Wikipedia:Pedoman penamaan/Kapitalisasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pedoman gaya

Ejaan dan kata
Kesalahan eja yang umum
Huruf kapital
Tanda baca
Tanggal dan angka
Singkatan dan akronim
Tata letak

Pedoman penamaan

Kategori
Organisme
Karya
Tokoh
Ilmu dan teknologi
Organisasi
Lokasi geografis
Kapitalisasi

Penyerapan

Penyerapan istilah
Alih aksara Arab ke Latin
Alih aksara Hangul ke Latin
Alih aksara Sirilik ke Latin

Kapitalisasi adalah pemberian huruf besar pada huruf pertama suatu kata dan huruf kecil pada huruf-huruf selanjutnya. Halaman ini mengatur konvensi kapitalisasi nama artikel di Wikipedia bahasa Indonesia.

Pedoman umum[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah tiga pedoman utama kapitalisasi judul di ruang nama artikel Wikipedia:

  1. Kapitalisasi untuk setiap kata hanya diberikan untuk nama diri, seperti nama orang, nama tempat, judul karya sastra, dll, sesuai pedoman kapitalisasi EYD. Contoh: Indonesia, Gunung Merapi, Soekarno, Siti Nurbaya. Kata-kata lain selalu diberikan huruf kecil, contoh: biologi molekular (bukan "Biologi Molekular"), daftar film Indonesia (bukan "Daftar Film Indonesia").
  2. Judul artikel di Wikipedia mengikuti kapitalisasi kalimat, bukan kapitalisasi judul (misal: daftar tokoh Indonesia, bukan Daftar Tokoh Indonesia). Hal ini dilakukan untuk memudahkan penulisan pranala di dalam suatu kalimat.
  3. Karena keterbatasan teknis, huruf pertama dari nama artikel akan selalu dikapitalisasi, walaupun masih bisa diakses dengan huruf kecil (daftar provinsi Indonesia dan Daftar provinsi Indonesia merujuk pada artikel yang satu dan sama). Hal ini adalah fitur dan atau keterbatasan dari perangkat lunak MediaWiki yang digunakan oleh Wikipedia.
    • Untuk nama diri yang diawali dengan huruf kecil, keterbatasan teknis ini bisa diatasi dengan menggunakan templat {{judul}} yang dapat menampilkan huruf pertama dalam format huruf kecil. Contoh: pada artikel TvOne diberi templat {{judul|tvOne}}, maka judul artikelnya akan terlihat menjadi tvOne

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • Kata pertama dari nama pengguna sewaktu mendaftar juga akan dikapitalisasi secara otomatis.
  • Beberapa halaman khusus di Wikipedia, yang non-artikel, untuk alasan sejarah mempertahankan kapitalisasi judul, misalnya Halaman Utama
  • Untuk ruang nama selain ruang nama utama, kapitalisasi dapat menggunakan kapitalisasi kalimat maupun kapitalisasi judul (saat ini mayoritas menggunakan kapitalisasi yang sama dengan ruang nama utama, yaitu kapitalisasi judul)
  • Hal-hal lain yang belum diatur dapat didiskusikan untuk diatur konvensinya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]