Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi kebijakan   kirim topik baru

Bagian kebijakan dari Warung Kopi ini digunakan untuk membicarakan mengenai kebijakan dan pedoman yang sudah diterapkan di Wikipedia; atau diskusi mengenai proposal-proposal yang baru diajukan.

Bacaan penting:

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Rabu, 20 Agustus 2014
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Jumlah Depth atau Jumlah Artikel ?[sunting | sunting sumber]

Wikipedia:Jumlah Depth atau Jumlah Artikel

--Erik Fastman (bicara) 2 Juli 2014 02.02 (UTC)

Halo, hal seperti ini sebaiknya tidak diatur-atur. Terserah sukarelawan saja mau membuat artikel baru atau menambahkan konten artikel lama. Bila ingin artikelnya berkualitas ya silakan tambahkan sendiri, tidak perlu meminta orang lain menambahkannya (kecuali dengan baik-baik tentunya). Juga, karena melanggar WP:KPC#U10, artikel ini saya hapus. Terima kasih. --Ricky Setiawan (bicara) 31 Juli 2014 03.39 (UTC)

Minta pendapat mengenai tempat pekerjaan Ainun Najib[sunting | sunting sumber]

Bapak/ibu anggota Wikipedia. Minta pendapat mengenai pencantuman tempat pekerjaan Ainun Najib. Menurut saya tempat pekerjaan seseorang itu termasuk biodata penting tentang seseorang, kalau informasinya tersedia sebaiknya dicantumkan di ensiklopedia seperti Wikipedia. Informasi ini sendiri bisa didapat di beberapa website seperti LinkedIn yang bersangkutan sendiri maupun sebuah profil beliau yang ditulis di kompasiana. Tapi ada pengguna lain (bapak Iwan Novirion) yang selalu menghilangkan informasi ini, alasannya adalah "menghormati permintaan ybs". Saya sudah berdiskusi dengan bapak Iwan disini :Pembicaraan Pengguna:LaBoTW2#Soal_IBM, tapi sepertinya kami berdua sama-sama tetap dengan pendapat kami. Mohon, kalau ada bapak atau ibu disini yang bersedia menambahkan pendapatnya. LaBoTW2 (bicara) 29 Juli 2014 04.46 (UTC)

Halo, apakah tempat pekerjaannya itu pernah dipublikasikan oleh media yang reliable? Bila tidak, maka tempat pekerjaannya tidak boleh ditampilkan di Wikipedia. Terima kasih. --Ricky Setiawan (bicara) 31 Juli 2014 03.27 (UTC)
Halo, saya baru membaca pembicaraannya. Kompasiana jelas merupakan media yang tidak reliable karena sifatnya yang UGC (user generated content). Media sosial seperti LinkedIn boleh digunakan untuk memperkuat pernyataan, tetapi tidak disarankan untuk menjadi sumber utama. Jadi lebih baik kita menunggu saja hingga ada media reliable yang pernah mem-publikasikannya. --Ricky Setiawan (bicara) 31 Juli 2014 03.32 (UTC)
Sejauh ini belum ada sumber yang tepercaya. MetroTV pun cuma menulis, "Ia kini bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan teknologi informasi terkemuka." LinkedIn boleh asalkan ditulis oleh si pemilik akun, tapi disarankan agar dihindari sebisa mungkin. — FarrasLa Poste 31 Juli 2014 03.38 (UTC)
Terima kasih atas pendapat bapak-bapak. LaBoTW2 (bicara) 7 Agustus 2014 00.59 (UTC)

Penghapusan/pengalihan artikel anggota JKT48[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya ini masalah dulu yang saya ungkit kembali. (Lιиκ)
Saya ingin menerapkan penghapusan sejumlah artikel biografi anggota JKT48 yang bersifat trivia dan tidak signifikan, khususnya artikel anggota siswi pelatihan. Mereka belum penting untuk dimuat di Wikipedia dan belum memenuhi kriteria anggota grup musik. Bila ada yang berkeberatan tentang penghapusannya, pertimbangkanlah untuk menulisnya di Wikia yang khusus disediakan untuk itu, dan Wikipedia bukanlah tempatnya.
Sebagai pertimbangan kebijakan penghapusan, anggota JKT48 seperti Melody Lakshani dan Nabilah Ayu Azalia termasuk layak, karena berkali-kali diliput media massa. Selain itu, ada beberapa anggota menjadi bintang tamu di acara lain (Nakagawa Haruka), dan ada yang bersolo karier (Stella Cornelia dan Neneng Rosdiana). Yang tidak berkiprah signifikan seperti tersebut tadi akan dihapus.
Bila tidak ada penolakan, artikel-artikel yang tidak memenuhi kriteria akan segera "dieksekusi", dengan prioritas artikel-artikel siswi pelatihan JKT48. -- Adiputra बिचर -- 14 Agustus 2014 07.45 (UTC)

AKB48 yang membernya 139 orang yang punya artikelnya sendiri cuman 37. Tapi kalo menurut aku mending dialihkan aja seperti yang dilakukan di en.wiki. --Erik Fastman (bicara) 15 Agustus 2014 13.25 (UTC)
Usulan pengalihan boleh juga. Tentang anggota AKB48, ya, kasusnya seperti itu pula. Ada konflik kepentingan. Tapi di sini akan diseleksi, karena ada anggota AKB48 yang punya berita tersendiri di media massa Jepang (ini yang jadi referensi penulisan artikelnya), tapi tidak ditulis di Wikipedia Inggris; pertimbangan lainnya adalah karier anggotanya yang juga lama, maka sempat jadi bintang tamu di acara-acara selain yang khusus AKB48 (ujung-ujungnya, ya menyesuaikan dengan kebijakan artikel biografi musikus). Sedangkan JKT48 boleh dibilang masih kencur, hanya segelintir anggota yang mendapat porsi signifikan di media massa. Demikianlah. -- Adiputra बिचर -- 17 Agustus 2014 13.40 (UTC)
Saya mendukung usulan Anda. Sekilas memang banyak artikel biografi JKT48 yang jauh dari layak dan terkesan seperti fan site. Kapan nih eksekusinya? -- Bonaditya (bicara) 20.45, 17 Agustus 2014 (WIB)
Menurut saya jangka waktu 2 minggu setelah pengusulan ini sudah cukup. Dalam periode itu, mungkin saja ada masukan/sanggahan dari pengguna lain (sejujurnya, saya harap sih tak ada ). -- Adiputra बिचर -- 17 Agustus 2014 13.57 (UTC)
Setuju, mending hapus aja deh semuanya. Jilboobs Lover (bicara) 20 Agustus 2014 07.18 (UTC)