Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi teknis   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan Wikipedia bahasa Indonesia pada khususnya dan proyek-proyek Wikimedia lainnya secara umum, yang tidak dapat Anda temukan di halaman bantuan.
Jika pertanyaan Anda ternyata sudah tercakup dalam halaman bantuan tersebut, maka jawaban untuk Anda akan berupa pengarahan menuju halaman tersebut.

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Kamis, 29 Januari 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

SMA Negeri 1 Jonggol[sunting | sunting sumber]

Mohon bantuan untuk memeriksa isi artikel. Pembuat artikel terdiri atas beberapa orang dan cukup aktif menyuting. Tapi suntingan mereka sering membuat isi artikel menjadi turun kualitasnya. Saya sudah memberi beberapa hidden message di dalam artikel, mohon bantuan untuk memeriksa. Saya juga sudah beberapa kali memberi saran dan masukan kepada penyuntingnya, tetapi sepertinya penyunting memiliki agenda lain dalam suntingannya. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 5 November 2014 00.49 (UTC)

  • Apakah artikel tentang SMA, SMP, dan SD, termasuk pantas (notable) di Wiki ID? Termasuk detail tentang pengurus OSIS dan sebagainya?. Jika ya akan ada puluhan ribu artikel seperti ini. Mohon penjelasan lengkap. Annas86 (bicara) 13 November 2014 02.09 (UTC)
Kalau artikelnya sih menurut aq memang layak untuk ada di WBI. Tapi kalau isi susuna organisasi dsb, sepertinya kok malah bikin isi artikel seperti blok. Saya nggak tahu juga sih apa sudah ada aturan mengenai itu. Tapi isi seperti Visi dan Misi kan memang tidak layak untuk dimasukkan. Okkisafire (bicara) 14 November 2014 05.38 (UTC)
Akhirnya ada tanggapan dari penyunting artikel ini. Sepertinya mereka tidak paham dengan pertauran yang ada di Wikipedia. Sudah saya tanggapi di halaman pembicaraannya. Sebaiknya saya memulai dari mana untuk menunjukkan peraturan2 di Wikipedia? Terima kasih Okkisafire (bicara) 1 Desember 2014 02.48 (UTC)
Tolong tunjukan ini (Wikipedia:Bukan riset asli) ke dia.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Desember 2014 12.46 (UTC)

Orang yang dapat menyunting halaman istimewa[sunting | sunting sumber]

Siapakah orang yang dapat menyunting halaman istimewa, juga tidak ada kata "dari wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas"?? Salam!! Haryo200044444 (bicara) 21 November 2014 14.17 (UTC)

Halaman istimewa hanya bisa dibuat dan disunting oleh pengurus. -- Bonaditya (bicara) 21.23, 21 November 2014 (WIB)
Juga kenapa kata dimana halaman terakhir disunting tidak terlihat. Haryo200044444 (bicara) 22 November 2014 01.33 (UTC)
Apakah halaman istimewa juga merupakan ruang nama MediaWiki??? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 06.39 (UTC)
@Haryo200044444 Pertama orang yang dapat menyunting halaman istimewa adalah orang dengan hak kepengurusan seperti Pengurus, G Edit-interface, dan steward. Kedua, ya, lihat informasinya disini mw:Manual:Special pages, biasanya diberikan kode "-1" contoh kode untuk halaman translasi/terjemahan diberikan kode i18 maka halaman spesial kodenya i-1, silahkan lihat disini mw:Manual:Namespace#Built-in_namespaces.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 06.52 (UTC)

Cara mengkonfirmasi surel[sunting | sunting sumber]

Akun Haryo200044444 ini ingin menjadi editor dan pengurus serta pengembali revisi, bagaimana cara saya untuk mengkonfirmasi surelnya karena kode konfirmasinya belum diketahui. Salam!!! Haryo200044444 (bicara) 22 November 2014 01.37 (UTC)

Apakah kode konfirmasinya??? Haryo200044444 (bicara) 22 November 2014 01.39 (UTC)
yang mengonfirmasi pengurus klo tidak salah. Dulu aq juga gitu pas melamar jd editor. Okkisafire (bicara) 3 Desember 2014 12.48 (UTC)
Anda yakin mau menjabat jadi editor pengurus pengembali revisi sekaligus? Yakin punya cukup waktu utk menjalan semua tugas dan kewajiban dari masing2? Juga beban moral yang harus ditanggung? Okkisafire (bicara) 3 Desember 2014 12.54 (UTC)
Semua orang bisa mengecek kok lihat disini untuk namamu Haryo Kirim surel Kebetulan hasil yang saya dapat untuk namamu Haryo adalah Pengguna ini tidak memberikan suatu alamat surel yang valid..-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Desember 2014 12.56 (UTC)
Juga, susah mengkonfirmasinya!!!Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 06.38 (UTC)
Tidak susah, setelah meminta permohonan konfirmasi tinggal cek surel/email anda akan ada disitu pranala yang mengkonfirmasi.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 06.52 (UTC)
Dimana tempat memohonnya???? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.01 (UTC)
Mengeceknya dimana??? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.03 (UTC)
@Haryo200044444 Lihat di preferensi, lalu lihat bagian opsi surel, masukan surel kamu lalu ok, setelah itu buka surel/e-mail kamu disitu nanti ada surat masuk dari Wikipedia/wikimedia(tergantung dari mana kamu konfirmasi) lalu klik pranala yang diberikan, selesai.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 07.33 (UTC)
Ini pakai gmail, gimana untuk melihat surat masuk di gmail, soalnya tak ada surat masuk. Jawab!!!! Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.44 (UTC)
@Haryo200044444 untuk Gmail buka google.com di kanan atas ada opsi log in dan registrasi, setelah log in bisa balik ke google.com di kanan atas ada opsi "GMAIL" klik dan masuk, saya pikir anda saja yang tidak mengerti cara menggunakan email, saya malah menggunakan Gmail untuk Wikitech mailing list, jadi gak mungkin Gmail tidak bisa masuk untuk surel.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 07.55 (UTC)
Pas mau melakukan konfirmasi malah keluar kata kode konfirmasi salah, kode tersebut mungkin sudah kedaluwarsa, apakah kode tadi kadaluwarsa??? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.59 (UTC)
@Haryo200044444Kode kadaluarsa berarti anda tidak mengkonfirmasi disaat permintaan konfirmasi surel diberikan, minta pengkonfirmasian baru via preferensi.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 08.05 (UTC)

Tugas pengurus[sunting | sunting sumber]

Bukankah menambahkan interwiki itu adalah tugas dari sebuah akun bot, bukan pengurus???? HaryoBot (bicara) 28 November 2014 09.25 (UTC)

Siapapun boleh menambahkan interwiki. Baik pengurus, pengguna biasa, maupun bot. Hariadhi - Ngobrol 1 Desember 2014 08.10 (UTC)

Penggantian nama[sunting | sunting sumber]

Permisi teman-teman Wikipediawan dan Wikipediawati. Saya ingin bertanya apakah nama pengguna saya dapat berubah? (Lebih tepatnya merubah huruf awal "i" pada indrawijaya agar menjadi huruf kapital) Terima kasih Fadly indrawijaya (bicara) 28 November 2014 21.24 (UTC)

Butuh tanggapan pengurus Wikipedia. #Poke Hariadhi Okkisafire (bicara) 1 Desember 2014 02.51 (UTC)
Buka di Wikipedia:Pengubahan_nama_pengguna, tapi sepertinya sedang tidak bisa dari pusat.36.69.106.12 1 Desember 2014 04.14 (UTC)
Sudah dijawab oleh anonim di atas saya ^ Untuk pendaftarannya bisa di sini. Namun untuk alasan kepraktisan (terutama jika tanggapan permintaannya lama), bisa saja daftarkan nama baru dan minta kepada pengurus untuk memblokir nama anda sekarang. Terima kasih. Hariadhi - Ngobrol 1 Desember 2014 08.08 (UTC)

Templat rapikanseperti[sunting | sunting sumber]

Halo, karena saya perhatikan panduan gaya terlalu rumit untuk dipahami oleh pemula dan akan lebih memudahkan memberitahu seperti apa artikel yang baik cara penulisannya melalui contoh, maka saya membuat templat {{rapikanseperti|(masukkannamaartikelcontohdisini}}. Templat ini meminta pembuat artikel untuk memperhatikan artikel sejenis yang sudah bagus cara penulisannya. Hariadhi - Ngobrol 4 Desember 2014 16.42 (UTC)

Setuju dengan inisiatif mas Hariadhi. Sebelumnya saya juga berfikiran yang sama, hanya belum ada waktu saja untuk membuatnya. Salam, Bozky (bicara) 5 Desember 2014 01.23 (UTC)

Wikipedia:Sprint[sunting | sunting sumber]

Hai, sebenarnya usul sprint ini dari dulu ingin saya ujicobakan, namun selalu terdahului oleh Maraton. Bagaimana kalau di akhir tahun ini yang kita adakan adalah Wikipedia Sprint? Kelebihannya:

  1. Penyunting baru tidak keder duluan dengan penyunting yang lebih senior karena syaratnya hanya artikel yang pendek
  2. (seharusnya) tidak ada peserta yang mengundurkan diri di tengah jalan karena tidak ada adu banyak artikel. Hanya keharusan untuk mencapai jumlah artikel tertentu yang sangat ringan.
  3. Tujuan event ini bukan artikel sebanyak-banyaknya, namun partisipasi dari sebanyak mungkin pengguna

Sekedar usul untuk memperbaiki suasana komunitas. FYI, di sini bisa ditemukan keluhan mengenai event Maraton. :) Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 12.14 (UTC)

Halo, saya sudah membuat halaman khusus untuk Wikisprint tahun ini. Silakan dilihat dan disesuaikan dengan kebutuhan. -- Bonaditya (bicara) 20.55, 5 Desember 2014 (WIB)
Untuk waktu penyelenggaraan pastinya kapan ya ? Irvan Ary Maulana (bicara) 8 Desember 2014 07.04 (UTC)
Waktu penyelenggaraan lomba ini dapat dilihat di Wikipedia:Wikisprint/2014-15#Waktu Pelaksanaan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 20 Desember 2014 15.06 (UTC)
saya sudah coba kirimkan undangannya ke beberapa orang. Jika ada yang berminat untuk menyebarkannya ke yang lain, silakan gunakan templat {{undangansprint}} ya Hariadhi - Ngobrol 21 Desember 2014 12.12 (UTC)

Halo semuanya, terima kasih karena sudah banyak yang mengikuti Wikisprint. Untuk babak pertama keikutsertaannya cukup bagus, walaupun masih harus ditingkatkan karena banyak yang belum memenuhi jumlah 3 artikel yang disyaratkan. Semoga bisa memacu untuk babak kedua ya :) Hariadhi - Ngobrol 29 Desember 2014 07.57 (UTC)

Oh ya, apakah peserta wajib mengikuti kedua babak atau boleh mengikuti satu babak saja? Irvan Ary Maulana (bicara) 29 Desember 2014 11.08 (UTC)
satu babak cukup tapi jika ingin menyempurnakan boleh ikut keduanya Hariadhi - Ngobrol 29 Desember 2014 17.54 (UTC)
Terima kasih atas jawabannya. Salam Irvan Ary Maulana (bicara) 30 Desember 2014 04.17 (UTC)
Sedikit masukan yg sebenarnya kurang penting. Bagaimana seandainya BintangWiki Sprint hanya diberikan kpd peserta yg telah berlari minimal satu artikel saja di periode yg mana saja, tanpa peduli bagaimanapun kualitas artikelnya. Karena rasanya agak janggal bila peserta yg tdk pernah berlari memperoleh medali, kesannya perlombaannya jadi kurang bermutu. :) ibensis (What’s the Story?) 3 Januari 2015 15.54 (UTC)
Masuk akal, silakan diubah saja hadiah medalinya Hariadhi - Ngobrol 3 Januari 2015 16.24 (UTC)

Terima kasih dan selamat untuk kita semua[sunting | sunting sumber]

Terima kasih untuk respon dari seluruh Wikipediawan. Walaupun baru kali ini diadakan, pesertanya mencapai 32 orang, dengan peserta yang aktif menyumbangkan artikel 23 orang. Sebanyak 115 artikel telah dibuat dalam event ini, yang 78 di antaranya dianggap memenuhi kriteria kelayakan dan lebih dari 300 kata. Semoga event Wikisprint selanjutnya bisa semakin meriah.

Mengingat besarnya respon untuk event ini, ada beberapa pengguna yang mengusulkan agar Wikisprint dibuat lebih sering, misalnya sekali sebulan atau dua bulan. Adakah yang ingin mengusulkan kapan wikisprint berikutnya diadakan? Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2015 15.34 (UTC)

WikiSprint Revisi[sunting | sunting sumber]

Masih terkait dengan event WikiSprint yang baru saja selesai, dan usul bung Hariadhi soal kapan, saya mengusulkan bagaimana kalau WikiSprint berikutnya bertema WikiSprint Revisi. Tujuannya adalah sekaligus untuk memperbaiki artikel-artikel yang belum sempurna, wikifikasi, memperbaiki pranala, dan hal-hal yang terkait dengan kelayakan artikel. Teknisnya diserahkan sama kawan-kawan yang sudah berpengalaman. -- Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 5 Januari 2015 20.41 (UTC)

silakan, coba dibuat saja dulu draftnya Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 01.29 (UTC)

Draft Wikisprint Februari[sunting | sunting sumber]

  1. Konsep: Mengumpulkan 3 poin dari beberapa artikel yang dianggap layak dan memiliki panjang minimal 300 kata
  2. Disediakan bounty berupa tantangan tambahan yang bisa diambil oleh masing-masing peserta (boleh juga tidak, hanya bonus bagi yang mau mengerjakan tugas tambahan) yang didaftarkan selama dan 3 hari setelah wikisprint usai.
  3. Tantangan tambahan berupa (bisa dipilih salah satu atau mengerjakan semuanya):
    1. Menciptakan paling tidak satu artikel dengan panjang 600 kata
    2. Paling tidak satu artikel mengandung 3 referensi
    3. Dalam 2 hari setelah Wikisprint selesai, ikut membantu merapikan artikel wikisprint milik pengguna lain
  4. Menyelesaikan bounty akan memberikan beberapa penghargaan khusus, jadi peserta tidak perlu kecewa bila tidak berhasil meraih bintangwiki sprint gold, karena disediakan penghargaan khusus untuk peserta bounty.

bagaimana? Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 17.26 (UTC)

Hak pengurus[sunting | sunting sumber]

Apakah menjadi pengurus itu memiliki banyak keuntungan?? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 06.49 (UTC)

Tidak, pengurus hanyalah pengguna biasa dengan tambahan tanggung jawab lebih banyak dalam memelihara artikel dan ketentraman komunitas. Siapapun yang jadi pengurus mau tak mau harus melayani banyak aduan dari pengguna lain. Jika Anda punya ketekunan untuk memelihara kualitas artikel, memahami peraturan dan kebijakan, serta punya kesabaran lebih melayani orang lain, bisa saja mempertimbangkan diri untuk mengikuti pemilihan pengurusan di masa yang akan datang. Hariadhi - Ngobrol 8 Desember 2014 12.19 (UTC)

Tech News: 2014-50[sunting | sunting sumber]

8 Desember 2014 17.11 (UTC)

Usia pengurus[sunting | sunting sumber]

Apakah menjadi pengurus itu batasan usia penggunanya berapa tahun?Haryo200044444 (bicara) 10 Desember 2014 10.26 (UTC)

Tidak ada batas usia, Pengurus bukanlah pengawas atau pemeriksa.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Desember 2014 10.31 (UTC)
Masalahnya kalau ikut kopi darat gimana?? Malu tuh dilihatin orang dewasa, usia saya 12 tahun. Haryo200044444 (bicara) 10 Desember 2014 11.19 (UTC)
Saya gak mengerti maksud pertanyaan Anda, Wikipedia tidak pernah memaksakan orang lain untuk pergi bertemu dengan Wikipediawan lainnya, malah bahaya terjadi Outing sengaja maupun tidak sengaja. Bila alasan bertemu untuk hal yang baik justru sangat dianjurkan, bila Anda tidak ingin bertemu tidak masalah, keinginan untuk bertemu dan tidak bertemu dan tidak diketahui orang lain itu hak privacy Anda, dan dijamin oleh Wikimedia sendiri.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Desember 2014 11.46 (UTC)
Kalau ada perasaan rendah diri hanya karena masalah umur ya ga usah jadi pengurus. Pengurus harus bisa bersikap bertanggung jawab dan percaya diri dalam mengambil keputusan, termasuk mengatur atau menegur orang yang lebih tua dan berpengalaman di bidangnya. Jadi kalau hanya karena takut ketahuan muda saja jadi minder berarti dia belum bisa mengambil tanggung jawab jadi pengurus. FYI Wikipedia Bahasa Indonesia juga mempunyai beberapa pengurus yang umurnya masih muda. Jadi pertanyaan Anda tidak relevan dan tidak ada bukti ketakutan yang Anda ajukan. Hariadhi - Ngobrol 14 Desember 2014 17.47 (UTC)

Mohon bantuan untuk memindahkan artikel[sunting | sunting sumber]

Saya belum mendapatkan status autoconfirmed, sehingga tidak bisa memindahkan artikel. Mohon pindahkan judul Chaff (peluru kendali) ke judul Sekam (militer), karena tujuannya tidak hanya untuk peluru kendali, tapi lebih luas dari itu. Dan terjemahan ke bahasa Indonesia dari Chaff adalah Sekam.

Xiao Hua Lan (bicara) 13 Desember 2014 00.19 (UTC)

sudah. Hariadhi - Ngobrol 14 Desember 2014 19.58 (UTC)

Pelindungan MediaWiki[sunting | sunting sumber]

Apakah ruang nama MediaWiki memiliki kedaluwarsa tak terbatas?? Haryo200044444 (bicara) 14 Desember 2014 08.29 (UTC)

Pelindungan[sunting | sunting sumber]

Apakah perbedaan pelindungan penuh, runtun, dan permamen MediaWiki??? Haryo200044444 (bicara) 15 Desember 2014 01.47 (UTC)

Tech News: 2014-51[sunting | sunting sumber]

15 Desember 2014 16.43 (UTC)


Artikel baru saya, Shigatsu wa Kimi no Uso[sunting | sunting sumber]

Jadi gini, saya skrg sdh tdk/jarang-jarang nulis botani, jadilah otomatis saya nulis di bidang anime, dan keIslaman. Mau nanya, knp di artikel Shigatsu wa Kimi no Uso saya, kelihatannya artikel itu tdk punya spasi, dan knp {{anime-stub}} bersatu dgn kotakinfo anime-nya? Tlg jawabkan saya. Wassalam! --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 00.25 (UTC)

Apakah pengamatan ini dalam versi Desktop atau versi Mobile? Pada komputer saya nampaknya tidak ada masalah. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Desember 2014 23.56 (UTC)
@JohnThorne, pak, artikel ini udh diperbaiki. Makasih atas perhatiannya. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 23 Desember 2014 02.46 (UTC)

Foto tokoh[sunting | sunting sumber]

Saya lihat akhir-akhir ini banyak sekali pengguna yang mengupload foto/gambar dari seorang tokoh (tokoh politik utamanya) tanpa menyertakan lisensi gambar atau sumber yang kurang jelas. Di lain pihak, ternyata halaman dari tokoh tsb telah memiliki foto dan ternyata foto/gambar tsb berasal dari Wikimedia Commons yang lebih bisa dipertanggungjawabkan sumber/lisensi dari gambar tsb dan tentu saja foto/gambarnya lebih bagus. Apakah yang seharusnya dilakukan utk menyikapi fenomena ini ??? -Denny eR Ge (bicara) 21 Desember 2014 11.23 (UTC)

Kalau menurut saya, sebisa mungkin untuk mengingatkan pengguna yang mengunggah berkas tersebut. Selain itu juga berikan tag {{hapus}} jika ada berkas yang tidak memiliki sumber. -- Bonaditya (bicara) 18.51, 21 Desember 2014 (WIB)
Sudah saya ingatkan mas, mudah-mudahan ybs mengerti akan hal ini dan diberikan pintu hidayah agar tak diulangi di kemudian hari. Lumayan banyak mas foto yang dia unggah. -Denny eR Ge (bicara) 22 Desember 2014 15.48 (UTC)

Tech News: 2014-52[sunting | sunting sumber]

22 Desember 2014 16.52 (UTC)

Ketidaklengkapan pengguna[sunting | sunting sumber]

Mengapa tidak ada pengguna berstatus pembuat akun, pengguna terkonfirmasi, importir dan importir transwiki? Haryo200044444 (bicara) 23 Desember 2014 16.08 (UTC)

Pembuat akun sudah ada paketnya di dalam bit pengurus lihat di (createaccount) mereka, Pengguna terkonfirmasi adalah pemberian status terkonfirmasi secara manual oleh pengurus, saya dan Anda Haryo adalah terkonfirmasi otomatis, sama, dan tidak ada bedanya dengan terkonfirmasi secara manual, sedangkan (import) dan hak derivatif import lainnya seperti (importupload) dimiliki oleh pengurus, hak ini tidak dipecah dan dapat diberikan ke orang lain di Wikipedia Bahasa Indonesia.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Desember 2014 16.21 (UTC)
Apakah di wikipedia bahasa inggris ada pengguna yang berstatus pembuat akun, importir, dan pengguna terkonfirmasi? Haryo200044444 (bicara) 3 Januari 2015 02.12 (UTC)
Kalau tidak salah, lihat saja gambar dibawah ini:
Pembuat akun.PNG

Wikidata[sunting | sunting sumber]

Saya mau nanya, ada kagak tool buat mengetahui sejumlah artikel yang belum ("bahasa lama"nya sih) di-interwiki-kan di Wikidata. Jadi ingat dulu saya pas waktu bikin artikel-artikel kelurahan sama Aldo samulo ditegur sama Ezagren karena tidak menyertakan interwiki dari jv.wiki yang artikelnya sudah ada duluan. --Erik Fastman (bicara) 24 Desember 2014 01.26 (UTC)

Templat {{hapus:rapikan}} ERROR[sunting | sunting sumber]

Mohon diperbaiki templat ini:


---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 24 Desember 2014 23.37 (UTC)

Templatnya sudah benar, tapi cara pemanggilannya yang keliru. Anda mengetikkan kodenya begini: {{hapus:rapikan}}. Harusnya diawali subst, sehingga yang benar adalah begini: {{subst:hapus:rapikan}}. Gunanya agar templat yang diketik tidak mengikuti perubahan pada templat asalnya, digantikan oleh wikicode sesuai dengan suntingan mutakhir pada templat yang dirujuknya. Pokoknya, ada templat-templat yang patut diawali dengan {{subst:}}, terutama yang menyangkut tenggat dan tanggal. -- Adiputra बिचर -- 25 Desember 2014 02.35 (UTC)

VisualEditor News #10—2014[sunting | sunting sumber]

26 Desember 2014 18.59 (UTC)

Cara mempatroli artikel[sunting | sunting sumber]

Bagaimana cara mempatroli artikel di wikipedia? Haryo200044444 (bicara) 28 Desember 2014 06.32 (UTC)

Baca beritanya di Wikipedia:Patroli ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 28 Desember 2014 07.52 (UTC)
Apakah hanya pengurus yang dapat mempatroli suntingan? Haryo200044444 (bicara) 16 Januari 2015 08.37 (UTC)

Info Teknologi: 2015-01[sunting | sunting sumber]

29 Desember 2014 16.52 (UTC)

Hijriah-stub[sunting | sunting sumber]

Selamat pagi menjelang Shubuh.. Saya berkeinginan sekali untuk merintis artikel-artikel yang berhubungan dengan kalender Hijriah, baik itu peristiwa, kelahiran, kematian, terutama menyangkut biografi tokoh Islam. Namun, hal ini ternyata harus mereview ratusan bahkan ribuan artikel ke-Islaman (misal: 10 Hijriah peristiwa apa/kematian siapa, 11 H, 12 H, dst). Contohnya: 8 Hijriah, 29 Hijriah. Pertanyaannya: apakah Hijriah-stub ini bisa direalisasi? --- AndiAz | Onigiri cheerleader.gif let's talk..

Selamat pagi. Sebaiknya tahun-tahun yang berdasarkan penanggalan tertentu, digabungkan saja dengan penanggalan internasional saat ini. Artikel 8 Hijriah tersebut bisa digabungkan ke artikel tentang peristiwa tahun 630. Kemudian di artikel 630 tersebut dicantumkan padanan tahun tersebut sesuai penanggalan yang ada (contoh di sebelah kanan). Ini akan memperlebar ruang lingkup artikel. Setiap peradaban memiliki penanggalan sendiri, dan Wikipedia berusaha menghimpunnya menurut penanggalan yang paling banyak dan paling sering dipakai pada zaman ini. Artikel tahun-tahun hijriah hanya membuat topik tertentu tampak eksklusif.
-- Adiputra बिचर -- 4 Januari 2015 02.47 (UTC)
Setuju Setuju dengan pendapat Anda terutama soal penggabungan peristiwa di tahun-tahun yang sudah ada, apalagi dalam hal menghindari kesan eksklusifisme artikel (kenetralan). Thanks bung Adi --- AndiAz | Onigiri cheerleader.gif let's talk..
setuju, itu jauh lebih praktis. Walaupun tidak dilarang membuat artikel penanggalan hijriah, tapi lebih baik cari yang tidak mempersulit diri sendiri. Kalau nanti sudah terkumpul seluruh event untuk setiap tahun hijriah, barulah dipisah. Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2015 02.25 (UTC)

Artikel Wacana_pembentukan_provinsi_baru_di_Indonesia[sunting | sunting sumber]

Saya ingin bertanya perlukah artikel seperti ini? Pertama wikipedia bukanlah tempat menuliskan spekulasi. Kalaupun sumbernya ada, statusnya masih wacana atau perbincangan. Bahkan saya tidak menemukan Undang-Undang atau PP yang mengarah kepada pemekaran-pemekaran ini. Saya perhatikan banyak referensi di artikel tersebut juga sumbernya blog yang isinya opini penulisnya, bukan kenyataan atau fakta Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2015 16.07 (UTC)

Halaman usulan penghapusannya sudah dibuat oleh Bluesatellite. -- Bonaditya (bicara) 08.47, 6 Januari 2015 (WIB)

WMFLab Tidak Berfungsi[sunting | sunting sumber]

Ketika ingin melihat total edit melalui https://tools.wmflabs.org/xtools, kenapa tiba-tiba error, dan berbunyi, "No webservice. The URI you have requested, /xtools/pcount/index.php?name=Andiazamuddin&wiki=wikipedia&lang=id, is not currently serviced." Padahal biasanya berfungsi. Ada yang bisa bantu? Thanks Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 6 Januari 2015 15.50 (UTC)

Iya, sering down, overload... terlalu banyak request yang berat-berat (mungkin). Dicoba beberapa saat lagi. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 00.43, 7 Januari 2015 (WIB)
Ditengah zeroing tunggu aja beberapa jam lagi. Kalau gak bisa juga beberapa jam lagi komplen ke Wikitech:Nova Resource Talk:Xtools (atau bakal bicara saya dengan Cyberpower678 secara langsung di wmt), kalau gak juga dijawab baru saya kesana. Maaf saya mau tidur jadi offline sementara waktu dari channel wmt.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 6 Januari 2015 18.20 (UTC)
Mantap! Benar sekali bung Beni dan Aldo.. ternyata memang overload, ni dah pulih.. Thanks banyak info "berarti" sampeyan2 Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 01.04 (UTC)

Kategori[sunting | sunting sumber]

Ternyata sekarang halaman kategori sudah dapat dialihkan dengan pengalihan. Nice! ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 03.05, 7 Januari 2015 (WIB)

Bagus, sih. Penulisan yang salah eja bisa ditoleransi. -- Adiputra बिचर -- 7 Januari 2015 10.39 (UTC)

Nasib pemilihan salah seorang calon pengurus[sunting | sunting sumber]

Mohon kiranya teman-teman dapat berpartisipasi di halaman ini untuk mendisuksikan kelanjutan/penutupan pemilihan salah seorang calon pengurus. Terima kasih dan salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 7 Januari 2015 11.44 (UTC)

Sudah saya balas :) Hariadhi - Ngobrol 7 Januari 2015 12.17 (UTC)

Pertanyaan[sunting | sunting sumber]

Bagaimana cara menyunting ruang nama MediaWiki? Haryo200044444 (bicara) 10 Januari 2015 12.47 (UTC)

Erm... Bukannya sudah dijawab hal ini di warung kopi (lain lain)? Saya jelaskan lagi, kalau ruang nama Mediawiki hanya bisa disunting oleh, Pengurus, Interface editors dan Steward.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Januari 2015 12.54 (UTC)

Mohon bantuan untuk perang suntingan di artikel SMA Negeri 1 Jonggol[sunting | sunting sumber]

Mohon bantuan para Editor dan Pengurus, saya terlibat dalam perang suntingan di artikel tersebut. Oleh sebab itu, saya pikir sudah saatnya bagi saya untuk mundur dari penyuntingan artikel tersebut dan memohon bantuan kalian untuk menindaklanjuti permasalahan ini. AldNon, Hariadhi, Bonaditya, Hanamanteo, Denny eR Ge, dan yang lain-lain yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu di sini.

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya, para penyunting artikel tersebut memiliki agenda tersendiri dan tetap membandel meskipun telah saya beri peringatan pada halaman pembicaraan mereka. Hasil suntingan terakhir bisa dilihat di sini dan tidak akan saya ubah-ubah lagi. Berikut ini merupakan ringkasan suntingan dan peringatan yang saya buat:

  1. Memberi penjelasan pada tiap-tiap bagian artikel, mana yang perlu dan mana yang tidak layak. Bisa dilihat pada daftar riwayat suntingan di sini.
  2. Mengundang para penyunting untuk ikut berdiskusi di Warung Kopi. Maaf, saya tidak berhasil menemukan bukti ajakan yang dimaksud, dan tidak ingat penyunting yang mana yang saya ajak. Tapi saya ingat untuk selalu mengajak para penyunting WBI untuk berdiskusi di Warung Kopi, kemungkinan mereka semua yang saya ajak.
  3. Menjawab pernyataan pengguna anonim di halaman Pembicaraan:SMA Negeri 1 Jonggol dan menyarankan mereka untuk membuat blog sendiri.
  4. Memberi peringatan pertama kepada Pengguna:SMUN Jonggol di sini. Saya mohon maaf karena sudah kelepasan emosi saat memberi peringatan tersebut.
  5. Terakhir adalah menjawab peringatan yang diberikan kepada saya oleh Pengguna:Abdul Karim Majd di sini.

Mohon perhatian dan bantuan para Editor dan Pengurus untuk menangani (terutama) para penyunting bandel tersebut. Kesalahan bukan terletak pada artikel yang dibuat, tetapi pada para penyuntingnya. Terima kasih Okkisafire (bicara) 11 Januari 2015 00.38 (UTC)

Trims pengingatannya @Okkisafire waktu saya baca, saya ketawa, dia nambahin foto pribadi Berkas:@Rifqiariq 2000 dan @amirsteel.jpeg. Saya sudah tandai semua unggahan berkas dia untuk dihapus, dia soalnya tidak memberikan Rationale dan Lisensi.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 11 Januari 2015 01.28 (UTC)
Terbukti Wikipedia:konflik kepentingan (Istimewa:diff/8283685), terbukti Wikipedia:vanitas terselubung dengan menambahkan foto pribadi (Istimewa:diff/8369435).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 11 Januari 2015 01.34 (UTC)
Bonaditya sudah bergerak, saya sudah laporkan, good luck!-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 11 Januari 2015 01.40 (UTC)
Terima kasih atas bantuannya. 2 hari terakhir aku lagi ngetik laporan akhir praktikum, baru sempet buka Wiki sekarang. Jadi lega sudah beres. Thx all Okkisafire (bicara) 13 Januari 2015 01.46 (UTC)

Tech News: 2015-03[sunting | sunting sumber]

12 Januari 2015 16.47 (UTC)

Mohon Konfirmasi Artikel dalam Pembicaraan Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Saya ada menemukan artikel kelurahan Kapas Madya (kelurahan di Tambaksari, Surabaya) (lengkap dengan templat infobox dan kecamatan), tapi berada dalam Pembicaraan Wikipedia:Judul tidak sah. Karena aneh, lalu saya pindahkan menjadi artikel baru Kapas Madya, Tambaksari, Surabaya. Apakah yang saya lakukan benar demikian? Kalau salah, mohon dikoreksi. Trims ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 17 Januari 2015 19.56 (UTC)

Yang Anda lakukan sudah tepat. Terima kasih atas kejelian Anda. Saya telah mengganti isi halaman Pembicaraan Wikipedia:Judul tidak sah dan juga memasukkan artikel rintisan Kapas Madya, Tambaksari, Surabaya ke dalam daftar pantauan. Semoga kelak dapat dikembangkan lebih lanjut. Salam. JohnThorne (Bicara) 18 Januari 2015 03.36 (UTC)

Perbedaan antara pekerjaan dan profesi[sunting | sunting sumber]

Saya memeriksa templat infobox officeholder dan menemukan dua bagian yang menurut saya merupakan kosakata yang hampir sama, yaitu pekerjaan dan profesi. Kalau saya periksa di id.wiktionary dan en.wiktionary, profesi adalah pekerjaan berdasarkan keterampilan yang didapatkannya, namun pekerjaan (occupation) tidak selalu berdasarkan ketrampilan. Misal presiden bukan sebuah profesi tapi pekerjaan, tapi ilmuwan dan penulis adalah profesi. Tapi tidak semua jabatan / posisi khusus adalah pekerjaan. Misal tentara adalah pekerjaan, namun sniper / weapon tester adalah profesi. Namun kalian yang berbahasa Indonesia sejak lahir pasti lebih paham karena ini bukan bahasa asli saya.

Saya menulis ini karena banyak artikel yang menggunakan templat ini, terbalik menuliskan antara profesi dan pekerjaan. Maka sebaiknya disisipkan informasi perbedaan profesi dan pekerjaan di templat tersebut. -- Xiao Hua Lan (bicara) 18 Januari 2015 06.53 (UTC)

Content Translation beta feature is now available[sunting | sunting sumber]

Hello, On behalf of the WMF Language Engineering team I am very happy to let you all know that Content Translation has been enabled as a beta feature on the Indonesian Wikipedia. To start translating, you can enable the beta feature and go to Istimewa:ContentTranslation or to your contributions page and create a new translation by selecting the source language, the article name and target language. If the article already exists then a warning will be displayed. After you translate the article, you can publish it under your user namespace. If you are happy with the translated page, you can copy it over to the main namespace of the Wikipedia.

Content Translation can be configured on the wiki to publish the page directly in the main namespace but has not been enabled in this Wikipedia now. This is highly recommended to avoid additional manual steps in the publishing process. If no serious problems are observed during the next 2 weeks of testing we would like to check back if we can switch to publishing to the main namespace.

Since, this is the first time we have installed the tool on this Wikipedia, there are chances that there may be some problems or service disruptions which we are not yet aware of. We will be monitoring the usage to check for any failures or issues, but please do let us know on the Content Translation talk page or through Phabricator if you spot any problems that prevent you from using the tool. For more information, please read the release announcement. We will be making a formal announcement on the Wikimedia blog later this week. You can also view a short screencast on how to use Content Translation. Thank you and my apologies for making this announcement only in English. Runa Bhattacharjee (bicara) 19 Januari 2015 16.26 (UTC)

Tech News: 2015-04[sunting | sunting sumber]

19 Januari 2015 18.12 (UTC)

Penghapusan akun pengguna[sunting | sunting sumber]

Siapakah kelompok pengguna yang dapat menghapus sebuah akun pengguna? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 00.52 (UTC)

@Haryo200044444 Hanya Steward yang dapat menghapus akun pengguna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 00.57 (UTC)
Apakah halaman pembicaraan pengguna, kontribusi pengguna, preferensi, dan daftar pantauannya juga dihapus saat menghapus akun pengguna? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 01.00 (UTC)
Ya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 01.05 (UTC)
Apakah steward juga dapat melihat dan mengembalikan akun pengguna yang pernah dihapus? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 01.15 (UTC)
Tidak, Penghapusan yang dilakukan Steward dan Sysadmin berlaku permanen, kalau Akun dihapus maka akan selamanya menghilang. Sebelum anda bertanya kembali saya akan jelaskan lebih lanjut, Steward dan Sysadmin tidak akan menjawab ataupun melayani pengguna yang meminta penghapusan akun pengguna tanpa alasan teknis. Yang ada mungkin si-peminta akan di blokir secara global, jadi jangan pernah main-main ketika ingin meminta sesuatu ke mereka.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 01.28 (UTC)
Alasan apa saja yang membuat suatu akun pengguna dihapus? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 14.55 (UTC)
Untuk masalah ini, sebaiknya Haryo baca dulu dengan teliti peraturan nama pengguna di sini. Tidak ada keadaan normal yang bisa menjadi alasan penghapusan akun. Jika yang terjadi adalah keinginan untuk melindungi privasi, maka pengguna bisa mengajukan perubahan nama dan halaman pengguna dan pembicaraannya bisa dihapus. Kesimpulannya: Akun tidak bisa dihapus, tapi bisa disamarkan dengan mengganti nama pengguna (dengan alasan kuat, tentunya). Hariadhi - Ngobrol 25 Januari 2015 08.05 (UTC)
Trims Pak Hariadhi, tolong dibaca pesan Pak Hariadhi di atas Haryo.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 26 Januari 2015 10.14 (UTC)
Ehm... maaf jika diluar topik, sepertinya WMF sudah mengambil alih urusan permohonan penggantian nama dgn menyediakan SpecialPage untuk itu >> Istimewa:GlobalRenameRequest  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.10, 26 Januari 2015 (WIB)

Wikipedia:RTRC[sunting | sunting sumber]

Halo sekedar pengumuman saya sudah enable RTRC untuk WBI diambil dari m:User:Krinkle/Tools/Real-Time Recent Changes, silahkan buka Wikipedia:RTRC untuk mencari tahu cara menggunakannya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 26 Januari 2015 07.32 (UTC)

Artikel Baru[sunting | sunting sumber]

Maaf, jika saya mengganggu dengan pertanyaan ini. Saya baru saja menulis artikel baru. Artikel yang saya maksud berjudul Ladabf minyak Brent. Sebenarnya bukan judul Ladabf minyak Brent yang ingin saya tulis. Yang ingin saya tulis adalah Brent Blend. Tolong untuk segera mengganti judul tersebut. Maaf, jika mengganggu. Saya masih pengguna baru. Adhiwangsa (bicara) 26 Januari 2015 09.55 (UTC)

Selesai Selesai --Eddy bf (bicara) 26 Januari 2015 10.24 (UTC)

Tech News: 2015-05[sunting | sunting sumber]

26 Januari 2015 16.08 (UTC)