Wikipedia:Warung Kopi (Bahasa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi bahasa   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bahasa Indonesia di Wikipedia berpedoman kepada ejaan yang disempurnakan. Lihat pula:

Pedoman

Pranala luar

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Senin, 21 April 2014
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.


Ancient Cities[sunting | sunting sumber]

Mohon saran untuk terjemahan yang pas untuk kategori Ancient Cities apakah Kota tua, Kota kuno, Kota bersejarah, atau ada pendapat yang lain. Terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 14 Maret 2014 09.05 (UTC)

Kota purba? SpartacksCompatriot (bicara) 14 Maret 2014 11.06 (UTC)
Terima kasih masukannya Uda Spartack, jika tidak ada masukan lain saya akan buat kategori Kota purba. Kemudian pada permasalahan lain tentang judul terjemahan juga, yaitu artikel yang menggunakan judul Jalur Sutra, tapi kategori yang ada adalah Kategori:Jalan Sutra, apakah tidak sebaiknya di selaraskan saja, karena setelah saya buat kategori:Jalur Sutra (sesuai judulnya), ternyata sebelumnya sudah ada kategori:Jalan Sutra. ibensis (What’s the Story?) 15 Maret 2014 10.37 (UTC)
Kota Kuno saja. Kalau purba, kesannya zaman prasejarah begitu.. Saya cek di KBBI, makna kata purba adalah dahulu (tentang zaman ribuan atau jutaan tahun yang lalu). -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 01.35 (UTC)
Benar juga apa yang dikatakan Mas Adiputra. Dalam bayangan saya sekarang, Kota tua mungkin untuk kota yg berumur cukup tua tapi masih dekat waktunya, Kota kuno untuk waktu beberapa ratus atau ribuan tahun dan mungkin kotanya masih ada/dihuni, Sedangkan kota purba cocok untuk kota yang diperkirakan berumur ribuan hingga berpuluh ribuan tahun lebih, dan peradabannya sudah tidak eksis, semacam pra-sejarah. Didalam halaman kategori:ancient cities tersebut, sebagian kotanya masih ada/dihuni. Sehingga menurut saya usulan Kota kuno lebih pas. Silahkan jika ada tanggapan yang lain. ibensis (What’s the Story?) 16 Maret 2014 06.23 (UTC)
Baiklah, karena sudah seminggu maka saya ambil keputusan. Dikarenakan usulan mas Spartack masih diikuti tanda tanya (?, tidak terlalu yakin) dan dengan alasan yang disampaikan Mas Adiputra diatas, yang saya juga sependapat. Maka saya akan membuat kategori Kota kuno. Jika ada yang ingin mengubah dengan nama yang lebih sesuai silahkan diedit saja dikemudian hari. Begitu pula dengan Istilah Jalur Sutra dan Jalan Sutera akan saya satukan menjadi Jalur sutera saja. terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 21 Maret 2014 10.18 (UTC)
Ternyata. Kategori tersebut sudah ada sejak 2009!, hanya saja sebelumnya belum terhubung di Interwiki (entah mengapa saya lupa/tidak mengecek sebelumnya, maaf merepotkan), dan juga telah dikerjakan oleh Mas Hanamanteo. Terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 21 Maret 2014 10.28 (UTC)

Templat:Circa[sunting | sunting sumber]

Untuk templat tersebut di atas, saya punya usul agar diubah jadi Templat:Sekitar.
Sebelumnya jika kita mengetik {{circa}} akan muncul ca.
sekarang saya mengusulkan agar muncul sk.
agar terasa lebih Indonesia. Setuju? -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 02.33 (UTC)

Alternatif yang saya usulkan, selain sk. singkatannya mungkin kr. untuk kira2, ks. untuk kisaran/berkisar, atau tanda plus/minus ±. ibensis (What’s the Story?) 16 Maret 2014 06.36 (UTC)
Setuju untuk pakai tanda ±. Terasa mewakili seluruh usulan yang ada. -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 12.19 (UTC)

Bagaimana cara mengartikan MVP dalam Bahasa Indonesia?[sunting | sunting sumber]

Bisakah MVP (Most Valuable Person) dalam sebuah artikel berbahasa Indonesia ditulis dengan format yang sama? atau adakah Bahasa Indonesia lain yang lebih sesuai untuk mengganti kata diatas? Terima Kasih.


BP44Rana (bicara) 1 April 2014 11.51 (UTC)

Kalau Anda ragu dengan terjemahannya sementara tidak apa-apa tidak diterjemahkan dulu. Mungkin nanti ada yang bisa memberikan padanan yang enak. Tapi jangan lupa dimiringkan. Gombang (bicara) 1 April 2014 13.06 (UTC)

Mohon Pantauan Kepaksian Skala Brak https://id.wikipedia.org/wiki/Kepaksian_Sekala_Brak[sunting | sunting sumber]

Kepada admin dan relawan Wikipedia lainnya,

Mohon agar artikel Kepaksian Skala Brak https://id.wikipedia.org/wiki/Kepaksian_Sekala_Brak dipantau. Sebab artikel tersebut ditulis berdasarkan buku yang dibuat oleh Diandra Natakembahang yang mana merupakan keluarga dari Skala Brak itu sendiri. Adanya konflik kepentingan terlihat dari gaya bahasanya yang seperti menulis 'Company Profile' dari Skala Brak. Tanpa keraguan, tanpa anti-tesis, tanpa memuat pertentangan atau pendapat-pendapat dari pihak peneliti yang mayoritas tidak mengakui adanya kerajaan di Lampung.

Perlu diketahui buku-buku asing yang dijadikan sumber klaim bahwa Skala Brak diakui sebagai kerajaan tertua di Lampung adalah tidak benar. Buku-buku yang dikutip dalam buku / artikel tersebut tidak pernah mengatakan hal-hal seperti itu. Namun oleh tim Skala Brak termasuk Diandra Natakembahang dipotong-potong kalimatnya hingga seolah-olah mengakui Skala Brak sebagai kerajaan tertua di Lampung.

Perlu diketahui, menurut para peneliti dan pengamat sejarah kebudayaan Lampung yang objektif dan tidak memiliki kepentingan. Lampung tidak pernah memiliki kerajaan / kesultanan. Karena dari masa ke masa hanya tunduk pada Sriwijaya, Banten, dll.

Diandra Natakembahang diduga membuat buku (tanpa penerbit) untuk meligitimasi seolah-olah Skala Brak sudah diteliti sebagai kerajaan tertua di Lampung. Lalu isi buku ini di copy paste di berbagai blog milik keluarga Skala Brak, sehingga jika kita googling 'Skala Brak' akan dipenuhi oleh blog-blog mereka.

Buku yang ditulis Diandra Natakembahang ditulis tanpa kajian yang kritis. Sehingga saya meminta agar halaman artikel Skala Brak dipantau.Pengguna:Margapesisir

Sudah saya masukkan dalam daftar pantauan saya. Tapi akan lebih baik jika @Margapesisir ikut memantau, karena Bapak paham dengan artikel tersebut. Bagi yang tidak paham seperti saya, cuma bisa memantau supaya tidak divandal + kenetralan artikel. Sementara kesahihannya, repot juga. Okkisafire (bicara) 3 April 2014 05.55 (UTC)

Baik. Sangat disayangkan karena artikel ini sudah terlanjur dipaste ke berbagai Blog oleh para penulis-penulis Blog. Semoga mulai sekarang kita bisa menetralkan artikel ini.Pengguna:Margapesisir (bicara) 3 April 2014 13.33 (GMT)