Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Jumlah Depth atau Jumlah Artikel ?

Wikipedia:Jumlah Depth atau Jumlah Artikel

--Erik Fastman (bicara) 2 Juli 2014 02.02 (UTC)

Halo, hal seperti ini sebaiknya tidak diatur-atur. Terserah sukarelawan saja mau membuat artikel baru atau menambahkan konten artikel lama. Bila ingin artikelnya berkualitas ya silakan tambahkan sendiri, tidak perlu meminta orang lain menambahkannya (kecuali dengan baik-baik tentunya). Juga, karena melanggar WP:KPC#U10, artikel ini saya hapus. Terima kasih. --Ricky Setiawan (bicara) 31 Juli 2014 03.39 (UTC)

Minta pendapat mengenai tempat pekerjaan Ainun Najib

Bapak/ibu anggota Wikipedia. Minta pendapat mengenai pencantuman tempat pekerjaan Ainun Najib. Menurut saya tempat pekerjaan seseorang itu termasuk biodata penting tentang seseorang, kalau informasinya tersedia sebaiknya dicantumkan di ensiklopedia seperti Wikipedia. Informasi ini sendiri bisa didapat di beberapa website seperti LinkedIn yang bersangkutan sendiri maupun sebuah profil beliau yang ditulis di kompasiana. Tapi ada pengguna lain (bapak Iwan Novirion) yang selalu menghilangkan informasi ini, alasannya adalah "menghormati permintaan ybs". Saya sudah berdiskusi dengan bapak Iwan disini :Pembicaraan Pengguna:LaBoTW2#Soal_IBM, tapi sepertinya kami berdua sama-sama tetap dengan pendapat kami. Mohon, kalau ada bapak atau ibu disini yang bersedia menambahkan pendapatnya. LaBoTW2 (bicara) 29 Juli 2014 04.46 (UTC)

Halo, apakah tempat pekerjaannya itu pernah dipublikasikan oleh media yang reliable? Bila tidak, maka tempat pekerjaannya tidak boleh ditampilkan di Wikipedia. Terima kasih. --Ricky Setiawan (bicara) 31 Juli 2014 03.27 (UTC)
Halo, saya baru membaca pembicaraannya. Kompasiana jelas merupakan media yang tidak reliable karena sifatnya yang UGC (user generated content). Media sosial seperti LinkedIn boleh digunakan untuk memperkuat pernyataan, tetapi tidak disarankan untuk menjadi sumber utama. Jadi lebih baik kita menunggu saja hingga ada media reliable yang pernah mem-publikasikannya. --Ricky Setiawan (bicara) 31 Juli 2014 03.32 (UTC)
Sejauh ini belum ada sumber yang tepercaya. MetroTV pun cuma menulis, "Ia kini bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan teknologi informasi terkemuka." LinkedIn boleh asalkan ditulis oleh si pemilik akun, tapi disarankan agar dihindari sebisa mungkin. — FarrasLa Poste 31 Juli 2014 03.38 (UTC)
Terima kasih atas pendapat bapak-bapak. LaBoTW2 (bicara) 7 Agustus 2014 00.59 (UTC)

Penghapusan/pengalihan artikel anggota JKT48

Sebenarnya ini masalah dulu yang saya ungkit kembali. (Lιиκ)
Saya ingin menerapkan penghapusan sejumlah artikel biografi anggota JKT48 yang bersifat trivia dan tidak signifikan, khususnya artikel anggota siswi pelatihan. Mereka belum penting untuk dimuat di Wikipedia dan belum memenuhi kriteria anggota grup musik. Bila ada yang berkeberatan tentang penghapusannya, pertimbangkanlah untuk menulisnya di Wikia yang khusus disediakan untuk itu, dan Wikipedia bukanlah tempatnya.
Sebagai pertimbangan kebijakan penghapusan, anggota JKT48 seperti Melody Lakshani dan Nabilah Ayu Azalia termasuk layak, karena berkali-kali diliput media massa. Selain itu, ada beberapa anggota menjadi bintang tamu di acara lain (Nakagawa Haruka), dan ada yang bersolo karier (Stella Cornelia dan Neneng Rosdiana). Yang tidak berkiprah signifikan seperti tersebut tadi akan dihapus.
Bila tidak ada penolakan, artikel-artikel yang tidak memenuhi kriteria akan segera "dieksekusi", dengan prioritas artikel-artikel siswi pelatihan JKT48. -- Adiputra बिचर -- 14 Agustus 2014 07.45 (UTC)

AKB48 yang membernya 139 orang yang punya artikelnya sendiri cuman 37. Tapi kalo menurut aku mending dialihkan aja seperti yang dilakukan di en.wiki. --Erik Fastman (bicara) 15 Agustus 2014 13.25 (UTC)
Usulan pengalihan boleh juga. Tentang anggota AKB48, ya, kasusnya seperti itu pula. Ada konflik kepentingan. Tapi di sini akan diseleksi, karena ada anggota AKB48 yang punya berita tersendiri di media massa Jepang (ini yang jadi referensi penulisan artikelnya), tapi tidak ditulis di Wikipedia Inggris; pertimbangan lainnya adalah karier anggotanya yang juga lama, maka sempat jadi bintang tamu di acara-acara selain yang khusus AKB48 (ujung-ujungnya, ya menyesuaikan dengan kebijakan artikel biografi musikus). Sedangkan JKT48 boleh dibilang masih kencur, hanya segelintir anggota yang mendapat porsi signifikan di media massa. Demikianlah. -- Adiputra बिचर -- 17 Agustus 2014 13.40 (UTC)
Saya mendukung usulan Anda. Sekilas memang banyak artikel biografi JKT48 yang jauh dari layak dan terkesan seperti fan site. Kapan nih eksekusinya? -- Bonaditya (bicara) 20.45, 17 Agustus 2014 (WIB)
Menurut saya jangka waktu 2 minggu setelah pengusulan ini sudah cukup. Dalam periode itu, mungkin saja ada masukan/sanggahan dari pengguna lain (sejujurnya, saya harap sih tak ada ). -- Adiputra बिचर -- 17 Agustus 2014 13.57 (UTC)
Setuju, mending hapus aja deh semuanya. Jilboobs Lover (bicara) 20 Agustus 2014 07.18 (UTC)

Letter petitioning WMF to reverse recent decisions

The Wikimedia Foundation recently created a new feature, "superprotect" status. The purpose is to prevent pages from being edited by elected administrators -- but permitting WMF staff to edit them. It has been put to use in only one case: to protect the deployment of the Media Viewer software on German Wikipedia, in defiance of a clear decision of that community to disable the feature by default, unless users decide to enable it.

If you oppose these actions, please add your name to this letter. If you know non-Wikimedians who support our vision for the free sharing of knowledge, and would like to add their names to the list, please ask them to sign an identical version of the letter on change.org.

-- JurgenNL (talk) 21 Agustus 2014 17.35 (UTC)

Process ideas for software development

’’My apologies for writing in English.’’

Hello,

I am notifying you that a brainstorming session has been started on Meta to help the Wikimedia Foundation increase and better affect community participation in software development across all wiki projects. Basically, how can you be more involved in helping to create features on Wikimedia projects? We are inviting all interested users to voice their ideas on how communities can be more involved and informed in the product development process at the Wikimedia Foundation. It would be very appreciated if you could translate this message to help inform your local communities as well.

I and the rest of my team welcome you to participate. We hope to see you on Meta.

Kind regards, -- Rdicerb (WMF) talk 21 Agustus 2014 22.15 (UTC)

--This message was sent using MassMessage. Was there an error? Report it!


Usulan

Penghapusan gambar vulgar

saya punya usul bagaimana kalau gambar yang terlihat vulgar dapat dipertimbangkan untuk dihapus walaupun gambar tersebut memberikan penjelasan secara detail dari sebuah artikel, misalkan artikel tentang Kepala penis, apakah harus ditampilkan gambar Kepala penis. atau artikel tentang Klitoris , apakah harus ditampilkan gambar Klitoris. Baiknya hal seperti ini menjadi bahan pertimbangan, mengingat tampilan gambar yang terkesan vulgar itu sangat berpengaruh bagi anak-anak. Karena tidak bisa dipungkiri pembaca di wikipedia banyak juga dari kalangan anak-anak remaja yang ingin mendapatkan informasi melalui wikipedia.Masdiko Bicara

Yah... usul kayak gini muncul lagi dah. Langsung ditutup aja atau gimana nih? -- Ariyanto (profil-talk-fb) 22 Juli 2014 02.22 (UTC)
Buat Masdiko, gambar tersebut boleh dihapus jika gambar yang diberikan kurang membuat artikel menjadi informatif. Silakan baca terlebih dahulu halaman ini: Wikipedia:Hindari hal yang tidak senonoh dan WP:SENSOR. Salam! -- Bonaditya (bicara) 09.30, 22 Juli 2014 (WIB)
Mohon dijelaskan yang dimaksud dengan "...berpengaruh bagi anak-anak." -- Adiputra बिचर -- 11 Agustus 2014 07.22 (UTC)
Ganti jadi versi ilustrasinya saja, biar tak terlalu vulgar – komentar tanpa tanda tangan oleh Hariadhi (bk) .
Foto juga ilustrasi, bukan? Mungkin maksud Anda adalah versi drawing. Untuk kepala penis, saya belum menemukan versi drawing-nya. Untuk klitoris, versi drawing-nya (menurut saya) kurang deskriptif, maksudnya seperti peta buta saja, jadi saya pakai gambar yang lebih deskriptif. Harap dimaklumi bahwa foto-foto bersangkutan ditampilkan untuk tujuan pengetahuan, dan murni untuk pendidikan seks belaka. Dalam pelajaran anatomi manusia, gambar-gambar organ luar dan organ dalam bukanlah vulgar, kecuali memajang gambar/memberi kuliahnya di tempat yang tidak pantas. Yang salah bukanlah gambarnya, tapi perhatikan: di mana, kapan, dan untuk tujuan apa gambar itu ditampilkan.
Sebagai tambahan, di sini ada arsip komentar yang nyentil oleh anon 184.75.35.50. -- Adiputra बिचर -- 14 Agustus 2014 13.58 (UTC)
Komentar bersangkutan: "Emangnya anak kecil kalau liat gambar patung Ares punya kelamin langsung memerkosa massal teman-temannya? Atau memicu perang saudara Indonesia? Kelamin adalah salah satu bagian tubuh manusia yang penting yang tak perlu ditakuti seolah kalau ada di muka umum bakal buat orang yang melihatnya dalam sekejap memerkosa orang lain." -- Adiputra बिचर -- 14 Agustus 2014 14.01 (UTC)
Kadang dalam bentuk gambar lebih jelas dan mendetail dibanding foto. Terutama contoh klitoris itu :) Hariadhi - Ngobrol 19 Agustus 2014 21.33 (UTC)
Jangan dihapus dong, itu kan mengandung pengetahuan, wkwkwkwk. Kalau gau mau lihat foto klitoris ya jangan buka artikel klitoris lah, wkwkwk. Jilboobs Lover (bicara) 20 Agustus 2014 07.21 (UTC)

Kategori:Koruptor Indonesia

Kategori ini apakah harus diisi oleh tersangka dan terdakwa, atau hanya terdakwa saja? Saya melihat aktegori ini beberapa diisi atau telah diisi oleh nama-nama yang belum menjadi terdakwa. Padahal status tersangka belum diputuskan bersalah oleh hakim, namun terdakwa sudah diputuskan bersalah oleh hakim dan akan segera menjalani hukuman/sanksi. Sama halnya seperti kategori:Kriminal, kategori:Pembunuh, dan sejenisnya, apa perlu diisi tersangka juga? Padahal syarat penetapan status tersangka di Indonesia dan di luar Indonesia berbeda.

Di Indonesia, seseorang dinyatakan tersangka jika polisi sudah menemukan satu barang bukti yang kuat dan dua orang saksi yang netral dan tidak memihak. Sedangkan status terdakwa ditentukan lewat pengadilan.

Isi dari kategori ini seharusnya mengacu kepada situs kpk.go.id, namun berhubung koneksi internet saya kurang cepat (cuma 20kb/s) saya tidak bisa melihat daftarnya.

Atau perlu membuat cabang kategori seperti kategori: Tersangka koruptor dan kategori: terdakwa koruptor? -- Hysocc, Let's talk 11 Agustus 2014 06.19 (UTC)

Seharusnya tidak diisi oleh tersangka/terdakwa, tapi terpidana. Sebaiknya kategorinya diubah menjadi Narapidana kasus korupsi di Indonesia. Tapi, kalau "Koruptor Indonesia" saja tidak jadi masalah signifikan (menurut saya). -- Adiputra बिचर -- 11 Agustus 2014 07.16 (UTC)

Teknis

Tech News: 2014-28

7 Juli 2014 07.07 (UTC)

Tech News: 2014-29

14 Juli 2014 07.48 (UTC)

Tech News: 2014-30

21 Juli 2014 07.42 (UTC)

Pengguna vandal?

Saya kok sedkit curiga dengan Pengguna:Sangkakalareyyyy, entah kenapa kok suntingan2nya (yang kebetulan merupakan artikel2 yang saya pantau) sering kacau. Beberapa saya cek di google dan ternyata salah. Tapi saya tidak yakin apa semua informasi yang diberikan itu ngawur atau kredibel, atau malah saya yang salah. Mohon bantuannya untuk menindaklanjuti, terima kasih Okkisafire (bicara) 27 Juli 2014 14.37 (UTC)

Ini adalah salah satu suntingan Pengguna:Sangkakalareyyyy yang baru saja saya balikkan. Setelah saya cek di google, rata-rata memberikan data bahwa Billy Davidson lahir di Jakarta, bukan Bekasi. Apa yang harus dilakukan? Saya tidak memiliki cukup waktu untuk mengecek satu demi satu semua suntingan yang sudah dilakukan pengguna, saya juga tidak tahu apakah suntingan Pengguna:Sangkakalareyyyy memang yang seharusnya benar atau ngawur. Terima kasih atas perhatiannya. Okkisafire (bicara) 10 Agustus 2014 15.36 (UTC)

@Bonaditya @Hanamanteo :D

Saya juga sudah beberapa kali liat suntingannya, dan beberapa memang ngawur. Waktu itu ada beberapa suntingannya sempat saya kembalikan, namun dia belum saya blokir karena masih tidak yakin (kebanyakan suntingannya terlihat benar). Jika nanti dia ternyata memang memberi informasi palsu, langsung saya blokir selamanya saja. RaymondSutanto (bicara) 13 Agustus 2014 11.37 (UTC)
Ini ada perubahan kecil lagi yg dilakukan. Mengubah data dan menghilangkan kode. Okkisafire (bicara) 20 Agustus 2014 00.43 (UTC)
Perubahan seperti ini yang membuat saya bingung. Ada perbaikan, tp apa benar tahun aktif Alvaro itu 2003? Okkisafire (bicara) 20 Agustus 2014 01.04 (UTC)
Ini salah satu suntingan Sangkakalarey yang sudah dibalikkan salah satu wikipediawan. Okkisafire (bicara) 20 Agustus 2014 01.10 (UTC)

Tech News: 2014-31

28 Juli 2014 08.09 (UTC)

Updates related to VisualEditor

Please help translate this message in your language. Thanks :)

Hi, everybody. This is a reminder that we invite you to discuss VisualEditor's recent development and plans ahead during the next office hours with James Forrester (Product Manager):

If you are not able to attend but have a question for James, you can leave your question at mediawiki.org or on my talk page by the day before, and I will try to get a response. We plan to continue these monthly sessions as long as there is community interest, and to announce them through the VisualEditor global newsletter as well (please subscribe your talk page there to get the latest news about the software).

Most of the VisualEditor team will be at Wikimania in London in August! You'll be able to meet the developers during the Hackaton or at the following sessions:

WMF community liaisons will share a booth with community advocates at the Community Village and look forward to talking to you there. Thanks for your attention! --User:Elitre (WMF) 31 Juli 2014 16.02 (UTC)

Tanya: spam

Ada yang tahu, kenapa tanahlot(dot)net terkena filter spam? Saya lihat profilnya, sepertinya kok baik-bik saja.

Teks berikut ini memancing filter spam kami: tanahlot.net

Okkisafire (bicara) 3 Agustus 2014 09.16 (UTC)

Mungkin dulu pernah ada yang ngespam alamat situs tersebut di artikel Wikipedia. Jadi pengurus memasukkannya ke dalam filter. Gombang (bicara) 6 Agustus 2014 12.26 (UTC)
Saya tanyakan ke pengurus kalau begitu. Terima kasih Okkisafire (bicara) 7 Agustus 2014 01.37 (UTC)
Ditambahkan sejak 16 Oktober 2009 atau sebelumnya oleh pengurus terdahulu di MediaWiki:Spam-blacklist. Karena tidak ada keterangan, maka saya sudah hapus itu dari daftar hitam. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 12.56, 11 Agustus 2014 (WIB)
Terima kasih Okkisafire (bicara) 13 Agustus 2014 16.10 (UTC)

Tech News: 2014-32

4 Agustus 2014 07.37 (UTC)

Dua artikel untuk Kenjeran

Saya baru menemukan terdapat artikel Kenjeran, Surabaya dan Kenjeran, Bulak, Surabaya. Yang satu sebagai kecamatan, yang satu sebagai kelurahan. Seingat saya, dulu kenjeran memang berdiri sendiri, tetapi kemudian dipecah menajdi Bulak untuk wilayah pantai timur dan Kenjeran untuk Suramadu. Ada yang paham, apa dua artikel tersebut sebenarnya merujuk pada lokasi yang sama atau bagaimana? Terima kasih Okkisafire (bicara) 7 Agustus 2014 01.35 (UTC)

Memang kalo menurut di sini dan di sini kedua artikel tersebut memang berbeda. -- Ariyanto (profil-talk-fb) 16 Agustus 2014 04.31 (UTC)
Astaga, baru ngerti saya. Terima kasih infonya. Okkisafire (bicara) 20 Agustus 2014 01.13 (UTC)

VisualEditor global newsletter—July and August 2014

VisualEditor-logo.svg

The VisualEditor team is currently working mostly to fix bugs, improve performance, reduce technical debt, and other infrastructure needs. You can find on Mediawiki.org weekly updates detailing recent work.

Screenshot of VisualEditor's link tool
Dialog boxes in VisualEditor have been re-designed to use action words instead of icons. This has increased the number of items that need to be translated. The user guide is also being updated.

The biggest visible change since the last newsletter was to the dialog boxes. The design for each dialog box and window was simplified. The most commonly needed buttons are now at the top. Based on user feedback, the buttons are now labeled with simple words (like "Cancel" or "Done") instead of potentially confusing icons (like "<" or "X"). Many of the buttons to edit links, images, and other items now also show the linked page, image name, or other useful information when you click on them.

  • Hidden HTML comments (notes visible to editors, but not to readers) can now be read, edited, inserted, and removed. A small icon (a white exclamation mark on a dot) marks the location of each comments. You can click on the icon to see the comment.
  • You can now drag and drop text and templates as well as images. A new placement line makes it much easier to see where you are dropping the item. Images can no longer be dropped into the middle of paragraphs.
  • All references and footnotes (<ref> tags) are now made through the "Cite" menu, including the "Referensi" (manual formatting) footnotes and the ability to re-use an existing citation, both of which were previously accessible only through the "Masukkan" menu. The "Daftar referensi" is still added via the "Masukkan" menu.
  • When you add an image or other media file, you are now prompted to add an image caption immediately. You can also replace an image whilst keeping the original caption and other settings.
  • All tablet users visiting the mobile web version of Wikipedias will be able to opt-in to a version of VisualEditor from 14 August. You can test the new tool by choosing the beta version of the mobile view in the Settings menu.
  • The link tool has a new "Open" button that will open a linked page in another tab so you can make sure a link is the right one.
  • The "Cancel" button in the toolbar has been removed based on user testing. To cancel any edit, you can leave the page by clicking the Read tab, the back button in your browser, or closing the browser window without saving your changes.

Looking ahead

The team posts details about planned work on the VisualEditor roadmap. The VisualEditor team plans to add auto-fill features for citations soon. Your ideas about making referencing quick and easy are still wanted. Support for upright image sizes is being developed. The designers are also working on support for adding rows and columns to tables. Work to support Internet Explorer is ongoing.

Feedback opportunities

The Editing team will be making two presentations this weekend at Wikimania in London. The first is with product manager James Forrester and developer Trevor Parscal on Saturday at 16:30. The second is with developers Roan Kattouw and Trevor Parscal on Sunday at 12:30. There is a VisualEditor Translation Sprint going on during Wikimania; whether you're in London or not, any contributions are welcome!

Please share your questions, suggestions, or problems by posting a note at the VisualEditor feedback page or by joining the office hours discussion on Thursday, 14 August 2014 at 09:00 UTC (daytime for Europe, Middle East and Asia) or on Thursday, 18 September 2014 at 16:00 UTC (daytime for the Americas; evening for Europe).

If you'd like to get this newsletter on your own page (about once a month), please subscribe at w:en:Wikipedia:VisualEditor/Newsletter for English Wikipedia only or at Meta for any project. Thank you! --Elitre (WMF), 9 Agustus 2014 14.40 (UTC)

Tech News: 2014-33

11 Agustus 2014 07.43 (UTC)

Tech News: 2014-34

18 Agustus 2014 07.16 (UTC)

Kategori:Tokoh

Agak bingung dengan definisi "Kategori:Tokoh dari <provinsi>" dengan "Kategori:Tokoh <provinsi>". Apa perbedaannya?
Dikarenakan <provinsi> dibentuk setelah kemerdekaan RI, apakah tokoh yang lahir/meninggal pra-kemerdekaan, cocok saja jika dimasukkan ke kategori tersebut? 에자그렌 (메시지를 보내) 19 Agustus 2014 13.20 (UTC)

Kalau provinsinya sudah dibubarkan, nah lebih bingung lagi. SpartacksCompatriot (bicara) 20 Agustus 2014 13.28 (UTC)
Pengkategorian tokoh ini sepertinya memang patut dibahas. Selain masalah provinsi, juga kategori tokoh agama. Kebijakannya belum jelas jadi rancu. Misalnya saja, saya pribadi tidak setuju kalau artis/selebritis/seniman/politikus ikut dimasukkan dalam tokoh agama (manapun itu) karena mereka tidak memiliki sumbangan apapun terhadap agama tsb. Salam, RaymondSutanto (bicara) 20 Agustus 2014 17.13 (UTC)

Bahasa

Perancis vs Prancis

Lihat pula diskusi-diskusi sebelumnya

Merujuk pada perbincangan santai di twitter, saya ingin mengusulkan revisi terhadap konsensus penggunaan kata "Perancis" di Wikipedia. Saya sangat tidak sepakat dengan hal ini, karena:

  1. Di KBBI, bentuk yang baku adalah "Prancis", bukan "Perancis"
  2. Mengutip IvanLanin, "Kata ini diserap dari bahasa Portugis Francês (Russell, 2008) dan, kalau menggunakan kaidah di atas, seharusnya diserap menjadi “Prancis” tanpa swarabakti."

Maka dari itu saya mengusulkan agar seluruh kata "Perancis" di WBI diubah menjadi "Prancis". Sudah saatnya WBI kembali ke jalan yang benar setelah bertahun-tahun mengikuti konsensus yang tidak benar secara linguistik. Terima kasih dan salam.  Mimihitam  5 Agustus 2014 05.50 (UTC)

Mengapa harus seperti itu Mimihitam. Apakah tidak dapat kita anggap saja ini masuk irregular form. Tanpa ingin mengulang yg sudah didiskusikan di sini, bahkan sudah ada voting dan mencapai kesepakatan. Yang jelas karena sudah menjadi konsesus di Indonesia, populer, bahkan juga dipakai secara resmi, akan terlihat nyentrik bagi Wikipedia untuk tampil beda hanya karena alasan linguistik semata. Karena kita perlu melihat dari berbagai aspek, tidak dari sisi linguistik saja. Atau solusi jalan tengahnya bisa dipakai kedua2nya. Cukup ditambahkan note pada artikel Perancis saja (Perancis atau Prancis[note...]), tapi tidak sampai harus mengubah setiap artikel yg memuat kata Perancis mjd Prancis. Oh iya.. Kebetulan saya hanya mengakses KBBI web. disana baik Prancis maupun Perancis tidak muncul. Mungkin jika ada keputusan pemerintah seperti kata Cina menjadi Tiongkok, baru perlu kita bahas kembali.Terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 5 Agustus 2014 07.33 (UTC)

Kalau menggunakan argumen seperti itu, nanti bisa-bisa segala macam penulisan yang tidak baku dalam EYD (seperti "sekedar", "aktifitas", atau "apotik") akan ditoleransi dengan alasan "masuk irregular form". Secara linguistik sudah cukup jelas bahwa Prancis merupakan bentuk yang baku. Bisa dilihat di sini: daftar nama negara yang distandardisasi oleh KBBI. Sudah sepatutnya WBI menggunakan standar penulisan yang benar dan baku, bukan yang umum digunakan sebelumnya. Terima kasih dan salam.  Mimihitam  5 Agustus 2014 10.08 (UTC)

Mari kita daftarkan argumen dari tiap pendapat. Silakan tambahkan.
Prancis:
  1. Daftar nama negara menurut KBBI IV
  2. Sesuai dengan pola penghilangan swarabakti pada nama negara seperti Inggris (bukan Inggeris) dan Spanyol (bukan Sepanyol).
Perancis:
  1. Konsensus Wikipediawan 2006
  2. Kedutaan Besar Perancis di Jakarta - Pemerintah Perancis menggunakan swarabakti dalam korespondensi dengan pemerintah Indonesia (Spartacks)
Saya memilih "Prancis" tanpa swarabakti -- IvanLanin (bicara) 5 Agustus 2014 11.09 (UTC)
Menurut saya tidak perlu diubah. Komunitas sudah delapan tahun lebih menggunakan konsensus 'Perancis', dan pemerintahnya sendiri menggunakan kata itu untuk kedubesnya di Jakarta. Jadi saya pikir tidak ada masalah. Mayoritas pengguna saya kira sudah lebih familiar dengan 'Perancis' ketimbang 'Prancis'. Toh KBBI tidak selalu harus dipatuhi, kan?. SpartacksCompatriot (bicara) 5 Agustus 2014 11.25 (UTC)
Karena kata Prancis sudah ditetapkan dan tercantum pada KBBI terbaru (tahun 2010), selaku acuan tertinggi bahasa Indonesia yang baku, maka ini sudah memiliki dasar yang dapat digunakan. Sehingga saya kini setuju jika ingin diubah menjadi Prancis. ibensis (What’s the Story?) 5 Agustus 2014 15.23 (UTC)
Saya lebih setuju "Perancis". Ada kok dasarnya. Bahasa Indonesia itu turunan bahasa Melayu, dan bentuk itulah yang ada pada kamus terdahulu. KBBI lah yang mengganti kata serapan tersebut menjadi "Prancis", padahal dalam kamus lama yang ada adalah yang dengan "e". Lihat kamus John M. Echols, Hassan Shadily tahun 1975 ini contohnya. Saya tidak anti KBBI, tapi saya tidak selalu "KBBI-minded" 100%. Bahasa bukan harus selalu dipaksakan oleh KBBI versi terbaru, walau bisa disarankan; contohnya dahulu pernah ada kata "sangkil" dan "mangkus" yang kini tak terdengar lagi. Wikipedia bahasa Indonesia BUKAN SITUS PENDUKUNG KBBI, melainkan situs dengan pemakaian ejaan yang sesuai konsensus para penggunanya. Satu contoh yang saya sesali adalah "salat" yang dipaksakan sebagai pengganti memakai bot oleh salah satu pengguna terhadap kata "shalat" tanpa konsensus pengguna, meskipun ada yang menyatakan keberatan (saya salah satunya). Apakah nanti juga mau memaksakan memakai bentuk Alquran, dengan alasan KBBI? Saya harap dipertimbangkan masukan saya ini. Salam, Naval Scene (bicara) 6 Agustus 2014 00.02 (UTC)
Kalau dasarnya bahasa Melayu, kita perlu memakai "Inggeris" dan "Sepanyol" -- IvanLanin (bicara) 6 Agustus 2014 03.49 (UTC)
Karena KBBI sebagai produk dari Badan yang berwenang dalam Bahasa di Indonesia (berdasarkan Keppres) maka ketetapannya seharusnya memang diikuti sebagai acuan. Sebelum melihat KBBI terbaru, saya sendiri awalnya merasa aneh jika Wikipedia harus tampil beda dari keumuman yg sudah settled (saya sebut nyentrik, tapi kini lebih tepat disebut pelopor). Namun perubahan ini ternyata memiliki dasar yang benar. Dahulu kata Perancis adalah benar karena sesuai dengan ejaan yg dipakai saat itu, kini setelah keluar revisi maka kata Perancis menjadi obsolete, dan nanti kalaupun ada perubahan lagi (entah ejaan baru/dikembalikan spt smula) maka kita ikuti juga. Sudah ada sejarahnya dan telah terjadi sejak dulu kata2 ejaan lama digantikan denga Ejaaan Baru/Yang disempurnakan, dan di masa depan perubahan akan terus terjadi. Tentunya kita tidak dalam menentukan apa dan bagaimana yang baku karena kebijakan tsb urusan mereka ybs. Namun yg kita bahas disni adalah penggunaannya. Kasarnya "ini lho ada kata yang baku di KBBI akan kita gunakan atau tidak", itu saja. ibensis (What’s the Story?) 6 Agustus 2014 07.47 (UTC)
Terlepas dari mana yang dipilih, menurut saya ketetapan pemerintah, baik lewat Keppres ataupun KBBI (saya ragu KBBI ini ketetapan pemerintah, hehehe) pada dasarnya hanyalah saran untuk pengguna bahasa secara umum. Saya orang yang berpendapat bahasa tidak bisa diatur lewat dekrit pemerintah. Saran tersebut tentu patut diperhatikan, tapi tidak selalu harus diikuti. Yang penting ada alasan yang kuat. Gombang (bicara) 6 Agustus 2014 11.56 (UTC)

Perbandingan saja: orang Frank (yang menjadi asal nama France) dalam sastra Melayu klasik disebut sebagai "orang Peringgi" atau "Feringgi". Jadi, ada e pepet. Gombang (bicara) 6 Agustus 2014 12.04 (UTC)

Maaf membuat rancu, kalimat yg seharusnya "Karena KBBI sebagai produk dari BPPB, yaitu badan yang berwenang dalam Bahasa di Indonesia berdasarkan Keppres/pemerintah, maka...". Kemudian tentang pendapat pribadi silahkan saja, tapi perlu dipertimbangkan ketika berhadapan dalam penggunaan resmi spt makalah/jurnal/skripsi dsc, dapat ditolerirkah argumen yg demikian (maksudnya utk tidak mengikuti sebagian aturan baku yg berlaku) tanpa menimbulkan polemik. Kemudian mengenai Satra Melayu Klasik saya rasa adalah hal yg lain lagi/berbeda, karena saat ini sedang membahas bahasa kontemporer bukan sastra. ibensis (What’s the Story?) 6 Agustus 2014 14.05 (UTC)
Soal penggunaan makalah/jurnal/skripsi: biasanya ada aturan selingkung di kampus/penerbitan yang tidak selalu mengikuti aturan "baku". Jadi sah-sah saja kita punya ketentuan yang "sedikit" berbeda.
Soal perbandingan dengan sastra Melayu: Bahasa Indonesia adalah kelanjutan bahasa Melayu klasik. Nama-nama negara seperti Inggris, Jepang, Yunani, Mesir juga pertama kali ditemukan di masa Melayu klasik. Jadi bukan serapan di zaman modern. Saya cuma ingin menunjukkan perbandingan dengan nama yang mirip di masa yang sama. Kalau mau menggunakan penyerapan modern di negara-negara yang saya contohkan tadi kita malah akan menyebut (mungkin) Inglandia, Nippon, Hellas, Misr. Gombang (bicara) 6 Agustus 2014 14.14 (UTC)
Tadi saya "jalan-jalan" kemudian menemukan ini dan ini, cukup pelik. Namun perlu ditekankan kembali agar masalahnya tetap sederhana, sebuah kata yg dibakukan dalam KBBI versi terbaru ini akan digunakan atau tidak. Andaipun kata Prancis yang digunakan maka menurut saya tidak salah karena ada landasannya di KBBI terbaru. ibensis (What’s the Story?) 6 Agustus 2014 16.24 (UTC)

Beberapa waktu lalu saya pernah mengambil kesimpulan bahwa KBBI tidak layak diikuti berdasarkan pemilihan istilah "Turkimenistan" sebagai salah satu contoh. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 02.21, 7 Agustus 2014 (WIB)

Saya kira itu kasuistik, artinya tidak serta merta KBBI langsung di cap tidak layak diikuti dan inkompeten, jangan karena nila setitik rusak susu sebelanga. Kesalahan dan inkonsistensi mungkin ada, tapi terus dikurangi. Sudah menjadi ciri khas buatan manusia melalui proses trial & error, (mungkin) tidak ada yang langsung sempurna. Dan itulah fungsi adanya revisi. Saat ini mungkin kata Perancis yang direvisi, nantinya kita harapkan yg lainnya menyusul (Turkimenistan, dll). Apalagi dalam hal ini, perubahan kata Perancis menjadi Prancis berdasarkan kaidah bahasa yang benar. Kita perlu menjaga supremasi badan bahasa yang resmi. Jika ada yang perlu dikoreksi maka ditujukan kesana. Sedangkan disini hanya mengikuti dan penerapannya saja. itu pendapat saya. ibensis (What’s the Story?) 7 Agustus 2014 09.15 (UTC)
Saya kira sudah jelas dari praktik selama ini Wikipedia Indonesia tidak selalu mengikuti KBBI. Tapi biasanya itu ada alasannya. Contoh lain: Sumatera vs Sumatra. Intinya kita memperhatikan KBBI, tapi tidak patuh begitu saja. Lagipula kamus bahasa Indonesia tidak cuma satu. Saya biasanya membandingkan dengan Kamus Badudu-Zain (kebetulan ada di rumah). Naval Scene tadi mengacu ke John Echols. Seperti saya katakan, saya berpendapat bahasa tidak bisa diatur lewat dekrit pemerintah (atau lembaga serupa pemerintah) yang kadang alasannya juga tidak jelas, melainkan lewat kebiasaan dan konsensus. Gombang (bicara) 7 Agustus 2014 10.58 (UTC)
Maaf nimbrung, untuk Wikipedia sebaiknya kita gunakan istilah resmi dan baku saja, dalam hal ini ialah KBBI (atau apalah itu) sebagai dasar acuan. Kalau memang dulu menurut KBBI kata yang benar adalah Perancis, maka ikuti aturan itu; jika sekarang diubah menjadi Prancis ya tinggal ikuti saja, kalau sewaktu waktu diubah lagi ya ikuti lagi apa susahnya kok?
Masalah lazim atau tidak lazim itu menurut saya tidak dapat dijadikan patokan, ada beberapa kata baku yang memang tidak lazim dipakai, dan ada kata tidak baku yang mungkin lebih lazim dipakai, maka yang kita ikuti adalah kata yang baku! (Ingat Wikipedia:Pedoman_ejaan_dan_penulisan_kata) Sebagai contoh kata praktek lebih lazim digunakan daripada praktik, kata download dan upload lebih lazim dibanding dengan unduh dan unggah. Karena tidak semua yang lebih umum adalah betul, tapi kita harus membetulkan/meluruskan kesalahan yang dianggap umum.

Saya agak geli dengan orang yang anti dengan kata "salat", "kalbu", "jemaat". Apa alasan mereka?
Karena lebih umum menggunakan kata "shalat" dibanding "salat"?
Hanya karena kata "kalbu" dalam bahasa Arab artinya adalah anjing sehingga tidak mau menggunakan "kalbu", hey ini bahasa Indonesia bro! Bukan Arab!
Tidak mau menggunakan kata "jemaat" karena kata itu lebih umum digunakan oleh orang Kristen?


Dalam hal ini kita butuh yang namanya patokan, kita sebagai orang Indonesia yang berbahasa Indonesia sudah sepatutnya menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai patokan. Kamus yang lain apa tidak boleh dipakai? Tentu saja boleh, tapi hanya sebagai bahan perbandingan. (ingat Wikipedia:Pedoman_ejaan_dan_penulisan_kata)

Memang, bahasa tidak bisa diatur lewat dekrit pemerintah (atau lembaga serupa pemerintah) yang kadang alasannya juga tidak jelas, melainkan lewat kebiasaan dan konsensus. Tapi bagaimana jika ada perselisihan? Kalo tidak ada rujukan maka akan sulit diselesaikan.
Melalui konsensus atau vote? Ingat, pendapat umum dan terbanyak belum tentu benar loh ya. Contoh kata "duren" lebih banyak digunakan bukan berarti kata tersebut adalah benar. Sejatinya, wikipedia tidak bisa dijadikan rujukan, tapi wikipedia harus memiliki rujukan, dan kita ikuti sesuai dengan rujukan yang baik dan benar, bersifat netral, dan objektif. -- Ariyanto (profil-talk-fb) 10 Agustus 2014 09.27 (UTC)
Saya sudah menyimak artikel Pak Ivan tentang swarabakti. Sebagai bahasa tersendiri—turunan dari bahasa Melayu—kita menentukan ejaan kita sendiri, tanpa harus mengekor ejaan bahasa Melayu (Malaysia). Lihat saja kata "putra", "istri", "indra", "pribadi", dan lain-lain, yang ditulis tanpa menyisipkan huruf /e/ (tidak seperti ejaan bahasa Malaysia). Bandingkan dengan kata yang ditulis dengan huruf /e/ seperti "perawan", "selempang", "telusur", "berangus", dan lain-lain. Saya lebih setuju bahwa nama France diindonesiakan sebagai "Prancis", berdasarkan kaidah swarabakti tersebut. -- Adiputra बिचर -- 11 Agustus 2014 02.26 (UTC)
Saya kira kita tidak pernah mengekor Malaysia, cuma meninggalkan pedoman yang pernah digunakan sebelumnya saja. Maksud saya konsensus di sini ya konsensus di WBI. Gombang (bicara) 13 Agustus 2014 10.35 (UTC)
Pedoman tentu saja berhak mengalami penambahan/pengurangan. Contohnya, dahulu kata "di mana" dan "ke mana" ditulis tersambung, tapi kini terpisah. Pedoman ejaan juga mengalami perubahan beberapa kali. Jadi, bila ada yang (dirasa) perlu diubah (asalkan disertai argumen yang kuat), maka tidak ada salahnya. -- Adiputra बिचर -- 14 Agustus 2014 02.38 (UTC)
Apakah akan ada pengulangan konsensus lagi? Mempertimbangkan bahwa UUD '45 saja bisa mengalami perubahan (cuma analogi, sih ), berarti bukanlah hal yang mustahil bila hal serupa juga terjadi pada kebijakan di Wikipedia. -- Adiputra बिचर -- 17 Agustus 2014 13.52 (UTC)

Berita

Lain-lain

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H

Kepada para Wikipediawan/wati Wikipedia bahasa Indonesia, saya mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H/2014 M". Semoga pada perayaan Idul Fitri kali ini, Wikipedia bahasa Indonesia menjadi lebih bagus dari sebelumnya dan juga para Wikipediawan/wati Wikipedia bahasa Indonesia menjadi lebih baik dari sebelumnya. Minal 'Aidin wal-Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Salam. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 27 Juli 2014 14.23 (UTC)

Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan diterima. Salam ibensis (What’s the Story?) 31 Juli 2014 16.01 (UTC)

Lirik lagu anak-anak

Kutipan lirik lagu berikut, “…singa tua singa yang malang, terseok-seok mencari mangsa…,” berasal dari lagu apa ya? Siapa pengarangnya? Saya sekarang berumur 30 tahun dan seingat saya lirik itu saya dengar saat masih SD, berarti itu lagu anak-anak era 90-an. Terima kasih atas jawabannya, selamat lebaran dan maaf lahir batin juga. – komentar tanpa tanda tangan oleh 36.73.114.67 (bk) .

Tanya,

Bagaimana cara menjadi penulis yang baik dan apa yang diperlukan untuk menulis sebuah cerita, tankas~ Untung Suparman (bicara) 9 Agustus 2014 08.24 (UTC)

Dapat Anda baca pada halaman panduan menulis artikel yang baik, dan di sana sudah tersedia banyak tautan ke berbagai halaman bantuan dan panduan. -- Adiputra बिचर -- 11 Agustus 2014 04.09 (UTC)

Merdeka!

Keren dan bagus, logo idwiki. Sy mengucapkan, Merdeka, meskipun telat. Maju terus Wikipedia, dlm mencerdaskan bangsa. -- 193.200.150.137 18 Agustus 2014 02.54 (UTC)

Jumlah pulau

Mengapa jumlah pulau di artikel Indonesia#Geografi dan Geografi Indonesia berbeda? Mohon penjelasannya, terima kasih. DimasIgnatius (bicara) 20 Agustus 2014 12.36 (UTC)

Sebenarnya sampai sekarang masih belum ada kesepakatan (bahkan di antara lembaga-lembaga negara dan militer sekalipun) tentang berapa banyak pulau yang dimiliki Indonesia. Silakan baca artikel dari Dewan Ketahanan Nasional ini untuk mengetahui berbagai versi "jumlah pulau Indonesia" yang pernah diterbitkan lembaga-lembaga negara dan militer di Indonesia. Demikian, semoga membantu. 36.81.12.223 22 Agustus 2014 07.00 (UTC)

Mohon bantuan

Tolong kembalikan isi halaman ini: pasukan nasi bungkus seperti semula. Gara-gara dipindahkan oleh seorang panasbung, paragraf pembukanya jadi hilang. I love Jilboobs (bicara) 22 Agustus 2014 13.22 (UTC)

Update:Paragraf pemukanya udah gue benerin sendiri, jadi gak usah dibalikin. Sekarang mending blokir aja nih panasbung yang udah ngacak-ngacak artikel itu, nih orangnya: Pengguna:Yogdri. Blokir aja selamanya, kalo perlu blokir sampe akherat. Sekalian ye tolong hapuisn tuh halaman yang udah dia buat nih yang ini nih: Pembicaraan:Pasukan Nasi Sayur Lodeh (by Jokowers). I love Jilboobs (bicara) 22 Agustus 2014 14.02 (UTC)
Wuih, kagak nyangka ada juga yang bikin artikel tentang panasbung. Awalnya sih saya berencana buat artikel ini. Ternyata udah ada orang yang buat toh. Terima kasih ya --Erik Fastman (bicara) 23 Agustus 2014 05.35 (UTC)
Siap bang. Kalo gitu mending abang buat arikel Jilboobs aja, soalnya fenomena jilboobs udah layak diabadikan di wikipedia. Abang buat aja, nanti gue bantuin. Oke bang. Salam jilboobs. I love Jilboobs (bicara) 23 Agustus 2014 14.23 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/group/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/group/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.