pendek dan merupakan suatu definisi kata, pertimbangkan untuk memasukkannya ke Wiktionary, atau tambahkan informasi tambahan sehingga layak masuk ensiklopedia.

Menghapus status rintisan

Jika suatu tulisan dianggap telah dikembangkan dan menjadi suatu artikel yang berisi lebih banyak informasi dibanding versi sebelumnya, siapapun dapat menghapus tag rintisan dari artikel tersebut. Tidak dibutuhkan keterlibatan pengurus atau permintaan formal untuk melakukan hal ini.

Banyak artikel yang masih ditandai sebagai artikel rintisan meskipun telah dilakukan pengembangan yang cukup terhadapnya. Jika sebuah artikel dinilai berukuran terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam kategori rintisan namun masih dirasa perlu untuk dikembangkan, tag rintisan dapat dihapus dan diganti dengan templat {{kembangkan bagian}} yang mana lebih sesuai untuk kasus ini. Diusahakan untuk tidak memasukkan tag rintisan dan tag pengembangan ke dalam artikel yang sama.

Beranikanlah diri Anda untuk menghapus tag rintisan bilamana dirasa artikel tersebut sudah tidak pas dinilai sebagai artikel rintisan.

Rintisan yang tidak layak

Tidak semua artikel rintisan secara otomatis layak sebagai artikel ensiklopedia. "Rintisan" yang dianggap tidak memenuhi pedoman umum mengenai struktur suatu tulisan rintisan yang baik di atas dapat diberi tag {{kembangkan}} bahkan dapat diusulkan untuk dihapus. Oleh karena itu pastikan tulisan yang Anda rintis memenuhi lima prasyarat di atas.

Templat rintisan

Templat rintisan digunakan untuk menandai suatu tulisan sebagai tulisan rintisan. Untuk melihat daftar templat rintisan yang sudah ada, lihat daftar alfabetis atau daftar menurut topik.

Untuk keseragaman, templat rintisan dibuat dengan menggunakan templat {{base-stub}}. Berikut contoh isi suatu templat rintisan:

{{base-stub
|[[akuntansi]]
|[[Berkas:Book template.gif|30px]]}}{{#if:{{{kat|}}}||<includeonly>
[[Kategori:Rintisan bertopik akuntansi|{{PAGENAME}}]]</includeonly>}}<noinclude>
[[Kategori:Templat rintisan|{{PAGENAME}}]]</noinclude>

Keterangan:

  1. Baris kedua (dalam contoh di atas: [[akuntansi]]) diisi dengan topik terkait dengan rintisan tersebut, dilengkapi dengan pranala ke topik tersebut.
  2. Baris ketiga (dalam contoh di atas: [[Berkas:Book template.gif|30px]]) diisi dengan gambar yang digunakan.
  3. Baris keempat (dalam contoh di atas: [[Kategori:Rintisan bertopik akuntansi|{{PAGENAME}}]]) diisi dengan kategori rintisan.

Standar penamaan templat rintisan berbentuk "nama-topik-stub".

  1. Semua huruf kecil.
  2. Kata dipisahkan dengan tanda "-".
  3. Diakhiri dengan "stub".

Lihat pula