Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/2022/1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Survei Harapan Komunitas 2022[sunting sumber]

Survei Harapan Komunitas 2022 telah dibuka!

Survei ini adalah proses dimana komunitas akan memutuskan apa yang tim Community Tech harus kerjakan selama satu tahun kedepan. Kami mendorong semua orang untuk mengirimkan proposal hingga batas waktu berakhir pada 23 Januari, atau mengomentari proposal lain untuk membuatnya menjadi lebih baik.

Komunitas akan memberikan suara pada proposal antara 28 Januari dan 11 Februari.

Tim Community Tech berfokus pada perkakas-perkakas bagi penyunting Wikimedia berpengalaman. Anda dapat menulis proposal dalam bahasa apa pun, dan kami akan menerjemahkannya untuk Anda. Kami tak sabar ingin melihat proposal Anda! Terima kasih. SGrabarczuk (WMF) (talk) 10 Januari 2022 18.10 (UTC)[balas]

Feminism and Folklore 2022[sunting sumber]

Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda

Greetings! You are invited to participate in Feminism and Folklore 2022 writing competion. This year Feminism and Folklore will focus on feminism, women biographies and gender-focused topics for the project in league with Wiki Loves Folklore gender gap focus with folk culture theme on Wikipedia.

You can help us in enriching the folklore documentation on Wikipedia from your region by creating or improving articles focused on folklore around the world, including, but not limited to folk festivals, folk dances, folk music, women and queer personalities in folklore, folk culture (folk artists, folk dancers, folk singers, folk musicians, folk game athletes, women in mythology, women warriors in folklore, witches and witch hunting, fairy tales and more. You can contribute to new articles or translate from the list of suggested articles here.

You can also support us in organizing the contest on your local Wikipedia by signing up your community to participate in this project and also translating the project page and help us spread the word in your native language.

Learn more about the contest and prizes from our project page. Feel free to contact us on our talk page or via Email if you need any assistance...

Thank you.

Feminism and Folklore Team,

Tiven2240 --11 Januari 2022 05.49 (UTC)[balas]

Berbicara dengan Community Tech[sunting sumber]

Halo

Kami, tim yang mengerjakan Survei Harapan Komunitas, mengundang Anda untuk mengikuti pertemuan daring bersama kami. Pertemuannya akan dilakukan pada 19 Januari (Rabu), 18:00 UTC di Zoom dan akan berlangsung selama satu jam. Sistem eksternal ini tidak mematuhi Kebijakan Privasi WMF. Tekan di sini untuk bergabung.

Agenda

  • Berikan draf proposal Anda dan berbicara ke anggota Tim Community Tech tentang pertanyaan Anda mengenai cara memperbaiki proposal

Format

Pertemuan ini tidak akan direkam atau disiarkan. Catatan tanpa atribusi akan dibuat dan diterbitkan di Meta-Wiki. Presentasi (semua poin dalam agenda kecuali untuk pertanyaan dan jawaban) akan diberikan dalam bahasa Inggris.

Kami bisa menjawab pertanyaan dalam bahasa Inggris, Prancis, Polandia, Spanyol, dan Jerman. Jika Anda ingin menanyakan pertanyaan lebih awal, tambahkan pertanyaannya di halaman pembicaraan Survei Harapan Komunitas atau kirimkan ke sgrabarczuk@wikimedia.org.

Natalia Rodriguez (manajer Community Tech) akan menjadi tuan rumah pertemuan ini.

Tautan undangan

Kami berharap bisa bertemu Anda! SGrabarczuk (WMF) (talk) 18 Januari 2022 00.14 (UTC)[balas]

Kabar terkini Pembaruan Desktop dan undangan Office Hours[sunting sumber]

Halo. Saya ingin memberi kabar mengenai proyek Pembaruan Desktop yang sedang dikerjakan oleh tim Web Wikimedia Foundation dalam beberapa tahun terakhir.

Tujuan proyek ini adalah untuk membuat antarmuka lebih ramah dan nyaman untuk para pembaca dan berguna untuk pengguna tingkat lanjut. Proyek ini terdiri dari serangkaian pembaruan fitur yang diharapkan dapat membantu dalam membaca dan mempelajari konten, berpindah dari satu situs ke situs lainnya, mencari konten, mengubah bahasa, membuka tab-tab dalam artikel, menggunakan menu pengguna, dan lain-lain.

Pembaruan ini sudah dapat dilihat secara langsung oleh pembaca dan penyunting di 24 situs wiki berbeda, termasuk situs Wikipedia dalam bahasa Prancis, Portugis, dan Persia.

Pembaruan tersebut hanya mempengaruhi pengguna atau pembaca yang menggunakan kulit Vector. Pengguna yang menggunakan kulit Monobook atau Timeless tidak akan melihat pembaruan-pembaruan ini.

Fitur yang dirilis sejak pembaruan terakhir[sunting sumber]

  • Menu pengguna - berfokus untuk membuat penjelajahan lebih intuitif dengan menyorot visual struktur pranala pengguna dan tujuan-tujuan itu.
  • Bagian kepala menempel - berfokus untuk memberi akses terhadap fungsi-fungsi penting (masuk/keluar log, riwayat, halaman pembicaraan, dll.) tanpa menyuruh pengguna untuk menggulung ke bagian atas halaman.

Senarai fitur yang dikerjakan dalam proyek ini dapat dilihat di halaman ini. Kami mengundang Anda untuk melihat halaman kabar terkini.


Cara mengaktifkan pembaruan ini[sunting sumber]

Preferensi global
  • Pengguna dapat mengaktifkan pembaruan ini untuk diri sendiri di tab Tampilan di dalam preferensi dengan menghapus centang di kotak "Gunakan Vektor Warisan". (Harus dikosongkan.) Pengguna juga dapat mengaktifkannya untuk semua wiki dengan menggunakan preferensi global.
  • Di wiki tempat perubahannya terlihat secara baku bagi semua orang, pengguna yang masuk log dapat mematikan perubahan ini dan menggunakan Legacy Vector. Terdapat pranala yang mudah diakses di bilah sisi Vector yang baru.

Pelajari lebih lanjut dan ikuti acara-acara kami[sunting sumber]

Jika Anda ingin mengetahui perkembangan terbaru mengenai proyek ini, Anda dapat berlangganan nawala kami.

Silakan membaca halaman proyek ini, lihat pertanyaan umum, beri saran di halaman pembicaraannya, dan ikuti pertemuan daring dengan kami (27 Januari (Kamis), 15:00 UTC).

Cara bergabung dalam pertemuan daring

Terima kasih!

Atas nama tim Web Wikimedia Foundation, SGrabarczuk (WMF) (bicara) 25 Januari 2022 06.32 (UTC)[balas]

Kuyou.id sumber terpercaya?[sunting sumber]

Pertanyaan: apakah Kuoyu.id termasuk sumber terpercaya? Situsnya tidak terdaftar di Dewan Pers. Perusahaan pengelolanya juga demikian. Di bagian "Tentang kami"-nya tertulis bulat-bulat bahwa "Semua orang berhak jadi konten kreator dan berhak menjadi publik figur". Jadi sesungguhnya website ini user generated; kontennya tidak ditulis oleh jurnalis, sehingga tidak bisa dijadikan sumber yang terpercaya, betul kan? Namun mengapa begitu banyak selebriti indonesia, youtuber, nistagramer, dan publik figur lainnya yang hanya memiliki referensi kuyou.id bisa lolos?

Tidak hanya kuyou.id, saya harapkan pengurus dapat memeriksa kelayakan berdasarkan referensi utama yang digunakan di artikel. Jika referensi utamanya tidak terdaftar di Dewan Pers, merupakan user generated (misal fandom.com), dan/atau konten pesanan, sebaiknya jangan diloloskan. Hysocc, Let's talk 25 Januari 2022 07.30 (UTC)[balas]

Memang bukan tepercaya. Silakan beri tag pemeliharaan; jika sekiranya ada rujukan lain yang dapat dicari, bisa beri tag tidak layak, tetapi jika hanya berdiri dengan rujukan UGC seperti itu, ajukan tag hapus. Hal ini juga saya lakukan saat menemui artikel yang hanya bersandar dengan rujukan kuyou.id maupun situs web sejenisnya. – S264 [badhé ngobrol?] 25 Januari 2022 10.35 (UTC)[balas]

Pedoman gaya untuk biografi tokoh militer[sunting sumber]

Menindaklanjuti diskusi awal di tempat lain (grup Telegram), saya mengusulkan agar kita membuat pedoman gaya untuk artikel biografi tokoh militer. Beberapa yang bisa jadi pembahasan:

  • Nama di paragraf pembuka. Beberapa artikel yang saya lihat mencantumkan titel kepangkatan (terutama tokoh Indonesia). Saya usul ini ditaruh di badan artikel saja. Jadi misalnya, "Maruli Panjaitan adalah letnan jenderal TNI yang menjabat sebagai panglima Kostrad". Kalau sekarang: "Mayor Jenderal Maruli Panjaitan adalah perwira tinggi TNI ...dst". Pangkat tokoh militer bisa berubah-ubah, dan tidak artikelnya tidak selalu cepat diperbarui. Kalau melihat contoh kasus ini, dari paragraf pembuka saja sudah kelihatan artikelnya tidak up to date.
  • Sebutan untuk tokoh militer yang sudah pensiun. Apakah masih pakai pangkat terakhir atau tidak (saya lebih suka tidak dicantumkan, tapi buat satu ini tidak terlalu masalah buat saya.
  • Lain-lain yang relevan. Gombang (bicara) 25 Januari 2022 12.54 (UTC)[balas]
Menurut saya, karena pangkat itu berubah-ubah, sebaiknya dicantumkan namanya saja sebab akan repetitif karena akan diceritakan kembali di isi artikel tentang jabatan apa saja yang pernah dia emban. Untuk kasus yang telah meninggal atau pensiun, kita bisa melihat contoh Kapitan Pattimura yang sering saya dengar juga, tapi hanya mencantumkan Pattimura saja sebagai nama artikel. Agus Damanik (bicara) 25 Januari 2022 13.51 (UTC)[balas]
Usul saya: untuk keseluruhan paragraf, tidak perlu cantumkan pangkat. Biarlah itu jadi perkara info box/kotak info sahaja Azmi1995 (bicara) 27 Januari 2022 02.55 (UTC)[balas]
Sekadar mengabarkan: Usulan serupa tengah dibicarakan di sini. Naufal Farrasbicara 15 Februari 2022 04.15 (UTC)[balas]
Oh, saya tidak menyadari ada ini, mohon maaf, bang @Gombang:. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 15 Februari 2022 13.15 (WIB)

Soal marga[sunting sumber]

Saban hari, saya melihat artikel tentang en:Marga (Batak) yang, kalau dibandingkan dengan Daftar marga Suku Batak/Daftar mado Nias/Marga Minahasa/Marga suku Toraja, ternyata, eh, ternyata, malah tidak begitu banyak sumber—kalau tidak mau dibilang nol—yang dicantumkan di sana.

Kalau kita bandingkan dengan yang ada di en:, praktis, tinggal tersisa marga batak, en:List of Minangkabau clans dan en:Chinese Indonesian surname sahaja.

  1. Kebetulan, saya mau buat artikel tentang daftar marga suku Mee yang diambil dari Takimai, Hubertus (2016), Kamus Praktis Bahasa Mee — Indonesia (edisi ke-dua), Kwamki, Mimika Baru, Mimika: Aseni, hlm. 372–75, ISBN 9786027042445 . Pertanyaan saya, buku ini masuk <ref>{{cite book}}</ref> atau masuk ke == Daftar pustaka ==
    * {{citation}}????
  2. Artikel-artikel yang saya sebut di atas ini apakah dibiarkan saja atau dihapus dan dimerahkan sekalian?



    Azmi1995 (bicara) 27 Januari 2022 03.31 (UTC)[balas]


Untuk artikel Daftar marga Suku Batak telah saya tambahkan sumber dan pranala luar sebagai acuan dari marga-marga yang tercantum pada artikel tsb, mungkin kalau ada waktu luang saya akan tambahkan dan rapikan artikel tsb. Trims. 27christian11 (bicara) 27 Januari 2022 08.32 (UTC)[balas]

Nanti saya cek lagi. Sayang juga kalau sampai dihapus hehe Azmi1995 (bicara) 27 Januari 2022 20.26 (UTC)[balas]