Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arsip Diskusi
2004 Tahun 2010:
2005 Kebijakan
2006 Usulan
2007 Teknis
2008 Bahasa
2009 Lain-lain
2010 Semua
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
2020
2021
2022
2023
Diskusi Terkini



Arsip Desember 2010

Burma vs Myanmar

Walaupun kedua-nya adalah satu, tetapi nama Myanmar baru digunakan setelah tanggal 18 Juni 1989. Apakah Artikel maupun kategori mengenai peristiwa sebelum tanggal tersebut menggunakan nama Myanmar juga atau lebih kepada nama Burma (terdahulu-nya) ? Salam — Tjmoel  bicara 17:31, 13 November 2010 (UTC)

Menurut saya, secara umum sebaiknya digunakan nama Myanmar. Pengkategorian bisa lebih seragam dan lebih mutakhir. Keterangan tentang Burma bisa ditambahkan berupa kalimat di badan artikel, apabila dipandang perlu. Salam, Naval Scene (bicara) 03:24, 15 November 2010 (UTC)
Kalau saya,lebih sering mendengarnya Myanmar. Daud Iffa Bicara 09:56, 29 November 2010 (UTC)
Kayanya ini terkait sejarah penggunaan namanya ya ? Hartono W (bicara) 05:55, 3 Desember 2010 (UTC)

Arsip November 2010

Alquran-online

Hari ini pengguna anon memasukkan situs alquran-online.anna-world.com sebagai pranala luar di banyak artikel (contoh : Contoh 1 Contoh 2. Bagaimana kebijakan-nya ? apa diperbolehkan atau ? Salam — Tjmoel  bicara 17:57, 12 November 2010 (UTC)

Menurut saya, karena artikel itu memang menyangkut Al Qur'an, ya sah-sah saja.-- Adiputra बिचर -- 01:34, 13 November 2010 (UTC)
Saya agak kurang setuju. Tampaknya ini seperti iklan ke sebuah situs tertentu. Albertus Aditya (bicara) 01:51, 13 November 2010 (UTC)
Saya juga kurang setuju, dan sebaiknya diblokir. Saya selalu membalikkan penambahan pranala dari anna-world.com tersebut bila saya melihatnya. Wikipedia bukanlah tempat mempromosikan situs tertentu. Salam, Naval Scene (bicara) 03:26, 15 November 2010 (UTC)
Menurut saya hal itu sah-sah saja selama situs yang dirujuk merupakan situs yang bebas, dengan kata lain pengguna tidak perlu membayar untuk membaca isinya. --BlackKnight mail 03:17, 4 Desember 2010 (UTC)

Arsip Oktober 2010

Ada yang bisa bantu konfirmasi kalau "lisensi" dari gambar-gambar tersebut dapat digunakan di WBI ? saya coba buka situs-nya tapi belum berhasil. Salam — Tjmoel  bicara 16:47, 1 Oktober 2010 (UTC)

Ternyata situs itu adalah Wikia bertopik Star Trek. Gambar-gambarnya berkaitan dengan Star Trek, dan diberi lisensi Fair Use. Tertulis: License: Fair Use - this image is copyrighted, but used here under Fair Use guidelines. Owner/Creator: Paramount Pictures and/or CBS Studios. Menurut saya, memang cocok lisensi Fair Use, karena merupakan cuplikan film bersangkutan. Seharusnya templat {{darimemoryalpha}} juga diberi penjelasan: "Gambar ini berlisensi Fair Use" dan "Cuplikan dari film Star Trek".-- Adiputra बिचर -- 23:39, 1 Oktober 2010 (UTC)

Arsip September 2010

Info tarif dan jadwal di artikel KA

Artikel2 mengenai produk layanan KA di WI sudah banyak dan beberapa di antaranya memuat jadwal dan harga tarif, misalnya Kereta api Malabar. Saya kok keberatan dengan kedua info ini, krn wikipedia bukan etalase produk tapi ensiklopedia. Lebih baik info ini dialihkan ke wikibooks bagian wisata [1], sekalian memperkaya isinya (masak artikelnya masih di bawah 1000 ?) Nanti dibuat interwikinya. Kembangraps (bicara) 08:46, 26 Agustus 2010 (UTC)

Sepertinya memang harus dihapus. Namun artikel KA di Wikipedia bermasalah. Beberapa diantaranya merupakan kereta api palsu. Di forum penggemar kereta api Indonesia, ada yang protes, ada juga yang merasa lucu, ada yang ingin hapus tapi tidak tahu caranya makanya mereka kosongkan halaman tapi malah dikembalikan oleh pengurus. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 11:23, 26 Agustus 2010 (UTC)
Saya setuju hapus, tetapi saya tidak yakin untuk yang ke WikiBuku. Kalau mengenai fiktifnya kereta itu, mungkin kita perlu membuat komunikasi dengan mereka, untuk mengetahui mana saja yang fiktif atau isinya ngawur. Salam, Albertus Aditya (bicara) 14:45, 26 Agustus 2010 (UTC)
Kalau tidak salah nama situs webnya http://www.semboyan35.com/ ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:37, 26 Agustus 2010 (UTC)

Yang suka rajin mengedit siapa ya di artikel itu? Kembangraps (bicara) 09:57, 7 September 2010 (UTC)

Pengguna:Tristanarga atau Pengguna:Arga tristan. Dan beberapa pengguna lainnya (serta beberapa pengguna anonim) ·· Kℇℵ℟ℑℭK 13:47, 7 September 2010 (UTC)

mohon perhatian dan jawaban prihal tersebut diatas dari pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, terima kasih

edi

Menyusul pertanyaan saya diatas dengan ini saya usulkan agar keterangan pada penyuntingan sbb:
Jika Anda tidak ingin tulisan Anda disunting dan didistribusikan ulang jika diinginkan, jangan kirimkan tulisan Anda ke ::sini. Jika Anda tidak menulisnya sendiri, tulisan ini harus tersedia dengan ketentuan yang sesuai dengan Ketentuan Penggunaan, ::dan Anda setuju untuk mengikuti semua persyaratan perizinan yang relevan.
Perubahan yang Anda lakukan akan langsung muncul
  • Gunakan bak pasir untuk percobaan penyuntingan.
  • Tanda tangani komentar Anda pada halaman pembicaraan dengan mengetikkan empat tilda (~~~~).
segera dapar dirubah sesuai dengan prinsip kebijakan pengurus: Versi tertunda agar tidak terkesan adanya inskonssitensi kebijakan, terima kasih, edi
mari kita berdiskusi pada Local Embassy, Needs your attention, salam Creptes (bicara) 06:54, 6 September 2010 (UTC)

Sejak awal, pemasangan flaggedrevs berdasarkan konsensus yang telah kadaluwarsa itu tidak tepat, apalagi dipasang terburu-buru oleh sdr Benny. Kacau? Tentu saja, sudah banyak saksinya (termasuk saya). Selain itu, sdr Benny tidak dapat menjawab argumen, "flaggedrevs adalah penyensoran" dalam Pembicaraan:Malaysia.  Mimihitam  14:50, 18 September 2010 (UTC)

Terus terang, saya baru mau aktif lagi di WPID, tapi begitu melihat ada aturan-2 aneh seperti flagrev dsb, lebih baik saya jadi pembaca pasif aja. Tapi terus terang hal ini menghambat perkembangan. WPID bisa berkembang kan karena bisa disunting oleh siapapun. Kalau memang ada masalah, itu fungsinya pengurus untuk membuat rambu2, bukan kemudian mencari orang2 untuk menjadi 'polisi' penyensoran. Aku usul supaya dicabut aja itu flagrev. aday(ngobrol) 08:23, 6 Oktober 2010 (UTC)
Bung aday, saya punya pendapat yang berbeda. Banyak energi para penyunting/pengguna WBI yang peduli pada pencegahan vandalisme jadi terbuang karena harus terus memantau perubahan terbaru. Semakin banyaknya artikel menyebabkan semakin besar energi yang dibutuhkan di masa depan. Bila ada 10 tindakan vandalisme pengguna, maka dibutuhkan 10 tindakan anti-vandalisme juga, jadinya ada 20 tindakan yang sia-sia (coba ubah 10, menjadi 1.000, kemudian 10.000, jadi banyak banget 'kan?). Dengan Flaggedrevs, pejuang anti-vandalisme umumnya tidak harus merevisi semua tindakan vandalisme, karena bisa melihat secara sekaligus semua perubahan sebelumnya yang belum diperiksa. Flaggedrevs meningkatkan efisiensi penyuntingan para pejuang anti-vandalisme, sekaligus kualitas tampilan artikel WBI. Semua pengguna (termasuk anonim) tetap dapat menyunting, hanya saja tertunda beberapa saat baru akan tampil (setelah diperiksa). Satu artikel umumnya diperiksa oleh beberapa pemeriksa kok. Menurut hemat saya ini sebenarnya sistem yang lebih "terbuka" daripada Wikipedia:Perlindungan penuh, suatu fitur/kebijakan yang bahkan telah ada sewaktu Jimbo masih aktif menyunting. Naval Scene (bicara) 09:19, 6 Oktober 2010 (UTC)
Bung aday, kontribusi-kontribusi Anda masih diharapkan. Untuk suntingan Anda bisa langsung tertampil, Anda dipersilakan mengajukan diri sebagai salah seorang Editor. Saya pikir Anda memenuhi syarat, hanya perlu meningkatkan suntingan dalam 3 bulan terakhir untuk mencapai jumlah yang disyaratkan.
βέννγλιν 10:20, 6 Oktober 2010 (UTC)

Masalahnya suntingan kita tidak sebanyak itu, dan keberadaan flagrev mengurungkan keinginan pengguna baru kalau perubahannya tidak langsung muncul. Gampang aja sih equationnya, kalau kompetisi diadakan pada keadaan WP ID sudah di flagrev, berantakannya bukan main. Saat salah satu artikel di validasi oleh editor numpang lewat, peserta tidak bisa menyunting lagi, panitia ngga bisa mbenerin juga, semuanya tertunda. Mau jadiin panitia editor, musti nuwun sewu sama siapa? Kalau panitianya ganti gimana? (ini terjadi juga) - intinya mau dipagerin atau mau nambah penulis? Ngga bisa dua-duanya. Dengan flag rev ngga akan ada kompetisi lagi atau gue ngiklanin Wikipedia bisa disunting semua orang, karena pernyataan salah itu. Sesat. Menurut penelitian Erik Zachthe flag rev juga terbukti tidak mengurangi vandal, niat vandal mah vandal aja. Pengurus juga niatnya gimana? Niat jaga atau niat kasih editor? Saya mengerti tentang lapisan pembatalan, tapi angka yang anda paparkan juga ngga sehebat dan serame itu. Saat itu Borgx bisa memeriksa semua suntingan, kenapa sekarang dia tidak ada jadi tidak bisa? Serenity (bicara) 09:32, 6 Oktober 2010 (UTC)

Kebijakan tentang daftar

Halo, saya mengusulkan agar dalam halaman-halaman berisi daftar, seperti misalnya Daftar band black metal, subyek yang boleh dimasukkan hanyalah entri yang telah memiliki artikel di Wikipedia (pranala biru). Ini untuk mencegah dimasukkannya subyek-subyek yang kemungkinan tidak layak seperti ini. --BlackKnightmail 10:20, 31 Agustus 2010 (UTC)

Tidak setuju. Sepertinya kita belum siap. Kita masih mengalami "kekurangan artikel" tentang mana yang layak dan mana yang tidak. Mungkin hal itu hanya bisa diterapkan di beberapa artikel tertentu saja seperti yang Anda berikan contohnya, tetapi seperti di Daftar tokoh mitologi Yunani, saya tak yakin kalau semua yang belum ada artikelnya itu tidak layak. Kitapun juga tidak bisa memastikan satu per satu bahwa semua yang ada artikelnya itu layak, kan ? Tetapi kalau nemu yang tidak layak, langsung hapus saja disertai penjelasan kepada kontributornya.. Albertus Aditya (bicara) 10:49, 31 Agustus 2010 (UTC)
Tidak setuju. Wah, jangan. Kalau begitu, isi daftarnya jadi sedikit dong. Kalau kebijakan itu diterapkan, nanti daftar dengan pranala merah banyak, seperti daftar band black metal, jadi sangat pendek. Mungkin dalam daftar itu cuma akan diisi oleh 10-15 artikel saja. Daftar kerdil. Mengenai layak atau tidak, search dulu di Google, atau di wikipedia lain. Kalau tidak layak, dihapus saja. Kalau layak, ya dibiarkan.-- Adiputra बिचर -- 10:53, 31 Agustus 2010 (UTC)
Tidak setuju ΑΛΑΓΟΣ  11:18, 31 Agustus 2010 (UTC)
Tidak setuju Saya kurang sependapat (per Made).  Mimihitam  14:50, 18 September 2010 (UTC)

Kebijakan rujukan untuk peristiwa terkini

Diskusi pada bagian ini dipindahkan ke Permohonan pendapat untuk Peristiwa terkini‎. Serenity (bicara) 03:52, 20 September 2010 (UTC)

Templat

Akhir - akhir ini, ada aksi dari pengguna pengurus yang menghilangkan templat DEFAULTSORT. Saya tidak mengerti kenapa dihilangkan, karena jika dihilangkan, stub menjadi tidak disort berdasarkan format nama keluarga, nama depan seperti yang sudah dipakai biasanya. Lalu, ada beberapa pengguna lainnya, yang menyatakan bahwa templat Defaultsort itu diubah dengan templat lifetime. Saya agak kurang setuju, karena templat lifetime agaknya tidak bisa memberikan fungsi seperti defaultsort atas kategori-kategori yang ada, juga templat lifetime tersangkut dengan kasus ketidak akuratan angka kelahiran/kematian yang dihasilkan pada beberapa subjek, seperti yang dibicarakan di halaman bicara Pengguna:Bennylin. Ada penjelasannya tentang hal ini dari pengurus ? Salam, Albertus Aditya (bicara) 14:42, 21 September 2010 (UTC)

Saya mencoba menjelaskan, sejauh sepengetahuan saya:
  • Artikel dengan kategori {{stub}} (rintisan) nantinya di susun berdasarkan urutan alfabet dari artikel itu sendiri. Sebagaimana dapat dilihat dari pembuatan {{stub}} itu sendiri, yakni menggunakan {{PAGENAME}} terlebih dahulu sebelum pengurutan lainnya (terpisah).
  • Peleburan {{DEFAULTSORT}} ke dalam {lifetime}} ditujukan untuk meminimalis penulisan templat, dan sekaligus memaksimalkan kegunaan dari {{lifetime}} itu sendiri. Sebagaimana dijelaskan dalam informasi di {{lifetime}}.
  • Ketidak akuratan penulisan dalam {{lifetime}}, sepertinya manusiawi. Dalam penulisan kalimat sendiri juga tentunya ada kesalahan. Bila ketidak-akuratan yang dimaksud adalah hasil perhitungan tahun usia, hal ini juga sudah dijelaskan terpisah dalam kategori yang secara otomatis diberikan oleh templat {{lifetime}} itu sendiri.
Mungkin ada yang lain yang bisa memberikan penjelasan lebih lanjut, atau mungkin memperbaiki penjelasan saya (maklum masih kurang canggih juga) Semoga berkenan & Salam — Tjmoel  bicara 16:03, 21 September 2010 (UTC)

Tanggapan

  • Berarti, yang sejak ini sudah diterapkan mau diubah ? Menurut saya perlu diskusi di komunitas dahulu, jangan hanya internal pengurus saja.
  • (2) & (3) Saya mengusulkan agar angka yang dihasilkan dari {{lahirmati}} menjadi kategori angkanya. Bisa diatur saya rasa, sedemikian rupanya, supaya tidak perlu menuliskan pula templat lifetime. Sementara, fungsi defaultsort juga dihasilkan dari templat lahirmati dengan parameter nama, atau bisa juga dibuat parameter tambahan, yang bisa didiskusikan lebih lanjut. Hasilnya, angka yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan kesalahan manusiawi bisa terhindarkan, sebab untuk tokoh yang telah meninggal dunia, akan menjadi tidak akurat selamanya, jika memang ada perbedaan yang dihasilkan, jadi agak kasihan ya..
  • Tambahan : Setiap kebijakan yang besar dan sistemik adalah lebih baik jika didiskusikan terlebih dahulu dengan komunitas, lalu hasilnya diumumkan di Warkop dan WP:Pengumuman, bila perlu juga di grup resmi di Facebook dan akun resmi di Twitter dan media lainnya yang dirasa perlu.

Salam, Albertus Aditya (bicara) 16:11, 21 September 2010 (UTC)

  • Apa yang berubah ? (maaf, kurang jelas). Sejauh sepengetahuan saya, tidak ada perubahan. Setiap artikel yang miliki kategori kelahiran dan/atau kematian, tetap memiliki kategori tersebut tanpa mengurangi apapun. Penyusunan sebagaimana yang dilakukan, juga tetap dipertahankan (sebagaimana tertulis diatas).
    • Selama ini, sepengamatan saya, stub itu mengikuti Defaultsortnya, format nama keluarga, nama depan, kalau menggunakan pagename kan menjadi format nama depan, nama keluarga seperti judul artikel
    • Coba dilihat lagi artikel {{stub}} yang menggunakan {{PAGENAME}}. Terakhir saya periksa sih, urutan-nya seperti nama artikel, walau menggunakan {{DEFAULTSORT}}
      • Ok. That's clear. Tapi, itu perlu persetujuan komunitas, apakah mau seperti itu, atau mengikuti format Dsnya. Albertus Aditya (bicara) 16:49, 21 September 2010 (UTC)
  • Templat {{lahirmati}} sudah secara otomatis memberikan kategori menurut kelahiran, maupun kematian. Penulisan {{lifetime}} sekaligus menghapus kategori kelahiran dan/atau kematian itu pun sudah dimulai sejak lama, dan bukan baru-baru ini (bukan ? ; karena anda juga menggunakan-nya kan ?). Kalau mengenai perhitungan usia yang dihasilkan oleh {{lifetime}}, hal ini berbeda karena tidak adanya tanggal. Mungkin anda dapat mengajukan pemberian kategori usia yang dihasilkan oleh {{lahirmati}} secara otomatis.
    • Ya, saya menggunakannya, tetapi saya rasa terkadang memang tidak efektif. Hanya saja, templat itu memberikan satu kategori yang tidak bisa saya mutakhirkan untuk semua artikel, jadi ya agak kurang sreg sebenarnya secara pribadi..
    • Kan tidak mungkin semua-nya dijadikan otomatis, pasti ada kelebihan dan kekurangannya.
  • Seperti yang diketahui, Wikipedia adalah ensiklopedis bebas dan bukan milik pribadi. Silahkan dipandang mana yang perlu didiskusikan dengan komunitas melalui media-media yang disebutkan. Mohon maaf kalau penjelasan saya masih kurang, Salam — Tjmoel  bicara 16:29, 21 September 2010 (UTC)
    • Unsur pribadi darimana ya ? Ini kan dibangun dari komunitas dan kontributor, jadi ya saya rasa kebijakan-kebijakan, apalagi yang besar dan sistemik sebaiknya didiskusikan dahulu di tempat di mana komunitas bisa ikut andil dalam memutuskan itu. Mengenai Facebook dan Twitter itu hanya mengumumkan, kalo ada yang berubah dalam format penyuntingan, agar kontributor yang kadang lebih aktif di situs" itu juga bisa saja tahu.. Albertus Aditya (bicara) 16:36, 21 September 2010 (UTC)
    • Maksud saya, kalau memang dipandang perlu untuk didiskusikan -yah monggo. Mengenai kontributor aktif, memang terkadang mengganggu kalau ada yang membanjiri perubahan terbaru, akan tetapi kalau hanya menunggu orang-lain ; dan orang-lain menunggu orang-lain ; bukan-nya jadi tunggu-tungguan. Menurut saya loh. Maaf kalau mengganggu. Salam — Tjmoel  bicara 16:43, 21 September 2010 (UTC)

Yang saya ketahui, di en.wiki templat lifetime itu fungsinya hanya menambahkan kategori "Lahir tahun xxxx" dan "Meninggal tahun xxxx" (kalau di id.wiki, templat lahirmati sudah dapat menanganinya). Coba saya akan tes tambahkan kode di templat "lahirmati". Kalau berhasil, ya tidak usah repot-repot lagi mengganti semua "Defaultsort" di artikel biografi. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 09:18, 22 September 2010 (UTC)

Tes ada di Pengguna:Kenrick95/Sandbox#Tes_3 ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:18, 22 September 2010 (UTC)
Bagaimana hasilnya ? Saya kurang paham dengan cara tes yang Anda lakukan soalnya. Albertus Aditya (bicara) 10:22, 22 September 2010 (UTC)
Hasil. Halaman itu masuk ke dalam kategori : Tokoh kelahiran Amerika Serikat tahun 1809 | Tokoh yang meninggal di Amerika Serikat tahun 1865 | Meninggal usia 56 | Kelahiran 1809 | Kematian 1865 | dan semuanya seharusnya sudah di Defaultsort. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:34, 22 September 2010 (UTC)

Saya pikir itu bagus. Mungkin dapat disepakati bersama dalam komunitas, apakah ini dapat menjadi kebijakan yang baru dalam penulisan artikel biografi ? Albertus Aditya (bicara) 10:50, 22 September 2010 (UTC)

Kebijakan lagi? Aduh.... 1 kebijakan itu butuh waktu kira-kira 1 bulan... Nunggu 1 bulan itu lama... Atau begini saja: "Aksi individual" dulu. Sebab yang rubah Templat:Lifetime pun karena lagi-lagi "aksi individual" pengguna yang sama dengan yang merubah "sunting" jadi "s". ·· Kℇℵ℟ℑℭK 15:00, 22 September 2010 (UTC)
Saya tak suka untuk melakukan aksi individual. Terlalu berbahaya, dan kalau banyak yang tidak suka nanti berabe jadinya. Maka saya ajukan dahulu di sini saja, nanti baru dibawa jadi kebijakan kalau jadi. Albertus Aditya (bicara) 15:06, 22 September 2010 (UTC)

Pelatihan mentor dan opsis

Wikipedia:Pelatihan opsis dan Wikipedia:Program pembelajaran kembali dibuka dengan satu pelatih/opsis baru. Barangsiapa ingin berlatih menjadi pengurus atau pengguna yang baru silakan menghubungi pelatih. Juga dibuka lowongan untuk pelatih baru untuk melatih pengguna yang lain.
βέννγλιν 15:24, 25 September 2010 (UTC)

Arsip Agustus 2010

Pencalonan pengurus

Mohon partisipasinya di Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/BlackKnight untuk pengurus 31 Agustus 2010.

Komentar jangan diberikan di sini tapi langsung di Pembicaraan Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/BlackKnight untuk pengurus 31 Agustus 2010

Sesi tanya jawab: Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/BlackKnight untuk pengurus 31 Agustus 2010/STJ.
βέννγλιν 11:03, 31 Agustus 2010 (UTC)

Arsip Juli 2010

Tombol "Simpan halaman"

Saya mengusulkan, supaya pengguna yang akan melakukan penyuntingan diwajibkan mengklik tombol "lihat pratayang" atau "Perlihatkan perubahan" terlebih dahulu sebelum menyimpan halaman, dengan kebijakan baru bahwa tombol simpan halaman baru dapat diklik setelah tombol "lihat pratayang" atau "perlihatkan perubahan" sudah diklik. Hal ini saya maksudkan untuk menghindari kesalahan mendasar dalam penyuntingan, seperti kesalahan pengetikan ataupun kesalahan minor yang dapat berdampak sistemik. Salam, Albertus Aditya (bicara) 14:58, 24 Juni 2010 (UTC)

Atau mungkin, saat mulai menyunting, tombol klik "simpan halaman"nya dihilangkan. Setelah pratayang pertama, tombol "simpan halaman"nya akan muncul. Ezagren 請談談 15:00, 24 Juni 2010 (UTC)
Seperti zh: dong.
βέννγλιν 02:06, 25 Juni 2010 (UTC)
Bisa juga demikian (seperti zh) atau dinon-aktifkan dulu. Yang jelas ada langkah -1 sebelum menyimpan halaman. Albertus Aditya (bicara) 02:58, 25 Juni 2010 (UTC)
Repot dong... harus load 2 kali... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 05:13, 25 Juni 2010 (UTC)
Tetapi, banyak pengguna termasuk saya melakukan kesalahan - kesalahan yang mungkin kecil, tetapi berdampak sistemik terhadap artikel atau bahkan dapat terhadap halaman lainnya. Albertus Aditya (bicara) 05:18, 25 Juni 2010 (UTC)
Selalu ada cara "malas" untuk mengakali, tidak otomatis menjamin mereka melihatnya juga (skip pratayangnya, atau pakai shortcut, Ctrl+Shift+S)
βέννγλιν 05:34, 25 Juni 2010 (UTC)

Tetapi ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi. Walau ada shortcut-nya dan jarang ada yang melihat, tetapi ini dapat menjadi langkah preventif untuk mengurangi kesalahan-kesalahan minor. Albertus Aditya (bicara) 05:57, 25 Juni 2010 (UTC)

Nanti jadi repot. Αλαγος) 14:49, 25 Juni 2010 (UTC)

Repotnya dikit bgt ini, daripada terlalu banyak kesalahan ? Albertus Aditya (bicara) 15:33, 25 Juni 2010 (UTC)

Apakah WBI punya sesuatu semacam "preferensi semua pengguna" (macam MediaWiki:Common.js dan MediaWiki:Common.css) ? ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 15:39, 25 Juni 2010 (UTC)

Apakah kebijakan ini dapat diterapkan atau tidak ? Albertus Aditya (bicara) 05:49, 29 Juni 2010 (UTC)

tidak setuju, hal ini akan membuang-buang waktu menyunting, lagipula pratayangnya belum tentu dibaca kembali. --BlackKnightmail 08:23, 3 Juli 2010 (UTC)

Akan sangat merepotkan. Αλαγος) 09:19, 3 Juli 2010 (UTC)

@Blacknight : setidaknya memancing untuk menghindarinya. @Alagos : lebih baik repot daripada hasil suntingan kita kacau. Albertus Aditya (bicara) 08:39, 21 Juli 2010 (UTC)
Suntingan yang kacau (contoh : kesalahan ketik) menarik pengguna untuk menyunting... ·· Kℇℵ℟ℑℭK 09:13, 21 Juli 2010 (UTC)
Lalu ? Justru kesalahan minor itu yang saya coba minimalisir. Albertus Aditya (bicara) 09:25, 21 Juli 2010 (UTC)
Salah satu alasan kenapa orang bergabung ke Wikipedia adalah karena ingin mengoreksi kesalahan tipografi. [2] ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10:02, 21 Juli 2010 (UTC)
Kalau begitu kita perlu membuat banyak kesalahan tipografi sehingga memancing anon untuk datang. Begitu ? Albertus Aditya (bicara) 10:17, 21 Juli 2010 (UTC)
Kalau seingat saya yang saya baca di en kira-kira pedoman tak tetapnya adalah "tinggalkan sesuatu untuk dikerjakan orang lain". Jadi kalau melihat sesuatu kecil yang bisa disempurnakan oleh Anda dengan mudah, mungkin insting yang pertama (yaitu ingin menyempurnakan) harus diredam. Beri kesempatan pada yang baru. Kalau kita punya cara untuk secara sistematis memperbaiki artikel-artikel, maka silakan saja untuk melakukannya; namun lebih baik lagi kalau ditawarkan lewat WikiBounty misalnya.
βέννγλιν 16:48, 21 Juli 2010 (UTC)
Mantap! Setuju sama pendapatnya Benny. No body perfect, walaupun ada preview sebelum menyimpan halaman pasti tetap ada 1 atau 2 kesalahan typo yang gak keliatan. Athrion  17:14, 1 Agustus 2010 (UTC)
Teknik serupa telah kujalankan, beberapa topik yang dapat diterjemahkan dari referensi, tidak kuterjemahkan. ESCa :-)/ 11:24, 2 Agustus 2010 (UTC)

Saya lebih setuju jika pakai Pengecek ejaan bahasa Indonesia ini. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 06:26, 2 Agustus 2010 (UTC)

Di halaman kebijakan tersebut disebutkan bahwa "Halaman kebijakan ini telah diganti dengan kebijakan yang baru dan disimpan untuk kepentingan arsip saja." Yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana nasib ketentuan-ketentuan yang ada di dalamnya, antara lain mengenai pembatasan pemakaian berkas berlisensi penggunaan wajar hanya di ruang nama artikel atau pembatasan jumlah berkas berlisensi penggunaan wajar maksimum 1 dalam satu halaman? Di kebijakan yang baru tidak diatur lagi mengenai hal tersebut, sedangkan di enwiki ketentuan tersebut masih berlaku. Saya usulkan agar ketentuan dalam kebijakan lama tersebut juga dimasukkan ke dalam kebijakan yang baru, mengikuti kebijakan enwiki yang juga masih memberlakukan ketentuan itu. Terima kasih.  -iNu-  ►  05:02, 12 Juli 2010 (UTC)

Secara otomatis tidak berlaku lagi. Namun jika Anda ingin mempertahankan poin-poin tersebut, silakan buat proposalnya. Terima kasih. ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 06:36, 12 Juli 2010 (UTC)
Jawaban Kenrick sudah benar dan sesuai menurut pandangan saya. Mengenai penambahan beberapa butir, mungkin mas Indra dapat merancang dulu proposalnya, nanti diadakan pemungutan suara terbuka seperti biasanya saja. Salam, Albertus Aditya (bicara) 10:05, 12 Juli 2010 (UTC)

Arsip Juni 2010

Berkas penggunaan wajar & berhak cipta namun diizinkan untuk dimasukkan ke WBI

Saya mau tanya, apakah ada kebijakan yang melarang ditampilkannya berkas berlisensi penggunaan wajar & berhak cipta namun diizinkan untuk dimasukkan ke WBI (seperti {{Pnri}}) di Halaman Utama ? Saya cari- cari di Kategori:Kebijakan Wikipedia tidak ada loh... ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 14:56, 23 Mei 2010 (UTC)

Tidak boleh ada di halaman utama. Coba cari di kebijakan Wikipedia Bahasa Inggris. --BlackKnightmail 15:21, 23 Mei 2010 (UTC)
Tidak ada, di en:Wikipedia:Image use policy, en:Wikipedia:Copyrights, en:Wikipedia:Copyright_violations, maupun en:Wikipedia:Image_copyright_tags tidak ada kata "Main page" (kalau sudah tidak ada kata "main page", tidak mungkin ada kalimat seperti "Image with fair-use license do not be displayed on the Main Page").. ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 15:39, 23 Mei 2010 (UTC)
Baca FAQnya. ...Aurora... (bicara) 14:38, 27 Mei 2010 (UTC)
Kalo gitu yang {{Pnri}} dan {{Kapanlagi}} kan bukan fairuse... ·· Kℇℕ℟ℑℂK () 04:35, 5 Juni 2010 (UTC)

Apakah kita sudah ada yang seperti ini en:Wikipedia:Naming conventions (Chinese)? Kalau yang Jepang sudah ada sih (Wikipedia:Pedoman penamaan/Nama Jepang). Saya sebenarnya ingin menerjemahkan artikel tokoh ini, tetapi bingung apakah akan memakai ejaan pinyin (趙汝适, 諸蕃志, Zhao Rukuo, Zhufan Zhi), atau seperti yang lebih populer dipakai para ahli sejarah kita (Chou-Ju-Kua, Chu-fan-chi). Pendapat anda? Salam, Naval Scene (bicara) 07:25, 2 Juni 2010 (UTC)

Belum punya kita. Saya sebenarnya juga sudah lama tertarik dengan permasalahan ini pula. Tradisi di Indonesia nampaknya berbeda. Biasa masih memakai Romanisasi yang dilakukan oleh orang Belanda. Terus terang sama lebih suka memakai ejaan Wade-Giles daripada Pinyin. Pinyin saya anggap agak aneh karena memakai z dan zh. Meursault2004ngobrol 09:49, 11 Juni 2010 (UTC)
Bagaimana rekan-rekan yang lain, apakah setuju memakai transliterasi Wade-Giles untuk penamaan ini di WBI? Salam, Naval Scene (bicara) 03:06, 14 Juni 2010 (UTC)
Tidak. Gunakan transliterasi internasional Pinyin, kecuali kasus-kasus tertentu (Koxinga, Cheng-ho, dan beberapa lainnya).
βέννγλιν 03:30, 14 Juni 2010 (UTC)
Saya kurang begitu paham mengenai bahasa Mandarin dan penamaannya, tetapi kalau saya, untuk artikel sepak bola biasanya saya menggunakan penamaan seperti di situs resmi FIFA ataupun AFC, ditambah dengan kroscek di Wikipedia Inggris. Mohon maaf kalau jadi nyasar ke sepak bola Albertus Aditya (bicara) 03:09, 14 Juni 2010 (UTC)
Saya kira harus dilihat konteksnya. Khusus nama orang, saya kira harus mengikuti transliterasi resmi (tercatat dalam dokumen resmi) orang tersebut. Ini semua harus ditentukan dengan hati-hati, karena transliterasi Pinyin, walaupun diterima secara internasional, namun tidak semua nama orang Cina secara resmi menggunakan transliterasi ini, khususnya nama-nama orang Cina Taiwan, Singapore, Hongkong, Malaysia, Indonesia, dan Overseas Chinese lainnya. Selain itu musti juga dilihat konteks sejarahnya. Contoh:
  1. Soe Hok Gie (蘇福義), bukan Su Fuyi;
  2. Sun Yat Sen (孫逸仙), bukan Sun Yixian;
  3. Goh Chok Tong (吳作棟), bukan Wu Zuodong;
  4. Chiang Kai-shek (蔣介石), bukan Jiang Jieshi;
  5. Ma Ying-jeou (馬英九), bukan Ma Yingjiu;
  6. en:Lim Kit Siang (林吉祥), bukan Lin Jixiang;
  7. ms:Kerk Kim Hock (郭金福), bukan Guo Jingfu. Hand15 (bicara) 04:04, 14 Juni 2010 (UTC)

OK terima kasih, tampaknya kita sudah dapat beberapa masukan yang bagus. Jadi untuk nama-nama orang Cina Taiwan, Singapore, Hongkong, Malaysia, Indonesia, dan Overseas Chinese lainnya yang sudah memiliki ejaan yang telah dikenal dalam bahasa Indonesia, tidak akan ditranslasikan menurut Pinyin. Selain itu untuk yang tidak dikenal dalam bahasa Indonesia, akan merujuk kepada penamaan menurut situs-situs resmi badan internasional (contoh: FIFA, AFC, dll.). Ada masukan lagi? Naval Scene (bicara) 05:43, 14 Juni 2010 (UTC)

Halo, sekarang saya sudah memulai proposalnya di sini. Bagi anda yang tertarik silakan memberikan komentar pada halaman pembicaraannya. Terima kasih. Salam, Naval Scene (bicara) 15:19, 17 Juni 2010 (UTC)
@ bung Bennylin, saya salah seorang pengguna pertama yang menyarankan nama "Tionghoa" dan ejaan Pinyin. Karena saya dulu berpendapat bahwa ini adalah ejaan yang ilmiah. Tetapi setelah saya pergi ke Hong Kong, Makau dan terutama Taiwan, saya mulai melihat bahwa ini ternyata juga masalah tradisi. Di Taiwan saya diberi pencerahan oleh bung Rintojiang mengenai masalah ejaan ini (terima kasih banyak). Jadi kalau boleh pendapat saya begini: untuk nama tempat dan orang dari RRT memakai ejaan Pinyin, dari daerah lain, nama yang digunakan yang bersangkutan atau sesuai tradisi setempat. Contoh lain, kedua presiden RI pertama di Wikipedia Inggris disebut sebagai "Sukarno" dan "Suharto" padahal ybs tidak menggunakan ejaan ini. Meursault2004ngobrol 22:17, 17 Juni 2010 (UTC)
Ya, saya tidak terlalu ngotot harus ini atau itu. Ide di atas kelihatannya baik untuk diterima, asalkan di paragraf pembukanya ada alternatif ejaannya (pakai {{zh}} biasanya OK).
βέννγλιν 02:12, 18 Juni 2010 (UTC)

Kebijakan keanggotaan kehormatan

Mengingat sudah mulai dilaksanakan pemungutan suara mengenai keanggotaan kehormatan atas nama Meursault2004 dan Borgx sementara kebijakan mengenai keanggotaan kehormatan ini belum cukup rinci, dengan ini saya mengusulkan supaya disusun kebijakan sebagai pedoman selanjutnya.

Konsep dasar mohon dilihat sini, silahkan diperbaiki dan dilengkapi. Salam Wikipedia.

Pras (bicara) 09:35, 11 Juni 2010 (UTC)

Setuju Setuju Ok! — Mikhailov Kusserow (bicara) 02:11, 15 Juni 2010 (UTC)

Pengusulan keanggotaan kehormatan sudah semakin meluas, kalau boleh saya menyarankan sebaiknya semua mantan pengurus dan pengurus diberikan kehormatan ini baru pengguna lainnya yang dianggap memenuhi kriteria. Pertimbangannya adalah seorang pengurus telah dengan sukarela mengorbankan tenaga, pikiran dan waktunya yang berharga untuk mengembangkan Wikipedia. Disamping itu seorang pengurus harus siap dicerca atau bahkan dicacimaki oleh pengguna lain kalau ada yang kurang senang misalnya karena kontribusinya dihapus.Pras (bicara) 22:56, 16 Juni 2010 (UTC)

Setuju saya usulkan terutama Yosri dan Hayabusa future. Meursault2004ngobrol 22:17, 17 Juni 2010 (UTC)

Standard baru artikel Wikipedia Bahasa Indonesia

Ok, Karena flag rev sudah diterapkan tanpa tanya-tanya dulu dan main keplak aja di jidat, gue mo naikin dengan standard baru artikel Wikipedia Bahasa Indonesia yang di kasih bendera sudah layak berdasarkan standar kompetisi.

Dalam kompetisi banyak penulis bagus, namun ditakar dari konsistensi, mereka menonjol):

Ini contoh, pranala berikut adalah pranala 3 peserta terbaik kompetisi (urutan acak):

  1. http://wikimedia.or.id/wiki/Kontribusi_Ivonne_Kristiani
  2. http://wikimedia.or.id/wiki/Kontribusi_Kartika_Sari_Henry
  3. http://wikimedia.or.id/wiki/Kontribusi_Hans_Abdiel

Kalau standarnya diterapkan untuk kontribusi selanjutnya gimana? Pengguna boleh teriak-teriak protes sekarang, but like always, you can thank me later when it's done.


Serenity (bicara) 17:26, 19 Juni 2010 (UTC)

Lha itu juga gw mo ngomong. Standar one dot one source kayaknya agak berat dan tidak efisien efektif gitu, gw liat dari kacamata gw yang agak rabun kayak katarak gitu, peserta keliatannya menterjemahkan dari satu sumber, terus dikembangkan dengan sumber2 lain. Jadi menurut gua standar harus dinaikkan bukan menjadi one dot one source, melainkan one insert one source. Tolong deh jidat gue jangan dikeplak, soalnye gw gak asal nyosor kayak tong sampah kosong yang suka jatuh dari puncak gunung himalaya. Dan gak usah pake tengkiu segala, langsung aja kasi gw bintang wiki. Wekekek. ESCa :-)/ 23:01, 19 Juni 2010 (UTC)

Jadi seharusnya gimana? Gue sih ngga lihat standar kompetisi yang sekarang masalah, dan kecuali elo punya solusi yang lebih baik, I suggest you zip it. Serenity (bicara) 07:40, 20 Juni 2010 (UTC)

Edan, galak bener ini orang. Judul di atas "Standard baru kompetisi artikel Wikipedia Bahasa Indonesia"? Ciao! ESCa :-)/ 14:12, 20 Juni 2010 (UTC)

Arsip Mei 2010

Kekuatan hukum lisensi

Apakah beberapa lisensi asing yang ada di Wikipedia (seperti Creative Commons, GFDL, fair use) telah memiliki kekuatan hukum di Indonesia? Jika ya mohon disertai referensinya.

ArdWar(BKLS) 12:46, 16 Mei 2010 (UTC)

Sepertinya ada di UU RI No. 19 thn 2002 : Pasal 45 : Pemegang Hak Cipta berhak memberikan Lisensi kepada pihak lain berdasarkan surat perjanjian Lisensi untuk melaksanakan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2. (selengkapnya : UU RI No. 19 thn 2002 di Wikisource) Thx... ·· Kℇℕ℟ℑℂK ( ) 12:57, 16 Mei 2010 (UTC)

Arsip April 2010

Wikimania Scholarships

The call for applications for Wikimania Scholarships to attend Wikimania 2010 in Gdansk, Poland (July 9-11) is now open. The Wikimedia Foundation offers Scholarships to pay for selected individuals' round trip travel, accommodations, and registration at the conference. To apply, visit the Wikimania 2010 scholarships information page, click the secure link available there, and fill out the form to apply. For additional information, please visit the Scholarships information and FAQ pages:

Yours very truly, Cary Bass
Volunteer Coordinator
Wikimedia Foundation


Beasiswa Wikimania

Pendaftaran Beasiswa Wikimania untuk menghadiri Wikimania 2010 di Gdansk, Polandia (9-11 Juli) saat ini sudah dibuka. Wikimedia Foundation menawarkan Beasiswa untuk membayarkan biaya-biaya perjalanan pulang-pergi, akomodasi, dan registrasi konferensi bagi individu yang terpilih. Untuk mendaftar, silahkan mengunjungi halaman informasi beasiswa Wikimania 2010, klik pranala aman yang tersedia di sana, dan isilah formulir pendaftarannya. Untuk informasi lainnya, silahkan mengunjungi halaman-halaman informasi dan FAQ Beasiswa:

Hormat kami, Cary Bass
Koordinator Relawan
Wikimedia Foundation

Untuk pengurus wikipedia

Saya anggota baru dalam wikipedia, saya menulis artikel dengan penggunaan huruf yang salah, mohon kepada pengurus Wikipedia untuk menghapus artikel

harap dihapus http://id.wikipedia.org/wiki/BATIK_TRIBE jangan dihapus http://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Tribe

tujuan saya disini untuk meng update informasi mengenai musik hip hop di Indonesia

Terima kasih


"" 05:28, 9 April 2010 (UTC)

Kasih aja {{hapus}} untuk yang ingin dihapus, sertakan alasannya --Ewesewes (bicara) 06:04, 9 April 2010 (UTC)
YaY - sudah di hapus. — Tjmoel  bicara 06:18, 9 April 2010 (UTC)


Penggunaan media non-bebas

Siapa yang setuju Wikipedia:Penggunaan media non-bebas ???

Jika proposal ini disetujui maka Wikipedia bahasa Indonesia bebas dari larangan- larangan yang ada di WP:F (yang menyebalkan sekali) karena Undang-undang Hak Cipta Republik Indonesia tahun 2002 Pasal 15 menyebutkan :

·· Kenrick ( ) 12:56, 11 April 2010 (UTC)

Setuju Saya sangat setuju karena saya pernah dan dirugikan oleh WP:F (memang menyebalkan) sehingga gambar saya dihapus, padahal sudah dicantumkan sumbernya. Oya, menurut anda-anda, bagaimana sinkronisasi antara pembicaraan di atas dengan Pembicaraan Berkas:Ibnu taimiyah.jpg? Ezagren peduli pesut 15:49, 12 April 2010 (UTC)

Komentar OOT untuk Bung Ezagren: Sebenarnya yang saya permasalahkan untuk Berkas:Ibnu taimiyah.jpg, selain masalah lisensi juga tentang Wikipedia:Pemastian, karena sangat meragukan sekali bahwa berkas tersebut gambar wajah Ibnu Taimiyah. Bahkan saya telusuri di pranala luarnya pun tidak ada pernyataan tegas bahwa itu adalah gambar tokoh tersebut. Saya hanya niat baik agar tidak terjadi misleading saja pada para pembaca Wikipedia. Salam, Naval Scene (bicara) 14:29, 17 April 2010 (UTC)

Perlukah templat pembeberan di alur?

Saya sebenarnya sudah menuliskan pembicaraan mengenai hal ini di halaman terkait. Namun berhubung tak ada yang membalas, jadi saya tulis ulang di sini:

Apakah templat ini (spoiler dan spoiler-end) perlu juga ditambahkan di bagian "Alur" atau "Sinopsis" suatu artikel? Karena saya rasa bagian ini pasti mengandung spoiler. Atau apakah hanya bagian tertentu saja selain "Alur" atau "Sinopsis" saja yang perlu diberikan templat ini (seperti di Final Fantasy VII Advent Children#Lain-lain)?
Dalam Wikipedia en, templat ini tidak dipakai saat di bagian "Sinopsis". Lihat :en:Final Fantasy VII Advent Children#Plot. Bahkan masalah templat spoiler ini telah menjadi bahan debat di WIkipedia en, dan sempat beberapa kali dihapus.
Di dikatakan bahwa "Therefore, Wikipedia no longer carries spoiler warnings, except for the content disclaimer and section headings (such as "Plot" or "Ending") which imply the presence of spoilers." William Surya Permana (bicara) 07:53, 26 Maret 2010 (UTC)

William Surya Permana (bicara) 07:34, 17 April 2010 (UTC)

Bung William Surya Permana, seingat saya belum ada yang begitu serius memperhatikan kasus ini sampai sekarang. Pendapat saya, kecuali bila ada pengguna lain yang berkeberatan, silahkan anda lakukan yang anda inginkan (memasang atau tidak memasang "spoiler") pada artikel-artikel yang anda buat. Mungkin bisa lihat kebijakan ini: Wikipedia:Jangan terbebani aturan. NB: Maaf tag "small" anda saya hapus karena jadi sulit dibaca. Salam, Naval Scene (bicara) 14:22, 17 April 2010 (UTC)

Usulan pencalonan Mimihitam

Rekan-rekan Wikipediawan, telah dimulai diskusi pencalonan Mimihitam sebagai pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia. Partisipasi Anda sekalian dinantikan di Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Mimihitam untuk pengurus 29 April 2010. Jangan membalas di sini tapi langsung saja ke sana atau ke halaman pembicaraannya. Salam.
βέννψλιν 06:00, 29 April 2010 (UTC)

Arsip Maret 2010

Gambar dari Kompas.com

Apakah WBI boleh mengambil gambar dari Kompas.com ? Berikut ini sebagian dari Terms of Use-nya [3]

LISENSI PENGGUNAAN KOMPAS.COM
Anda diperkenankan untuk menggunakan Kompas.com dan konten yang ditawarkan Kompas.com hanya untuk keperluan pribadi, bukan tujuan komersil. Anda dapat menggunakan konten yang diperbolehkan untuk diunduh, seperti foto dan rekaman suara, untuk keperluan pribadi dan sesuai peraturan pada konten yang dimaksud.

Anda tidak diperkenankan memproduksi ulang, mencetak, menyalin, menyimpan, mempublikasikan, menayangkan, menyebarkan, memodifikasi, menerjemahkan, menerbitkan, mentransfer, menjual, meminjamkan atau mendistribusikan konten Kompas.com tanpa ijin tertulis dari pengelola.

·· Kenrick   Mau ?  02:30, 13 Maret 2010 (UTC)

Boleh, dengan ijin tertulis dari pengelola. ESCa :-)/ 06:21, 13 Maret 2010 (UTC)

Pemungutan suara baru

Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Aldo samulo untuk pengurus 15 Maret 2010. Silakan semua komentar diberikan di Pembicaraan Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Aldo samulo untuk pengurus 15 Maret 2010.
bennylin
08:48, 15 Maret 2010 (UTC)

Mohon masukannya mengenai proses perencanaan strategi!

Nama saya Tyler, anggota tim Bridgespan Group yang bekerjasama dengan Wikimedia Foundation sepanjang proses perencanaan strategi Wikimedia Foundation. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, sebagai bagian dari proses tersebut, Wikimedia Foundation memutuskan untuk mengujicobakan investasi jangka pendek berupa penempatan staf di daerah setempat agar dapat membantu mengembangkan jumlah pembaca dan partisipasi di seluruh bahasa dan seluruh proyek Wikimedia, di tempat-tempat dengan prioritas tinggi. Tujuan program percontohan ini adalah untuk menentukan apa yang berhasil/efektif, yang tidak berhasil, serta mendokumentasikan temuan-temuan tersebut. Indonesia adalah salah satu tempat yang sedang dipertimbangkan; oleh karena itu kami akan sangat berterimakasih jika kami dapat dibantu mengetahui hal-hal berikut:

  1. Apa yang telah dilakukan komunitas Wikimedia Indonesia dalam setahun terakhir untuk mengembangkan jumlah pembaca dan partisipasinya?
  2. Apa yang sedang direncanakan komunitas Wikimedia Indonesia untuk melanjutkan pengembangan jumlah pembaca dan partisipasinya?
  3. Apa tantangan-tantangan terbesar yang dihadapi komunitas Wikimedia Indonesia dalam mengembangkan jumlah pembaca dan partisipasinya?
  4. Adakah hal yang bisa dibantu Wikimedia Foundation?
  5. Jika Wikimedia Foundation memutuskan untuk menempatkan stafnya di Indonesia, di manakah tempat yang paling cocok?
  6. Adakah hal lain yang perlu dipertimbangkan Wikimedia Foundation dalam memutuskan perlu atau tidakkah menempatkan staf di Indonesia?

Mohon berikan komentar Anda di halaman ini atau di halaman pembicaraan saya di strategy:User talk:TylerT atau melalui email: strategy@wikimedia.org

Terima kasih! Tyler

Komunitas Wikimedia Indonesia di sini maksudnya kontributor di proyek-proyek Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation) yang bermukim di Indonesia, ataukah perkumpulan Wikimedia Indonesia?. Mohon penjelasan. Gombang (bicara) 16:58, 18 Maret 2010 (UTC)

Arsip Februari 2010

Sebaiknya perlu ditinjau ulang... "Jumlah berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" yang dapat digunakan dalam satu halaman artikel paling banyak adalah satu."... Misalnya ada artikel panjang yang memerlukan banyak gambar fair-use jadi bagaimana ? ·· Kenrick xoquı 09:51, 24 Januari 2010 (UTC)

Ide awalnya adalah karena ensiklopedia bebas, maka berkas-berkasnya juga diusahakan bebas. Kalau tidak ada yang bebas ya artikelnya tidak perlu gambar.
bennylin
08:04, 25 Januari 2010 (UTC)
Misalnya artikel Anime & Manga (mana ada tampilan gambar Anime/ manga yang bebas, semuanya {{penggunaan wajar}}) ·· Kenrick xoquı 11:15, 27 Januari 2010 (UTC)
Saya usulkan supaya kebijakannya jadi begini : "Jumlah berkas bertanda "{{penggunaan wajar}}" yang dapat digunakan dalam satu halaman adalah 1 dikali panjang artikel dibagi 10kb (1 × panjang artikel ÷ 10.000b) lalu dibulatkan." Contoh : suatu artikel panjangnya 18888 bita. Maka berkas yang boleh dipakai adalah (1 × 18.888b ÷ 10.000b) = 1,8888 ≈ 2 ... Bagaimana ? ·· Kenrick xoquı 11:46, 27 Januari 2010 (UTC)
Jawabannya klasik. . Apa boleh buat. Kecuali di kiri atas halaman ini tidak lagi terdapat kata "bebas", maka barulah gambar-gambar non-bebas itu bisa ditambahkan. Mungkin karena itulah maka Jimbo membuatkan Wikia. Fanart rasanya tidak dilarang lho :), tinggal cari temen yang pinter gambar, hehe...
bennylin
12:39, 29 Januari 2010 (UTC)
Nggak usah... saya pun bisa gambar di Illustrator... Masalahnya objek yang saya gambar itu dicopyrighted... Jadi jika diupload ke sini, apa lisesinya bisa jadi bebas ? ·· Kenrick xoquı 04:54, 30 Januari 2010 (UTC)
Setelah saya baca di halaman pembicaraan Proyek Wiki Anime & Manga di Wikipedia B. Inggris (tentang maskot Proyek Wiki Anime & Manga), fanart itu adalah copyvio. ·· Kenrick   Mau ?  02:26, 13 Maret 2010 (UTC)
Kalo saya sih lebih memegang peraturan di WP Inggris terutama poin no 8 yaitu "Contextual significance. Non-free content is used only if its presence would significantly increase readers' understanding of the topic, and its omission would be detrimental to that understanding." Karena saya sering membuat artikel tentang game, tentu mau tidak mau berkasnya {{fair use}}. Walaupun di artikel tersebut bisa ada lebih dari 3 berkas "fair use" tetapi mau tidak mau harus dilakukan karena akan membantu pembaca memahami isi artikel. Silakan liat beberapa suntingan artikel game saya. Athrion  04:32, 6 Februari 2010 (UTC)

Nama dilarang

Dipindahkan dari WP:WKL

Kenapa kok Pengguna:BeHa, Pengguna:Korban Lumpur Lapindo, serta Pengguna:Makassarpanassekali tidak diblokir seperti Pengguna:Nabi Muhammad S.A.W serta pengguna lainnya yang diblokir karena melanggar peraturan wikipedia. (WP:N#Nama pengguna yang dilarang) Apakah karena mereka semua telah memberikan kontribusinya lebih berjasa daripada nama terlarangnya ? Kalo seperti demikian, kenapa kok Pengguna:Erik E VestBot kok malah diblokir (WP:BLOK). Saya minta biar mereka semua mendingan diblokir saja karena jika dilihat dari namanya saja sudah menyimpang sekali & demi demokrasi keadilan di Wikipedia tolong ya. Namun ada pula seorang pengguna yang mengalaminya (saya lupa tapi saya ingat komentarnya) berkomentar bahwa "apa salahnya berkreasi sedikit untuk membuat nama pengguna". Saya sebagai wakil dari pengguna tersebut serta pengguna lainnya bertanya, "Kenapa yang lain diblokir tetapi Pengguna:BeHa, Pengguna:Korban Lumpur Lapindo, serta Pengguna:Makassarpanassekali tidak ?". Berarti jangan-jangan ada kejanggalan nih antara para pengurus nih. Tolong untuk pengguna yang dapat mengerti/menerima/tahu apa penyebabnya tentang peristiwa ini beri komentar Anda Erik 11:47, 24 Februari 2010 (UTC)

"Erik E VestBot" Anda melanggar #N1, yaitu : "Nama-nama yang mengandung istilah-istilah Bot" (kecuali kecuali nama tersebut memang betul-betul akan digunakan sebagai akun bot yang sah).
  • Apa yang salah dari nama "BeHa" ? (kutipan dari guru S. Lukis saya : "Sebenarnya suatu benda porno dapat dikatakan tidak porno jika otakmu tidak porno")
  • "Makassar" bukan merek dagang & bukan mempromosikan suatu organisasi, jadi apa salahnya ? "panas sekali" mungkin dapat melanggar #N2
  • Lalu nama "Korban Lumpur Lapindo" mungkin mengandung sudut pandang yang menghasut atau kontroversial (#N2).

·· Kenrick — 恭喜发财 15:31, 24 Februari 2010 (UTC)
Baik, dapat diterima. Tapi penjelasan Anda (Kenrick95) mungkin tidak terlalu kuat sehingga perlu pengguna atau bahkan pengurus lain untuk diminta penjelasannya. Sekali lagi, silahkan. Erik 21:25, 24 Februari 2010 (UTC)

Syarat Kepengurusan

==> Wikipedia:Peringanan persyaratan menjadi seorang pengurus

Arsip Januari 2010

Artikel bagus & berkas

Tanya
  • Artikel bagus di Proyek Wiki apakah harus melalui persetujuan dari untuk menjadikan artikel itu Artikel Bagus ???
  • Jika saya membuat gambar tentang Conan Edogawa (boleh dibilang menjiplak karena hanya dijiplak di Adobe Illustrator), apakah gambar yang saya buat itu masih berlisensi Fairuse atau boleh suka- suka saya taruh lisensi (misalnya GFDL)

·· Kenrick xoquı 15:34, 20 Januari 2010 (UTC)

  • Artikel bagus memang harus lewat persetujuan. Tapi ini sudah lama tidak tersentuh juga. Kalau saya inginnya sebuah artikel, sebelum jadi artikel pilihan, mestinya jadi artikel bagus terlebih dahulu.
  • Gambar fairuse berhak cipta, jadi Anda tidak bisa mengubah lisensinya begitu saja (kecuali kalau pemilik hak ciptanya Anda, tentu saja) Gombang (bicara) 07:31, 22 Januari 2010 (UTC)
  • Masalahnya di kategori ini, tidak ada yang lewat sini.
  • Misalnya saya tidak menjiplak tapi saya gambar sendiri nanum objeknya sama apakah boleh diganti lisensinya ? ·· Kenrick xoquı 11:05, 22 Januari 2010 (UTC)