Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/April 2013

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Apakah namanya itu reset asli?[sunting sumber]

Sy suatu hari nanti hendak membuat artikel bayam duri (Amaranthus spinosus). Nah, sy ketemu dari sumber LIPI bahwa "bayam yang berduri-duri disebut bayam hutan. Lebih umum disebut bayam duri". Nah, kalo sy menganggap bayam hutan itu sebagai bayam duri, apakah itu disebut riset asli -terlebih lagi apabila sy masukkan ke Wikipedia-? --Akbar ini dari Kalbar 5 April 2013 13.24 (UTC)[balas]

Iqra, ya akhi. SpartacksCompatriot lapak stensil 5 April 2013 14.01 (UTC)[balas]
Kalau ada sumbernya dan itu dari LIPI (sumber yang tepercaya) itu namanya bukan riset asli. Karena yang dinamakan riset asli itu adalah buah pikir dirimu sendiri. Baca templat dibawah ini yang diambil dari halaman Wikipedia:Bukan riset asli
 ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.03, 5 April 2013 (WIB)
Kalau sumber LIPI bilang "bayam yang berduri-duri disebut bayam hutan. Lebih umum disebut bayam duri" ya jelas bukan riset asli. Apalagi dari LIPI. Lalu Anda bilang "sy menganggap bayam hutan itu sebagai bayam duri" itu kan anggapan yang kemudian selaras dengan sumber tepercaya. Riset asli dan sumber tepercaya 'kan beda jauh. Jangan ragu dan berpikir lima puluh kali lagi kalau sudah menemukan sumber tepercaya. -- Adiputra बिचर -- 5 April 2013 16.12 (UTC)[balas]
Ok, bung. Terima kasih t'lah memberikan sy kepastian. --Akbar ini dari Kalbar 6 April 2013 02.50 (UTC)[balas]

Tahap Wikidata yang kedua (infoboxes) yang datang ke Wikipedia ini[sunting sumber]

Beberapa waktu yang lalu Wikidata diperbolehkan di Wikipedia ini. Ini berarti anda mendapat link baahasa di setiap artikel dari Wikidata. Sebentar lagi adalah waktunya untuk memprbolehkan tahap kedua dari Wikidata (infoboxes) disini. Kami sudah menyelesaikan ini di first 11 Wikipedias (it, he, hu, ru, tr, uk, uz, hr, bs, sr, sh) dan semuanya terlihat baik. Langkah berikutnya adalah di Wikipedia Bahasa Inggris. Ini direncanakan untuk tanggal 8 April. Jika segalanya baik-baik saja kami akan deploy ke semua Wikipedia yang tersisa Pada tanggal 10 April. Saya akan mengupdate this part of the FAQ if there are any issues forcing us to change this date. I will also sent another note to this village pump once the deployment is finished.

Apa yang akan terjadi ketika tahap kedua diperbolahkan disini ? Ketika itu diperbolehkan di dalam beberapa hari anda dapat memanfaakan data yang sudah tersusun yang tersedia di Wikidata didalam artikel/ifobox. Itu termasuk benda seperti simbol dari elemen kimia , ISBN dari sebuah buku atau wilayah tingkat atas dari sebuah negara. (Tidak ada satupun dari ini yang akan terjadi secara otomatis. Seseorang harus merubah artikel atau contoh infobox agar ini terjadi !)

Bagaimana ini bekerja? Ada dua cara untuk mengakses data tersebut,yaitu :

  • Gunakan sebuah kegunaan parser seperti {{#property:p169}} didalam wiki text dari sebuah artikel dari Yahoo!. Ini akan mengembalikkan “Marissa Mayer” sebagai chief executive officer dari company.
  • Untuk hal hal yang lebih rumit anda dapat menggunakan Lua. Dokumentasi untuk ini adalah here.

Kami bekerja didalam memperluas kegunaan parser jadi untuk contoh gunakan {{#property:chief executive officer}} instead of {{#property:p169}}. Rencana yang lengkap untuk ini adalah here.

Dimana saya dapat mencoba ini ? Anda sudah dapat mencoba ini di test2.

Dimana saya dapat mencari informasi dan bertanya? Kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang utama di FAQ for this deployment. Silahkan mengajukan pertanyaan yang mungkin anda miliki di the FAQ’s discussion page.

Saya ingin tetap up-to-date tentang Wikidata Untuk tetap up-to-date tentang segala yang terjadi di Wikidata mohon subscribe ke laporan yang disampaikan secara mingguan ke halaman pembicaraan pengguna yang berlangganan.

--Lydia Pintscher 5 April 2013 16.59 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Evaluasi WP:KPC#B6[sunting sumber]

Selengkapnya di Pembicaraan Wikipedia:Penghapusan cepat#Evaluasi_WP:KPC.23B6.

Salam. ·· KℇℵℭK 7 April 2013 07.26 (UTC)[balas]

Pemblokiran[sunting sumber]

Sesuai janji, saya hanya memblokir dengan transparan, dengan memberi info kepada yang lain melalui Warung Kopi. Pengguna:Yayasan.megadata telah diblokir dengan alasan menggunakan nama terlarang, atas usulan pemblokiran oleh Pengguna:Aldo_samulo Jika ada satu saja yang mengajukan keberatan, blokir langsung dicabut. Hariadhi - Ngobrol 18 April 2013 19.14 (UTC)[balas]

Setuju Setuju Sy setuju sekali. S'tiap nama yg disitu ada promosi, maka pantas diblokir. Titik. --Akbar ini dari Kalbar 21 April 2013 00.52 (UTC)[balas]

Pengguna:Dj_Ran[sunting sumber]

Halo, saya akan memblokir Dj_Ran untuk periode 3 bulan dengan alasan terus-terusan mengupload gambar yang melanggar hak cipta. Ybs mencomot gambar-gambar dari blogspot yang tidak jelas pemiliknya dan menyalahgunakan lisensi "berhak cipta tapi diizinkan penggunaannya". Pelanggaran ini sudah banyak diingatkan oleh Pengguna lain. Tapi Dj_Ran terlihat mengabaikan apapun yang ditulis di halaman pembicaraannya.

Jika ada yang mengajukan keberatan, saya tunggu dalam 1 hari ini. Hariadhi - Ngobrol 2 Mei 2013 06.18 (UTC)[balas]

Setuju... ‑Bennylin omong 17.26, 2 Mei 2013 (WIB)
Kalau sudah diperingatkan sebelumnya, saya setuju Ostiamare (bicara) 2 Mei 2013 16.37 (UTC)[balas]

Pengguna:Lmg_003[sunting sumber]

Atas skandal informasi kepemilikan saham Indosat, saya menelusuri tindakan pemalsuan informasi yang dilakukan ybs di Wikipedia Bahasa Inggris. Dan bukti statistik menyatakan kedua akun tersebut (lmg_003 di Wikien dan lmg_003 di wikiid) adalah orang yang sama (sama-sama menciptakan akun pada tanggal 25 maret). lmg_003 di Wikipedia Bahasa Indonesia ceroboh meninggalkan jejak dengan mengedit artikel Gramedia dan mengganti nama M&C menjadi MNC dan M&C. Akun di wiki en menjadi wewenang pengurus En, akun di Wiki id saya blokir 3 bulan.

Jika ada yang mengajukan keberatan, saya tunggu dalam 1 hari ini. Hariadhi -

OK. Sudah saya blokir secara global selamanya. ‑Bennylin musyawarah 18.34, 2 Mei 2013 (WIB)
Permohonan komentar mengenai administrator yang tidak aktif.

(Silakan pertimbangkan untuk menerjemahkan pesan ini untuk kepentingan rekan-rekan Wikimedian. Silakan pertimbangkan juga untuk menerjemahkan proposal.)

Read this message in English / Lleer esti mensaxe n'asturianu / বাংলায় এই বার্তাটি পড়ুন / Llegiu aquest missatge en català / Læs denne besked på dansk / Lies diese Nachricht auf Deutsch / Leś cal mesag' chè in Emiliàn / Leer este mensaje en español / Lue tämä viesti suomeksi / Lire ce message en français / Ler esta mensaxe en galego / हिन्दी / Pročitajte ovu poruku na hrvatskom / Baca pesan ini dalam Bahasa Indonesia / Leggi questo messaggio in italiano / ಈ ಸಂದೇಶವನ್ನು ಕನ್ನಡದಲ್ಲಿ ಓದಿ / Aqra dan il-messaġġ bil-Malti / norsk (bokmål) / Lees dit bericht in het Nederlands / Przeczytaj tę wiadomość po polsku / Citiți acest mesaj în română / Прочитать это сообщение на русском / Farriintaan ku aqri Af-Soomaali / Pročitaj ovu poruku na srpskom (Прочитај ову поруку на српском) / อ่านข้อความนี้ในภาษาไทย / Прочитати це повідомлення українською мовою / Đọc thông báo bằng tiếng Việt / 使用中文阅读本信息。

Halo!

Terdapat permohonan komentar baru di Meta-Wiki menyangkut pencabutan hak-hak administratif dari Wikimedian yang non-aktif dalam masa waktu lama. Pada umumnya, proposal dari para pengurus ini akan berlaku pada wikis tanpa proses peninjauan dari administrator.

Kami juga mengumpulkandaftar proyek disertai prosedur penghapusan administrator non-aktif di halaman pembicaraan dari permohonan komentar. Jangan sungkan-sungkan menambahkan proyek(-proyek) anda ke dalam daftar apabila anda punya kebijakan terhadap ketidakaktifan administrator.

Semua masukan dihargai. Pembahasan ditutup paling segera tanggal 21 Mei 2013 (2013-05-21), tetapi akan diperpanjang apabila diperlukan.

Terima kasih, Billinghurst (thanks to all the translators!) 24 April 2013 04.48 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery (Wrong page? You can fix it.)

Wikidata phase 2 (infoboxes) is here[sunting sumber]

Sorry for writing in English. I hope someone can translate this. If you understand German better than English you can have a look at the announcement on de:Wikipedia:Kurier.

A while ago the first phase of Wikidata was enabled on this Wikipedia. This means you are getting the language links in each article from Wikidata. We have now enabled the second phase of Wikidata (infoboxes) here. We have already done this on the first 11 Wikipedias (it, he, hu, ru, tr, uk, uz, hr, bs, sr, sh) a month ago and two days ago on the English Wikipedia. Today all the remaining Wikipedias followed.

What does having phase 2 enabled here mean? You are now able to make use of the structured data that is available on Wikidata in your articles/infoboxes. It includes things like the symbol for a chemical element, the ISBN for a book or the top level domain of a country. (None of this will happen automatically. Someone will have to change the article or infobox template for this to happen!) The current state is just the beginning though. It will be extended based on feedback we get from you now.

How will this work? There are two ways to access the data:

  • Use a parser function like {{#property:p159}} in the wiki text of the article on Wikimedia Foundation. This will return “San Francisco” as that is the headquarter location of the non-profit.
  • For more complicated things you can use Lua. The documentation for this is here.

We are working on expanding the parser function so you can for example use {{#property:headquarter location}} instead of {{#property:p159}}. The complete plan for this is here.

Where can I test this? You can test it on test2 if you don't want to do it in an article here.

Where can I find more information and ask questions? We have collected the main questions in an FAQ for this deployment. Please ask questions you might have on the FAQ’s discussion page.

I want to be kept up to date about Wikidata To stay up-to-date on everything happening around Wikidata please subscribe to the newsletter that is delivered weekly to subscribed user’s talk pages.


We are excited about taking yet another step towards allowing all Wikipedias share structured data and collect and curate it together. --Lydia Pintscher 24 April 2013 19.09 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

[en] Change to wiki account system and account renaming[sunting sumber]

Some accounts will soon be renamed due to a technical change that the developer team at Wikimedia are making. More details on Meta.

(Distributed via global message delivery 30 April 2013 03.44 (UTC). Wrong page? Correct it here.)

[en] Change to section edit links[sunting sumber]

The default position of the "edit" link in page section headers is going to change soon. The "edit" link will be positioned adjacent to the page header text rather than floating opposite it.

Section edit links will be to the immediate right of section titles, instead of on the far right. If you're an editor of one of the wikis which already implemented this change, nothing will substantially change for you; however, scripts and gadgets depending on the previous implementation of section edit links will have to be adjusted to continue working; however, nothing else should break even if they are not updated in time.

Detailed information and a timeline is available on meta.

Ideas to do this all the way to 2009 at least. It is often difficult to track which of several potential section edit links on the far right is associated with the correct section, and many readers and anonymous or new editors may even be failing to notice section edit links at all, since they read section titles, which are far away from the links.

(Distributed via global message delivery 30 April 2013 18.34 (UTC). Wrong page? Correct it here.)

Gadget[sunting sumber]

Untuk mencoba fitur ini lebih awal, silakan aktifkan melalui Istimewa:Preferensi perkakas Anda. (Beri tanda centang pada "Pindahkan pranala penyuntingan ke samping judul subbagian") ‑Bennylin bicara 18.30, 2 Mei 2013 (WIB)