Bantuan:Pengunggahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg Pengunggahan
Sidebar unggahberkas.jpg

Anda dapat mengunggah berkas, terutama gambar, ke Wikipedia untuk menambah referensi atau memperjelas suatu tulisan. Sebelum Anda melakukan pengunggahan gambar, harap perhatikan dan ikuti kebijakan penggunaan gambar di Wikipedia. Harap diingat pula bahwa sebagian besar gambar yang Anda temukan di Internet memiliki hak cipta dan karenanya tidak layak dimuat di Wikipedia. Jika Anda tidak bisa memberikan informasi mengenai status hak cipta suatu gambar, jangan unggah gambar tersebut. Gambar yang tanpa dilengkapi dengan informasi status hak cipta dan sumber gambar akan segera dihapus.

Cara mengunggah gambar[sunting | sunting sumber]

Gunakan menu "unggah berkas" pada kotak peralatan di sebelah kiri layar atau klik langsung alamat Istimewa:Pengunggahan. Menu ini akan menampilkan formulir pengunggahan yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah gambar ke Wikipedia.

  • Nama berkas sumber; tekan tombol "Browse..." (atau "Telusuri..." jika menggunakan peramban web berbahasa Indonesia) di samping isian ini untuk memilih berkas di komputer Anda. Jika Anda menggunakan Google Chrome, klik "Choose File" (atau "Pilih File" dalam versi bahasa Indonesia) untuk mengunggah berkas. Setelah Anda memilih satu berkas tertentu di kotak dialog yang muncul, nama berkas ini akan diisikan ke dalam kotak teks.
  • Nama berkas yang dituju; secara otomatis, setelah isian nama berkas sumber Anda masukkan, kotak teks ini akan diisikan oleh perangkat lunak Wikipedia sesuai dengan nama berkas sumber. Anda dapat mengubah nama ini sesuai keinginan Anda.
  • Ringkasan; isikan informasi dan sumber mengenai berkas yang Anda unggah. Contohnya "Gambar kerbau, hasil pemotretan sendiri".
  • Jenis lisensi; pilih jenis lisensi untuk berkas tersebut.
  • Tambahkan ke pantauan; cek kotak ini jika Anda ingin memasukkan ke daftar pantauan Anda.
  • Abaikan peringatan apa pun; cek kotak ini jika Anda tidak ingin diganggu oleh peringatan atau pesan konfirmasi yang mungkin muncul sewaktu Anda mengunggah berkas.

Setelah semua isian tersebut Anda isi atau pilih, tekan tombol "Muatkan berkas". Proses pengunggahan berkas tergantung pada besar atau kecilnya ukuran berkas yang diunggah, terkadang memakan waktu yang lama, terutama jika koneksi Internet yang dipergunakan berkecepatan lambat. Setelah selesai, Anda dapat menggunakan berkas yang baru diunggah tersebut dalam artikel Anda.

Jangan lupa[sunting | sunting sumber]

Supaya gambar Anda tidak dihapus dari Wikipedia, jangan lupa:

  • Luangkan waktu untuk membaca Panduan umum pengggunaan gambar:
    1. Jangan masukkan gambar/foto yang tidak diketahui hak ciptanya.
    2. Gambar/foto yang dapat diambil "secara bebas" di Internet tidak berarti bebas dari hak cipta. Periksalah dan pastikan hal ini sebelum memuat. Gambar yang bersumber dari Google Images dan sejenisnya akan langsung dihapus.
    3. Cantumkan sumber berkas, baik itu karya pribadi Anda, dari internet, maupun dari sumber lain.
    4. Cantumkan lisensi berkas yang paling sesuai. untuk daftarnya, silakan lihat Wikipedia:Templat/Gambar
    5. Gunakan nama berkas yang sesuai. Mohon namai gambar/foto Anda secara deskriptif.
Pilihlah lisensi yang sesuai dengan berkas yang Anda muat

Lihat pula[sunting | sunting sumber]