Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)/Arsip (Feb-07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kebijakan mengenai penerjemahan

Saya ingin menanyakan mengenai "kebijakan tentang penulisan artikel yang diterjemahkan dari bahasa asing". Sepertinya kita belum memiliki aturan main yang jelas untuk itu. Adapun dasar pemikirannya adalah akhir-akhir ini banyak artikel baru yang diambil dari en.wikipedia. Hal tersebut tentu saja sah-sah saja. Tetapi masalahnya adalah beberapa hasil penerjemahan oleh beberapa pengguna adalah kacau (salah) dan sering kali sangat bertolak belakang dengan arti sebenarnya. (saya sebut saja, misalnya Pengguna:Epaphroditus Ph. M.) Saya dan bung Stephen mungkin sudah sering menggunakan "cara lembut" ,soalnya ada Wikipedia:Tolong jangan gigit pengguna baru :). Tetapi ybs tetap saja melanjutkannya. Menurut saya, ini cukup penting karena berkaitan dengan reliabilitas dari Wikipedia itu sendiri. Bagaimana nanti jika dikomplain isi dari Wikipedia itu ngawur atau salah. Kemudian daripada itu, kesalahan penerjemahan relatif sulit dilacak daripada aksi vandal lainnya. Kalau aksi vandal seperti menulis sembarangan atau mengosongkan halaman gampang dilihat, sedangkan kesalahan penerjemahan harus dibaca dengan teliti dan dibandingkan dengan sumber aslinya baru dapat diketahui. Yang pasti ini sangat memakan waktu pengurus dalam memeriksa setiap perubahan terbaru. Bagaimanapun kebijakannya, yang pasti aksi menerjemahkan secara sembarangan ini harus ada penangkalnya dan jangan didiamkan.

Mungkin bisa sekali-kali lihat daftar yang sudah kami kumpulkan ini: Pengguna:Epaphroditus Ph. M./Terjemahan.

Dan yang terbaru adalah: Ia meninggal dunia pada 31 Oktober 1925 setelah mengalami overdosis pada perut. [1] untuk He supposedly died of a chloroform overdose during a stomach operation on 31 October 1925.

Saya usulkan agar: kita berlakukan 3 x peringatan, setelah itu kita blokir jika tidak ada kemajuan. Tx. borgx(kirim pesan) 16:37, 27 Januari 2007 (UTC)

Saya setuju-setuju saja. Rinto Jiang 18:09, 27 Januari 2007 (UTC)
Saya setuju. Contoh yang pernah saya temui adalah suntingan di artikel Hermione Granger, yang terjemahannya kacau karena tampaknya mempergunakan program translator.
Tentang jangan gigit pengguna baru, kayaknya tidak berlaku untuk yang bersangkutan di atas deh :) - lah udah lama berkeliaran masih membandel koq
~Rex••pesan•• 04:38, 28 Januari 2007 (UTC)
Iya setuju. Lantas artikel atau templat yg tak diterjemahkan sama sekali gimana? Maksud saya suntingan ini yg gak jelas. Meursault2004ngobrol 04:48, 28 Januari 2007 (UTC)
Hapus saja kalau menurut saya, pantauan saya belum sampai situ :), kalau sudah sampai, pasti saya hapus karena tidak jelas kegunaannya untuk apa dan tidak diterjemahkan sama sekali. borgx(kirim pesan) 00:01, 29 Januari 2007 (UTC)
OK trims :-) Meursault2004ngobrol 00:21, 29 Januari 2007 (UTC)
Setuju beri peringatan, kalau sampai 3 kali lagi =banHariadhi - Ngobrol 16:59, 3 Februari 2007 (UTC)

Kategori Tionghoa Indonesia

Apakah ada pedoman khusus mengenai kriteria untuk Kategori daftar Tionghoa Indonesia (dan kategori lain yang sejenis)? Soalnya ada beberapa nama seperti Gus Dur dan Alda Risma masuk dalam kategori ini. Mungkin saja mereka ada darah tionghoa dari generasi mereka sebelumnya, tapi apakah bisa dimasukkan dalam kategori ini?

Saya pikir, harus ada standar, usulan saya cukup jika ayah atau ibunya tionghoa bisa masuk ke dalam kategori tionghoa indonesia. Jika baik ayah atau ibunya tidak ada yang tionghoa, sebaiknya dikeluarkan dari kategori ini, walaupun ada darah tionghoa di kakek/nenek atau buyutnya.

Bukan apa-apa, cuma takut bikin bingung. Atau ada opini lain? Jeffsboxing 04:52, 18 Januari 2007 (UTC)

Setuju. Generasi kedua dapat dianggap sudah menjadi "Indonesia", walaupun ada kesulitan dalam mengidentifikasi suku/etnis ybs., tapi itu tidak terlalu pokok. Kembangraps 12:01, 18 Januari 2007 (UTC)
Setuju. Sekalian mengikuti kebijakan anti diskriminasi di Indonesia. Hariadhi - Ngobrol 12:36, 21 Januari 2007 (UTC)

Setuju,sebab berdasarkan sejarah tentang NKRI (penduduk asli) tidak banyak.Justru banyak pendatang sebagian besar dari daratan china,jadi menurut pendapat saya "system dan birokrasi" yang membuat perbedaan dan tatanan tentang warga tionghao (WNI/WNA)Surya wijaya 04:22, 27 Januari 2007 (UTC)

Gimana kalau dirumuskan jadi Wikipedia:keturunan? Sekalian seluruh pengkategorian WNI diatur, bukan Tionghoa aja.Hariadhi - Ngobrol 18:36, 7 Februari 2007 (UTC)

Saya pribadi tidak keberatan. Bisa saja dimasukkan kategori Jawa, Sunda, Bali, Madura dan suku2 lain. Di en: pun kategori semacam ini tidak dilarang. Justru hal seperti ini bisa memperkaya sebuah ensiklopedi. Wong ini tidak ada pengaruh politiknya dan tidak ada diskriminasi di id: Meursault2004ngobrol 14:58, 11 Februari 2007 (UTC)

Kebijakan Gambar

Mengenai masalah gambar, saya dapat pesan tentang mau dihapusnya gambar yang pernah saya kirim ... OK-lah ...Ya kalo memang kebijakannya demikian ..hapus saja gambar yang pernah saya muat...tapi tolong dong ada teman atau rekan yang bantu untuk melengkapinya dengan gambar ..soalnya agak kurang enak juga kalo artikel tanpa gambar

salamZaini Suherly 03:21, 8 Februari 2007 (UTC)

Hehehe... sampai gambar saya yang saya miliki dan pasang sendiri juga di halaman "pembicaraan" digusur karena lupa tidak diberi lisensi. -- Ikhlasul Amal 14:41, 11 Februari 2007 (UTC)

GFDL questions

  1. Apakah gw boleh membuat gambar dengan software bercopyright (misal:Corel Draw) lalu memberi lisensi GFDL? (benar-benar membuat, bukan memodifikasi gambar orang lain).
  2. Apakah lisensi GFDL memiliki ketentuan hukum di Indonesia?

Makasih buat yang udah jawab.Hariadhi - Ngobrol 17:05, 8 Februari 2007 (UTC)

Coba jawab:
  1. Boleh. Tidak ada hubungan antara aplikasi yang digunakan dengan produk.
  2. Undang-undang hak cipta di Indonesia yang saya ketahui adalah UU 19/2002. Jika merujuk pada Bab V (Lisensi), terserah kepada pemberi lisensi untuk menentukan aturan yang ingin diterapkan. Jadi, GFDL berlaku di Indonesia. Tapi, baca Wikipedia:Penyangkalan hukum :)
•• ivanlanin 17:19, 8 Februari 2007 (UTC)

Next question:

  • Saat ada gambar dengan lisensi GFDL dan fair use, mana yang harus didahulukan? (dengan mengabaikan kualitas gambar).Hariadhi - Ngobrol 04:20, 11 Februari 2007 (UTC)
Ya, GFDL duong :) Penggunaan adil adalah alternatif terakhir. •• ivanlanin 05:25, 11 Februari 2007 (UTC)

Next:

  • Kalau gw membuat tulisan sendiri dengan mengambil teks atau gambar wikipedia (berlisensi GFDL), bagaimana tata caranya? Hariadhi - Ngobrol 07:29, 11 Februari 2007 (UTC)
Baca [2] untuk detilnya. Intinya, produk turunan GFDL harus diberi lisensi GFDL juga dengan menyertakan sumbernya. •• ivanlanin 07:44, 11 Februari 2007 (UTC)

Pedoman gaya penulisan

Saya mengusulkan untuk menerapkan Wikipedia:Pedoman gaya sebagai pedoman di WBI. Halaman ini diharapkan akan menjadi halaman simpulan yang dapat dibaca semua pengguna dan menjadi gerbang ke pedoman gaya detil untuk masing-masing hal. Silakan berkomentar. Thx! • ivanlanin • 18:58, 29 Januari 2007 (UTC) saya senang ada wikipedia agar mereka yang ingin menyalurkan pendapat tetapi tidak mau populair dapat tempat bersuara . W.d.martono 10:27, 27 Februari 2007 (UTC)

Kebijakan untuk pengguna yang tidak menghormati pengguna lain

Buat semua pengguna wikipedia, terutama pengurus. Saya minta pendapatnya mengenai pengguna yang tidak menghormati pengguna lain. saya tidak pandai merangkai kata-kata, tapi silahkan lihat di Versi terdahulu artikel Valentine. Pengguna itu menghina saya dengan tulisan : " he ekstrimis goslink bisa nulis ngga sih luh? berantakan banget, bikin malu!".

Penghinaan dan ucapan kasar ini bukan yang pertama kali,ini juga pernah dilakukan pengguna yang sama ketika saya melakukan penyuntingan artikel poligami. Saya memang masih sangat awam dalam hal ini. Tapi kalau tidak salah di En wiki, tidak dibenarkan untuk seorang pengguna untuk menghina pengguna orang lain. Padahal menurut pendapat saya, artikel dalam wikipedia mestinya bisa semakin berkualitas dengan beragam pandangan sepanjang bisa dipertanggungjawabkan.

Saya minta bantuan pengurus ataupun teman-teman lain untuk menanggapi hal ini. walaupun saya merasa bahwa pengguna tersebut sudah sangat akrab dengan sebagian pengurus. Mohon solusinya yang fair yah Goslink Talk 02:53, 15 Februari 2007 (UTC)

Apalagi di Indonesia dengan budaya ketimurannya :) Ada kok, ada etikawiki dan jangan menyerang pribadi. Pengguna ybs sudah saya ingatkan, semoga dia bisa memberi penjelasan mengenai tindakannya. •• ivanlanin 03:13, 15 Februari 2007 (UTC)
:: Loh, habis sudah di beri tahu baik-baik bahwa tulisannya sebaiknya dilengkapi dulu sebelum main posting, mbalelo sih. Pengguna Goslink tiap kali diberi saran, ngga masuk, kayak bebel gitu loh. Contoh, ini saran dari wiendietry yah, yang saya hormati karena pengetahuannya luas.

Dia bilang tidak boleh cepat sakit hati di wikipedia, FYI penulisan Nabi Muhammad saja disarankan untuk dituliskan sebagai dia dan bukan beliau karena wikipedia adalah pengetahuan umum. Nabi saja ditulis begitu apalagi ulama? Tetap keukeuh kayak apa yang ditulis wiendietry ngga pernah dibaca.

Tulisan pengguna goslink di valentine itu menjurus ke saran loh, aku edit gila-gilaan supaya lebih mencerminkan pendapat yang berlainan.

Minta gue diblokir? Terserah -- gue juga akan minta elo diblokir karena ngga NPOV, dikit-dikit sakit hati. Nih sapu tangan. 169.252.4.21 03:15, 15 Februari 2007 (UTC)

ahahah hehehe hihihi.. *ehm (gw ga ngetawain siapa2. Nanti malah dibilang menyerang pribadi lagi...) Goslink, kalau lu mengakui ga bisa merangkai kata-kata, kenapa ga baca dulu Wikipedia:Pedoman gaya, ga akan lebih dari 5 menit kok. And i would like to tell, tolong pisahin pranala-pranala luar ke bagian paling bawah supaya ga berantakan. Kalau lu udah bisa menghiasi tanda tangan jadi warna-warni dan mengedit artikel2 yang kontroversial, lu ga bisa lagi mengaku pengguna awam.
Kayanya udah jadi kebiasaan di wikipedia ya? Kita cenderung mengurusi persoalan pribadi daripada inti masalah sebenarnya. Komentar Serenity keras, tapi masalahnya adalah sebenarnya dia membantu memperbaiki tulisan Goslink (bandingkan hasil editan Serenity dan Goslink). That's obviously a good thing. Kalau sampe Serenity diban gara2 itu ketawa gw malah tambah gede ehauhaeuheau (*ehm, lagi).
Kayaya kita perlu kebijakan baru deh: "Jangan menilai etika" atau "Dahulukan objektivitas daripada moral". Soalnya etika masing-masing orang beda. Apa yang gw tulis mungkin bagi orang lain kasar. Padahal menghalangi hal itu bisa bikin proyek ga jalan2 (mau berapa orang yang bisa diban gara2 nulis komentar kesal ke orang lain?). 1 thing: ngeban 2 orang yang berkelahi gara2 sebaris komentar=buang2 waktu!Hariadhi - Ngobrol 13:13, 15 Februari 2007 (UTC)
Oh iya.. kalau puya masalah di masa lalu tolong jangan dibawa-bawa deh. Debat poligami kayanya udah selesai lama bangat. Dan sesuai halaman diskusi poligami ini ga ada kalimat apa pun yang memperlihatkan Serenity menyerang lu. Masalahnya adalah lu cuma ga suka pilihan kata Serenity. Jangan suka menuduh sembarangan, bisa jadi fitnah ntar.Hariadhi - Ngobrol 13:24, 15 Februari 2007 (UTC)

Kalo kedua orang yg sedang berseteru itu diblokir, aku juga dong (menemani selama di pangasingan). Biar damai gitu. G nyambung ya? :-p N/A(bicara) 13:26, 15 Februari 2007 (UTC)

OK Serenity akan saya blokir dan saya berikan peringatan! Meursault2004ngobrol 09:06, 17 Februari 2007 (UTC)
mari kita sama2 belajar netiket (Netiquette) [3], biar gak dianggep sbg abg yg baru melek internet.. hehe :p

--Ciko bicara 15:24, 26 Februari 2007 (UTC)

Alat penerjemah

Untuk mengurangi terjemahan serampangan, saya mengusulkan proposal Wikipedia:Alat penerjemah. Hariadhi - Ngobrol 12:24, 21 Februari 2007 (UTC)