Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/Januari 2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Validasi artikel

Menyambung ke protes Serenity yang tidak pernah dijawab oleh Mr B: saat ini validasi artikel semakin terbukti gagal, karena tak berhasil mencegah vandal di artikel stasiun-stasiun TV Indonesia.  Mimihitam  13:58, 27 November 2010 (UTC)

Bisa lebih spesifik?
βέννγλιν 06:31, 28 November 2010 (UTC)

Sebenarnya dulu Serenity sudah banyak komentar, sebentar saya cari-cari lagi.  Mimihitam  09:52, 28 November 2010 (UTC) Berikut salah satu yang berhasil saya temukan (lainnya masih dicari):

Kelanjutan-nya ??? Salam — Tjmoel  bicara 15:58, 4 Desember 2010 (UTC)
Jika memungkinkan, saya mengusulkan untuk menambahkan satu fitur di dalam kotak peralatan untuk melihat ranking statistik kunjungan, dan validasi artikel dapat diprioritaskan mulai artikel dengan angka statistik tertinggi, hmm sesuai bidang masing-masing, dengan mengconverge semua strong ref yang tersedia. Salam. ESCa :-)/ 04:30, 6 Desember 2010 (UTC)
Tidak untuk mengomentari orang yang memberi komentar, tapi mengomentari Mimihitam:
  1. Kalau peserta kompetisi di masa depan, saya usulkan mereka diberi status editor dulu. Gampang toh?
  2. Yang masalah halaman utama sudah dibetulkan atas usulan Kenrick yang mengusulkan Portal:Peristiwa terkini dipindah ke Templat:Peristiwa terkini. Asal disunting oleh pengguna berstatus editor (dan selama ini mayoritas demikian), maka perubahan akan langsung tertampil di halaman utama tanpa perlu menunggu seorang pengurus meninjaunya. Masalah Soekarno [1], itu karena Serenity belum memiliki status editor, solusinya adalah mengajukan diri jadi editor.......................................
    βέννγλιν 10:23, 6 Desember 2010 (UTC)

Kok yang statistik Erik + argumen jangan inklusif tidak dijawab? Apalagi ini, "Ini dijamin akan membingungkan pengguna yang tidak begitu ahli (bukan soal baru/ lama) saat mungkin pengguna satu mencoba membetulkan sesuatu yang sudah dibetulkan pengguna dua, menambah klik, menambah bingung." Memangnya semua pengguna muda tahu cara jadi editor? 8)

Oh iya, tambahan dari saya, boleh dilihat artikel stasiun-stasiun TV di Indonesia. Karena terbatasnya dan tidak aktifnya editor, banyak sekali suntingan yang tertunda, sampai sepuluh lebih. Plus, vandalisme terus menyerang, dan flaggedrevs gagal menghalanginya, malah makin ruwet karena suntingan yang benar nyampur dengan vandal-vandal yang tak jelas. "Mau vandal mah vandal aja. Flaggedrevs terlalu prematur, tidak berhasil mengurangi vandal, dan inklusif, padahal kita tidak siap untuk menjadi inklusif" ~ Serenity.  Mimihitam  15:35, 6 Desember 2010 (UTC)

Saya masih bingung dengan sistem "Flag-rev". Beberapa kali saya melihat status artikel "Terperiksa" tetapi ternyata bahasa-nya masih ada yang ke-puter-puter (typo dan lain sebagai-nya). Menurut saya, kalau sudah di "flag" terperiksa ; bukannya artikel tersebut sudah "baik" ? ini belum termasuk dengan verifikasi rujukan dan/atau pranala luar loh !
Beberapa artikel baru, saya perhatikan cepat sekali di "flag" Terperiksa .. entah apakah memang demikian, atau hanya "gampang"-nya saja. Yang saya khawatirkan adalah yang terakhir ("gampang-nya" saja) .. jika demikian, berarti fungsi "Editor" yang memberikan status terperiksa sudah "salah". Oleh karena hal-hal tersebut, saya sedikit khawatir. Salam — Tjmoel  bicara 19:22, 6 Desember 2010 (UTC)

@Pak Tjmoel Sebenarnya definisi "terperiksa" itu juga apa ya? Adakah panjang khusus? Gaya bahasa tertentu? Tentu saja, semua itu tidak bisa diukur dengan cepat dan tepat oleh satu editor (nanti jadi despot dong), seharusnya melalui proses seperti artikel bagus atau artikel pilihan. Karena kalau tidak, itu namanya penilaian subjektif seseorang :)  Mimihitam  23:50, 6 Desember 2010 (UTC)

Yup, benar. Saya sendiri masih belum jelas, dan oleh karena itu saya juga tidak terlalu berani untuk meng-"klik" Terperiksa karena menurut saya disamping penulisan, referensi yang tersedia dan pranala-pranala juga harus diperiksa. Jadi, benar-benar di "verified" sampai ke titik sumber-nya dan bukan hanya penulisannya saja. Salam — Tjmoel  bicara 00:39, 7 Desember 2010 (UTC)
Sebenarnya ada pembedaan antara "terperiksa" dan "akurasi". Terperiksa cuma memastikan tidak ada vandalisme di sana. Akurasi baru memeriksa kualitas artikel. Gombang (bicara) 11:32, 12 Januari 2011 (UTC)

Mungkin ini bisa dipakai untuk membantu mengatasi vandal. Lihat pula di en: en:Special:Tags dan en:Wikipedia:Tags.
βέννγλιν 10:09, 16 Desember 2010 (UTC)

Suka ·· Kℇℵ℟ℑℭK menyukai ini.
Suka  M4srUd¡n menyukai ini. uda lama g Oleng d WBI pengguna baru uda banyak ya ?14:43, Selasa, 21 Desember 2010 (WIT)
Betul sekali. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:51, 12 Januari 2011 (UTC)

Nama-nama jepang

Saya masih bingung tentang aturan penulisan nama jepang, sering dibolak-balik,,, dan kadang gak sinkron sama aksara jepangnya, contoh pada artikel hikaru Utada:

Hikaru Utada (宇多田ヒカル Hikaru Utada, ...)

Penulisan namanya gak sinkron,,, Ada yang bisa memberi pencerahan? Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 10:06, 27 Desember 2010 (UTC)

Penjelasan ada di halaman Bantuan:Bahasa Jepang dan Wikipedia:Pedoman penamaan/Nama Jepang. -- Adiputra बिचर -- 11:47, 27 Desember 2010 (UTC)

Heuuu,,,, membingungkan kenapa mesti dibolak balik???Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 12:45, 27 Desember 2010 (UTC)

Kan sudah dijelaskan:

  • tokoh yang dilahirkan setelah zaman Meiji (1868), ketika ditulis dalam huruf Latin, selalu menggunakan urutan nama Barat: nama panggilan + nama keluarga.
  • tokoh sejarah yang dilahirkan sebelum zaman Meiji (sebelum 1868) selalu menggunakan susunan penulisan nama tradisional Jepang: nama keluarga di depan, diikuti nama panggilan.

Kalau masih belum jelas, baca lagi pedomannya. Dibolak-balik karena orang Jepang menulis nama keluarga dulu, baru nama panggilan. -- Adiputra बिचर -- 12:52, 27 Desember 2010 (UTC)

Halo, admin baru sadar saya file-file dari commons seperti Berkas:Wikipe-tan full length.svg kok tidak pernah lagi keluar tulisan dari MediaWiki:Sharedupload, masa hanya ada tulisan "Berkas ini berasal dari Wikimedia Commons dan mungkin digunakan oleh proyek-proyek lain. Deskripsi dari halaman deskripsinya ditunjukkan di bawah ini." ini doank, kan bingung juga kalo harus bolak-balik crosscheck ke commons .Athrion  15:13, 27 Desember 2010 (UTC)

Menurut saya, yang penting sudah ada pemberitahuan bahwa sudah ada di Wikimedia Commons beserta pranala menuju lokasi berkas yang dimaksud. -- Adiputra बिचर -- 03:13, 29 Desember 2010 (UTC)

GP di WP mobile

Aneh, kenapa Gambar Pilihan tidak terlihat di versi mobile WBI ya? http://id.m.wikipedia.org/
βέννγλιν 03:13, 4 Januari 2011 (UTC)

Karena belum dituliskan di Portal:Halaman Utama (seluler). Mungkin Bennylin bisa menambahkan kodenya di halaman tersebut. Salam. Albertus Aditya (bicara) 03:17, 4 Januari 2011 (UTC)
Hahaha, rupanya dimatikan Kenrick dengan alasan: "Gambar di id.m.wikipedia.org membunuh kuota Telkomsel Flash saya..." dan "Saya tidak mau kuota internet telpon seluler saya habis karena halaman ini. en.m.wiki hanya bbrp kb"
Memang, mengakses en.m.wiki jauh lebih ringan dibandingkan dengan id.m.wiki karena di en.m.wiki hanya menampilkan AP & ITN (Peristiwa Terkini). ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:08, 7 Januari 2011 (UTC)

Taxobox

Kawan2, saya mau tanya.. ada sesuatu yang salah dengan taxobox di artikel Pilobolus. saya tidak mengerti cara membetulkannya.. Siapa yang dapat membantu? terima kasih... 19Adelheid (bicara) 16:21, 6 Januari 2011 (UTC)

sudah saya beri warna, dan semua huruf depan parameter saya ganti jadi huruf kecil.-- Adiputra बिचर -- 17:00, 6 Januari 2011 (UTC)
Kesalahannya bukan pada pemberian parameter "color" tetapi masalah itu terjadi karena tidak ada parameter "name". ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:05, 7 Januari 2011 (UTC)

 Selesai

tolong aku

salam komunitas wikipedia aku baru awal2 ni masuk dalam komunitas wikipedia aku minta tolong dong gimana caranya mau masukin berita2 terkini ke wikipedia

terima kasih"" 14:44, 9 Januari 2011 (UTC)

Taruhlah berita ke halaman bulan yang bersangkutan. Contoh untuk bulan ini: Januari 2011. Artikel ini penuh berita (yang dimasukkan oleh pengguna Wikipedia bahasa Indonesia). Kalau berita itu netral, internasional, dan dapat diterima oleh komunitas, maka akan ditampilkan di Halaman Utama. Sekian dan terima kasih. Selamat datang di Wikipedia Indonseia. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:15, 9 Januari 2011 (UTC)

salam komunitas wikipedia aku masih newbie disini jadi mau mintak tolong dijelasin fitur2 yang ada di wikipedia ini & apabila saya ingin mengunggah sebuah artikel apa harus log dahulu?

terima kasih 13:09, 10 Januari 2011 (UTC)

berkas diunggah, sedangkan artikel diketik. sunting lalu simpan. Anda harus masuk log jika ingin membuat artikel. Baca: cara memulai artikel pertama Anda. -- Adiputra बिचर -- 14:40, 10 Januari 2011 (UTC)

salam komunitas wikipedia Saya mau tanya lagi, apa wikipedia ada yang bertipe mobile? terima kasih Daqurezs (bicara) 08:48, 11 Januari 2011 (UTC)

Wikipedia versi mobil bisa diakses di http://id.m.wikipedia.org/, salam wikipedia Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 08:51, 11 Januari 2011 (UTC)
Wikipedia versi mobil bisa diakses pula di http://wapedia.mobi/id/. Menurut saya wapedia ini lebih baik karena bisa menampilkan daftar kategori, kotak info, pilihan bahasa lainnya, lisensi, dan riwayat. Bahkan bisa juga menyunting melalui situs ini.

Pertabelan

Ada apa dengan tabel di WBI? Kok jadi aneh (lihat perbedaan mencoloknya di artikel INI). Dan yang jelek adalah bagian bagian ini. Tabel yang semula bergaris menjadi tak bergaris, dan yang garisnya rumit jadi jelek tampilan tabelnya seperti di bagian itu (ini). Minta tolong diperbaiki. --Ezagren 이야기 01:47, 11 Januari 2011 (UTC)

Perasaan gak ada yang aneh deh,,, atau cuma perasaanku saja... Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 02:03, 11 Januari 2011 (UTC)
Bagian ini kemarin-kemarin lurus ke kanan, sekarang ke bawah, jadi jelek. --Ezagren 이야기 02:57, 11 Januari 2011 (UTC)

Kalo dilihat pake mojila sama flok baik-baik saja tuh, mungkin karena dirimu pake opera atau yang lain memang bagitu Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 04:50, 11 Januari 2011 (UTC)

Apanya yang aneh sih? Saya pakai Mozila firefox, gak masalah kok Kia 80 08:05, 12 Januari 2011 (UTC)
Oiya, kalau pakai MF, gak masalah. --Ezagren 이야기 12:04, 12 Januari 2011 (UTC)

salam kenal, saya ingin sekali bisa berkontribusi di wikipedia tapi saya masih belum mengerti untuk menyunting atau membuat tulisan baru selalu gagal. mohon bantuan kawan-kawan semua ya...

Saya merasa ada yg salah dengan infobox tersebut. Jika infobox itu ditambahkan dalam artikel, maka sepertinya ada suatu jeda antara paragraf pertama dengan judul, meskipun tidak ada templat {{br}}. Saat saya cek di templat tersebut, saya belum menemukan kesalahannya. Kira-kira, apa penyebabnya? -- Adiputra बिचर -- 04:49, 20 Januari 2011 (UTC)

Done. <tr> dan <td>-nya diganti dengan {{!-}} dan {{!}}.
βέννγλιν 06:22, 20 Januari 2011 (UTC)
Terima kasih. Tapi garis-garis pemisahnya jadi tidak kelihatan. Saya akan coba memperbaikinya sekarang. -- Adiputra बिचर -- 09:15, 20 Januari 2011 (UTC)

Bot

Pada ke mana bot? akhir akhir ini saya lebih jarang lihat suntingan bot, atau cuma perasaanku saja? Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 11:55, 20 Januari 2011 (UTC)

Sudah 1 tahun bot saya tidak kujalankan (terakhir kujalankan tahun 2010) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 12:50, 20 Januari 2011 (UTC)

Saya ingin mengganti ini pada Templat:selamat datang ada yang bisa membatu? Atau ada yang memiliki saran lain?

Welcome! If you are not an Indonesian speaker, you may want to visit the Indonesian Wikipedia embassy or a slight info to find users speaking your language. Enjoy!

menjadi

Welcome! If you are not an Indonesian speaker, please to visit the welcome page of Wikipedia bahasa Indonesia in english or you may want to visit Indonesian Wikipedia embassy or a slight info to find users speaking your language. Enjoy!

atau dengan menambahkan "See English version of this message" seperti di samping:



Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 03:43, 24 Januari 2011 (UTC)


Setuju. Kalau bisa, templat {{nama dilarang}} juga dibuat versi bahasa Inggrisnya. Siapa tahu ada pengguna tidak bisa bahasa Indonesia yag menggunakan nama terlarang. Kalau templat {{vandal}}, saya rasa tidak perlu karena jika melihat templatnya (apalagi ada tulisan vandal), siapapun pasti bakal mengerti bahwa itu artinya pengguna bersangkutan melakukan vandalisme. -- Adiputra बिचर -- 04:37, 24 Januari 2011 (UTC)


Saya tidak memiliki hak akses untuk mnegubahnya :-( Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 05:50, 24 Januari 2011 (UTC)

Anda harus minta bantuan pengurus. -- Adiputra बिचर -- 06:36, 24 Januari 2011 (UTC)

Okidoki,,,, thanks sob. Aris Riyanto Ariyanto Kirim Pesan 07:11, 24 Januari 2011 (UTC)

Bendera bahasa Inggrisnya pakai Berkas:English_language.svg () saja, soalnya bukan hanya Britania Raya saja yang bahasa resminya bahasa Ingggris. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:43, 24 Januari 2011 (UTC)