Wikipedia:Warung Kopi (Teknis)/Arsip/Juni 2011

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tampilan Artikel WBI

Mohon pencerahan:

  • Sewaktu saya tidak masuk log (sbg anom) untuk melihat artikel di WBI terutama yg sudah saya periksa sebelumnya dalam kapasitas sbg editor, namun ternyata artikel yg saya tandai (revisi terperiksa) tersebut tidak berubah dalam tampilannya, sementara pada bagian versi terdahulu saya lihat ada sejarah perubahannya. Apakah memang seperti itu tingkatannya, di mana artikel tsb mesti ditinjau dulu atau divalidasi kembali oleh anggota yg memiliki status sbg peninjau?. Walau memang setelah saya masuk log, tampilan artikel tsb, sesuai dengan hasil versi terkininya.
  • Sebelumnya dahulu saya ada melihat templat tanda ada perubahan pada artikel tsb di samping atas kanan artikel namun sekarang saya tidak melihat lg, apakah memang seperti itu?

Terima kasih, Salam VoteITP (bicara) 10:02, 1 Juni 2011 (UTC)

Pengaktifan pengguna rollbacker

Saya ingin mengusulkan agar Wikipedia bahasa Indonesia mengaktifkan pengguna rollbacker. Pengguna dengan hak rollback akan lebih mudah memerangi vandalisme, dan akan banyak membantu pengurus. Saya agak heran juga mengapa fitur ini belum diaktifkan dari dulu.

Sebagai langkah pendahuluan saya sudah membuat halaman Wikipedia:Rollbacker. Isinya masih mengacu ke penggunaan fitur rollback oleh pengurus, namun nantinya diharapkan akan berlaku untuk semua pengguna yang memiliki akses rollback (rollbacker dan pengurus).

P.S. Usul terjemahan yang cocok untuk rollback akan diterima dengan senang hati :D Gombang (bicara) 05:23, 4 Juni 2011 (UTC)

Saya akan menjadi pengguna pertama yang menyetujui proposal ini. (untuk alasan kesingkatan, saya mengusulkan terjemahan "pengembali"). Salam.
βέννγλιν 06:56, 4 Juni 2011 (UTC)
Saya juga setuju. Hal ini bagus untuk membantu dalam melakukan patroli atas perubahan terbaru. Salam. Albertus Aditya (bicara) 10:33, 5 Juni 2011 (UTC)
Apakah pengguna non sysop dapat diberikan perkakas ini oleh pengurus? Soalnya untuk kedepannya saya akan berupaya membagi waktu saya di WBI melakukan patroli tidak hanya pada perubahan tertunda, tetapi juga perubahan lainnya terutama yang dilakukan oleh anon. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 13:24, 5 Juni 2011 (UTC)

Ini memang diberikan untuk pengguna biasa. Bisa dibandingkan dengan editor yang juga pengguna non-sysop. Sebenarnya fitur ini bisa diemulasi dengan alat seperti Twinkle, cuma kalau pakai rollback katanya lebih cepat. Saya sendiri belum pernah pakai Twinkle. Kalau ada yang mau pasang silakan coba dan laporkan hasilnya di sini. Gombang (bicara) 01:49, 6 Juni 2011 (UTC)

Wah, ini yang saya tunggu-tunggu! Ada pengurus yang minta implementasi Twinkle di WBI. Betul begitu pak Gombang ? Wah jadi ada proyek baru nih. Tapi terus terang harus butuh perombakan cukup banyak pada Srcript Twinkel-nya yang masih mengacu ke laman wiki-en. Jadi masih harus disesuaikan ke laman WBI. Baik berbagai templat yang dipakai maaupun rujukan halaman. Saya tunggu perintah dari pak Gombang. Btw di wiki-en saya udah pake Twinkle. Iwan Novirion™ Kirim Pesan   05:08, 6 Juni 2011 (UTC)
Jika diperkenankan saya menunggu pengaktifan fitur Rollbacker yang built-up saja. Kapan, ya, implementasinya di WBI? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 05:22, 6 Juni 2011 (UTC)
Kalau usul pengaktifan rollback ini disetujui bisa langsung minta diaktifkan di Bugzilla. Gombang (bicara) 07:27, 7 Juni 2011 (UTC)

Saya sempat ingin mencoba Non-admin RC Patrol JS ini (termasuk rollback di dalamnya) tapi belum kesampaian. Kalau ada yang mau mencoba, tinggal ikuti langkah-langkahnya di sana.
βέννγλιν 07:51, 6 Juni 2011 (UTC)

Menuju TKP ! - Iwan Novirion™ Kirim Pesan   09:06, 6 Juni 2011 (UTC)

Hal-hal yang berkenaan dengan perincian dan implementasi fitur ini bisa langsung dibahas di halaman pembicaraan proposalnya: Pembicaraan_Wikipedia:Rollbacker. Terima kasih. Gombang (bicara) 08:19, 7 Juni 2011 (UTC)

Sangat setuju! Karena vandalisme semakin "merajalela" dan tidak baik.  tatasport  bicara  12:08, 10 Juni 2011 (UTC)

Akun di sini tak bisa global

Saya sudah mendaftar dan bergabung di Wikipedia beberapa waktu yang lalu. Pernah saya baca, kalau mendaftar di Wikipedia bisa terdaftar otomatis di seluruh proyek bahasa di Wikipedia. Namun, ketika membuka Wikipedia Inggris, kok tidak masuk otomatis. Saat hendak masuk log di situ, malah tidak bisa. Saya pikir, akun saya hanya bisa digunakan di sini. Dimohon bantuannya untuk permasalahan saya ini. Terima kasih --Danakris (bicara) 12:03, 10 Juni 2011 (UTC)

Sudah masuk akun? Kalau sudah, coba dibuka keluar log. Masukkan nama pengguna dan kata kunci (password), terus klik "masuk secara global". Habis itu klik Masuk atau OK (apapunlah yang ada di situ), setelah itu bisa masuk global. Selesai, bukan? Saya harap ini sukses.  tatasport  bicara  12:04, 10 Juni 2011 (UTC)
Sepertinya tidak. Tetap saja akun saya tidak terlogin otomatis di Wikipedia bahasa lain. Mungkin ada "teknisi" di Wikipedia bahasa Indonesia? Danakris (bicara) 13:05, 10 Juni 2011 (UTC)
Silakan coba di sini: Istimewa:Gabungkan akun. Asep Taufiq (bicara) 13:10, 10 Juni 2011 (UTC)

Versi stabil sudah gila

Versi stabilnya wikipedia sudah gila yah yang ngoperasiin. Masak artikel ngga layak kayak Himmarcomm jadi ngga bisa dikasih tag hapus karena sudah diberi versi stabil sehingga perubahan ditunda. Jangan asal dong kasih status editor. Cabut aja deh semua. Ngaco!

Numpang lewat... Ini siapa ya...pengguna anon koq marah-marah. Login aja, tunjukin identitas & bicara baik-baik   Salam -  StefanusRA  |  ✉  19:13, 11 Juni 2011 (UTC)
Hehe jangan2 ini anon yg hobi ngasih tag hapus selama ini :)  Sanko  bicara  23:21, 11 Juni 2011 (UTC)

Baru saya lihat, tag {{hapus}} tidak muncul bukan karena fitur versi stabil, tapi karena memang dihapus. Coba lihat riwayat suntingannya. Gombang (bicara) 07:35, 17 Juni 2011 (UTC)

Yah, wajarlah, itu yang namanya "gagap wiKipedia", atau disingkat "gabloK". Bisanya teriak kalau tidak senang, tapi tidak pernah berusaha untuk bicara baik-baik, apalagi berusaha belajar. вёӣйүӀіп 10:17, 17 Juni 2011 (UTC)
Suka D'SpecialOne bicara menyukai ini.
Suka menyukai ini. Imanuel NS Uen (Pesan disini) 14:09, 27 Juni 2011 (UTC)

Artikel tugas sekolah dan universitas

Belakangan ini di WBI bermunculan artikel-artikel bertopik komunikasi yang dari gaya bahasanya menunjukan ciri-ciri karya tulis mahasiswa. Setahu saya artikel tersebut dibuat oleh mahasiswa Universitas Bina Nusantara dalam rangka memenuhi tugas kuliahnya untuk menulis di Wikipedia yang diberikan kepada 1 angkatan. Banyak diantara artikel-artikel tersebut yang sudah dihapus oleh pengurus. Sisanya meskipun belum terhapus tetapi sudah diberi tag {{hapus}} oleh pengguna/pengurus. Memang artikel-artikel tersebut belum memenuhi Kriteria kelayakan. Pertanyaannya adalah: Bagaimana mereka bisa tahu artikelnya layak atau tidak jika tidak ada yang memberitahu kriteria layak dan tidak itu seperti apa?
Hal ini terkait juga dengan yang disampaikan oleh Arianto dalam topik Penghapusan artikel. Untuk pengguna aktif di Wikipedia pemasangan tag {{hapus}} adalah suatu hal yang biasa saja, tetapi bagi pengguna baru, apalagi dalam posisi mengerjakan tugas kuliah dalam batas waktu tertentu, penghapusan artikel mereka pasti cukup membuat frustasi. Hal itu dapat memberikan pengalaman buruk kepada pengguna baru terhadap wikipedia. Terlebih jika penghapusan itu dilakukan tanpa penjelasan kepada penulis artikel yang bersangkutan. Sementara pengguna tersebut belum memahami ketentuan wikipedia dan cara berbicara antar pengguna di halaman pembicaraan juga belum tentu mereka tahu. Maka menurut saya sebaiknya pengguna yang melampirkan tag {{hapus}} juga menjelaskan alasan pemasangan tag tsb di halaman pembicaraan pengguna yang menulis artikel sehingga si pembuat artikel mengerti kesalahannya dan memperbaiki artikel tersebut.
Bukankah di WBI juga ada templat {{info tugas sekolah}}? Bukankah lebih baik memasang tag {{info tugas sekolah}} daripada {{hapus}} yang seringkali tanpa disertai alasan yang jelas? Atau jangan-jangan yang memasang tag {{hapus}} tidak tahu keberadaan tag {{info tugas sekolah}}? Jika pengguna lama saja tidak tahu, apalagi pengguna yang baru membuka akun di WBI?
Saya melihat proyek sekolah dan universitas di en dapat dilakukan dan di WBI juga sudah ada Wikipedia:Proyek sekolah dan universitas yang dirintis oleh Ivan Lanin. Bagaimana tanggapan dan antisipasi rekan-rekan pengguna aktif dan terutama para pengurus dan editor terhadap adanya artikel-artikel tugas sekolah ini? Apa yang perlu dilakukan terhadap pengguna yang mengerjakan tugas sekolah/universitas untuk membuat/menyunting artikel di WBI? Dicuekin , ditegur karena menambah sampah artikel di WBI dan merepotkan editor/pengurus , atau dituntun ke jalan yang benar dengan menunjukkan pranala acuan terkait kesalahan yang mereka lakukan (kebijakan WBI, pedoman penulisan, dll) seperti yang dilakukan oleh Adiputra di sini? Tanggapan teman-teman akan saya jadikan acuan untuk ProyekWiki Koordinasi proyek sekolah dan universitas yang sedang saya rintis dengan mengadopsi proyek yang sama di en. Salam -

 StefanusRA  |  ✉  21:06, 11 Juni 2011 (UTC)

Saya termasuk yg berusaha memberitahu Pengguna pembuat artikel jika ada kesalahan di artikelnya yang masih bisa diperbaiki. Pemberian tag {{hapus}} pun juga saya sertai alasan jika memang artikel itu layak hapus dan tak bisa dikembangkan ke arah yang sesuai menurut WBI. Sayangnya di WBI masih ada banyak pengguna (bahkan anon) yg aktif memberi tag {{hapus}} tanpa memberi alasan yang jelas atau tanpa alasan, juga tanpa upaya mengarahkan Pengguna baru ke "jalan yang benar". Sayangnya juga ada Pengurus yang sepertinya tidak peduli dan tidak bersedia membimbing Pengguna baru dengan kebiasaannya yang singkat dan dikejar target untuk login, menghapus, memblok, dan logout tanpa melihat segala kemungkinan yang bisa dikembangkan dari suatu artikel atau Pengguna yang terkena dampaknya.  Sanko  bicara  23:37, 11 Juni 2011 (UTC)

Ini sudah (sering) terjadi sebelumnya. Kalau mahasiswa yang diberi tugas mau dibimbing sih tidak masalah, tapi lebih banyak yang tidak mau berkomunikasi. Proyek tugas sekolah yang disebut di atas dibuat karena pengalaman yang sudah-sudah. Mari kita lihat apakah mahasiswa Binus yang sekarang lebih baik. Masalahnya tampaknya ada ketentuan dari dosennya bahwa tidak boleh mengedit artikel yang sudah ada, dan karena itu ada yang tidak mau artikelnya digabung. Gombang (bicara) 03:39, 18 Juni 2011 (UTC)

Mungkin perlu diteliti lebih lanjut, apakah benar mereka tidak mau berkomunikasi, atau jangan-jangan mereka ingin berkomunikasi tetapi tidak tahu caranya berkomunikasi di wikipedia (banyak yang baru pertama kali buat akun di WBI saat mendapat tugas). Saya sependapat bahwa sumber masalah terletak pada ketidaktahuan dosen/pemberi tugas mengenai kebijakan dan pedoman WBI dan mereka langsung memberi tugas kepada mahasiswa tanpa pengarahan yang cukup. Disinilah perlu peran aktif dari komunitas pengguna wikipedia untuk mengarahkan mahasiswa/dosen agar dapat mengikuti kebijakan dan pedoman WBI, mungkin bisa dilakukan dengan merekomendasikan kelas menulis yang diadakan setiap minggu kepada mereka.  StefanusRA  |  ✉  11:16, 18 Juni 2011 (UTC)
P.S. buat mas StefanusRA mungkin proyek koordinasinya bisa digabung dengan proyek tugas sekolah dulu? Toh yang ikut juga masih sedikit. Saya agak bingung kenapa harus dibikin proyek tersendiri. Gombang (bicara) 03:56, 18 Juni 2011 (UTC)

Dalam sudut pandang saya (CMIIW ): halaman Wikipedia:Proyek sekolah dan universitas yang dirintis oleh Ivan Lanin adalah wadah untuk menampung Proyek sekolah yang dilakukan di Wikipedia, sedangkan ProyekWiki Koordinasi proyek sekolah dan universitas yang sedang saya rintis dengan mengadopsi proyek yang sama di en merupakan langkah proaktif dari para pengguna aktif (dan harapan saya terutama para pengurus dan editor WBI) dalam menangani proyek tugas sekolah yang masuk WBI, misal berkomunikasi dgn pelajar & pengajar yang terlibat dalam tugas sekolah tersebut, melakukan hal-hal yang perlu dilakukan yang merupakan prosedur standar yang Anda tulis sejak tahun 2009 tetapi menurut saya belum terlaksana dengan baik, karena para pengguna / pengurus lebih suka memasang tag hapus daripada tag-tag yang Anda sampaikan dalam prosedur tersebut. Dengan adanya koordinasi antara pengurus,editor, pengguna aktif dan pelaku tugas sekolah diharapkan para pelajar/mahasiswa yang melakukan tugas sekolah di WBI mempunyai pengalaman positif terhadap wikipedia sehingga mampu terus aktif berkontribusi di WBI di luar tugas sekolahnya, dan tidak tauma karena "pembantaian massal" terhadap artikel yang mereka buat.  StefanusRA  |  ✉  11:16, 18 Juni 2011 (UTC)

Hahaha... "pembantaian massal"
Suka  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   menyukai ini.
Kalau ada yang kenal dosennya, mending dikontak segera, saya lihat di log ini sudah sangat merepotkan Pengurus dan Pengguna lain. Saya lihat ada yang jadi bibit saling revert karena Pengguna lama ada yang merapikan, lalu di"rusak" lagi oleh pembuat artikel (penerima tugas kuliah) lalu di revert oleh Pengguna lain, di"rusak" lagi. Lihat log-nya kok jadi sia-sia gitu, belum yang kena Penghapusan oleh Pengurus, pasti membuat kesal.  Sanko  bicara  17:09, 18 Juni 2011 (UTC)

Update terkini: 24 Juni 2011 merupakan batas akhir pengumpulan tugas mahasiswa binus, jadi kelihatannya malam ini akan banyak yang kejar setoran upload artikel di WBI. Saya lihat Pak Stephen sudah mulai patroli dan melakukan penghapusan artikel. Bagaimana dengan pengurus lainnya? Nampaknya akan ada pekerjaan ekstra untuk membersihkan artikel karya tulis yang dipaksakan masuk ke Wikipedia ini. Salam -  StefanusRA  |  ✉  13:02, 23 Juni 2011 (UTC)

Wah saya juga bingung ini. Kalau artikelnya berkualitas ya ... bisa-bisa saja. (asal kalau rintisan ada yang bisa mengembangkan) Tapi, ini yang buat saya bingung. Pasalnya, saya tidak pernah mengerjakan tugas sekolah di WBI (paling cuma nyari jawaban PR yang nggak ada di buku :p). Mungkin, jika yang mengerjakan tugas terus-terusan artikelnya dihapus, saya sarankan buat sendiri di blognya (kalau punya) atau dicetak melalui perangkat lunak lain (misalnya Microsoft Word). Jikalau artikelnya berkualitas, tidak salah-lah. Siapa setuju?  tatasport  bicara  13:26, 23 Juni 2011 (UTC)
Masalahnya tugas dari sang dosen adalah menulis artikel di WBI tanpa dibekali pengetahuan tentang Kebijakan dan Pedoman WBI sehingga artikelnya tidak ensiklopedis dan gaya bahasanya juga khas karya tulis (pendahuluan, latar belakang, pembahasan, dll) sehingga pasti masuk nominasi KPC. Jika tidak diantisipasi dan hal ini terjadi berulang-ulang maka akan menjadi pengalaman buruk dan traumatis dikalangan mahasiswa sehingga mereka tidak mau lagi menyunting WBI.  StefanusRA  |  ✉  13:34, 23 Juni 2011 (UTC)
benar sekali yang di katakan Bp Stefanus.Mengenai masalah ini sudah saya sampaikan kepada dosen yang memberikan tugas ini, tetapi tugas ini merupakan tugas akhir semester angkatan sekarang ini. tetapi masih ada dosen yang mengerti mengenai wikipedia dan ada yang tidak mengetahui tentang wikipedia, mereka hanya mendapatkan info tugas akhir dari ketua mata kuliah perkembangan teknologi komunikasi massa. yang saya sesalkan mengapa dosen tidak mengajarkan tentang wikipedia itu sendiri. sudah saya sampaikan pula kepada teman-teman saya mengenai wikipedia tetapi tanggapan mereka hanya untuk memenuhi tugas akhir dan mengejar nilai. oleh karena itu banyak yang memaksa masuk ke WBI untuk mendapatkan nilai. besok adalah masa pengumpulan akhir mengenai tugas tersebut dan untuk dosen mengeceknya kapan saya tidak tahu. siswa/i pun menyesali akan tugas yang diberikan ini perihal Binus mempunyai blog tersendiri mengapa tak masukan saja ke blog nya <bukan menjelekan kampus ini ya, curhatan saya dan teman-teman>. Imanuel NS Uen (Pesan disini) 13:40, 23 Juni 2011 (UTC)
Sebenarnya kalau mahasiswa-nya bisa terkoordinir dan bisa diberi pengajaran kilat, bisa tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (penghapusan massal, perang suntingan, usulan penghapusan yang bertumpuk dst). Sebaiknya, jika ada yang bisa berkomunikasi dengan dosennya, bisa disampaikan bahwa bisa saja dilakukan jalan tengah (jika memaksa masuk ke WBI) atau bisa saja (seperti yang dikatakan Mas Imanuel di atas) masuk ke blognya saja. Albertus Aditya (bicara) 14:28, 23 Juni 2011 (UTC)
SetujuSetuju Dua-tujuh!  tatasport  bicara  14:34, 23 Juni 2011 (UTC)
Hmm, mungkin ini ada hubungannya dengan komentar yang saya tulis disini. Kalau menurut saya pribadi, mungkin tulisan-tulisan mahasiswa ini dimasukkan ke wikibooks saja. Sebenarnya tulisan mereka lumayan lengkap, rapi, tapi sayangnya tidak sesuai dengan wikipedia, jadinya saya memutuskan memberikan tag {{hapus}} di artikel-artikel ini. Kalau memberikan tag, biasanya saya juga menyertakan alasan-alasan, jadi tidak asal kasih tag saja. RaymondSutanto (bicara) 14:56, 23 Juni 2011 (UTC)

Mengenai tugas ini, mahasiswa/i telah di berikan topik yang sudah di pelajari selama satu semester ini, dan berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi. dengan topik yang tidak bebas, oleh karena itu banyak terjadinya perang sunting, taq, penghapusan massal dan menyontek hasil karya orang lain. karena WBI adalah proyek bersama. oleh karena itu banyak mahasiswa/i yang memaksakan untuk masuk dan membatalkan semua suntingan orang lain maupun taq tersebut, hal ini mengakibatkan mereka terkenal "Vandal". sistematis yang mereka gunakan adalah berbentuk karya tulis karena mereka belum memahami tentang WBI. Mohon untuk pengurus memaklumi untuk mengarahkan dan membimbing pengguna baru agar tidak terjadi dilema bagi pengguna baru sendiri. Besok sudah menjadi pengumpulan tugas ini jam 13.00 Mungkin hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi pengguna lainnya dan bagi sekolah / universitas yang akan menugaskan muridnya untuk ke WBI. Imanuel NS Uen (Pesan disini) 15:11, 23 Juni 2011 (UTC)

Beberapa yang saya lihat, malah isinya sebenarnya gabungan dari Wikipedia bahasa Indonesia ditambah sedikit tambahan dari sumber lain (ada yang buku atau dari situs lain). Walau mungkin terlalu mengeneralisir, tetapi bagi saya, kualitasnya tidak terlalu bagus dan isi tulisannya tidak terlalu berpengaruh besar bagi Wikipedia. Dan, satu lagi yang saya bingung, kenapa harus ditinjau (permintaan dari para mahasiswa)? Syarat dari dosennya, ya? Tetapi, jika dosennya sebenarnya mau koordinasi dahulu, kan bisa sama-sama enak: tidak perlu terlalu jadi masalah, kan? Harapan saya semoga tidak ada kasus seperti ini lagi di masa depan, dari Binus pada khususnya dan dari universitas lain pada umumnya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 15:25, 23 Juni 2011 (UTC)

Dosennya mensyaratkan artikel yang mereka tampilkan di wikipedia harus berstatus terperiksa . Pengertian mereka editor wikipedia dan fitur versi stabil itu seperti proses editing surat kabar. Jika statusnya terperiksa dianggap lolos sensor dan sudah layak tayang di WBI , ... sayangnya mereka tidak tahu bahwa versi stabil juga masih diperdebatkan di WBI... Salam. -  StefanusRA  |  ✉  17:02, 23 Juni 2011 (UTC)

Pak Stefanus, saya jadi ingin tahu nih, dosennya itu sendiri pengguna wikipedia juga tidak sih? Atau jangan-jangan cuma asal kasih tugas saja? Apakah ia tahu peraturan-peraturan yang ada di wikipedia? Saya jadi tambah heran kalau begini. Sepertinya si dosen agak memaksakan kehendaknya (memaksakan muridnya menulis di wikipedia), ditambah lagi ia tidak memberi tahu pengetahuan dan peraturan berkontribusi di wikipedia. RaymondSutanto (bicara) 17:29, 23 Juni 2011 (UTC)
Dosennya kemungkinan bukan pengguna WBI dan tidak tahu kebijakan dan pedoman wikipedia serta tidak membekali mahasiswanya tentang wikipedia. Itu sebabnya saya lebih suka memberi tag {{info tugas sekolah}} terlebih dahulu daripada tag {{hapus}} dengan harapan mahasiswa tersebut menyampaikan kepada dosennya tentang aturan main di WBI. Saya mengangkat topik ini dengan harapan terjadi koordinasi dan sinergi yang positif terutama antara pengurus/pengguna yang berada di Jakarta dengan mahasiswa/dosen binus. Saya sendiri tinggal di Purwokerto hanya kebetulan saja mengetahui kondisi ini dan mencoba mencari tahu tanggapan teman-teman di WBI.  StefanusRA  |  ✉  17:42, 23 Juni 2011 (UTC)
Wah kalau begitu sekarang speechless deh. Oh, ya, ngomong2, terima kasih atas pemberitahuan akan adanya tag {{Info tugas sekolah}}. Mungkin sekarang saya punya pendapat baru. Artikel mereka sekarang kita pertahankan dulu. Karena, kasihan juga kalau mereka sampai terjadi seseatu dengan dosennya itu. Nah, nanti kita berkomunikasi dengan mereka, kapan artikel2 itu diperiksa. Setelah selesai diperiksa sama dosen2 itu, kita minta ijin sama pembuatnya untuk dihapus sambil membimbing mereka ulang bagaimana cara berkontribusi di wikipedia (itupun bagi mereka2 yang kembali kesini). RaymondSutanto (bicara) 17:58, 23 Juni 2011 (UTC)

Menurut saya, pemberian tag {{info tugas sekolah}} pada artikel yang dibuat oleh para mahasiswa/i merupakan pilihan yang lebih tepat jika dibandingkan dengan tag {{hapus}}. Bagi para penyumbang artikel dari sekolah harus diingatkan bahwa tag {{info tugas sekolah}} wajib diberikan pada artikel mereka. Selain itu perlu kiranya penambahan kategori otomatis Tugas sekolah (saya belum memeriksanya, mungkin saat ini sudah ada dan secara otomatis) pada saat pemberian tag tersebut sehingga artikel-artikel yang mereka buat bisa dikelompokkan dengan mudah (maksudnya pemberian tag {{info tugas sekolah}} otomatis akan memunculkan kategori Tugas sekolah pada artikel tersebut). Jika memang pada saat pemeriksaan oleh pengguna senior bahwa artikel tersebut cukup layak untuk dimuat, barulah tag tersebut dihilangkan, namun jika masih belum layak, maka tag tersebut diganti dengan {{hapus:kelayakan}}. Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 01:40, 24 Juni 2011 (UTC)

Ok juga. Tetapi, satu poin yang saya kurang setujui adalah penghapusan saat dianggap layak. Sedikit keluar dari topik, templat ini mungkin juga akan dibuat untuk kompetisi yang diselenggarakan di WBI, baik oleh WMI maupun dari pihak luar lainnya. Jadi, templat ini tetap dipertahankan, setidaknya sampai masa batas tugas akhir (untuk tugas dari dosen) atau sampai kompetisi selesai (bagi kompetisi). Setelah selesai kompetisi/penugasan, maka artikel-artikelnya akan diperlakukan seperti artikel biasa, dan mulai berlaku {{hapus}}, {{kembangkan}} dan kawan-kawannya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 01:58, 24 Juni 2011 (UTC)
Tidak setuju, Artikel-artikel yang ada di wikipedia bersifat umum, tidak spesifik atas satu komunitas/kelompok mahasiswa universitas tertentu, mentolelir atas artikel-artikel yang tidak layak dari penghapusan menurut saya tidak sejalan dengan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan WBI sebelumnya. Jika hari ini bahasiswa Binus, besok mungkin dari Atmajaya dan UI, kemudian tahun depan bisa jadi akan lebih banyak lagi universitas yang menugaskan mahasiswanya menulis di WBI tanpa panduan, dan mereka akan menuntut hal yang sama atas toleransi seperti yang diberikan pada Binus, ini bisa jadi preseden buruk. Kendati demikian, saya setuju kita perlu memberikan wadah bagi mereka, bukankah bagi WBI, artikel-artikel itu bisa menjadi bahan-bahan yang bisa digunakan untuk melengkapi, memperbaiki, serta meningkatkan kualitas atas artikel yang sudah ada. Usulan saya, penamaan portal Proyek sekolah dan universitas bisa dialihkan dan dipersingkat menjadi Wikipedia:Sekolah atau Wikipedia:Pendidikan, atau WP:TUGAS dan semua artikel riset ataupun info sekolah ataupun universitas yang tidak layak disebut sebagai artikel umum wikipedia bisa dipindahkan ke sana. Menurut saya portal tersebut adalah yang sarana paling tepat untuk mereka, dibanding menggunakan halaman-halaman umum.  J.a.i.m (bicara) 03:49, 24 Juni 2011 (UTC)
Memang tidak, tetapi ide saya itu lebih untuk menggantikan {{inuse}} yang kadang diterobos oleh para pengguna lainnya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 09:55, 24 Juni 2011 (UTC)

Terima kasih kepada pengurus dan teman-teman sekalian yang telah memberikan usulan dalam pembahasan ini. Saya hanya ingin menyampaikan, saya salah satu mahasiswa Binus yang di tugaskan oleh dosen saya. saya hanya ingin menyampaikan apa yang kami terima dari dosen dan apa yang di tugaskan. Sebelumnya saya minta maaf kepada rekan-rekan yang belakangan ini telah di pusingkan akan hal ini, begitu banyak artikel bermunculan di WBI yang dengan format karya tulis. tetapi mahasiswa tidak di bekali dengan pengetahuan WBI, ada dosen yang mengerti mengenai WBI ada dosen yang tidak mengerti sama sekali, setiap dosen berbeda-beda tetapi sepengetahuan saya tugas ini di berikan dari "ketua" dosen mata kuliah perkembangan teknologi komunikasi, oleh karena itu artikel yang di buat harus bersangkut pautan dengan Teknologi komunikasi. karena ketidak pahaman mengenai WBI maka banyak mahasiswa/i memaksa kan untuk masuk ke WBI, <kami di suruh memilih WBI atau Rumah film, mengapa mahasiswa memilih WBI walaupun kami menyadari bahwa sulit nya WBI tetapi WBI memiliki konteks yang sangat luas, sedangkan rumah film hanya yang bertopik kan film>. oleh karena itu banyak terjadinya perang sunting, taq hapus dan sebagainya yang mengakibatkan keributan dalam diri mahasiswa itu sendiri. hal ini juga menyebabkan bisa menyonteknya hasil setiap anak dan topik yang sama dan hanya berbeda judul. Hari ini 24 Juni 2011, Ujian di selenggarakan waktu 13.30 WIB, cara penilaian dosen, ada dosen yang meminta Link artikel mahasiswa tersebut, ada pula dosen yang meminta hard coppy dan di Print scrn. dan mengapa mahasiswa banyak yang memaksa untuk di periksa karena sistem penilaian dosen adalah jika sudah terperiksa akan mendapatkan nilai "A". saya juga menyesalkan akan tugas yang di berikan dosen tanpa pembekalan mengenai WBI ini, dan terjadinnya artikel masuk secara berantakan seakan "tanpa permisi langsung masuk ke rumah orang" hehehe.... saya tidak tahu apakah dosen menilainya hari ini juga atau besok-besok tetapi saya yakin banyak dosen yang malas dan memeriksa nya mengulur waktu, jadi banyak mahasiswa/i takut artikelnya di hapus dalam jangka waktu dekat ini. saya sudah mencoba membawa persoalan ini ke teman-teman saya, tetapi banyak tanggapan mereka hanya untuk mencari nilai, sempat saya membahasnya kepada dosen, dan saya tidak tahu apakah dosen tersebut mengangkat hal ini kedalam dosen-dosen binus atau tidak, saya tidak mendapatkan kepastian itu sendiri. saran saya mengenai tugas sekolah untuk kedepannya, karena WBI sangat terbuka bagi sekolah dan universitas untuk memasukan tugas ke WBI, mohon untuk WBI memberikan ruang khusus bagi artikel tugas sekolah sehingga tidak terjadinya tag hapus. thanks Imanuel NS Uen (Pesan disini) 03:31, 24 Juni 2011 (UTC)

Saya memetik 3 hal yang dikatakan Bung Imanuel NS Uen, yaitu:
  • Pertama, kalau dosennya sendiri tidak tahu apa itu WBI dan bagaimana peraturan WBI, kok bisa-bisanya ia menugaskan mahasiswanya ke WBI? Apakah tidak cukup, misalnya dengan meminta soft copy dan dikumpulkan di kertas?
  • Kedua, mengenai mahasiswanya. Kalau mahasiswanya sendiri tidak mau tahu dan tidak peduli, bagaimana tulisan-tulisan mereka bisa diterima? Yah, saya mengerti juga sih, mereka mendapatkan tugas ini juga seperti "dipaksa", bukan? Tapi setidaknya, kalau mereka mau sedikiiit saja memahami peraturan di WBI (misalnya adalah dengan melihat-lihat artikel lain yang sudah baik dan sudah jadi, lalu dilihat bagaimana penulisannya,dsb), mungkin mereka menjadi lebih mengerti, sehingga kalau mereka menulis, tulisan mereka pun bisa diterima disini.
  • Ketiga, saya tidak setuju dengan pendapat anda kalau WBI memberikan ruang khusus bagi artikel tugas sekolah. WBI ini kan ensiklopedia umum yang menjadi sumber pengetahuan bagi semua orang, bukan tempat untuk kumpulan tugas mahasiswa.

Salam. RaymondSutanto (bicara) 04:08, 24 Juni 2011 (UTC)

Saya sangat setuju dengan pengguna Raymond Sutanto karena Wikipedia merupakan ensiklopedia umum dan bukan tempatnya untuk Kumpulan tugas mahasiswa. Aldo samulo (bicara) 04:35, 24 Juni 2011 (UTC)

Ibaratnya masuk rumah orang lain harusnya diperkenalkan pintu masuknya, tapi karena pintu masuknya tersembunyi, terkadang orang langsung saja masuk lewat jendela atau lompat tembok. Bagaimana jika di Halaman Utama pintu masuknya diperjelas (pranala "Memulai" di bawah kotak pencarian)? (dicetak tebal, diperbesar, digaris bawah, diberi {{smallcaps}}, seperti ini:

Saat ini ada 691.030 artikel dengan 1.474.047 pengguna terdaftar

вёӣйүӀіп 06:50, 24 Juni 2011 (UTC)

Hahaha ... ada-ada saja. Diberi banyak huruf besar ya? Setuju! Jadi, para pengguna baru bisa terpandu untuk menulis artikel baru.  tatasport  bicara  07:08, 24 Juni 2011 (UTC)
Saya rasa nggak perlu lah sampai digituin, mungkin advice secara umum kepada para mahasiswa cukup dan lebih mengena, daripada jika diberi "bumbu" seperti itu. Albertus Aditya (bicara) 09:55, 24 Juni 2011 (UTC)
Setuju Setuju dengan usulan pak Benny! Namun apakah tidak lebih baik pranala untuk Memulai itu diganti dengan WP:Tutorial bukannya WP:Pengantar? Alasannya karena pada WP:Pengantar pengguna baru diarahkan untuk langsung menyunting halaman Pengantar tersebut, yang mengakibatkan harus selalu di revert. Sedangkan pada WP:Tutorial pegguna baru diarahkan untuk menyunting di Bak Pasir. Salam  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   10:06, 24 Juni 2011 (UTC)

Untuk dosen saya mengatakan bahwa ada yang mengerti ada yang tak mengerti mengenai WBI, jadi tergantung dari dosen masing-masing. Saya mengerti bahwa WBI bukanlah "kumpulan tugas mahasiswa" tetapi WBI adalah ensiklopedia bebas. tetapi saya melihat adanya Wikipedia:Proyek sekolah dan universitas dimana WBI menerima kegiatan proyek tugas sekolah dan universitas. dan menambahakan taq

sehingga para pengguna lain bisa lebih calm dalam mengatasi artikel-artikel tersebut. Maaf bila ada salah kata. saya hanya sekedar share saja di sini. thx Imanuel NS Uen (Pesan disini) 10:14, 24 Juni 2011 (UTC)

Untuk penambahan tag tesebut, saya setuju.  tatasport  bicara  10:42, 24 Juni 2011 (UTC)
mengenai WBI sebagai "kumpulan tugas sekolah" yang di sampaikan Bung RaymondSutanto bagaimana dengan WBI menerima kegiatan proyek tugas sekolah dan universitas Wikipedia:proyek sekolah dan universitas Imanuel NS Uen (Pesan disini) 11:01, 24 Juni 2011 (UTC)
Bung Imanuel, untuk proyek sekolah dan universitas, saya sudah melihat beberapa artikel dulu-dulu yang sudah dibuat. Dari situ, saya memperhatikan kalau artikel-artikel yang dibuat memang belum ada di wikipedia, tulisannya memang sudah tertata, dan formatnya format wikipedia (bukan format karya tulis). Selain itu, yang bisa saya tangkap selama saya berkontribusi di wikipedia adalah tulisan-tulisan di wikipedia umumnya sifatnya deskriptif (memberikan informasi mengenai seseatu hal) dan bukan bersifat komparatif/membandingkan dan bersifat membujuk (saya lupa namanya, sugestif mungkin) , ditandai dengan kata-kata Manfaat... untuk/terhadap ..., Efek dari...). Demikian penjelasan saya, Mas Imanuel. Salam. RaymondSutanto (bicara) 10:45, 25 Juni 2011 (UTC)
Ini menjadi tugas Pengurus/Birokrat di Jakarta terutama yang senior, bila perlu dibawa ke Wikimedia. Memang akan jadi preseden tidak baik jika ini berulang. Dari cerita Imanuel NS Uen di atas jelas dosennya yang ngawur, dan bisa terulang lagi untuk tahun depan di mata kuliah yang sama. Ini juga bisa jadi iklan buruk terhadap kualitas (dosen) Binus. Mungkin perlu dikontak awal secara resmi melalui surel.  Sanko  bicara  15:59, 24 Juni 2011 (UTC)
Iya juga ya. Bagaimana kalau kita kumpulkan dulu surelnya? (jadi kalau misalnya akan ada pemberian tugas di sini, dosennya kita kontak)  tatasport  bicara  09:04, 25 Juni 2011 (UTC)

Saya merespon bung RaymondSutanto, saya mengerti bahwa wikipedia menggunakan bahasa yang ensiklopedis. tetapi yang saya pertanyakan adalah, anda mengatakan bahwa "WBI ini kan ensiklopedia umum yang menjadi sumber pengetahuan bagi semua orang, bukan tempat untuk kumpulan tugas mahasiswa." jika anda mengatakan bukan tempat "kumpulan tugas mahasiswa", bagaimana menurut anda dengan Wikipedia:proyek sekolah dan universitas?? Saya menyadari bahwa banyak mahasiswa/i yang masuk dan menaruh tugasnya di wikipedia dengan gaya bahasa yang naratif dan format seperti karya tulis. jujur sebenarnya saya sama sekali tidak memiliki dasar-dasar mengenai WBI ini. tetapi atas bantuan dan bimbingan Bp StefanusRA saya mengerti dan memahami tentang WBI ini. awalnya gaya bahasa saya juga naratif tetapi beliau yang membimbing saya dasar-dasar WBI dan bagaimana cara berkontribusi di WBI. saya yakin anda salah satu senior di WBI ini, saya hanya meminta dengan adanya Wikipedia:proyek sekolah dan universitas wikipedia bukan berarti "kumpulan tugas sekolah" tetapi WBI memberi peluang bagi sekolah dan univ untuk mengembangkan WBI. dan bagi pengguna senior lainnya baik adanya membimbing pengguna baru untuk berkontribusi di WBI. thx Imanuel NS Uen (Pesan disini) 13:18, 27 Juni 2011 (UTC)

Begini Bung Imanuel.
  • Pertama, tanggapan saya terhadap adanya Wikipedia:proyek sekolah dan universitas: Ya, wikipedia memang menyediakan tempat bagi para mahasiswa untuk memasukkan tugas-tugas mereka. Artikel-artikel yang ada dalam kelompok proyek itu (pandangan saya) tadinya belum ada. Nah, kebetulan ada sekolah/universitas nih yang mau menggarap seseatu yang belum ada di wikipedia tadi. Ya, tentu wikipedia memberikan tempat untuk itu dong.. (masak ditolak, ini kan suatu kesempatan juga..) Seperti pendapat anda, wikipedia memang bukan kumpulan-kumpulan tugas sekolah, tapi wikipedia juga mau menerima sekolah dan universitas yang memang mau mengembangkan ensiklopedia bebas ini.
  • Kedua, pengguna senior lainnya saya lihat mereka dengan senang hati akan membantu pengguna-pengguna baru. Biasanya malah pengguna-pengguna lama ini yang duluan menyapa, memberi tahu, memperingatkan pengguna baru ini dengan menuliskannya di halaman pembicaraan mereka. Pengguna-pengguna barunya juga dimohon ikut aktif juga, jadi kalau tidak mengerti seseatu hal silahkan tanya saja. Kalau tidak terima dengan tag-tag yang diberikan pengguna lama, silahkan tanya, pasti akan dijawab. Saya pribadi belum terlalu lama di sini, baru betul-betul aktif 7 bulan lalu setelah sebelumnya 6 bulan tidak aktif. Jadi sampai sekarang pun saya masih suka tanya-tanya sama pengguna yang lebih lama: cara memperbaiki templat, cara memperbaiki yang tidak rapi, dsb.
  • Ketiga, saya berterima kasih pada anda sebagai pengguna baru yang mau berperan aktif disini. Memang proyek sekolah kadang bikin masalah (seperti masalah ini) tapi keuntungan lainnya kita bisa mendapatkan pengguna baru yang minatnya luar biasa seperti anda. Semoga anda mau terus semangat berkontribusi disini ya, tanpa embel-embel tugas sekolah, hehehe..

Salam, RaymondSutanto (bicara) 15:32, 27 Juni 2011 (UTC)

Thanks untuk respon nya bung RaymondSutanto jujur saja saya tadinya tersinggung dengan perkataan anda yang mengatakan, bahwa wikipedia bukan kumpulan tugas sekolah. tetapi dengan Wikipedia:proyek sekolah dan universitas sudah jelas seperti yang anda katakan sendiri "wikipedia memang menyediakan tempat bagi para mahasiswa untuk memasukkan tugas-tugas mereka" ( oleh karena itu anda mengakui bahwa wikipedia menerima proyek tugas sekolah dan kumpulkan tugas mahasiswa yang di tugaskan oleh dosen atau gurunya) sebetulnya tugas binus sudah berlalu tetapi mengapa saya masih mengangkat topik ini, karena saya berharap agar kemudian hari tidak terjadi hal yang sama seperti ini. oleh karena itu dengan ada taq {tugas sekolah}, {pengguna sekolah} agar lebih di tangani dengan calm :) salam sejahtera Imanuel NS Uen (Pesan disini) 03:12, 28 Juni 2011 (UTC)

Saya coba cari tahu siapa dosennya. Mikhailov Kusserow (bicara) 08:59, 28 Juni 2011 (UTC)

kalau mau tau dosennya add ym saya saja tak enak d sini hehehehe Suka Imanuel NS Uen (Pesan disini) menyukai ini Imanuel NS Uen (Pesan disini) 12:42, 28 Juni 2011 (UTC)

Pemeliharaan berkas

Adakah pengurus yang sudah mengunjungi halaman-halaman berikut?

Terima kasih.  ArdWar (BKL) 02:18, 13 Juni 2011 (UTC)

Att. pengurus baru, tugas sudah menanti Anda :) Berkas yang tidak jelas lisensi maupun sumbernya disikat saja. Jangan lupa melihat pranala baliknya dan bersihkan juga artikel yang menggunakan berkas tersebut. вёӣйүӀіп 05:03, 13 Juni 2011 (UTC)

Penggunaan FlaggedRevs

Mengingat banyaknya artikel yang subjek maupun isinya tidak memenuhi kriteria kelayakan umum. Serta penulisnya yang terlalu protektif terhadap artikel buatannya, sehingga banyak yang menghapus dan mengubah templat pemeliharaan yang diberikan. Apakah diperbolehkan untuk menggunakan fasilitas FlaggedRevs untuk menandai revisi suatu halaman? Sehingga templat-templat pemeliharaan yang telah diberikan tidak dibuang oleh si pemilik artikel. Tetapi kemungkinan buruknya, penulis jadi tidak dapat menyunting artikel tsb. secara langsung.    ArdWar (BKL) 03:22, 17 Juni 2011 (UTC)

Mungkin juga ya. Saya setuju.  tatasport  bicara  13:18, 23 Juni 2011 (UTC)

Bot selamat datang?

Halo, para wikipediawan. Saya disini hanya mau tanya, siapa saja ya pengguna yang mempunyai bot yang tugasnya untuk memberikan ucapan selamat datang? Ada sedikit masalah dengan bot ini, yaitu mereka tidak mengetahui nama-nama yang tidak diperbolehkan di wikipedia. Saya sudah beberapa kali terpaksa menghapus ucapan selamat datang kepada pengguna yang menggunakan nama dilarang (karena ucapannya diberikan oleh bot) dan mengganti ucapan itu dengan tag: {{nama dilarang}} . Kalau sampai ada masalah seperti ini: ada pengguna memakai nama dilarang, dan halaman pembicaraannya sudah diberi ucapan selamat datang oleh bot, tapi pengguna lain tidak sadar kalau nama itu tidak boleh dipakai. Kalau sampai di kemudian hari akunnya diketahui oleh pengguna lain, dan ia disuruh untuk mengganti nama akunnya ia tidak mau dengan alasan selama ini baik-baik saja, maka hal itu akan menjadi masalah. Bagaimana ini ya? Apakah bisa para pemakai bot ini memprogram botnya kembali? Salam. RaymondSutanto (bicara) 16:42, 18 Juni 2011 (UTC)

Sepertinya bukat bot, karena banyak pendaftar baru yang tidak dapat ucapan selamat datang. Kalau bot pasti sudah terima semua.  Sanko  bicara  17:14, 18 Juni 2011 (UTC)
Namanya juga bot (mesin) bekerja sesuai yang diprogramkan. Tinggal kita saja yang menambahkan tag {{nama terlarang}} kalau memang ada yang tidak sesuai ketentuan resmi, koq susah? Lagian seingat saya pemberian tag tersebut di halaman Pengguna, bukan halaman Pembicaraannya. Btw kalo ga salah yang punya bot selamat datang ada 2 (dua) orang di WBI, yaitu Albertus Aditya dan Tjmoel (CMIIW).  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   17:42, 18 Juni 2011 (UTC)

Ya, saya menjalankan bot untuk pemberian ucapan selamat datang. Jadi, kerja bot itu kan hanya memberi selamat datang bagi yang belum dapat, tapi tidak bisa tahu apakah itu terlarang atau tidak. Sama seperti robot, kalau disuruh jalan, walaupun ke laut, ya tetap jalan, kan? Sama seperti bot, ya semuanya main dibabat aja. Memang seharusnya seperti itu, di mana jika bot duluan memberi ucapan selamat datang, diganti saja dengan {{nama terlarang}}. Kalau belum, bisa diberi duluan jadi bot akan melewatinya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 01:37, 19 Juni 2011 (UTC)

Masalahnya, kalau sampai terjadi masalah seperti yang saya sebutkan di atas (memakai nama dilarang tapi tidak ketahuan dalam jangka waktu lama), apakah kita nanti perlu memaksanya mengganti namanya? RaymondSutanto (bicara) 04:04, 19 Juni 2011 (UTC)
Kalau dalam waktu lama belum ketahuan... pada saat ketahuan oleh anda (atau pengguna lain) SEGERA beri tag {{nama dilarang}}. Dengan adanya tag tersebut, pengguna tersebut akan terkumpul dalam Kategori tersendiri di sini. Tinggal kebijaksanaan dari pengurus/sysop saja untuk menindak lanjutinya (apakah di blok/lainnya). Salam  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   12:29, 19 Juni 2011 (UTC)
Catatan Catatan: Anda pun bisa mngajukan usul perubahan nama bagi nama pengguna lain yang terang-terang dilarang melalui halaman >>> disini. Salam  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   12:41, 19 Juni 2011 (UTC)

Botnya mandek lagi tuh, yg punya Bot jalanin dong, agar gak ada lagi org yg ngasih ucapan selamat datang secara manual (kyk sy). F1fans | Alonsista 17:43, 1 Juli 2011 (UTC)

Masalahnya, saat bot akan saya jalankan, terlihat kalau sudah ada yang banyak memberi ucapan selamat datang. Jadi, buat apa saya jalankan lagi kalau sudah pada diberi? Albertus Aditya (bicara) 02:37, 2 Juli 2011 (UTC)

Ngomong-ngomong tentang bot, saya pengen tau, ada gak sih bot yang bisa digunakan untuk menambahkan templat. Misalnya templat {{Negara bagian California}}, secara otomatis, di tiap judul artikel yang terdaftar di templat itu, ditambahkan otomatis? Saya capek kalo harus menambahkan templat itu masing-masing di artikelnya, soalnya buanyak banget. RaymondSutanto (bicara) 14:10, 4 Juli 2011 (UTC)

Ada...! Nama bot-nya "Para penyunting artikel kelurahan dan desa" Silahkan berkolaborasi dengan mereka, karena kalau cuma sekedar daftar yang ada di Templat tersebut..., bukan apa-apa buat mereka yang telah menghasilkan ribuan artikel kelurahan/desa  . Contohnya Ezagren atau Wagino 20100516 hehehe....  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   18:04, 5 Juli 2011 (UTC)

Pertanyaan pemblokiran

pagi, saya adalah user dengan username "memeriksa" (diblokir) dan "Robert Goh" (lupa password).... saya diblokir karena tidak merubah nama, namun sekarang saya sudah merubahnya.

saya ingin bercakap dengan Albertus Aditya, tapi tidak tahu caranya bercakap di wikipedia indo ini.

Goh Robert (bicara) 23:07, 18 Juni 2011 (UTC)

Saya sudah coba beri penjelasan mengenai akun Memeriksa pada halaman pembicaraan pengguna Goh Robert. Salam. Albertus Aditya (bicara) 01:34, 19 Juni 2011 (UTC)

Statistik

Beberapa statistik yang mungkin tidak Anda ketahui:

  • perbandingan Wikipediawan pria v. wanita
  • jumlah penyunting per bahasa (id = 4103)
  • skin/kulit yang digunakan
  • gadget/perkakas yang digunakan

👍Suka вёӣйүӀіп 13:02, 24 Juni 2011 (UTC)

Suka  StefanusRA  |  ✉  menyukai ini.
Suka  Iwan Novirion menyukai ini.
Pak Benny masih punya akses menambah Gadget di Mediawiki? Tambahin refToolbar donk ke perkakas WBI.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   13:20, 24 Juni 2011 (UTC)
Tidak punya. Minta di Wikipedia:Permintaan perhatian pengurus saja. вёӣйүӀіп 17:45, 25 Juni 2011 (UTC)
Maaf nih Pak Benny, saya kok nggak ngerti ya dengan angka 4103 itu? Maksudnya apa? RaymondSutanto (bicara) 10:57, 27 Juni 2011 (UTC)
Iya, kurang jelas ya, hehehe... itu statistik di en.wiki, dan tidak ada dokumentasinya. Kalau saya tebak dari kodenya, itu adalah jumlah penyunting en.wiki yang berbahasa Indonesia. Lebih banyak dari penyunting aktif WBI. вёӣйүӀіп 13:48, 27 Juni 2011 (UTC)

Perlindungan Templat

Mohon bantuan perlindungan Templat:Image class karena baru saja dirubah oleh Pengguna yang baru mendaftar Ifan septian sehingga berakibat semua artikel pengguna templat terkait jadi rusak.  Sanko  bicara  10:24, 3 Mei 2011 (UTC)  Selesai Albertus Aditya (bicara) 10:35, 24 Juni 2011 (UTC)

Versi stabil sudah dicopot di Wikipedia bahasa Inggris per November 2010

Halo,

Saya mendengar dari wikipediawan australia bahwa komunitasnya memutuskan bahwa versi stabil di wikipedia bahasa inggris tidak efektif dan dicabut per November 2010. Kita sendiri pada saat pemilihan versi stabil pemungutan suaranya landslide ingin dicopot, tetapi terhalang kebijakan bahwa pengurus harus ikutan ambil suara dan pengurus banyak (sekali) yang tidak aktif dengan berbagai alasan. Bingung nih jadinya kalau ada hal penting begini terganjal, ini pengurusnya musti dipecat atau kebijakan bahwa pengurus harus ikutan memberi suara yang harus dirubah. Ataukah ada baiknya bahwa pengurus tidak aktif tidak dihitung sebagai pengurus yang harus memberikan suara? (Jadi untuk apa punya jabatan pengurus?) Serenity (bicara) 03:49, 2 Juni 2011 (UTC)

Sabar... dalam waktu dekat kita akan memiliki lagi beberapa Pengurus baru yang masih segar dan masih aktif semua saat ini.  Sanko  bicara  07:22, 2 Juni 2011 (UTC)
Sanko, maksud lo deretan pengurus baru yang tidak memiliki kemampuan dan pengertian cukup tentang wikipedia? Thanks but no thanks. Untuk gue pengurus mending cuman dua orang tapi aktif, dari pada 10 tapi satu sama lain bentrok. Berdasarkan pengalaman, satu aja yang ngga cukup ngerti ruginya udah sewikipedia di kunci sama flagrev semua. Membuat bingung pengguna baru Serenity (bicara) 05:07, 5 Juni 2011 (UTC)
Bukan gitu maksudnya, sekarang ini Pengurus yang aktif berkomunikasi kan kelihatannya sedikit (kasihan yang sudah sedikit yang aktif itu mengurusi segitu banyaknya kerjaan). Pengurus yang lain kan baru bermunculan ketika mulai rame-rame ada pencalonan Pengurus baru dan rencana pencabutan Pengurus. Setidaknya sampai saat ini juga paling ketambahan 2 (atau 3 paling banyak) Pengurus baru (melihat perkembangan pemungutan suara). Kita di WBI ini gak ada apa-apanya dan kebanjiran kerjaan (1 Pengurus untuk 11.000 artikel) dibanding di Wikipedia Bahasa Inggris (1 Pengurus untuk 2.000 artikel) atau Wikipedia Basa Banjar (1 Pengurus untuk 1.150 artikel) atau Wikipedia Basa Banyumasan (1 Pengurus untuk 1.200 artikel). Makin banyak yang membantu memikirkan kan lebih baik daripada seperti saat ini yang aktif kewalahan, sementara yang tidak aktif ya tidak aktif dan mungkin tidak tahu.  Sanko  bicara  06:02, 5 Juni 2011 (UTC)

Saya tahu persis maksud kamu, dan itu klasik - yang selalu ditanyakan berulang kali oleh pengguna baru, sudah dibicarakan berkali-kali dari dulu dan sudah jadi perdebatan lama yang tidak ada habisnya tiap ada pengguna baru datang. Tidak ada istilah "kebanjiran kerjaan" untuk pengurus, wikipedia ini self govern (ngurus dewek) orang-orang ngurusin sendiri, jadi pengurus itu tok tugasnya cuman beda "hapus" sama "nggembok" sisanya ngga aneh-aneh. Masalah kemudian pemungutan suara udah landslide harus ada pengurusnya yang ikutan voting atau pengurus pendapatnya pengen dihitung tiga orang, itu murni politik dan peraturan rekayasa dari komunitasnya sendiri. Dari sisi teknis mah ngga masalah, sesama pengguna bisa saling menjaga dan mengamati. Ngga ada tuh 1 pengurus ngawasin berapa juta artikel, wong 1 pengguna ngawasin artikel lain kok, emang diwikipedia bahasa Inggris pengurusnya otomatis aktif semua? NGGA BUTUH PENGURUS karena topik ini adalah topik tentang flagrev. Serenity (bicara) 11:06, 5 Juni 2011 (UTC)

Sebenarnya dari pendapat saya FlaggedRevs adalah suatu fitur yang berguna, namun untuk eksekusinya perlu suatu persiapan yang matang serta sosialisasi intensif agar tidak terjadi kebingungan, terutama bagi para pendatang baru. Saya rasa perlu kita buka diskusi lagi, untuk menentukan: (1) Apakah FlaggedRevs masih diperlukan dan (2) Apakah FlaggedRevs harus mengalami perubahan konfigurasi pada beberapa hal.
Saya berpikir sebenarnya kita melanjutkan saja yang ada, namun harus ada beberapa hal, di antaranya (mungkin belum semua, lagi dipikir cuman belom beres): (1) Penambahan editor, (2) Perubahan definisi peninjau, (3) Pemberian status terperiksa pada semua artikel yang sudah ada. Saya rasa itu 3 hal yang pokok, namun saya yakini masih ada yang kurang jika FlaggedRevs mengalami perubahan konfigurasi. Salam. Albertus Aditya (bicara) 09:28, 2 Juni 2011 (UTC)
Lebih baik FlaggedRevs dipertahankan atau diperbaiki/ditambahkan fitur2nya, supaya mirip dengan yang kita inginkan. F1Fans | Alonsista(kirim pesan) 10:43, 2 Juni 2011 (UTC)
Selain Wikipedia Bahasa Inggris, apakah diantara 9 Wikipedia terbesar lainnya dalam ruang lingkup Wikimedia Foundation ada yang masih menggunakan fitur ini? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 09:54, 2 Juni 2011 (UTC)

Setahu saya di en.wp yang dilakukan adalah ujicoba yang berlangsung terlalu lama dari seharusnya. Bukan pemberlakuan fitur Flagged Revs yang permanen. Gombang (bicara) 02:35, 3 Juni 2011 (UTC)

Ya, intinya dicabut-cabut juga kan? Yang sekarang gue lihat editor itu adalah kontributor, bukan penulis, alih-alih mereka memperbaiki malah bisanya komentar, ngasih tag, sama ngunci artikel dengan flagrev. Fiturnya otomatis merepotkan, jadi menurut hemat saya yang paling bagus dilakukan adalah menurunkan semua derajat editor menjadi pengguna dan menaikkan semua derajat pengguna menjadi editor. Gampang toh? Alias tuh flagrev mustinya dicabut karena pengguna nya belum siap Serenity (bicara) 05:03, 5 Juni 2011 (UTC)
en:Wikipedia:Pending changes. komentar penutup A straw poll at the end of the trial, which closed on September 4, 2010, showed 407 in favor of implementation in some measure and 217 opposed, with 44 other responses. Among those in favor, there was no clear consensus as to what form the implementation should take. PC remains active on some pages, but it is being removed from those pages as a result of an RfC that closed in May 2011. During this RfC, 127 supported its removal, and 65 opposed. The removal of pending changes does not prejudice reinstating it in the future, in some form, based upon consensus and discussion.
βέννγλιν 07:43, 4 Juni 2011 (UTC)

________________________________________________ Ehm..., dari pada panik karena ada yang bilang :

bla...bla...bla...deretan pengurus baru yang tidak memiliki kemampuan dan
pengertian cukup tentang wikipedia?

Gimana buat pengurus/sysop di bikin suatu Penataran atawa Diklat githu dari Wikimedia Foundation Indonesia ?
Toh dana pengadaan Diklatnya bisa di cari dari Donatur, isn't it?
mBok ya pengurus/sysop di perhatikan juga eksistensinya sama Wikimedia (bukan Wikipedia loh) Foundation.
Komentar dengan tanda tangan ini dibuat dan dibikin oleh : Iwan Novirion™ Kirim Pesan  

Lama-lama kalau diperhatikan sepertinya (sebagian) Pengurus lama dan kawan2nya pada "kebakaran jenggot" (padahal ya mungkin banyakan gak punya jenggot ) gara-gara model pengajuan Pengurus rame2 dan ada Pengusulan pencabutan rombongan saat ini. Sudah pada patroli? Sudah ngurusi Artikel semua? Salut buat yg sudah nulis dengan "dingin" baik Pengurus, bekas Pengurus dan Pengguna yg masih sibuk menjaga artikel. Salut buat yg mau bikin pelatihan diluar Jakarta.  Sanko  bicara  12:39, 5 Juni 2011 (UTC)
Wah! Usulan penataran (diklat) cukup bagus, namun buat orang yang makan gaji seperti saya rasanya cukup sulit untuk menghadirinya karena (tentunya) keterbatasan waktu dan juga dana (pribadi) untuk berangkat ke Jakarta. Atau mungkin ada ide teknis lainnya? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 13:31, 5 Juni 2011 (UTC)
Lhooo...??? WikiMEDIA (bukan WikiPEDIA) Foundation Indonesia pinter nyari dana dari donatur buat menghadiri EXPO di lain BENUA koq. Jadi kalo cuma sebatas membiayai diklat ke Jakarta (bukan LAIN BENUA), rasanya masalah sepele bagi Wikimedia Foundation Indonesia. Apalagi mengingat demi perkembangan yang lebih baik lagi kedepannya bagi Wikipedia Bahasa Indonesia.
Tolong dibedakan antara :
Wikipedia Bahasa Indonesia
dengan
Wikimedia Foundation Indonesia.
Wassalam,
Iwan Novirion™ Kirim Pesan   16:04, 5 Juni 2011 (UTC)
Too good to be true? Yang kemarin vote buat biayain Pengurus Wiki Banjar ke Jakarta itu aja dulu di propose ulang.  Sanko  bicara  16:20, 5 Juni 2011 (UTC)

Wiki Banjar...? Lha ini khan scoupe-nya Nasional.... WBI mas... WBI !
Inikan masalah kredibilitas para sysop WBI yang dipertanyakan. Masak ada "Kelas Menulis Wikipedia" yang notabene bagi orang diluar WBI, sementara orang di dalam WBI (sysop tentunya) yang butuh PENYEGARAN malah kurang diperhatikan. Kembali ke pokok permasalahan mengenai versi stabil wikipedia, toh masalah FlaggedRevs ini tetap bermuara ke eksistensi pengurus khan? Jadi gak ada salahnyakan kalo saya usulkan ada dibikin "Kawah Candradimuka" untuk penggemblengan para pengurus biar bisa lebih eksis dan loyal pada WBI. Cuma itu koq. Iwan Novirion™ Kirim Pesan   16:42, 5 Juni 2011 (UTC)

Iya saya tahu ini WBI, orangnya juga bentar lagi jadi Pengurus WBI kok (yakin bener, kecuali ada tragedi), gak enak nyebutnya sbg Pengurus WBI krn belum waktunya, ntar diomelin lagi dah. Mengenai topik awal juga sabar aja spt saya tulis di atas, tinggal 40 harian lagi juga sdh boleh diajukan lagi (vote lagi setelah 6 bulan?) mau dicabut apa dipertahankan atau dimodifikasi terserah nantilah. Setidaknya Pengurus yg sebelumnya tidak saya tahu sdh bermunculan sekarang, tinggal tetap aktif sampai nanti.  Sanko  bicara  17:01, 5 Juni 2011 (UTC)

Ahem. Soal pelatihan buat opsis (pengurus) saya pernah bikin Wikipedia:Pelatihan opsis. Tapi sayangnya tidak (kurang?) ada minat. Saat ini yang menawarkan diri jadi pelatih baru Bennylin, dan tidak ada yang minta bimbingan. Sebelumnya Jagawana juga pernah jadi pelatih, membimbing Erik Evrest. Sayangnya yang dibimbing tidak lulus :)). Gombang (bicara) 08:37, 7 Juni 2011 (UTC)

Ehm juga, merujuk pada keterangan pak Gombang diatas, sepertinya yang dimaksud beliau dengan pelatihan opsis tersebut adalah "Sebuah pelatihan bagi Wikipediawan yang bukan pengurus namun ingin menjadi pengurus" secara online. Sementara maksud point saya mengenai Diklat Candradimuka itu adalah : "Diklat Penyegaran bagi yang sudah Opsis/Sysop" secara tatap muka (kopi darat) bukannya online. Makanya diusulkan Wikimedia Fondation Indonesia yang mengadakannya. Walaupun kita tahu organisasi tersebut adalah organisasi nirlaba, namun demi kemajuan WBI saya rasa bisa diwujudkan, bukan begitu?
Kapan lagi jerih payah seorang pengurus/opsis dihargai? Padahal loyalitasnya pada WBI menjadi tuntutan utama.
Dengan terselenggaranya "diklat penyegaran" tersebut (yang tentu saja butuh biaya akomodasi dll, bagi pesertanya) diharapkan pengurus yang telah mengikutinya akan punya tanggung jawab moral dari apa yang telah diterimanya. (Koq malah terdengar seperti sogokan, ya?)
Aduh maap mba Chika, pembicaraan mengenai "FlaggedRevs"-nya jadi OOT. Iwan Novirion™ Kirim Pesan   09:23, 7 Juni 2011 (UTC)
Saya kira sudah jelas bahwa kelas pelatihan menulis itu tujuannya untuk mencari kontributor baru berkualitas. Sebenarnya ini masalah yang lebih mendesak daripada mengurusi pengurus. First things first lah bang Iwan. Gombang (bicara) 09:36, 7 Juni 2011 (UTC)
Hehe, kalau demikian pendapat pak Gombang, saya cuma bisa manut. Case close.
Silahkan mba Chika, kembali ke topik "FlaggedRevs"-nya. - Iwan Novirion™ Kirim Pesan   11:07, 7 Juni 2011 (UTC)
Iwan, enak yah, asbun yah, komentar nuding doang - ngga ngerasain kerjanya. Ngga ada tuh Wikimedia Foundation Indonesia, tapi kalau yang kamu maksud itu Wikimedia Indonesia organisasi ini bukan cabangnya WMF. Untuk mendirikannya 19 pendiri harus ngerogoh kocek sendiri untuk bayar pengesahannya, sama seperti banyak hal lainnya diawal pendirian. Dan FYI - NGGA MURAH. Untuk tahun pertama dan kedua tidak ada bantuan apapun, wakil direkturnya musti ke Jerman pakai biaya sendiri. Tahun ketiga bikin proyek USD 15.000 cuman dikasih USD 7.500, walaupun ada bantuan lain, lagi-lagi kekurangan dana musti nutup dari kocek sendiri. Gue denger ngga banyak sih nomboknya cuman USD 4.500 ajah. Udah dapat hibah pun pas bikin proyek Pijar Teologi, minta USD 150 buat panitia aja *ngakak*, mintanya setengah mati, beda ama Wikimedia Jerman yang dapat Euro 150 ribu untuk jadi profesional. Dan FYI setelah banyak kejadian, gue denger yang biasa minta dana udah kapok minta lagi.
Trus yang pergi-pergi ke luar negeri, dari visa, transport, ampe makan, bayar sendiri joooo. Emang murah bayar pake Euro. Gue denger beberapa yang pergi masih ngutang tuh. Tapi balik dari sana bukannya tanpa hasil dong. Tiket dibayarin sih sama yang ngundang. Australia juga gitu. Ngga ngambil duit organisasi bow, ngga ada duitnya organisasi.
BTW, elo mo bayarin pelatihan? Boleh nyumbang aja langsung ke rekening organisasi Serenity (bicara) 16:53, 10 Juni 2011 (UTC)
Ampuuun..., ma'aaaaap kalo asbun. hihihi... kirain udah case close!? Skali lagi mohon maap de mba Chika, kalo punya praduga yang salah soal WMI. Afterall it's just an opinion to make it better for our beloved WBI. - Iwan Novirion™ Kirim Pesan   17:27, 10 Juni 2011 (UTC)

Sebenarnya tujuan "FlaggedRevs" baik, tetapi pelaksanaannya merepotkan. •• KℇℵℑℭK 14:50, 9 Juni 2011 (UTC)