Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Kamis, 27 November 2014
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, 27christian11!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Kategori tidak penting[sunting | sunting sumber]

Kategori:Orang-orang bernama Rudi dan Kategori:Orang-orang bernama Agus sebaiknya dihapus. Tidak bisa mengkategorikan sekelompok orang berdasarkan nama depannya, karena nama depan bisa berubah kapan saja, dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk berubah dibandingkan nama belakang, terutama jika tokoh tersebut adalah selebritis yang ingin mengubah nama depannya menjadi nama yang lebih tenar. -- Hysocc, Let's talk 7 Oktober 2014 23.14 (UTC)

Sepakat, sebuah kategori seharusnya mengelompokan subyek dalam satu kelompok yang maknanya penting. Saya merasa pengelompokan berdasarkan nama sama sekali tidak penting dan kurang bermanfaat. --Ricky Setiawan (bicara) 9 November 2014 17.20 (UTC)

Mohon cabut status editor Relly Komaruzaman[sunting | sunting sumber]

Ia berulang kali memberikan status tertinjau berbagai artikel tidak layak dan berulang kali mempertahankan artikel tidak layak dari penghapusan cepat, sungguh tidak layak sebagai editor jika ia tidak tahu kebijakan kelayakan artikel yang sudah dibuat oleh pengurus terdahulu.

Wikipedia tidak akan mencapai satu juta artikel dalam seratus tahun jika kalian tetap memberikan contoh buruk bagi para pengguna baru karena kami mencontoh/menyalin dari artikel yang sudah ada, dan artikel yang sudah ada tersebut sama-sama tidak memenuhi kriteria kelayakan. Lihat artikel yang ada pada kategori perusahaan Indonesia dan aktris Indonesia.

Sia-sia sungguh perjuangan saudara Ricky Setiawan dan kawan-kawan dalam memberikan seminar. Dan saya merasa sia-sia mempelajari cara membuat artikel di Wikipedia, menghabiskan waktu lebih dari 3 jam mendengarkan ceramah yang ternyata berlawanan dengan yang ada di sini. Di luar mengedukasi mengenai pentingnya eksiklopedia bebas, tapi di sini mempertahankan artikel yang tidak layak.

2000Willy (bicara) 3 November 2014 05.39 (UTC)

Bung 2000Willy, saya yakin tujuan anda adalah untuk meningkatkan mutu ensiklopedia. Namun, apakah anda dapat memberikan contoh2 yang spesifik, sehingga bisa dilihat satu demi satu apa2 saja yang anda tidak setujui? Alangkah baik apabila pihak yang berseberangan dgn anda juga bisa menanggapi satu demi satu juga. Salah satu saran dari Wikipedia:Etikawiki adalah berdebatlah mengenai atau berdasarkan fakta, jangan personal. Saya pun akan coba berkontribusi memperbaiki, seluangnya waktu yang ada. Demikian, saya mohon maaf apabila ada kata2 yang kurang berkenan. Salam. Naval Scene (bicara) 4 November 2014 04.36 (UTC)
Setuju jika sebaiknya diberi bukti yang sudah dilakukan. Soal pencabutan bukan hal sulit. Namun sebaiknya yang bersangkutan juga diberi kesempatan membela diri. Saya sendiri akan mengawasi aktivitasnya Hariadhi - Ngobrol 5 November 2014 11.51 (UTC)
Mas 2000Willy, saya mengerti maksud anda. Tapi, cobalah untuk berdebat dengan Relly Komaruzaman 4 mata. Biar Relly Komaruzaman tahu apa yang sebenarnya terjadi sama artikel yang telah anda buat. Selama ini saya tidak ada masalah artikel sama dia.
Bu, Kopinya 1 ya, yang hitam pekat Andika Rahman Hakim - Bicara 5 November 2014 12.20 (UTC)

Tidak jelas usaha dari pengusul untuk mencabut fitur yang bagiku istimewa yang kumiliki saat ini. Pengguna tipe ini tergolong kaum yang diumpamakan seorang pembela kebenaran atau pahlawan yang ingin membangun negara dan bangsa, namun pada kenyataannya pelemah usaha orang yang ingin meriwayatkan dan mengarsip ilmu pengetahuan sebagaimana aksi saya yang pernah tanpa saya sadari yang telah kulakukan kepada Borgx. Saya berusaha tetap bertahan mengisi waktu untuk berkontribusi di Wikipedia ini, seiring waktu juga saya akan mengikuti beberapa kontributor legendaris lainnya di Wikipedia bahasa Indonesia yang lebih mengutamakan berkontribusi di dunia nyata demi meningkatkan kualitas hidup mereka dengan meninggikan nilai diri dengan menggunakan waktu demi sesuatu yang bukan sebatas sumbangsih saja, namun mendapat materi yang nyata. Untuk saat ini aku masih hobi mengisi hari-hariku yang 80% merupakan waktu luang. Senang seandainya dapat berjumpa dengan Marcelinus Rocky Hatorangan di dunia nyata secara empat mata.

Relly Komaruzaman | Bicara 11 November 2014 19.17 (UTC)

Bisa tidak berputar-putar bahasanya? (no offense, tapi saya kurang mengerti apa yang terjadi). 2000Willy mengeluhnya soal apa? Relly pembelaannya bagaimana? Hariadhi - Ngobrol 13 November 2014 11.55 (UTC)

Saya dapati beliau sepertinya ingin menjaga kestabilan artikel sehingga kadang revisi yang membangun ditolaknya. Sudah jarang editor yang mau memantau perubahan terbaru, bahkan pengurus yang katanya tukang sapu sekalipun. Jadi, patut kita apresiasi jerih beliau menjaga dan mengamati setiap perubahan terbaru. Hanya perlu diingatkan saja agar tidak terjadi perang suntingan. Saran saya, beliau perlu membimbing para penyunting pemula kenapa revisinya dibatalkan, atau setidaknya mengklarifikasi di ringkasan suntingan. Rahmatdenas (bicara) 13 November 2014 21.23 (UTC)

Suntingan Joeybangun[sunting | sunting sumber]

  • dan pada > (beda | versi) . . k Garin Nugroho‎; 07.27 . . (-1.586)‎ . . ‎Joeybangun (bicara | kontrib)‎ (←Mengosongkan halaman)  ???? mohon segera ditindaklanjuti. thanks.

Joeybangun :Pengguna ini, secara ilegal telah merubah dan menghapus halaman Garin Nugroho, mohon kembalikan halaman Garin Nugroho seperti asalnya (Heidiana-14 (bicara) 9 November 2014 07.44 (UTC))

Heidiana-14 (bicara) 9 November 2014 08.06 (UTC)

Sudah dibalikkan sama teman yang lain BTW, kan Anda bisa membalikkan sendiri :D Andika Rahman Hakim (bicara) 15 November 2014 09.00 (UTC)

Keluarga Jokowi[sunting | sunting sumber]

Sekedar usul, bagaimana kalau artikel Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, dan Gibran Rakabuming Raka digabung saja menjadi satu artikel; Keluarga Joko Widodo. Rasanya masih kurang memenuhi kelayakan, masih belum ada prestasi atau kontribusi penting yang membuat biografi mereka layak dijadikan artikel di Wikipedia. Hanya karena anak presiden, tidak berarti mereka otomatis layak memiliki artikel tersendiri. Lain halnya dengan putra-putri presiden sebelumnya, yang memang sudah memiliki prestasi dan kontribusi yang signifikan dalam bidang politik, militer, dsb. Masih terlalu dini untuk membuatkan mereka artikel tersendiri. Mungkin beberapa tahun lagi, saat Gibran sudah jadi pemilik waralaba yang mendunia, atau Kaesang jadi pemain sinetron :p. Minimal ada yang bisa "diceritakan" dalam artikelnya, bukan hanya karena mereka anak presiden.

Oya, sekedar info, Wikipedia bahasa Inggris juga tidak memiliki artikel mengenai Malia Obama dan Sasha Obama. Halaman tersebut dialihkan ke artikel Family of Barack Obama -114.125.43.76 9 November 2014 18.02 (UTC)

Setuju, saya lihat isinya juga minim sekaliHariadhi - Ngobrol 10 November 2014 07.08 (UTC)

Setuju, betewe artikel Jokowi sudah kudet banget. Rahmatdenas (bicara) 13 November 2014 21.27 (UTC)

Tanya: Bagaimana cara menghapus artikel?[sunting | sunting sumber]

Saya ketika jalan-jalan ke kategori:aktris Indonesia, kategori:Aktor Indonesia, dan sejenisnya, menemukan banyak sekali artikel yang terlalu pendek, bahkan hanya infobox disertai dengan penjelasan berupa dua kalimat dengan sumber akun twitter dan facebook. Jumlahnya ratusan. Kenapa bisa terlewatkan?
Apakah kategori2 tersebut tidak ada yang mengawasi? Atau memang boleh membuat artikel seperti itu?
Bagaimana kalau ada yang mengaku sebagai artis dan hanya mencantumkan akun twitter dan facebooknya sebagai sumber?
Misal saya membuat artikel tentang diri saya sendiri yang mengaku sebagai selebritis dengan menggunakan akun Wikipedia lain, tapi hanya memasukan akun facebook dan twitter sebagai sumber, apakah akan dihapus? Apakah bisa dibedakan saya sebenarnya selebritis atau bukan? Dina Oktavia (bicara) 11 November 2014 22.30 (UTC)

Jika memang dianggap tak pantas masuk wikipedia sesuai dengan Kebijakan Kelayakan, silakan tambahkan tag {{hapus}} atau {{kelayakan}}. Tapi perhatikan dulu, kadang ada artikel yang memang sedang dikerjakan oleh pengguna lain sehingga informasinya baru sepenggal-sepenggal. Sebaiknya usahakan dulu untuk melengkapi artikel sebelum keburu mengajukan penghapusan. Jika setelah beberapa saat terlihat tak ada perubahan, dan setelah ditanyakan ternyata tak ada niat dari pembuatnya untuk melengkapi, silakan ajukan penghapusan. btw, mengawasi artikel bukan hanya tugas pengurus namun dilakukan bersama-sama oleh seluruh pengguna. Hariadhi - Ngobrol 12 November 2014 17.13 (UTC)

Pengurus baru[sunting | sunting sumber]

Mengingat ini sudah mendekati akhir tahun, tidakkah kita bisa mengangkat 1 atau 2 pengurus baru? Sebagai informasi saja, saat ini jika dilihat dari Wikipedia list, kita sudah punya lebih banyak pengguna aktif (1900, dibanding tahun lalu kalau tidak salah hanya 1700an). Pengguna aktif yang lebih banyak tentunya membutuhkan pengawasan lebih baik Hariadhi - Ngobrol 27 November 2014 14.14 (UTC)