Wikipedia:Evaluasi penghapusan

Halaman yang dilindungi semi
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa
Indonesia
.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.
Halaman ini BUKANLAH bak pasir.

Jika Anda ingin mencoba menyunting, gunakanlah bak pasir, yaitu halaman yang disediakan khusus untuk uji coba menulis dan menyunting di Wikipedia.

Arsip

Jika suatu artikel atau halaman pernah dihapus namun Anda merasa tidak seharusnya dihapus, Anda dapat meminta evaluasi ulang atas penghapusan tersebut. Pengurus dan pengguna Wikipedia yang lain akan berdiskusi untuk menentukan layak tidaknya penghapusan artikel/halaman tersebut. Tujuan utama evaluasi penghapusan adalah menilik ulang suatu usulan penghapusan.

Jika sebuah artikel pendek (rintisan) dihapus karena isinya yang sedikit, dan Anda ingin membuat artikel dengan judul yang sama, beranikan diri Anda untuk melakukannya. Isi yang sebelumnya tidak selalu perlu untuk dikembalikan (undelete)

Sebelum meminta evaluasi penghapusan, pastikan Anda telah membaca dan memahami Kebijakan dalam menghapus halaman dan memastikan artikel tersebut tidak menyalahi salah satu kriteria penghapusan cepat (KPC).

Proses ini tidak seharusnya digunakan karena Anda semata-mata tidak setuju dengan hasil dari usulan penghapusan, namun karena alasan-alasan berikut ini:

  • Penghapus salah mengartikan hasil dari usulan penghapusan
  • Anda memiliki sumber-sumber baru untuk menyanggah hasil usulan penghapusan yang sebelumnya tidak tersedia

Jenis evaluasi

Berikut jenis-jenis umum suatu permintaan evaluasi penghapusan:

Evaluasi sementara

Mintalah evaluasi sementara jika Anda ingin menggunakan isi yang dihapus di tempat lain. Anda merasa bahwa artikel tersebut tidak selayaknya dihapus, namun Anda tidak dapat memastikannya tanpa melihat isinya yang telah dihapus. Jelaskan apakah Anda ingin:

  1. Artikel tersebut sementara dikembalikan (undelete) untuk diperiksa bersama-sama dalam evaluasi penghapusan
  2. Artikel tersebut dipulihkan ke ruang nama pengguna Anda supaya Anda dapat mengerjakannya dan membenahi masalah-masalahnya yang menyebabkan artikel tersebut dihapus
  3. Isi artikel tersebut dikirimkan kepada Anda lewat surel

Hanya revisi yang tidak kontroversial yang dapat dipulihkan. Artikel yang ditulis kembali ke Wikipedia tanpa ada perubahan apa-apa akan segera dihapus, dan isi artikel yang ditaruh di ruang nama pengguna tanpa ada bukti nyata suatu usaha perbaikan juga dapat diusulkan untuk dihapus kembali.

Mempertanyakan usulan penghapusan

Anda dapat mempertanyakan usulan penghapusan suatu artikel yang diusulkan untuk dihapus. Artikel yang dihapus karena adanya "usulan penghapusan" dapat dikembalikan oleh seorang pengurus jika ada permintaan yang masuk akal.

Pengurus yang mengembalikan artikel yang dihapus juga perlu mengembalikan halaman pembicaraan artikel tersebut yang dihapus (jika ada)

Cara mengajukan permintaan

Semua permintaan evaluasi dilakukan di bawah (#Permintaan evaluasi penghapusan). Buatlah sub-bagian yang baru.

Sebutkan dengan jelas alasan permintaan Anda.

Semua artikel yang dihapus karena pelanggaran hak cipta, mengandung isi yang dilarang tidak akan pernah dapat dikembalikan.

Permintaan evaluasi penghapusan

Masukkan judul artikel yang Anda usulkan untuk dievaluasi penghapusannya dengan format seperti contoh berikut: "Nama artikel" (harap perhatikan kapitalisasi, judul Nama artikel, Nama Artikel dan NAMA ARTIKEL sudah dianggap berbeda, masukkan nama artikel tanpa awalan https://id.wikipedia.org/wiki/. Bantulah pengurus dengan menulis kapitalisasi secara baik dan benar). Permintaan evaluasi yang tidak valid akan langsung ditolak.

Pengurus: jika artikel yang telah didiskusikan penghapusannya di halaman pembicaraan artikel akhirnya dianggap selesai didiskusikan, sementara isi pembicaraannya relevan untuk diarsipkan, ubah status usul menjadi done atau not done lalu pindahkanlah ke halaman tersebut ke dalam arsip (/Arsip X (ganti X dengan nomor urut)) tanpa membuat pengalihan (jangan beri tanda centang pada pilihan "buat pengalihan") agar dapat dibuatkan evaluasi baru untuk halaman yang sama. Halaman arsip akan tampil pada arsip evaluasi penghapusan.

Usulan aktif

Untuk daftar usulan aktif, lihat: Kategori:Evaluasi penghapusan yang masih didiskusikan

Hapus singgahan

Usulan yang selesai didiskusikan