Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi teknis   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan tentang hal-hal teknis yang berkaitan dengan Wikipedia bahasa Indonesia pada khususnya dan proyek-proyek Wikimedia lainnya secara umum, yang tidak dapat Anda temukan di halaman bantuan.
Jika pertanyaan Anda ternyata sudah tercakup dalam halaman bantuan tersebut, maka jawaban untuk Anda akan berupa pengarahan menuju halaman tersebut.

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 21 Desember 2014
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Resimen Tjakrabirawa[sunting | sunting sumber]

Halaman tersebut tidak bisa dibalikkan, ada tulisan berbunyi "Suntingan ini tidak dapat dibalikkan karena konflik penyuntingan antara.", kenapa ya?

Pesan itu sebenarnya tidak berhubungan dengan artikel yang dimaksud. Anda mendapat pesan itu, karena pada saat Anda mengeklik "Save", sudah ada orang lain yang membuat perubahan pada halaman tersebut. Jadi kira-kira bagannya seperti ini:
  • Anda klik sunting
  • Orang lain klik sunting
  • Orang lain menyimpan halaman
  • Anda berusaha menyimpan halaman, kalau Anda tetap menyimpannya, maka perubahan orang lain tersebut akan hilang, oleh sebab itu muncul peringatan itu. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 18.59, 3 November 2014 (WIB)

Saya juga sudah mencoba di waktu tertentu tetap tidak bisa, akhirnya ditulis ulang. Sama halnya dengan artikel Sinterklas per 4 November 2014 juga tidak tidak bisa dibalikkan ke versi terakhir tetap ada tulisan berbunyi "Suntingan ini tidak dapat dibalikkan karena konflik penyuntingan antara.". Apakah mungkin karena telah dikosongkan berulang sehingga terjadi demikian? Akateljkt | Bicara 4 November 2014 07.30 (UTC)

Artikel ABC[sunting | sunting sumber]

Per tanggal 8 November 2014 artikel ABC tidak bisa dibalikkan, ada tulisan 'Suntingan ini tidak dapat dibalikkan karena konflik penyuntingan antara.' Akateljkt | Bicara 8 November 2014 12.58 (UTC)
Selesai Selesai -- Sekarang telah dapat dibalikkan. Wagino 20100516 (bicara) 8 November 2014 15.00 (UTC)

Tech News: 2014-45[sunting | sunting sumber]

3 November 2014 17.28 (UTC)

SMA Negeri 1 Jonggol[sunting | sunting sumber]

Mohon bantuan untuk memeriksa isi artikel. Pembuat artikel terdiri atas beberapa orang dan cukup aktif menyuting. Tapi suntingan mereka sering membuat isi artikel menjadi turun kualitasnya. Saya sudah memberi beberapa hidden message di dalam artikel, mohon bantuan untuk memeriksa. Saya juga sudah beberapa kali memberi saran dan masukan kepada penyuntingnya, tetapi sepertinya penyunting memiliki agenda lain dalam suntingannya. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 5 November 2014 00.49 (UTC)

  • Apakah artikel tentang SMA, SMP, dan SD, termasuk pantas (notable) di Wiki ID? Termasuk detail tentang pengurus OSIS dan sebagainya?. Jika ya akan ada puluhan ribu artikel seperti ini. Mohon penjelasan lengkap. Annas86 (bicara) 13 November 2014 02.09 (UTC)
Kalau artikelnya sih menurut aq memang layak untuk ada di WBI. Tapi kalau isi susuna organisasi dsb, sepertinya kok malah bikin isi artikel seperti blok. Saya nggak tahu juga sih apa sudah ada aturan mengenai itu. Tapi isi seperti Visi dan Misi kan memang tidak layak untuk dimasukkan. Okkisafire (bicara) 14 November 2014 05.38 (UTC)
Akhirnya ada tanggapan dari penyunting artikel ini. Sepertinya mereka tidak paham dengan pertauran yang ada di Wikipedia. Sudah saya tanggapi di halaman pembicaraannya. Sebaiknya saya memulai dari mana untuk menunjukkan peraturan2 di Wikipedia? Terima kasih Okkisafire (bicara) 1 Desember 2014 02.48 (UTC)
Tolong tunjukan ini (Wikipedia:Bukan riset asli) ke dia.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Desember 2014 12.46 (UTC)

Daftar rumah sakit di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Saya usul agar Daftar rumah sakit di Indonesia dipecah menjadi artikel daftar rumah sakit per provinsi. Bagaimana?

Selain itu juga, lebih bagus judul artikel [[Rumah Sakit Umum Daerah <nama>]] atau [[RSUD <nama>]] (berlaku pula untuk rumah sakit swasta seperti [[Rumah Sakit <nama>]] atau [[RS <nama>]])? 에자그렌 (메시지를 보내) 6 November 2014 03.10 (UTC)

Tech News: 2014-46[sunting | sunting sumber]

10 November 2014 15.00 (UTC)

Pengguna:HaryoBot[sunting | sunting sumber]

apakah Pengguna:HaryoBot adalah bot resmi dari pengurus Wikipedia? Bagaimana cara mengeceknya ya? Akateljkt | Bicara 13 November 2014 02.24 (UTC)

Sepertinya bukan bot. Soalnya dia bisa membalikkan artikel, sementara menurut pantauan saya, bot resmi Wikipedia tidak membalikkan artikel Andika Rahman Hakim (bicara) 20 November 2014 03.13 (UTC)

VisualEditor News #9—2014[sunting | sunting sumber]

14 November 2014 23.29 (UTC)

Tech News: 2014-47[sunting | sunting sumber]

17 November 2014 18.28 (UTC)

Orang yang dapat menyunting halaman istimewa[sunting | sunting sumber]

Siapakah orang yang dapat menyunting halaman istimewa, juga tidak ada kata "dari wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas"?? Salam!! Haryo200044444 (bicara) 21 November 2014 14.17 (UTC)

Halaman istimewa hanya bisa dibuat dan disunting oleh pengurus. -- Bonaditya (bicara) 21.23, 21 November 2014 (WIB)
Juga kenapa kata dimana halaman terakhir disunting tidak terlihat. Haryo200044444 (bicara) 22 November 2014 01.33 (UTC)
Apakah halaman istimewa juga merupakan ruang nama MediaWiki??? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 06.39 (UTC)
@Haryo200044444 Pertama orang yang dapat menyunting halaman istimewa adalah orang dengan hak kepengurusan seperti Pengurus, G Edit-interface, dan steward. Kedua, ya, lihat informasinya disini mw:Manual:Special pages, biasanya diberikan kode "-1" contoh kode untuk halaman translasi/terjemahan diberikan kode i18 maka halaman spesial kodenya i-1, silahkan lihat disini mw:Manual:Namespace#Built-in_namespaces.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 06.52 (UTC)

Cara mengkonfirmasi surel[sunting | sunting sumber]

Akun Haryo200044444 ini ingin menjadi editor dan pengurus serta pengembali revisi, bagaimana cara saya untuk mengkonfirmasi surelnya karena kode konfirmasinya belum diketahui. Salam!!! Haryo200044444 (bicara) 22 November 2014 01.37 (UTC)

Apakah kode konfirmasinya??? Haryo200044444 (bicara) 22 November 2014 01.39 (UTC)
yang mengonfirmasi pengurus klo tidak salah. Dulu aq juga gitu pas melamar jd editor. Okkisafire (bicara) 3 Desember 2014 12.48 (UTC)
Anda yakin mau menjabat jadi editor pengurus pengembali revisi sekaligus? Yakin punya cukup waktu utk menjalan semua tugas dan kewajiban dari masing2? Juga beban moral yang harus ditanggung? Okkisafire (bicara) 3 Desember 2014 12.54 (UTC)
Semua orang bisa mengecek kok lihat disini untuk namamu Haryo Kirim surel Kebetulan hasil yang saya dapat untuk namamu Haryo adalah Pengguna ini tidak memberikan suatu alamat surel yang valid..-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Desember 2014 12.56 (UTC)
Juga, susah mengkonfirmasinya!!!Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 06.38 (UTC)
Tidak susah, setelah meminta permohonan konfirmasi tinggal cek surel/email anda akan ada disitu pranala yang mengkonfirmasi.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 06.52 (UTC)
Dimana tempat memohonnya???? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.01 (UTC)
Mengeceknya dimana??? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.03 (UTC)
@Haryo200044444 Lihat di preferensi, lalu lihat bagian opsi surel, masukan surel kamu lalu ok, setelah itu buka surel/e-mail kamu disitu nanti ada surat masuk dari Wikipedia/wikimedia(tergantung dari mana kamu konfirmasi) lalu klik pranala yang diberikan, selesai.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 07.33 (UTC)
Ini pakai gmail, gimana untuk melihat surat masuk di gmail, soalnya tak ada surat masuk. Jawab!!!! Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.44 (UTC)
@Haryo200044444 untuk Gmail buka google.com di kanan atas ada opsi log in dan registrasi, setelah log in bisa balik ke google.com di kanan atas ada opsi "GMAIL" klik dan masuk, saya pikir anda saja yang tidak mengerti cara menggunakan email, saya malah menggunakan Gmail untuk Wikitech mailing list, jadi gak mungkin Gmail tidak bisa masuk untuk surel.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 07.55 (UTC)
Pas mau melakukan konfirmasi malah keluar kata kode konfirmasi salah, kode tersebut mungkin sudah kedaluwarsa, apakah kode tadi kadaluwarsa??? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 07.59 (UTC)
@Haryo200044444Kode kadaluarsa berarti anda tidak mengkonfirmasi disaat permintaan konfirmasi surel diberikan, minta pengkonfirmasian baru via preferensi.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 8 Desember 2014 08.05 (UTC)

Tech News: 2014-48[sunting | sunting sumber]

24 November 2014 19.31 (UTC)

Tugas pengurus[sunting | sunting sumber]

Bukankah menambahkan interwiki itu adalah tugas dari sebuah akun bot, bukan pengurus???? HaryoBot (bicara) 28 November 2014 09.25 (UTC)

Siapapun boleh menambahkan interwiki. Baik pengurus, pengguna biasa, maupun bot. Hariadhi - Ngobrol 1 Desember 2014 08.10 (UTC)

Tugas pengurus[sunting | sunting sumber]

Bukankah menambahkan interwiki itu adalah tugas dari sebuah akun bot, bukan pengurus???? HaryoBot (bicara) 28 November 2014 09.25 (UTC)

Penggantian nama[sunting | sunting sumber]

Permisi teman-teman Wikipediawan dan Wikipediawati. Saya ingin bertanya apakah nama pengguna saya dapat berubah? (Lebih tepatnya merubah huruf awal "i" pada indrawijaya agar menjadi huruf kapital) Terima kasih Fadly indrawijaya (bicara) 28 November 2014 21.24 (UTC)

Butuh tanggapan pengurus Wikipedia. #Poke Hariadhi Okkisafire (bicara) 1 Desember 2014 02.51 (UTC)
Buka di Wikipedia:Pengubahan_nama_pengguna, tapi sepertinya sedang tidak bisa dari pusat.36.69.106.12 1 Desember 2014 04.14 (UTC)
Sudah dijawab oleh anonim di atas saya ^ Untuk pendaftarannya bisa di sini. Namun untuk alasan kepraktisan (terutama jika tanggapan permintaannya lama), bisa saja daftarkan nama baru dan minta kepada pengurus untuk memblokir nama anda sekarang. Terima kasih. Hariadhi - Ngobrol 1 Desember 2014 08.08 (UTC)

Templat rapikanseperti[sunting | sunting sumber]

Halo, karena saya perhatikan panduan gaya terlalu rumit untuk dipahami oleh pemula dan akan lebih memudahkan memberitahu seperti apa artikel yang baik cara penulisannya melalui contoh, maka saya membuat templat {{rapikanseperti|(masukkannamaartikelcontohdisini}}. Templat ini meminta pembuat artikel untuk memperhatikan artikel sejenis yang sudah bagus cara penulisannya. Hariadhi - Ngobrol 4 Desember 2014 16.42 (UTC)

Setuju dengan inisiatif mas Hariadhi. Sebelumnya saya juga berfikiran yang sama, hanya belum ada waktu saja untuk membuatnya. Salam, Bozky (bicara) 5 Desember 2014 01.23 (UTC)

Wikipedia:Sprint[sunting | sunting sumber]

Hai, sebenarnya usul sprint ini dari dulu ingin saya ujicobakan, namun selalu terdahului oleh Maraton. Bagaimana kalau di akhir tahun ini yang kita adakan adalah Wikipedia Sprint? Kelebihannya:

  1. Penyunting baru tidak keder duluan dengan penyunting yang lebih senior karena syaratnya hanya artikel yang pendek
  2. (seharusnya) tidak ada peserta yang mengundurkan diri di tengah jalan karena tidak ada adu banyak artikel. Hanya keharusan untuk mencapai jumlah artikel tertentu yang sangat ringan.
  3. Tujuan event ini bukan artikel sebanyak-banyaknya, namun partisipasi dari sebanyak mungkin pengguna

Sekedar usul untuk memperbaiki suasana komunitas. FYI, di sini bisa ditemukan keluhan mengenai event Maraton. :) Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 12.14 (UTC)

Halo, saya sudah membuat halaman khusus untuk Wikisprint tahun ini. Silakan dilihat dan disesuaikan dengan kebutuhan. -- Bonaditya (bicara) 20.55, 5 Desember 2014 (WIB)
Untuk waktu penyelenggaraan pastinya kapan ya ? Irvan Ary Maulana (bicara) 8 Desember 2014 07.04 (UTC)
Waktu penyelenggaraan lomba ini dapat dilihat di Wikipedia:Wikisprint/2014-15#Waktu Pelaksanaan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 20 Desember 2014 15.06 (UTC)

Hak pengurus[sunting | sunting sumber]

Apakah menjadi pengurus itu memiliki banyak keuntungan?? Haryo200044444 (bicara) 8 Desember 2014 06.49 (UTC)

Tidak, pengurus hanyalah pengguna biasa dengan tambahan tanggung jawab lebih banyak dalam memelihara artikel dan ketentraman komunitas. Siapapun yang jadi pengurus mau tak mau harus melayani banyak aduan dari pengguna lain. Jika Anda punya ketekunan untuk memelihara kualitas artikel, memahami peraturan dan kebijakan, serta punya kesabaran lebih melayani orang lain, bisa saja mempertimbangkan diri untuk mengikuti pemilihan pengurusan di masa yang akan datang. Hariadhi - Ngobrol 8 Desember 2014 12.19 (UTC)

Tech News: 2014-50[sunting | sunting sumber]

8 Desember 2014 17.11 (UTC)

Usia pengurus[sunting | sunting sumber]

Apakah menjadi pengurus itu batasan usia penggunanya berapa tahun?Haryo200044444 (bicara) 10 Desember 2014 10.26 (UTC)

Tidak ada batas usia, Pengurus bukanlah pengawas atau pemeriksa.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Desember 2014 10.31 (UTC)
Masalahnya kalau ikut kopi darat gimana?? Malu tuh dilihatin orang dewasa, usia saya 12 tahun. Haryo200044444 (bicara) 10 Desember 2014 11.19 (UTC)
Saya gak mengerti maksud pertanyaan Anda, Wikipedia tidak pernah memaksakan orang lain untuk pergi bertemu dengan Wikipediawan lainnya, malah bahaya terjadi Outing sengaja maupun tidak sengaja. Bila alasan bertemu untuk hal yang baik justru sangat dianjurkan, bila Anda tidak ingin bertemu tidak masalah, keinginan untuk bertemu dan tidak bertemu dan tidak diketahui orang lain itu hak privacy Anda, dan dijamin oleh Wikimedia sendiri.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Desember 2014 11.46 (UTC)
Kalau ada perasaan rendah diri hanya karena masalah umur ya ga usah jadi pengurus. Pengurus harus bisa bersikap bertanggung jawab dan percaya diri dalam mengambil keputusan, termasuk mengatur atau menegur orang yang lebih tua dan berpengalaman di bidangnya. Jadi kalau hanya karena takut ketahuan muda saja jadi minder berarti dia belum bisa mengambil tanggung jawab jadi pengurus. FYI Wikipedia Bahasa Indonesia juga mempunyai beberapa pengurus yang umurnya masih muda. Jadi pertanyaan Anda tidak relevan dan tidak ada bukti ketakutan yang Anda ajukan. Hariadhi - Ngobrol 14 Desember 2014 17.47 (UTC)

Mohon bantuan untuk memindahkan artikel[sunting | sunting sumber]

Saya belum mendapatkan status autoconfirmed, sehingga tidak bisa memindahkan artikel. Mohon pindahkan judul Chaff (peluru kendali) ke judul Sekam (militer), karena tujuannya tidak hanya untuk peluru kendali, tapi lebih luas dari itu. Dan terjemahan ke bahasa Indonesia dari Chaff adalah Sekam.

Xiao Hua Lan (bicara) 13 Desember 2014 00.19 (UTC)

sudah. Hariadhi - Ngobrol 14 Desember 2014 19.58 (UTC)

Pelindungan MediaWiki[sunting | sunting sumber]

Apakah ruang nama MediaWiki memiliki kedaluwarsa tak terbatas?? Haryo200044444 (bicara) 14 Desember 2014 08.29 (UTC)

Pelindungan[sunting | sunting sumber]

Apakah perbedaan pelindungan penuh, runtun, dan permamen MediaWiki??? Haryo200044444 (bicara) 15 Desember 2014 01.47 (UTC)

Tech News: 2014-51[sunting | sunting sumber]

15 Desember 2014 16.43 (UTC)


Artikel baru saya, Shigatsu wa Kimi no Uso[sunting | sunting sumber]

Jadi gini, saya skrg sdh tdk/jarang-jarang nulis botani, jadilah otomatis saya nulis di bidang anime, dan keIslaman. Mau nanya, knp di artikel Shigatsu wa Kimi no Uso saya, kelihatannya artikel itu tdk punya spasi, dan knp {{anime-stub}} bersatu dgn kotakinfo anime-nya? Tlg jawabkan saya. Wassalam! --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 00.25 (UTC)