Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Daftar isi

Kebijakan

[Global proposal] m.Wikipedia.org: (semua) Menyunting halaman

MediaWiki mobile

Hi, this message is to let you know that, on domains like id.m.wikipedia.org, unregistered users cannot edit. At the Wikimedia Forum, where global configuration changes are normally discussed, a few dozens users propose to restore normal editing permissions on all mobile sites. Please read and comment!

Thanks and sorry for writing in English, Nemo 1 Maret 2015 22.32 (UTC)

New Wikipedia Library Accounts Available Now (March 2015)

Apologies for writing in English, please help translate this into your local language. Hello Wikimedians!

The TWL OWL says sign up today!

The Wikipedia Library is announcing signups today for, free, full-access accounts to published research as part of our Publisher Donation Program. You can sign up for new accounts and research materials from:

Many other partnerships with accounts available are listed on our partners page. Do better research and help expand the use of high quality references across Wikipedia projects: sign up today!
--The Wikipedia Library Team 2 Maret 2015 21.14 (UTC)

Help us coordinate Wikipedia Library's distribution of accounts, communication of access opportunities and more! Please join our team at our new coordinator page.
This message was delivered via the Global Mass Message tool to The Wikipedia Library Global Delivery List.

Unprotect Templat:Hari Ini Dalam Sejarah?

Sepertinya templat hari ini dalam sejarah yang muncul di Halanan Utama (kecuali peristiwa terkini) tidak bisa disunting oleh pengguna (kecuali admin) karena masuk dalam Halaman Utama/Perlindungan. Misal, entri bulan ini. Padahal isi bagian ini berubah tiap hari dan kadang-kadang ada informasi yang kurang akurat/outdated. Pada bulan Februari saya menemukan informasi yang kurang tepat atau outdated, dan mesti dibenarkan. Saya tuliskan koreksinya di halaman pembicaraan templat tersebut tapi tidak ada admin yang menanggapi, jadi tidak ada yang bisa membenarkan kesalahan-kesalahan tersebut, padahal muncul di halaman utama.

Jadi usul saya, bagaimana kalau bagian Hari Ini dalam Sejarah tidak usah dilindungi, jadi statusnya Peristiwa Terkini. Kalau masalahnya khawatir vandalisme, sepertinya Peristiwa Terkini tidak ada vandalisme yang signifikan :) Lagipula, dengan adanya "revisi tertunda", suntingan pengguna biasa tidak akan langsung muncul, kecuali kalau sudah ditinjau oleh seorang editor. HaEr48 (bicara) 4 Maret 2015 07.08 (UTC)

Sekadar latar belakang: Dulu bagian-bagian Halaman Utama tidak dilindungi sama sekali, sehingga sangat rentan terhadap vandalisme. Atas krititan dari pengguna yang mampir ke WBI, maka bagian-bagian yang muncul di halaman utama dilindungi melalui perlindungan runtun (baca Pembicaraan:Halaman_Utama/Arsip/2011#Perlindungan_Runtun). Karena itu, jika ada hal mengenai Halaman Utama yang perlu diubah, mohon hubungi pengurus melalui Pembicaraan:Halaman Utama atau WP:PPP. Terima kasih. ·· KℇℵℭK 4 Maret 2015 07.58 (UTC)
Untuk permintaan menghilangkan perlindungan, menurut saya tidak bisa dilakukan karena alasan yang dikemukakan Kenrick. Coba ikuti usulannya, dan gunakan {{editprotected}} di halaman pembicaraan:Halaman Utama. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin cerita 02.37, 5 Maret 2015 (WIB)
Terima kasih petunjuknya, sepertinya menggunakan {{editprotected}} di halaman pembicaraan:Halaman Utama juga tidak terlalu mempan tuh? HaEr48 (bicara) 26 Maret 2015 05.32 (UTC)

Inspire Campaign: Improving diversity, improving content

This March, we’re organizing an Inspire Campaign to encourage and support new ideas for improving gender diversity on Wikimedia projects. Less than 20% of Wikimedia contributors are women, and many important topics are still missing in our content. We invite all Wikimedians to participate. If you have an idea that could help address this problem, please get involved today! The campaign runs until March 31.

All proposals are welcome - research projects, technical solutions, community organizing and outreach initiatives, or something completely new! Funding is available from the Wikimedia Foundation for projects that need financial support. Constructive, positive feedback on ideas is appreciated, and collaboration is encouraged - your skills and experience may help bring someone else’s project to life. Join us at the Inspire Campaign and help this project better represent the world’s knowledge!

(Sorry for the English - please translate this message!) MediaWiki message delivery (bicara) 4 Maret 2015 20.01 (UTC)

SUL finalization update

Hi all,apologies for writing in English, please read this page for important information and an update involving SUL finalization, scheduled to take place in one month. Thanks. Keegan (WMF) (talk) 13 Maret 2015 19.45 (UTC)


Usulan

WP:GPU Periode 8 Tahun 2015

Berdasarkan ini, saya berencana membuka ulang Pengusulan dan pemilihan gambar pilihan periode 8 tahun 2015 sekitar minggu ini (karena total hari pengusulan dan pemilihan biasa sekitar 1 bulan; dan gambar dari pengusulan periode 8 akan tampil 23 April). Bagaimana? ·· KℇℵℭK 16 Maret 2015 01.17 (UTC)

Revisi Wikipedia:Wikipedia bukanlah

Setelah saya tengarai Wikipedia Bahasa Inggris, saya mengusulkan bahwa:

  • Wikipedia bukanlah buku petunjuk telepon. Setelah saya cek juga di beberapa artikel bertopik perusahaan di Indonesia masih banyak mencantumkan nomor telepon, faksimili, dan surel (e-mail) di halaman artikelnya. Bagi saya itu merupakan unsur tidak ensiklopedis.
  • Wikipedia bukanlah tempat reservasi tiket. Banyak artikel bertopik transportasi dan objek wisata memiliki informasi mengenai tiket dan tarif masuk serta jadwal perjalanan transportasi atau buka/tutup obwis. Terima kasih.

Alqhaderi AliffianikoBicara 16 Maret 2015 04.44 (UTC)

YaY Setuju banget! Kalau ada artikel seperti itu, mari kita hapus. Kalau perlu kita bikin templat khusus mengingatkan bahwa Wikipedia bukanlah buku petunjuk telpon dan tempat reservasi apa pun. Terimakasih. Salam. - Andriana Suke (bicara) 16 Maret 2015 04.59 (UTC)
Setuju Setuju Wikipedia merupakan ensiklopedia, bukan buku telepon atau tempat reservasi tiket. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 Maret 2015 05.02 (UTC)
Setuju Setuju Berdasarkan aturan mengenai Wikipedia bukanlah di Wikipedia bahasa Inggris. -- Bonaditya (bicara) 12.16, 16 Maret 2015 (WIB)
Dengan demikian, saya mengusulkan bahwa halaman Wikipedia:Wikipedia bukanlah sesegera mungkin diperbarui; kalau bisa dapat meniru dari halaman Wikipedia bahasa Inggris. Terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 24 Maret 2015 10.52 (UTC)
Laksanakan! Laksanakan! - Andriana Suke (bicara) 24 Maret 2015 11.28 (UTC)

Penyalahgunaan halaman pembicaraan pengguna

Bagaimana jika patroli terhadap perubahan terbaru di halaman pembicaraan pengguna ditingkatkan lagi? Soalnya, saya menemukan banyak penyalahgunaan halaman pembicaraan pengguna, seperti beriklan, membuat suntingan uji coba, dll. yang biasanya dilakukan oleh pengguna baru. Terima kasih. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 Maret 2015 05.39 (UTC)

YaY Setuju banget!! Setuju banget!! Saya bahkan menunggu ada yang merazia halaman pembicaraan saya karena kadang saya memanfaatkan untuk curhat kepada diri sendiri. Tapi sebelum menghapus postingan curhat saya, silakan pahami dulu makna inti kalimatnya. Terimakasih.

Salam Wikipedia!
 ANDRIANA  SUKE 
14.01, 16 Maret 2015 (WIB)

Kompetisi bikin artikel yang paling banyak dibaca

Jika pada Maraton diadakan yang namanya banyak-banyakan bikin artikel dengan jumlah bita halaman yang ditentukan, bagaimana kalo bikin aja kompetisi bikin artikel banyak-banyakan pembacanya. Jumlah pembacanya bisa dilihat disini: http://stats.grok.se/id/

Banyak-banyakan pembacanya saya sarankan tidak dengan promosi kemana-mana (nyuruh orang lain dari Twitter/Facebook suruh baca misalnya) tapi terjadi secara alamiah. Begimana ? What a joke (bicara) 18 Maret 2015 09.53 (UTC)

Tidak setuju Tidak setuju Saya tak tahu, entah koneksi saya yang lambat atau pranala itu rusak, tapi ketika saya mencoba mengakses ke situs ini, saya hanya mendapati tulisan "404 Not Found". Tapi sebenarnya saya kurang sepakat jika yang dinilai adalah jumlah pengunjung yang membacanya. Terimakasih.

Salam Wikipedia!
 ANDRIANA  SUKE 
17.50, 18 Maret 2015 (WIB)

Oh, linknya kagak keangkut ternyata. Nih sebagai contohnya: http://stats.grok.se/id/latest/Halaman%20Utama (NB:kata "Halaman%20Utama" bisa diganti dengan nama artikel apa saja) --Erik Fastman (bicara) 18 Maret 2015 12.36 (UTC)

Artikel yang diikutkan dalam kompetisi

0 Hallo, Tuan-tuan semua yang saya hormati.

Saya ingin mengusulkan (barangkali hal ini belum pernah diberlakukan) penyematan templat keterangan di atas artikel baru bertuliskan "Artikel ini sedang diikutkan dalam sebuah kompetisi". Jika tidak ada tag semacam itu, bisa saja sebuah artikel mentah yang mungkin sedang digarap oleh peserta, tiba-tiba diusulkan kepada pengurus untuk dihapus, atau diberi tag macam-macam yang menyurutkan semangat peserta. Sebab saya pernah membaca keluhan di ruang pembicaraan Siska.Doviana yang merasa artikelnya "disatroni" pengurus lantaran mentah. Atau jika tidak menggunakan tag, setiap peserta diharuskan menuliskan artikel di subhalaman (misalnya) Pengguna:Kompetisi 2015 dengan mencantumkan kategori supaya artikel terkumpul. Setelah kompetisi selesai, barulah draft artikel tersebut dipindahkan ke halaman artikel semestinya. Demikian usulan saya. Atas perhatian Tuan-tuan semua, saya sampaikan terimakasih.

Salam Wikipedia!
 Andriana  Suke  18.34, 28 Maret 2015 (WIB) 

  

Gambar untuk AP Piala Dunia

Saya minta pendapat nih sama kalian. Pada pencantuman AP Piala Dunia saya kebingungan nih mau dikasih gambar apa. Mau gambar tropinya eh ternyata bukan dari Commons. Menurut Anda-Anda sekalian, gambar apa yang cocok buat dicantumkan disana ? What a joke (bicara) 31 Maret 2015 03.08 (UTC)

Lebih baik tidak mencantumkan gambar seperti pada penayangan artikel Soedjatmoko. Di Wikipedia bahasa Inggris saja, artikel ini ditayangkan tanpa gambar sama sekali. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 31 Maret 2015 10.18 (UTC)

Teknis

Bot migrasi Wikidata

Saya lihat EmausBot, bot yang ditugaskan untuk memigrasikan interwiki ke Wikidata, hanya bekerja pada penginterwikian artikel, sementara untuk templat, kategori, dlsb tidak pernahsudah lama tidak memigrasikan interwikinya. Sehingga pada akhirnya pemigrasian interwiki pada templat, kategori, dlsb hanya dapat dilakukan secara manual. Ada tidak yang bersedia meminta agar EmausBot juga ditugaskan memigrasikan interwiki selain interwiki artikel atau bikin bot sendiri untuk memigrasikan interwiki pada templat, kategori, dlsb --What a joke (bicara) 16 Februari 2015 05.24 (UTC)

Ada koq. Kontribusi pada templat, kategori, berkas...dll.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 16 Februari 2015 - 16:21 wib.
Tau sih, tapi coba deh lihat tahun berapa EmausBot terakhir kali melakukan kontribusi pada berkas & templat. Pada kontribusi templat terakhir kali ia melakukannya sudah dari 27 Juli 2013 sementara pada kontribusi berkas terakhir kali ia melakukannya sudah dari 23 Juli 2013, padahal sampe saat ini masih ada berkas-berkas & templat-templat baru yang dibuat yang tak sedikit dari mereka masih ada yang perlu diimigrasikan ke Wikidata. Apakah mungkin sejak Juli 2013 tersebut EmausBot lupa mengkontrol penginterwikian berkas & templat ? --What a joke (bicara) 16 Februari 2015 14.08 (UTC)
Kalau tau... ya jangan kasi info bahwa bot tersebut "tidak pernah", tapi sudah lama tidak melakukan. Itu artinya Anda memberikan Alamat palsu eh info palsu.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Senin, 16 Februari 2015 - 21:55 wib.
Maksudnya saya taunya setelah Anda memberi informasi tentang kontribusi EmausBot. Sementara sebelumnya saya belum mengecek kontribusinya EmausBot. --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 01.22 (UTC)
Oiya, untuk berkas atau file tidak perlu dibuatkan itemnya di Wikidata, sesuai dengan kebijakan notabilitas di sana karena dianggap tidak valid (kebijakan nomer 1).  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Selasa, 17 Februari 2015 - 09:39 wib.
Bagaimana dengan templat ? --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 03.57 (UTC)

Tech News: 2015-08

16 Februari 2015 17.57 (UTC)

VisualEdit & Wikidata

Ketika saya menggunakan VisualEdit alias menyunting dengan cara mengklik "sunting" kok berat banget ya bahkan di komputer sekalipun. Selain itu juga kalau saya mengunjungi Wikidata & menginterwikikan artikel disana juga berat banget kalau lewat mobile. Wikidata juga tidak ada versi mobilenya. Sekiranya jika ada orang yang bisa mohon meminta atau membuat agar sistem pada Wikidata & VisualEdit dientengkan --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 05.37 (UTC)

@What a joke Saya pikir tidak mungkin dikarenakan VisualEditor dan Wikidata menggunakan js untuk interface, saya sudah pernah mengeluhkan hal yang sama tahun lalu, tapi tidak ada jalan keluar yang pasti. Salam.--AldNonBicara? 17 Februari 2015 05.49 (UTC)
Umh.., keliyan gak ada yg sempet baca Tech News diatas ya? Itu jelas2 dibilang soal "Software changes this week" antara 17 - 18 Februari. Jadi kalo server lagi kelebihan beban.... maklum ajalah.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Selasa, 17 Februari 2015 - 13:20 wib.
Gak juga wan, saya punya bukti kalau Wmflabs memang sampah biarpun servernya berbeda. Btw, Wikidata memang dah hancur dari sononya, wong js based.--AldNonBicara? 17 Februari 2015 14.30 (UTC)
Hmm...  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 18 Februari 2015 - 08:30 wib.

ContentTranslation: namespace switch

Hello,

As per the announcement we had made last week, we have now changed the configuration that will allow editors to publish new articles written using Content Translation, directly to the main namespace on the Indonesian Wikipedia. In case the article already exists in the Wikipedia, users will see an option to save the newly published translation under their user namespace. Unfinished articles will still continue to be saved as private drafts. Please do test this feature and let us know on the Content Translation Talk Page or Phabricator if there are any issues that cause interruptions. Thank You. --Amir E. Aharoni (bicara) 17 Februari 2015 21.18 (UTC)

Tahukan Anda?

Terhitung sejak 11 Februari 2015, Anda hanya memerlukan 1 halaman pengguna untuk seluruh wiki. Halaman pengguna Anda di meta akan tampil otomatis jika pada suatu wiki anda belum membuatnya. Untuk memastikan hal tersebut silakan kunjungi informasi akun global Anda. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Kamis, 19 Februari 2015 - 16:18 wib.

Tech News: 2015-09

23 Februari 2015 16.28 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 27 Februari 2015 09.41 (UTC)

WBI Krisis AP ?

Sekedar informasi saja, saat ini AP yang tersedia saya hitung hanya mampu mengisi slot maksimal sampai 18 2015. Itu pun kalo bukan karena Erik Fastman yang ngembangin & ngusulin artikel-artikel film jadul Indonesia buatan Crisco, sudah dari bulan Juli 2014, pengusulan AP sudah tidak berlangsung lagi selain Irwan Prayitno yang dilakukan pada September 2014. Tak hanya itu, pada tahun 2015 hanya 1 artikel yang diusulin buat jadi AP, itupun kagak disetujui, & pada Februari 2015, tidak ada seorang pun yang mengusulkan AP. Padahal pada tahun-tahun sebelumnya setidaknya ada 1 artikel yang diusulin jadi AP setiap bulannya dan itupun bukan Erik Fastman yang melakukannya. Saya takutnya jika hal ini berkelanjutan maka bisa-bisa sistem AP bisa menyusul ke-kacau balau-an GP. Sementara saya sendiri sudah tidak lagi berfokus pada pengembangan AP karena saya berfokus pada penerjemahan artikel secara manual alias non-terjemahan mesin, ketimbang pengembangan AP pada masa lalu dimana terlalu kebanyakan pake terjemahan mesin. --What a joke (bicara) 2 Maret 2015 02.30 (UTC)

Tech News: 2015-10

2 Maret 2015 16.41 (UTC)

Ada apa dengan tanda tanya ?

Saya heran, pas saya tulis tanda tanya (?) pada pranala wikipedia kek gini contohnya

https://id.wikipedia.org/wiki/Apakah_Kau_Melihat_Mentari_Senja_?

Eh, ntar tanda tanya-nya hilang

https://id.wikipedia.org/wiki/Apakah_Kau_Melihat_Mentari_Senja

Tapi giliran tanda tanyanya diganti dengan "%3F"

https://id.wikipedia.org/wiki/Apakah_Kau_Melihat_Mentari_Senja_%3F

Malah tanda tanyanya langsung ada. Ada yang tau kenapa ? --Erik Fastman (bicara) 4 Maret 2015 13.00 (UTC)

@Erik Fastman Bukan hanya pranala, tapi template juga bisa dirusak parser-nya, jawabannya ada disini w:en:Non-breaking space.--AldNonBicara? 4 Maret 2015 13.10 (UTC)
Ah hampir lupa btw "%3F" berarti kode ASCII, memang pranala yang normal dijadikan ASCII, contoh pertanyaan yang sama lihat disini [30].--AldNonBicara? 4 Maret 2015 13.20 (UTC)
Karena tanda tanya (?) akan dianggap sebagai parameter HTML misalnya "Judul?action=purge" akan tetap mengarah ke artikel Judul. Begitu pula dengan tanda pagar (#) akan dianggap sebagai anchor sub bagian misalnya "Judul#Bagian" akan tetap mengarah ke artikel Judul bagian Bagian. Sehingga baik ? maupun # nampaknya harus diganti dengan kode ASCII HTML. Lebih lanjut di sini, en:Wikipedia:Naming conventions (technical restrictions). William Surya Permana (), 5 Maret 2015 12.18 WIB.

Penghapusan templat {{Link GA}} dan {{Link FA}}

Halo! Saya mendapat pesan dari salah satu pengurus Wikipedia bahasa Inggris untuk menghapus templat {{Link GA}} dan {{Link FA}} karena fitur tersebut sudah tersedia di Wikidata. Masalahnya, banyak sekali artikel yang masih menggunakan templat tersebut dan akan berpengaruh ke artikel jika kedua templat itu dihapus. Mohon perhatiannya! -- Bonaditya (bicara) 20.22, 7 Maret 2015 (WIB)

Yup, saya juga sudah tahu. Tunggu pengguna lain berbicara.--AldNonBicara? 8 Maret 2015 17.51 (UTC)
Hmm.. sepertinya dibutuhkan traktor AWB utk melaksanakan proyek ini. Pembersihan link back alias pranala balik dari kedua templat tersebut. *memanaskan mesin traktor*  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 11 Maret 2015 - 19:51 wib.

Tech News: 2015-11

9 Maret 2015 15.18 (UTC)

Templat:Partai Hijau

Ada yang bisa bantu saya, saya lihat Templat:Partai Hijau kok tampilannya jadi tidak seperti versi di Wikipedia bahasa Inggris ya. Mohon kiranya bagi yang bisa memperbaikinya --Erik Fastman (bicara) 11 Maret 2015 06.53 (UTC)

Selesai Selesai--Eddy bf (bicara) 11 Maret 2015 07.53 (UTC)

Templat:Medali

Ada lagi nih, di artikel Camille Muffat pada bagian medalinya terlihat tidak sama dengan yang versi di Wikipedia bahasa Inggris-nya. Mungkin ada yang perlu mengecek Templat:Medali --Erik Fastman (bicara) 12 Maret 2015 00.50 (UTC)

Selesai Selesai ·· KℇℵℭK 12 Maret 2015 02.30 (UTC)

Penasaran

Permisi saya mau tanya. kenapa tidak ada hasil pencarian lebih detail tentang manusia purba di Indonesia? Untuk Megantropus di hapus 2009 lalu. Mengapa? Terimaksih.


Shofiaka

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 14 Maret 2015 01.02 (UTC)

Bagaimana cara agar nyari referensi dengan terhindar dari iklan yang memakan kuota ?

Berawal dari sebuah info di Kaskus dimana terdapat banner iklan bergerak yang bisa memakan kuota. Alhasil saya pun ke Kaskus dengan cara meng-convert tampilannya jadi versi mobile yakni dengan cara menambahkan "m." di awal pranala walau saya pake komputer karena dengan versi mobile maka akan terhindar dari banner iklan bergerak yang memakan kuota. Selain itu, saya juga hanya melakukan browsing ke situs-situs yang bebas dari banner iklan bergerak macam forum-forum dan Wikipedia ini. Nah, masalahnya lagi, rupanya saya juga menemukan banner serupa di situs-situs informasi berita macam Kompas.com, Dailymail.co.uk, dlsb. Saya sudah berusaha meng-convert tampilan di situs-situs itu menjadi versi mobile tapi tetap saja tak bisa. Padahal di situs-situs informasi berita tersebut bisa dijadikan referensi di Wikipedia. Ntar kalo ada Wikipediawan yang ingin ngebuka situs-situs itu untuk nyari referensi masak mau nggak mau harus ngadepin yang namanya banner iklan bergerak tersebut. Kira-kira ada tidak yang bisa ngasih solusi untuk hal ini ? --Erik Fastman (bicara) 14 Maret 2015 03.03 (UTC)

Pasang diperambannya masing-masing pengaya untuk memblokir iklan. Bisa uBlock, AdBlock dan lain-lain. Disarankan pakai uBlock. Ringan. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Sabtu, 14 Maret 2015 - 17:00 wib.

Bot interwiki kurang efektif ?

Saya lihat di beberapa artikel macam kewastikaan dan nama diri interwiki WBInya sama sekali belum tercantumkan di Wikidata atau pencantuman Wikidata-nya terpisah sendiri dari pencantuman interwiki bahasa yang lainnya. Baru pas saya cek trus saya cantumin ke halaman Wikidata yang seharusnya. Padahal interwiki yang menuju ke en.wiki-nya tercantum pada halaman artikel WBI. Apakah bot Wikidata tidak mengetahui kalo ada interwiki di halaman artikel tersebut ya. Sejauh dari pengamatan saya, interwiki yang menuju ke WBI ternyata tidak tercantum di halaman artikel WBI. Padahal sepengetahuan saya dulu ada suatu bot pada era pra-Wikidata yang ditugaskan untuk mencantumkan interwiki pada suatu versi halaman artikel dari suatu artikel en.wiki yang baru dibuat di Wikipedia bahasa lainnya kalau pengguna non-bot tidak melakukan pencantuman tersebut. --Erik Fastman (bicara) 16 Maret 2015 04.42 (UTC)

Tech News: 2015-12

16 Maret 2015 15.14 (UTC)

Tolong kembalikan artikel Jalan Dr. Soetomo (Samarinda)

Tolong kembalikan artikel Jalan Dr. Soetomo (Samarinda) yang dihapus karena belum selesai disunting. Walaupun belum selesai tampaknya cukup layak, jadi saya juga ngga ngerti kenapa dihapus. Artikel ini juga percobaan penggabungan artikel wikipedia bahasa Indonesia dengan OSM - entar nongolnya kayak google earth gitu. Jadi cukup penting. Siska.Doviana (bicara) 22 Maret 2015 12.01 (UTC)

MOHON PENCERAHAN AGAR ARTIKEL 'JEFFREY POLNAJA' TIDAK DIHAPUS

Saya baru saja bergabung dengan wikipedia, sebagai pemula saya mohon bimbingan dan saran dari para senior. Besar harapan satu saat nanti dapat menjadi kontributor WIKIPEDIA yang baik. Beberapa hari yang lalu, saya mencoba melakukan ‘pencarian’ tentang ‘JEFFREY POLNAJA’, ternyata nama tersebut belum terdata dalam data base Wikipedia. Lalu saya mencoba menulis artikel/informasi awal mengenai Jeffrey Polnaja. Sekedar informasi, beliau adalah seorang Penjelajah Dunia asal Indonesia yang telah melakukan perjalanan keliling dunia seorang diri menggunakan sepeda-motor. Sejauh ini sudah mengunjungi 94 negara di Asia, Afrika, Eropah, Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan. Sampai saat ini beliau tercatat sebagai satu2nya orang Indonesia yang sudah melakukan perjalanan seperti tersebut diatas. Bila kita menulis namanya di search engine ataupun youtube, kita akan mendapatkan banyak sekali berita nasional maupun internasional mengenai perjalanannya. Hari ini saya mendapat pesan bahwa artikel tersebut AKAN DIHAPUS. Sayang sekali bila informasi awal tersebut harus dihapus, karena menurut saya Sdr. Jeffrey Polnaja telah berjasa dan melakukan sesuatu bagi bangsa dan negara. Perjalanannya telah menginspirasi banyak anak bangsa untuk tetap bersemangat dan berbuat baik. Mungkin ada rekan senior yang berbaik hati untuk membantu membuatkan tamplate dari artikel “JEFFREY POLNAJA, selanjutnya akan diisi dengan informasi yang dapat dipercaya dan dipertanggung jawabkan. Bila perlu tambahan informasi mengenai beliau, dengan senang hati saya akan coba menyediakannya. Mohon pencerahan, saran dan bantuan dari para senior. Terimakasih atas perhatian dan waktunya. Salam! .Prima Subiakto (AdvPrima).

AdvPrima (bicara) 23 Maret 2015 01.58 (UTC)

Tech News: 2015-13

23 Maret 2015 15.09 (UTC)

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai!

Periode baru pemilihan gambar pilihan telah dimulai, kunjungi halaman pemilihan/pengusulan untuk memilih atau mengusulkan gambar pilihan!

MediaWiki message delivery (bicara) 29 Maret 2015 02.58 (UTC)

Tech News: 2015-14

30 Maret 2015 15.18 (UTC)


Bahasa

Huruf miring

Selain untuk penamaan karya, apa saja sih yang harus kita tulis dengan huruf miring? Apakah kata serapan dari selain bahasa Indonesia yang belum dibakukan boleh dimiringkan? Apakah judul acara televisi semisal Sentilan Sentilun boleh dimiringkan ketika ditulis di tengah kalimat? Apakah nama media massa seperti Kompas, Media Indonesia, Suara Merdeka harus dimiringkan? Saya cuma khawatir, barangkali terlalu seringnya memiringkan kata di wikipedia lantaran hanya berpatokan pada apa yang sering saya baca di media massa atau buku melanggar kebijakan. Terimakasih - Andriana Suke (bicara) 24 Februari 2015 19.13 (UTC)

Sudah ada pedomannya untuk penulisan teks tersebut. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Rabu, 25 Februari 2015 - 09:08 wib.
Ya, sebelumnya sudah saya baca. Pertanyaan ini, secara tersirat, hanya untuk mengingatkan pentingnya sebuah pedoman. Andriana Suke (bicara) 25 Februari 2015 02.29 (UTC)

Terjemahan kata household

Sebaiknya untuk kata household diterjemahkan sebagai rumah/ tempat tinggal atau keluarga/ kepala keluarga? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 8 Maret 2015 15.46 (UTC)

"Rumah tangga" kan? ·· KℇℵℭK 9 Maret 2015 12.06 (UTC)
-- Terima kasih atas masukannya dan akan saya pedomani untuk suntingan berikutnya. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 10 Maret 2015 03.35 (UTC)

Bantu terjemah

Ada yang bisa bantu terjemahkan calon artikel ini? Ada beberapa frasa atau kalimat yang sudah saya pikirkan masak-masak, tanya ke Google Translate, atau googling pun, masih bingung apa terjemahannya. Contohnya: en route, fifth columnists, baize. Mungkin ada yang minat di novel atau ahli bahasa Inggris, penerjemahan ke bahasa Indonesia khususnya, minat bantu saya. Trims. Redyka94 (bicara) 9 Maret 2015 16.36 (UTC)

Oh iya, tambahan oot dari Warkop Bahasa. Saya lagi pengen membirukan dan memperbaiki artikel-artikel terkait James Bond, barang kali ada yang tertarik membantu juga. Sayangnya cuma terjemahan, belum bisa buat artikel sendiri. Redyka94 (bicara) 9 Maret 2015 16.38 (UTC)

Istilah mengulang

Menggunakan istilah linguistik di WBI, maka kita akan mendapati "denti-alveolar" diterjemahkan akan menjadi "rongga-gigi gigi", sementara "voiceless palatal-velar fricative" diterjemahkan menjadi "konsonan desis langit-langit langit-langit belakang nirsuara". Apa yang harus dilakukan sehingga tidak ada istilah "redundant" atau mengulang seperti ini? --MaxiManuel111 (bicara) 11 Maret 2015 08.51 (UTC)

Pertanyaan sulit, alternatif pertama. Pakai koma. Yang kedua, pertahankan istilah asing. Jadi terjemahan fonem kedua misalkan, menjadi "konsonan desis palatal-velar nirsuara". Meursault2004ngobrol 14 Maret 2015 11.00 (UTC)

Berhasil di-

"Aksi 13 Desember 1964 adalah aksi kecil antara kapal penyapu ranjau Australia dan dua perahu Indonesia pada tanggal 13 Desember 1964 semasa konfrontasi Indonesia–Malaysia. HMAS Teal ditembaki oleh perahu Indonesia di Selat Singapura. Tembakan balasan dari kapal Australia menewaskan tiga orang, sedangkan empat orang lainnya berhasil ditangkap." (artikel Aksi 13 Desember 1964 rintisan ‎Farras (bicara | kontrib))

Satahu saya, 'berhasil' adalah suatu kondisi yang merujuk pada pencapaian yang dilakukan oleh seseorang/pihak sebagai subjek, bukan objek. Sehingga, kata 'berhasil' mestinya merupakan kalimat aktif, bukan pasif. Mencermati kutipan di atas, lantas muncul pertanyaan, siapakah sebenarnya yang berhasil? Pihak Australia atau empat orang tersebut? Tentu saja empat orang yang ditangkap tersebut tak mungkin dengan sengaja mengupayakan diri untuk menyerahkan diri sehingga ketika ditangkap, kemudian memunculkan kebanggan suatu keberhasilan. Jadi, kalau boleh saya koreksi, mestinya kalimat tersebut berbunyi demikian:

"Tembakan balasan dari kapal Australia menewaskan tiga orang dan menangkap empat orang lainnya".

Jika penalaran saya dapat Anda terima, marilah kita perbaiki dan membangun kesepahaman cara mencantumkan kata 'berhasil' untuk kalimat yang menceritakan suatu prestai/pencapaian, agar artikel kita lebih ensiklopedis dan tidak salah kaprah. Terimakasih. Salam.

AdrianaSuke
11.26, 12 Maret 2015 (WIB)
Hai, mbak Andriana. Apabila menemui kekeliruan atau bahasa yang kurang halus di sebuah artikel, langsung perbaiki saja. Wikipedia boleh disunting oleh siapa saja. Saya sudah bantu hapus kata "berhasil" di artikelnya. Terima kasih atas perhatiannya. FarrasLa Poste 12 Maret 2015 04.48 (UTC)
Hai juga, Tuan Farras. Tadi, bisa saja saya langsung menyunting sesuai kaidah. Tujuan saya menulis di sini agar kita sama-sama mengupayakan yang terbaik, sehingga setelah posting ini, para pengguna dapat mewaspadai kemungkinan kesalahan. Terimakasih, salam. Andriana Suke (bicara) 12 Maret 2015 05.21 (UTC)
Oh iya, Tuan Farras. Anda bukan membantu saya, tapi membantu Anda sendiri. Karena artikel yang saya komentari lantas Anda sunting itu rintisan Anda sendiri. Salam.... Andriana Suke (bicara) 12 Maret 2015 10.20 (UTC)

Judul karya dalam daftar

Yang saya ingin sampaikan ini sebenarnya tidak mengurangi kualitas artikel, tapi perlulah disepakati bersama. Sampai sekarang saya masih ragu, apakah judul karya yang dalam daftar kita tulis dengan huruf miring atau tegak. Tapi menurut hemat saya, karena tidak masuk dalam kalimat narasi, sebaiknya huruf tegak. Contoh

Contoh 1 - Sebagian karya Chairil Anwar

  • Aku
  • Doa
  • Cintaku Jauh di Pulau


Contoh 2 - Sebagian karya Chairil Anwar

  • Aku
  • Doa
  • Cintaku Jauh di Pulau

Menurut Tuan-tuan, manakah yang semestinya kita sepakati? Salam - Andriana Suke (bicara) 12 Maret 2015 15.52 (UTC)

Maaf kalau salah, setahu saya menulis dengan huruf miring, jika kata atau kalimat tersebut adalah kekecualian misalnya ditulis dalam bahasa Indonesia, tetapi terselip kata-kata bukan bahasa Indonesia, misalnya, Ia mulai mengumpat, anjing, asu, monyet. Sedangkan dalam kasus di atas huruf tegak saya pikir lebih tepat.Gsarwa (bicara) 19 Maret 2015 12.44 (UTC)
Sesuai aturan, kata yang dimiringkan bukan hanya kata serapan yang belum dibakukan dalam bahasa Indonesia. Judul karya, judul acara, nama media massa (cetak/elektronik/cyber), dan (kalau tak salah, nama spesies) semestinya dimiringkan apabila diselipkan dalam rangkaian kalimat. Sedangkan istilah asing yang merupakan nama gelar, nama tempat, nama jabatan, nama benda, tetap harus tegak. Saya juga berpikir, kalau untuk daftar semestinya ditegakkan. Andriana Suke (bicara) 19 Maret 2015 13.09 (UTC)

Artikel ganda di Wikipedia bahasa Jawa

Ada permasalahan nih di Wikipedia bahasa Jawa (WBJ):

  • Untuk artikel tentang burung hantu, ada 2 artikel yang merujuk ke hal tersebut, yakni jv:Manuk Beluk & jv:Darès, menurut Anda, manakah yang penamaannya benar & harus dialihkan (maaf, saya kurang mengetahui bahasa Jawa soalnya)
  • Untuk artikel tentang M. Natsir, ada 2 artikel yang merujuk ke hal tersebut, yakni jv:Muhammad Natsir (pakai "u") jv:Mohammad Natsir (pakai "o"), seperti halnya poin yang pertama, manakah yang penamaannya besar & harus dialihkan ?

--Erik Fastman (bicara) 16 Maret 2015 03.37 (UTC)

Penanda tumor atau Penapis tumor

Dalam bahasa Inggris dikenal tumor marker dan biomarker, hal inilah yang mungkin menjadi dasar penamaan Penanda tumor, tetapi di Indonesia tidak pernah orang mengatakan 'tumornya mau ditandain', yang ada adalah mau 'screening tumor', jadi saya menggunakan istilah Penapis tumor. Kedua artikel tersebut mungkin perlu digabungkan. Yang mana ke mana yaa penggabungannya. Dan apakah setelah penggabungan Google dapat menemukan kedua kata kunci tersebut (Penanda tumor dan Penapis tumor).Gsarwa (bicara) 18 Maret 2015 16.22 (UTC)

Penamaan kelompok etnik

Dalam penamaan suatu kelompok etnis di Wikipedia bahasa Inggris, saya kok menemukan hal yang berbeda ya. Ada yang nama golongannya dulu baru nama negaranya (contoh en:Chinese American), ada juga yang nama negaranya baru nama golongannya (contoh: en:Malaysian Siamese) Kalau saya sih menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia berdasarkan pada penamaan Tionghoa Indonesia (nama golongannya dulu baru nama negaranya) Tapi yang jadi pertanyaan, apakah boleh penempatan nama golongannya & nama negaranya bisa dibolak-balik seperti yang ada di Wikipedia bahasa Inggris ? --Erik Fastman (bicara) 19 Maret 2015 09.20 (UTC)

Kalau menurut saya, Chinese American itu warga negara AS keturunan China, sedangkan Malaysian Siamese adalah suku Siam berkebangsaan Malaysia. Pengertian berbeda mungkin terjadi bila penempatannya dibolak-balik. -- Adiputra बिचर -- 23 Maret 2015 06.22 (UTC)
Kalau kita cantumkan dalam artikel berbahasa Indonesia dan merujuk kepada hukum D-M (diterangkan-menerangkan) dalam bahasa Indonesia, saya lebih sepakat dengan Tuan Erik Fastman.

Salam Wikipedia!
 Andriana  Suke  13.29, 23 Maret 2015 (WIB) 

Angkatana ke-dua dan kedua angkatan

Alumni SMA 133 Jakarta angkatan pertama dan angkatan kedua akan mengadakan reuni akbar. Kedua angkatan telah mengumpulkan dana untuk menyumbang perpustakaan sekolah mereka.

Selitas, kalimat tersebut sama sekali tidak janggal dalam penulisan. Baik-baik saja dan mudah dipahami. Tapi jika ditelisik lebih lanjut, dua kalimat tersebut menggunakan satu kata untuk makna berbeda. Kalimat pertama menggunakan kat 'kedua' untuk keperluan urutan angkatan. Sedangkan kalimat selanjutnya menggunakan kata 'kedua' untuk mengakumulasikan dua angkatan. Saya sering menemui kalimat jenis ini, dan cukup terganggu, bagaimana bisa satu kata dengan susunan huruf yang sama memiliki arti berbeda? Oleh karena itu, saya mengusulkan, semestinya kalimat tersebut kita tulis begini:

Alumni SMA 133 Jakarta angkatan pertama dan angkatan ke-dua akan mengadakan reuni akbar. Kedua angkatan telah mengumpulkan dana untuk menyumbang perpustakaan sekolah mereka. - Andriana Suke (bicara) 22 Maret 2015 21.16 (UTC)

Kata kedua pada kedua kalimat tsb mudah dimengerti. Selama tidak menimbulkan kerancuan, tanda pisah tidak diperlukan. Beda kasusnya dengan berevolusi, karena dapat merujuk pada be-revolusi atau ber-evolusi, kecuali pendahuluannya sudah gamblang. -- Adiputra बिचर -- 23 Maret 2015 06.26 (UTC)

Berita

Happy Public Domain Day!

Logo Public Domain Day

Feel free to translate this message in your language!

On January 1 we celebrate Public Domain Day as many works of authors who died 70+ years ago now enter the public domain and can be used freely.

Let us be aware: copyright is temporary. It only lasts during the authors lifetime and 70 years afterwards (in most countries). During those years it is limiting Wikipedia and her sister projects in showing works of art, literature, public art and buildings in countries without freedom of panorama, and more in the articles. But now a new batch is freed from copyrights!

An overview of images and texts that are restored or added to the Wikimedia Commons, are collected on: this page.

Many of these files still need a place in articles. You can help!

You can also help by uploading new files of subjects that are freed of copyrights.
You can also help by tagging all requests for deletion pages with the category when the file can be restored, which will be/was deleted.

As I follow the log of restored files this week, more images and texts will follow. If still files or texts are missing in the list, let me know or add them yourselves.

A very happy Public Domain Day! Romaine (bicara) 1 Januari 2015 18.05 (UTC)


  • Some of the freed files:

Emoticon baru

Karena saya pikir penggunaan emoticon sangat membantu interaksi yang lebih hidup, saya menyumbangkan tujuh14 emoticon baru dalam bentuk muka manusia. Silakan digunakan :)

  • {{Hah}} -
  • {{Haha}} -
  • {{Huah}} -
  • {{Hihi}} -
  • {{Hmm}} -
  • {{Huff}} -
  • {{Grr}} -
  • {{Huh3}} -
  • {{Hiks}} -
  • {{Pokerface}} -
  • {{Kya}} -
  • {{Troll}} -
  • {{Waduh}} -
  • {{Siul2}} -
  • {{Licik}} -
  • {{Takut}} -
  • {{Ihiy}} -

Hariadhi - Ngobrol 3 Januari 2015 07.29 (UTC)

Wah cukup menarik nih mas, akan saya coba ah nanti dalam suatu pembicaraan. -Denny eR Ge (bicara) 3 Januari 2015 10.31 (UTC)
hihihiiiii Mantappz
Suka ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) menyukai ini.
Sip dipakai ya Hariadhi - Ngobrol 3 Januari 2015 16.07 (UTC)

Har, rekues {{wkwk}} dan/atau {{wkwkwk}} dong . Tawa khas dalam Bahasa Indonesia... ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 01.34, 19 Januari 2015 (WIB)

mau bagaimana ekspresinya? Hariadhi - Ngobrol 25 Januari 2015 06.28 (UTC)
Ini ya Hariadhi - Ngobrol 26 Januari 2015 06.53 (UTC)

ProyekWiki Perkeretaapian

Bagi wikipediawan/wikipediawati yang ingin bergabung dalam Wikipedia:ProyekWiki Perkeretaapian dipersilakan masuk dan menandatangani pada bagian "Anggota". Di ProyekWiki ini kita dapat mengembangkan artikel bertopik kereta api di Indonesia dan dunia.

Maju terus perkeretaapian Indonesia. Salam KA. Alqhaderi AliffianikoBicara 22 Februari 2015 06.40 (UTC)

Lain-lain

Mohon bantuan melengkapi

Memulai

Selamat malam, Tuan-tuan. Saya terkendala oleh minimnya data beberapa artikel yang sudah saya rintis. Jika ada yang mengetahui, mohon bantuan untuk melengkapi, yaitu:

  • Ong Harry Wahyu, art director beberapa film. Belum ada keterangan tempat dan tanggal lahir
  • Petrus Kaseke, pelestari alat musik kolintang. Belum ada tanggal lahir
  • Tony Taulo, aktor film. Belum ada keterangan tanggal lahir
  • Nunus Utomo, musikus. Lahir di Semarang, tanggalnya belum ada. Meninggal di Jakarta tanggal sudah ada

Sebagai tambahan, Mas Ong itu tinggal di Nitiprayan, Yogyakarta, jadi mungkin Tuan-tuan pengguna yang ada di Yogya kemungkinan akan tahu. Pak Petrus, kalau belum berubah, tinggalnya di Salatiga. Mas Nunus terakhir tinggal di Jakarta. Atau mungkin pengguna Semarang ada yang tahu? Sedangkan Tony, sekarang bermukim di Jakarta. Demikian permohonan bantuan ini saya sampaikan. Atas kebaikan Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih. Salam

AdrianaSuke
23.12, 15 Februari 2015 (WIB)

Definisi

Memulai

Sebenarnya, bagaimanakah tatacara mendefinisikan suatu objek dalam bahasan? Bolehkah kita mengulang kata yang sedang didefinisikan ke dalam kalimat? Saya sendiri belum tahu. Tapi menurut saya (pribadi), kita perlu menghindari penyebutan ulang kata yang kita definisikan ke dalam kalimat definisi. Contoh: "Mol adalah tanda dalam musik yang digunakan untuk menurunkan setengah nada". Bandingkan dengan contoh ini: "Pangkalan TNI AL Tegal atau Lanal Tegal adalah Pangkalan TNI AL Kelas C di bawah Komando Pembinaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya". Dalam definisi tersebut "Pangkalan TNI AL" disebut dua kali. Jika demikian, apa gunanya definisi? Maka saya lebih cenderung memilih demikian: "Pangkalan TNI AL Tegal adalah kesatuan militer yang ditugaskan di wilayah Kabupaten Pemalang sampai Kabupaten Brebes yang berada di bawah Komando Pembinaan Lantamal V Surabaya". Tapi itu menurut saya. Kalau Tuan-tuan ingin memilih cara lain silakan.

AdrianaSuke
16.03, 16 Februari 2015 (WIB)

Kalimat wiki boleh sama dengan kalimat pers?

Memulai

Selamat siang, Tuan-tuan. Lagi-lagi saya yang cerewet ini ingin ngomel-ngomel. Saya berpandangan bahwa kalimat wiki semestinya tidak disamakan dengan kalimat pers. Wiki memang menjadi salah satu sumber informasi, tapi cara penulisannya tetap harus mengacu kepada gaya ensiklopedi. Saya akan memberikan contoh:

"Rhoma Irama adalah musikus, pencipta lagu, dan politikus berkebangsaan Indonesia. Suami dari Veronica, ini pada tahun 2014 bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa saat menjelang pemilihan presiden"

Rhoma Irama memang merupakan suami dari Veronica. Tapi, menurut saya, sebaiknya informasi tersebut diletakkan dalam kalimat lain, terpisah dengan kalimat yang sedang menyebutkan bahwa dia bergabung dengan PKB. Demikian ngomel-ngomel saya. Kalau bermanfaat silakan diadopsi, kalau tidak ya monggo. Terimakasih. Salam.

AdrianaSuke
10.58, 17 Februari 2015 (WIB)

Tergantung, tapi pada umumnya diperbolehkan.--AldNonBicara? 20 Februari 2015 07.16 (UTC)
Baiklah, Tuan jika pada umumnya diperbolehkan. Mungkin kecuali saya, tak tega kalau konten wiki ditulis dengan gaya media massa. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 11.59 (UTC)
Diperbaiki saja bagian yang menurut Anda bergaya media massa. Ingat! Wikipedia bebas disunting koq.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 20:35 wib.
Ooo tentu saja saya ingat, Tuan. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 13.47 (UTC)
Oke Dan tolong perhatikan indentasi seperti yang tertera pada Wikipedia:Halaman diskusi. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 21:39 wib.
Siap, Tuan. Tapi apakah tidak lebih baik jika indentasi itu hanya berlaku untuk pemberi komentar? Sedangkan saya sebagai penulis bagian (subjudul), tulisan saya tetap sejajar dengan margin awal saja? Untuk membedakan bahwa itu balasan kalimat dari saya. Terimakasih. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 15.01 (UTC)
Indentasi runtun biasanya digunakan untuk diskusi mengenai topik yang sama. Jika sudah berbeda topiknya, silakan dimulai dari awal indentasinya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 22:07 wib.

Bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain

Judul dikusi saya tersebut sekaligus pertanyaan yang memerlukan jawaban dari pengguna yang mengetahui, bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain? Misalnya demikian. Suatu masa, ketika saya belum menjadi pengguna wikipedia, saya punya foto yang diminta oleh teman saya untuk keperluan blognya. Saya merelakan foto tersebut, tapi dia lupa mencantumkan nama saya dalam caption. Lantas foto itu saya pakai kembali untuk dijadikan berkas di wikipedia. Padahal teman saya itu sudah lupa password untuk login ke blog, sehingga dia tidak dapat menyunting keterangan foto. Sedangkan jika dia bikin blog baru kemudian mencantumkan nama saya dalam caption, saya khawatir itu hanya dianggap akal-akalan. Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan ketika memberi keterangan pada lisensi berkas wikipedia? Atas jawaban Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih.

 ANDRIANA SUKE 
28 Februari 2015, pukul 01:11 WIB
Anda bisa menyatakan bahwa karya tersebut adalah karya Anda sendiri bersumber dari Anda sendiri (untuk keperluan pengunggahan di Wikipedia). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.44 (UTC)
@Andriana08 coba lihat templat {{copyvio}} didalamnya ada alamat surel (permissions@wikimedia.org) yang bisa Anda beritahukan untuk mengarahkan si pemilik ijin karya tersebut, bila klaim yang diberikan pantas dan dia memang pemilik ijin karya tersebut maka saya sebagai anggota m:OTRS akan memperbolehkan berkas/karya tersebut dipakai untuk Wikipedia. Salam.--AldNonBicara? 12 Maret 2015 15.57 (UTC)

Main Page-nya English Wikipedia versi Mobile

Saya mau nanya, kenapa Main Page-nya English Wikipedia hanya menampilkan Today's featured article & In the news sementara Did you know..., On this day..., dan Today's featured picture-nya tidak ditampilkan ? --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2015 18.19 (UTC)

Karena halaman utama versi mobile bergantung dengan konfigurasi di Halaman Utama (mw:Mobile Gateway/Mobile homepage formatting), maka komunitas dapat mengatur bagian apa saja yang dimunculin di versi mobile. Untuk WBI, karena tidak ada konsensus mengenai bagian apa saja yang dimunculkan, maka saat disuruh menyetel halaman utama, saya memunculkan semua bagian (AP, PT, HIDS, TA, GP). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.42 (UTC)

Penggunaan tanggal di Wikipedia bahasa Thai

Saya lihat di Wikipedia bahasa Thai (WBT) kok menggunakan penanggalan non-kalender Gregorian (penanggalan kalender Buddhis) pada artikel-artikelnya ya. Ini saya kasih contohnya:

dan masih banyak lagi.

Emangnya kenapa ya ? Padahal Wikipedia bahasa Arab sendiri saya lihat juga tak pakai penanggalan kalender Hijriah, begitu pula dengan Wikipedia bahasa Tionghoa yang juga tak pakai penanggalan kalender Tionghoa, alias masih menggunakan penanggalan kalender Gregorian. Apakah orang Thai lebih menggunakan penanggalan kalender lokal ketimbang penanggalan kalender Gregorian yang dipakai pada umumnya ? Apakah ada Wikipedia bahasa lainnya selain WBT yang juga menggunakan penanggalan kalender non-Gregorian ? Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh Yayasan Wikimedia ? Kalo hal tersebut diperbolehkan, kenapa kagak sekalian aja Wikipedia bahasa Jawa pake penanggalan kalender Jawa. --Erik Fastman (bicara) 1 Maret 2015 05.25 (UTC)

Bila wikipedia lokal komunitasnya menginginkan dan menjadikannya "policy" maka tidak masalah.--AldNonBicara? 4 Maret 2015 22.55 (UTC)

Usulan pengangkatan birokrat

Halo, para wikipediawan/ti!

Mohon kiranya anda dapat memberikan suara/komentar pada usulan pengangkatan birokrat di min.wp. Terima kasih dan salam. Wagino 20100516 (bicara) 7 Maret 2015 05.33 (UTC)

Mengenai WikiHow

Halo semuanya, saya baru saja mengetahui tentang situs Wiki yang bernama WikiHow dari informasi mengenai Wikimania 2014. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

  • Siapa sih pendiri dari WikiHow Indonesia ?
  • Siapa sih pengguna-pengguna yang biasa aktif disana ? Bot kah atau bukan ? Kok saya lihat aktif banget ya ?
  • Siapa sajakah Wikipediawan Indonesia yang ikut mengambil bagian dalam Wiki tersebut ?
  • Coba cek artikel-artikel yang ada disana, apakah artikel-artikel yang ada disana terjemahannya cocok/pas ? apakah terjemahannya terjemahan mesin atau manual ?
  • Bagaimana cara jadi pengurus disana ?

Sekian dari saya. Terima kasih --Erik Fastman (bicara) 8 Maret 2015 05.34 (UTC)

Tolong Hapus/Perbarui Lisensi Berkas Ini

Kepada pengurus WBI, tolong hapus berkas ini Berkas:Wendy Afiana Wilson.jpeg atau kalau masih bisa diperbaiki dengan memberikan lisensi yang lebih tepat, agar berkas tersebut tidak dihapus oleh pengurus WBI dikemudian hari.

Berkas tersebut sebenarnya memiliki 1 pranala di halaman Wendy Afiana , hanya saja sampai detik ini belum ada konfirmasi dari pengguna terotoritas dari halaman tersebut.

Ma'af kalau ada kata-kata yang kurang pas yang saya gunakan.

Terima kasih Ubenuh Insor (bicara) 8 Maret 2015 17.52 (UTC)

@Ubenuh Insor Selesai Selesai, berkas tidak ada lisensi, tidak ada alasan penggunaan, dan saya curiga foto tersebut hasil curian dari website lain.--AldNonBicara? 8 Maret 2015 18.00 (UTC)

Usul templat introduksi untuk halaman permohonan peninjauan artikel

Akhir-akhir ini sering ada pengguna yang secara ngawur saat menuliskan permohonan. Kadang ditulis di atas subjudul Permohonan belum diproses. Kadang ada pula ada yang menulis di tempat lain. Saya duga itu karena ketika mau mengklik mereka bingung melihat kode-kode, sementara tempat dan tombol yang disediakan untuk menuliskan permohonan malah tidak tahu. Untuk mengatasi kebingungan para pengguna itu, saya mengusulkan agar dari awal halaman sampai kalimat "Jangan menghapus permohonan yang telah ada sebelumnya" disatukan dalam sebuah templat. Jika toh pengguna mengklik Sunting sumber akan langsung dipandu melalui tulisan TULIS PERMOHONAN DI BAWAH INI. Syukur jika mengklik tombol Buat permohonan baru. Demikian usulan saya. Semoga dapat menjadi pertimbangan demi kemudahan bersama. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 13 Maret 2015 16.14 (UTC)

Sementara saya sudah bikinkan templat {{Wikipedia:Validasi_artikel/Intro}} yang saya pasang di bagian awal halaman, sehingga kalau ada pengguna baru mau menuliskan permohonan tidak kebingungan. Kepada yang berkeberatan terhadap langkah saya tersebut, boleh mengembalikan seperti semula dan menghapus templat yang saya bikin. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 14 Maret 2015 07.16 (UTC)

Selesai Selesai Karena sampai sekarang tak ada satu pun pengguna yang mengkritisi usulan saya ini, maka lebih baik saya tutup saja dan saya nyatakan selesai. Saya telah membuatkan templat seperti yang saya maksudkan di atas -hanya semata- untuk memudahkan. Dan terbukti, setelah saya buatkan, semua permohonan peninjauan cukup tertib, sesuai tempatnya, kecuali kadang ada yang lupa mencantumkan tanda bintang dan mencantumkan pranala. Terimakasih. Salam.

Salam Wikipedia!
 ANDRIANA  SUKE 
09.44, 19 Maret 2015 (WIB)

Mitos

Banyak tempat wisata atau perhelatan budaya yang ramai pengunjung karena mitos yang berkembang. Menghadapi artikel-artikel yang kadang mencantumkan mitos, bagaimana sikap kita? Apakah meminta rujukan atau membiarkan saja? Sedangkan di Wikipedia ini juga ada artikel berjudul Mitos Yunani. Saya minta pendapat Tuan-tuan semua. Terimakasih.

Salam Wikipedia!
 Andriana  Suke  01.23, 25 Maret 2015 (WIB) 

Perlu rujukan. Contohnya artikel Giant's Causeway, suatu lokasi di UK, hasil dari proses geologi, yang telah menjadi subjek legenda hingga akhirnya jadi tempat wisata dan situs warisan dunia. Penulisannya sudah bagus. Ada penjelasan dari sisi geologi, legenda, info wisata, ciri khas lokasi, dan keanekaragaman hayati. Semuanya didukung oleh rujukan. -- Adiputra बिचर -- 25 Maret 2015 12.26 (UTC)
Kalau keanekaragaman hayati dan geologi sih jelas ranah ilmu pengetahuan, bukan mitos. Yang saya maksudkan adalah semisal perhelatan budaya Sekaten di Yogyakarta yang pengunjungnya meyakini bahwa barangsiapa yang dapat meraih/membawa pulang buah-buahan pada gunungan Sekaten itu akan beroleh berkah. Nah, hal seperti itu kan jelas tidak mungkin dapat kita carikan rujukannya. Atau misalnya air di Sendang Nyatnyono Ungaran, Kabupaten Semarang, apabila digunakan untuk berendam, cuci muka, dan dibawa pulang akan membuat awet muda dan enteng jodoh. Dari mana kita mencari rujukannya? Demikian, terimakasih.

Salam Wikipedia!
 Andriana  Suke  20.40, 25 Maret 2015 (WIB) 

Artikel yang saya maksud bukan tentang geologi belaka, dan memiliki sisi mitos dan legenda. Yang Anda maksud mungkin artikel yang fokus membahas mitos, dan tidak berimbang. Sesungguhnya, bahkan artikel dengan mitos sebagai subjeknya, katakanlah mitologi Yunani, pun tidak membahas mitos dan legenda belaka, namun apa yang mendasari terjadinya mitos tersebut, bagaimana pandangan para ahli, bagaimana posisinya dalam kajian mitologi komparatif, dan sebagainya. Artikel tentang perhelatan yang Anda maksud, tentu bisa berada di ranah kepercayaan, dan masalah kepercayaan benar-benar subjektif. Jadi, kita masukkan pandangan-pandangan secara berimbang, agar tidak terkesan kita mendukung mitosnya, atau pun sebaliknya, meremehkan kepercayaannya. Mungkin kita dapat mengambil contoh tentang kutukan Tippecanoe. Artikelnya memberi deskripsi yang jelas. Ia tidak berusaha mengatakan mitos itu "benar" atau "salah", tapi menyampaikan bagaimana mitos tersebut, apa latar belakangnya, dan apa yang sesungguhnya terjadi. Sekali lagi, yang penting ada rujukannya. -- Adiputra बिचर -- 26 Maret 2015 06.16 (UTC)
Terimakasih atas jawaban Anda, Tuan Adiputra. Salam. - Andriana Suke (bicara) 26 Maret 2015 07.44 (UTC)

Pengunggahan multi berkas

Saya dapati di TolPed ada fitur multi unggah: http://tolololpedia.wikia.com/wiki/Istimewa:Multi_unggah (NB: Cuman bisa dilihat kalo udah log in/sign up)

Cuman entah kenapa pas sempat saya coba kok malah nggak bisa ya ? Anda-anda sekalian ada yang bisa melakukan multi unggah di TolPed nggak ? What a joke (bicara) 26 Maret 2015 01.54 (UTC)

Facebook

Untuk memperluas jalur komunikasi di antara pengguna Wikipedia, para pengguna, pengunjung, penyunting Wikipedia semuanya diundang untuk bergabung di grup Facebook Wikipedia bahasa Indonesia maupun halaman penggemar WBI di:

  • http://facebook.com/group/id.wiki - grup terbuka untuk umum, pembahasan lebih bersifat ringan, mulai dari perkenalan hingga permintaan-permintaan (rekues)
  • http://facebook.com/group/wiki.id - grup terbuka, namun dikhususkan untuk pembahasan yang lebih teknis. Apabila Anda tidak ingin menerima pemberitahuan yang menumpuk tentang hal-hal teknis, silakan bergabung dengan grup yang pertama.
  • http://facebook.com/id.wiki - halaman penggemar yang diasuh oleh pengurus. Anda dapat mengusulkan status untuk dipostingkan lewat halaman ini.

Grants:IEG/Automatically Generate Categories for some small-scale Wikis

Hello, I am sorry if I posted in wrong place or wrong format and in English. I am from Vietnamese Wikipedia. My project is to generate automatically new categories based on NL patterns for ASEAN Wikipedias and enrich the category classification. The crucial benefits are to make more fine-grained category structure as well as improve category classification. I did use my bot to contribute category classfication to your Wiki here [81]. You can read my project here. Let me know about your opinions about this project. You can contact me at Thành viên:Alphama. Thank you very much! Alphama (bicara) 15 September 2014 03.09 (UTC)