Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Daftar isi

Kebijakan

Permintaan pendapat memasukan Wikipedia:Spam menjadi Pedoman

Saya meminta pendapat, dikarenakan Wikipedia:Spam belum menjadi Pedoman ataupun kebijakan dan bisa ditambahkan ke dalam templat {{Kebijakan dan pedoman Wikipedia}} dan pada akhirnya orang sering melanggar dan beriklan di Wikipedia, sebelumnya sudah dianggap sebagai alasan untuk memblokir pengguna yang beriklan di Wikipedia bila berkali kali melakukan Spamming atau beriklan di wikipedia (per Wikipedia:Warung_Kopi_(Kebijakan)/Arsip/Desember_2014#Kebijakan_blokir), tolong berikan pendapat apakah pengguna WBI setuju atau tidak.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 17 Januari 2015 20.14 (UTC)

¡¡¡Setuju!!! Setuju sekalee - Ini demi menjaga kualitas WBI juga. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 17 Januari 2015 20.38 (UTC)
Setuju Setuju Sependapat! -- Bonaditya (bicara) 18.21, 18 Januari 2015 (WIB)
Setuju Setuju Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 18 Januari 2015 13.54 (UTC)
Centang hijau Sepakat. Namun, perlu permohonan pendapat lanjutan untuk menentapkan menjadi pedoman. Albertus Aditya (bicara) 18 Januari 2015 13.55 (UTC)

Sebentar sebelum divote, ada baiknya ditambahkan dulu aturan "Pengguna bisa diblokir jika melakukan lebih dari 2 kali spam dalam 24 jam atau 4 kali spam dalam seminggu (manapun yang tercapai lebih dahulu)." Supaya ada alasan untuk memblokir pelaku spam. Jika tidak, maka percuma dibuat jadi kebijakan, karena yang sekarang konsekuensinya hanya artikel diberi tag spam. Hariadhi - Ngobrol 21 Januari 2015 02.22 (UTC)

Sudah saya tambahkan bagian "pemblokiran" di halaman tersebut, silakan dilihat dan dikoreksi jika ada yang kurang tepat. -- Bonaditya (bicara) 09.27, 21 Januari 2015 (WIB)
Silakan voting di sini agar terdokumentasi hasil pemungutan suaranya Wikipedia:Spam/Voting. – komentar tanpa tanda tangan oleh Hariadhi (bk) .
Hasil dari pemungutan suaranya adalah sebagian besar pengguna yang berpartisipasi menyetujui Wikipedia:Spam menjadi pedoman di WBI.
Catatan:Karena saya tidak dapat menyunting {{Daftar diskusi}}, dimohon kepada pengurus untuk menghapus pranala Wikipedia:Spam/Voting di templat tersebut. Terima kasih. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 31 Januari 2015 17.03 (UTC)
Selesai Selesai-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 31 Januari 2015 17.13 (UTC)
@Aldnonymous Sekalian tolong tambahkan templat warn {{spam}} disamping templat {{vandal}} pada MediaWiki:Edittools biar gampang ngasi peringatan ke halaman pembicaraan pengguna yang kedapatan spamming. Trims.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  00.30, 1 Februari 2015 (WIB)
@Iwan NovirionSelesai Selesai Special:diff/8425725.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 1 Februari 2015 23.53 (UTC)
Woops kelebihan }}, sudah diperbaiki oleh Bonaditya, salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 00.07 (UTC)

Voting ulang?

Karena adanya usul perubahan berupa syarat dan kriteria blokir terhadap pelaku spamming, bisakah kita buka ulang votenya untuk bagian tersebut saja? Terima kasih Hariadhi - Ngobrol 3 Februari 2015 18.54 (UTC)

Pemilihan pengurus

Saya rasa regulasi pemilihan pengurus perlu dievaluasi. Seperti dalam penutupan sebuah halaman pemungutan suara, apakah tidak ada kriteria mengenai penutupan tersebut? Juga apakah ada aturan yang membolehkan membukanya kembali? Lalu, ketika seorang pengguna sudah memberikan suara, apalagi sudah terhitung, bolehkah ia mengganti suaranya? Anbu (bicara) 22 Januari 2015 00.05 (UTC)

Aturan pemilihan pengurus dapat dilihat pada halaman ini. Di situ tertera mengenai penutupan halaman sebagai berikut:
* Pemungutan suara akan dimulai pada waktu yang bersamaan, dan akan ditutup bersamaan. Calon yang sudah memperoleh 60 suara masuk dapat ditutup lebih awal dari yang lain.
*Penutupan dilakukan oleh pengurus, dan pengangkatan oleh birokrat akan dilakukan segera setelah mencapai konsesus.
Setelah pemungutan suara ditutup, biasanya halaman pemilihan tersebut langsung dilindungi oleh pengurus dari penyuntingan lebih lanjut, sehingga tidak ada perubahan lagi pada hasil.
Selama masa pemungutan suara masih berlangsung dan belum ditutup, maka seorang pengguna dapat mengubah suaranya. Penghitungan yang tertera pada masa tersebut hanyalah bersifat sementara, jadi sewaktu-waktu dapat diperbarui, termasuk jika ada pengguna yang mengubah suaranya.
Semoga menjadi jelas. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.00 (UTC)

Di sana hanya tertera ditutup berdasarkan waktu dan jumlah suara, tidak menjelaskan hal spesifik lainnya di luar prosedur pemilihan pengurus. Dan juga tidak menjelaskan aturan yang dapat membuka kembali halaman yang sudah ditutup. Kemudian juga tidak ada penjelasan tentang sistem mengganti suara seperti yang Anda katakan. Jangan samakan bersuara untuk usulan sebuah artikel dengan pemilihan pengurus, karena jelas berbeda perlakuannya. Anbu (bicara) 23 Januari 2015 00.41 (UTC)

@Anbu sepertinya anda yang tidak mengerti apa-apa, pemilihan adalah fait accompli dan tidak bisa ditarik, dirubah isinya, status yang sudah diberikan hanya bisa dicabut per Wikipedia:Kebijakan mengenai kepengurusan, tidak hanya itu tolong bedakan !vote dengan vote Anbu, kalau mau protes bagus ngomong aja ama pendiri Wikipedia w:en:User:Jimbo Wales buka halaman pembicaraannya dan protes.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 01.18 (UTC)

Mengapa Anda jadi sewot? Saya kan hanya bertanya, bukan protes. Anda salah paham, sepertinya Anda tidak terbiasa berpikir kritis. Kalau tidak boleh mengemukakan aspirasi, ya sudah, saya cukup menerimanya sebagai pelajaran ke depannya. Anbu (bicara) 23 Januari 2015 01.25 (UTC)

Sama, saya juga mengemukakan aspirasi lol. Ah juga jangan lupa gunakan ":" untuk indentasi komentar anda.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 01.32 (UTC)

Saya sengaja supaya tulisannya tidak selalu menyempit ke kanan, tidak enak dipandang, yang penting tulisan sebelumnya sudah begitu. Mohon gunakan bahasa yang sederhana kepada saya, dan juga sesuai tata bahasa Indonesia yang baik. Jujur, saya malah bingung bahasa dicampur begitu. Anbu (bicara) 23 Januari 2015 01.44 (UTC)

@Anbu "Selalu gunakan format yang disarankan (indentasi) untuk memudahkan pengguna lain membaca pesan anda dan membedakannya dari pesan yang lain" (lihat Wikipedia:Halaman_pembicaraan#Aturan dasar penggunaan halaman diskusi), orang yang melanggar peraturan kok menanyakan mengenai peraturan?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.06 (UTC)

Ada kata disarankan kan? Coba Anda bayangkan jika percakapan kita ini panjang dan selalu menggunakan ":" hingga berlipat-lipat, mungkin hanya satu kata yang muat, kecuali Anda buka paragraf baru, tapi kalau begitu apa bedanya dengan yang saya lakukan sekarang? Saya sudah bilang bahwa "tidak selalu" menggunakannya, tergantung tulisan di atasnya. Kalau yang di atas tidak menggunakannya, maka saya yang menggunakannya. Kalau Anda menganggap itu sebagai pelanggaran aturan, silakan saja, kalau saya menganggap itu bukan aturan, hanya saran penulisan. Anbu (bicara) 23 Januari 2015 03.57 (UTC)

Itu bagian dari halaman pedoman dan kebijakan kunci loh (perhatikan bagian paling atas dari halaman itu dan bagian templat bawah), tapi terserah anda, ini sudah gak on topic pembicaraanya, saya mengundurkan diri dari pembicaraan ini, salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 04.06 (UTC)
Halo-halo! @Aldnonymous @Anbu Ini arah diskusinya ke mana dan apa yang dibicaran? Hadeeeh! Sebaiknya dilanjutkan di halaman pembicaraan masing-masing saja menurut saya. -- Wagino 20100516 (bicara) 23 Januari 2015 04.11 (UTC)

Haha, mau ikutan main mas Wagino 20100516? Bukan saya yang mulai mas, dan sebenarnya yang saya harapkan itu jawaban atas pertanyaan saya, bukan malah membahas kesalahan saya. Apakah orang yang bersalah atas aturan yang dibuat manusia tidak boleh mengemukakan aspirasi tentang aturan yang dibuat manusia itu sendiri? Toh aturan manusia itu tidak mutlak, hanya aturan dan ketentuan Tuhan yang tidak bisa dibantah. Anbu (bicara) 23 Januari 2015 04.58 (UTC)

Terhadap pernyataan Pengguna:Anbu tanggal 23 Januari 2015 00.41 (UTC) di atas:

tidak menjelaskan aturan yang dapat membuka kembali halaman yang sudah ditutup. Kemudian juga tidak ada penjelasan tentang sistem mengganti suara seperti yang Anda katakan. Jangan samakan bersuara untuk usulan sebuah artikel dengan pemilihan pengurus, karena jelas berbeda perlakuannya.

dapat saya berikan respons sebagai berikut:

  • Halaman pemilihan yang sudah ditutup, jelas tidak dapat dibuka kembali, karena hasil pemilihan tidak boleh diubah-ubah setelah pemilihan selesai. Jadi bila pemilihan umum berakhir, maka akan terkunci dan sudah menjadi arsip seterusnya. Hal ini sudah dilakukan bertahun-tahun, sehinggga tidak ada kerancuan pemahaman.
  • Selama pemilihan berlangsung, siapapun boleh "menyunting" halaman pemilihan, tetapi tentunya diawasi agar penyuntingan itu terbatas pada pemberian suara "setuju" atau "tidak setuju" oleh masing-masing pengguna. Hal ini dapat dipantau dengan melihat "Versi terdahulu". Selama itu seorang pengguna berhak menyunting baris terakhir di bawah pemilih sebelumnya, untuk memberi suara. Jikalau dalam beberapa waktu kemudian (saat pemilihan masih dibuka) pengguna tersebut ingin berganti pikiran, boleh saja, yaitu dengan menyunting barisnya sendiri. Ini dapat dilakukan berulang-ulang, sampai batas waktu pemilihan berakhir (pukul 23:59 UTC pada tanggal yang ditentukan), kemudian pengurus akan mengunci halaman dari penyuntingan pengguna biasa, melakukan penghitungan, dan kemudian menutup halaman itu dari penyuntingan apapun untuk seterusnya. Saya rasa ini sudah menjadi hal yang rutin pada Wikipedia Bahasa Indonesia.

Semoga dapat membuat lebih mudah dipahami. Salam. JohnThorne (Bicara) 23 Januari 2015 05.58 (UTC)

Terima kasih atas tanggapannya, bung JohnThorne.
  • Maksud saya penutupan halaman pemungutan suara sebelum proses pemilihan pengurus selesai. Silakan cermati contoh kasus dari pemilihan pengurus yang barusan dilaksanakan.
  • Berarti belum ada konsensus mengenai hal ini bukan? Saya rasa melakukan hal itu perlu ditanya konsekuensinya. Saya usul sebelum suaranya dihitung pengguna boleh menggantinya, namun jika suaranya sudah dihitung ia tidak boleh menggantinya lagi. Ini hanya usulan, tidak ada unsur protes. Saya hanya merasa aneh, dalam memilih orang kok bisa suara digonta-ganti?
Saya merasa suasana menjadi tabu jika ada usulan perubahan terhadap aturan atau keadaan yang rutin/lumrah terjadi di Wikipedia bahasa Indonesia ini. Bukan kebiasaan yang harus dibenarkan, tapi kebenaran yang harus dibiasakan. Anbu (bicara) 23 Januari 2015 17.43 (UTC)
Sedikit komentar mengenai pernyataan Anda:
  • Mengenai penutupan halaman pemungutan suara, sudah tertera jelas waktunya. Jikalau ada pengguna yang memberikan suara melewati batas waktu, maka suaranya tidak dihitung dan hal ini dapat terlihat dari waktu yang tertulis saat pengguna tersebut membubuhkan tandatangannya. Pada halaman ini dan ini, suara seorang pengguna dicoret karena diberikan setelah pemilihan ditutup, dan dapat dibuktikan dari waktu pemberian suara.
  • Aturan penyuntingan di Wikipedia menjunjung asas transparansi, sehingga seorang penyunting berhak mengganti suntingannya sendiri sewaktu-waktu dan dapat dilacak dengan jelas apa dan kapan perubahan dilakukan. Hal ini juga diterapkan pada proses pemilihan pengurus, di mana sebelum ditutup, pengguna dapat mempelajari lagi pilihannya. Namun, ketika pemilihan ditutup, apa yang telah tertulis, selamanya tidak boleh lagi diganti. Sekali lagi yang boleh diganti-ganti hanya suara sendiri, bukan suara orang lain. Pengurus hanya berhak mencoret suara jika pengguna tidak memenuhi syarat untuk memilih, yang juga sudah tertera jelas dalam aturannya.
  • Mungkin ada kebingungan mengenai "perhitungan suara". Perlu dijelaskan bahwa perhitungan suara selama pemilihan belum ditutup hanyalah hasil sementara yang dapat berubah sewaktu-waktu. Yang dijadikan patokan persetujuan terpilih tidaknya hanyalah hasil akhir, yaitu setelah pemilihan ditutup dan tidak ada perubahan lagi.
Salam. JohnThorne (Bicara) 23 Januari 2015 18.51 (UTC)

Maksud saya bukan begitu bung, supaya tidak berputar-putar, langsung saja saya beritahu contoh kasusnya. Seperti bung Relly, halaman pemungutan suaranya pernah ditutup sebelum syarat penutupan terpenuhi dengan alasan "canvassing", padahal yang tertera di pedoman penutupan hanya dilakukan jika pemungutan suara telah dilakukan 2 minggu, atau mencapai 60 suara. Dan kemudian halaman pemungutan suaranya dibuka kembali dengan alasan sudah meminta maaf, padahal tidak ada pedoman mengenai pembukaan halaman yang sudah ditutup. Mohon bagian ini jangan dijawab dengan alasan lumrah/rutin terjadi, atau dengan pendapat pribadi, saya mengharapkan benar-benar ada kebijakan mengenai ini. Lalu mengenai usulan saya, tidak diterima juga tidak apa-apa. Saya hanya merasa dalam memberikan suara pada halaman pemungutan suara itu seharusnya berbeda dari menyunting di artikel. Anbu (bicara) 24 Januari 2015 00.18 (UTC)

Saya sudah mengajak semua pengguna untuk berdiskusi di tempat ini karena ada indikasi bahwa telah terjadi pro dan kontra terhadap penutupan tersebut sebab setelah ditutup pun masih ada yang tetap memberikan suaranya. Namun mungkin karena terbatasnya waktu dan tidak semua pengguna selalu aktif, maka hanya sedikit sekali yang ikut berdiskusi pada saat itu dan saya langsung memberikan pelindungan penuh terhadap halaman pemilihan. Hal ini untuk mencegah agar pemilihan kali ini tidak bertambah kacau karena halaman sudah terlanjur ditutup namun masih tetap saja ada pengguna yang memberikan suaranya.
Dalam hal ini menurut saya @Anbu sudah benar dengan mengangkat kasus tersebut di Warung Kopi sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat ini. -- Wagino 20100516 (bicara) 26 Januari 2015 02.17 (UTC)
Di Wikipedia bisa ditarik konsensus untuk hal-hal yang belum masuk ke aturan. Pembukaan kembali itu juga atas pembicaraan beberapa orang dan disepakati (waktu itu tak ada protes langsung saat halamannya dibuka kembali). Silakan jika peraturan mengenai penutupan dan pembukaan kembali tersebut ingin ditambahkan ke dalam kebijakan agar menjadi kebijakan resmi. Tentunya ini sangat jauh berbeda dengan penutupan voting atas dasar waktu dan jumlah suara. Kejadian ini juga muncul tanpa dugaan karena belum pernah terjadi sebelumnya ada calon pengurus meminta suara setuju kepada banyak halaman pembicaraan pengguna. Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 12.17 (UTC)
Saya setuju dengan pendapat Wagino 20100516, selain itu untuk calon pengurus meminta suara setuju sebaiknya juga di buat aturannya, jangan meminta suara setuju, sebaiknya meminta untuk turut berpartisipasi dalam pemilu. Imanuel NS Uen (Pesan di sini) 26 Januari 2015 12.41 (UTC)

Awalnya saya menganggap hal yang wajar untuk melakukan penutupan, tapi setelah dibuka kembali, saya ambil sudut berimbang untuk didiskusikan kebijakannya. Ngomong-ngomong, mengapa pembicaraan untuk pembukaan halaman tersebut tidak dilakukan di halaman pembicaraannya, bung Hariadhi? Anbu (bicara) 26 Januari 2015 23.40 (UTC)

Tidak masalah, malah lebih bagus di warung kopi supaya dibaca semua orang. Kalau mau peraturan baru mengenai pelanggaran di tengah masa pemilihan, ajukan saja point2 yang mau ditambahkan. Hariadhi - Ngobrol 27 Januari 2015 03.06 (UTC)

Saya malah tidak tahu ada diskusinya di warung kopi, haha.. Baiklah, saya mengajukan beberapa perkara untuk dibuat kebijakan, diantaranya:

  1. Selain faktor waktu dan jumlah suara, saya mengusulkan penambahan faktor untuk penutupan/pembatalan halaman pemungutan suara, yaitu jika calon yang bersangkutan terkena sanksi pemblokiran saat proses pemungutan suara berlangsung. Untuk hal yang lebih spesifik seperti kampanye dan lain-lain, saya kira itu tergantung pada kebijakan pemblokiran, jadi aturan pemblokiran yang perlu dikaji lebih dalam untuk hal ini. Tentang pembukaan kembali halaman tersebut, saya mengusulkan hal ini tidak akan dilakukan lagi, sehingga tidak terjadi status plin-plan pada halaman tersebut.
  2. Saya mengusulkan bakal calon yang dapat dicalonkan menjadi pengurus adalah dari editor, ini penting menurut saya, karena perlu tahapan yang harus dilewati. Itu sebabnya penerimaan editor harus diawasi lebih ketat, supaya dalam pencalonan pengurus tidak repot lagi memeriksa kandidat yang berasal dari editor, tinggal serahkan hasilnya kepada proses pemungutan suara. Saya juga mengusulkan dalam penerimaan seorang editor setidaknya ada 2 pengurus yang setuju dan tentunya jumlah tidak setuju tidak lebih/sama dengan jumlah yang setuju, sehingga dapat menghindari "kepentingan" dalam proses penerimaan tersebut.
  3. Dan yang terakhir, saya mengusulkan agar pengguna yang memberikan suaranya kemudian sudah terhitung, maka pengguna tersebut tidak dapat mengganti suaranya lagi. Namun jika belum terhitung, maka pengguna tersebut diperbolehkan untuk mengganti suaranya sebelum terjadi penghitungan. Usulan ini didasari pada konsekuensi yang dilakukan, karena proses pemungutan suara ini untuk orang, bukan artikel.

Itulah beberapa usulan saya, jika ada kekurangan, mohon ditambahi. Jika ditolak, tidak apa-apa. Salam. Anbu (bicara) 27 Januari 2015 17.42 (UTC)

@bonaditya apakah setuju dengan usul seperti ini? (mengingat beliau yang waktu itu menghentikan pemilihan di tengah jalan)
IMHO Pendapat pribadi saya:
  1. Kalau usulnya seperti itu, mungkin perlu dibuat lebih jelas peraturannya: "Calon pengurus yang melakukan pelanggaran yang menyebabkan terjadinya aksi pemblokiran selama masa pemilihan, secara otomatis gugur dan halaman pemilihannya ditutup secara permanen" <- konsekuensinya di masa depan, ini beresiko akan membuat posisi pengurus terlalu kuat karena bisa mengeliminasi calon pengurus dengan mencari-cari kesalahan calon pengurus. Sisi positifnya, calon pengurus akan lebih berhati-hati bersikap selama masa pemilihan.
  2. Haruskah? Karena editor bukanlah jenjang karier di Wikipedia. Ia hanya sekumpulan hak tambahan. Juga pengurus sebenarnya hanyalah pengguna biasa dengan hak tambahan. Usul ini akan membuat kita harus merombak peraturan mengenai editor, bukan hanya pengurus. Jika problemnya hanya masalah seleksi yang perlu lebih ketat, maka cukup memperberat persyaratan menjadi pengurus (misalnya editcount harus lebih banyak daripada sekarang yang membuat pengguna dengan jumlah edit ratusan bisa lolos).
  3. Secara pribadi saya tidak setuju. Tidak ada keuntungan apapun dengan tambahan peraturan ini. Selama proses voting masih banyak hal terjadi yang bisa membuat orang berubah pikiran (misalnya calon pengurus memberi komentar tak sopan, arogan, dsb). Tapi kita tunggu saja komentar yang lain Hariadhi - Ngobrol 27 Januari 2015 23.05 (UTC)

Saya akan mengomentari yang perkara 1 saja. Saya ingin bertanya, apakah aturan untuk bisa melakukan pemblokiran itu tidak jelas? Saya rasa tidak dapat dianggap mencari kesalahan, karena seharusnya aturan pemblokiran sudah jelas. Jika tidak jelas, berarti selama ini pemblokiran dilakukan sewenang-wenangnya? Anbu (bicara) 28 Januari 2015 00.06 (UTC)

Hmm, saya akan menjawab:
  1. Saya sependapat dengan bung Hariadhi mengenai calon pengurus yang melakukan pelanggaran (mis: canvassing) akan diblokir untuk sementara dan halaman pemilihannya langsung ditutup, dengan catatan: calon tersebut sudah diingatkan dan masih tetap melakukan pelanggaran.
  2. Saya kurang sependapat dengan bung Anbu mengenai pengurus harus sebelumnya memegang status editor. Seolah-olah pengguna harus berjuang terlebih dahulu untuk menjadi editor dan ini terkesan menjadi ajang kompetisi. Pengguna yang sudah lulus syarat-syarat pencalonan pengurus dapat langsung mencalonkan diri atau dicalonkan, nanti dalam prosesnya dapat dilihat kontribusi calon tersebut sebelumnya dan pengguna lain dapat memutuskan calon tersebut layak atau tidak menjadi pengurus.
  3. Terkadang penilaian pengguna terhadap calon bisa saja salah, maka pengguna berhak mengganti suaranya selama masih dalam masa pemungutan suara. Jika sudah selesai, maka tidak ada lagi penambahan atau pengubahan suara.
Tambahan: Untuk bung Anbu, blokir itu sifatnya preventif (mencegah) bukan punitif (menghukum). Blokir dilakukan jika ada pengguna yang terus menerus melakukan hal yang tidak sesuai konsensus, dengan tujuan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan semakin meluas sekaligus memberikan kesempatan pengguna yang terlibat untuk introspeksi diri. Buat saya, itu juga kembali kepada pengurus untuk memberikan rentang waktu berapa lama blokir dilakukan, tergantung dari catatan kontribusi yang sudah dilakukan pengguna sebelumnya. -- Bonaditya (bicara) 08.45, 28 Januari 2015 (WIB)

Saya rasa pemblokiran bukan pencegahan, melainkan hukuman. Mungkin masing-masing dari kita berbeda dalam memaknai hukuman, dan saya tidak menyinggung lama pemblokiran dilakukan. Pencegahan itu lebih tepatnya adalah teguran kepada yang bersangkutan. Mengenai calon pengurus yang sebelumnya harus berstatus editor, yang perlu saya tegaskan adalah agar semua proses berjalan sesuai mekanisme, bukan untuk ajang kompetisi dan pendapat pribadi. Tentunya jika punya niat baik untuk berkontribusi lebih, tidak menganggap hal itu sebagai "kerja keras" untuk mendapatkannya. Saya mengusulkan perkara 1 dan 2 dibuat voting, bagaimana? Anbu (bicara) 28 Januari 2015 17.23 (UTC)

@Anbu - Blokir memiliki tujuan untuk mencegah pengerusakan proyek dan tidak memiliki maksud untuk menghukum pengguna (kebijakan pemblokiran di en.wikipedia, saran untuk bisa ditambahkan di Wikipedia:Kebijakan pemblokiran), jika hanya sekadar peringatan maka bisa saja tidak diindahkan oleh yang bersangkutan. Mengenai pengurus yang sebelumnya harus memiliki status editor, bisa ditunjukkan kepada saya di mana mekanismenya? Sejauh ini masih belum ada aturan yang mewajibkan hal tersebut. Jika demikian, maka Anda diperbolehkan untuk melakukan voting akan hal tersebut. Salam! -- Bonaditya (bicara) 08.05, 30 Januari 2015 (WIB)
Anbu khusus argumentasi mengenai calon pengurus harus editor, selama ini pun pemilihan pengurus sudah sesuai mekanisme. Yang sering menjadi masalah adalah sikap orang per orang yang tak legowo saat tidak terpilih lalu mengacau. Tak ada hubungannya statusnya editor atau tidak. Saran saya tetap "naikkan saja kriteria kontribusinya agar lebih berat" jika memang ingin serius menghalangi pengguna yang terlalu "muda" jadi pengurus.. Hariadhi - Ngobrol 3 Februari 2015 19.44 (UTC)

Baiklah karena usulan saya tidak ada yang disetujui, maka diskusi ini ditutup. Terima kasih atas perhatiannya, wassalam. Anbu (bicara) 11 Februari 2015 09.19 (UTC)

Permohonan pendapat tentang penambahan hak akses baru: Flooder

Dengan semakin bertambahnya pengguna AWB di proyek ini maka sering terjadi suntingan seperti bot yang terlihat di perubahan terbaru.

Sehubungan dengan hal tersebut saya ingin berdiskusi mengenai kemungkinan ditambahkannya hak akses baru, yaitu flooder.

Jika memang hal tersebut memungkinkan maka selanjutnya akan kita bahas mekanismenya, yaitu siapa saja yang berhak mendapatkan hak tersebut, syarat-syaratnya dan oleh siapa.

Saran dan komentar dari teman-teman saya tunggu. Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 03.24 (UTC)

Setuju Setuju Terus terang saya bingung mau bikin bot untuk AWB tapi ini semi automated dan kegunaanya luas nan luwes (broad) dan masuk semi-automated dibandingkan dengan fully automated, saya juga melihat @JohnThorne juga pake AWB, kami berdua melakukan pemeliharaan masal dengan AWB, terus terang lebih baik dibuat saja flag flooder seperti di Wikidata (kebetulan @Wagino 20100516 juga pengurus Wikidata), jadi bisa di set aktif dan non aktif flag tersebut. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 03.31 (UTC)
Addendum : Flooder disini haruslah flag/bit sementara dan bukan permanen, dan disaat bit flooder diberikan pengguna itu haruslah melakukan suntingan yang tidak melanggar kebijakan bot (suntingan bukanlah vandal dan spam dikarenakan tidak akan muncul di Perubahan Terbaru). Disaat pengguna tersebut sudah selesai melakukan semi-bot edit dia dapat meminta pengurus yang aktif untuk melepas bit flooder dia. Saya juga menyertakan opsi, kalau flooder gagal lebih baik buat akun lain untuk bot.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 03.36 (UTC)
Seingat saya dulu pada saat melakukan penambahan hak akses pengembali revisi harus diajukan ke bugzilla terlebih dahulu. Kemudian untuk perkakas ini jika merujuk Wikidata maka pengurus dapat menambahkan/mengurangi sendiri hak akses tersebut sementara untuk pengguna lain harus melalui ijin dari birokrat (dan sepertinya jarang sekali yang meminta). Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 03.53 (UTC)
Ya, saya ingat Wikidata:Wikidata:Flooders per : Administrators can add the flag to their own account, harusnya Ada. sekarang bukan ke bugzilla @Wagino 20100516, tapi ke phab:.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 04.00 (UTC)

Dalam hal tersebut diatas kebijakan itu setahu saya hanya berlaku di tempat itu (Wikidata), sedangkan di WPID sepertinya belum ada. (maaf, pranala hanya untuk pengurus) Jika memang memungkinkan bagaimana jika kebijakannya langsung kita susun dan dibuat voting komunitas? Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 05.07 (UTC)

Per !vote setuju saya di atas saya boleh-boleh saja, menunggu komentar pengguna lain. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 05.09 (UTC)
Saya lebih cenderung buat akun khusus utk AWB dan di beri flag bot (jika ini soal banjir RC akibat AWB). Pertimbangannya, akun dgn flag bot akan tercatat di Statistik Meta jika digunakan utk membuat artikel baru, mengingat AWB punya kemampuan utk itu (case min.wp). Jadi akan "fair" bila ada artikel baru lewat AWB, yg otomatis tercatat di statistik karena menggunakan flag bot. Selain itu, dgn akun khusus ber-flag bot, tidak perlu diperlakukan seperti halnya flag flooder yang diterangkan diatas, harus merujuk ke mana-mana dulu (wikidata, bugzilla, phabricator). Demikian dari saya. Salam  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  13.11, 2 Februari 2015 (WIB)
Boleh juga, tapi flooder bisa temporary, bot tidak ada istilah "temporary" ini saja yang saya inginkan. Kalau masalah harus buat akun baru untuk bot, saya juga tidak masalah, semua boleh, karena masih ada 20 ribu lebih halaman artikel yang harus diperbaiki.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 06.25 (UTC)
Kelemahan akses temporary, yang bisa memberikan dan menghentikan akses tersebut belum tentu ada setiap waktu. Dan bila awb digunakan utk membuat artikel baru, dgn flag flooder tidak akan tercantum di statistik meta.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  13.29, 2 Februari 2015 (WIB)
Flooder sebenarnya justru kegunaan utamanya untuk membuat content, misal item create flood spam di Wikidata. Tapi itu spesifik bicara hanya untuk Wikidata, dan tidak bisa disamakan dengan artikel, saya cenderung setuju dengan kedua ide, mau bot boleh mau flooder juga boleh .-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 06.44 (UTC)
Sebenarnya sudah dibatasi dengan cara permohonan ijin untuk penggunaan AWB, khususnya untuk Wikipedia bahasa Inggris, yaitu dilihat jumlah suntingan dsb, mirip dengan penentuan Editor. Dengan demikian pengguna AWB adalah yang sudah mempunyai cukup pengalaman, dan membuat batasan perubahan sendiri, sehingga bila terjadi kesalahan, pengguna tersebut dapat memperbaiki dengan cepat. JohnThorne (Bicara) 2 Februari 2015 07.22 (UTC)
@Iwan Novirion Yang jadi masalah tidak semua pengguna/pengurus faham untuk menjalankan bot. Disamping itu biasanya bot punya pekerjaan yang sangat spesifik sementara untuk flooder bisa dilakukan akun tersebut asalkan tidak membuat suatu suntingan yang kontroversial. Kemudian untuk pemberian/penghapusan status tersebut saya kira bisa saja kita berikan kepada pengurus jika komunitas setuju.
@Aldnonymous Biasanya untuk meminta status bot harus dijalankan terlebih dahulu agar birokrat dapat menilai kinerja robot tersebut. Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 07.31 (UTC)
Owalah, kebiasaan di en.wp, saya pikir musti nunggu ijin testing dulu :p -AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 07.33 (UTC)
Rasanya untuk kedua flag tersebut, baik flooder maupun bot, haruslah diberikan pada pengguna yang benar2 faham tujuannya setelah tentunya diberikan waktu untuk uji coba. Kekurangannya untuk flag flooder, jika pengguna biasa yang miminta hak temporary, tentunya harus ada pengurus yg stand-by memberikan akses pada saat itu dan siap menanti pekerjaan temporary selesai untuk mencabut akses (bisa lama sekali ini). Lain halnya jika pengurus sendiri yg ingin mengaktifkan AWB, dia dapat memberikan aksesnya sendiri dan mencabutnya setelah selesai. Jadi lebih kepada ada gap antara pengurus dan pengguna biasa dlm hal penggunaan AWB, jika flag flooder diterapkan. Dan tentunya kembali jika digunakan sebagai pembuat artikel, AWB sudah seharusnya diberi flag bot, merujuk pada kasus min.wp. Atau bisakah dibuat 2 opsi saja? Jika untuk perubahan kosmetik, gunakan flooder. Namun jika digunakan utk membuat artikel baru, mintalah flag bot pada birokrat? Koq kesannya malah ribet ya?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  15.10, 2 Februari 2015 (WIB)
Tambahan, ada kesan tdk fair jika dikaitkan dengan jumlah suntingan pengguna yg menggunakan AWB. Jumlah suntingan akan melambung tinggi padahal dikerjakan oleh mesin/program yang semi-otomatis. Sehingga opsi pembuatan akun khusus untuk itu agar tidak rancu dalam hal jumlah suntingan pengguna, saya rasa lebih fair.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  15.25, 2 Februari 2015 (WIB)
Saya rasa untuk jumlah suntingan tidak masalah meskipun tentunya ada kesan kurang fair karena di Wikidata pun pengguna yang memakai Widar tidak diberikan perkakas flooder sehingga untuk beberapa pengguna jumlah suntingannya sudah lebih dari sejuta. Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 09.15 (UTC)
Oke Mas @Wagino 20100516, gimana baiknya aja. Pada dasarnya saya mendukung upaya ini. Omong-omong, sembari kita bertukar kata, traktor AWB AldnonymousBOT sudah beraksi.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  16.29, 2 Februari 2015 (WIB)
@Iwan Novirion Sepertinya bot Mas Iwan perlu dipanasi lagi, kemudian minta birokrat menyetujuinya. Atau mungkin nama tersebut perlu ada bot-nya, kali? Untuk AldnonymousBOT memang telah disetujui oleh Mas Revi. Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 10.47 (UTC)
@Wagino 20100516Hahaha...siyap Mas, trims atas sarannya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  08.30, 3 Februari 2015 (WIB)

Kembali ke topik diskusi, mana pendapat teman-teman yang lainnya? Wagino 20100516 (bicara) 2 Februari 2015 10.49 (UTC)

Kebijakan kesesuaian artikel

Ada yang bisa menjelaskan mengapa artikel Travel Fotografi dan PC Plus sesuai di Wikipedia Indonesia namun Wirausaha Muda Mandiri dan Indonesia Times tidak? Bukankah artikel tanpa referensi layak yang menjelaskan keberadaan dan informasi subjek terkait (misal tanggal bangun, pemilik, reputasi, peran dalam masyarakat, dan sebagainya) harus dihapus? Atau ini hanya kebijakan spesial di Wikipedia Indonesia saja? Atau Wikipedia Indonesia menggapai perjanjian dengan Gramedia sehingga artikel Travel Fotografi dan PC Plus serta artikel anak-anaknya yang lain diizinkan? Atau karena artikel rintisan boleh ada meski tanpa referensi layak? Atau hanya ditunggu sampai ada yang menjadikannya layak? Tapi apa syarat untuk "menunggu" tersebut, dan mengapa artikel Indonesia Times tidak memenuhi syarat "tunggu dulu" tersebut? Mungkinkah PC Plus di Indonesia memiliki sejaringan dengan tabloid PC Plus di United Kingdom sehingga layak? Tapi Travel Fotografi? Saya belum lama di Wikipedia Indonesia sehingga belum terbiasa, dan sejauh ini memang Wikipedia Melayu memang melakukan hal yang sama. Mungkin ini kebijakan regional? Saya senang sekali jika ada yang memberikan klarifikasi. Bagi saya, ini penting. Saya tidak ingin membuat artikel baru tanpa kejelasan tentang hal ini, khawatir dihapus mendadak karena sesuatu yang tidak saya ketahui sekalipun dengan referensi (karena artikel Wirausaha Muda Mandiri meski dengan referensi, dinyatakan akan dihapus :D ). Ada banyak artikel perusahaan di China Daratan yang ingin saya buat, terutama yang bergerak di bidang teknologi.

btw, sejak kapan China jadi Tiongkok? Lidah saya tidak nyaman, haha. Xiao Hua Lan (bicara) 19 Februari 2015 01.21 (UTC)

Halo! Wikipedia selalu memegang teguh konsensus mengenai kriteria kelayakan artikel untuk setiap topik artikel tanpa terkecuali, namun perlu dimaklumi beberapa penyunting yang paham akan konsensus tidak bisa selalu online di Wikipedia karena memiliki kesibukan masing-masing. Pengguna yang sering melakukan patroli juga tidak bisa online terus menerus, mungkin hal tersebut yang menyebabkan banyaknya artikel yang tidak diperiksa ulang. Saya tegaskan sekali lagi, jika Anda ingin membuat artikel harap perhatikan kriteria kelayakan artikel di Wikipedia. Salam! -- Bonaditya (bicara) 08.31, 19 Februari 2015 (WIB)
Jadi, apakah artikel Travel Fotografi dan PC Plus akan diperiksa dan dihapus? :D Xiao Hua Lan (bicara) 19 Februari 2015 01.50 (UTC)
@Xiao Hua Lan: Saya sarankan berikan tag {{noref}} saja untuk memancing pengguna lain agar menambahkan referensi, jangan memberikan tag {{hapus}}. Dua majalah tersebut notable di masyarakat, namun artikel tersebut membutuhkan referensi lebih banyak lagi. Salam! -- Bonaditya (bicara) 08.56, 19 Februari 2015 (WIB)
Jadi, apakah artikel Travel Fotografi dan PC Plus sesuai dengan kriteria kelayakan artikel? Apakah artikel Travel Fotografi dan PC Plus akan diperiksa dan dihapus? :D -- Xiao Hua Lan (bicara) 19 Februari 2015 01.58 (UTC)
Bolehkah saya membuat artikel tanpa referensi dan dijamin tidak akan dihapus jika diberikan tag noref? saya senang sekali jika boleh demikian :D Xiao Hua Lan (bicara)

Anda tidak fair jika mempertahankan satu artikel tanpa referensi seperti Travel Fotografi dan anak-anaknya Kompas Gramedia tapi menghapus artikel RAHMAD RIZALDY yang juga tanpa referensi, padahal sudah saya kasih tag noref dan anda mengatakan lebih baik gunakan tag noref meski tidak layak. Ini membuat saya sedih jika tidak ada kejelasan tentang kriteria kelayakan artikel seperti ini. :( Xiao Hua Lan (bicara) 19 Februari 2015 02.09 (UTC)

Mungkin ini terakhir kalinya saya aktif di Wikipedia yang tidak jelas kebijakannya ini. Padahal sudah saya siapkan terjemahan lebih dari 100 artikel dari negara saya. Sekian terima kasih. :( -- Xiao Hua Lan (bicara) 19 Februari 2015 02.12 (UTC)
Mohon bantuannya, @Iwan Novirion dan @Aldnonymous. -- Bonaditya (bicara) 09.17, 19 Februari 2015 (WIB)
Sudah saya hapus 2 artikel. Per Tulisan tanpa sumber dapat dipertanyakan dan dihapus sewaktu-waktu oleh Pengurus. Salam.--AldNonBicara? 19 Februari 2015 06.02 (UTC)
Ada apa ini? Oh sudah selesai? Maaf saya terlambat.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 19 Februari 2015 - 14:23 wib.

Omong-omong kepada Xiao Hua Lan, sepertinya Anda belum memahami benar semangat kolaborasi dari Wikipedia. Alih-alih Anda mempertanyakan kelayakan artikel yang sudah jelas notabilitasnya sekelas majalah PC Plus, lantaran hanya karena ketiadaan referensi, mengapa tidak Anda coba berkontribusi dengan menambahkan referensinya agar artikelnya tidak dihapus? Lucunya lagi Anda malah membandingkan artikel tersebut dgn artikel vanitas seperti RAHMAD RIZALDY, ah Anda membuat saya tertawa di hari Imlek ini. Oh iya, selamat Imlek ya. Gong xi fa chai.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 19 Februari 2015 - 14:44 wib.

[Global proposal] m.Wikipedia.org: (semua) Menyunting halaman

MediaWiki mobile

Hi, this message is to let you know that, on domains like id.m.wikipedia.org, unregistered users cannot edit. At the Wikimedia Forum, where global configuration changes are normally discussed, a few dozens users propose to restore normal editing permissions on all mobile sites. Please read and comment!

Thanks and sorry for writing in English, Nemo 1 Maret 2015 22.32 (UTC)


Usulan

Project Google Top Search

Salah satu yang menyebabkan orang mengunjungi wikipedia dalah jika dia melakukan search di Google dan menemukan artikel Wikipedia di peringkat atas. Nah di akhir tahun 2014 ini, Google merilis keyword yang banyak dicari oleh penggunanya, yang saya perhatikan sepertinya ada beberapa yang belum ada artikelnya di Wikipedia Bahasa Indonesia (belum saya cek statistiknya yang tidak ada, hanya mengira-ngira)

Saya jadi berpikir mungkinkah kita membuat proyek untuk melengkapi artikel ini? Hariadhi - Ngobrol 20 Desember 2014 11.02 (UTC)

Sekiranya mempunyai kesempatan, silakan memulai artikel rintisan (dengan pemberian "stub" serta kategori:"artikel Google search yang perlu dikembangkan") untuk hasil search yang belum ada artikelnya di Wikipedia Bahasa Indonesia. Nantinya artikel-artikel ini dapat dijadikan prioritas untuk dikembangkan bersama-sama. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.05 (UTC)

Selamat Sore, saya membicarakan perihal tentang artikel Trans TV. Di TV Lokal bagian Sumatera Barat menggunakan logo Trans TV dari awal kemunculan hingga 15 Desember 2013. Apa bisa begitu? Muhammad Hanafi 6 Januari 2015 11.17 (UTC)

Tur Kampus

Selamat Malam!

Melihat semakin banyaknya yang berkontribusi untuk Wikipedia, terutama dari kalangan Mahasiswa. Saya ingin mengusulkan untuk diadakan tur ke kampus-kampus. Mungkin tidak ke Seluruh Indonesia, namun bisa di mulai dari daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Terima kasih.


Mohammad Fadhel Irawan S. 6 Januari 2015 17.06 (UTC)

Kategorisasi artikel permintaan

Saya mengusulkan untuk mengkategorisasikan daftar permintaan artikel, supaya user dengan minat tertentu bisa memilih dengan cepat mau membuat artikel apa.

Rosavia Gray (bicara) 10 Januari 2015 10.20 (UTC)

Setuju Setuju ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 10 Januari 2015 10.57 (UTC)
Silakan di lihat pada halaman permintaan yang dibagi menurut topik ini. Terima kasih atas usulannya. JohnThorne (Bicara) 23 Januari 2015 21.27 (UTC)

Perubahan struktur halaman dan istilah "Abstain" untuk pemilihan pengurus tahun depan

Lihat pula diskusi-diskusi sebelumnya:
  1. Pembicaraan_Wikipedia:Prosedur_penetapan_kebijakan_dan_pedoman/Versi_2#Abstain_dan_netral (2007)
  2. Pembicaraan_Wikipedia:Prosedur_penetapan_kebijakan_dan_pedoman/Amandemen#Abstain/Netral (2011)
  3. Pembicaraan_Wikipedia:Pengurus/Pemungutan_suara/Ciko_untuk_pencabutan_pengurus_24_Mei_2011#Tentang_suara_abstain (jumlah abstain yang dihitung mempengaruhi hasil)
  4. Pembicaraan_Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan/Amandemen_Juni_2011#Tentang_jumlah_suara_yang_diperlukan_untuk_pengangkatan_pengurus_baru/pencabutan_status_pengurus (sambungan/pemungutan suara dari yang di atas [#2])
  5. Pembicaraan_Wikipedia:Pengurus/Pemungutan_suara/Mimihitam_untuk_birokrat_1_Mei_2012#Catatan (pemilihan pertama dengan penghitungan baru, abstain tidak dihitung dalam syarat 70%)
  6. Pembicaraan_Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan#Suara_setuju,_tidak_setuju,_dan_abstain (2012, tindak lanjut dari #5)

Halo! Saya ingin mengusulkan untuk mengubah struktur halaman pemilihan pengurus menjadi seperti ini. Alasan saya ingin melakukan hal tersebut adalah untuk lebih efisen dan memudahkan calon pengurus untuk memantau halaman pemilihannya. Selain itu saya juga ingin mengusulkan untuk mengubah istilah "Abstain" di dalam pemilihan menjadi "Netral", karena menurut pemahaman saya abstain berarti tidak terlibat sama sekali sementara netral berarti terlibat tetapi tidak mendukung. Salam! -- Bonaditya (bicara) 22.13, 13 Januari 2015 (WIB)

Sebenarnya tidak harus terlalu seperti itu sih, tapi pada bagian mengganti "Abstain" menjadi "Netral" saya setuju. Menurut KBBI Abstain berarti Tidak memberikan suara Sementara Netral adala Tidak memihak, saya pikir lucu, orang datang ke halaman pilihan lalu menaruh templat "abstain" lalu menandatangani dan kadang ikut memberikan pendapat pada calon, bukannya ini berarti pengguna tersebut memberikan "suara"? Jadi lebih tepat kalau WBI balik menggunakan kata "netral" sehingga Vote mereka dapat dihitung. Tidak hanya itu di halaman pemilihan seperti yang disampaikan bona, sebaiknya dibukakan juga bagian/seksi "komentar" sebagai pengganti "abstain" bila hanya ingin memberikan komentar tapi tidak memberikan vote, istilahnya dalam bahasa meta adalah "!vote".-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 13 Januari 2015 16.00 (UTC)
Setuju dengan penyederhanaan. Tapi saya lebih menyetujui vote netral dan abstain ditiadakan saja karena membingungkan penghitungan, karena menghitung ataupun tidak menghitung suara abstain bisa dikategorikan sebagai vote (menyetujui atau menolak). Solusinya bisa seperti yang diberikan aldnonymous bahwa yang tidak ingin vote tidak perlu memaksakan diri memberi vote, tapi fasilitasi saja bagian komentar. Hariadhi - Ngobrol 14 Januari 2015 06.19 (UTC)
Ikut nimbrung. Pertama menyangkut ada/tiadanya abstain/netral, saya berpendapat tetap diadakan karena ia tetap merupakan bagian dari suatu pemilihan yang sah, seperti halnya golput. Data abstain/netral ini bisa dijadikan bahan referensi terkait pemilihan yang berlangsung. Kedua soal istilah. Dalam kebanyakan pemilihan suara, istilah yang sering digunakan adalah abstain dan kenapa harus dirubah dengan netral? Padahal, begitu abstain diberikan oleh pemilih, itu juga adalah bentuk suara yang diberikan hanya saja sifatnya bukan mendukung dan bukan pula menolak (alias netral). Ketiga soal komentar, setuju untuk diadakan, terlebih bagi para pemilih abstain, semata untuk mengetahui dasar dari keputusannya untuk abstain. Trims, sekedar pendapat. Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 14 Januari 2015 07.30 (UTC)
Abstain berarti tidak memberikan suara, kalau berbicara masalah abstain semua pengguna yang tidak melakukan voting adalah abstain tandanya 600 ribu pengguna WBI yang terdaftar adalah abstain atau golput. Pemilihan di Wikimedia berbeda dengan pemilihan di dunia nyata, contohnya anda tidak boleh kampanye/canvassing, anda tidak boleh soliticing dan memberikan suara bila anda sedang dicalonkan per peraturan(hanya untuk di WBI dan beberapa wiki lainnya mengenai calon memberikan suara ke calon lainnya).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 14 Januari 2015 07.40 (UTC)

Kalau saya boleh ikut urun rembug, tidak ada salahnya pemilihan di Wikipedia ada miripnya dengan pemilu di dunia nyata. Kalau menurut saya istilah tetap abstain dan bukan netral. Netral mereka yg tidak hadir atau tak menggunakan hak suara mereka. Malah jika suara abstain tetap ikut dihitung lebih baik. Tidak masalah ini membantu yang setuju atau tak setuju. Meursault2004ngobrol 14 Januari 2015 18.09 (UTC)

Kalau mengikuti dunia nyata tandanya Kampanye(canvassing) juga akan diperbolehkan? Perasaan sudah jelaslah kalau wikipedia bukanlah Demokrasi, tapi lebih memilih konsensus dari persetujuan yang waras/menghindari suara ganda dari pengguna siluman, menghindari suara hasil canvassing dan lain lain. (w:en:Wikipedia:What Wikipedia is not#Wikipedia is not a democracy) Lalu menggunakan non-vote (!vote) untuk abstain dan hanya memberikan komentar (w:en:Wikipedia:Polling is not a substitute for discussion#Not-votes).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 14 Januari 2015 18.23 (UTC)

Asal tidak berlebihan saja, saya tidak berkeberatan untuk kampanye. Tetapi jangan menjadi tujuan. Sedangkan voting untuk 'kebenaran' suatu artikel yang tidak disarankan di pranala atas ini. Kalau menjadi pengurus dsb. tidak apa-apa, meski masalah silumanisme harus ditanggulangi. Di sisi lain, semua pengguna pada hakekatnya haknya sama. Jadi ada sedikit paradoks di sini. Kalau semua pengguna sama berarti demokratis. Tidak seperti pada sebuah ensiklopedi non-Wikipedia di mana pangkat dan keahlian menentukan isi. Saya kadang-kadang memikir apa Wikipedia perlu diberi badan editorial secara eksperimen. Tapi ini semua hanya masukan saja. Meursault2004ngobrol 14 Januari 2015 23.43 (UTC)


Sekadar rujukan, secara teknis abstain/netral dibutuhkan dalam mencapai kuorum. Wikipedia:Kebijakan_mengenai_kepengurusan#Definisi_dan_ketentuan_umum

  1. Suara yang setuju adalah jumlah suara mendukung (setuju) dikurangi dengan jumlah suara menentang (tidak setuju).
  2. Jumlah suara adalah jumlah keseluruhan suara valid yang masuk (mendukung + menentang + abstain).

Untuk pemilihan pengurus:

  1. Calon dapat diangkat apabila "suara yang setuju" mencapai minimal 25 dan disetujui oleh minimal 70% dari "jumlah suara".
  2. Pemungutan suara dinyatakan selesai apabila "jumlah suara" mencapai minimal 60 atau sudah berlangsung selama 2 minggu.

Sebelum diperjelas bahwa status abstain/netral tidak dihitung dalam "suara setuju", mereka malah secara teknis dianggap tidak setuju (tidak masuk ke 70% setuju, otomatis tidak setuju). contoh ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 05.07, 28 Januari 2015 (WIB)

Sudah saya tambahkan diskusi-diskusi sebelumnya di atas. Intinya, mengutip pertanyaan Ivan: "Jadi, intinya kita tidak menghitung suara abstain agar hasil lebih cepat dicapai, ya? Pada zaman yang serba cepat ini, keragu-raguan sudah tidak boleh lagi ada? "

Penambahan Bagian Penghapusan Berkas

Sejauh yang saya telusuri, dalam Wikipedia tidak ada pembahasan yang lebih spesifik terkait penghapusan berkas. Atas dasar itu, bagaimana kalau bagian ini dibuatkan artikelnya pada bagian [[Wikipedia:Kebijakan penghapusan#Penghapusan berkas]]? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 04.38 (UTC)

Silakan langsung dibuat dan diajukan proposalnya ke komunitas. --Ricky Setiawan (bicara) 19 Januari 2015 07.13 (UTC)
Kurang setuju kalau dibilang tidak ada, karena sebagian telah ada di Wikipedia:Penghapusan cepat#Berkas_.28B.29, artinya berkas yang terkena 11 kriteria ini dapat langsung dihapus tanpa diskusi. Kebijakan penghapusan yang memerlukan diskusi terlebih dahulu mungkin tidak ada dan silakan Anda buat ·· KℇℵℭK 20 Januari 2015 00.58 (UTC)

Usul penggantian judul artikel

Saya mau usul, bagaimana kalau artikel Elizabeth II dari Britania Raya diganti judulnya menjadi "Elizabeth II dari Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran" atau "Elizabeth II" saja seperti di Wikipedia bahasa Inggris, karena Elizabeth II bukan hanya ratu Britania Raya saja, tetapi juga Ratu Kanada, Ratu Australia, New Zealand, Papua Nugini, dsb. Karena judul yang sekarang seolah-olah mengenyampingkan negara-negara lain yang juga diperintah oleh ratu yang sama. Terima kasih. -114.125.45.27 21 Januari 2015 10.36 (UTC)

Harusnya cukup nama saja Elizabeth II gak perlu embel embel dari.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 21 Januari 2015 10.37 (UTC)
Setuju. Pasti pikiran orang yang mendengar/membaca nama Elizabeth II langsung tertuju pada ratu dari Britania Raya dan Wilayah Persemakmuran. Elizabeth II lainnya jadi disambiguasi. -- Adiputra बिचर -- 21 Januari 2015 10.49 (UTC)
Nampaknya pengalihan Elizabeth II ke Elizabeth II dari Britania Raya sudah dibuat (sejak tahun 2005). Mengenai usulan pengubahan nama, perlu dijelaskan bahwa kata "dari" di sini menunjukkan asal tempat, bukan untuk cakupan kekuasaan. Penamaan semacam ini sudah diseragamkan juga bagi banyak tokoh, termasuk leluhur Elizabeth II. Jadi saya rasa tidak perlu ada pengubahan. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.11 (UTC)
Serujuk. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cakap 04.29, 28 Januari 2015 (WIB)

Saya menemukan adanya nama lain, yaitu Elizabeth I dari Inggris. Pertanyaan saya, apakah nama yang digunakan menurut KBBI Britania ataukah Inggris? Jadi mesti ada salah satu halaman (antara Elizabeth I dari Inggris dan Elizabeth II dari Britania Raya) yang dipindah dengan nama yang sesuai Elizabeth I dari Britania supaya sesuai dengan Elizabeth II dari Britania Raya atau Elizabeth II dari Inggris Raya spy sesuai dengan Elizabeth I dari Inggris ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Januari 2015 21.30 (UTC)

Elizabeth I berasal dari daerah kerajaan yang waktu itu hanya bernama Inggris (England) dan saat itu belum terbentuk Britania Raya. Untuk jelasnya harap dilihat Kotak Info di bagian bawah artikel Elizabeth I tersebut di mana tertulis nama penguasa serta sebutan untuk asal daerahnya. Misalnya, sebelum tahun 1603 ada James VI dari Skotlandia, sedangkan setelahnya ada James I dari Inggris, dan lain-lain. Salam. JohnThorne (Bicara) 22 Januari 2015 21.56 (UTC)
Monarki Inggris Britania Raya... psshh... saran saya, kalau waktu Anda terbatas, jangan masuk lubang cacing itu... waktu Anda akan tersedot habis... bis... bis... [cf. xkcd/214] ꦱꦭꦩ꧀Bennylin omong 04.27, 28 Januari 2015 (WIB)
(ada James II & VII, ada William III & II, ada orang Spanyol, dan keajaiban-keajaiban lainnya)
Sepanjang sejarahnya, Inggris dan Britania Raya hampir selalu dikuasai dinasti asing (non-Inggris): Saxon (Jerman), Viking (Denmark), Saxon lagi, Normandia (Perancis), Plantegenet (Perancis), Tudor (Wales), Stuart (Skotlandia), Hannover (Jerman; Raja Georg bahkan tidak bisa bahasa Inggris!), dan yang sekarang Saxe-Coburg-Gotha/Windsor (Jerman lagi). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komen 04.50, 28 Januari 2015 (WIB)
Saya menyalahkan Viking dengan enaknya mengganti monarki Britbong .-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 12.55 (UTC)

Harap muatkan berberapa gambar screenshot wikipedia saat melakukan penghapusan artikel, berkas, dan pengembaliannya, pelindungan, pemblokiran, patroli, penyuntingan halaman utama dan ruang nama mediawiki

Akun ini ingin mengetahui seperti apa peralatan yang hanya dimiliki pengurus karena tidak terpilih menjadi pengurus. Muatkan berberapa gambar fitur wikipedia yang dibatasi! Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 00.46 (UTC)

Saran saya sebaiknya kamu belajar menyunting dan membuat artikel dengan tata bahasa yang baik. Belum saatnya kamu belajar menggunakan perkakas pengurus karena (saya yakin) kamu masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menggunakannya. Jika memang ingin tahu, silakan belajar secara otodidak dengan mencari sendiri ulasan mengenai hal tersebut, baik di proyek ini maupun di tempat lain. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 23 Januari 2015 02.32 (UTC)
Hanya ada sedikit tambahan tulisan. Di bagian atas, setelah versi terdahulu, ada tulisan hapus, lindungi, dll. Tidak ada yg istimewa. --Ricky Setiawan (bicara) 23 Januari 2015 15.39 (UTC)
Supaya tidak mati penasaran.

Blokir.jpg

Tak banyak perubahan yang terjadi setelah jadi pengurus, life as usual saja. Tapi jika sungguh menginginkan peralatan ini, berusahalah membuat ribuan artikel baru di Wikipedia dan banyak berkolaborasi dengan pengguna lain. Jika sudah dianggap layak oleh komunitas untuk menjadi pengurus, siapapun boleh memiliki peralatan ini. Jadi segeralah mulai menabung artikel-artikel dalam setahun ini. Siapa tahu kalau suntingannya cukup banyak, akan beruntung dipilih jadi pengurus. Tapi jika setahun ini hanya bolak balik nanya peralatan apa yang dimiliki pengurus, tanpa pernah berusaha membuat artikel ya tak akan pernah dapat. Boleh banyak tanya, tapi segera amalkan ilmunya Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 07.16 (UTC)

Usulan memecah artikel

Saya mengusulkan untuk memecah artikel Daftar pengusaha Jawa menjadi 2: Pengusaha Jawa dan Daftar pengusaha Jawa. Uraian yang diberikan sepertinya tidak cocok jika dimasukkan artikel berjudul Daftar Pengusaha Jawa. Masalah ini tahun lalu sempat menjadi perdebatan, jadi saya mohon masukan pendapatnya. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 24 Januari 2015 08.43 (UTC)

Setuju untuk memecah. Artikel daftar seharusnya hanya berisi daftar. Kondisi sekarang itu seperti dua artikel yang digabung. ·· KℇℵℭK 26 Januari 2015 01.31 (UTC)
Setuju Setuju Sebaiknya juga hilangkan berbagai kalimat yang sebenarnya hanya merupakan opini dari penulis artikel sebelumnya. Sisakan hanya yang memang didukung oleh data dan referensi yang jelas. Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 07.33 (UTC)
Setelah masalah selesai, nanti saya pecah menjadi dua artikel. Mohon bantuannya di sini supaya masalah cepat selesai. Terima kasih Okkisafire (bicara) 26 Januari 2015 11.05 (UTC)

Usulan Gambar Pilihan 2015 Periode 8

Saya bermaksud untuk mengulang pengusulan dan pemilihan Gambar Pilihan 2015 Periode 8, karena:

  1. semua gambar yang terpilih sekarang bertema "pesawat" dan diusulkan oleh @Bona Kartono, maksud saya agar mendapatkan topik yang lebih bervariasi alih-alih pesawat
  2. gambar pilihan #32 tahun 2015 telah dihapus; jika usulan mengulang satu periode ini gagal, gambar ini (#32 2015) mau tidak mau harus dipilih ulang.

Bagaimana pendapat yang lain? ·· KℇℵℭK 26 Januari 2015 13.25 (UTC)

Setuju SetujuHariadhi - Ngobrol 27 Januari 2015 13.15 (UTC)
Setuju SetujuAndriana08 - Ngomong 29 Januari 2015 11.50 (UTC)

Pranala yang sesuai

Seingat saya, pranala dan rujukan yang digunakan di Wikipedia harus bisa diverifikasi kebenarannya. Namun banyak sekali rujukan bersebaran di Wikipedia, tidak menunjukkan sumber ilmiah sehingga mirip blog meski bukan blogsite atau wordpress atau sebagainya. Contoh yang saya temukan ada pada artikel sakit jantung. Link http://ensiklo.com/2013/11/inilah-penyebab-sakit-jantung-yang-perlu-diwaspadai/ yang tidak mencantumkan referensi ilmiah apapun. Selain itu, artikel di link tersebut ditulis oleh seorang "Ibu rumah tangga sekaligus enterpreneur. Mengelola butik sebagai hobi selain menulis", bagaimana kita bisa mempercayakan penyakit jantung pada seorang ibu rumah tangga pengelola butik?

Editor haruslah bisa membedakan link yang sesuai dan tidak. Pranala yang berakhiran .biz adalah dikhususkan untuk bisnis, jadi sudah pasti penuh iklan dan tidak bisa berada di Wikipedia. Pranala berakhiran .org dikhususkan untuk organisasi, namun jika organisasi yang mengelola blog tersebut tidak capable atau belum termasyhur dalam topik tersebut, sebaiknya dihilangkan. Pranala berakhiran .ac adalah untuk akademik, misal website universitas tertentu.

Dan juga tentang seberapa "terpercaya" sebuah website berita, itu juga penting. Indonesia sudah cukup bebas dalam membangun laman berita online maupun cetak (tidak seperti negara saya) sehingga verifikasi kualitas berita seolah-olah hanya diserahkan pada konsumen. Saya tidak menebalkan pada laman berita yang memihak pada tokoh politik tertentu (karena itu umum terjadi di setiap negara), namun saya menunjuk pada laman berita yang "mengaku menulis berita padahal blog pribadi", dan laman berita seperti itu, sayangnya, dijadikan rujukan tunggal untuk menulis profil seorang tokoh atau organisasi di Wikipedia. Karena tidak ada sistem "trust rank" atau peringkat kepercayaan, maka saya usulkan agar artikel bertopik tokoh atau organisasi wajib memuat minimal tiga sumber. Tidak cukup dengan satu sumber terpercaya, karena seberapa terpercaya kah sumber itu? Dengan tiga atau lebih, maka kita bisa membandingkan kebenarannya.

Xiao Hua Lan (bicara) 30 Januari 2015 00.29 (UTC)

Menambahkan, website berbagi file seperti scribd.com docstoc.com dan 4shared.com, meski memuat tulisan dalam bentuk ms word namun perlu diverifikasi itu tulisan siapa. Dan seberapa terpercaya kah anneahira.com? Iklannya lebih banyak dari kontennya. Periksa http://www.anneahira.com/pernapasan-serangga.htm . Xiao Hua Lan (bicara) 30 Januari 2015 00.34 (UTC)
@Xiao Hua Lan Ini kasus Citogenesis, sudah saya perbaiki. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 12.47 (UTC)


Usulan penggantian syarat ke-dua untuk permohonan menjadi editor

Status:    Ditutup
, ditarik pengusul.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 15.40 (UTC)

Usulan ini datang dari Tuan Andiaz ketika tadi sama-sama meninjau permohonan pemohon yang ingin menjadi editor. Tanpa bermaksud tidak menyetujui pengangkatan editor baru tersebut, Tuan Andiaz memberi kesempatan agar pemohon merintis sebuah artikel baru, barangkali dapat dijadikan tolak ukur kemampuan seorang editor. Pada prinsipnya saya sangat menyetujui, sehingga pada kesempatan ini saya mengusulkan kepada segenap pengurus agar syaratnya diganti berbunyi 150 suntingan dalam tiga bulan terakhir, dan minimal 1 artikel rintisan sendiri sejak mendaftar. Atau bagaimanalah kalimatnya yang kira-kira lebih luwes.

Demikian usulan ini, mohon komentar para pengurus dan pengguna lainnya, dengan harapan setiap editor dapat lebih berkontribusi melalui kemampuannya. Terimakasih. Andriana Suke bicara 3 Februari 2015 11.02 (UTC)

Adalah benar yang disampaikan Sdr. Andriana tentang usulan ini. Permohonan ini yang menjadi dasar usuluan ini. Kami merasa perlunya penambahan syarat yang teknisnya bisa dimusyawarahkan disini. Poin yang dimaksud adalah:
minimal memiliki 2 [dimusyawarahkan] artikel yang sudah berstatus tertinjau atau setidaknya memiliki kriteria layak (walaupun belum tervalidasi).
Demikian. Thanks. Andi bapander 19.17, 3 Februari 2015 (WITA)
  • Tidak setuju Tidak setuju, pertama, status editor bersifat gnome, jadi memvalidasi artikel, memang ada istilah "kalau mengerti cara membuat artikel pasti mengerti kebijakan"<-- Ini saya anggap bias, karena gnome editor hanya membantu bersih-bersih bukan membuat artikel (Wikipedia:WikiGnome), kedua editor tipe teknis akan terbelenggu dari menyunting, misal mereka tipe yang suka menyunting templat, bukan artikel dan membuat templat, mengapa tidak diberikan saja hak editor ke pengguna ini agar templat yang lebih baik dan cantik bisa segera live?, ketiga "buat satu artikel rintisan" ini juga membelenggu pengguna tipe CV/CounterVandalism atau melawan vandalisme dan spam, mereka tidak membuat artikel, tapi lebih sering memperbaiki dan menghapus konten vandalisme dan spam. Saya pikir usulan ini sangat buruk dan tidak terlalu dipikir matang dulu, saya memilih tidak setuju untuk usulan ini. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 11.28 (UTC)
Mas Aldnon, saya pribadi setuju dan faham dengan maksud mas tentang Editor yg bersifat gnome ini, tentunya dalam konteks ia mengerti arti bersih-bersih. Maksud saya, bagaimana Editor bisa bersih-bersih sementara ia tidak tahu apa yang akan dibersihkan, kurangnya pengalaman, bahkan tidak ada pengalaman sama sekali. Yang pernah membuat artikel pun terkadang keliru dalam melaksanakan tugasnya sebagai editor (dlm hal ini saya), nah, bagaiman dengan yang tak ada pengalaman sama sekali? Setidaknya, jika ia ada pengalaman untuk membuat satu artikel saja yang layak, ia merasakan pemahaman tentang apa yang harus dikerjakan, yang diperbaiki, yang dibersihkan dsb yang sesuai tugas dan fungsi Editor. Mungkin kekwawatiran saya berlebihan. Sekian dulu. Mohon tanggapannya. Andi bapander 20.07, 3 Februari 2015 (WITA)
Semua orang dapat belajar, kalau saya benar-benar killer dan ketat, kamu AndiAz dan Andriana08 sebenarnya belum pantas mendapatkan Editor, tapi saya mengikuti Wikipedia:Asumsikan niat baik, kalau mau saya highlight kesalahan kalian berdua dalam kurang waktu 2 hari terakhir saya bisa dapatkan lebih dari 10, salah satunya yang paling saya sorot kesalahan menggunakan templat, kesalahan penggunaan ruang nama templat, kesalahan penyuntingan di halaman pengguna lain, dan yang paling saya sorot, salah satu dari kalian masih sering menggunakan Visual Editor yang notabene tidak melatih pengguna tersebut agar familiar dengan Wiki text script, dan Java AJAX. Jadi kalian berdua seharusnya BELUM dapat menjadi editor kalau saya super ketat dan saya heran kenapa kalian berdua malah niat memperketat aturan ini dan melawan arus tujuan adanya flag editor yang hanya untuk menyaring suntingan vandal dan spam, perhatikan baik-baik, EDITOR disini adalah perubahan tertunda atau pending change bukan benar benar "editor" seperti di en.wikibooks, jadi saya pikir, pengusulan ini ngawur (lebih lanjut lihat w:en:Wikipedia:Reviewing#Becoming_a_reviewer/Syarat lebih ringan malahan menjadi reviewer di English Wikipedia daripada id.wp, lihat halaman permohonan mereka w:en:Wikipedia:Requests for permissions/Pending changes reviewer <-- Simple padat dan menggunakan diskresi pengurus, lihat kriteria di Wikibuku Bahasa inggris kriteria ini otomatis dan tidak ada satupun kriteria yang menyatakan "harus pernah buat satu halaman buku" wikibooks:Wikibooks:Reviewers, lihat pengangkatan saya menjadi reviewer di en.wikibooks secara otomatis wikibooks:User talk:Aldnonymous), simplenya tujuan editor adalah untuk mengedit makanya namanya edit atau sunting, entah mengapa menjadi ada usulan buat artikel.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 12.38 (UTC)
  • Tidak setuju Tidak setuju, menyusahkan saya yang lebih suka memperbaiki artikel (sehingga suntingan saya tidak live), mengunggah gambar di commons dan menambahkannya di WBI, dan menerjemahkan konten baru ke WBI. Minimaxima (bicara) 3 Februari 2015 12.00 (UTC)
  • Penjelasan beberapa pengguna yang tidak setuju menjadikan saya semakin tahu, betapa pengetahuan saya tentang dunia wiki masilah sangat sempit. Untuk itu, dengan kerendahatian, saya memohon maaf kepada Tuan-tuan semua atas kebodohan saya mengusulkan hal-hal buruk semacam ini. Atas ilmu yang telah Tuan bagikan, saya sampaikan terimakasih. Saya masih tetap menunggu uluran kasih Tuan-tuan, di kesempatan lain untuk tetap bersedia mengajari saya. Salam dari saya, Andriana Suke 22.03, 3 Februari 2015 (WIB)
    Tidak masalah Andriana08, semua usulan bersifat baik sebenarnya, terima kasih usulannya @Andriana08. Jadi ditutup saja usulan ini?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Februari 2015 15.08 (UTC)
  • Baiklah, Tuan AldNon. Apabila berkenan, tutup saja usulan ini. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya karena telah merepotkan Tuan. Salam Andriana Suke 22.34, 3 Februari 2015 (WIB)

Bahasa Ejain (Ejaan Indonesia)

Tolong tambahkan Bahas baru diwikipedia. Saya berencana ingin membuat bahasa sendiri yaitu Ejain, Ejain adalah singkatan dari "Ejaan Indonesia". Maksud saya ingin mempermudah cara pengucapan bahasa asing ke bahasa indonesia, seperti contoh : dari bahasa inggris "We" atau "kita" dalam bahasa indonesia, yang saya sederhanakan menjadi "Wi". "You" = Yu "Me" = Mi "I" = ai "Car" = Kar "Sunglass" = San-gles dll.

Prubahan (bicara) 8 Februari 2015 13.47 (UTC)

  • Belum No. Wikipedia bukan tempatmu untuk buat istilah baru, atau mengada-ngada.--AldNonBicara? 8 Februari 2015 17.10 (UTC)

Penggunaan ekstensi Upload Wizard di idwp

Dikarenakan Undang-Undang tentang Hak Cipta di Indonesia telah berubah sejak Oktober 2014, dan juga karena File metadata cleanup drive yang dilaksananakan WMF sejak September 2014, idwp telah teridentifikasi sebagai wiki yang memiliki ribuan gambar yang lisesninya tidak jelas (dengan kata lain: copyvio). Diskusi mengenai apa yang akan dilakukan dengan ribuan gambar tersebut sedang didiskusikan di antara para pengurus, dan untuk mencegah hal tersebut terulang lagi pada masa yang akan datang, kami berpikiran untuk mengganti fitur "Istimewa:Unggah" menjadi Upload Wizard. Alasannya adalah kami berpikir bahwa yang menyebabkan ribuan berkas copyvio ini adalah karena para pengguna tidak tahu lisensi apa yang sebaiknya dipilih di Istimewa:Unggah (karena pilihan lisensi hanyalah sebuah daftar dengan penjelasan sangat singkat), karena itulah mereka kadang-kadang tidak memilih ataupun memilih secara sembarang.

Pengunaan ekstensi Upload Wizard telah diminta di Phabricator (phabricator:T88918), namun mereka membutuhkan konsensus komunitas dan Penerjemahan ekstensi ini di TranslateWiki.

Bagaimana pendapat kalian? ·· KℇℵℭK 9 Februari 2015 00.53 (UTC)

  • Setuju Setuju Sudah saya tunggu-tunggu akhirnya dibuat... HAH! Bisa bernapas lega saya sekarang, gak dicekek staff WMF tiap kali masuk IRC Wikimedia :p --AldNonBicara? 9 Februari 2015 00.54 (UTC)
  • Setuju Setuju Lebih memudahkan pengguna, baik lama maupun baru dalam mengunggah berkas. -- Bonaditya (bicara) 07.58, 9 Februari 2015 (WIB)
  • Setuju Setuju Saya bantu terjemahkan ya. FarrasLa Poste 11 Februari 2015 10.03 (UTC)
  • Setuju Setuju Aku meninjau terjemahannya ya? Biar cepat diterima tlwiki.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 11 Februari 2015 - 19:40 wib.
  • Setuju Setuju Hariadhi - Ngobrol 14 Februari 2015 11.59 (UTC)
  • Setuju Setuju -- Wagino 20100516 (bicara) 14 Februari 2015 23.30 (UTC)
  • Setuju Setuju 에자그렌 (메시지를 보내) 17 Februari 2015 05.43 (UTC)

Komentar Komentar 
Penerjemahan "Upload Campaign" disini rasanya bukan untuk kata Kampanye. Karena ada kalimat "A campaign with this name exists already.", apa mungkin kampanye yang sama sudah kita lakukan dalam pengunggahan berkas? Kalau diterjemahkan menjadi "Pengoperasian Unggah" atau "Operasi Pengunggahan" bagaimana? Atau ada saran lain?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 11 Februari 2015 - 19:57 wib.
Kalau menurut saya, seharusnya boleh karena "kampanye" tersebut merujuk ke "kumpulan pengaturan yang telah disimpan sebelumnya" (selengkapnya baca: mw:Extension:UploadWizard/Campaigns). ·· KℇℵℭK 11 Februari 2015 15.36 (UTC)
Sayangnya pengertian kampanye bagi kita di Indonesia tidak berhubungan dgn "kumpulan peraturan". Jadi mohon kiranya dicarikan alternatif lain untuk artinya, agar tidak membuat bingung pengguna yang baru pertama (nanti) memakainya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 12 Februari 2015 - 00:57 wib.
Setahu saya, di bahasa Inggris kata "kampanye" juga tidak berarti "kumpulan peraturan". Di bahasa Indonesia, artinya:

kampanye n 1. gerakan (tindakan) serentak (untuk melawan, mengadakan aksi, dsb); 2. kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon yang bersaing memperebutkan kedudukan dalam parlemen dsb untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara; (Kateglo)

Arti "kampanye" yang pertama menurut saya cukup mewakili "kumpulan peraturan" tersebut karena "kumpulan peraturan" ini digunakan untuk menindak sesuatu secara serentak. ·· KℇℵℭK 12 Februari 2015 01.54 (UTC)
Bukannya akan lebih dimengerti jika "kumpulan peraturan yg digunakan untuk menindak sesuatu secara serentak" itu diterjemahkan dgn kata operasi atau pengoperasian alih-alih kampanye?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 12 Februari 2015 - 10:04 wib.
Hmm, sepertinya bisa juga, namun saya tetap pilih "kampanye" agar lebih sama dengan pesan dalam bahasa Inggris. Bagaimana menurut yang lain? ·· KℇℵℭK 12 Februari 2015 09.01 (UTC)
Saya setuju dengan Kenrick, saya lebih memilih kampanye. alagos 13 Februari 2015 09.40 (UTC)
Komentar Komentar 
Sesuai konsensus di sini, maka URL untuk Meja bantuan di translatewiki saya ubah menjadi seperti ini, karena akan berpengaruh pada halaman pertama UploadWizard yang berisi gambar tutorial seperti contoh di sini, pada bagian bawah gambar. Mohon pendapatnya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 15 Februari 2015 - 12:09 wib.
Templat:Kurang setuju karena perubahan yang Anda lakukan itu berdampak ke semua wiki berbahasa Indonesia yang menggunakan perangkat lunak MediaWiki dan ekstensi UploadWizard ini karena tidak semua wiki berbahasa Indonesia memiliki "Warung Kopi (Teknis)". Menurut saya, pertahankan "Meja bantuan" di tlwiki dan halaman Wikipedia:Meja bantuan dialihkan saja ke halaman ini. ·· KℇℵℭK 15 Februari 2015 10.32 (UTC)
Upss.. betul juga.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 15 Februari 2015 - 21:41 wib.

Teknis

Wikipedia:Sprint

Hai, sebenarnya usul sprint ini dari dulu ingin saya ujicobakan, namun selalu terdahului oleh Maraton. Bagaimana kalau di akhir tahun ini yang kita adakan adalah Wikipedia Sprint? Kelebihannya:

  1. Penyunting baru tidak keder duluan dengan penyunting yang lebih senior karena syaratnya hanya artikel yang pendek
  2. (seharusnya) tidak ada peserta yang mengundurkan diri di tengah jalan karena tidak ada adu banyak artikel. Hanya keharusan untuk mencapai jumlah artikel tertentu yang sangat ringan.
  3. Tujuan event ini bukan artikel sebanyak-banyaknya, namun partisipasi dari sebanyak mungkin pengguna

Sekedar usul untuk memperbaiki suasana komunitas. FYI, di sini bisa ditemukan keluhan mengenai event Maraton. :) Hariadhi - Ngobrol 5 Desember 2014 12.14 (UTC)

Halo, saya sudah membuat halaman khusus untuk Wikisprint tahun ini. Silakan dilihat dan disesuaikan dengan kebutuhan. -- Bonaditya (bicara) 20.55, 5 Desember 2014 (WIB)
Untuk waktu penyelenggaraan pastinya kapan ya ? Irvan Ary Maulana (bicara) 8 Desember 2014 07.04 (UTC)
Waktu penyelenggaraan lomba ini dapat dilihat di Wikipedia:Wikisprint/2014-15#Waktu Pelaksanaan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 20 Desember 2014 15.06 (UTC)
saya sudah coba kirimkan undangannya ke beberapa orang. Jika ada yang berminat untuk menyebarkannya ke yang lain, silakan gunakan templat {{undangansprint}} ya Hariadhi - Ngobrol 21 Desember 2014 12.12 (UTC)

Halo semuanya, terima kasih karena sudah banyak yang mengikuti Wikisprint. Untuk babak pertama keikutsertaannya cukup bagus, walaupun masih harus ditingkatkan karena banyak yang belum memenuhi jumlah 3 artikel yang disyaratkan. Semoga bisa memacu untuk babak kedua ya :) Hariadhi - Ngobrol 29 Desember 2014 07.57 (UTC)

Oh ya, apakah peserta wajib mengikuti kedua babak atau boleh mengikuti satu babak saja? Irvan Ary Maulana (bicara) 29 Desember 2014 11.08 (UTC)
satu babak cukup tapi jika ingin menyempurnakan boleh ikut keduanya Hariadhi - Ngobrol 29 Desember 2014 17.54 (UTC)
Terima kasih atas jawabannya. Salam Irvan Ary Maulana (bicara) 30 Desember 2014 04.17 (UTC)
Sedikit masukan yg sebenarnya kurang penting. Bagaimana seandainya BintangWiki Sprint hanya diberikan kpd peserta yg telah berlari minimal satu artikel saja di periode yg mana saja, tanpa peduli bagaimanapun kualitas artikelnya. Karena rasanya agak janggal bila peserta yg tdk pernah berlari memperoleh medali, kesannya perlombaannya jadi kurang bermutu. :) ibensis (What’s the Story?) 3 Januari 2015 15.54 (UTC)
Masuk akal, silakan diubah saja hadiah medalinya Hariadhi - Ngobrol 3 Januari 2015 16.24 (UTC)

Terima kasih dan selamat untuk kita semua

Terima kasih untuk respon dari seluruh Wikipediawan. Walaupun baru kali ini diadakan, pesertanya mencapai 32 orang, dengan peserta yang aktif menyumbangkan artikel 23 orang. Sebanyak 115 artikel telah dibuat dalam event ini, yang 78 di antaranya dianggap memenuhi kriteria kelayakan dan lebih dari 300 kata. Semoga event Wikisprint selanjutnya bisa semakin meriah.

Mengingat besarnya respon untuk event ini, ada beberapa pengguna yang mengusulkan agar Wikisprint dibuat lebih sering, misalnya sekali sebulan atau dua bulan. Adakah yang ingin mengusulkan kapan wikisprint berikutnya diadakan? Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2015 15.34 (UTC)

WikiSprint Revisi

Masih terkait dengan event WikiSprint yang baru saja selesai, dan usul bung Hariadhi soal kapan, saya mengusulkan bagaimana kalau WikiSprint berikutnya bertema WikiSprint Revisi. Tujuannya adalah sekaligus untuk memperbaiki artikel-artikel yang belum sempurna, wikifikasi, memperbaiki pranala, dan hal-hal yang terkait dengan kelayakan artikel. Teknisnya diserahkan sama kawan-kawan yang sudah berpengalaman. -- Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 5 Januari 2015 20.41 (UTC)

silakan, coba dibuat saja dulu draftnya Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 01.29 (UTC)

Draft Wikisprint Februari

  1. Konsep: Mengumpulkan 3 poin dari beberapa artikel yang dianggap layak dan memiliki panjang minimal 300 kata
  2. Disediakan bounty berupa tantangan tambahan yang bisa diambil oleh masing-masing peserta (boleh juga tidak, hanya bonus bagi yang mau mengerjakan tugas tambahan) yang didaftarkan selama dan 3 hari setelah wikisprint usai.
  3. Tantangan tambahan berupa (bisa dipilih salah satu atau mengerjakan semuanya):
    1. Menciptakan paling tidak satu artikel dengan panjang 600 kata
    2. Paling tidak satu artikel mengandung 3 referensi
    3. Dalam 2 hari setelah Wikisprint selesai, ikut membantu merapikan artikel wikisprint milik pengguna lain
  4. Menyelesaikan bounty akan memberikan beberapa penghargaan khusus, jadi peserta tidak perlu kecewa bila tidak berhasil meraih bintangwiki sprint gold, karena disediakan penghargaan khusus untuk peserta bounty.

bagaimana? Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 17.26 (UTC)

Cara mempatroli artikel

Bagaimana cara mempatroli artikel di wikipedia? Haryo200044444 (bicara) 28 Desember 2014 06.32 (UTC)

Baca beritanya di Wikipedia:Patroli ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 28 Desember 2014 07.52 (UTC)
Apakah hanya pengurus yang dapat mempatroli suntingan? Haryo200044444 (bicara) 16 Januari 2015 08.37 (UTC)

Hijriah-stub

Selamat pagi menjelang Shubuh.. Saya berkeinginan sekali untuk merintis artikel-artikel yang berhubungan dengan kalender Hijriah, baik itu peristiwa, kelahiran, kematian, terutama menyangkut biografi tokoh Islam. Namun, hal ini ternyata harus mereview ratusan bahkan ribuan artikel ke-Islaman (misal: 10 Hijriah peristiwa apa/kematian siapa, 11 H, 12 H, dst). Contohnya: 8 Hijriah, 29 Hijriah. Pertanyaannya: apakah Hijriah-stub ini bisa direalisasi? --- AndiAz | Onigiri cheerleader.gif let's talk..

Selamat pagi. Sebaiknya tahun-tahun yang berdasarkan penanggalan tertentu, digabungkan saja dengan penanggalan internasional saat ini. Artikel 8 Hijriah tersebut bisa digabungkan ke artikel tentang peristiwa tahun 630. Kemudian di artikel 630 tersebut dicantumkan padanan tahun tersebut sesuai penanggalan yang ada (contoh di sebelah kanan). Ini akan memperlebar ruang lingkup artikel. Setiap peradaban memiliki penanggalan sendiri, dan Wikipedia berusaha menghimpunnya menurut penanggalan yang paling banyak dan paling sering dipakai pada zaman ini. Artikel tahun-tahun hijriah hanya membuat topik tertentu tampak eksklusif.
-- Adiputra बिचर -- 4 Januari 2015 02.47 (UTC)
Setuju Setuju dengan pendapat Anda terutama soal penggabungan peristiwa di tahun-tahun yang sudah ada, apalagi dalam hal menghindari kesan eksklusifisme artikel (kenetralan). Thanks bung Adi --- AndiAz | Onigiri cheerleader.gif let's talk..
setuju, itu jauh lebih praktis. Walaupun tidak dilarang membuat artikel penanggalan hijriah, tapi lebih baik cari yang tidak mempersulit diri sendiri. Kalau nanti sudah terkumpul seluruh event untuk setiap tahun hijriah, barulah dipisah. Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2015 02.25 (UTC)

Artikel Wacana_pembentukan_provinsi_baru_di_Indonesia

Saya ingin bertanya perlukah artikel seperti ini? Pertama wikipedia bukanlah tempat menuliskan spekulasi. Kalaupun sumbernya ada, statusnya masih wacana atau perbincangan. Bahkan saya tidak menemukan Undang-Undang atau PP yang mengarah kepada pemekaran-pemekaran ini. Saya perhatikan banyak referensi di artikel tersebut juga sumbernya blog yang isinya opini penulisnya, bukan kenyataan atau fakta Hariadhi - Ngobrol 5 Januari 2015 16.07 (UTC)

Halaman usulan penghapusannya sudah dibuat oleh Bluesatellite. -- Bonaditya (bicara) 08.47, 6 Januari 2015 (WIB)

WMFLab Tidak Berfungsi

Ketika ingin melihat total edit melalui https://tools.wmflabs.org/xtools, kenapa tiba-tiba error, dan berbunyi, "No webservice. The URI you have requested, /xtools/pcount/index.php?name=Andiazamuddin&wiki=wikipedia&lang=id, is not currently serviced." Padahal biasanya berfungsi. Ada yang bisa bantu? Thanks Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 6 Januari 2015 15.50 (UTC)

Iya, sering down, overload... terlalu banyak request yang berat-berat (mungkin). Dicoba beberapa saat lagi. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 00.43, 7 Januari 2015 (WIB)
Ditengah zeroing tunggu aja beberapa jam lagi. Kalau gak bisa juga beberapa jam lagi komplen ke Wikitech:Nova Resource Talk:Xtools (atau bakal bicara saya dengan Cyberpower678 secara langsung di wmt), kalau gak juga dijawab baru saya kesana. Maaf saya mau tidur jadi offline sementara waktu dari channel wmt.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 6 Januari 2015 18.20 (UTC)
Mantap! Benar sekali bung Beni dan Aldo.. ternyata memang overload, ni dah pulih.. Thanks banyak info "berarti" sampeyan2 Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 01.04 (UTC)

Kategori

Ternyata sekarang halaman kategori sudah dapat dialihkan dengan pengalihan. Nice! ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 03.05, 7 Januari 2015 (WIB)

Bagus, sih. Penulisan yang salah eja bisa ditoleransi. -- Adiputra बिचर -- 7 Januari 2015 10.39 (UTC)

Nasib pemilihan salah seorang calon pengurus

Mohon kiranya teman-teman dapat berpartisipasi di halaman ini untuk mendisuksikan kelanjutan/penutupan pemilihan salah seorang calon pengurus. Terima kasih dan salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 7 Januari 2015 11.44 (UTC)

Sudah saya balas :) Hariadhi - Ngobrol 7 Januari 2015 12.17 (UTC)

Pertanyaan

Bagaimana cara menyunting ruang nama MediaWiki? Haryo200044444 (bicara) 10 Januari 2015 12.47 (UTC)

Erm... Bukannya sudah dijawab hal ini di warung kopi (lain lain)? Saya jelaskan lagi, kalau ruang nama Mediawiki hanya bisa disunting oleh, Pengurus, Interface editors dan Steward.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Januari 2015 12.54 (UTC)

Mohon bantuan untuk perang suntingan di artikel SMA Negeri 1 Jonggol

Mohon bantuan para Editor dan Pengurus, saya terlibat dalam perang suntingan di artikel tersebut. Oleh sebab itu, saya pikir sudah saatnya bagi saya untuk mundur dari penyuntingan artikel tersebut dan memohon bantuan kalian untuk menindaklanjuti permasalahan ini. AldNon, Hariadhi, Bonaditya, Hanamanteo, Denny eR Ge, dan yang lain-lain yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu di sini.

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya, para penyunting artikel tersebut memiliki agenda tersendiri dan tetap membandel meskipun telah saya beri peringatan pada halaman pembicaraan mereka. Hasil suntingan terakhir bisa dilihat di sini dan tidak akan saya ubah-ubah lagi. Berikut ini merupakan ringkasan suntingan dan peringatan yang saya buat:

  1. Memberi penjelasan pada tiap-tiap bagian artikel, mana yang perlu dan mana yang tidak layak. Bisa dilihat pada daftar riwayat suntingan di sini.
  2. Mengundang para penyunting untuk ikut berdiskusi di Warung Kopi. Maaf, saya tidak berhasil menemukan bukti ajakan yang dimaksud, dan tidak ingat penyunting yang mana yang saya ajak. Tapi saya ingat untuk selalu mengajak para penyunting WBI untuk berdiskusi di Warung Kopi, kemungkinan mereka semua yang saya ajak.
  3. Menjawab pernyataan pengguna anonim di halaman Pembicaraan:SMA Negeri 1 Jonggol dan menyarankan mereka untuk membuat blog sendiri.
  4. Memberi peringatan pertama kepada Pengguna:SMUN Jonggol di sini. Saya mohon maaf karena sudah kelepasan emosi saat memberi peringatan tersebut.
  5. Terakhir adalah menjawab peringatan yang diberikan kepada saya oleh Pengguna:Abdul Karim Majd di sini.

Mohon perhatian dan bantuan para Editor dan Pengurus untuk menangani (terutama) para penyunting bandel tersebut. Kesalahan bukan terletak pada artikel yang dibuat, tetapi pada para penyuntingnya. Terima kasih Okkisafire (bicara) 11 Januari 2015 00.38 (UTC)

Trims pengingatannya @Okkisafire waktu saya baca, saya ketawa, dia nambahin foto pribadi Berkas:@Rifqiariq 2000 dan @amirsteel.jpeg. Saya sudah tandai semua unggahan berkas dia untuk dihapus, dia soalnya tidak memberikan Rationale dan Lisensi.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 11 Januari 2015 01.28 (UTC)
Terbukti Wikipedia:konflik kepentingan (Istimewa:diff/8283685), terbukti Wikipedia:vanitas terselubung dengan menambahkan foto pribadi (Istimewa:diff/8369435).-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 11 Januari 2015 01.34 (UTC)
Bonaditya sudah bergerak, saya sudah laporkan, good luck!-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 11 Januari 2015 01.40 (UTC)
Terima kasih atas bantuannya. 2 hari terakhir aku lagi ngetik laporan akhir praktikum, baru sempet buka Wiki sekarang. Jadi lega sudah beres. Thx all Okkisafire (bicara) 13 Januari 2015 01.46 (UTC)

Tech News: 2015-03

12 Januari 2015 16.47 (UTC)

Mohon Konfirmasi Artikel dalam Pembicaraan Wikipedia

Saya ada menemukan artikel kelurahan Kapas Madya (kelurahan di Tambaksari, Surabaya) (lengkap dengan templat infobox dan kecamatan), tapi berada dalam Pembicaraan Wikipedia:Judul tidak sah. Karena aneh, lalu saya pindahkan menjadi artikel baru Kapas Madya, Tambaksari, Surabaya. Apakah yang saya lakukan benar demikian? Kalau salah, mohon dikoreksi. Trims ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 17 Januari 2015 19.56 (UTC)

Yang Anda lakukan sudah tepat. Terima kasih atas kejelian Anda. Saya telah mengganti isi halaman Pembicaraan Wikipedia:Judul tidak sah dan juga memasukkan artikel rintisan Kapas Madya, Tambaksari, Surabaya ke dalam daftar pantauan. Semoga kelak dapat dikembangkan lebih lanjut. Salam. JohnThorne (Bicara) 18 Januari 2015 03.36 (UTC)

Perbedaan antara pekerjaan dan profesi

Saya memeriksa templat infobox officeholder dan menemukan dua bagian yang menurut saya merupakan kosakata yang hampir sama, yaitu pekerjaan dan profesi. Kalau saya periksa di id.wiktionary dan en.wiktionary, profesi adalah pekerjaan berdasarkan keterampilan yang didapatkannya, namun pekerjaan (occupation) tidak selalu berdasarkan ketrampilan. Misal presiden bukan sebuah profesi tapi pekerjaan, tapi ilmuwan dan penulis adalah profesi. Tapi tidak semua jabatan / posisi khusus adalah pekerjaan. Misal tentara adalah pekerjaan, namun sniper / weapon tester adalah profesi. Namun kalian yang berbahasa Indonesia sejak lahir pasti lebih paham karena ini bukan bahasa asli saya.

Saya menulis ini karena banyak artikel yang menggunakan templat ini, terbalik menuliskan antara profesi dan pekerjaan. Maka sebaiknya disisipkan informasi perbedaan profesi dan pekerjaan di templat tersebut. -- Xiao Hua Lan (bicara) 18 Januari 2015 06.53 (UTC)

Content Translation beta feature is now available

Hello, On behalf of the WMF Language Engineering team I am very happy to let you all know that Content Translation has been enabled as a beta feature on the Indonesian Wikipedia. To start translating, you can enable the beta feature and go to Istimewa:ContentTranslation or to your contributions page and create a new translation by selecting the source language, the article name and target language. If the article already exists then a warning will be displayed. After you translate the article, you can publish it under your user namespace. If you are happy with the translated page, you can copy it over to the main namespace of the Wikipedia.

Content Translation can be configured on the wiki to publish the page directly in the main namespace but has not been enabled in this Wikipedia now. This is highly recommended to avoid additional manual steps in the publishing process. If no serious problems are observed during the next 2 weeks of testing we would like to check back if we can switch to publishing to the main namespace.

Since, this is the first time we have installed the tool on this Wikipedia, there are chances that there may be some problems or service disruptions which we are not yet aware of. We will be monitoring the usage to check for any failures or issues, but please do let us know on the Content Translation talk page or through Phabricator if you spot any problems that prevent you from using the tool. For more information, please read the release announcement. We will be making a formal announcement on the Wikimedia blog later this week. You can also view a short screencast on how to use Content Translation. Thank you and my apologies for making this announcement only in English. Runa Bhattacharjee (bicara) 19 Januari 2015 16.26 (UTC)

Tech News: 2015-04

19 Januari 2015 18.12 (UTC)

Penghapusan akun pengguna

Siapakah kelompok pengguna yang dapat menghapus sebuah akun pengguna? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 00.52 (UTC)

@Haryo200044444 Hanya Steward yang dapat menghapus akun pengguna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 00.57 (UTC)
Apakah halaman pembicaraan pengguna, kontribusi pengguna, preferensi, dan daftar pantauannya juga dihapus saat menghapus akun pengguna? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 01.00 (UTC)
Ya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 01.05 (UTC)
Apakah steward juga dapat melihat dan mengembalikan akun pengguna yang pernah dihapus? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 01.15 (UTC)
Tidak, Penghapusan yang dilakukan Steward dan Sysadmin berlaku permanen, kalau Akun dihapus maka akan selamanya menghilang. Sebelum anda bertanya kembali saya akan jelaskan lebih lanjut, Steward dan Sysadmin tidak akan menjawab ataupun melayani pengguna yang meminta penghapusan akun pengguna tanpa alasan teknis. Yang ada mungkin si-peminta akan di blokir secara global, jadi jangan pernah main-main ketika ingin meminta sesuatu ke mereka.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 01.28 (UTC)
Alasan apa saja yang membuat suatu akun pengguna dihapus? Haryo200044444 (bicara) 23 Januari 2015 14.55 (UTC)
Untuk masalah ini, sebaiknya Haryo baca dulu dengan teliti peraturan nama pengguna di sini. Tidak ada keadaan normal yang bisa menjadi alasan penghapusan akun. Jika yang terjadi adalah keinginan untuk melindungi privasi, maka pengguna bisa mengajukan perubahan nama dan halaman pengguna dan pembicaraannya bisa dihapus. Kesimpulannya: Akun tidak bisa dihapus, tapi bisa disamarkan dengan mengganti nama pengguna (dengan alasan kuat, tentunya). Hariadhi - Ngobrol 25 Januari 2015 08.05 (UTC)
Trims Pak Hariadhi, tolong dibaca pesan Pak Hariadhi di atas Haryo.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 26 Januari 2015 10.14 (UTC)
Ehm... maaf jika diluar topik, sepertinya WMF sudah mengambil alih urusan permohonan penggantian nama dgn menyediakan SpecialPage untuk itu >> Istimewa:GlobalRenameRequest  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.10, 26 Januari 2015 (WIB)
@Iwan Novirion Mimihitam sudah menjadi Global Renamer, jadi pengubahan nama (non-usurp) bisa dia lakukan, untuk usurp bagusan minta (dan paksa) om Bennylin ngerjain sebagai steward (masak sudah 3 tahun jadi steward log usurp masih nol) lol.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 08.51 (UTC)
#pura2gabaca... lol  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  17.04, 30 Januari 2015 (WIB)

Apakah tindakan penghapusan akun pengguna akan dilog? Haryo200044444 (bicara) 30 Januari 2015 14.45 (UTC)

Apakah Anda bisa melihat hantu?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 15.13 (UTC)
Jelas-jelas jawabannya tidak berhubungan! Haryo200044444 (bicara) 31 Januari 2015 01.28 (UTC)
Maksud AldNonUcallin?♫☎☏♬ begini: Jika anda bisa mengusir hantu logikanya anda bisa melihat hantu (kalau tidak bisa melihat bagaimana dia tahu hantunya sudah pergi?). Apakah sekarang anda sudah memahaminya? Wagino 20100516 (bicara) 31 Januari 2015 02.02 (UTC)
@Wagino 20100516 Bagusan sih jangan dijawab Mas Wagino, kalau Haryo tidak bisa mengerti analogi logika ringan, saya rasa kedepannya dia bakal susah mengerti hal hal teknis lainnya yang lebih advanced. Untuk @Haryo200044444 Coba baca disini mengenai penghapusan akun secara global m:Steward handbook#Global account deletion.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 1 Februari 2015 23.58 (UTC)
  • Warning: Once a global account is deleted, it cannot be reversed by stewards (see also bug 23243). An option to warn before deleting the account, can be enabled via the preferences (Confirm account deletion).
Ini peringatan agar tidak salah menghapus akun pengguna, karena berlaku permanen dan tidak dapat dibalikan, jadi saya mohon jangan pernah sekali-kali penasaran dan mencari celah untuk mencoba supaya permintaan penghapusan pengguna dikabulkan, saya takut ada penyesalan datang setelah akun dihapus.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 2 Februari 2015 00.02 (UTC)
Makanya jangan coba-coba meminta agar akun pengguna dihapus! Haryo200044444 (bicara) 11 Februari 2015 12.58 (UTC)

Wikipedia:RTRC

Halo sekedar pengumuman saya sudah enable RTRC untuk WBI diambil dari m:User:Krinkle/Tools/Real-Time Recent Changes, silahkan buka Wikipedia:RTRC untuk mencari tahu cara menggunakannya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 26 Januari 2015 07.32 (UTC)

Mas Aldo, saya sudah mengaktifkan setingan, menentukan tag, mengaktifkan diff, mencentang type, dan Apply, tapi 10 menit berlalu gak terjadi apa-apa.... Apakah bug? Salam. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 30 Januari 2015 17.48 (UTC)
Saya sudah menghubungi Krinkle, dan mengajukan persoalan yang mungkin disebabkan bug. Entah kapan dia membalasnya. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 30 Januari 2015 18.01 (UTC)
@Andiazamuddin Itu bukan bug, memang pada saat 10 menit suntingan yang mengaktifkan tag tersebut tidak terjadi, lebih baik pilih "none" untuk tag dan melihat semua suntingan, tag pun tidak akan aktif bila Istimewa:Filter_penyalahgunaan tidak diaktifkan oleh pengurus, makanya saya sarankan jangan gunakan tag, dikarenakan tidak semua suntingan akan mengaktifkan tag dan dikarenakan tidak semua suntingan mengakibatkan trigger tag, maka tidak akan muncul di RTRC.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 31 Januari 2015 00.40 (UTC)
Saran lebih baik hanya pilih AutoDiff, cvn db harus menggunakan script tambahan di preferensi Anda, dan dari seluruh pengguna WBI baru saya dan Bonaditya yang melakukan. Jadi pilih/aktifkan autodiff saja jangan aktifkan yang lain.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 31 Januari 2015 00.42 (UTC)
Heddeeh!! Ternyata so simple.. Apik mas aplikasinya! Nyunting aahh :) Thanks yo ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara)

Artikel Baru

Maaf, jika saya mengganggu dengan pertanyaan ini. Saya baru saja menulis artikel baru. Artikel yang saya maksud berjudul Ladabf minyak Brent. Sebenarnya bukan judul Ladabf minyak Brent yang ingin saya tulis. Yang ingin saya tulis adalah Brent Blend. Tolong untuk segera mengganti judul tersebut. Maaf, jika mengganggu. Saya masih pengguna baru. Adhiwangsa (bicara) 26 Januari 2015 09.55 (UTC)

Selesai Selesai --Eddy bf (bicara) 26 Januari 2015 10.24 (UTC)

Tech News: 2015-05

26 Januari 2015 16.08 (UTC)

Masalah pada Gambar Pilihan

Saya lihat pada halaman Gambar Pilihan usulan 2015 terdapat beberapa masalah. Pertama, pada slot 27 hanya ada satu pengguna yang memberi suara, itu-pun memberikan suara tidak setuju. Apakah gambar itu sah menjadi gambar pilihan? Kedua, pada slot 32, gambar yang diusulkan ternyata dihapus di Wikimedia Commons. Ketiga, pada slot 45, seorang pengguna memberi suara pada 2 gambar yang diusulkan. Apakah suara tersebut sah? Dan yang terakhir, pada slot 47 dan 48, tidak ada yang memberi suara, sedangkan gambar yang diusulkan lebih dari satu (slot 47 terdapat 2 gambar dan slot 48 terdapat 3 gambar). Manakah yang dijadikan gambar pilihan? Mohon bantuannya. Salam Irvan Ary Maulana (bicara) 29 Januari 2015 11.10 (UTC)

Sepertinya slot tersebut harus diulangi agar mendapat kejelasan. Ini pranala ke WarKop Usulan tentang pengulangan perode 8 (slot 29 sampai dengan slot 32). Mungkin bisa juga diusulan ke bagian baru WarKop (agar mendapat persetujuan adanya pemilihan ulang). Salam. ·· KℇℵℭK 29 Januari 2015 16.08 (UTC)
Kalau bisa sedikit curhat, sebenarnya Sistem Gambar Pilihan yang ini membutuhkan partisipasi konstan setiap tahunnya tanpa menghiraukan adanya masa-masa sibuk pengguna. Sejak diterapkan untuk GP tahun 2012, sistem ini juga dibutuhkan pemelihara agar tidak ada slot yang tidak mendapatkan suara ataupun tidak mendapatkan usulan. Semenjak saya memulai kuliah pada akhir 2013, kesibukan saya membuat saya mulai lupa mengurusi pemilihan gambar pilihan ini dan akhirnya terjadilah kasus seperti yang disebutkan di atas. Saya berpikir bahwa ke depannya, mungkin kita dapat memakai "MediaWiki Delivery Bot" (yang mengantarkan Signpost) untuk mengantarkan kabar tentang dimulainya pemilihan atau pengusulan gambar pilihan ini. Bagaimana menurut Anda? ·· KℇℵℭK 29 Januari 2015 16.14 (UTC)
Usulan pemakaian "pak pos" pengantar surat kabar Signpost untuk menghantar kabar pemilihan GP, sangat relevan dengan tuntutan zaman dewasa ini yang serba otomatis... Hammer-icon.gif. Namun sebaiknya dibawa keforum agar dicapai kata sepakat dari para pengguna melalui konsensus. Yang jelas, 1 suara setuju dari saya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.28, 29 Januari 2015 (WIB)

Itulah si Kenrick, bikin sistem pemilihan GP tapi kagak mampu ngurusin dengan baik. Doinya sendiri juga nyalahin aturan sistem pilihan GP yang doi buat sendiri kok. Pernah suatu kali udah pas sesinya pemilihan eh doi masih ngusulin GP,padahal udah ada kandidat lainnya. Trus juga doi sering ngusulin secara monolog alias kagak ada kandidat lainnya trus otomatis kepilih. Yang bikin sistem pemilihannya aja kayak gitu gimana yang lain. Katanya doi kagak mau jadi pengurus eh tapi sekarang malah jadi pengurus. Dulu juga ane minta doi ngusulin rancangan Halaman Utama yang ane buat eh sampe sekarang kagak diusulin. Pas masih jamannya Kenrickpedia eh doi seenak udelnya ngurusin tuh Mine Page. Kalo ane saran, mending sistem pemilihan GP dilakuin aja kek sistem pengusulan jadwal AP alias kagak usah pake yang namanya sesi pengusulan lah, sesi pemilihan lah. Jadi sampai kapan pun masih bisa diurus. Kagak kek sistem sekarang yang dibuat oleh Kenrick. --Erik Fastman (bicara) 30 Januari 2015 03.10 (UTC)

Hal pertama, iya saya tidak mampu mengurusi dengan baik lagi (ingat bahwa tahun 2011 sampai dengan tengah 2013 berjalan cukup baik). Saya yakin setiap orang berubah seiring berlalunya waktu, contohnya dahulu saya memiliki banyak waktu di Wikipedia, sekarang tidak; dahulu saya tidak mau jadi pengurus, sekarang saya mau; dahulu saya sama sekali tidak mengerti MediaWiki:Common.js, sekarang saya lumayan mengerti. Janganlah diungkit-ungkit masa lalu karena masa lalu telah berlalu. Marilah lihat ke depan untuk membuat Wikipedia lebih baik.
Hal kedua, untuk itu saya sarankan untuk menghidupkan kembali diskusi tentang Wikipedia:Kriteria gambar pilihan untuk pemilihan gambar pilihan tahun depan (2016) dan seterusnya. Terima kasih. ·· KℇℵℭK 31 Januari 2015 08.59 (UTC)

Pelanggaran hak cipta

Apakah di wikipedia, semua isi yang melanggar hak cipta bisakah diklaim oleh pemegang hak cipta isi tersebut? Haryo200044444 (bicara) 30 Januari 2015 14.44 (UTC)

Ya. Tolonglah baca semua kebijakan dan pedoman Wikipedia, saya pikir sudah jelas penjelasannya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 15.13 (UTC)

Perbedaan

Apa perbedaan konflik penyuntingan dengan perang suntingan? Haryo200044444 (bicara) 31 Januari 2015 01.30 (UTC)

Perbedaannyaː
  1. Konflik penyuntingan, lebih dari 1 pengguna menyunting artikel dlm waktu yang sama kemudian menyimpannya dlm waktu yang hampir bersamaan akan menimbulkan pesan konflik penyuntingan pada kolom suntingan.
  2. Perang suntingan, Apabila seorang pengguna menyunting artikel kemudian pengguna lain mengembalikan suntingan tersebut, lalu dikembalikan lagi oleh penyunting pertama, dan seterusnya. Biasanya kemudian berlanjut ke pembicaraan dihalaman pengguna masing-masing ataupun halaman pembicaraan artikelnya dengan saling mempertahankan argumen.
Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  09.31, 31 Januari 2015 (WIB)
👍---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 31 Januari 2015 02.38 (UTC)

Mohon bantuan

Baru saja ditambahkan skrip java untuk pranala baru disamping pranala Preferensi di bagian atas halaman, yaitu Wikipedia:Skrip bak pasir pribadi untuk memudahkan penguna melakukan uji coba pembuatan artikel di halaman bak pasir pribadinya. Untuk itu dimohon kesediaan pengguna untuk melakukan tes pemasangan skrip tersebut pada halaman skrip pribadi masing-masing. Silakan berikan komentar apakah skrip tersebut berfungsi dengan baik. Terima kasih.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  20.23, 31 Januari 2015 (WIB)

Bedanya dari bak pasir pribadi apa? Okkisafire ngobrol yuk 2 Februari 2015 09.09 (UTC)
@OkkisafireYa sama aja sih... cuma ada pranala baru ke Bak pasirKu di atas halaman, disamping pranala Preferensi. Jadi lebih gampang ke bak pasir pribadi lantaran ada pranalanya.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  16.12, 2 Februari 2015 (WIB)
Okee Okkisafire ngobrol yuk 2 Februari 2015 15.41 (UTC)

Wikifisasi artikel

Teman2 semua, saya baru mengecek secara kilat artikel2 biografi para pengusaha Jawa (daftar ada di Daftar pengusaha Jawa). saya lihat kok banyak artikel, sebagian besar malah, yang cara penulisannya seperti tulisan berita koran. Seperti baca infotainment, bukan ensiklopedia. Selain itu, referensi juga ditulisnya asal ketik saja. Siapa tau ada yang berkenan mmbantu merapikan artikel. Saya sendiri kurang prefer ke topiknya, jadi rada malas mau merapikan . Selain itu, jumlhnya juga buuuanyak banget. Terima kasih atas atensinya Okkisafire ngobrol yuk 2 Februari 2015 09.09 (UTC)

Tech News: 2015-06

2 Februari 2015 16.31 (UTC)

RE: Artikel yang baru dibuat, tidak ada (hilang).

Terima kasih banyak Admin atas teguran dan peringatannya. Mohon maaf jika ternyata artikel tersebut tidak sesuai dengan aturan main di Wikipedia. Karena artikel tersebut belum sempat saya copy dan save as word file, mohon untuk dapat mengirimkan kembali artikel tersebut kepada saya agar saya dapat meng edit nya, dan dapat menyesuaikan dengan aturan main di Wikipedia ini. Dan Saya juga memerlukan atikel tersebut kembali untuk saya file sebagai dokumen pribadi. Terima kasih.. Wirahadiansyah (bicara) 5 Februari 2015 12.33 (UTC)

@Bonaditya Okkisafire ngobrol yuk 6 Februari 2015 16.26 (UTC)
Review penghapusan? Akan saya emailkan/atau saya buat sub halaman pengguna anda. Salam.--AldNonBicara? 6 Februari 2015 16.56 (UTC)

VisualEditor News #1—2015

5 Februari 2015 18.30 (UTC)

Pengunggahan di Wikipedia bahasa Jawa

Saya mau tanya, kok bagian pranala "Unggah" di Wikipedia bahasa Jawa (jv:) malah mengacunya kesini: https://commons.wikimedia.org/wiki/Special:UploadWizard --Erik Fastman (bicara) 6 Februari 2015 21.04 (UTC)

Hi Erik Fastman, it's because they barely used that functionality. See [22]. Best, --Elitre (WMF) (bicara) 25 Februari 2015 19.19 (UTC)

Perihal Gambar Pilihan

Hal ini sudah terjadi lama banget, cuman coba deh liat keanehan ini. Di Halaman Utama (HU), Gambar Pilihan (GP) yang ditampilkan dalam halnya "Periode sekarang" berbeda dengan GP yang ditampilkan di Wikipedia:Gambar pilihan (WP:GP) yang masih menampilkan GP pada periode sebelumnya, misalnya untuk yang sekarang, GP yang ditampilkan di HU adalah GP periode 10 2015, namun GP yang ditampilkan di WP:GP yang ditampilkan sebagai periode yang sekarang adalah GP pada periode sebelumnya yakni GP periode 9 2015, sementara untuk GP periode 10 2015 ditampilkan sebagai GP periode selanjutnya. Kok jadi kagak kompakan ya ? Ada yang bisa ngompakinnya ? --Erik Fastman (bicara) 8 Februari 2015 00.51 (UTC)

Itu karena halaman WP:GP perlu di-purge. Salam. ·· KℇℵℭK 8 Februari 2015 01.36 (UTC)

Tech News: 2015-07

9 Februari 2015 16.26 (UTC)

Content Translation - Activating publishing to Wikipedia's main namespace on 17th February 2015

Hello, since the availability of Content Translation beta-feature on the Indonesian Wikipedia 9 articles have already been published using the tool. We have been monitoring the system and have not found any major issues. On 17th February 2015 we are prepared to switch publishing newly translate pages directly into the main namespace from Content Translation. Please let us know through the project Talk Page or phabricator if there are any bugs/issues that would need immediate attention prior to this. Thank you.--Runa Bhattacharjee (bicara) 10 Februari 2015 11.33 (UTC)


Runa Bhattacharjee (bicara) 10 Februari 2015 11.33 (UTC)

Pertanyaan

Mengapa birokrat tidak bisa mencabut jabatan pengurus? Haryo200044444 (bicara) 11 Februari 2015 12.59 (UTC)

Halo! Justru yang memiliki hak untuk memberikan maupun mencabut status pengurus adalah birokrat, tetapi birokrat tidak dapat mencabut statusnya sendiri. Jika birokrat ingin mencabut statusnya atau diindikasi melakukan pelanggaran, maka yang berhak mencabut status tersebut adalah steward. -- Bonaditya (bicara) 20.13, 11 Februari 2015 (WIB)
@Bonaditya Sedikit diralat, sepertinya di WPID pencabutan status pengurus tidak bisa dilakukan oleh birokrat, tetapi kalau di ENWP sekarang ini bisa (kalau tidak salah). -- Wagino 20100516 (bicara) 13 Februari 2015 04.48 (UTC)
@Haryo200044444 Jika kamu penasaran tentang perkakas para pengguna di proyek Wikimedia, silakan kunjungi halaman ini untuk melihat apa saja userrights yang ada saat ini dan apa saja yang bisa dilakukan oleh perkakas tersebut. Semua perkakas itu berlaku (hampir) di seluruh proyek Wikimedia dan semuanya bisa diubah oleh steward, termasuk superprotect-nya para Staff. -- Wagino 20100516 (bicara) 13 Februari 2015 04.52 (UTC)
Whoops, saya salah (terima kasih atas koreksinya Wagino 20100516). Saya melengkapi saja, birokrat hanya bisa memberikan status pengurus namun tidak dapat mencabutnya. Permintaan pencabutan pengurus dapat dilakukan di halaman permintaan perhatian steward. -- Bonaditya (bicara) 12.02, 13 Februari 2015 (WIB)

Yang lainnya, apa yang dimaksud dengan pelindungan superprotect? Haryo200044444 (bicara) 13 Februari 2015 13.19 (UTC)

Yang ditanyakan itu merupakan salah satu jenis perlindungan agar artikel tersebut tidak mudah dirusak oleh suntingan yang tidak berniat baik. JohnThorne (Bicara) 13 Februari 2015 23.47 (UTC)
Mengapa tidak ada halaman yang dilindungi dengan sunting: allow only superprotect users dan pindahkan: allow only superprotect users? Apa maksudnya? Haryo200044444 (bicara) 14 Februari 2015 12.01 (UTC)
Ada koq halaman yang diberi superprotect, yaitu halaman common.js wiki Jerman karena terjadi perselisihan antara pengurus wiki Jerman dan Staf Wikimedia. Tapi level proteksinya kemudian dibuka kembali setelah dicapai kata sepakat. Superprotect adalah merupakan kemampuan memproteksi halaman yang hanya dimiliki Staf Wikimedia, sehingga pengurus pun tak dapat membuka proteksi tersebut. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Sabtu, 14 Februari 2015 - 19:53 wib.

Infobox Patriarkh

Tadi saya pas bikin artikel kok pada bagian Infobox Patriarkh-nya yang bagian gambar atau lambangnya kok yang muncul cuma nama berkasnya aja. Saya coba berkali-kali yakni dengan cara ngasih [[]], ngubah nama berkasnya, tapi tidak berhasil. Padahal berkasnya berasal dari Commons. Ini bagian yang saya maksud: Manuel_José_Macário_do_Nascimento_Clemente#Patriarkh_Lisbon

Ada yang satu kenapa & ada yang tau cara memperbaikinya ? --Erik Fastman (bicara) 13 Februari 2015 11.15 (UTC)

Selesai Fixed  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 13 Februari 2015 - 22:29 wib.

Bentuk penyalahgunaan sistem

Apa saja bentuk-bentuk penyalahgunaan sistem? Haryo200044444 (bicara) 13 Februari 2015 13.27 (UTC)

Apa saja akibat dari penyalahgunaan sistem itu? Haryo200044444 (bicara) 13 Februari 2015 13.27 (UTC)

Penyalahgunaan sistem dapat bermakna luas dan pada dasarnya adalah pelanggaran konsensus yang telah dibuat agar sistem itu dapat berjalan baik.

Akibat penyalahgunaan sistem adalah terganggunya kerja sistem itu sendiri. JohnThorne (Bicara) 13 Februari 2015 23.49 (UTC)
Apa saja jenis-jenis penyalahgunaan sistem? Haryo200044444 (bicara) 14 Februari 2015 12.03 (UTC)
Konteks pertanyaannya dalam hal apa? Sistem Wikipedia, sistem komputer secara luas atau sistem hukum negara? Kalau konteks pertanyaannya jenis penyalahgunaan sistem hukum, jenisnya bisa tindak pidana atau perdata.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Sabtu, 14 Februari 2015 - 20:05 wib.

Bot migrasi Wikidata

Saya lihat EmausBot, bot yang ditugaskan untuk memigrasikan interwiki ke Wikidata, hanya bekerja pada penginterwikian artikel, sementara untuk templat, kategori, dlsb tidak pernahsudah lama tidak memigrasikan interwikinya. Sehingga pada akhirnya pemigrasian interwiki pada templat, kategori, dlsb hanya dapat dilakukan secara manual. Ada tidak yang bersedia meminta agar EmausBot juga ditugaskan memigrasikan interwiki selain interwiki artikel atau bikin bot sendiri untuk memigrasikan interwiki pada templat, kategori, dlsb --What a joke (bicara) 16 Februari 2015 05.24 (UTC)

Ada koq. Kontribusi pada templat, kategori, berkas...dll.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 16 Februari 2015 - 16:21 wib.
Tau sih, tapi coba deh lihat tahun berapa EmausBot terakhir kali melakukan kontribusi pada berkas & templat. Pada kontribusi templat terakhir kali ia melakukannya sudah dari 27 Juli 2013 sementara pada kontribusi berkas terakhir kali ia melakukannya sudah dari 23 Juli 2013, padahal sampe saat ini masih ada berkas-berkas & templat-templat baru yang dibuat yang tak sedikit dari mereka masih ada yang perlu diimigrasikan ke Wikidata. Apakah mungkin sejak Juli 2013 tersebut EmausBot lupa mengkontrol penginterwikian berkas & templat ? --What a joke (bicara) 16 Februari 2015 14.08 (UTC)
Kalau tau... ya jangan kasi info bahwa bot tersebut "tidak pernah", tapi sudah lama tidak melakukan. Itu artinya Anda memberikan Alamat palsu eh info palsu.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 16 Februari 2015 - 21:55 wib.
Maksudnya saya taunya setelah Anda memberi informasi tentang kontribusi EmausBot. Sementara sebelumnya saya belum mengecek kontribusinya EmausBot. --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 01.22 (UTC)
Oiya, untuk berkas atau file tidak perlu dibuatkan itemnya di Wikidata, sesuai dengan kebijakan notabilitas di sana karena dianggap tidak valid (kebijakan nomer 1).  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Selasa, 17 Februari 2015 - 09:39 wib.
Bagaimana dengan templat ? --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 03.57 (UTC)

Tech News: 2015-08

16 Februari 2015 17.57 (UTC)

VisualEdit & Wikidata

Ketika saya menggunakan VisualEdit alias menyunting dengan cara mengklik "sunting" kok berat banget ya bahkan di komputer sekalipun. Selain itu juga kalau saya mengunjungi Wikidata & menginterwikikan artikel disana juga berat banget kalau lewat mobile. Wikidata juga tidak ada versi mobilenya. Sekiranya jika ada orang yang bisa mohon meminta atau membuat agar sistem pada Wikidata & VisualEdit dientengkan --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 05.37 (UTC)

@What a joke Saya pikir tidak mungkin dikarenakan VisualEditor dan Wikidata menggunakan js untuk interface, saya sudah pernah mengeluhkan hal yang sama tahun lalu, tapi tidak ada jalan keluar yang pasti. Salam.--AldNonBicara? 17 Februari 2015 05.49 (UTC)
Umh.., keliyan gak ada yg sempet baca Tech News diatas ya? Itu jelas2 dibilang soal "Software changes this week" antara 17 - 18 Februari. Jadi kalo server lagi kelebihan beban.... maklum ajalah.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Selasa, 17 Februari 2015 - 13:20 wib.
Gak juga wan, saya punya bukti kalau Wmflabs memang sampah biarpun servernya berbeda. Btw, Wikidata memang dah hancur dari sononya, wong js based.--AldNonBicara? 17 Februari 2015 14.30 (UTC)
Hmm...  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 18 Februari 2015 - 08:30 wib.

ContentTranslation: namespace switch

Hello,

As per the announcement we had made last week, we have now changed the configuration that will allow editors to publish new articles written using Content Translation, directly to the main namespace on the Indonesian Wikipedia. In case the article already exists in the Wikipedia, users will see an option to save the newly published translation under their user namespace. Unfinished articles will still continue to be saved as private drafts. Please do test this feature and let us know on the Content Translation Talk Page or Phabricator if there are any issues that cause interruptions. Thank You. --Amir E. Aharoni (bicara) 17 Februari 2015 21.18 (UTC)

Tahukan Anda?

Terhitung sejak 11 Februari 2015, Anda hanya memerlukan 1 halaman pengguna untuk seluruh wiki. Halaman pengguna Anda di meta akan tampil otomatis jika pada suatu wiki anda belum membuatnya. Untuk memastikan hal tersebut silakan kunjungi informasi akun global Anda. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 19 Februari 2015 - 16:18 wib.

Tech News: 2015-09

23 Februari 2015 16.28 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 27 Februari 2015 09.41 (UTC)


Bahasa

Nanya terjemahan

Apakah terjemahan yang tepat dalam bahasa untuk artikel Child prodigy dan Chess prodigy? Kalau pakai Google Translate diterjemahkan menjadi 'Anak ajaib'. Tapi rasanya agak gimana gitu terjemahannya. Adakah terjemahan yang lebih tepat? -Keenandiant (bicara) 2 Januari 2015 20.12 (UTC)

Kalau menurut definisi di en.wiki, memang artinya seorang anak (di bawah umur 18) yang mempunyai kelebihan (atau beberapa kelebihan) dari kemampuan normal seusianya. Jadi kalo dimaknai "anak ajaib" menurutku bisa saja (asalkan makna ajaib disini sifatnya lebih ke skill, bukan kesaktian) ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 2 Januari 2015 20.27 (UTC)
Iya. Ternyata di KBBI ada: [Anak ajaib: Anak kecil yang sudah mampu menguasai kepandaian yang dimiliki oleh orang dewasa]. -Keenandiant (bicara) 2 Januari 2015 21.50 (UTC)
Saya juga berpendapat terjemahan anak ajaib itu sudah tepat, sehingga ***_prodigy bisa diartikan menjadi Anak ajaib dalam bidang *** (olahraga, sains, dst). ibensis (What’s the Story?) 2 Januari 2015 23.54 (UTC)
Prodigy = Bakat luar biasa atau ajaib synonymous dengan Jenius.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 3 Januari 2015 00.04 (UTC)
Omong-omong soal child prodigy, jadi ingat Sheldon Cooper. Hahaha... SpartacksCompatriot (bicara) 6 Januari 2015 12.23 (UTC)
Dapat pula digunakan terjemahan: "berbakat luar biasa". Jadi child prodigy menjadi "anak berbakat luar biasa", sedangkan chess prodigy menjadi "pecatur berbakat luar biasa". JohnThorne (Bicara) 23 Januari 2015 16.46 (UTC)

Bahasa snb timu

Snb timu desa yang ramah,setelah puluhan tahun ditinggal para leluhur,sudah berubah drastis,dahulu kala disana terdapat satu bahasa yaitu bahasa aceh resmi,yang tercipta dengan datangnya seorang raja dari Turki. Setelah sekian tahun berlalu,muncullah beberapa bahasa baru,dan tanpa sadar telah menghilangkan bahasa khas snb timu Van Buntak (bicara) 6 Januari 2015 08.09 (UTC)

Bahasa Snb Timur? Secara pribadi saya baru tahu kalau ada bahasa ini. Kalau memang menurut Anda bahasa ini pernah ada, dan memiliki sumber rujukan tentang keberadaannya (ataupun kepunahannya), silakan Anda membuat artikelnya. Nanti bisa dilihat apakah artikel tersebut memenuhi standar Wikipedia Bahasa Indonesia atau tidak. Salam Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 6 Januari 2015 08.54 (UTC)

Bahasa Dewasa

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat malam. Gini, saya lagi memikirkan kata cocok untuk artikel NET. Padang, kata "Puber" apa boleh dimasukkan secara umum? dan gimana caranya supaya kata terlihat umum? Karena "Puber" adalah nama program/acara milik FATIVI, Wassalam.

Muhammad Hanafi 29 Januari 2015 14.30 (UTC)

Silakan menggunakan kata yang jelas maknanya dan dapat diterima baik oleh para pembaca. Jika kata-kata itu tidak layak, tentunya akan disunting oleh pengguna yang lain. JohnThorne (Bicara) 13 Februari 2015 23.51 (UTC)

Bahasa Ejain (Ejaan Indonesia)

Bagaimana caranya membuat bahasa sendiri diwikipedia. Saya berencana ingin membuat bahasa sendiri yaitu Ejain, Ejain adalah singkatan dari Ejaan Indonesia. Maksud saya ingin mempermudah cara pengucapan bahasa asing ke bahasa indonesia, seperti contoh : dari bahasa inggris "We" atau "kita" dalam bahasa indonesia, yang saya sederhanakan menjadi "Wi". "You" = Yu "Me" = Mi "I" = ai "Car" = Kar "Sunglass" = San-gles dll.

Prubahan (bicara) 8 Februari 2015 13.27 (UTC)

Rasanya Wikipedia bukan wahana yang tepat untuk tujuan Anda, mengingat dalam Wikipedia ada ketentuan untuk tidak memasukkan hal-hal yang merupakan riset asli. Kata-kata yang dipakai disesuaikan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia, supaya mutu penulisan Wikipedia ini dapat dihargai. Jadi ejaan yang diterima hanyalah yang sudah baku. Salam. JohnThorne (Bicara) 13 Februari 2015 23.54 (UTC)

Kata "beliau" diganti menjadi "dia"

Mohon pendapat teman-teman, agar lebih terasa ensiklopedis apakah kata "beliau" dapat diganti menjadi "dia" secara keseluruhan? Wagino 20100516 (bicara) 14 Februari 2015 09.29 (UTC)

Sepertinya boleh, agar memandang semua orang secara netral. ·· KℇℵℭK 14 Februari 2015 09.33 (UTC)
Setuju dengan alasan seperti mas Kenrick95... --Eddy bf (bicara) 14 Februari 2015 09.34 (UTC)
Baiklah! Sambil menunggu pendapat teman lainnya (jika ada), helper saya akan melanjutkan pekerjaannya dengan kontrol ketat. Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 14 Februari 2015 09.41 (UTC)
Saya juga setuju. alagos 14 Februari 2015 10.50 (UTC)
Amat sangat tidak ensiklopedis, menyebut kata ganti orang ketiga harus repot-repot dengan cara menghormati menggunakan sebutan "beliau". Jadi saya tidak sepakat menggunakan kata "beliau". Ngapain kita harus menghormati tokoh di sini? Semua orang yang kita tulis memiliki kesetaraan, dan kita harus netral dalam menuliskannya, termasuk kepada nama nabi, nama tuhan yang dianut agama-agama. Beberapa artikel bertopik biografi yang melibatkan kata "beliau" memang pernah saya sunting menjadi "dia". Namun karena diskusi ini belum final dan barangkali kata "beliau" akan diperbolehkan sebagai keputusan final, maka kepada perintis/penyunting artikel yang pernah saya sunting, saya mohon maaf. Silakan beritahukan kepada saya judul artikelnya, nanti akan saya ganti menjadi "beliau" kembali, sebagai bentuk penghormatan. Terimakasih. Andriana Suke (bicara) 24 Februari 2015 18.42 (UTC)

Terjemahan "akik"

Manakah artikel di Wikipedia bahasa Inggris yang paling tepat diterjemahkan menjadi artikel Akik atau batu akik? Apakah Carnelian, Agate, Chrysoprase, atau Onyx? Karena Wikipedia Indonesia belum memiliki artikel batu akik -114.125.10.175 15 Februari 2015 14.39 (UTC)

Bukan dari semuanya itu, tapi termasuk semuanya. Karena batu akik itu bermakna luas, yaitu batu cincin dari berbagai macam jenis batu. Buat saja artikel baru dengan menambahkan cuplikan-cuplikan dari masing-masing artikel diatas. Menurut saya begitu.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 15 Februari 2015 - 21:53 wib.

Huruf miring

Selain untuk penamaan karya, apa saja sih yang harus kita tulis dengan huruf miring? Apakah kata serapan dari selain bahasa Indonesia yang belum dibakukan boleh dimiringkan? Apakah judul acara televisi semisal Sentilan Sentilun boleh dimiringkan ketika ditulis di tengah kalimat? Apakah nama media massa seperti Kompas, Media Indonesia, Suara Merdeka harus dimiringkan? Saya cuma khawatir, barangkali terlalu seringnya memiringkan kata di wikipedia lantaran hanya berpatokan pada apa yang sering saya baca di media massa atau buku melanggar kebijakan. Terimakasih - Andriana Suke (bicara) 24 Februari 2015 19.13 (UTC)

Sudah ada pedomannya untuk penulisan teks tersebut. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 25 Februari 2015 - 09:08 wib.
Ya, sebelumnya sudah saya baca. Pertanyaan ini, secara tersirat, hanya untuk mengingatkan pentingnya sebuah pedoman. Andriana Suke (bicara) 25 Februari 2015 02.29 (UTC)

Berita

Happy Public Domain Day!

Logo Public Domain Day

Feel free to translate this message in your language!

On January 1 we celebrate Public Domain Day as many works of authors who died 70+ years ago now enter the public domain and can be used freely.

Let us be aware: copyright is temporary. It only lasts during the authors lifetime and 70 years afterwards (in most countries). During those years it is limiting Wikipedia and her sister projects in showing works of art, literature, public art and buildings in countries without freedom of panorama, and more in the articles. But now a new batch is freed from copyrights!

An overview of images and texts that are restored or added to the Wikimedia Commons, are collected on: this page.

Many of these files still need a place in articles. You can help!

You can also help by uploading new files of subjects that are freed of copyrights.
You can also help by tagging all requests for deletion pages with the category when the file can be restored, which will be/was deleted.

As I follow the log of restored files this week, more images and texts will follow. If still files or texts are missing in the list, let me know or add them yourselves.

A very happy Public Domain Day! Romaine (bicara) 1 Januari 2015 18.05 (UTC)


  • Some of the freed files:

Emoticon baru

Karena saya pikir penggunaan emoticon sangat membantu interaksi yang lebih hidup, saya menyumbangkan tujuh14 emoticon baru dalam bentuk muka manusia. Silakan digunakan :)

  • {{Hah}} -
  • {{Haha}} -
  • {{Huah}} -
  • {{Hihi}} -
  • {{Hmm}} -
  • {{Huff}} -
  • {{Grr}} -
  • {{Huh3}} -
  • {{Hiks}} -
  • {{Pokerface}} -
  • {{Kya}} -
  • {{Troll}} -
  • {{Waduh}} -
  • {{Siul2}} -
  • {{Licik}} -
  • {{Takut}} -
  • {{Ihiy}} -

Hariadhi - Ngobrol 3 Januari 2015 07.29 (UTC)

Wah cukup menarik nih mas, akan saya coba ah nanti dalam suatu pembicaraan. -Denny eR Ge (bicara) 3 Januari 2015 10.31 (UTC)
hihihiiiii Mantappz
Suka ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) menyukai ini.
Sip dipakai ya Hariadhi - Ngobrol 3 Januari 2015 16.07 (UTC)

Har, rekues {{wkwk}} dan/atau {{wkwkwk}} dong . Tawa khas dalam Bahasa Indonesia... ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 01.34, 19 Januari 2015 (WIB)

mau bagaimana ekspresinya? Hariadhi - Ngobrol 25 Januari 2015 06.28 (UTC)
Ini ya Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 06.53 (UTC)

ProyekWiki Perkeretaapian

Bagi wikipediawan/wikipediawati yang ingin bergabung dalam Wikipedia:ProyekWiki Perkeretaapian dipersilakan masuk dan menandatangani pada bagian "Anggota". Di ProyekWiki ini kita dapat mengembangkan artikel bertopik kereta api di Indonesia dan dunia.

Maju terus perkeretaapian Indonesia. Salam KA. Alqhaderi AliffianikoBicara 22 Februari 2015 06.40 (UTC)

Lain-lain

Kampung vs Kelurahan/Desa

Saat menelusuri Rintisan Kelurahan Des 2014, saya perhatikan ada beberapa nama "kampung" yang menurut saya mestinya tidak berada dalam kategori "kelurahan" tapi lebih tepatnya "sub" dari kelurahan (kampung, RW, RT, atau apalah istilahnya). Intinya: Mohon ditinjau/diperbaiki. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 25 Desember 2014 23.51 (UTC)

Kesalahan pada templat {{kelurahan-stub}}, yang mengkategorikan rintisan artikel desa/kampung/kelurahan secara otomatis ke dalam kategori rintisan kelurahan, sesuai waktu suntingan pertama. Suntingan dilakukan oleh Bennylin. Kiranya kita dengarkan penjelasannya terkait hal ini (summon: Bennylin (bicaraAdminwpo.png). -- Adiputra बिचर -- 26 Desember 2014 06.37 (UTC)
Contoh halaman? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 17.36, 28 Desember 2014 (WIB)
Silakan jelaskan unek-unek Anda, Pak Andiazamuddin (bicara). -- Adiputra बिचर -- 28 Desember 2014 12.37 (UTC)

────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────Cihiris, Cikiray, Cepak Cengir, ini adalah sebagian contoh yang menurut saya tidak masuk dalam kategori "Kelurahan", tapi lebih tepatnya "sub-kategori" (misalnya kategori Kampung). Demikian. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 28 Desember 2014 14.43 (UTC)

Karena menggunakan {{kelurahan-stub}}, bukan {{kampung-stub}} (non-eksisten juga sih). Saya pribadi lebih cenderung menggabungkan semua kampung ini (dati V?) ke satuan terkecil yang masih layak dibahas, yaitu kelurahan/desa (dati IV), dalam hal ini Cihiris, Cikiray, Cepak Cengir menurut saya belum layak berdiri sendiri, dan sebaiknya digabungkan ke Cisarua, Nanggung, Bogor. (Selain fakta bahwa nomenklaturnya kita hanya sampai dati IV: [[<dati IV>, <dati III>, <dati II>]]). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin negosiasi 21.02, 7 Januari 2015 (WIB)
Pak Benny dan teman-teman lain, salah satu artikel yang dipertanyakan di atas, yakni Citumbuk, telah pernah beberapa kali dihapus (arsip: ini dan ini); salah satunya karena ketika itu menyalahi format judul artikel yang menyerupai format judul (nama) kecamatan. Di samping itu, saya --salah satu pengusul penghapusan-- berpandangan bahwa artikel mengenai kampung/dusun atau unit wilayah di bawah desa umumnya, akan jadi sangat banyak jumlahnya bila diberi ruang tersendiri, sementara di pihak lain artikel desa (yang juga banyak jumlahnya) umumnya masih minim isi (bahkan, artikel Desa Cisarua, Nanggung, Bogor pun, yang melingkupi kampung-kampung yang dibahas ini, masih kosong). Karena itu lebih baik jika info kampung-kampung itu diintegrasikan ke artikel desanya. Alasan ini pernah saya sampaikan kepada Ezagren dan salah satu kontributor artikel Citumbuk, yakni sdr. Endang Sholihuddien (lihat di sini). Akan tetapi setelah dihapus untuk ke sekian kalinya awal Desember lalu, artikel ini sekarang muncul lagi, malahan disertai dengan artikel kampung-kampung yang lain di Desa Cisarua itu sebagaimana ditulis Andiazamuddin di atas. Untuk itu, saya mohon ketegasan konsensus kita bersama soal artikel kampung (dati V) ini, apakah akan terus difasilitasi sebagai artikel mandiri atau digabungkan saja ke dalam artikel desa (dati IV)? Salam, Wie146 (bicara) 13 Januari 2015 04.08 (UTC)
Saya sependapat dengan Sdr.Wie146. Menurut hemat saya, artikel kampung (kecuali untuk Provinsi Lampung) dan yang setingkat/Dati V digabung dan ditulis di artikel Daerah Tingkat IV, lihat:{{Daerah administrasi Indonesia}}. Saat ini sudah banyak desa yang mempunyai situs web resminya sendiri, dengan adanya domain xxx.desa.id. Sehingga memudahkan kita untuk mengembangkan artikel Dati IV menurut sumber tepercaya. Salam, Bozky (bicara) 13 Januari 2015 05.03 (UTC)
Sebagai tindak lanjut atas diskusi di atas, maka artikel-artikel berikut dialihkan ke Cisarua, Nanggung, Bogor:
Sementara Templat:Desa Cisarua, Templat:Parigi, dan Templat:Kampung Citumbuk dialihkan ke Templat:Nanggung, Bogor. Ke depan, kasus ini juga dapat menjadi preseden untuk artikel-artikel Dati V yang dibuat. 13 Januari 2015 09.01 (UTC)

Karena ketiga pengguna yang membuat (Endang Sholihuddien, Idham Paulo, Adjie Dafrozt, + Iis Lisnawati) tidak terlibat dalam diskusi, silakan mereka dihubungi dan dijelaskan tentang Wikipedia:Kelayakan artikel/Desa, serta diarahkan supaya bisa berkontribusi mengembangkan Cisarua, Nanggung, Bogor.

Sekalian mengundang teman-teman untuk kembali berpartisipasi mendiskusikan proposal WP:DESA di atas. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 16.31, 13 Januari 2015 (WIB)

Terima kasih atas respons cepatnya, Pak Benny . Saya telah hubungi keempat pengguna termaksud di halaman pembicaraan mereka masing-masing. Salam, Wie146 (bicara) 13 Januari 2015 16.57 (UTC)

Wikipedia for All

Salam, semuanya yang ada ditempat. Saya Irfansyah , saya mengusulkan bagaimana jika kita buat Wikipedia menjadi lebih Global, Fun and Number One, dengan Wikipedia for All. Dengan fitur ini, kita membuat Wikipedia menjadi lebih Simple, bisa di akses dimanapun, kapanpun, cepat dan mudah, baik di versi Mobile maupun Dekstop. Dengan adanya fitur ini, masyarakat bisa mengupload file seperti data data biografi seseorang, film, wilayah negara/daerah dll. Seperti yang ada di wikipedia semudah membalikan telapak tangan, dengan lebih menarik. tapi, dengan mempunyai akun yang jelas, sehat dan mempunyai manfaat (tentu dengan pembuatan akun dan akan diproses dengan jangka waktu 1 hari). Nanti kita bicarakan lagi

Musaif 1 Januari 2015 11.36 (UTC)

Kp. Babakan, Des. Tarikolot, Kec. Citeureup. Bogor. 01/Januari/2015

Trims bung Irfansyah, atas masukan, dan semangatnya. Seperti yang Anda lihat, saat ini Wikipedia bahasa Indonesia sudah melakukan hal tersebut, global, fun, simpel, dan "number One" di Indonesia . Untuk lebih menghidupkan WBI ini mari berkreativitas dengan membuat artikel-artikel yang menarik. Salam untuk Anda. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Januari 2015 13.04 (UTC)

Ada apa dengan Biografi?

Aneh aza pas nge-link ke Biografi. Mestinya berisi daftar/kategori biografi atau tokoh....

Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 5 Januari 2015 19.55 (UTC)

Divandal.. jika lain kali merasa suatu artikel tidak wajar isinya, buka saja bagian "Riwayat Suntingan". Di sana bisa ketahuan siapa saja yang mengacau dan versi mana yang lebih benar. Tinggal dikembalikan ke versi yang benar. Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 04.00 (UTC)

In memoriam

Sanko.jpg

Hiks... Selamat ulang tahun Pak, semoga kau tenang di sisi-Nya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 00.46, 7 Januari 2015 (WIB)

Rosen (Pinatypie).jpg Rest in peace...  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  02.22, 7 Januari 2015 (WIB)
Maaf agak telat, saya baru inget kalau Sanko itu editor terkenal di Wikimedia, dia aktif m:GLAM dan m:Public outreach, in memoriam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Januari 2015 12.42 (UTC)

Diskusi Commons tentang PD-IDGov

https://commons.wikimedia.org/w/index.php?title=Commons:Village_pump&oldid=145571911#All_Indonesian_government_pictures_are_copyvio

Tunggu orang-orang Commons komentar dulu ya, lihat situasi dulu, yang lain baca-baca dan ikuti dulu aja. Kemungkinan akan aku ajukan Request for Comment. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 06.02, 7 Januari 2015 (WIB)

Hii syereeem.... itu semua mau dihapus dari commons? #glek  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  06.49, 7 Januari 2015 (WIB)
Menurut Undang-undang Hak Cipta Indonesia terbaru :UU Nomor 28 Tahun 2014, pasal 43, penggandaan foto presiden dst... tidak termasuk kepada pelanggaran hak cipta. Boleh saya komentar di commons, Mas Benny ? Sepertinya para pengurus di commons belum diupdate mengenai undang-undang terbaru tersebut. Bozky (bicara) 7 Januari 2015 01.35 (UTC)
Boleh, mas. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 18.23, 7 Januari 2015 (WIB)
Semuanya berawal dari disaat mas relly gak bisa memberikan bukti ke OTRS disini c:Commons:Deletion requests/File:Joko Widodo official.jpg Padahal dia pegawai negeri/official. Perlukah saya komentar disana?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 02.10 (UTC)
Yap betul, saya pun mencoba beragumen disini : c:Commons:Deletion_requests/File:Jusuf_Kalla_official.jpg, mirip seperti dengan yang Relly lakukan. Saya mencoba dengan menganggap bahwa foto presiden adalah pengumuman, dan mencantumkan sumbernya. Namun setelah berlakunya undang-undang hak cipta terbaru tahun 2014, foto-foto tersebut dapat dipertahankan, minimal foto para presiden dan para wakil presiden RI. Bozky (bicara) 7 Januari 2015 02.24 (UTC)
Ini sih moot point/moot case, biarpun hukum memperbolehkan, website masih make copyright owned per 2010 di websitenya, commons gak berani masukan file secara terang terangan dari sumber yang menulis bahwa berkas tersebut dimiliki oleh mereka(situs tersebut) inilah kenapa Wikimedia punya m:OTRS, yah untuk membypass hal beginian, dengan memberikan keterangan langsung ke wmf via ticketing system, harusnya ntah relly atau siapapun dari pemerintah bisa berikan bukti di surel ke OTRS.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 03.45 (UTC)

Tentang UU 28/2014

Saya salin dulu UU-nya ke Wikisource. s:Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tolong dibantu menyalin bagian yang relevan dulu saja, terutama untuk menggantikan commons:Commons:Copyright_rules_by_territory#Indonesia ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 18.25, 7 Januari 2015 (WIB)

Memang harus ada sumber UU-nya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 12.06 (UTC)
Sudah saya buat tembusan, sekaligus baca ulang mana tau c:Com:fop juga bakal diganti.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 14.18 (UTC)

Tolong dong yang di Jakarta mengusahakan menghubungi

KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA
REPUBLIK INDONESIA
Jl. Veteran No. 18
Jakarta 10110
Telp:(021) 3845627

atau

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Jl. Merdeka Barat
Jakarta 10110
(dari indonesia.go.id)

atau

Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Informasi Publik
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
Tlp. (021) 3843858
email: ppid@setneg.go.id
Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Teknis Aplikasi Website
Asisten Deputi Dukungan Data Kebijakan dan Informatika
Tlp. (021) 3458595
(dari http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=8181&Itemid=)

dan dijelaskan tentang situs-situs *.go.id apakah berkas-berkasnya boleh dimuat dengan lisensi PD-IDGov (Domain Publik, semua hak dilepaskan, vs. berhak cipta). Kalau yang dihubungi tidak paham, minta dihubungkan dengan yang mengurus masalah HAKI, dan dijelaskan atau gimana lah. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 00.16, 8 Januari 2015 (WIB)

PS: Kalau benar mau mengubungi, jangan lupa minta foto presiden yang asli/resolusi tinggi. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 00.28, 8 Januari 2015 (WIB)
Berjalan Saya akan coba kirim email kembali Mas Benny. Saya sebenarnya sudah pernah mengirimkan email beberapa bulan yang lalu, tetapi itu hanya permohonan saya untuk bisa mendapatkan foto resmi presiden yang lengkap dengan tanda-tanda kebesaran. Sampai saat ini belum dibalas. Namun saya akan berkirim email kembali, sekaligus membicarakan masalah hak cipta berdasarkan UU terbaru tersebut. Bozky (bicara) 8 Januari 2015 03.48 (UTC)

Menurut saya UU ini perlu disosialisasikan lebih lanjut, terutama di kalangan Wikipediawan. Bacaan lebih lanjut (keyword: indonesian copyright law 2014)

Perbedaan antara UU 19/2002 dan 48/2014 yang relevan dengan Wikipedia:

19/2002 Pasal 14

Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

  1. Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
  2. Pengumuman dan/atau Perbanyakan segala sesuatu yang diumumkan dan/atau diperbanyak oleh atau atas nama Pemerintah, kecuali apabila Hak Cipta itu dinyatakan dilindungi, baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau diperbanyak; atau
  3. Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.

(yang dicetak tebal ditafsirkan di Commons termasuk situs pemerintah *.go.id yang memiliki simbol © di situsnya)

48/2014 pasal 43

Perbuatan yang tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta meliputi:

  1. Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan lambang negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
  2. Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan segala sesuatu yang dilaksanakan oleh atau atas nama pemerintah, kecuali dinyatakan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan, pernyataan pada Ciptaan tersebut, atau ketika terhadap Ciptaan tersebut dilakukan Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan;
  3. pengambilan berita aktual, baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lainnya dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap; atau
  4. pembuatan dan penyebarluasan konten Hak Cipta melalui media teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat tidak komersial dan / atau menguntungkan Pencipta atau pihak terkait, atau Pencipta tersebut menyatakan tidak keberatan atas pembuatan dan penyebarluasan tersebut.
  5. Penggandaan, Pengumuman, dan/atau Pendistribusian Potret Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, Pahlawan Nasional, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian / lembaga pemerintah non kementerian, dan/atau kepala daerah dengan memperhatikan martabat dan kewajaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak ada bedanya sih menurut saya. Walaupun ada tambahan ayat ke-5 (e) tentang potret negarawan, sehingga foto presiden bisa tetap dimuat dengan ayat tersebut. (bandingkan dengan foto negarawan Thailand, misalnya, yang berhak cipta, sehingga tidak ada satu pun foto resmi negarawan Thailand yang bisa dimuat di Commons)

TODO: perbarui Templat:PD-IDGov dan versi bahasa Inggrisnya (en:Template:PD-IDGov dan commons:Template:PD-IDGov) ꦱꦭꦩ꧀Bennylin obrol 01.15, 8 Januari 2015 (WIB)
Tunggu pengguna lain yang tinggal di Jakarta.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 21.19 (UTC)
Ah, lupa menambahkan, kalau Pengurus commons.wikimedia -revi sudah ngasih lampu hijau untuk mengganti atau membuat template per hukum yang baru.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 21.20 (UTC)
Berjalan Sudah beberapa minggu ini, sejak UU yang baru tersebut disahkan, saya mencari terjemahan resminya dalam bahasa Inggris dari sumber terpercaya belum berhasil/ketemu. Bozky (bicara) 8 Januari 2015 03.52 (UTC)
Yang di en.ws diterjemahkan sendiri oleh @Tjmoel? [53]
Sepertinya bukan Mas, perkiraan saya mereka ambil dari sini. Bozky (bicara) 9 Januari 2015 09.51 (UTC)

Fair use

Kenrick di IRC bilang sama saya Wikipedia:Penggunaan media nonbebas Juga harus diperbaharui, @Bennylin.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 18 Januari 2015 13.30 (UTC)

Wikipedia Indonesia sudah memiliki IRC yang lama defunct

Halo! Saya bersama Bennylin dan beberapa Wikimediawan sudah mengaktifkan kembali ruangan #wikipedia-idconnect. Kegunaan ruangan ini untuk berkomunikasi antar pengguna layaknya fitur obrolan di Facebook. Jika ada pertanyaan apa dan bagaimana secara lebih detail mengenai IRC, silakan diajukan . Salam! -- Bonaditya (bicara) 06.16, 7 Januari 2015 (WIB)

Bonaditya, saya lihat ada user wm-bot, kira-kira fungsinya apa ya? Juga apakah ada semacam perintah ke suatu bot untuk melakukan tugas tertentu? – komentar tanpa tanda tangan oleh ‎S Rifqi (bk) .
@‎S Rifqi: Mohon maaf, saya baru balas sekarang. Silakan Anda melihat halaman wm-bot di Meta, semoga membantu! -- Bonaditya (bicara) 11.14, 13 Februari 2015 (WIB)

Vandal

Tolong diperiksa akun anon 103.19.81.76. Dia memvandal artikel Goblin (lihat) dengan nama yang tak pantas. Saya mau memberi tag "vandal" tapi tidak saya temui Halaman Pembicaraannya (pranala merah). Trus saya periksa kontribusinya, ternyata memang dia melakukan beberapa vandal lainnya. Thanks Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 05.46 (UTC)

Halooo?? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 17.34 (UTC)
Sudah saya berikan peringatan Pembicaraan_Pengguna:103.19.81.76, tunggu dia bertindak lagi baru berikan peringatan lainnya, atau blokir, tapi bila dia dalam masa panjang baru melakukan vandalisme lagi, blokir tidak diperlukan, balikan suntingan dia lalu berikan peringatan saja sudah cukup.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 17.59 (UTC)

Pernyataan maaf dari Relly Komaruzaman

Berdasarkan kata-kata bijak yang dibaca oleh saya di halaman pengguna Sdr. Hariadhi yang berisikan tiga kata yang selalu berhasil memperbaiki masalah di dunia yang berupa maaf, tolong, dan terima kasih. Dengan ini, saya menyatakan bahwa:

"Mohon maaf atas penganvasan yang telah diaksikan oleh saya dengan melakukan kampanye untuk memilih saya sebagai pengurus. Selain maaf, tolong dukung saya menjadi pengurus. Selain maaf dan tolong, sekaligus saya berikan ucapan terima kasih atas dukungannya nanti. Kepada Sdr. Hariadhi, saya tambahkan kata ke-4 yang berupa salam yang merupakan kata istimewa untuk Anda yang berhasil menghilangkan aksi pensiun dari saya untuk keduakalinya di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya juga tidak ada kegiatan positif dalam penggunaan Internet selain mengunduh film dan menonton YouTube. Saya kembali aktif berkontribusi lagi hingga waktunya tiba untuk pensiun secara sungguhan nantinya."

—Relly Komaruzaman

Saya akan mulai bersahabat dengan kontributor aktif lainnya dengan menggunakan akun Facebook ini untuk berkomunikasi seputar persahabatan dan masa depan.

Relly Komaruzaman | Bicara 11 Januari 2015 18.31 (UTC)

Halo mas @Relly Komaruzaman, sebelumnya saya meminta maaf jika tindakan yang saya lakukan membuat Anda sempat ingin berhenti menyunting di Wikipedia. Saya melakukan blokir tiga hari kepada Anda hanya untuk mencegah tindakan canvassing yang telah dilakukan, saya juga berharap nantinya Anda juga dapat berkontribusi dengan baik di Wikipedia bahasa Indonesia.
Karena Anda sudah membuat pernyataan permohonan maaf, maka saya akan membuka kembali halaman pemungutan suara yang sempat saya tutup. Lain kali jangan mengandalkan mengirim pesan ke banyak pengguna untuk mendapatkan suara, melainkan ikuti saja proses pemilihan ini dengan demokratis. Satu lagi, jangan memprotes pilihan mereka jika seandainya tidak sesuai dengan harapan Anda. Biarkan pengguna memilih dengan bijaksana, ini juga untuk kemajuan Wikipedia bahasa Indonesia. Salam! -- Bonaditya (bicara) 17.22, 12 Januari 2015 (WIB)

Jenis Lisensi Berkas

Jenis lisensi apa yang harus dipakai untuk berkas? Karena hampir semua berkas saya dihapus oleh pengurus. Termasuk berkas yang memiliki ke halaman yang saya buat, padalam ada sebagaian halaman itu sudah diperiksa. Sekarang halaman2 tersebut tidak ada fotonya. Terima kasih Ubenuh Insor (bicara) 16 Januari 2015 16.42 (UTC)

@Ubenuh Insor Lain kali gunakan {{fairuse}} untuk berkas dari website atau luar atau gunakan {{DU-Sendiri}} untuk gambar buatan sendiri, jangan lupa sertakan sumber, dan alasan kenapa berkas tersebut diunggah(rationale), dan ingat, berkas yang tidak digunakan akan dihapus.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 16 Januari 2015 16.55 (UTC)

Hapus/Blokir Akun Saya Secara Permanen

Kepada pengurus WBI, tolong hapus akun/blokir akun saya ya. Sekalian halaman/berkas yang telah saya buat. Thanks Ubenuh Insor (bicara) 16 Januari 2015 18.47 (UTC)

Sejauh yang saya tahu Anda tidak melakukan aksi vandal, hanya saja beberapa artikel dan berkas yang Anda buat bermasalah. Sebaiknya tetaplah berkontribusi melalui akun Anda di WBI, walaupun beberapa artikel dan berkas yang Anda buat dihapus. Sepertinya tidak ada alasan agar akun Anda diblokir. Anbu (bicara) 16 Januari 2015 19.57 (UTC)
Pengurus tidak dapat memblokir pengguna yang tidak melakukan kesalahan dan tidak akan melakukan kesalahan di masa depan, sebaiknya anda menggunakan Wikipedia:Skrip CutiWiki atau Cuti paksa, sampai anda dingin dulu.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 16 Januari 2015 20.26 (UTC)

Agimitoeagim

Saya saat ini merasa resah dengan pengguna yang bernama Agimitoeagim (bicara) dan Agimkwekkwek (bicara). Ia telah berkali-kali mengunggah gambar (mungkin > 50x) tanpa lisensi hak cipta (karya orang lain) tapi mau menunjukkan sumbernya. Saya ini sudah dua atau tiga kali memberi peringatan tetapi ia seperti tidak mau menghiraukan peringatan tersebut bahkan saya mengancam agar memblokir pengguna tersebut. Terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 18 Januari 2015 09.06 (UTC)

@Alqhaderi Aliffianiko, sedang saya kerjakan penghapusannya, mengenai blokir, saya pikir jangan, beberapa hari ini dia tidak beraksi kembali. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.41 (UTC)
@Alqhaderi Aliffianiko@Calvin Wisanto Semua berkas sudah saya hapus dan pengguna sudah saya blokir selama 3 bulan, terima kasih untuk laporannya. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 12.31 (UTC)

Mohon ditinjau artikel Rahmatullah dari Banjar

Mohon ditinjau artikel Rahmatullah dari Banjar, apakah gaya penulisannya memang demikian? Sebagai pembaca, saya hanya merasa janggal dengan over-tab di dalamnya. Memang tujuannya adalah menyampaikan silsilah dari generasi ke generasi, tapi apakah tak ada cara lain yang lebih baik/bagus sehingga pembaca merasa enak membaca artikel tersebut. Tapi kalau memang begitu aturan penulisannya, ya tak apa-apa. Thanks. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 13.33 (UTC)

PING! ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 21 Januari 2015 20.10 (UTC)
Bung Andi. Tentu Anda boleh mengedit artikel itu sehingga lebih enak dibaca, misalnya dengan memindahkan silsilah yang panjang itu ke dalam artikel baru dan kemudian memberinya judul yang tepat. Sementara itu, pada artikel lama yang dipangkas, Anda beri keterangan atau pranala yang jelas ke silsilah yang dipindahkan itu. Sehingga pembaca lebih dimudahkan, namun tetap punya pilihan/tidak kehilangan info jika memang memerlukannya. Salam, Wie146 (bicara) 22 Januari 2015 10.00 (UTC)

Tolong Check Lisensi Berkas Ini

Kepada Pengurus WBI, tolong Check Jenis lisensi berkas ini Berkas:Wendy Afiana Wilson.jpeg, apa benar atau salah? Sekalian Halaman Wendy Afiana yang menggunakan berkas tersebut. Thanks Ubenuh Insor (bicara) 19 Januari 2015 15.28 (UTC)

Berkas tidak berlisensi (lihat). Hanya isi ringkasan berkas saja. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 16.27 (UTC)
Silakan masukkan {{CC-BY-SA-3.0}} pada halaman edit ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 16.31 (UTC)

Arti warna arsiran dalam Kontribusa Pengguna

Saya memperhatikan ada beberapa warna (pink, hijau, biru, orange, dll) di Istimewa:Kontribusi pengguna. Itu maksudnya apa? Makasih ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Januari 2015 23.53 (UTC)

Anda menanyakan besar bita atau mengenai revisi? karena keduanya sama sama menggunakan warna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 00.13 (UTC)
Kalau versi revisi? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Januari 2015 01.57 (UTC)
Pink/oranye berarti revisi tidak terperiksa, tanpa warna berarti tidak pernah diperiksa sama sekali, biru berarti revisi yang sudah terperiksa.(hanya berlaku di ruang nama artikel dan templat)-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.01 (UTC)
Untuk besar bita merah semakin tajam warnanya berarti besar bita (data konten) yang dihapus semakin besar, hijau semakin tajam warnanya berarti besar bita (data konten) yang ditambahkan atau dimasukan semakin banyak, contoh : disaat Anda menambahkan konten ke dalam artikel, semakin banyak yang Anda tambahkan akan semakin tajam warna hijaunya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.04 (UTC)
Trims, mas, sangat bisa difahami ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Januari 2015 02.08 (UTC)

@Aldnonymous & @Andiazamuddin 👍 Iwan Novirion menyukai ini.

Membuat pembicaraan pengguna

Saya bermaksud ingin menyampaikan sesuatu (saran, peringatan, dan semacamnya) ke seorang pengguna, namun halaman pembicaraannya masih tidak aktif (redlink). Apakah harus menunggu, atau bagaimana? (Saya bermaksud membuatnya, namun khawatir melanggar hak pengguna ybs). ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 27 Januari 2015 16.57 (UTC)

Silakan sapa dia dengan ucapan selamat datang agar anda dinilai ramah dengan pengguna baru, kemudian sampaikan sesuatu tersebut. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 27 Januari 2015 17.05 (UTC)
Berarti Boleh ya? Makasih mas Wagino atas masukannya. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 27 Januari 2015 17.14 (UTC)

Artikel Sambirenteng, Tejakula, Buleleng

Menurut saya artikel ini masih perlu dikembangkan lagi. Jika ada yang mengetahui tentang artikel ini silahkan menulis di bawah diskusi ini. Desa ini adalah desa di utara bali. *~DIMA&SMILE~* (bicara) 29 Januari 2015 14.21 (UTC)

Silakan dikembangkan artikel desanya, mas @Sudi dima. Tambahkan foto-foto alam sekitar desa, balai desa atau lainnya. Bebas koq mas. Khan ensiklopedia yg bebas disunting siapa saja. Lagipula yang paling tahu soal desa tempat tinggalnya, tentu orang yang tinggal di desa tersebut. Selamat menyunting  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.15, 29 Januari 2015 (WIB)

Logo Karya Sendiri

Assalamu'alaikum, selamat malam pak Mimin. Saya punya berkas, lihat dibawah

Format svg, diedit dari Adobe Illustrator CS3, dibuat dari sumber asli di YouTube, sumber asli gambar tidak ada, gimana lisensinya? Wassalam.

Muhammad Hanafi 29 Januari 2015 14.46 (UTC)

@Mhanafi95x - Wa'alaikum Salam. Sudah benar itu lisensinya {{LogoTV}}, karena yang memiliki lisensi atas logo tersebut, ya pihak stasiun TV nya. Walaupun gambarnya buatan Anda sendiri. Oya, untuk membubuhkan tanda tangan pada percakapan, silahkan dibaca artikel Bantuan:Tanda tangan. Selamat menyunting.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.04, 29 Januari 2015 (WIB)

Memindah Artikel Otobiografi

Baru-baru ini Saya memindahkan artikel Ahmad Ardian yang dibuat oleh Pengguna:Ahmad Ardian. Karena saya (sempat) berpikir, ini adalah tindakan yang menyalahi kebijakan Wikipedia bukanlah, maka artikel saya pindah ke Pembicaraan Pengguna:Ahmad Ardian. Apakah yang saya lakukan keliru? Jika ya, maka akan saya kembalikan ke versi awal (dengan tag yang semestinya). ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 29 Januari 2015 20.43 (UTC)

@Andiazamuddin - Halo, saya ingin memberi masukan saja:
Jika ada halaman tersebut, silakan pindahkan ke halaman penggunanya (jika masih kosong) dan pengurus akan menghapus halaman awal. Apabila halaman penggunanya sudah terisi, tidak perlu dipindahkan dan cukup diberi tag {{hapus|A7}}. Semoga membantu! -- Bonaditya (bicara) 04.45, 30 Januari 2015 (WIB)
YaY Sangat! Trims mas ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 29 Januari 2015 21.59 (UTC)
Tambahan Mas @Andiazamuddin. Artikel Otobiografi yang mas maksud dikategorikan sebagai Wikipedia:Vanitas. Dan untuk memantaunya sudah diberikan fasilitas bagi pengguna pada halaman Perubahan terbaru >>> di sini. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.04, 31 Januari 2015 (WIB)

Support Wikiversiti Indonesia

Selamat malam, sahabat WBI.
Baru-baru ini, saya ada mengajukan proposal Wikiversity Indonesia di MetaWiki. Dan atas saran Mas @Iwan Novirion, maka dalam kesempatan ini saya mengharapkan dukungan kawan-kawan di WBI agar proyek WVI bisa diterima oleh Dewan Bahasa di MetaWiki. Bentuk dukungan bisa disampaikan di laman proposal ini dengan memberi tag {{support}} pada bagian Supporters
Sekian dulu, and thanks a lot. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 31 Januari 2015 16.28 (UTC)

Ehm.. karena Wikiversity itu adalah Wiki University, apakah tidak sebaiknya diterjemahkan jadi Wikiversitas (Wiki Universitas)?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.39, 31 Januari 2015 (WIB)
Setuju Setuju pada penamaan Wikiversitas ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 31 Januari 2015 16.49 (UTC)
Setuju Setuju ngomong-ngomong kalo WikiVoyage Indonesia kok masih di Inkubator ya ?--Erik Fastman (bicara) 1 Februari 2015 06.53 (UTC)
Setuju Setuju untuk gagasan. Tapi apakah nantinya hanya universitas saja yang dimasukkan? Sedangkan institut, akademi, sekolah tinggi yang sama-sama perguruan tinggi apakah akan kita anaktirikan? Andriana08 (bicara) 1 Februari 2015 07.02 (UTC)
Jelas tidak, seperti halnya di WBI, semua yang terkait dengan pendidikan (lembaga, materi, dll) bisa dimasukkan (setahu saya). Btw, thanks dah support ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Februari 2015 10.32 (UTC)

Maksudnya Artikel Apa?

Di beberapa halaman wiki, WP:PPP dan WP:VA/PHE (yang saya tahu ada 2), kenapa muncul Kategori:Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan
Maksudnya artikel yang bagaimana? dan kenapa muncul di halaman Wikipedia? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Februari 2015 10.09 (UTC)

Transklusi templat, misal artikel tersebut diarahkan menggunakan {{tl}}/include category ke halaman lain, ini sengaja dibiarkan biar bisa dilihat pengguna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 1 Februari 2015 10.19 (UTC)
Yup betul, transklusi templat. Tepatnya transklusi dari templat {{fact}} atau templat [butuh rujukan] dari percakapan mas @Andiazamuddin dan @HaEr48 pada halaman WP:VA/PHE dan halaman tersebut berada (juga) pada halaman WP:PPP. Btw karena percakapan ini juga terdapat templat tsb, maka kategorinya juga muncul di Warkop ini (lihat dibawah).  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.04, 1 Februari 2015 (WIB)
Selesai Selesai Terimakasih mas Iwan dan mas Aldnon ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 2 Februari 2015 11.37 (UTC)

Bertanya

Assalamu alaikum.

Kawan, brp bln saya tinggalkan Wikipedia. Jadi, dahulu saya banyak menulis tumbuhan, kini ttg hewan, budaya, ke-Islam-an, dan pembenaran artikel. Yang saya kesal, artikel Islam dan kucing ada tokoh menentang hadits. untung sudah saya beri penegasan dengan sumber lain bahwa dia salah. Ada yang mau ngasih ide penulisan artikel? Wassalam. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 2 Februari 2015 09.10 (UTC)

Templat:Information

Hello,

(My apologies for writing in English.)

I'm reaching out to you because this wiki is the 4th wiki with the most files missing machine-readable information, and I'm hoping you can help.

As you may know, the official Licensing policy of the Wikimedia Foundation mandates that "Non-free content […] must be identified in a machine-readable format so that it can be easily identified by users of the site as well as re-users."

As part of the File metadata cleanup drive, I and others have been adding machine-readable markers to many templates, but that is not enough.

Many files on this wiki don't have an Information (or similar) template, which means that the description, author and source of the file can't be accessed by image tools.

Due to the high number of images to fix, it would take a long time to fix every file manually, so it's recommended to use bots. You may want to use a tracking category for the bot-fixed files, so you can check them later to improve the fields manually. In the meantime, the information will be available thanks to the bots, even if it's not perfect.

You may try different approaches to add the information template. What has worked well on other wikis is a progressive approach like this:

  1. Identify groups of similarly-formatted file pages (for example from the same user or series) and run a bot to add the template around the information.
  2. Otherwise, take larger groups of files, like files with a == Ringkasan == section, and put everything from that section into the "Description" field of the information template.
  3. Otherwise, do the same for all content on a file page that isn't a license template or a category.

This approach isn't perfect, since some information like the Author and the Source may be put into the Description field. However, it's better for it to be shown in the Description field than not be shown at all, at least until the file is checked manually.

More information is available in the how-to, and I'm also available if you need help. Over a third of all broken files have already been fixed across all wikis, and I'm hoping that we can continue this work to get rid of most of those files.

Guillaume (WMF) (bicara) 4 Februari 2015 19.26 (UTC)

Penggunaan Lisensi tidak tepat

Per peringatan Staff Wikimedia, saya melihat beberapa hari ini banyak yang asal menggunakan lisensi, contoh @Tian x-way (Berkas:Peta Pesisir Barat.jpeg) contoh 2 @Andiazamuddin (Berkas:Logo Sultan Adam.jpg) <--- Ini semua kejadian dalam waktu kurang dari setengah jam berarti dalam waktu 1 jam bisa dikatakan ada 4 pengguna mengunggah dengan lisensi asal asalan, saya sudah mendapatkan usulan dari Wikimedia di IRC, supaya mencabut hak pengunggahan pengguna biasa (hanya pengurus yang dapat mengunggah berkas), apa dilakukan saja?--AldNonBicara? 7 Februari 2015 15.25 (UTC)

Saya dan mas Aldnonymous sudah mendiskusikan di IRC mengenai pencabutan hak unggah berkas lokal bagi pengguna, rencananya yang bisa mengunggah berkas adalah pengurus dan pengguna yang sudah diberi hak "uploader" (ini juga dilakukan di Wikipedia bahasa Korea). Hal tersebut didasarkan pada halaman ini, di mana WBI sudah banyak sekali melakukan pelanggaran hak cipta. -- Bonaditya (bicara) 08.47, 8 Februari 2015 (WIB)
@Bonaditya Saya setuju. Di Wikipedia bahasa Rusia pun kalau tidak salah ada perkakas uploader. Wagino 20100516 (bicara) 13 Februari 2015 04.34 (UTC)
Saya koq ya kurang setuju. Apalagi jika dikaitkan dgn upaya sebelumnya untuk meminta ke phabricator agar ektensi UploadWizard diaktifkan di WBI. Karena kalau opsi pengunggahan "nantinya" hanya merupakan hak para "uploader" maka UploadWizard akan mubazir, karena seingat saya diskusi awalnya mengimplimentasikan UploadWizard adalah guna memberi edukasi pada pengguna Wikipedia Indonesia akan pentingnya hak cipta. Tapi jika tujuan edukasi dari Wikipedia dianggap tidak penting lagi, saya usul dimatikan saja sekalian opsi pengunggahan ke WBI, hingga baik pengguna maupun pengurus hanya dapat mengunggah ke commons saja. Jadi kerja pengurus WBI juga akan jauh lebih mudah, karena urusan pemeriksaan berkas akan dilakukan oleh pengurus Commons. Kenapa harus ribet dgn opsi uploader? #sarkasmodeon {{hiks...}}  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 13 Februari 2015 - 14:21 wib.

Owalah, pantas saja di Wikipedia bahasa Jawa sudah tidak bisa lagi melakukan pengunggahan berkas. Ternyata ini toh penyebabnya. Kalo boleh tau, untuk jadi uploader untuk Wikipedia2 yang telah dicabut hak pengunggahannya bagaimana ya ? --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 04.11 (UTC)

Tambahan: kalo di Uncyclopedia kok juga berkasnya harus pake lisensi ya ? Kemarin saya unggah berkas disana eh langsung dihapus tuh --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 05.19 (UTC)

Ping @What a joke, meluruskan pemahaman. Tidak ada yang dicabut haknya di wiki bahasa Jawa dalam hal mengunggah berkas. Semua pengguna bisa mengunggah berkas, bahkan pengguna anonim. Hanya saja berkas langsung di arahkan ke commons. Beda sekali dengan pembicaraan di sini mengenai pencabutan hak pengguna biasa untuk mengunggah berkas. Karena berkas akan tetap tersimpan di WBI (bukan di commons) namun hanya pengurus dan pengguna berstatus uploader yang dapat menggunggah berkas. Perlu dijelaskan status uploader disini akan seperti halnya status editor dan status rollback yang punya kriteria tertentu untuk dapat diberikan pada pengguna.
Mengenai mengapa Uncyclopedia juga butuh lisensi untuk gambar2nya. Ya iyalah... siapa juga yang mau terkena tuntutan hukum soal pelanggaran hak cipta?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Selasa, 17 Februari 2015 - 13:43 wib.

Apa terjemahan yang tepat untuk half brother/half sister ?

Saya mau tanya, terjemahan yang tepat untuk half brother/sister itu apaan ya ? setengah saudara/setengah saudari ? soalnya kalo diterjemahkan menjadi saudara/saudari tiri maka hal tersebut tidak cocok karena terjemahan yang tepat untuk saudara/saudari tiri adalah step brother/sister. Lagipula, pengartian untuk saudara/saudari tiri & step brother/sister adalah kerabat yang sama sekali tidak memiliki hubungan darah dengan seseorang sementara pengartian untuk half brother/sister adalah kerabat yang setidaknya masih memiliki hubungan darah dari ayah/ibunya tapi tidak keduanya. Jadi, apakah terjemahan yang cocok untuk half brother/sister ? --Erik Fastman (bicara) 7 Februari 2015 07.45 (UTC)

Saudara seibu/seayah... adalagi half milk brother/sister, saudara sepersusuan  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Sabtu, 07 Februari 2015 - 15:36 wib.
Betul kata bung Iwan, seayah/seibu/saudara sepersusuan Kebetulan aku punya half-brother (dari ayahku) Andi bapander 16.43, 7 Februari 2015 (WITA)

Lalu bagaimana dengan kata half brother/half sister yang tidak diberi keterangan maternal/paternal (seibu/seayah) ? --Erik Fastman (bicara) 7 Februari 2015 15.07 (UTC)

Jika tidak ada istilah yang baku, tentunya dapat digunakan keterangan yang sepatutnya, misalnya: "saudara (laki-laki/perempuan) sekandung dari salah satu orang tua". Ini lebih baik dari pada menggunakan istilah yang tidak umum, sehingga malah membingungkan. JohnThorne (Bicara) 14 Februari 2015 00.01 (UTC)

Terkait Lisensi Berkas

Terkait pemuatan informasi pada mesin data, bagian sumber berkas, apakah yang dimasukkan itu link gambar (contoh: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/de/Wikipedia_Logo_1.0.png) atau link situs (contoh yang sama: https://en.wikipedia.org/wiki/Klingon_language) ? Sekian. Terimakasih Andi bapander 01.13, 8 Februari 2015 (WITA)

Poin yang bagus! Pada dasarnya belum ada kebijakan yang menegaskan hal ini di WBI. Pada Kebijakan penggunaan gambar hanya disebutkan secara samar:

Berikan keterangan mengenai sumber gambar/foto (misalnya nama pengambil foto atau URL situs web di mana Anda dapati gambar tersebut) di halaman keterangan gambar.


Hal tersebut bisa menjadi rancu, karena yang disebutkan hanya "URL situs web di mana Anda dapati gambar tersebut" yang mana membuat banyak pengguna menafsirkan dengan cukup mencantumkan URL situs web-nya saja (contoh: gambar dari kompas.com sumbernya http://www.kompas.com) alih-alih mencantumkan URL dimana gambar tersebut berada. {{tepok-jidat}}
Namun di wp.en hal ini ditegaskan pada sub-judul "Copyright and licensing", dibagian "More information on how to...dst":

A good description of the origin for an image from an internet location is to point to the HTML page that contains the image (http://www.navy.mil/view_single.asp?id=3097) and not directly to the image itself: (http://www.navy.mil/management/photodb/webphoto/web_021028-N-3228G-006.jpg).


Jadi menurut hemat saya, memang halaman situs dimana gambar itu beradalah yang dijadikan sumber. Karena sudah barang tentu informasi yang terkait dgn gambar tersebut berada di sana, seperti informasi pembuatnya, lisensinya, tanggal dibuatnya dan lain sebagainya. Jadi bukan link gambar-nya langsung. Demikian pengamatan saya. Mohon maaf jika interpretasi saya salah. Salam  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 08 Februari 2015 - 02:33 wib.
Sependapat! Mungkin langsung bisa ditambahkan ke halaman kebijakan tersebut, agar tidak terjadi lagi kerancuan. -- Bonaditya (bicara) 08.31, 8 Februari 2015 (WIB)
Bisa dimengerti. Jadi yang diberikan link adalah halaman HTML-nya dimana semua informasi tersebut (tanggal, berkas, pengarang, judul, dll) bisa didapat disana. Terimakasih bung @Iwan Novirion dan bung @Bonaditya. Salam. Andi bapander 19.25, 8 Februari 2015 (WITA)

Mohon bantuan melengkapi

Memulai

Selamat malam, Tuan-tuan. Saya terkendala oleh minimnya data beberapa artikel yang sudah saya rintis. Jika ada yang mengetahui, mohon bantuan untuk melengkapi, yaitu:

  • Ong Harry Wahyu, art director beberapa film. Belum ada keterangan tempat dan tanggal lahir
  • Petrus Kaseke, pelestari alat musik kolintang. Belum ada tanggal lahir
  • Tony Taulo, aktor film. Belum ada keterangan tanggal lahir
  • Nunus Utomo, musikus. Lahir di Semarang, tanggalnya belum ada. Meninggal di Jakarta tanggal sudah ada

Sebagai tambahan, Mas Ong itu tinggal di Nitiprayan, Yogyakarta, jadi mungkin Tuan-tuan pengguna yang ada di Yogya kemungkinan akan tahu. Pak Petrus, kalau belum berubah, tinggalnya di Salatiga. Mas Nunus terakhir tinggal di Jakarta. Atau mungkin pengguna Semarang ada yang tahu? Sedangkan Tony, sekarang bermukim di Jakarta. Demikian permohonan bantuan ini saya sampaikan. Atas kebaikan Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih. Salam

Andriana Suke
23.12, 15 Februari 2015 (WIB)

Definisi

Memulai

Sebenarnya, bagaimanakah tatacara mendefinisikan suatu objek dalam bahasan? Bolehkah kita mengulang kata yang sedang didefinisikan ke dalam kalimat? Saya sendiri belum tahu. Tapi menurut saya (pribadi), kita perlu menghindari penyebutan ulang kata yang kita definisikan ke dalam kalimat definisi. Contoh: "Mol adalah tanda dalam musik yang digunakan untuk menurunkan setengah nada". Bandingkan dengan contoh ini: "Pangkalan TNI AL Tegal atau Lanal Tegal adalah Pangkalan TNI AL Kelas C di bawah Komando Pembinaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya". Dalam definisi tersebut "Pangkalan TNI AL" disebut dua kali. Jika demikian, apa gunanya definisi? Maka saya lebih cenderung memilih demikian: "Pangkalan TNI AL Tegal adalah kesatuan militer yang ditugaskan di wilayah Kabupaten Pemalang sampai Kabupaten Brebes yang berada di bawah Komando Pembinaan Lantamal V Surabaya". Tapi itu menurut saya. Kalau Tuan-tuan ingin memilih cara lain silakan.

Andriana Suke
16.03, 16 Februari 2015 (WIB)

Kalimat wiki boleh sama dengan kalimat pers?

Memulai

Selamat siang, Tuan-tuan. Lagi-lagi saya yang cerewet ini ingin ngomel-ngomel. Saya berpandangan bahwa kalimat wiki semestinya tidak disamakan dengan kalimat pers. Wiki memang menjadi salah satu sumber informasi, tapi cara penulisannya tetap harus mengacu kepada gaya ensiklopedi. Saya akan memberikan contoh:

"Rhoma Irama adalah musikus, pencipta lagu, dan politikus berkebangsaan Indonesia. Suami dari Veronica, ini pada tahun 2014 bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa saat menjelang pemilihan presiden"

Rhoma Irama memang merupakan suami dari Veronica. Tapi, menurut saya, sebaiknya informasi tersebut diletakkan dalam kalimat lain, terpisah dengan kalimat yang sedang menyebutkan bahwa dia bergabung dengan PKB. Demikian ngomel-ngomel saya. Kalau bermanfaat silakan diadopsi, kalau tidak ya monggo. Terimakasih. Salam.

Andriana Suke
10.58, 17 Februari 2015 (WIB)

Tergantung, tapi pada umumnya diperbolehkan.--AldNonBicara? 20 Februari 2015 07.16 (UTC)
Baiklah, Tuan jika pada umumnya diperbolehkan. Mungkin kecuali saya, tak tega kalau konten wiki ditulis dengan gaya media massa. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 11.59 (UTC)
Diperbaiki saja bagian yang menurut Anda bergaya media massa. Ingat! Wikipedia bebas disunting koq.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 20:35 wib.
Ooo tentu saja saya ingat, Tuan. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 13.47 (UTC)
Oke Dan tolong perhatikan indentasi seperti yang tertera pada Wikipedia:Halaman diskusi. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 21:39 wib.
Siap, Tuan. Tapi apakah tidak lebih baik jika indentasi itu hanya berlaku untuk pemberi komentar? Sedangkan saya sebagai penulis bagian (subjudul), tulisan saya tetap sejajar dengan margin awal saja? Untuk membedakan bahwa itu balasan kalimat dari saya. Terimakasih. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 15.01 (UTC)
Indentasi runtun biasanya digunakan untuk diskusi mengenai topik yang sama. Jika sudah berbeda topiknya, silakan dimulai dari awal indentasinya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 22:07 wib.

Bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain

Judul dikusi saya tersebut sekaligus pertanyaan yang memerlukan jawaban dari pengguna yang mengetahui, bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain? Misalnya demikian. Suatu masa, ketika saya belum menjadi pengguna wikipedia, saya punya foto yang diminta oleh teman saya untuk keperluan blognya. Saya merelakan foto tersebut, tapi dia lupa mencantumkan nama saya dalam caption. Lantas foto itu saya pakai kembali untuk dijadikan berkas di wikipedia. Padahal teman saya itu sudah lupa password untuk login ke blog, sehingga dia tidak dapat menyunting keterangan foto. Sedangkan jika dia bikin blog baru kemudian mencantumkan nama saya dalam caption, saya khawatir itu hanya dianggap akal-akalan. Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan ketika memberi keterangan pada lisensi berkas wikipedia? Atas jawaban Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih.

 ANDRIANA SUKE 
28 Februari 2015, pukul 01:11 WIB
Anda bisa menyatakan bahwa karya tersebut adalah karya Anda sendiri bersumber dari Anda sendiri (untuk keperluan pengunggahan di Wikipedia). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.44 (UTC)

Main Page-nya English Wikipedia versi Mobile

Saya mau nanya, kenapa Main Page-nya English Wikipedia hanya menampilkan Today's featured article & In the news sementara Did you know..., On this day..., dan Today's featured picture-nya tidak ditampilkan ? --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2015 18.19 (UTC)

Karena halaman utama versi mobile bergantung dengan konfigurasi di Halaman Utama (mw:Mobile Gateway/Mobile homepage formatting), maka komunitas dapat mengatur bagian apa saja yang dimunculin di versi mobile. Untuk WBI, karena tidak ada konsensus mengenai bagian apa saja yang dimunculkan, maka saat disuruh menyetel halaman utama, saya memunculkan semua bagian (AP, PT, HIDS, TA, GP). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.42 (UTC)

Penggunaan tanggal di Wikipedia bahasa Thai

Saya lihat di Wikipedia bahasa Thai (WBT) kok menggunakan penanggalan non-kalender Gregorian (penanggalan kalender Buddhis) pada artikel-artikelnya ya. Ini saya kasih contohnya:

dan masih banyak lagi.

Emangnya kenapa ya ? Padahal Wikipedia bahasa Arab sendiri saya lihat juga tak pakai penanggalan kalender Hijriah, begitu pula dengan Wikipedia bahasa Tionghoa yang juga tak pakai penanggalan kalender Tionghoa, alias masih menggunakan penanggalan kalender Gregorian. Apakah orang Thai lebih menggunakan penanggalan kalender lokal ketimbang penanggalan kalender Gregorian yang dipakai pada umumnya ? Apakah ada Wikipedia bahasa lainnya selain WBT yang juga menggunakan penanggalan kalender non-Gregorian ? Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh Yayasan Wikimedia ? Kalo hal tersebut diperbolehkan, kenapa kagak sekalian aja Wikipedia bahasa Jawa pake penanggalan kalender Jawa. --Erik Fastman (bicara) 1 Maret 2015 05.25 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/group/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/group/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.

Grants:IEG/Automatically Generate Categories for some small-scale Wikis

Hello, I am sorry if I posted in wrong place or wrong format and in English. I am from Vietnamese Wikipedia. My project is to generate automatically new categories based on NL patterns for ASEAN Wikipedias and enrich the category classification. The crucial benefits are to make more fine-grained category structure as well as improve category classification. I did use my bot to contribute category classfication to your Wiki here [54]. You can read my project here. Let me know about your opinions about this project. You can contact me at Thành viên:Alphama. Thank you very much! Alphama (bicara) 15 September 2014 03.09 (UTC)