Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip/2012

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arsip Diskusi
2004 Tahun 2012:
2005 Kebijakan
2006 Usulan
2007 Teknis
2008 Bahasa
2009 Lain-lain
2010 Semua
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
2020
2021
2022
2023
Diskusi Terkini



Arsip Desember 2012

Kebijakan untuk Site Notice Wikipedia Bahasa Indonesia

Kebijakan bodoh pilih satu diantara enam dan tidak ada yang tanggung jawab

Halo admin,

  • Kebijakan untuk site notice Wikipedia bahasa Indonesia mengiklankan facebook dan twitter tertentu via site notice Wikipedia bahasa Indonesia yang disumbang oleh berbagai sukarelawan - aturannya mana yah?
  • Saya lihat di facebook paling tidak ada enam akun facebook Wikipedia Bahasa Indonesia; mulai dari Pengguna Wikipedia bahasa Indonesia (grup), Anime Wikipedia Bahasa Indonesia, Wikipedia bahasa Indonesia (umum, halaman komunitas), Indonesian Wikipedia yang fungsinya mengutip orang orang difacebook yang mencantumkan Wikipedia Bahasa Indonesia di status mereka. Tapi hanya satu akun yang diiklankan di site notice. Kenapa? Kenapa akun ini yang dipilih? Siapa adminnya? Ada berapa? Siapa yang bertanggung jawab kalau ternyata akunnya dipersalah gunakan padahal diiklankan via site notice Wikipedia bahasa Indonesia yang notabene dioperasikan oleh Wikimedia Foundation?
  • Mengapa tidak dibuka siapa yang bertanggung jawab disini? Karena admin tersebut mengatas namakan Wikipedia Bahasa Indonesia yang namanya banyak, bukan satu.
  • Seharusnya iklan tersebut dicabut karena rentan masalah. Biar saja pengguna facebook memilih mereka mau ikut akun yang mana. Serenity (bicara) 26 Desember 2012 05.54 (UTC)[balas]
Kapasitas saya dalam menjawab pertanyaan ini adalah sebagai pribadi dan tidak mewakili seluruh pengurus. Setahu saya, Facebook (http://www.facebook.com/id.wiki) dan Twitter (https://twitter.com/idwiki) yang "diiklankan" adalah akun Facebook yang dijalankan oleh sejumlah pengguna aktif dan pengurus Wikipedia bahasa Indonesia, termasuk saya menjadi pengurus di laman Facebook, namun saya pribadi tidak terlalu aktif; sementara akun Twitter meng-"tweet" yang sama dengan akun Facebook; ralat bila salah. Di laman Facebook, setahu dan seingat saya ada 8 (delapan) orang admin, tidak semuanya pengurus di WBI, tetapi boleh dikatakan pengguna aktif atau mungkin sangat aktif di WBI.
Untuk pertanggung jawaban yang mungkin ditanyakan Serenity, pengubahan pada Sitenotice dilakukan oleh Pengurus Bennylin. Salam. Albertus Aditya (bicara) 26 Desember 2012 06.12 (UTC)[balas]

Lalu siapa admin admin dalam facebook itu dan bagaimana menghubunginya kalau akun facebook tersebut dipersalah gunakan padahal iklannya ada di Wikipedia bahasa Indonesia? Apa kita hanya terus pergi ke delapan orang yang tidak tahu siapa dan menghubunginya bagaimana? Serenity (bicara) 26 Desember 2012 07.38 (UTC)[balas]

Agar terjadi transparasi, maka berikut nama-nama admin halaman http://www.facebook.com/id.wiki (secara alfabetis):
Salam. ·· KℇℵℭK 27 Desember 2012 05.54 (UTC)[balas]
Hihihi... beginilah kalau Ibu Presiden sudah mencak-mencak.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   27 Desember 2012 17.24 (UTC)[balas]
Berkas:Perempuan dengan rok mini enam bulan dipenjara.png
kampanye negatif terhadap perempuan status 1
Berkas:Menampar perempuan didepan umum.png
kampanye negatif terhadap perempuan status 2
Halo,
Saya sebagai Ketua Umum Wikimedia Indonesia secara resmi meminta site notice di Wikipedia bahasa Indonesia dicabut. Hal ini karena beberapa statusnya, dimana pranalanya diiklankan dengan menggunakan situs web Wikipedia Bahasa Indonesia, telah mengkampanyekan hal negatif dan kekerasan terhadap perempuan untuk wilayah Indonesia. Permintaan ini sekali lagi adalah permintaan untuk mencabut site notice yang mengiklankan twitter dan facebook tertentu untuk Wikipedia Bahasa Indonesia dalam 1x24 jam atau ke delapan pegurus situs facebook tersebut akan saya laporkan pada Geoff Bringham penasehat hukum Wikimedia Foundation atas penggunaan situs Wikipedia untuk mengiklankan hal negatif diatas. Saya tunggu kerja samanya. Siska.Doviana (bicara) 28 Desember 2012 08.16 (UTC)[balas]
Sudah diubah Albertus Aditya. SpartacksCompatriot lapak stensil 28 Desember 2012 09.05 (UTC)[balas]
Dan post yang terkait di Facebook telah dihapus. ·· KℇℵℭK 28 Desember 2012 09.07 (UTC)[balas]

Pertama-tama, saya setuju bahwa perlu lebih ada pertanggungjawaban untuk admin yang membuat post. Maka saya usulkan kepada admin-admin agar membubuhkan inisialnya di akhir status untuk menandakan admin mana yang sedang bertugas (misalkan -Ezagren, Kenrick, KN, AA, dll).

Kedua, soal pelecehan perempuan. Saya kurang setuju kalau salah satu admin dituduh melecehkan perempuan. Memang pelecehan perempuan itu mengerikan, saya sendiri juga sangat mendukung kesetaraan gender. Namun, penekanannya adalah bahwa yang dipost di status tersebut adalah fakta tentang keberadaan hukum yang tidak memihak perempuan, bukan status yang mengkampanyekan kekerasan terhadap perempuan (seperti mengajak memukuli istri secara terbuka). Dua hal ini adalah dua hal yang sangat berbeda. Untuk mengilustrasikan perbedaannya secara lebih rinci, saya sering lihat page wiki di facebook membuat status tentang peristiwa pengeboman. Saya rasa orang akan menginterpretasikan ini sebagai penyampaian fakta bahwa pernah terjadi pengeboman, bukan mengajak mengebom.

Namun, saya mencoba menelusuri sumbernya untuk memastikan kesahihan beritanya. Untuk yang rok mini, kompas melaporkan keberadaan hukum tersebut, tetapi ditampik oleh Swaziland. Untuk yang hukum pemukulan, penelusuran di google hanya menemukan situs-situs trivia yang tidak dapat dipastikan kebenarannya. Maka yang menjadi masalah di sini (dan juga masalah di semua Wikipedia secara keseluruhan) seharusnya adalah pertanggungjawaban konten dan bukan soal pelecehan. Dan soal ini, saya akan ajak admin untuk lebih menelusuri keabsahan informasinya terlebih dahulu sebelum dibuat statusnya (ini tentu bukan cuma untuk page facebook, tapi juga untuk seluruh Tahukah Anda dan bahkan semua artikel di WBI).  Mimihitam  28 Desember 2012 09.27 (UTC)[balas]

--Dede2008 (bicara) 28 Desember 2012 09.30 (UTC)[balas]
RaymondSutanto (bicara) 29 Desember 2012 08.44 (UTC)[balas]

Facebook Wikipedia sering digunakan untuk hal hal aneh dan bukan pertama kalinya hal ini diprotes, contohnya mengedepankan soal kuntilanak, kentut, setan - berturut turut. Pada saat hal diprotes, adminnya pernah posting bahwa hal hal aneh bin menarik itu akan terus menerus mereka lakukan, tentu saja hal tersebut sah sah saja - karena mereka yang buat akun dan akun itu tidak sendirian di facebook, ada banyak akun lainnya dan pengguna facebook bisa mengikuti enam akun facebook wikipedia yang ada.

Apakah saya bisa melaporkan ke polisi (karena Wikimedia Indonesia juga punya pengacara) dan memasukkan nama ke delapan admin tersebut saat itu dilakukan? Agar mereka diwawancara di Polsek, misalnya. Bisa, tapi tidak ada urusan, unlike saja facebooknya, beres.

Tapi hal ini berubah saat akun facebook "tertentu" atau pilihan satu diantara enam, diiklankan di site notice, dalam satu hari pengikutnya berlipat dari 11.000 pada posting pertama dilakukan, menjadi 12.000. Sebelum diiklankan di site notice, berapa pengikutnya? Mereka mau main posting bodoh tidak terverifikasi seperti apapun, hal itu hanya akan jadi hal yang personal. Namun setelah menjadi site notice, jangkauan mereka berubah drastis menjadi ribuan, namun kemampuan adminnya mempublikasikan dan memverifikasikan pesan tidak berubah, padahal diiklankan di site notice. Untuk yang tidak mengetahui bagaimana wikipedia bekerja, mereka akan berpikir apapun yang diposting adalah sudut pandang wikipedia sebagai satu, atau Wikimedia Foundation sebagai yang punya.

Saat ini terjadi, saya dengan senang hati memprosesnya secara hukum.

Tidak ada yang perlu dihapus dari status facebook anda (yang punya akun facebooknya), itu hak anda mengekspresikan apa yang anda ingin ekspresikan, apakah anda ingin menghukum perempuan karena mereka memakai rok mini atau menamparnya didepan umum - silahkan. Yang saya protes disini adalah adminnya bersembunyi dibelakang wajah bola wikipedia dan menumpang iklan hingga diikuti ribuan orang di site notice wikipedia.

Salam, Siska.Doviana (bicara) 29 Desember 2012 12.34 (UTC)[balas]

Saya rasa kurang fair untuk menjudge suatu page dengan mengcherrypick beberapa post yang kebetulan sedang menjadi tema saja. Topik yang dipost selalu bervariasi. Misalkan, dari 1 November 2012:

18 Oktober 2011:

9 Oktober 2011

20 Desember 2010

Seperti yang bisa kita lihat dari beberapa post (bisa dipastikan sendiri di pagenya dengan melihat historynya), topiknya bervariasi dan tidak terbatas kepada mitos kuntilanak atau pocong :) Dan saya tidak melihat masalah dalam memposting fakta unik tentang mitos kuntilanak atau pocong (sama seperti tidak masalah memposting mitos tentang Zeus), toh semua orang berhak memperoleh informasi. Tapi tentu ini akan kami anggap sebagai masukan .

Kemudian, Anda ingin memproses sesuatu secara hukum. Well, sebelumnya, saya rasa sudah sangat jelas bahwa sama sekali tidak ada pelecehan di sini. Perlu ditekankan bahwa membubuhkan fakta tidak sama dengan melecehkan. Dalam post tersebut, sama sekali tidak ada ajakan untuk memukuli istri ataupun menangkap mereka yang memakai rok mini. Analoginya juga sudah saya tekankan; kadang di page tersebut berita tentang pengeboman dikabarkan, namun kita tidak mengatakan pembubuhan fakta tersebut sebagai ajakan mengebom bukan? Ngomong-ngomong, sebaiknya Anda juga menuntut Kompas atau media-media lain yang juga membubuhkan fakta tentang hukum rok mini Swaziland atau poligami Bupati Aceng Fikri karena "mengajak melecehkan merempuan" :) Selama tidak ada elemen hukum bahwa telah terjadi pelecehan, maka menyebut-nyebut proses hukum adalah sesuatu yang tak relevan.

Jadi saya rasa sudah sangat jelas bahwa sama sekali tidak ada masalah pelecehan di sini. Saya harap bisa dipahami dengan baik :)  Mimihitam  29 Desember 2012 15.36 (UTC)[balas]

Menurut saya, tidak ada yang salah baik pemasang site notice maupun pemasang status di Facebook, karena memang tidak melanggar satu aturan pun di Wikipedia bahasa Indonesia. Saran saya, agar lebih produktif dan tidak terulang kembali Serenity bisa mengusulkan kebijakan untuk penggunaan site notice, kemudian dilihat dan didiskusikan bersama oleh komunitas. Salam. --Ricky Setiawan (bicara)
Intermezzo: Halaman penggemar resmi (langsung dioperasikan pribumi Wikipedia) Wikipedia Indonesia untuk memperkenalkan konten ensiklopedianya ke publik cuma satu, bukan enam (kalau saya jelaskan satu-satu perbedaannya bakalan panjang). Karena konsisten dan memiliki kekhasan tersendiri dalam berbagi pos, popularitasnya pun meroket sendiri melampaui yang lain. Pada umumnya, pengguna media sosial lebih suka mencari halaman resmi atau memilih halaman yang jumlah penggemarnya banyak. Tidak ngiklan pun tidak apa-apa, lagipula iklan itu baru beberapa hari yang lalu. Terlepas dari masalah "boleh-tidaknya-iklan-di-site-notice", tautan yang ditargetkan di site notice itu sudah tepat sasaran. Sip! Saatnya kembali ke topik.FarrasLa Poste 29 Desember 2012 19.14 (UTC)[balas]
Mimihitam, tampaknya anda belum mengerti juga maksud saya. Saya utarakan singkat disini sebagai pengulangan: silahkan gunakan situs facebook wikipedia untuk urusan apapun, namun site notice jangan. Penggunaan site notice itu berbahaya apabila digunakan untuk main main dan percaya atau tidak - punya implikasi hukum. Kalau mau judul, judulnya adalah conflict of interest, interestnya delapan orang tidak sama dengan interestnya ribuan orang. Dengan menaruh site notice anda membuka diri untuk dituntut juga oleh orang lain sesuai pertambahan jumlahnya, apalagi, seperti yang anda bilang sendiri, status suka tidak dicari dulu verifikasinya.
Karena sekarang sitenoticenya sudah dihilangkan, bagaimana kalau kita RFC (Request for Comment) saja di list global seperti meta dan bertanya, boleh ngga sih? Dipakai beginian? Saya yakin jawaban orang orang banyak bilang tidak boleh saat mereka tahu argumennya. Saya juga tidak percaya status facebook harus pakai ijin, seperti saya bilang diatas: silahkan, karena saya tahu akun facebook itu milik delapan orang, bukan milik komunitas, hanya delapan orang yang memaparkan pandangan resminya disana. Namun banyak orang yang tidak tahu. Salam Siska.Doviana (bicara) 30 Desember 2012 05.18 (UTC)[balas]
Secara garis besar, maksudnya mungkin begini: silakan gunakan halaman Facebook tersebut, tapi jangan gunakan site notice untuk mempromosikannya. SpartacksCompatriot lapak stensil 30 Desember 2012 05.25 (UTC)[balas]

Cuman ngingetin aja, Wikipedia Bahasa Aceh pengurusnya dicabut paksa karena penyalah-gunaan site notice. Padahal itu Wikipedia ngga banyak yang lihat. Wikipedia bahasa Indonesia peringkat 16 loh. Serenity (bicara) 30 Desember 2012 05.33 (UTC)[balas]

Baik, berarti soal konten sudah jelas ya bahwa tidak ada pelecehan atau penyalahgunaan apapun sekarang mari kita fokus ke SiteNotice. Soal ini, saya rasa pertama-tama Bennylin sebagai pemasang sitenoticenya perlu dipanggil untuk mengutarakan pendapat dan alasannya. Namun, menurut saya, sebaiknya dibuatkan saja draft kebijakannya di WBI maunya bagaimana, seperti apa konten sitenotice yang layak, supaya dirembungkan bersama dengan komunitas pengguna WBI dan kalau perlu dijadikan kebijakan resmi. Salam.  Mimihitam  30 Desember 2012 11.05 (UTC)[balas]

IMHO akun sosial media resmi harusnya diatur dengan disiplin apa yang mau ditulis sebagai status. Dicek dulu kebenarannya oleh banyak pengguna, kalau sudah tidak ada protes, baru dituliskan di wall/timeline. Harusnya mengikuti mekanisme artikel/gambar pilihan. Terus terang gw juga risih lihat pocong, hantu dan kentut kemarin masuk ke timeline. Ingat di facebook itu saat login orang-orang "terpaksa" baca timeline dari seluruh page dan friend yang dimiliki, sementara gw pernah lihat adminnya mengupload gambar hantu malam-malam, dihighlight pula sehingga fotonya memenuhi layar. Annoying, kalau ga boleh dibilang kurang ajar sebagai sebuah akun resmi.
Contoh lain, mengupload contoh pelanggaran pengguna ke wall. Itu sama saja menginspirasi pengguna lain untuk meniru. Walaupun lucu dan menghibur, bukan sesuatu yang harusnya ditulis oleh akun resmi. Kalaupun mau becanda seperti itu, pakailah akun pribadi, dan tulis ke wallnya. Jadi tidak terkesan seolah Wikipedia membenarkan, bahkan memuji, saat halamannya diobrak-abrik pengguna.
Kalau akun personal ga masalah, tapi yang dibawa kan nama seluruh pengguna di sini. Harusnya status yang mau ditulis dikurasi dulu. Di mana-mana akun sosial media resmi diatur seperti itu kok. Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2013 18.15 (UTC)[balas]
Supaya tidak salah paham, gw tekanin intinya: Serenity (aka Siska) punya poin yang bagus bahwa status akun "resmi" ga boleh dipakai untuk main-main, tapi apa yang sedang diperjuangkan supaya Wikipedia Bahasa Indonesia punya akun media sosial juga tujuan yang mulia. Yang diperlukan adalah bikin aturan main yang jelas. Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2013 19.50 (UTC)[balas]

Pengusulan/Pemilihan Gambar Pilihan 2013 periode 12

Dikarenakan tingkat partisipasi yang rendah (hanya ada 1 usulan per slot), maka agar tidak terjadi kekosongan slot (karena ada 2 slot yang gambarnya dibatalkan), maka pengusulan Wikipedia:Gambar pilihan/Usulan/2013/Periode 12 saya usulkan dibuka sampai dengan periode pemilihannya habis. Bagaimana? ·· KℇℵℭK 28 Desember 2012 11.10 (UTC)[balas]

Setuju. SpartacksCompatriot lapak stensil 29 Desember 2012 07.56 (UTC)[balas]

Pembatasan hak membuat halaman baru untuk pengguna anonim?

Setelah sebelumnya anonim tidak bisa membuat artikel baru, Aldo samulo sekarang mengusulkan pembatasan hak membuat halaman baru untuk pengguna anonim. Jadi yang diusulkan dibatasi sekarang semua halamannya. Menurut saya sih, kalau sampai halaman baru tidak boleh itu cukup absurd. Beberapa alasan:

  1. Tidak bisa membuat artikel baru saja sebenarnya sudah melanggar salah satu prinsip dasar Wikipedia bahwa "Wikipedia bisa disunting oleh siapa saja."
  2. Misalnya ada anon yang ingin membuat halaman pembicaraan suatu artikel untuk memberi masukan konstruktif (seperti keakuratan, dll). Hal ini akan menjadi terhambat jika mereka tidak bisa membuat halaman pembicaraan yang masih merah.
  3. Kebijakan ini tidak efektif. Vandal jika ingin nakal tinggal membuat akun baru, membuat beberapa suntingan, lalu membuat artikel baru yang ngawur.

Karena kebetulan ada momennya, maka saya sekalian membuka wacana untuk mencabut larangan anon untuk membuat artikel baru, karena selain melanggar pilar wikipedia bahwa ensiklopedia ini bisa disunting oleh siapa saja, juga kebijakan tersebut tidak efektif, karena vandal hanya perlu membuat akun untuk melakukan vandalisme (pengalaman dengan vandal yang suka membuat artikel palsu, dengan mudahnya membuat akun baru).

Bagaimana pendapat rekan-rekan yang lain? Salam  Mimihitam  28 Desember 2012 12.07 (UTC)[balas]

Setuju. Usul saya juga, pengembali revisi diperbanyak. SpartacksCompatriot lapak stensil 28 Desember 2012 15.34 (UTC)[balas]
Setelah sy bertafakur sambil nulis Perang Dayak Desa, alangkah baiknya kalo anon dilarang nulis artikel baru. Sementara, untuk halaman pembicaraan baru, kita hanya melarangnya saja. Sehingga, kalo ada anonim yg mau nulis halaman pembicaraan baru tdk-lah mengapa, kecuali utk menulis artikel baru. Soalnya, ada juga toh yg memberi saran yg membangun utk pengembangan artikel wikipedia di halaman pembicaraan. Iya, tho? --Akbar ini dari Kalbar 28 Desember 2012 15.10 (UTC)[balas]
Dengan melihat fakta selama ini bahwa umumnya suntingan pengguna anonim kurang menyenangkan kita, saya rasa sebaiknya --setidaknya untuk saat ini-- kesempatan menulis artikel baru untuk anon tidak dibuat dahulu. Tetapi, saya tidak setuju jika halaman lainnya dibatasi hanya untuk pengguna terdaftar. Salam. Albertus Aditya (bicara) 28 Desember 2012 23.21 (UTC)[balas]
Saya mendukung Mimihitam. Yang kita harapkan dari anon yang menulis artikel bukanlah sebuah artikel yang ditulis dengan baik, karena mustahil itu bisa didapatkan dari orang yang pertama kali menyunting di Wikipedia. Yang diharapkan adalah munculnya ketertarikan sang anon untuk mulai menulis di Wikipedia. Mungkin perlu diingatkan sekali lagi bahwa kesalahan adalah sesuatu yang wajar, bahkan dianjurkan di Wikipedia. Keterbukaan pembuatan artikel untuk anon juga sekaligus menjadi media show-off bagi Wikipedia untuk menunjukkan bahwa Wikipedia berbeda dengan situs lainnya. Silakan dibuat pemungutan suaranya, Mimihitam. --Ricky Setiawan (bicara) 4 Januari 2013 19.38 (UTC)[balas]
Saya usul agar ada fitur twinkle ada di WPID, agar setiap ujicoba/vandal/patroli artikel baru lebih mudah dan cepat. --Dede2008 (bicara) 9 Januari 2013 13.11 (UTC)[balas]
Penerjemahan skripnya susah karena memakai puluhan skrip berbeda yang saling berhubungan. Selain itu butuh puluhan templat baru untuk menyesuaikan.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan   9 Januari 2013 15.57 (UTC)[balas]

Arsip November 2012

Penambahan waktu pemilihan pengurus

Ini lanjutan dari bahasan diatas.

Setelah saya amati, saya rasa ini bukan salah kita semua. Ini salah sistemnya.

Saya rasa, jika kita tidak bisa mencari pengurus yang bagus seperti kata Mbak Seren, tidak bisakah kita paling tidak menambah peluang bagi para pengguna potensial untuk jadi pengurus? Saya melihat ada banyak pengguna baru potensial yang bersemangat sekali membersihkan WPID dari vandal, merintis artikel-artikel baru dan bahkan sampai mengurus perubahan nama pengguna , dan mereka belum berstatus sysop.

Sistemnya begini, lho.

Maksudnya, setiap tahun, digelar dua kali pemilihan pengurus, seperti bursa transfer di sepak bola yang buka setiap Januari dan Juni. Nah, selama ini kan digelar bulan Juni, jadi saya sarankan agar digelar lagi bulan Januari.

Nah, sistem yang saya usulkan ini, melibatkan "penambahan" dan "pembatasan". Penambahan waktu, seperti yang sudah saya sebut tadi, dan juga pembatasan jumlah pengurus yang akan dipilih. Misalnya, bulan Januari hanya 3 pemilihan pengurus yang digelar, dan bulan Juni bisa 5 pemilihan pengurus dan 1 pemilihan birokrat, misalnya. Jadi, sistem pemilihan pengurus bisa diatur dengan adil dan saksama, dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Proklamasi ya?

Mohon pendapatnya, para Wikipediawan sekalian. Salam sepak bola, SpartacksCompatriot lapak stensil 20 Oktober 2012 11.10 (UTC)[balas]

Setuju Setuju karena di WPID sangat kekurangan pengurus, apalagi banyak pengguna yang potensial seperti pendapat bung SpartacksCompatriot dan saya rasa perlu ditambah. Di WPEN saja pemilihan pengurus diadakan tiap hari (jika ada yang meminta). Salam. --Dede2008 (bicara) 20 Oktober 2012 11.14 (UTC)[balas]
Setuju Setuju Aldo samulo (bicara) 21 Oktober 2012 02.40 (UTC)[balas]

WP:SPP poin 1 tertulis: "Pemilihan pengurus akan dilaksanakan paling tidak 1 (satu) kali pada setiap tahunnya (jadi bisa satu, bisa dua, bisa tiga, tapi minimal satu saja, jangan minimal dua). Pilihan waktu ditentukan setiap tahunnya." Jadi pemilihan bisa lebih dari sekali setiap tahun. Dan saya setuju, melihat jumlah pengurus yang aktif saat ini, kita adakan pemilihan lagi bulan Januari. Hal lain yang perlu ditekankan adalah pengguna yang berminat menjadi pengurus tidak perlu menunggu waktu pemilihan, namun dapat mencalonkan diri jauh-jauh hari lewat WP:PSP, dan apabila yang tertarik menjadi pengurus cukup banyak, maka pemilihan bisa dilakukan "dalam tempoh yang sesingkat-singkatnya". Masalah dua tahun terakhir selalu pemilihannya jatuh bulan Juni, itu tidak seharusnya menjadi kebijakan tidak tertulis, melainkan suatu kebetulan saja; kebetulan ada orang-orang yang memulai proses itu pada bulan Juni. Untuk masalah jumlah tidak perlu diatur dalam kebijakan, karena jumlah pengguna aktif bervariasi dari hari ke hari, dan toh tidak semua yang dicalonkan terpilih, bukan? ‑Bennylin cerita 17.03, 30 Oktober 2012 (WIB)

--Dede2008 (bicara) 2 November 2012 13.55 (UTC)[balas]
sudut pandang yang berimbang. Mikhailov Kusserow (bicara) 14 November 2012 08.19 (UTC)[balas]
Ya udah, jadikan sy, Kak Alagos, Kak Spartacks, Kak Rahmatdenas, Kak Dede jadi pengurus dan ujiannya dipercepat, ya. --Akbar saja. (bicara) 24 November 2012 07.11 (UTC)[balas]

Pemilihan pengurusnya sekarang aja, yuk!

Mungkin sebagian saudara2 ada yg mungkin kesal kpd sy, tapi sy mau melanjutkan perbincangan dari atas. Kan peraturan bilang, paling tidak setahun sekali. Artinya, boleh2 saja pemilihan kita kerjakan 2-4 kali dalam setahun. Artinya, bolehlah kita mulai pemilihan ini kita kerjakan pada bulan ini. "Ayo, bung, kerjakan lagi." --Akbar saja. (bicara) 19 Desember 2012 14.32 (UTC)[balas]

Usulan I

Ayok, silakan dibuka sekarang, voting "pemilu"nya mulai sekitar dua minggu setelah dibuka, artinya sekitar awal Tahun Baru. Salam. ‑Bennylin debat 23.24, 19 Desember 2012 (WIB)
Wikipedia:Pemilihan pengurus 2012-2http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d3/WikEd_fullscreen.png
Tanggal Agenda
19 Desember Pendaftaran bakal calon dimulai
25 Desember Pendaftaran bakal calon ditutup
31 Desember Pengumuman hasil verifikasi calon pengurus
1 Januari Sesi tanya jawab dimulai
3 Januari Batas akhir konfirmasi calon
10 Januari Sesi tanya jawab berakhir
(berakhir pukul 24.00 UTC)
11 Januari Pemungutan suara dimulai
25 Januari Pemungutan suara selesai
(berakhir pukul 24.00 UTC)
26 Januari Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat
Jadwal tentatif, silakan disesuaikan apabila perlu, terutama karena bertepatan dengan libur akhir tahun. ‑Bennylin mufakat 23.29, 19 Desember 2012 (WIB)

Usulan II

Wah! Ini menarik sekali, namun saya punya usulan jadwal pemilihan juga, nih!

Tanggal Agenda
7 Januari Pendaftaran bakal calon dimulai
13 Januari Pendaftaran bakal calon ditutup
15 Januari Pengumuman hasil verifikasi calon pengurus
16 Januari Sesi tanya jawab dimulai
18 Januari Batas akhir konfirmasi calon
30 Januari Sesi tanya jawab berakhir
(berakhir pukul 24.00 UTC)
31 Januari Hari tenang
1 Februari Pemungutan suara dimulai
14 Februari Pemungutan suara selesai
(berakhir pukul 24.00 UTC)
15 Februari Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat

Sehingga kita buka halaman baru, yaitu Wikipedia:Pemilihan pengurus 2013. Bagaimana menurut rekan-rekan sekalian? Wagino 20100516 (bicara) 19 Desember 2012 17.03 (UTC)[balas]

Setuju Setuju Yanu Tri (Ngobrol Yuk) 19 Desember 2012 17.32 (UTC)[balas]
Saya lebih setuju untuk 2013, karena jika pada akhir tahun banyak pengguna yang tidak aktif, terkait dengan liburan akhir tahun. Untuk membuka kemungkinan diadakan lebih dari satu kali pada tahun 2013, saya rasa baik jika dibuka di Wikipedia:Pemilihan pengurus I 2013. Salam. Albertus Aditya (bicara) 20 Desember 2012 01.53 (UTC)[balas]
Setuju Setuju --Eddy bf (bicara) 20 Desember 2012 04.13 (UTC)[balas]
Setuju Setuju Akan lebih baik, -setelah sy pikir2-, pada awal Januari 2013 saja. Adapun, sy sarankan pemilihannya jgn sekali dalam setahun saja, kan paling tidak setahun sekali. Artinya boleh 2, 3, atau 4 kali dalam setahun. Demikian. --Akbar saja. (bicara) 20 Desember 2012 05.11 (UTC)[balas]
Setuju Setuju --Bozky (bicara) 20 Desember 2012 05.30 (UTC)[balas]
OK aja, lha yang minta juga sudah mengganti pikirannya. ‑Bennylin musyawarah 16.06, 20 Desember 2012 (WIB)
, apakah ini disebut politik pengalihan ?
Komentar Komentar Ah, sudahlah... ga usah diperpanjang.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  

Usulan III

Saya juga punya jadwal usulan. Aldo samulo (bicara) 26 Desember 2012 06.01 (UTC)[balas]

Tanggal Agenda
1 Januari Pendaftaran bakal calon dimulai
6 Januari Pendaftaran bakal calon ditutup
8 Januari Pengumuman hasil verifikasi calon pengurus
10 Januari Sesi tanya jawab dimulai
16 Januari Batas akhir konfirmasi calon
25 Januari Sesi tanya jawab berakhir
(berakhir pukul 24.00 UTC)
26 Januari Hari tenang
27 Januari Pemungutan suara dimulai
10 Februari Pemungutan suara selesai
(berakhir pukul 24.00 UTC)
11 Februari Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat
Maraton ya maraton, pemilihan pengurus ya pemilihan pengurus. Aldo samulo (bicara) 26 Desember 2012 06.13 (UTC)[balas]

Saya rasa mayoritas pengguna sudah setuju jadwal yang sebelumnya. Selain yang disampaikan SpartacksCompatriot tentang Maraton, jika terlalu cepat, mungkin saja kurang mendapat atensi karena banyak pengguna yang luring terkait libur panjang pergantian tahun. Salam. Albertus Aditya (bicara) 26 Desember 2012 06.32 (UTC)[balas]

Arsip Oktober 2012

Fundraising localization: volunteers from outside the USA needed

Please translate for your local community

Hello All,

The Wikimedia Foundation's Fundraising team have begun our 'User Experience' project, with the goal of understanding the donation experience in different countries outside the USA and enhancing the localization of our donation pages. I am searching for volunteers to spend 30 minutes on a Skype chat with me, reviewing their own country's donation pages. It will be done on a 'usability' format (I will ask you to read the text and go through the donation flow) and will be asking your feedback in the meanwhile.

The only pre-requisite is for the volunteer to actually live in the country and to have access to at least one donation method that we offer for that country (mainly credit/debit card, but also real-time banking like IDEAL, E-wallets, etc...) so we can do a live test and see if the donation goes through. All volunteers will be reimbursed of the donations that eventually succeed (and they will be low amounts, like 1-2 dollars)

By helping us you are actually helping thousands of people to support our mission of free knowledge across the world. Please sing up and help us with our 'User Experience' project! :) If you are interested (or know of anyone who could be) please email ppena@wikimedia.org. All countries needed (excepting USA)!

Thanks!
Pats Pena
Global Fundraising Operations Manager, Wikimedia Foundation

Sent using Global message delivery, 17 Oktober 2012 17.03 (UTC)

Kenapa ya, di sini banyak alamat IP yang ingin ubah nama atau nama pengguna yang diinginkan kosong. Saya usul di situ ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Salam. --Dede2008 (bicara) 19 Oktober 2012 12.50 (UTC)[balas]

Bagaimana kalau pengguna anonim tidak diperbolehkan menyunting halaman pengubahan nama pengguna? SpartacksCompatriot lapak stensil 21 Oktober 2012 02.34 (UTC)[balas]

saya setujuHima fethus (bicara) 29 Oktober 2012 06.29 (UTC)[balas]

Upcoming software changes - please report any problems

(Apologies if this message isn't in your language. Please consider translating it)

All Wikimedia wikis - including this one - will soon be upgraded with new and possibly disruptive code. This process starts today and finishes on October 24 (see the upgrade schedule & code details).

Please watch for problems with:

  • revision diffs
  • templates
  • CSS and JavaScript pages (like user scripts)
  • bots
  • PDF export
  • images, video, and sound, especially scaling sizes
  • the CologneBlue skin

If you notice any problems, please report problems at our defect tracker site. You can test for possible problems at test2.wikipedia.org and mediawiki.org, which have already been updated.

Thanks! With your help we can find problems fast and get them fixed faster.

Sumana Harihareswara, Wikimedia Foundation Engineering Community Manager (talk) 16 Oktober 2012 02.58 (UTC)[balas]

P.S.: For the regular, smaller MediaWiki updates every two weeks, please watch this schedule.

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Fundraising localization: volunteers from outside the USA needed

Please translate for your local community

Hello All,

The Wikimedia Foundation's Fundraising team have begun our 'User Experience' project, with the goal of understanding the donation experience in different countries outside the USA and enhancing the localization of our donation pages. I am searching for volunteers to spend 30 minutes on a Skype chat with me, reviewing their own country's donation pages. It will be done on a 'usability' format (I will ask you to read the text and go through the donation flow) and will be asking your feedback in the meanwhile.

The only pre-requisite is for the volunteer to actually live in the country and to have access to at least one donation method that we offer for that country (mainly credit/debit card, but also real-time banking like IDEAL, E-wallets, etc...) so we can do a live test and see if the donation goes through. All volunteers will be reimbursed of the donations that eventually succeed (and they will be low amounts, like 1-2 dollars)

By helping us you are actually helping thousands of people to support our mission of free knowledge across the world. Please sing up and help us with our 'User Experience' project! :) If you are interested (or know of anyone who could be) please email ppena@wikimedia.org. All countries needed (excepting USA)!

Thanks!
Pats Pena
Global Fundraising Operations Manager, Wikimedia Foundation

Sent using Global message delivery, 17 Oktober 2012 17.03 (UTC)

Kenapa ya, di sini banyak alamat IP yang ingin ubah nama atau nama pengguna yang diinginkan kosong. Saya usul di situ ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Salam. --Dede2008 (bicara) 19 Oktober 2012 12.50 (UTC)[balas]

Bagaimana kalau pengguna anonim tidak diperbolehkan menyunting halaman pengubahan nama pengguna? SpartacksCompatriot lapak stensil 21 Oktober 2012 02.34 (UTC)[balas]

saya setujuHima fethus (bicara) 29 Oktober 2012 06.29 (UTC)[balas]

Arsip September 2012

Entry tanggal bagian kelahiran

Apakah ada kebijakan mengenai siapa saja yang tanggal kelahirannya boleh di masukkan ke entry tanggal kelahiran? Apakah semua tokoh yang artikelnya ada di wikipedia secara otomatis layak untuk dimasukkan tanggal kelahirannya di sana?

  ΑΠδΓɛ   ✉  3 September 2012 10.02 (UTC)[balas]

Tentu saja semua tokoh tanggal kelahirannya boleh dimasukkan asal ada referensi atau rujukan yang mendukung dan pasti. Aldo samulo (bicara) 3 September 2012 10.04 (UTC)[balas]
Terimakasih. --   ΑΠδΓɛ   ✉  3 September 2012 10.06 (UTC)[balas]
Kalau sudah layak masuk Wikipedia, ya artinya tanggal lahirnya juga layak dicantumkan, kecuali tanggal lahirnya yang pasti memang tidak dapat diketahui/dilacak. SpartacksCompatriot (lapak) 3 September 2012 10.09 (UTC)[balas]
Saya memang sedang banyak memasukkan tanggal dan tahun lahir ke entry tanggal dan tahun kelahiran.
Tujuan utama saya adalah untuk menghindarkan artikel pemain sepak bola yang saya buat tersebut menjadi artikel yatim ketika nanti dia tidak memiliki klub atau pindah ke klub yang tidak ada artikelnya sehingga tidak memiliki pranala balik.
Justru saya malah ingin mengajak teman-teman yang sering membuat biografi seseorang untuk tidak lupa memasukkan artikelnya ke artikel tanggal dan tahun lahir sehingga artikel yang dia buat tidak menjadi artikel yatim.
Terima kasih. Eddy bf (bicara) 4 September 2012 21.52 (UTC)[balas]
Setuju dengan Bung Eddy. SpartacksCompatriot (lapak) 5 September 2012 10.00 (UTC)[balas]

Wikidata is getting close to a first roll-out

(Apologies if this message isn't in your language.)

As some of you might already have heard Wikimedia Deutschland is working on a new Wikimedia project. It is called m:Wikidata. The goal of Wikidata is to become a central data repository for the Wikipedias, its sister projects and the world. In the future it will hold data like the number of inhabitants of a country, the date of birth of a famous person or the length of a river. These can then be used in all Wikimedia projects and outside of them.

The project is divided into three phases and "we are getting close to roll-out the first phase". The phases are:

  1. language links in the Wikipedias (making it possible to store the links between the language editions of an article just once in Wikidata instead of in each linked article)
  2. infoboxes (making it possible to store the data that is currently in infoboxes in one central place and share the data)
  3. lists (making it possible to create lists and similar things based on queries to Wikidata so they update automatically when new data is added or modified)

It'd be great if you could join us, test the demo version, provide feedback and take part in the development of Wikidata. You can find all the relevant information including an FAQ and sign-up links for our on-wiki newsletter on the Wikidata page on Meta.

For further discussions please use this talk page (if you are uncomfortable writing in English you can also write in your native language there) or point me to the place where your discussion is happening so I can answer there.

--Lydia Pintscher 10 September 2012 13.23 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Kekurangan admin?

Saya rasa, id.wiki kekurangan admin (jumlah pengurus sekarang 17). Yaitu setelah mundurnya 2 pengurus kita yaitu Wic2020 dan REX per hasil pemungutan suara. Sebagai perbandingan, jumlah admin di Wikipedia Slovak berjumlah 9, Esperanto 20, dan Danish 36. Sedangkan yang di atas kita Bahasa Arab 27, Bahasa Turki 26. Salam. --Dede2008 (bicara) 4 September 2012 11.06 (UTC)[balas]

Meskipun hanya asumsi pribadi, namun menurut saya jumlah ideal pengurus WPID dengan hampir 200 ribu artikel adalah sebanyak 40 orang sehingga 1 pengurus dapat menjadi komandan regu mengawasi 5 ribu artikel atau minimal setengahnya (20 orang). Salam. Wagino 20100516 (bicara) 4 September 2012 12.53 (UTC)[balas]
Kalau pendapat saya bukan masalah jumlah, namun lebih ke aktivitasnya, percuma punya 100 pengurus kalo datangnya sebulan sekali cuman satu hari. Lebih baik punya pengurus 5 orang saja tapi bisa daring tiap hari. Eddy bf (bicara) 4 September 2012 21.52 (UTC)[balas]
Setuju dengan hemat Bung Eddy. Kalau ada pengurus yang aktif luar biasa seperti Bung Borgx dulu kan bagus. SpartacksCompatriot (lapak) 5 September 2012 09.59 (UTC)[balas]

Kita sama-sama tahu bahwa berkontribusi di WPID merupakan pekerjaan sukarela sehingga tidak ada suatu tuntutan kerja yang diwajibkan. Mengenai jumlah pengurus memang tergantung dari sudut mana kita berasumsi. Misalnya saya berdasarkan perbandingan dengan jumlah artikel sedangkan Mas Eddy berdasarkan keaktifan pengurusnya. Namun perkataan percuma jika pengurusnya ditambah, hal tersebut menurut saya tidak benar. Teori peluangnya begini, jika kita memiliki 100 orang pengurus yang keaktifan per orangnya hanya 1 hari dalam sebulan, maka rata-rata ada 3 orang lebih yang aktif setiap hari (100/30) sehingga jika kita memiliki 30 orang admin dengan asumsi keaktifan seperti tadi, harapan saya setidaknya ada peluang minimal 1 orang pengurus selalu online setiap harinya. Wagino 20100516 (bicara) 5 September 2012 11.47 (UTC)[balas]

Hanya 1 pengurus dalam jaringan setiap hari di sebuah proyek dengan 193 ribu artikel yang terus dibanjiri pengurus, pendatang baru (yang berniat baik, atau vandal)? Hmm, kurang sekali.... SpartacksCompatriot (lapak) 5 September 2012 12.19 (UTC)[balas]
Memang harus diakui jumlah tersebut belum cukup, namun harapan saya seorang pengurus merupakan komandan regu bagi para editor dan pengguna non pengurus lainnya yang berkontribusi baik. Dalam hal ini fungsi utama pengurus adalah berkontribusi lebih pada saat diperlukan, misalnya menyekat pengguna nakal atau membersihkan artikel baru yang tidak layak, sementara untuk kegiatan lain yang bersifat umum dapat dilakukan tanpa menggunakan perkakas seorang admin. Wagino 20100516 (bicara) 5 September 2012 12.36 (UTC)[balas]
per pendapat pak Wagino. Apakah WBI melakukan range block untuk alamat IP (mis: 180.252.0.0/16)? --Dede2008 (bicara) 5 September 2012 12.46 (UTC)[balas]
Rangeblock pernah dilakukan, tapi jarang sekali. Gombang (bicara) 6 September 2012 08.59 (UTC)[balas]
Contoh yang Mas Dede berikan adalah menyekat 65.536 alamat IP (pengguna), mengerikan sekali! Mungkin di WPID hal itu tidak pernah dilakukan atau kalau pun pernah hanya 2 jam saja (semoga begitu). Wagino 20100516 (bicara) 6 September 2012 15.39 (UTC)[balas]

SpartacksCompatriot baguslah ada anda yang memperhatikan. Betul sekali memang Wikipedia bahasa Indonesia kekurangan pengurus yang bagus. Pengguna Borgx waktu itu adalah pengurus yang bagus yang tidak senang karena Bennylinn jadi pengurus karena terbukti setelah jadi pengurus mbuka mbuka in gembok artikel yang ditaruh disana dengan susah payah oleh artikel yang didentifikasi sudah bagus/ banyak divandal. Akhirnya bennylinn menyumbang vandal jadi banyak. Saat itu sejarahnya banyak pengguna yang kontra saat borgx mengancam kalau bennylinn jadi pengurus dia akan berhenti, asumsinya pengguna saat itu adalah kalau pengurus banyak vandal bisa dibasmi. Ternyata asumsi itu salah karena terbukti pengguna borgx gerilya sendiri, WBI dulu bersih banget dari vandal. Saat hal tersebut terjadi saya mati-matian membela borgx sampai dua kali, tapi yang kedua sudah kehabisan napas dan terlambat. Dan akhirnya borgx pergi dengan kecewa setelah kontribusinya yang buanyak sekali. Bener saja, vandal jadi banyak, bennylinn melepas kepengurusannya karena banyak celanya dan malah jadi melamar jadi apatuh namanya? steward. Huu WBI jadi payah ngga ada borgx. Jadi saya konfirmasi anda benar, pengurus cuman butuh satu yang bagus yang mau bantuin harus berpikir searah dan lurus. Jangan pilih pengurus norak yang nulis aja ngga bisa. *week* Serenity (bicara) 6 Oktober 2012 11.51 (UTC)[balas]

Saya sedang menyimak siaran langsung pelantikan Jokowi, saya pikir, gile bener, siapa sih Jokowi dari Solo itu, dan Ahok, wakilnya, bisa-bisanya mengalahkan petahana Fauzi Bowo... Lalu saya baca komentar Anda, saya pikir, gile bener, siapa sih Bennylin (pakai satu 'n', Bu :>) itu, kok bisa-bisanya dianggap telah 'melengserkan' pengurus "super" kita, Borgx... Wah, Anda terlalu memandang tinggi saya, Bu Direktur Wikimedia Indonesia... 过奖... guojiang. Saya itu bukan siapa-siapa, jadi saya tidak berani mengambil kredit untuk hal-hal yang Anda sampaikan. Apalagi sampai hari ini pengurus itu tidak pernah menyampaikan alasan penguduran dirinya secara terbuka. Jadi, kepada teman-teman yang memberikan saya (lagi) sapu untuk bersih-bersih di Wikipedia Indonesia ini, silakan bagi barangsiapa pun yang merasa saya tidak pantas lagi pegang sapu, saya kembalikan sapunya (lagi). Siapa tahu, barangkali/mungkin saja ucapan Ibu Direktur Wikimedia Indonesia itu benar, pengurus kebanggaannya itu mau pegang sapu lagi. Siapa tahu. Tetapi menurut saya Borgx bukan tipe quitters seperti itu, kalah lalu ngambek, itu sih bukan tipe Borgx. Orang kan juga punya pekerjaan dan keluarga yang harus diurus. Mengapa dia menyerahkan sapu tepat ketika saya diberi sapu? Entahlah, siapa tahu mungkin karena dia sudah merasa tiba saatnya untuk move on. Siapa tahu. Saya kan cuma orang daerah. Ketemu orangnya saja belum pernah. ‑Bennylin dialog 11.20, 15 Oktober 2012 (WIB)
Ditambah lagi, pengurus bagus dan aktif, Mbak Seren. SpartacksCompatriot lapak stensil 6 Oktober 2012 12.04 (UTC)[balas]
Gini yah, sebagai penulis dan tau bahwa Wikipedia ini bisa berubah, gue ngga masalah kalau tulisan gue dirubah jadi lebih bagus. Tetapi kalau jadi lebih jelek padahal sebelum nulis itu gue riset mati matian enam jam, dan kontributor lain mengarang bebas (you can tell by the quality) asal panjang... HADEEEH. Paling tidak kalau ada pengurus yang "jagain" gue masih mau nulis terus, saat ada borgx, sebagai penulis gue ngerasa amaan. Saat yang jagain juga ngga tau apa yang mereka jaga (ngga bisa nulis, ngga dibaca tulisan tambahannya) - gue ngerasa berkontribusi di wikipedia buang-buang waktu. Padahal penulis bagus di Indonesia itu MAHAL HARGANYA. Jaman pertandingan Bebaskan Pengetahuan, gue ngegeplak geplakin peserta supaya tulisannya bagus, baru 20 persen bertambah kemampuan aja - dilihat sama dosennya dan dinilai bagus, he drop off dan nulis buku. Jadi pengurus bagus itu mengundang penambahan penulis bagus, dan membuat contoh untuk kontributor lainnya supaya jadi pengurus. Pengurus jelek, ya hitung aja sendiri akibatnya. Serenity (bicara)


Kekurangan pengguna?

Saya rasa pertanyaan ini lebih tepat. Kalau pengguna (terdaftar aktif) banyak, otomatis calon pengurus juga meningkat. Contoh nyata, halaman Warkop tidak pernah diarsipkan sejak saya berhenti mengarsipkannya. :-/

Bennylin cakap 22.24, 6 September 2012 (WIB)

Saya bingung mengarsipkannya, Mas Benny! Mungkin caranya bisa lebih disederhanakan lagi kedepannya. Salam. -- Wagino 20100516 (bicara) 6 September 2012 15.41 (UTC)[balas]
Betul, saya juga bingung cara mengarsipkan warkop, dan bahasan banyak yang menggantung nanti kalau di arsipkan malah ditanya kan belum selesai bahasannya kenapa di arsipkan? padahal tanggalnya sudah berbulan-bulan. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 25 September 2012 00.27 (UTC)[balas]
Nah, bingung di bagian mananya kan tinggal ditanyakan.. Untuk lama diskusi sudah sejak dulu angkanya tidak berubah, yaitu satu bulan sejak komentar terakhir. ‑Bennylin komen 16.50, 29 September 2012 (WIB)

Sudah saya arsipkan. SpartacksCompatriot lapak stensil 6 Oktober 2012 11.55 (UTC)[balas]

Kembali ke bahasan awal

Kembali ke bahasan awalnya, yaitu kekurangan pengurus. Saya lihat ada beberapa vandalisme lolos dari perhatian pengurus, (terkadang lolos 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan ada yang 1 tahun. Nah, lho.). Vandalisme-nya tidak dibetulkan dan pelaku masih melenggang bebas tanpa peringatan atau sekatan. Mungkin ini bisa menjadi alasan sahih atas isu kekurangan pengurus. Semakin banyak pengurus, vandalisme bisa dicegah, terutama karena fungsi utama pengurus adalah memerangi vandalisme. Salam, SpartacksCompatriot (lapak) 7 September 2012 11.14 (UTC)[balas]

(Tambahan: Harapnya WBI dapat membuat daftar pengurus masa depan seperti yang sudah dirintis oleh para pengguna English Wiki dan tetangga kita di seberang laut. Hitung-hitung bisa memotivasi para pengguna untuk jadi pengurus, dan bisa jadi solusi masalah kekurangan pengurus.... SpartacksCompatriot (lapak) 7 September 2012 11.23 (UTC))[balas]
Jangan hanya berharap, rintislah... :) *pizz* ‑Bennylin bincang 19.40, 7 September 2012 (WIB)
Saya usahakeun.... SpartacksCompatriot (lapak) 7 September 2012 13.44 (UTC)[balas]
As soon as possible, please! -- Wagino 20100516 (bicara) 7 September 2012 14.00 (UTC)[balas]

Ah, baru lihat lagi ini. Ada yang mau ikut Wikipedia:Pelatihan_opsis :) ? Gombang (bicara) 30 September 2012 13.41 (UTC)[balas]

Wuidih, ini program lawas ya.... SpartacksCompatriot lapak stensil 30 September 2012 13.46 (UTC)[balas]
Saya mau jadi pelatihnya kalau ada yang berminat. RaymondSutanto (bicara) 30 September 2012 14.46 (UTC)[balas]
Kayaknya pengajarnya selalu ada. Yang susah itu mencari calon pengurus yang bersedia dibimbing :p Gombang (bicara) 1 Oktober 2012 08.06 (UTC)[balas]
Duh, saya sebenarnya mau, Mas Gombang. Tapi akhir2 ini agak sibuk..... SpartacksCompatriot lapak stensil 6 Oktober 2012 05.50 (UTC)[balas]

Kalau WPEN, vandal jangan harap lolos, langsung dikembalikan paling tidak 3 menit, dan bahkan ada bot yang mengembalikan seketika itu. --Dede2008 (bicara) 6 Oktober 2012 11.59 (UTC)[balas]

Request for Comment: Legal Fees Assistance Program

I apologize for addressing you in English. I would be grateful if you could translate this message into your language.

The Wikimedia Foundation is conducting a request for comment on a proposed program that could provide legal assistance to users in specific support roles who are named in a legal complaint as a defendant because of those roles. We wanted to be sure that your community was aware of this discussion and would have a chance to participate in that discussion.

If this page is not the best place to publicize this request for comment, please help spread the word to those who may be interested in participating. (If you'd like to help translating the "request for comment", program policy or other pages into your language and don't know how the translation system works, please come by my user talk page at m:User talk:Mdennis (WMF). I'll be happy to assist or to connect you with a volunteer who can assist.)

Thank you! --Mdennis (WMF)6 September 2012 01.59 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Arsip Agustus 2012

Permohonan peninjauan

Bagaimana teknis permohonan peninjauan? Apakah hanya untuk memeriksa perubahan tertunda ataukah yang belum diperiksa? Salam. --Dede2008 (bicara) 11 Agustus 2012 06.45 (UTC)[balas]

kalau untuk saya, apa saja bisa di proses disana, karena pernah sesepuh wiki memberitahu saya mengenai ini. salam Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 16 Agustus 2012 13.25 (UTC)[balas]

Tidak netral

Tampaknya artikel Daftar aksi Front Pembela Islam tidak memenuhi persyaratan WP:NPOV, karena hanya berdasarkan satu sudut pandang yang menjelekkan FPI. Juga ditayangkan gambar korban FPI. Bagaimana pendapatnya? SpartacksCompatriot Lapor! 12 Agustus 2012 07.13 (UTC)[balas]

Kalau ada aksi yang baik ditambahkan saja, misalnya kalau pernah bagi-bagi sembako atau apa gitu. Kalau pernah lho ya. ‑Bennylin dialog 14.58, 12 Agustus 2012 (WIB)
Hehehehe, nanti saya cari kalau ada FPI pernah bagi-bagi sembako atau apa. :-) SpartacksCompatriot Bicara 15 Agustus 2012 01.11 (UTC)[balas]

More opportunities for you to access free research databases

The quest to get editors free access to the sources they need is gaining momentum.

  • Credo Reference provides full-text online versions of nearly 1200 published reference works from more than 70 publishers in every major subject, including general and subject dictionaries and encyclopedias. There are 125 full Credo 350 accounts available, with access even to 100 more references works than in Credo's original donation. All you need is a 1-year old account with 1000 edits. Sign up here.
  • HighBeam Research has access to over 80 million articles from 6,500 publications including newspapers, magazines, academic journals, newswires, trade magazines and encyclopedias. Thousands of new articles are added daily, and archives date back over 25 years covering a wide range of subjects and industries. There are 250 full access 1-year accounts available. All you need is a 1-year old account with 1000 edits. Sign up here.
  • Questia is an online research library for books and journal articles focusing on the humanities and social sciences. Questia has curated titles from over 300 trusted publishers including 77,000 full-text books and 4 million journal, magazine, and newspaper articles, as well as encyclopedia entries. There will soon be 1000 full access 1-year accounts available. All you need is a 1-year old account with 1000 edits. Sign up here.

You might also be interested in the idea to create a central Wikipedia Library where approved editors would have access to all participating resource donors. Add your feedback to the Community Fellowship proposal. Apologies for the English message (translate here). Go sign up :) --Ocaasi (talk) 16 Agustus 2012 02.16 (UTC)

Terjemahan:

Upaya untuk memperoleh akses gratis terhadap acuan yang diperlukan para editor telah memperoleh momentum.

  • Credo Reference menyediakan versi daring teks penuh hampir 1.200 karya rujukan dari lebih 70 penerbit dalam setiap subjek utama, termasuk kamus umum dan khusus dan ensiklopedi. Ada 125 akun Credo 350 penuh yang tersedia, dengan akses ke 100 karya referensi lebih dibandingkan sumbangan awal Credo. Yang Anda perlukan hanyalah akun berusia 1 tahun dengan 1000 suntingan. Silakan mendaftar di sini.
  • HighBeam Research memiliki akses kepada lebih 80 juta artikel dari 6.500 publikasi termasuk surat kabar, majalah, jurnak akademis, kawat berita, majalah pertukangan dan ensiklopedi. Ribuan artikel baru ditambahkan setiap harinya, dan arsip tersedia dalam jangka 25 tahun yang meliputi kisaran subjek dan industri yang luas. Terdapat 250 akun akses penuh 1 tahun. Yang Anda perlukan hanyalah akun berusia 1 tahun dengan 1000 suntingan. Pendaftaran di sini.
  • Questia adalah pustaka penelitian daring untuk buku dan artikel jurnal yang terpusat pada ilmu-ilmu kemanusiaan dan sosial. Questia telah memilah judul-judul dari 300 lebih penerbit, termasuk 77.000 buku lengkap dan 4 juta artikel jurnal, majalah dan surat kabar. Akan segera tersedia 1000 akun akses penuh untuk 1 tahun. Yang Anda perlukan hanyalah akun berusia 1 tahun dengan 1000 suntingan. Pendaftaran di sini.

Anda mungkin juga tertarik terhadap gagasan untuk menciptakan pusat Perpustakaan Wikipedia tempat semua penyunting akan memiliki akses ke semua donatur sumber daya yang ikut serta. Tambahkan masukan Anda ke Community Fellowship proposal.

Clean up in and/or check of files

There is a growing focus on "bad files" (files without a license, non-commercial files and files tagged as fair use that do not follow the Wikimedia Foundation Resolution) on especially smaller wikis.

Smaller wikis can opt in for global sysops but it is not the job of global sysops to find copyvios and talk to local users. Global sysops can delete tagged files and block abusive users. So global sysops have reduced problems on some wikis but it has not solved the problem.

At the moment there is a discussion on meta what to do. A few of the suggestions is to:

  • close for local uploads as default unless the local wiki directly asks that upload is not closed
  • have someone check the wikis to see if they clean up files and live up to the EDP
  • close for local uploads for wikis that do not clean up files themselves.

It is my opinion that id-wiki should be able to pass a "quality check" if a few things are taken care of.

According to Istimewa:Statistik id-wiki has 33.250 files. As far as I can see id-wiki does not have categories like on en-wiki with "All free media‎" and "All non-free media‎" so it is not easy for me to see how many free files there is and how many non-free files there is. I suggest that a similar system is implemented on id-wiki. That means that all excisting licenses need to be classified as free or non-free.

One problem is that some of the licenses is no longer allowed. I have found Templat:HakCiptaGambarNonkomersial but perhaps there is a problem with some of the other licenses. So all licenses should be checked. If the license is not valid then files can't be kept with that license and files either need another license or to be deleted.

Another problem is that many files does not even have a license. See for example: Kategori:Gambar tanpa informasi lisensi and Kategori:Files without a license tag + Istimewa:Berkas_tak_terkategori. Files should be checked and fixed or deleted.

Id-wiki has an EDP in place and it is seems to be similar to the one on en-wiki so it should pass without big problems.

But files with a non-free template could be a problem because you can often discuss if a file could be used as fair use or not. I have noticed that some files of living persons have been uploaded as non-free but generally that is not possible because someone could just take a free photo. So non-free files should also be checked bu users knowing the EDP good.

Files with a free license should be ok but they should also be checked once more because some users may have taken a file from the Internet and added a license, taken a photo of a unfree statue, painting, book or whatever and uploaded that.

Another problem with free files could be that there is a comment "someone gave me a permission". It is impossible to verify and perhaps the uploader did not inform the person who gave the permission that uploading files to Wikipedia also allow commercial usage. So the best would be to delete files without a proper permission (in m:OTRS). If the permission is added to templates like Templat:Kapanlagi.com it is important that the permission is clear so that it leaves no doubt that there is a permission to use files everywhere and not just on Wikipedia and that it also allows commercial usage etc. If possible a formal permission should be send to OTRS.

I therefore suggest to

  • get rid of all files without a license or a license that is no longer allowed
  • classify all files as "All free media" or "All non-free media"
  • implement a system to check files (for example use of Twinkle so it is easy to tag files without a license or source and to nominate files for deletion)
  • work on the upload process.

--MGA73 (bicara) 23 Agustus 2012 16.51 (UTC)[balas]

Bagaimana pendapat para Wikipediawan sekalian? Spartacks-Compatriot 29 Agustus 2012 13.45 (UTC)[balas]
Sorry I do not understand so I have to use Google Translation. So if my reply makes no sense just ignore it :-)
Everyone are allowed to comment and vote on the discussion on meta.
IF the discussion end with the result that every wiki has to ask to keep local uploads then the best way would probably be to start a discussion on Wikipedia:Warung_Kopi_(Kebijakan) and after a week or two someone (a crat or admin perhaps) could count the votes (probably a lot of "yes" and none or a few "no") and add a notice on meta with a link to the discussion on id-wiki. --MGA73 (bicara) 29 Agustus 2012 18.40 (UTC)[balas]

=Arsip Juli 2012= Bebek ICHIE khas Madura di Jl. Raya Cisauk Sampora, Tangerang. Datang dan nikmati empuk dagingnya dan khas sambelnya yg super huah...huah.... Menerima pesanan di 087888373535 - 081318769007 buka jam 1600-2100

kebijakan artikel tentang melayu

tanya: apa sebab wikipedia bahasa indonesia memecah-mecah artikel tentang melayu? ada Melayu Bengkulu, Melayu Palembang, Melayu Riau, melayu jambi, melayu deli dll. yang padahal semuanya sejatinya adalah MELAYU. mengapa tidak disatukan saja ke dalam artikel Melayu (seperti di dalamnya ada melayu malaysia dan thailand). kalau Suku Jawa, walaupun secara administrasi pemerintah mereka dipisahkan, namun mereka tetap bersatu dalam identitas etnis mereka, yaitu JAWA. budakmelaka

suk jawa, walau mereka menyebar dan telah lama menetap di lampung, mereka tidak pernah menamakan diri mereka SUKU JAWA LAMPUNG? budakmelaka

Saudara Budakmelaka, hal ini menurut saya karena Wikipediawan Indonesia beranggapan bahwa suku-suku Melayu di Indonesia tersebut memiliki kekhasan tersendiri dalam dialek bahasa dan adat budaya mereka, meskipun tetap banyak kesamaannya.
Contoh, bahasa Melayu Palembang: "Budak tino Pelembang emang cindo-cindo galo. Baseng kau la, aku dak melok-melok bae", apakah terasa jelas oleh anda? Bagaimana dengan bahasa Melayu Bengkulu ini: "Bingung pulo ambo kalo ditembak cak iko. Ambo dak pacak nyebutkan namo tu di siko, maaf nian donga"? Itu baru dari segi bahasa. Dalam segi budaya, Wong Kito (sebutan Orang Palembang) merasa budayanya ada kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan Orang Deli, Orang Bengkulu, Orang Jambi, dll, demikian pula sebaliknya.
Mengenai etnis Jawa, sebenarnya tidak homogen juga dan memiliki kekhasan tersendiri dalam dialek bahasa dan adat budaya mereka, misalnya seperti Jawa Tengahan, Jawa Banyumasan, Jawa Timuran, Jawa Osing, dan Jawa Tengger. Di Wikipedia bahasa Indonesia, kekhasan itu dibahas tersendiri. Demikian sedikit komentar saya. Salam, Naval Scene (bicara) 3 Juli 2012 13.04 (UTC)[balas]

Kelayakan artikel restoran

Menurut saya artikel restoran tidak memenuhi kriteria kelayakan, karena bersifat promosi. Misalnya Bakmi GM, Hema Dutch, Ayam Goreng Fatmawati, dan Wanna B Cafe & Resto. ‑Bennylin runding 23.15, 5 Juli 2012 (WIB)

Mungkin kalau Bakmi GM masih layak (walaupun isinya harus dibedah lagi), tetapi kalau saya ambil contoh McDonald's atau KFC atau mungkin lagi Es Teler 77 saya rasa masih bisa dipertahankan. Albertus Aditya (bicara) 5 Juli 2012 17.17 (UTC)[balas]
Kalau waralaba yang sudah nasional dan cabangnya puluhan seperti D'Cost mungkin boleh lah, tapi kalau cuma di beberapa lokasi saya rasa itu promosi. ‑Bennylin cakap 02.05, 6 Juli 2012 (WIB)
OK, Bu Fatmawati boleh lah... :p ‑Bennylin dialog 02.06, 6 Juli 2012 (WIB)
Bagaimana jika pakai indikator keberadaan mereka (baca:restoran) di luar Jawa? Ezagren (kirim pesan) 5 Juli 2012 23.44 (UTC)[balas]

Mohon Maaf, Masih Belajar

Kepada Yth admin Wikipedia, Sepesial kepada mas Sutanto..

Dengan hormat..

Terimakasih banyak telah mengoreksi kesalahan saya pada latihan (tulisan) pertama di wikipedia.

Jujur saja saya penasaran dan ingin terlibat menulis dan berkontribusi di wikipedia, makanya saya mencoba memahami dengan baik tata tertibnya sebelum memulai.

Terus terang agak rumit memahami berbagai perintah yang jarang saya temukan, namun karena semangat dan maksud yang positif saya berusaha memahaminya, apalagi ada pesan dalam tatatertib bahwa "jangan takut memulai menulis, jika salah akan ada petugas Wikipedia yang akan membenarkannya.."

Saya tidak menyangka tulisan coba-coba itu kok malah ter publish. Jadi mohon maaf bukan karena sengaja mengirimkan sampah (tulsian ngawur) ke sini.

Maaf, mengutip catatan mas Sutanto pada penjelasannya tentang tulsian ngawur itu karena :


  • Baris isi

Tulisan atau karakter acak yang sama sekali tidak memiliki arti. Contohnya adalah "svn9664452=-087xk", yang dihasilkan dengan penekanan acak tombol-tombol pada keyboard (papan ketik) komputer. (Jujur saya tidak mengerti kenapa "svn9664452=-087xk" bisa muncul, apa makna kode itu, saya pun tidak mengerti).

  • Baris isi

Isi yang walaupun kelihatan bermakna, ternyata sama sekali omong kosong dan membingungkan sehingga sama sekali tidak bisa dimengerti oleh orang yang memiliki akal sehat. (Membingungkan bisa saja karena tulisan itu BELUM lengkap, tapi sudah terpublish, padahal sedang coba-coba atau latihan).


Beberapa tulisan saya masuk dalam beberapa beberapa forum diskusi. Dan tulian yang tampil itu bukanlah sampah meskipun saya sedang mencobanya tau-tau terpublish padahal belum selesai.

Demikian penjelasan saya kepada mas Sutanto, semoga berkenan menghapusnya dan memberi kesempatan pada saya untuk belajar dan mencintai wikipeida lebih mendalam lagi..

Atas perhatiannya saya haturkan terimakasih.

salam abanggeutanyo

Abanggeutanyo (bicara) 8 Juli 2012 10.51 (UTC)[balas]

Abanggeutanyo tidak ada salahnya untuk belajar mencoba-coba di wikipedia. kalau selesai menulis coba dulu dengan lihat pratayang jika sudah yakin dengan tulisan anda baru klik simpan halaman. Silahkan di coba-coba di halaman iniImanuel NS Uen (Pesan di sini) 11 Juli 2012 11.54 (UTC)[balas]
SIlahkan baca WP:Tutorial untuk belajar.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 11 Juli 2012 14.55 (UTC)[balas]

 SelesaiImanuel NS Uen (Pesan di sini) 24 Agustus 2012 14.54 (UTC)[balas]

Help decide about more than $10 million of Wikimedia donations in the coming year

(Apologies if this message isn't in your language. Please consider translating it)

Hi,

As many of you are aware, the Wikimedia Board of Trustees recently initiated important changes in the way that money is being distributed within the Wikimedia movement. As part of this, a new community-led "Funds Dissemination Committee" (FDC) is currently being set up. Already in 2012-13, its recommendations will guide the decisions about the distribution of over 10 million US dollars among the Foundation, chapters and other eligible entities.

Now, seven capable, knowledgeable and trustworthy community members are sought to volunteer on the initial Funds Dissemination Committee. It is expected to take up its work in September. In addition, a community member is sought to be the Ombudsperson for the FDC process. If you are interested in joining the committee, read the call for volunteers. Nominations are planned to close on August 15.

--Anasuya Sengupta, Director of Global Learning and Grantmaking, Wikimedia Foundation 19 Juli 2012 20.08 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Arsip Juni 2012

Musim klub

Masih berhubungan dengan yang di atas:

Apakah layak atau sebaiknya digabungkan dengan Persibo Bojonegoro? ‑Bennylin bincang 15.05, 19 Juni 2012 (WIB)

Kalau menurut saya, layak, karena akan berisi catatan pertandingan resmi dari sebuah klub setiap musimnya, yang hal tersebut tidak mungkin dimasukkan kedalam artikel klub tersebut.
Padanannya bisa dilihat seperti Liga Eropa UEFA diperjelas tiap musim menjadi Liga Eropa UEFA 2011–12, Liga Eropa UEFA 2012–13, dst.
Mungkin penamaannya saja yang perlu diperbaiki manjadi "Persibo Bojonegoro musim 2009–10".   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 19 Juni 2012 08.22 (UTC)[balas]

Kelayakan artikel desa

Mohon tanggapannya: Wikipedia:Kelayakan artikel/Desa. ‑Bennylin bicara 15.26, 25 Mei 2012 (WIB)

Link wikipedia bahasa lain di halaman utama

Apa dasar pemilihan link wikipedia dalam bahasa lain di kanan bawah dari halaman utama? Disitu ada Jawa, Sunda, dan yang aneh buat saya adalah Tetun, bukankah kebanyakan pengguna bahasa tetun adalah bukan orang Indonesia. Alangkah lebih baik kalau diganti link ke bahasa lain di Indonesia. Annas86 (bicara) 29 Mei 2012 08.06 (UTC)[balas]

Tidak ada lagi Wikipedia bahasa Indonesia lainnya :) ‑Bennylin omong 01.55, 30 Mei 2012 (WIB)
Mungkin maksudnya "bahasa daerah lain" di Indonesia. :) Lepas dari itu, saya rasa semua bahasa daerah/dialek yang berhubungan dengan kebudayaan Indonesia dapat dicantumkan di bagian tersebut. Memang akan menjadi luas, misalnya bahasa Jawa, masih berhubungan dengan bahasa Jawa (Suriname). JohnThorne (Bicara) 29 Mei 2012 22.03 (UTC)[balas]
Wikipedia edisi bahasa daerah pun saat ini masih terbatas itu saja. Sisanya masih di Inkubator: WP:WBBI. ‑Bennylin mufakat 11.53, 30 Mei 2012 (WIB)

Update on IPv6

(Apologies if this message isn't in your language. Please consider translating it, as well as the full version of this announcement on Meta)

The Wikimedia Foundation is planning to do limited testing of IPv6 on June 2-3. If there are not too many problems, we may fully enable IPv6 on World IPv6 day (June 6), and keep it enabled.

What this means for your project:

  • At least on June 2-3, 2012, you may see a small number of edits from IPv6 addresses, which are in the form "2001:0db8:85a3:0000:0000:8a2e:0370:7334". See e.g. w:en:IPv6 address. These addresses should behave like any other IP address: You can leave messages on their talk pages; you can track their contributions; you can block them. (See the full version of this announcement for notes on range blocks.)
  • In the mid term, some user scripts and tools will need to be adapted for IPv6.
  • We suspect that IPv6 usage is going to be very low initially, meaning that abuse should be manageable, and we will assist in the monitoring of the situation.

Read the full version of this announcement on how to test the behavior of IPv6 with various tools and how to leave bug reports, and to find a fuller analysis of the implications of the IPv6 migration.

--Erik Möller, VP of Engineering and Product Development, Wikimedia Foundation 2 Juni 2012 01.03 (UTC)[balas]

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Contohnya bisa dilihat di http://ipv6test.wmflabs.org/wiki/index.php/Special:RecentChanges. ‑Bennylin omong 12.15, 2 Juni 2012 (WIB)

Suara setuju, tidak setuju, dan abstain

Dipindahkan ke Pembicaraan Wikipedia:Kebijakan mengenai kepengurusan#Suara setuju, tidak setuju, dan abstain.

Kebijakan penggunaan gambar non-bebas untuk ruang nama non-artikel

Apakah dibolehkan untuk menggunakan gambar non-bebas untuk ruang nama non-artikel, meskipun dalam hal ini WP:F sudah digantikan oleh WP:F2, tetapi WP:F2 tidak menjelaskan mengenai penggunaanya yang sempat disinggung di dalam WP:F, dan kini menjadi pertanyaan bagi saya (yang tengah saya diskusikan juga dengan Eddy bf (bicara)) mengenai penggunaan logo di ruang nama templat.

Sebagai rujukan tambahan, saya menggunakan en:Wikipedia:Non-free content, sementara Pak Eddy sempat menyatakan bahwa di Wikipedia Belanda menggunakan logo (belum memberi contoh, mungkin bisa diberi Pak Eddy).

Mohon pendapat dan komentar rekan-rekan sekalian. Salam. Albertus Aditya (bicara) 3 Juni 2012 11.46 (UTC)[balas]

Yang dibicarakan adalah penggunaan gambar logo pada kotak navigasi. Contohnya sebagai berikut:

Masalahnya bukan mana yang lebih bagus. Tapi mana yang lebih tepat sesuai dengan aturan lisensi logo.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 3 Juni 2012 11.56 (UTC)[balas]

Mungkin kita perlu lebih spesifik dalam memerincikan jenis gambar non-bebas yang kita izinkan di WPID. Saya sendiri berpendapat bahwa logo boleh dipakai dengan mengambil analogi bahwa gambar jenis ini kerap digunakan dalam tulisan di media massa lain tanpa masalah. -- IvanLanin (bicara) 3 Juni 2012 15.52 (UTC)[balas]
Saya ikut Resolution:Licensing policy saja. py21 (bicara) 4 Juni 2012 19.06 (UTC)[balas]

Saya sih lebih condong untuk mengikuti kebijakan hak cipta di WPEN ya, karena bagaimanapun juga server WPID ini berada di Amerika Serikat yang berarti tunduk sepenuhnya kepada hukum hak cipta negara tersebut. Hehe jadi ingat dulu saya pernah juga berdebat dengan Pengguna:Albertus Aditya mengenai hal ini.  -iNu-  ►  5 Juni 2012 00.23 (UTC)[balas]

Benar sekali. Dahulu memang tidak sampai jelas sekali benang merahnya. Tetapi, setelah melalui beberapa tahun, saya kini sudah berubah pandangan dari yang dahulu. Salam. Albertus Aditya (bicara) 5 Juni 2012 05.01 (UTC)[balas]

Masih belum jelas, nih, apakah boleh atau tidaknya. Ada tanggapan lain? Albertus Aditya (bicara) 19 Juni 2012 08.25 (UTC)[balas]

WPID vs WBI

Sebenarnya ini bukan masalah yang terlalu pelik, tapi saya melihat bahwa ada perbedaan cara dalam menyingkat "Wikipedia bahasa Indonesia". Ada yang menggunakan singkatan WBI dan ada yang WPID. Saya usulkan untuk menyeragamkan penyingkatan ini menjadi WPID (pola: WP + singkatan dua huruf bahasa ybs.) dengan alasan sbb.:

  1. Singkatan satu huruf "I" dapat mewakili berbagai bahasa, bahkan bahasa Inggris. Dengan model WPID, kita dapat menggunakan WPEN untuk bahasa Inggris.
  2. Singkatan satu huruf "W" sangat taksa karena hampir semua proyek Wikimedia berawalan "W" (wiki). Dengan model WPID, kita dapat menggunakan WBID (wikibuku), WSID (wikisource atau wikisumber), WKID (wiktionary atau wikikamus), dan WQID (wikiqoute).

Bagaimana? -- IvanLanin (bicara) 3 Juni 2012 16.15 (UTC)[balas]

SetujuSetuju Dua-tujuh! selama ini saya bingung nyebutnya apa. Saya akan mulai menggunakan istilah WPID daripada WBI dari sekarang.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 3 Juni 2012 16.42 (UTC)[balas]
Boleh juga. Selama ini saya bingung jika menyebut wikipedia dan wikibuku Indonesia karena sebutannya sama-sama WBI. RaymondSutanto (bicara) 3 Juni 2012 17.51 (UTC)[balas]
Boleh lah, tetapi jangan lupa kalau "WP" itu bisa merujuk ke WordPress juga. ·· KℇℵℭK 4 Juni 2012 10.21 (UTC)[balas]
SetujuSetuju Dua-tujuh! Per pendapat pak IvanLanin. Dede2008 (bicara) 4 Juni 2012 14.03 (UTC)[balas]
Setuju Setuju usulan Pak IvanLanin. JohnThorne (Bicara) 4 Juni 2012 14.27 (UTC)[balas]
SukaSuka Mendukung -- Wagino 20100516 (bicara) 4 Juni 2012 14.59 (UTC)[balas]
Setuju Setuju sekali!  -iNu-  ►  5 Juni 2012 00.10 (UTC)[balas]

satu tujuh --Thinkelel (bicara) 6 Juni 2012 21.21 (UTC)[balas]

SetujuSetuju Dua-tujuh!Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 14 Juni 2012 00.49 (UTC)[balas]

2011 Picture of the Year competition

македонскиnorskpolski

Dear Wikimedians,

Wikimedia Commons is happy to announce that the 2011 Picture of the Year competition is now open. We are interested in your opinion as to which images qualify to be the Picture of the Year 2011. Any user registered at Commons or a Wikimedia wiki SUL-related to Commons with more than 75 edits before 1 April 2012 (UTC) is welcome to vote and, of course everyone is welcome to view!

Detailed information about the contest can be found at the introductory page.

About 600 of the best of Wikimedia Common's photos, animations, movies and graphics were chosen –by the international Wikimedia Commons community– out of 12 million files during 2011 and are now called Featured Pictures.

From professional animal and plant shots to breathtaking panoramas and skylines, restorations of historically relevant images, images portraying the world's best architecture, maps, emblems, diagrams created with the most modern technology, and impressive human portraits, Commons Features Pictures of all flavors.

For your convenience, we have sorted the images into topic categories.

We regret that you receive this message in English; we intended to use banners to notify you in your native language but there was both, human and technical resistance.

See you on Commons! --Picture of the Year 2011 Committee 5 Juni 2012 18.22 (UTC)

Distributed via Global message delivery. (Wrong page? Fix here.)

Pengusulan ulang AP yang dulunya ditolak

Bagaimanakah cara mengusulkan ulang status Artikel Pilihan setelah sebelumnya artikel bersangkutan sempat ditolak mendapatkan status tersebut? Saya bermaksud mengusulkan ulang artikel fondue (halaman usulannya yang lama di sini) tetapi kebingungan dengan mekanismenya karena dengan mekanisme yang tercantum di Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan, yang muncul adalah halaman usulan yang lama. Terima kasih. sentausa (bicara) 18 Juni 2012 13.50 (UTC)[balas]

Pindahkan dulu halaman Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue ke halaman lain, misalnya Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue/Lama. Baru suntinglah halaman Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue. ·· KℇℵℭK 18 Juni 2012 15.10 (UTC)[balas]
IMO pindah ke Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue/1, lalu buat Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue/2, dan Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Fondue dijadikan halaman "disambig" (karena ini halaman yang dituju oleh templat yang dipasang di halaman pembicaraan calon artikel pilihan. ‑Bennylin bicara 22.26, 18 Juni 2012 (WIB)
Sepertinya saran Kenrick lebih efektif; akan saya terapkan. Terima kasih. sentausa (bicara) 19 Juni 2012 07.27 (UTC)[balas]

Pedoman penamaan

Melihat ini membuat saya sebagai orang awam bahasa jadi kebingungan. Mungkin apa yang dilakukannya tidak salah, karena menggunakan bahasa indonesia yang sudah diakui oleh pusat bahasa bukanlah sesuatu yang salah, namun saya rasa menjadi tidak lazim/biasa/populer, dan mempersulit dan membingungkan pengguna awam seperti saya.

Harapan saya pengurus atau siapapun yang concern dengan perihal seperti ini mohon dapat meninjau kembali pedoman penamaan dengan memberikan penegasan dalam hal bahasa asing, seperti ini atau ini sehingga dapat menjadi pegangan kedepannya. Terima kasih.  έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 18 Juni 2012 23.58 (UTC)[balas]

Wah! Ini sepertinya bakal terjadi perang suntingan lagi, nih! Coba anda lihat halaman ini!
Menurut saya, judul artikel tetap menggunakan bahasa atau istilah yang sudah umum digunakan karena tentunya akan lebih banyak yang memahaminya, sedangkan padanan istilah dicaantumkan di awal paragraf pembuka, misalnya World Wide Web atau Jejaring Jagat Jembar adalah..., dan seterusnya.
Mohon tanggapan dari rekan-rekan lainnya, khususnya yang memiliki kemampuan lebih dalam hal bahasa Indonesia. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 19 Juni 2012 00.47 (UTC)[balas]
Makanya saya hanya berharap ada penegasan dan ketegasan dalam pedoman penamaan, sehingga hal seperti ini tidak berlarut larut dan tidak berulang ulang terjadi.
Prinsip saya kita sepakati dahulu akan menggunakan bahasa aslinya sebagai judul, atau menggunakan kata serapan populer atau menggunakan kata serapan yang benar dari badan bahasa (dahulu pusat bahasa). Kemudian kita dapat menggunakannya sebagai dasar dan landasan bagi kedepannya, dan hal seperti ini tidak terulang kembali.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 19 Juni 2012 01.47 (UTC)[balas]

Mari tidak membahas terlalu luas, dan dibatasi lingkupnya, karena kalau terlalu luas topiknya, orang malas untuk komentar. Bagaimana kalau mulai dari istilah teknologi informasi yang diwakili oleh perang pemindahan antara World Wide Web dan Waring Wera Wanua (dan Jejaring Jagat Jembar??). Apa pedoman untuk singkatan-singkatan istilah komputer/internet dalam bahasa Inggris yang berjumlah ratusan dan terus-menerus bertambah? Apakah:

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah turunan singkatan tersebut juga perlu diperhatikan konsistensinya, panjangnya, dan kapitalisasinya:

‑Bennylin celoteh 18.38, 19 Juni 2012 (WIB)

Sekadar mengoreksi, HTTP=HyperText Transfer Protocol. ·· KℇℵℭK 19 Juni 2012 12.24 (UTC)[balas]
Thanks. ‑Bennylin obrol 20.06, 19 Juni 2012 (WIB)

Wah, mungkin perlu dirinci untuk satu per satu artikel. Jujur saya, saya masih merasa cukup ribet. Sekadar komentar, ada kalanya juga perlu disingkat, seperti FIFA. Saya rasa, jika memang belum diserap secara utuh dalam bahasa Indonesia (artinya jarang digunakan, saya lebih setuju jika digunakan istilah yang mungkin saja diserap secara "kasar" dari bahasa asing). Salam. Albertus Aditya (bicara) 19 Juni 2012 15.01 (UTC)[balas]

Komentar lainnya, saya rasa tidak semua "pukul-rata" seperti itu. Sedapat mungkin dipadankan, tetapi jika memang istilah tersebut telah diserap secara utuh dan lazim dikenal dan digunakan. Albertus Aditya (bicara) 19 Juni 2012 15.24 (UTC)[balas]

Saya ingin mengajukan untuk kasus sempit dahulu, untuk yang telah dipindahkan oleh Kevdave. Yang lainnya juga mungkin bisa ditambahkan ke sini juga.

Judul saat ini Sebelumnya Komentar Hasil
World Wide Web World Wide Web
Waring Wera Wanua
Sistem Kedudukan Sejagat Sistem Pemosisi Global
Selubung komputer Kasing komputer
Alat Kerja Gawit Standar Standard Widget Toolkit
Pengelola akun keamanan Security accounts manager
Manajer Akun Keamanan
Penghimpunan hala Route aggregation
Kit-akar Rootkit
Pemortaan Porting
Strategi waktu-nyata Real-time strategy
Pengalih Lapis Kedua Layer 2 switch
Pengalih KVM KVM switch
Pencitraan hasil komputer Computer-generated imagery
Kandar kilat USB USB flash drive
Perangkat pengintai Spyware
Kuki HTTP Reremah
Pengimbuhairan Watermarking
Perekam ketikan Keylogger
Pengalur jaringan Backhaul
Lapis taut data lapisan hubungan data
Lapisan data-link
Gugus (komputer) Kluster komputer
Jaringan bus kepingan Token Bus
Jaringan wilayah lokal Jaringan wilayah setempat
local area network
Lewahjam Overclock
Pengalih jaringan Switch jaringan
Pepusat Hub
Kandar zadat Solid state drive
Cakram flopi Cakram liuk
Disket
Akses Internet putar-nomor Akses internet dial-up
Peranti gemerak Peranti bergerak
mobile device
Telepon cerdas Telepon pintar
Peladen wewali Server wakil
Bingung nih, kita kan bukan mempopulerkan istilah baru, tetapi mempopulerkan istilah yang benar (dan menurut saya, yang lebih mudah dimengerti secara umum). ·· KℇℵℭK 19 Juni 2012 15.29 (UTC)[balas]
Kenapa terlihat jadi bahasa melayu ya? saya lebih setuju menggunakkan istilah yang sering di gunakan orang dan lebih masuk akal saja, bukan berarti untuk mempopulerkan suatu nama.Jujur saja saya menjadi bingung membacanya ada pengokot, ada kokot, apa itu? setelah saya klik ternyata saya baru tahu bahwa itu Stepler dan isinya (itu hanya contoh kecil dan masih banyak lagi) jika nantinya perubahan nama ini banyak yang tidak menyetujui ini akan menjadika PR yang banyak.Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 19 Juni 2012 17.04 (UTC)[balas]
Nah, bingung kan? makanya tegaskan dulu kebijakannya. Apa mau pakai aslinya, serapan populer atau serapan baku dari badan bahasa. Baru bisa melangkah ke kasus per kasus. Banyak lho bahasa serapannya bukan cuma bidang IT saja. Musik, sepak bola, kedokteran, teknik dll, banyak menggunakan serapan.
Maksud saya berikan dulu penegasan dalam pedomannya. Baru jadi landasan melangkah. Kalo masih diselesaikan seperti ini akan berulang lagi dan lagi.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 19 Juni 2012 19.31 (UTC)[balas]
Silakan beri suara utk terjemahan baku di atas. (Semua istilah diambil dari Kateglo) Kevdave (bicara) 19 Juni 2012 22.17 (UTC)[balas]
Saran: untuk istilah baku mungkin bisa ditambahkan pola acu (template) berikut: (istilah baku: Sistem Kedudukan Sejagat) Kevdave (bicara) 19 Juni 2012 22.23 (UTC)[balas]

Mengutip dari Pedoman Penamaan: "Utamakan nama dalam bahasa Indonesia. Jika ada beberapa variasi istilah Indonesia, cantumkan variasi tersebut dan nama dalam bahasa asingnya pada bagian awal paragraf pembuka." Kevdave (bicara) 19 Juni 2012 22.27 (UTC)[balas]

Kalau menurut saya, istilah bahasa indonesialah yang harus jadi pedoman, kecuali bila tak ada nama indonesianya. Contoh: Universal Serial Bus. Salam. Dede2008 (bicara) 19 Juni 2012 23.44 (UTC)[balas]
Bahasa Indonesia yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang lazim digunakan, bukan yang dipaksakan. Yang diambil dari Kateglo, juga jangan hanya mengambil satu kata, tetapi keseluruhan frasa. Albertus Aditya (bicara) 20 Juni 2012 01.35 (UTC)[balas]
Setuju Setuju dengan Albertus. lebih baik menggunakan bahasa yang lazim digunakan bukan dipaksakan. seakan ini maksa banget dan hanya untuk mempopulerkan sebuah nama, Jika nanti pengguna lain ingin mencari artikel yang bersangkutan nanti mereka malah susah dan bingung, apa lagi pelajar sekolah di saat di gunakan referensi di sekolah mereka akan menjadi lebih bingung.Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 20 Juni 2012 02.43 (UTC)[balas]
Saya tidak tahu bagian mana yang diambil dari Kateglo. Untuk penamaan judul yang biasanya istilah teknis, Glosarium Badan Bahasa akan lebih baik digunakan. Kateglo memang memuatnya juga, tapi Kateglo lebih cocok digunakan sebagai kamus bukan glosarium. Kalau tidak ada di glosarium terjemahannya bisa dicari di kamus istilah. Tapi jangan menciptakan istilah baru di Wikipedia. Gombang (bicara) 20 Juni 2012 07.22 (UTC)[balas]

Disini saya mengajak, marilah kita biasakan menggunakan "berdasarkan pedoman" yang kita punya, bukan "menurut saya" karena "saya" tidak akan selamanya disini, tapi pedoman akan terus ada disini. Jika pedoman yang kurang jelas, marilah kita perjelas. Jika pedoman sudah jelas, marilah kita laksanakan dengan konsisten. Karena pedoman juga dibentuk oleh komunitas.   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 20 Juni 2012 03.37 (UTC)[balas]

Pedoman yang kita punya sudah jelas, bung Eddy. Untuk kasus ini, kita gunakan pedoman Kata serapan untuk istilah teknis (isinya sudah diuraikan bung Gombang di atas). Berdasarkan pedoman tersebut, maka yang dilakukan bung Kevdave tidak tepat.
Itu saja dari saya. py21 (bicara) 20 Juni 2012 17.18 (UTC)[balas]
Berdasarkan Kata serapan untuk istilah teknis yang dilakukan kevdave tidak tepat maka perlu pemindahan ke semula hingga pembicaraan mencapai kesepakatan. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 21 Juni 2012 15.41 (UTC)[balas]

Arsip Mei 2012

Mari kita mulai. Bennylin cakap 12.48, 1 Mei 2012 (WIB)

Siapa yang mau buat halamannya? RaymondSutanto (bicara) 1 Mei 2012 07.59 (UTC)[balas]
Siapa pun yang merasa perlu :) Bennylin cakap 15.12, 1 Mei 2012 (WIB)

Mau bulan Mei ini? Albertus Aditya (bicara) 1 Mei 2012 08.03 (UTC)[balas]

Tahun lalu juga Mei. Bennylin runding 15.10, 1 Mei 2012 (WIB)
Ok. Saya sudah mulai merintisnya. Albertus Aditya (bicara) 1 Mei 2012 08.23 (UTC)[balas]
Terima kasih atas tanggapannya yang begitu responsif. Ayo! Bersama-sama kita ramaikan pemilihan pengurus tahun ini. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 1 Mei 2012 09.38 (UTC)[balas]
Apakah boleh kampanye calon pengurus disini? Mbak Dede (bicara) 8 Mei 2012 09.35 (UTC)[balas]
Kampanye kaya proses politik aja. Wikipedia kan bukan tempat berpolitik. Albertus Aditya (bicara) 8 Mei 2012 10.58 (UTC)[balas]
Ok. Mbak Dede (bicara) 9 Mei 2012 13.26 (UTC)[balas]

Entri tanggal

Mohon diskusi, apakah peringatan Tahun Baru Imlek 1900-an Masehi, Jumat Agung, Isra Mir'aj, Idul Adha setiap tahun perlu dimasukkan ke entri setiap tanggalnya? Albertus Aditya (bicara) 10 Mei 2012 18.29 (UTC)[balas]

Bukan ke entri tanggal, melainkan ke entri tahun saja, sebagai catatan sejarah. Misalnya ada peristiwa yang terjadi pada hari Idul Adha pada tahun 1980, akan lebih mudah dicari dari artikel "1980". Sebaiknya dibuat suatu sub bagian terpisah "Hari-hari raya" untuk tiap tahunnya. JohnThorne (Bicara) 11 Mei 2012 01.37 (UTC).[balas]
Saya rasa ide yang bagus dari JohnThorne (bicara. Tidak ada yang tidak setuju, kan jika ditetapkan demikian? Albertus Aditya (bicara) 11 Mei 2012 09.20 (UTC)[balas]
Boleh juga usulannya. Kalau dimasukkan ke entri setiap tanggal, saya tidak setuju. sentausa (bicara) 11 Mei 2012 09.34 (UTC)[balas]
Saya sih setuju-setuju saja, tapi sebaiknya dimasukkannya per tahun saja, seperti pendapat dari JohnThorne, karena hari raya umat Islam (Ramadan, Idul Fitri, Idul Adha, dll) selalu mundur 11 atau 12 hari per tahunnya. Mbak Dede (bicara) 11 Mei 2012 15.02 (UTC)[balas]
Saya memang lebih suka jika tanggal jatuhnya hari libur nasional (Indonesia) dimasukkan ke entri tanggal, karena akan menjadi "kenangan indah" bagi orang yang pernah berulang tahun tepat pada tanggal merah. Aldo Septiano Aldo Septiano 12 Mei 2012 02.36 (UTC)[balas]
Ah, sempit sekali pemikirannya. Tetap harus berpikir untuk perkembangan Wikipedia secara ensiklopedis dong. Albertus Aditya (bicara) 12 Mei 2012 05.01 (UTC)[balas]
Apa lebih baik dibuat artikel khusus daftar hari besar berdasarkan kalender sebenarnya (kalender Cina sendiri, kalender Hijriah sendiri) supaya tidak mengganggu entri tanggal? Aldo Septiano 12 Mei 2012 05.16 (UTC)
Seperti yang sudah dikatakan di atas, dimasukkan saja ke artikel tahunnya 2011, 2012 dst, silakan dibuat sub tingkat dua tersendiri seperti 2011#Hari libur nasional di Indonesia. Albertus Aditya (bicara) 12 Mei 2012 05.23 (UTC)[balas]

lebih baik per tahun saja, kalau per tanggal nya sedikit memusingkan juga ya, orang jarang melihat tanggalnya Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 12 Mei 2012 07.16 (UTC)[balas]

Perlindungan Artikel Pilihan di Halaman Utama

Saya ingin menanyakan siapakah yang memiliki akses untuk menyunting templat artikel pilihan yang sedang tampil di Halaman Utama. Saya bermaksud untuk memutakhirkan templat tersebut sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati, tetapi tidak bisa karena halamannya dilindungi dari penyuntingan. Usul saya, lebih baik templat semacam itu dibebaskan dari perlindungan, atau mungkin dibuat agar hanya pengguna tertentu (misalnya setingkat editor) yang dapat menyunting. Terima kasih. sentausa (bicara) 14 Mei 2012 07.13 (UTC)[balas]

Pengurus yang bisa melakukan penyuntingan, Pak. Untuk rencana isinya, silakan ditaruh di halaman pembicarannya. Salam. Albertus Aditya (bicara) 14 Mei 2012 07.38 (UTC)[balas]
Masalahnya apa pengurus sempat untuk memutakhirkannya? (Apakah Albertus Aditya pengurus?) Lebih baik isi halaman utama dibebaskan dari perlindungan seperti yang sudah berlaku untuk peristiwa terkini. sentausa (bicara) 14 Mei 2012 07.52 (UTC)[balas]
Kebetulan saya Pengurus, Pak. Kalau dibuka, sangat-sangat rawan vandalisme. Untuk sekarang, perlindungan itu ada 2, yaitu semi-perlindungan (pengguna terkonfirmasi otomatis) dan perlindungan penuh (pengurus). Karena sudah diberi semi-perlindungan masih sering lolos, akhirnya melalui diskusi (lupa tempatnya) sempat diputuskan untuk perlindungan penuh (ralat bila salah). Salam. Albertus Aditya (bicara) 14 Mei 2012 08.02 (UTC)[balas]
Oo begitu. Sayangnya sudah terlambat untuk mencalonkan diri menjadi pengurus ya :p Mungkin perlu dipikirkan membuat perlindungan level tengah, misalnya untuk editor (beda kan dari pengguna terkonfirmasi otomatis?), bila memungkinkan. Terima kasih. sentausa (bicara) 14 Mei 2012 08.16 (UTC)[balas]
Catatan: Latar belakang perlindungan ini adalah karena adanya komplain atas Gambar Pilihan yang divandal. Karena ini bukan kali pertama, dan menyadari bahwa selama ini templat-templat yang ditransklusi di HU banyak yang tidak dilindungi sehingga rawan divandal, maka setelah diskusi di milis pengurus, per 15 Des 2011 HU diberi perlindungan runtun. Namun karena ada pengguna meminta supaya Peristiwa Terkini tidak diikutkan dalam opsi perlindungan runtun itu, maka dibuat halaman baru, salinan dari HU sans-PT, di Halaman Utama/Perlindungan, dan halaman itulah yang dilindungi.
Pendaftaran pengurus untuk sesi ini telah selesai. Mungkin perlu diskusi lebih lanjut untuk masalah perlindungan ini. Saya rasa jika hanya 15 orang (+ steward) yang bisa menyunting juga kurang cocok. Saya setuju jika ada perlindungan untuk tingkat Penyunting (Editor). Yang menjadi pertanyaan tinggal apakah bisa diimplementasikan? Salam. Albertus Aditya (bicara) 14 Mei 2012 08.37 (UTC)[balas]
Kita lihat saja berapa pengurus baru yang diangkat tahun ini. Idealnya saya rasa WBI butuh 20-25 pengurus saat ini. Sayang tidak ada opsi perlindungan antara perlindungan penuh dan semi-perlindungan. Saya pikir yang perlu diperbaiki adalah proses meminta perhatian pengurus (untuk menyunting halaman yang dilindungi). Salah satu caranya bisa dengan Templat:Edit protected. Kalau minimal setiap waktu ada satu pengurus yang online, permintaan edit protected ini bisa dengan cepat ditanggapi. ‑Bennylin komunikasi 18.35, 14 Mei 2012 (WIB)
Pakai flagged-rev saja tidak bisa? Paling tidak vandalisme tidak akan terlihat oleh pengunjung (anonim). Gombang (bicara) 15 Mei 2012 08.06 (UTC)[balas]
Kalau untuk Tahukah Anda dan Hari Ini Dalam Sejarah mungkin bisa, tinggal menjadikan 365x2 templat tersebut terperiksa. Tapi kalau AP dan GP tidak bisa, karena biasanya halamannya dibuat mepet, bahkan tidak jarang AP dan GP berikutnya masih kosong, sehingga di HU pun kosong. Nah, kalau bisa membuat stok GP dan AP yang cukup banyak (saya lihat stok GP sudah cukup banyak, hanya tinggal AP), usulan Gombang ini mungkin bisa dilakukan.
Karena perubahan-perubahan terakhir yang terjadi Halaman Utama, saya usulkan minimal halaman Pembicaraan:Halaman Utama dibuka perlindungannya, sehingga anon pun dapat melapor apabila ada kesalahan di HU. Memang sebelumnya Pembicaraan HU sering jadi bak pasir, dan kalau ini dibuka, tidak tertutup kemungkinan suntingan-suntingan percobaan harus banyak direvert, tapi saya rasa ini trade-off dari Halaman Utama yang dilindungi penuh (minus Peristiwa Terkini) ‑Bennylin komen 15.16, 15 Mei 2012 (WIB)
Karena tidak ada keberatan, maka perlindungan Pembicaraan:Halaman Utama saya buka. Salam. ‑Bennylin obrol 21.35, 5 Agustus 2012 (WIB)

Diskusinya udah ditutup belum nih? Bisa kok pilihan perlindungan halaman dikustomisasi. Tinggal minta sama steward (kalau boleh).    ArdWar (BKL) 1 Agustus 2012 16.51 (UTC)[balas]

Kalau tidak dikomentari selama 30 hari bisa dianggap stale atau sudah ditutup. Apa bisa dijelaskan bagaimana cara kerjanya dan cara penerapannya di sini? ‑Bennylin runding 16.12, 2 Agustus 2012 (WIB)
Loh, bukannya anda itu steward? Kok belum tau?
Kalau punya akses ke instalasi mediawiki, bisa dgn menyunting file LocalSettings.php dan menambahkan baris $wgRestrictionLevels[] = 'namagrup'; (namagrup harus sama dengan salah satu nama di baris $wgGroupPermissions). Normalnya pengubahan setting mediawiki dilakukan melalui permintaan di bugzilla (saya yakin anda sudah tau prosedurnya).    ArdWar (BKL) 3 Agustus 2012 22.31 (UTC)[balas]
Ya, halaman penjelasannya tidak begitu jelas. Maksud pertanyaan saya, bagaimana itu bisa membantu melindungi halaman utama? Apa bedanya dengan sistem yang sekarang (hanya pengguna dengan hak tertentu -- pengurus -- yang dapat menyunting halaman utama dan halaman-halaman tertransklusi yang sedang tertampil di halaman utama)? ‑Bennylin komunikasi 11.48, 5 Agustus 2012 (WIB)
Setidaknya dengan adanya perlindungan yang lebih longgar, populasi pengguna yang bisa menyunting artikel/templat yang tampil di halaman utama bisa lebih banyak. Jadi misalnya jika ada editor yang ingin menyunting karena memang ada kesalahan atau ingin memutakhirkan artikel/templat tidak perlu menunggu pengurus.
Lagipula menurut pendapat saya, perlindungan dengan tingkat sedikit lebih tinggi dari autoconfirmed user memang diperlukan, karena status autoconfirmed itu otomatis diberikan oleh sistem dan hampir seluruh pengguna bisa mendapatkan status tersebut dengan mudah tanpa melalui audit secara individual. Berbeda dengan status pengguna lainnya yang mayoritas harus diberikan secara manual oleh pengurus, dan proses pengangkatannya juga setidaknya melalui proses audit sehingga bisa diketahui apakah pengguna tersebut bisa dipercaya atau tidak.    ArdWar (BKL) 5 Agustus 2012 12.54 (UTC)[balas]
Kalau begitu apakah yang Anda minta sebuah hak pengguna yang baru (pengguna biasa yang dipercaya menyunting halaman yang dilindungi), atau editor yang sekarang ditambah haknya untuk menyunting halaman yang dilindungi (mengomentari pendapat Albertus)? Itu prosesnya harus melalui konsensus dulu. Saya pikir usulan Anda bisa dipertimbangkan. Silakan dimulai halaman permohonan pendapat kalau Anda mau (yang memaparkan dengan detil dan dengan kasus uji). ‑Bennylin bicara 21.30, 5 Agustus 2012 (WIB)

Pranala siaran langsung via web

Halo semua. Ada pengguna yang menambahkan pranala luar ke situs siaran langsung via web (web streaming) RCTI. Apakah pranala semacam ini akan kita izinkan? Mohon pendapat. Terima kasih. -- IvanLanin (bicara) 17 Mei 2012 11.26 (UTC)[balas]

Menurut pendapat saya tidak diizinkan, karena situs streaming bisa banyak, dan kalau semua masuk jadi spam. Salam. Albertus Aditya (bicara) 17 Mei 2012 12.06 (UTC)[balas]
Menurut saya yang diizinkan hanyalah pranala siaran langsung dari situs resmi stasiun TV yang bersangkutan. ·· KℇℵℭK 17 Mei 2012 14.26 (UTC)[balas]
Sependapat dengan Kenrick, tetapi biasanya streaming dari stasiun TV ya di situs web resminya, jadi juga tidak perlu. Albertus Aditya (bicara) 17 Mei 2012 14.47 (UTC)[balas]

Baik. Terima kasih. -- IvanLanin (bicara) 17 Mei 2012 16.23 (UTC)[balas]

Kalau bukan dari situs resmi TV-nya jangan dicantumkan, itu termasuk pelanggaran hak cipta. Di luar negeri sana situs2 streaming dikategorikan sbg bentuk pelanggaran digital. AnuHykaru (bicara) 19 Mei 2012 10.40 (UTC)[balas]

Daftar kebijakan dan pedoman Wikipedia Indonesia

Saya sedang menginventarisasi kebijakan dan pedoman WPID karena ternyata kita belum memiliki satu halaman yang memuat daftar ini secara menyeluruh. Ada tiga halaman yang saya pakai, yaitu (1) Wikipedia:Daftar kebijakan dan pedoman, (2) Templat:Kebijakan dan pedoman Wikipedia, dan (3) Templat:Pedoman gaya. Adakah daftar lain yang perlu saya lihat selain halaman kategori terkait?

Untuk memudahkan pelaksanaan, saya menggunakan Google Dokumen. Hingga saat ini saya telah mengumpulkan 79 kebijakan dan pedoman yang ada di WPID. Jika ada waktu, mohon kesediaan untuk melihat daftar yang berhasil saya himpun sampai saat ini. Terima kasih. -- IvanLanin (bicara) 17 Mei 2012 16.23 (UTC)[balas]

Tidak pernah saya sangka jumlah kebijakan dan pedoman WBI ada sebanyak itu. Apakah "kebijakan" semacam Wikipedia:Artikel pilihan/Kriteria atau Wikipedia:Gambar pilihan/Sistem gambar pilihan dapat dikategorikan sebagai kebijakan? ·· KℇℵℭK 18 Mei 2012 12.12 (UTC)[balas]
Hm, saya belum tahu jawabannya. Selama ini kita mengacu kepada WPEN untuk menentukan apakah suatu halaman kita kategorikan sebagai kebijakan atau pedoman. Tampaknya kita perlu merumuskan sendiri kriteria kita untuk ini. -- IvanLanin (bicara) 19 Mei 2012 03.23 (UTC)[balas]

Kelayakan artikel pertandingan olahraga spesifik

Halo semua. Terkait dengan artikel Indonesia vs Santos (1972), tampaknya kita perlu mencari konsensus apakah "artikel pertandingan olahraga spesifik" layak masuk sebagai artikel di Wikipedia Indonesia? Kalau ya, apa saja kriterianya? Mohon pendapat. Terima kasih. -- IvanLanin (bicara) 19 Mei 2012 03.21 (UTC)[balas]

Awalnya saya merasa artikel seperti itu layak dibuat. Karena melibatkan tim nasional, yang artinya kegiatan bersifat nasional.
Namun setelah saya bandingkan dengan timnas Inggris di en-wiki, hanya membuat artikel pada pertandingan-pertandingan yang sifatnya terkenal (famous match), baik karena prestasi atau kontroversinya, bukan pertandingan yang "biasa-biasa" saja. Sedangkan untuk pertadingan secara keseluruhan disusun dalam bentuk daftar.
Kesimpulan saya: lebih baik dibuat seperti en-wiki. Eddy bf (bicara) 19 Mei 2012 03.38 (UTC)[balas]
IMHO ya, saya punya 2 alasan utama mengapa pertandingan Indonesia-Santos (1972) tersebut saya kategorikan kurang layak. Pertama, karena hanya merupakan friendly match bukan event seperti Final piala dunia misal, yang menurut saya artikel Santos tsb cukup dimasukkan dalam sebuah daftar, seperti contohnya daftar ini. Kedua, dan yang paling penting, (friendly match sekalipun), karena pertandingan tersebut tidak memberikan arti signifikan terhadap sejarah olahraga Indonesia maupun sejarah Indonesia sendiri (sepengetahuan saya), seperti contohnya: pertandingan Inggris-Hungaria mengangkat pertandingan yang menyebabkan Inggris kemudian mengubah gaya permainan kuno menjadi gaya internasional untuk seterusnya; pertandingan unik Inggris megenai peringatan 100tahun asosiasi sepakbola dunia; atau pertandingan Spanyol-Malta yang (entah kenapa) diklaim sebagai pertandingan penting dalam sejarah sepakbola Spanyol.
Mengenai alasan kontroversi match fee yang disebut di dalam artikel, saya rasa itu adalah hal biasa dalam mengundang "tim besar", itu adalah harga yang penting sekali dipertimbangkan dan didiskusikan (yah, saya sih nggak tau seberapa kontroversial memang, tapi tetap saja sekedar match fee tidaklah cukup layak untuk artikel berdiri sendiri).
Intinya sih, menurut saya, syarat kelayakan "artikel pertandingan olahraga spesifik" yang paling utama adalah memberikan arti signifikan terhadap sejarah cabang olahraga itu maupun sejarah negara/klub terkait —  Shadow  Hawk  ngomong dong 19 Mei 2012 04.41 (UTC)[balas]
Kalau saya baca ini (diskusi penghapusan artikel pertandingan Bahrain melawan Indonesia), beberapa alasan yang membuat artikel pertandingan sepak bola layak adalah skor pertandingan yang tidak biasa, pertandingan yang menghasilkan kontroversi, dan mendapat liputan secara luas dari media massa. Redyka ngobrol 19 Mei 2012 08.06 (UTC)[balas]
Hanya penegasan saja kalo saya juga menganggap Indonesia vs Santos (1972) tidak cukup layak sebagai artikel. Eddy bf (bicara) 19 Mei 2012 08.17 (UTC)[balas]
Tapi, saya lihat di Wikipedia bahasa Inggris hasil keputusannya adalah "Keep" atau pertahankan. Jadi disana tidak dihapus. Tapi sebaiknya dibuat dgn bentuk daftar seperti pendapat pak Eddy bf. Salam. Mbak Dede (bicara) 19 Mei 2012 09.33 (UTC)[balas]
Ya emang. Kan artikel yang didiskusikan kontroversial, skor yang sangat besar (10:0), dan diliput Reuter, Guardian, Daily Telegraph, dll., makanya dipertahankan. Nah, sekarang kita bandingkan, di artikel Indonesia vs Santos (1972) memenuhi atau tidak? Tapi itu tidak mutlak, bisa saja ada poin-poin di artikel Indonesia vs Santos yang membuatnya layak. Redyka ngobrol 19 Mei 2012 09.57 (UTC)[balas]
Ya. Memang Bahrain vs Indonesia itu penuh cerita. Termasuk Sepak bola Gajah antara Indonesia - Thailand di Vietnam itu juga layak untuk ditulis karena kontroversinya. Bukan hanya karena prestasi, tapi sesuatu yang heboh layak untuk ditulis. Eddy bf (bicara) 19 Mei 2012 10.30 (UTC)[balas]

Kembali ke topik, jadi apakah artikel Indonesia vs Santos (1972) layak? Albertus Aditya (bicara) 21 Mei 2012 13.26 (UTC)[balas]

Tidak.Eddy bf (bicara) 21 Mei 2012 13.39 (UTC)[balas]
Tidak. Omong-omong ada yang bahas artikel en-wiki tentang kekalahan memalukan itu ya..., saya yang buat lho :-) Annas86 (bicara) 29 Mei 2012 07.50 (UTC)[balas]

Bagaimana dengan Indonesia vs Uruguay (1974)? ‑Bennylin diskusi 01.55, 30 Mei 2012 (WIB)

Karena tidak ada hal signifikan yang ditimbulkan, saya rasa perlu dihapus. Salam. Albertus Aditya (bicara) 30 Mei 2012 05.16 (UTC)[balas]

Kalau menurut saya, artikel yang menyangkut Indonesia vs Santos (1972) layak untuk ditulis. Karena ini menyangkut tentang sejarah timnas Indonesia dan prestasi timnas. Coba kalau artikel itu tidak ditulis, pasti tidak ada orang yang mengetahui tentang pertandingan yang dijalani timnas waktu dulu. Saya rasa artikel Indonesia vs Santos (1972) bisa menjadikan inspirasi bagi pemain timnas untuk generasi yang akan datang. Erlangga Danny (bicara) 4 Juni 2012 17.05 (UTC)[balas]

Cukup dibuat daftarnya. Setiap negara banyak menjalani pertandingan semacam itu, jadi tidak ada signifikannya. Albertus Aditya (bicara) 4 Juni 2012 10.31 (UTC)[balas]
Setuju. Mulai dulu dari Daftar pertandingan persahabatan tim nasional sepak bola Indonesia, isinya dibagi dua: pertandingan timnas Indonesia (atau tim Indonesia all-stars) melawan timnas negara lain dan pertandingan melawan klub (seperti melawan Inter Milan kemarin). ‑Bennylin rembuk 23.44, 4 Juni 2012 (WIB)

Muncul lagi: SV Werder Bremen vs Indonesia (1965). ‑Bennylin omong 14.58, 19 Juni 2012 (WIB)

Ya. memang ybs, agak keras kepala dalam hal itu. Silahkan anda beri "hadiah".   έδδφ  Ngobrol? Klik aja :) 19 Juni 2012 08.03 (UTC)[balas]

Arsip April 2012

Candi Secara Umum

Kok Candi nggak ada isinya apa-apa sih.... masak orang candi nggak pernah ada buka site ini...please (Orang Candi di Bali)

116.66.205.9 10 April 2012 03.08 (UTC)[balas]

Artikel Candi sudah menjadi Artikel Pilihan dan pernah ditampilkan di Halaman Utama WBI kok dibilang tidak ada apa-apanya? Jangan-jangan Anda membuka candi yang lain... вёӣйүӀіп 12.53, 10 April 2012 (WIB)

Wilujeung sumping

Wilujeung sumping : abdi bade nulis kange nyobian iyeu. Kakangyandi (bicara) 11 April 2012 08.31 (UTC)[balas]

Lamun hayang nulis dina basa Sunda, leuwih alus di Wikipédia Sunda waé, Kang Yandi. Di Wikipédia Sunda anda dapat menulis dalam bahasa Sunda, sedangkan di Wikipedia bahasa Indonesia tulisannya harus dalam bahasa Indonesia. Salam, Naval Scene (bicara) 12 April 2012 05.01 (UTC)[balas]

Arsip Februari 2012

Penyergapan kafilah sebagai artikel pilihan -- unwise

Man, kok bisa2nya artikel Penyergapan kafilah jadi artikel pilihan ? Lepas dari kualitas tulisan (?), isinya dapat dianggap insulting. (terbukti, sdh ada yang pasang tag kenetralan). Siap2 saja muncul tanggapan miring dari publik.

Kembangraps (bicara) 1 Februari 2012 01.48 (UTC)[balas]

Bukannya Anda sendiri yang menyetujuinya Pak? Kia 80 1 Februari 2012 04.53 (UTC)[balas]
Mungkin kembangraps memilih tanpa membaca terlebih dahulu artikelnya. Asep Taufiq 1 Februari 2012 09.23 (UTC)[balas]
Sependapat dengan Kembangraps. Salam, Naval Scene (bicara) 1 Februari 2012 09.39 (UTC)[balas]
Rasanya gak mungkin, pengguna sekelas Kembanggraps menyetujui tanpa membaca terlebih dahulu. Saya jadi curiga... hemm... jangan2 yang berkomentar disini bukan Kembangraps... walaupun menggunakan tanda tangannya. Kia 80 1 Februari 2012 22.14 (UTC)[balas]
Mungkin akun kembangraps dibajak oleh orang lain. Asep Taufiq 2 Februari 2012 01.48 (UTC)[balas]
Bisa jadi, mengapa tidak? Mikhailov Kusserow (bicara) 4 Februari 2012 08.02 (UTC)[balas]

Bagaimanapun, "Penyergapan kafilah sebagai artikel pilihan" - tidak bijaksana. Mikhailov Kusserow (bicara) 4 Februari 2012 08.05 (UTC)[balas]

Aduh... aduh maaf menyela. Masa kang kembangraps dibajak? ie napa atuh? --Ssulakbar (bicara) 4 Februari 2012 08.09 (UTC)[balas]
Ya, berdasarkan hipotesis dari dari Kia, ada kemungkinan bahwa akun kembangraps digunakan oleh orang lain. Asep Taufiq 4 Februari 2012 10.34 (UTC)[balas]

Artikel spesies satu baris

Saya lihat Shamanji (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth) mulai membuat puluhan artikel spesies mirip Wikipedia Belanda. Hanya yang saya risaukan, ini dilakukan hanya sekadar untuk menambah jumlah artikel, mirip artikel-artikel desa yang tidak bermanfaat. Apa yang harus dilakukan? вёӣйүӀіп 13.01, 12 Februari 2012 (WIB)

Saya mengerti apa yang anda maksud, karena artikel speies belum selesai, saya akan kembangkan sampai minimal 2000 bita. salam Shamanji Bicara lagi 12 Februari 2012 06.11 (UTC)[balas]
Dilihat dulu bagaimana kelanjutannya. Biar dikembangkan dulu. Apabila tidak dikembangkan silakan diberi tag yang sesuai. Karena saya lihat bung Shamanji menerjemahkan artikel-artikel di Wikipedia bahasa Inggris yang baru saja ditulis. Dan sebenarnya artikel-artikel di en.wiki sangat banyak yang pendek (hanya satu kalimat), apakah hal itu tidak diperbolehkan di Wikipedia bahasa Indonesia? Apakah sudah ada kebijakan yang mengatur hal ini (misal: artikel harus memiliki ... bita). Dan di en.wiki, pengguna yang membuat artikel rintisan sangat dihargai dengan diberikan BintangWiki (lihat pembicaraan penguna Wilhelmina Will yang merintis artikel bertopik spesies di en.wiki) Salam --- Anashir (bicara!) 12 Februari 2012 06.23 (UTC)[balas]
Terima kasih bung Anashir, saya juga harus memantau artikel di wiki bahasa lain bagaimana perkembangannya, lalu saya menambahkannya. Kalau menurut saya, prinsip di en.wiki itu membuat baru selanjutnya dikembangkan 1 per 1. agar lebih mudah serta lebih cepat dalam mengembangkannya. selain itu, jika saya merintis artikel di wiki berbahasa asing, saya melihat dan memantau dulu siapa pembuatnya. terima kasih. salam Shamanji Bicara lagi 12 Februari 2012 06.47 (UTC)[balas]

MediaWiki 1.19

(Apologies if this message isn't in your language.) The Wikimedia Foundation is planning to upgrade MediaWiki (the software powering this wiki) to its latest version this month. You can help to test it before it is enabled, to avoid disruption and breakage. More information is available in the full announcement. Thank you for your understanding.

Guillaume Paumier, via the Global message delivery system (wrong page? You can fix it.). 12 Februari 2012 15.04 (UTC)[balas]

Thanks. Mikhailov Kusserow (bicara) 29 Februari 2012 12.35 (UTC)[balas]

Arsip Januari 2012

Announcing Wikipedia 1.19 beta

Wikimedia Foundation is getting ready to push out 1.19 to all the WMF-hosted wikis. As we finish wrapping up our code review, you can test the new version right now on beta.wmflabs.org. For more information, please read the release notes or the start of the final announcement.

The following are the areas that you will probably be most interested in:

  • Faster loading of javascript files makes dependency tracking more important.
  • New common*.css files usable by skins instead of having to copy piles of generic styles from MonoBook or Vector's css.
  • The default user signature now contains a talk link in addition to the user link.
  • Searching blocked usernames in block log is now clearer.
  • Better timezone recognition in user preferences.
  • Improved diff readability for colorblind people.
  • The interwiki links table can now be accessed also when the interwiki cache is used (used in the API and the Interwiki extension).
  • More gender support (for instance in logs and user lists).
  • Language converter improved, e.g. it now works depending on the page content language.
  • Time and number-formatting magic words also now depend on the page content language.
  • Bidirectional support further improved after 1.18.

Report any problems on the labs beta wiki and we'll work to address them before the software is released to the production wikis.

Note that this cluster does have SUL but it is not integrated with SUL in production, so you'll need to create another account. You should avoid using the same password as you use here. — Global message delivery 15 Januari 2012 00.14 (UTC)

Thanks for info Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 30 Januari 2012 04.01 (UTC)[balas]