Wikipedia:Warung Kopi (Usulan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi usulan baru   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan ide-ide dan usulan baru yang tidak berkaitan dengan kebijakan (lihat: Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan) untuk itu).

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Senin, 26 Januari 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Keluarga Jokowi[sunting | sunting sumber]

Sekedar usul, bagaimana kalau artikel Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, dan Gibran Rakabuming Raka digabung saja menjadi satu artikel; Keluarga Joko Widodo. Rasanya masih kurang memenuhi kelayakan, masih belum ada prestasi atau kontribusi penting yang membuat biografi mereka layak dijadikan artikel di Wikipedia. Hanya karena anak presiden, tidak berarti mereka otomatis layak memiliki artikel tersendiri. Lain halnya dengan putra-putri presiden sebelumnya, yang memang sudah memiliki prestasi dan kontribusi yang signifikan dalam bidang politik, militer, dsb. Masih terlalu dini untuk membuatkan mereka artikel tersendiri. Mungkin beberapa tahun lagi, saat Gibran sudah jadi pemilik waralaba yang mendunia, atau Kaesang jadi pemain sinetron :p. Minimal ada yang bisa "diceritakan" dalam artikelnya, bukan hanya karena mereka anak presiden.

Oya, sekedar info, Wikipedia bahasa Inggris juga tidak memiliki artikel mengenai Malia Obama dan Sasha Obama. Halaman tersebut dialihkan ke artikel Family of Barack Obama -114.125.43.76 9 November 2014 18.02 (UTC)

Setuju, saya lihat isinya juga minim sekaliHariadhi - Ngobrol 10 November 2014 07.08 (UTC)

Setuju, betewe artikel Jokowi sudah kudet banget. Rahmatdenas (bicara) 13 November 2014 21.27 (UTC)

Sudah dipindah semua ke Keluarga Joko Widodo. Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 11.42 (UTC)

Tanya: Bagaimana cara menghapus artikel?[sunting | sunting sumber]

Saya ketika jalan-jalan ke kategori:aktris Indonesia, kategori:Aktor Indonesia, dan sejenisnya, menemukan banyak sekali artikel yang terlalu pendek, bahkan hanya infobox disertai dengan penjelasan berupa dua kalimat dengan sumber akun twitter dan facebook. Jumlahnya ratusan. Kenapa bisa terlewatkan?
Apakah kategori2 tersebut tidak ada yang mengawasi? Atau memang boleh membuat artikel seperti itu?
Bagaimana kalau ada yang mengaku sebagai artis dan hanya mencantumkan akun twitter dan facebooknya sebagai sumber?
Misal saya membuat artikel tentang diri saya sendiri yang mengaku sebagai selebritis dengan menggunakan akun Wikipedia lain, tapi hanya memasukan akun facebook dan twitter sebagai sumber, apakah akan dihapus? Apakah bisa dibedakan saya sebenarnya selebritis atau bukan? Dina Oktavia (bicara) 11 November 2014 22.30 (UTC)

Jika memang dianggap tak pantas masuk wikipedia sesuai dengan Kebijakan Kelayakan, silakan tambahkan tag {{hapus}} atau {{kelayakan}}. Tapi perhatikan dulu, kadang ada artikel yang memang sedang dikerjakan oleh pengguna lain sehingga informasinya baru sepenggal-sepenggal. Sebaiknya usahakan dulu untuk melengkapi artikel sebelum keburu mengajukan penghapusan. Jika setelah beberapa saat terlihat tak ada perubahan, dan setelah ditanyakan ternyata tak ada niat dari pembuatnya untuk melengkapi, silakan ajukan penghapusan. btw, mengawasi artikel bukan hanya tugas pengurus namun dilakukan bersama-sama oleh seluruh pengguna. Hariadhi - Ngobrol 12 November 2014 17.13 (UTC)
Menambahi apa yang dikatakan pak Hariadi di atas, artis sendiri boleh menuliskan artikel mengenai mereka sendiri sesuai dengan amandemen meta-wikimedia asalkan terbuka dan mengakui identitasnya/afiliasinya (lihat di bagian disclosure m:Terms of use/Paid contributions amendment), kedua sesuai dengan apa yang dikatakan pak Hariadi di atas artikel tersebut tentu harus layak contoh bukan promosi dan artikel tersebut netral(saya pikir tak perlu penjelasan panjang lebar mengenai hal ini).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Desember 2014 11.10 (UTC)

Pengurus baru[sunting | sunting sumber]

Mengingat ini sudah mendekati akhir tahun, tidakkah kita bisa mengangkat 1 atau 2 pengurus baru? Sebagai informasi saja, saat ini jika dilihat dari Wikipedia list, kita sudah punya lebih banyak pengguna aktif (1900, dibanding tahun lalu kalau tidak salah hanya 1700an). Pengguna aktif yang lebih banyak tentunya membutuhkan pengawasan lebih baik Hariadhi - Ngobrol 27 November 2014 14.14 (UTC)

Setuju, mungkin bisa dimulai bulan ini juga? Bung-Bung sekalian ada yang menyetor nama calon? :D SpartacksCompatriot (bicara) 3 Desember 2014 10.32 (UTC)
Langsung saja mulai karena sudah Desember. Saya mau calonkan kembali Okkisafire karena di masa pencalonan lalu ybs tidak lolos :) Hariadhi- 4 Desember 2014 15.13 (UTC)
Saya sih setuju saja mengingat cuma ada 24 pengurus Wikipedia sebesar WBI, tapi... Willy sudah buat halaman ini Wikipedia:Pemilihan pengurus 2015/Pendaftaran bakal calon, Wikipedia:Pemilihan pengurus 2015/Mekanisme, dan Wikipedia:Pemilihan pengurus 2015, Gak mungkin setelah pemilihan desember ada pemilihan lagi Januari, atau diubah saja 3 halaman ini?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 5 Desember 2014 10.13 (UTC)
Menurut saya kalau bisa lebih cepat lebih baik, tidak perlu menunggu Januari. Tapi halaman itu bisa kita manfaatkan saja. Saat ini komunitas sedang ramai. Akan sangat bagus kalau diperlihatkan proses pemilihannya, termasuk kampanye dan tanya jawab dari tiap pengurus. Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 11.44 (UTC)
Psst pssst, @Willy2000.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 5 Desember 2014 11.50 (UTC)

Saya rasa waktu pemilihan pengurus yang dibuat oleh saudara Willy sudah cukup bagus. Dengan waktu 5 minggu yang tersisa para pengguna diharapkan dapat melakukan evaluasi terhadap kandidat masing-masing untuk dicalonkan. Namun jika rekan-rekan ingin lebih cepat, saya juga setuju jika jadwal yang ada dimajukan satu bulan, menjadi 10 Desember 2014 sehingga waktu menuju ke sana tinggal 5 hari lagi. Wagino 20100516 (bicara) 5 Desember 2014 12.04 (UTC)

Kalau memang seperti itu alasannya, menurut saya tanya jawab bisa dimulai Januari, dan pemungutan suara Februari seperti yang diajukan Willy tapi pembukaan pendaftaran calonnya bisa dimulai minggu-minggu ini dan langsung diberi kesempatan untuk menyampaikan ide-idenya. Waktunya akan sangat panjang bagi para calon untuk bertanya jawab dan menyampaikan ide-idenya bagi komuntas. Walaupun tidak punya data tapi saya merasa Desember banyak orang meluangkan waktunya di Wikipedia. Lagipula pengguna baru diharapkan terpacu berkontribusi jika mereka melihat ada harapan untuk menjadi pengurus suatu saat nanti (dan belajar seperti apa calon yang berpotensi dipilih dan yang tidak). Jadi kita perlu buka sesi pencalonan ini lebih lama dibanding tahun-tahun lalu. Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 12.28 (UTC)
Oh dikarenakan liburan? Tapi kalau diangkat pada tanggal 29 -7 bukannya mereka malah sibuk hal yang lain? (liburan sendiri juga tergolong kesibukan tersendiri malah ada yang pulang kampung).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 5 Desember 2014 12.41 (UTC)
Ya kalau bisa sebelum itu. Mungkin di 15 Desember? :) Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 12.58 (UTC)
Saya malah setuju 10 (sama dengan pak wagino), karena tanya jawab dan konfirmasi bisa jadi lebih cepat dan pemilihan bisa diadakan ditengah liburan.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 5 Desember 2014 13.00 (UTC)
Oke kalau bisa lebih cepat dibuka pencalonannya, lebih baik, setelah itu para calon pengurus bisa mengumpulkan dukungan dalam kurun waktu yang lebih lega. Tidak diburu-buru Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 15.17 (UTC)

Ini usul perubahan dari saya untuk memberi waktu yang lapang bagi para calon berkampanye:

Tanggal Agenda
10 Desember Pendaftaran bakal calon dimulai
16 Desember Pendaftaran bakal calon ditutup
18 Desember Pengumuman hasil verifikasi calon pengurus
19 Desember Pengumuman calon-calon pengurus dan halaman tanya jawab di warung kopi dan media sosial
20 Desember Sesi tanya jawab dimulai
21 Desember Batas akhir konfirmasi calon
2 Februari Sesi tanya jawab berakhir
(berakhir pukul 24.00 UTC)
3 Februari Hari tenang
4 Februari Pemungutan suara dimulai
17 Februari Pemungutan suara selesai
(berakhir pukul 24.00 UTC)
18 Februari Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat

Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 15.24 (UTC)

Gapnya malah terlalu jauh (21 desember-2februari), malah tujuan awal ingin mengangkat pengurus baru lebih cepat tidak tercapai jadinya.

Ini usulan saya.

Tanggal Agenda
10 Desember Pendaftaran bakal calon dimulai
16 Desember Pendaftaran bakal calon ditutup
18 Desember Pengumuman hasil verifikasi calon pengurus
19 Desember Pengumuman calon-calon pengurus dan halaman tanya jawab di warung kopi dan media sosial
20 Desember Sesi tanya jawab dimulai
21 Desember Batas akhir konfirmasi calon
30 Desember Sesi tanya jawab berakhir
(berakhir pukul 24.00 UTC)
31 Desember Hari tenang
3 Januari Pemungutan suara dimulai
17 Januari Pemungutan suara selesai
(berakhir pukul 24.00 UTC)
18 Januari Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat

Tujuan penanggalan ini untuk memanfaatkan hari libur, hari kerja, dan gap antar hari merah di penanggalan kalender Indonesia.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 5 Desember 2014 16.28 (UTC)

Ok, masuk akal, tapi bisakah diperpanjang sedikit masa tanya jawabnya? Karena menurut saya ini bagian paling edukatif dari pemilihan pengurus. Kita sama-sama bisa belajar mengenai kepengurusan, selain juga akan banyak hal-hal yang bisa disalurkan mengenai komunitas Wikipediawan untuk dibicarakan pemecahannya. Jadi menurut saya paling tidak tambahkanlah 1-2 minggu lebih lama untuk hari tenang dan pemungutan suara. Mungkin hari tenang bisa kita geser ke 7-10 Januari? Pemungutan suara selesai di akhir Januari. Hariadhi - Ngobrol 6 Desember 2014 06.06 (UTC)

Boleh, buatkan aja jadwalnya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 6 Desember 2014 17.27 (UTC)
@Hariadhi Sudah saya revisi, saya tambah 3 hari ke sesi tanya jawab (sesi tanya jawab menjadi bulat 10 hari), saya gak bisa paksa perpanjang dikarenakan bertepatan hari tahun baru(suasana perayaan) pasti sibuk kehidupan di dunia nyata jadi setelahnya saya pakai untuk hari tenang, hari pemungutan suara juga saya undur satu hari, jadi ada 3 hari untuk hari tenang, Pemungutan suara tetap 2 minggu.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Desember 2014 11.16 (UTC)
Saya bisa menerima usulan tanggal dari saudara AldNon. Bagaimana pendapat teman-teman yang lain? Wagino 20100516 (bicara) 7 Desember 2014 14.16 (UTC)
Sepakat dengan Bung Aldnonymous. Lebih ringkas dan efektif. SpartacksCompatriot (bicara) 8 Desember 2014 08.15 (UTC)
Ok saya juga bisa setuju, dimulai saja kalau begitu karena ini sudah tanggal 8 Desember Hariadhi - Ngobrol 8 Desember 2014 11.31 (UTC)

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Karena sudah banyak yang setuju, maka saya akan mengganti jadwalnya di halaman Wikipedia:Pemilihan pengurus 2015. -- Bonaditya (bicara) 09.13, 9 Desember 2014 (WIB)

@Bonaditya Di bagian prosedur masih belum dirubah masih make jadwal yang lama.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 9 Desember 2014 02.48 (UTC)
@Aldnonymous Iya, maka dari itu apa sebaiknya dibuat halaman tersendiri untuk prosedur? Jadi tidak memakai Wikipedia:Pengurus/Sistem pemilihan pengurus secara saklek, melainkan ada sedikit penyesuaian untuk tahun ini. -- Bonaditya (bicara) 09.56, 9 Desember 2014 (WIB)
Ah kebetulan sudah diganti/diperbaiki, sudah bisa dilaksanakan tanggal 10 nanti.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 9 Desember 2014 06.18 (UTC)
— Berarti mulai besok, 10 Desember 2014 jam 07.00 WIB (00.00 UTC) telah dibuka pendaftaran calon pengurus baru di WPID. Wagino 20100516 (bicara) 9 Desember 2014 08.10 (UTC)
Maaf tanpa bermaksud rese tapi berhubung ada isu soal "prosedur yang seharusnya", maka saya mencoba membaca kembali aturan pemilihan, dan menurut saya jadwal tanya jawab disesuaikan dengan aturan jadwal tanya jawab 14 hari. Karena tertera dengan jelas "Tidak ada percepatan waktu agar sesi pemungutan suara dapat dimulai serempak". Jadi kalau disesuaikan dengan kebijakan resmi, maka penutupan tanya jawab harusnya di 3 Januari 2014 (karena dibuka tanggal 20 Desember 2014). Menurut saya ini perlu dipatuhi agar di kemudian hari pemilihan ini tidak digugat oleh calon pengurus yang gagal terpilih dengan alasan tak diberi waktu yang cukup untuk tanya jawab. Saya memang mendukung dan mengusulkan pemilihan pengurusan lebih cepat, namun sepertinya kita harus berpuas diri dengan menggeser tanggal pelaksanaan saja, bukan mempercepat prosesnya. Perubahan ini hanya menambahkan sekitar 4 hari lebih lama dari jadwal yang diajukan Aldnonymous, jadi tidak berubah banyak, namun rasanya penting untuk legitimasi (dan juga tidak harus repot membuat aturan baru khusus hanya untuk pemilihan ini saja) Hariadhi - Ngobrol 9 Desember 2014 10.44 (UTC)

Ini perbaikan dari saya, hanya selisih 4 hari dari jadwal sebelumnya

Tanggal Agenda
10 Desember Pendaftaran bakal calon dimulai
16 Desember Pendaftaran bakal calon ditutup
18 Desember Pengumuman hasil verifikasi calon pengurus
19 Desember Pengumuman calon-calon pengurus dan halaman tanya jawab di warung kopi dan media sosial
20 Desember Sesi tanya jawab dimulai
20 Desember Batas akhir konfirmasi calon
3 Januari 2015 Sesi tanya jawab berakhir
(berakhir pukul 24.00 UTC)
4 Januari 2015 Hari tenang
7 Januari 2015 Pemungutan suara dimulai
21 Januari 2015 Pemungutan suara selesai
(berakhir pukul 24.00 UTC)
22 Januari 2015 Pengangkatan pengurus baru oleh birokrat

Hariadhi - Ngobrol 9 Desember 2014 11.01 (UTC)

Brety gud +1 Brety gud +1, sebenarnya agak tabrakan dengan hari tahun baru sesi tanya jawab, tapi melihat selisih sehari dengan tanggal 2 seharusnya orang sudah setidaknya bisa menjawab sebelum sesi tanya jawab ditutup, saya setuju.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 9 Desember 2014 11.09 (UTC)
Sedikit perubahan lagi di batas akhir konfirmasi calon karena rujukan kebijakan "maka maksimal 2 hari setelah dibuka, para calon diwajibkan memberikan konfirmasi kesediaan" (ini tidak akan mengubah jadwal akhir pemilihan karena hanya berubah satu hari dan tidak akan mempengaruhi proses yang lain). Hariadhi - Ngobrol 9 Desember 2014 11.16 (UTC)
Oke kalau Aldnonymus setuju, bagaimana dengan yang lain? Sisa waktunya sehari lagi, adakah yang masih mengajukan perbaikan? Hariadhi - Ngobrol 9 Desember 2014 11.18 (UTC)
Dukung! Dukung! Lebih sesuai dengan Wikipedia:Pengurus/Sistem pemilihan pengurus, mohon maaf jika saya terlalu bertindak gegabah dalam membuat prosedurnya. -- Bonaditya (bicara) 18.23, 9 Desember 2014 (WIB)
Selewat, untuk apa sesi tanya jawab juga diadakan di media sosial? SpartacksCompatriot (bicara) 9 Desember 2014 14.19 (UTC)
Kalau menurut pemahaman saya, maksudnya setelah dilakukan verfikasi calon pengurus maka yang lulus verfikasi akan diumumkan di Warung Kopi dan media sosial, beserta dengan halaman tanya jawabnya. Begitu, uda. -- Bonaditya (bicara) 21.32, 9 Desember 2014 (WIB)
Iya maksudnya begitu. Tanya jawab tidak dilakukan di media sosial. Semua hal tetap seperti sebelumnya, hanya saja sebelum tanya jawab dimulai, kita mengumumkan di warung kopi dan media sosial siapa saja yang akan jadi calon pengurus. Jadi tidak lagi seperti tahun lalu, ada calon yang tidak sadar dirinya dicalonkan/terlambat verifikasi. Lagipula ini akan memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemilihan pengurus berjalan demokratis dan calonnya dari orang-orang biasa yang mendapat kepercayaan/divote. Pengguna-pengguna baru/ calon pengguna wikipedia bisa belajar bagaimana cara menjadi pengurus, apa kriteria yang diperlukan, seperti apa calon pengurus yang disenangi oleh komunitas, dsb. Hariadhi - Ngobrol 9 Desember 2014 14.35 (UTC)

Keadilan Yang Sebenarnya di Bumi Indonesia apakah sesuai dengan keadilan bagi seluruh bangsa indonesia sesuai isi UUD Pancasila[sunting | sunting sumber]

Pada masa sekarang yang namanya keadilan di muka dunia ini semakin hilang, dan kata keadilan itu sudah mendekati kata punah yang siap dihilangkan dari muka bumi ini.... Keadilan Yang Sebenarnya di Bumi Indonesia apakah sesuai dengan keadilan bagi seluruh bangsa indonesia sesuai isi UUD Pancasila? Maflindo butar butar (bicara) 18 Desember 2014 00.25 (UTC)

.........................................*slow clap*-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 18 Desember 2014 00.41 (UTC)
Halo Bung Maflindo, komentar anda salah tempat. Wikipedia bukanlah tempat obrolan, forum, atau chatting, melainkan sebuah ensiklopedia. Inspirasi atau pandangan pribadi, umumnya dituliskan di halaman pengguna. Salam & tetap semangat, Naval Scene (bicara) 19 Desember 2014 12.25 (UTC)

Project Google Top Search[sunting | sunting sumber]

Salah satu yang menyebabkan orang mengunjungi wikipedia dalah jika dia melakukan search di Google dan menemukan artikel Wikipedia di peringkat atas. Nah di akhir tahun 2014 ini, Google merilis keyword yang banyak dicari oleh penggunanya, yang saya perhatikan sepertinya ada beberapa yang belum ada artikelnya di Wikipedia Bahasa Indonesia (belum saya cek statistiknya yang tidak ada, hanya mengira-ngira)

Saya jadi berpikir mungkinkah kita membuat proyek untuk melengkapi artikel ini? Hariadhi - Ngobrol 20 Desember 2014 11.02 (UTC)

Sekiranya mempunyai kesempatan, silakan memulai artikel rintisan (dengan pemberian "stub" serta kategori:"artikel Google search yang perlu dikembangkan") untuk hasil search yang belum ada artikelnya di Wikipedia Bahasa Indonesia. Nantinya artikel-artikel ini dapat dijadikan prioritas untuk dikembangkan bersama-sama. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.05 (UTC)

Wikisprint, dan Wikimaraton[sunting | sunting sumber]

Saya agak bingung, dengan dua program ini. Jadi, sebenarnya, apakah dua kegiatan ini dikerjakan bersama2, atau gimana? Kalau Wikimaraton, saya ngerti, tapi kalo Wikisprint, saya kurang ngerti, apakah dikerjakan bersama2, atau satu-satu? Wassalam.--A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 22 Desember 2014 07.47 (UTC)

Wikisprint dibuat untuk mencoba memperbaiki sistem marathon. Di sistem ini kita tidak adu banyak membuat artikel, namun cukup membuat 3 artikel dan dinyatakan telah menyelesaikan tantangan tersebut. Jadi tidak ada perasaan kecewa atau kalah dari seluruh peserta. Jadi akhir tahun ini kita mencoba sprint saja, marathon tidak dulu :) Hariadhi - Ngobrol 22 Desember 2014 10.41 (UTC)
Lah, tapi 'kan, keduanya juga berfungsi untuk memperkaya khazanah artikel id.wiki, dan juga, 'toh, untuk memperbanyak artikel di Wikipedia? :) --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 22 Desember 2014 12.00 (UTC)
Ini istilah lomba lari, yang satu cari pemenang, yang satu lagi sama-sama menang atau semua diusahakan untuk masuk garis finish.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 22 Desember 2014 13.11 (UTC)
Oh, ngerti om. Jadi, klo Wikimaraton, cari mana terlaju, terbaik, dan termenang. Sedang, klo Wikisprin, hnya dicari sama2 mnng. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 23 Desember 2014 02.42 (UTC)

[sunting | sunting sumber]

Selamat Sore, saya membicarakan perihal tentang artikel Trans TV. Di TV Lokal bagian Sumatera Barat menggunakan logo Trans TV dari awal kemunculan hingga 15 Desember 2013. Apa bisa begitu? Muhammad Hanafi 6 Januari 2015 11.17 (UTC)

Tur Kampus[sunting | sunting sumber]

Selamat Malam!

Melihat semakin banyaknya yang berkontribusi untuk Wikipedia, terutama dari kalangan Mahasiswa. Saya ingin mengusulkan untuk diadakan tur ke kampus-kampus. Mungkin tidak ke Seluruh Indonesia, namun bisa di mulai dari daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Terima kasih.


Mohammad Fadhel Irawan S. 6 Januari 2015 17.06 (UTC)

Kategorisasi artikel permintaan[sunting | sunting sumber]

Saya mengusulkan untuk mengkategorisasikan daftar permintaan artikel, supaya user dengan minat tertentu bisa memilih dengan cepat mau membuat artikel apa.

Rosavia Gray (bicara) 10 Januari 2015 10.20 (UTC)

Setuju Setuju ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 10 Januari 2015 10.57 (UTC)
Silakan di lihat pada halaman permintaan yang dibagi menurut topik ini. Terima kasih atas usulannya. JohnThorne (Bicara) 23 Januari 2015 21.27 (UTC)

Perubahan struktur halaman dan istilah "Abstain" untuk pemilihan pengurus tahun depan[sunting | sunting sumber]

Halo! Saya ingin mengusulkan untuk mengubah struktur halaman pemilihan pengurus menjadi seperti ini. Alasan saya ingin melakukan hal tersebut adalah untuk lebih efisen dan memudahkan calon pengurus untuk memantau halaman pemilihannya. Selain itu saya juga ingin mengusulkan untuk mengubah istilah "Abstain" di dalam pemilihan menjadi "Netral", karena menurut pemahaman saya abstain berarti tidak terlibat sama sekali sementara netral berarti terlibat tetapi tidak mendukung. Salam! -- Bonaditya (bicara) 22.13, 13 Januari 2015 (WIB)

Sebenarnya tidak harus terlalu seperti itu sih, tapi pada bagian mengganti "Abstain" menjadi "Netral" saya setuju. Menurut KBBI Abstain berarti Tidak memberikan suara Sementara Netral adala Tidak memihak, saya pikir lucu, orang datang ke halaman pilihan lalu menaruh templat "abstain" lalu menandatangani dan kadang ikut memberikan pendapat pada calon, bukannya ini berarti pengguna tersebut memberikan "suara"? Jadi lebih tepat kalau WBI balik menggunakan kata "netral" sehingga Vote mereka dapat dihitung. Tidak hanya itu di halaman pemilihan seperti yang disampaikan bona, sebaiknya dibukakan juga bagian/seksi "komentar" sebagai pengganti "abstain" bila hanya ingin memberikan komentar tapi tidak memberikan vote, istilahnya dalam bahasa meta adalah "!vote".-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 13 Januari 2015 16.00 (UTC)
Setuju dengan penyederhanaan. Tapi saya lebih menyetujui vote netral dan abstain ditiadakan saja karena membingungkan penghitungan, karena menghitung ataupun tidak menghitung suara abstain bisa dikategorikan sebagai vote (menyetujui atau menolak). Solusinya bisa seperti yang diberikan aldnonymous bahwa yang tidak ingin vote tidak perlu memaksakan diri memberi vote, tapi fasilitasi saja bagian komentar. Hariadhi - Ngobrol 14 Januari 2015 06.19 (UTC)
Ikut nimbrung. Pertama menyangkut ada/tiadanya abstain/netral, saya berpendapat tetap diadakan karena ia tetap merupakan bagian dari suatu pemilihan yang sah, seperti halnya golput. Data abstain/netral ini bisa dijadikan bahan referensi terkait pemilihan yang berlangsung. Kedua soal istilah. Dalam kebanyakan pemilihan suara, istilah yang sering digunakan adalah abstain dan kenapa harus dirubah dengan netral? Padahal, begitu abstain diberikan oleh pemilih, itu juga adalah bentuk suara yang diberikan hanya saja sifatnya bukan mendukung dan bukan pula menolak (alias netral). Ketiga soal komentar, setuju untuk diadakan, terlebih bagi para pemilih abstain, semata untuk mengetahui dasar dari keputusannya untuk abstain. Trims, sekedar pendapat. Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 14 Januari 2015 07.30 (UTC)
Abstain berarti tidak memberikan suara, kalau berbicara masalah abstain semua pengguna yang tidak melakukan voting adalah abstain tandanya 600 ribu pengguna WBI yang terdaftar adalah abstain atau golput. Pemilihan di Wikimedia berbeda dengan pemilihan di dunia nyata, contohnya anda tidak boleh kampanye/canvassing, anda tidak boleh soliticing dan memberikan suara bila anda sedang dicalonkan per peraturan(hanya untuk di WBI dan beberapa wiki lainnya mengenai calon memberikan suara ke calon lainnya).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 14 Januari 2015 07.40 (UTC)

Kalau saya boleh ikut urun rembug, tidak ada salahnya pemilihan di Wikipedia ada miripnya dengan pemilu di dunia nyata. Kalau menurut saya istilah tetap abstain dan bukan netral. Netral mereka yg tidak hadir atau tak menggunakan hak suara mereka. Malah jika suara abstain tetap ikut dihitung lebih baik. Tidak masalah ini membantu yang setuju atau tak setuju. Meursault2004ngobrol 14 Januari 2015 18.09 (UTC)

Kalau mengikuti dunia nyata tandanya Kampanye(canvassing) juga akan diperbolehkan? Perasaan sudah jelaslah kalau wikipedia bukanlah Demokrasi, tapi lebih memilih konsensus dari persetujuan yang waras/menghindari suara ganda dari pengguna siluman, menghindari suara hasil canvassing dan lain lain. (w:en:Wikipedia:What Wikipedia is not#Wikipedia is not a democracy) Lalu menggunakan non-vote (!vote) untuk abstain dan hanya memberikan komentar (w:en:Wikipedia:Polling is not a substitute for discussion#Not-votes).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 14 Januari 2015 18.23 (UTC)

Asal tidak berlebihan saja, saya tidak berkeberatan untuk kampanye. Tetapi jangan menjadi tujuan. Sedangkan voting untuk 'kebenaran' suatu artikel yang tidak disarankan di pranala atas ini. Kalau menjadi pengurus dsb. tidak apa-apa, meski masalah silumanisme harus ditanggulangi. Di sisi lain, semua pengguna pada hakekatnya haknya sama. Jadi ada sedikit paradoks di sini. Kalau semua pengguna sama berarti demokratis. Tidak seperti pada sebuah ensiklopedi non-Wikipedia di mana pangkat dan keahlian menentukan isi. Saya kadang-kadang memikir apa Wikipedia perlu diberi badan editorial secara eksperimen. Tapi ini semua hanya masukan saja. Meursault2004ngobrol 14 Januari 2015 23.43 (UTC)

Penambahan Bagian Penghapusan Berkas[sunting | sunting sumber]

Sejauh yang saya telusuri, dalam Wikipedia tidak ada pembahasan yang lebih spesifik terkait penghapusan berkas. Atas dasar itu, bagaimana kalau bagian ini dibuatkan artikelnya pada bagian [[Wikipedia:Kebijakan penghapusan#Penghapusan berkas]]? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 04.38 (UTC)

Silakan langsung dibuat dan diajukan proposalnya ke komunitas. --Ricky Setiawan (bicara) 19 Januari 2015 07.13 (UTC)
Kurang setuju kalau dibilang tidak ada, karena sebagian telah ada di Wikipedia:Penghapusan cepat#Berkas_.28B.29, artinya berkas yang terkena 11 kriteria ini dapat langsung dihapus tanpa diskusi. Kebijakan penghapusan yang memerlukan diskusi terlebih dahulu mungkin tidak ada dan silakan Anda buat ·· KℇℵℭK 20 Januari 2015 00.58 (UTC)

Usul penggantian judul artikel[sunting | sunting sumber]

Saya mau usul, bagaimana kalau artikel Elizabeth II dari Britania Raya diganti judulnya menjadi "Elizabeth II dari Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran" atau "Elizabeth II" saja seperti di Wikipedia bahasa Inggris, karena Elizabeth II bukan hanya ratu Britania Raya saja, tetapi juga Ratu Kanada, Ratu Australia, New Zealand, Papua Nugini, dsb. Karena judul yang sekarang seolah-olah mengenyampingkan negara-negara lain yang juga diperintah oleh ratu yang sama. Terima kasih. -114.125.45.27 21 Januari 2015 10.36 (UTC)

Harusnya cukup nama saja Elizabeth II gak perlu embel embel dari.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 21 Januari 2015 10.37 (UTC)
Setuju. Pasti pikiran orang yang mendengar/membaca nama Elizabeth II langsung tertuju pada ratu dari Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran. Elizabeth II lainnya jadi disambiguasi. -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2015 10.49 (UTC)
Nampaknya pengalihan Elizabeth II ke Elizabeth II dari Britania Raya sudah dibuat (sejak tahun 2005). Mengenai usulan pengubahan nama, perlu dijelaskan bahwa kata "dari" di sini menunjukkan asal tempat, bukan untuk cakupan kekuasaan. Penamaan semacam ini sudah diseragamkan juga bagi banyak tokoh, termasuk leluhur Elizabeth II. Jadi saya rasa tidak perlu ada pengubahan. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.11 (UTC)

Saya menemukan adanya nama lain, yaitu Elizabeth I dari Inggris. Pertanyaan saya, apakah nama yang digunakan menurut KBBI Britania ataukah Inggris? Jadi mesti ada salah satu halaman (antara Elizabeth I dari Inggris dan Elizabeth II dari Britania Raya) yang dipindah dengan nama yang sesuai Elizabeth I dari Britania supaya sesuai dengan Elizabeth II dari Britania Raya atau Elizabeth II dari Inggris Raya spy sesuai dengan Elizabeth I dari Inggris ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Januari 2015 21.30 (UTC)

Elizabeth I berasal dari daerah kerajaan yang waktu itu hanya bernama Inggris (England) dan saat itu belum terbentuk Britania Raya. Untuk jelasnya harap dilihat Kotak Info di bagian bawah artikel Elizabeth I tersebut di mana tertulis nama penguasa serta sebutan untuk asal daerahnya. Misalnya, sebelum tahun 1603 ada James VI dari Skotlandia, sedangkan setelahnya ada James I dari Inggris, dan lain-lain. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.56 (UTC)

Harap muatkan berberapa gambar screenshot wikipedia saat melakukan penghapusan artikel, berkas, dan pengembaliannya, pelindungan, pemblokiran, patroli, penyuntingan halaman utama dan ruang nama mediawiki[sunting | sunting sumber]

Akun ini ingin mengetahui seperti apa peralatan yang hanya dimiliki pengurus karena tidak terpilih menjadi pengurus. Muatkan berberapa gambar fitur wikipedia yang dibatasi! Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 00.46 (UTC)

Saran saya sebaiknya kamu belajar menyunting dan membuat artikel dengan tata bahasa yang baik. Belum saatnya kamu belajar menggunakan perkakas pengurus karena (saya yakin) kamu masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menggunakannya. Jika memang ingin tahu, silakan belajar secara otodidak dengan mencari sendiri ulasan mengenai hal tersebut, baik di proyek ini maupun di tempat lain. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 23 Januari 2015 02.32 (UTC)
Hanya ada sedikit tambahan tulisan. Di bagian atas, setelah versi terdahulu, ada tulisan hapus, lindungi, dll. Tidak ada yg istimewa. --Ricky Setiawan (bicara) 23 Januari 2015 15.39 (UTC)

Usulan memecah artikel[sunting | sunting sumber]

Saya mengusulkan untuk memecah artikel Daftar pengusaha Jawa menjadi 2: Pengusaha Jawa dan Daftar pengusaha Jawa. Uraian yang diberikan sepertinya tidak cocok jika dimasukkan artikel berjudul Daftar Pengusaha Jawa. Masalah ini tahun lalu sempat menjadi perdebatan, jadi saya mohon masukan pendapatnya. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 24 Januari 2015 08.43 (UTC)

Setuju untuk memecah. Artikel daftar seharusnya hanya berisi daftar. Kondisi sekarang itu seperti dua artikel yang digabung. ·· KℇℵℭK 26 Januari 2015 01.31 (UTC)