Wikipedia:Warung Kopi (Semua)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Gtk-redo-ltr.svg WP:WKS

Kumpulan Warung Kopi
Di halaman ini Anda akan menemukan seluruh topik pembicaraan dari kelima bagian Warung Kopi untuk mempermudah membaca. Klik pada "sunting" di masing-masing judul topik untuk memberikan tanggapan. Untuk menambahkan topik baru, silakan klik pranala "topik baru" di salah satu dari lima bagian Warung Kopi yang sesuai dalam tabel di bawah ini.

Selamat datang di Warung Kopi!

Warung kopi
Nuvola apps kteatime.png

Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman yang digunakan untuk membicarakan masalah kebijakan, teknis, bahasa, dan operasi dari Wikipedia Bahasa Indonesia, yang dibagi menjadi tujuh bagian Warung Kopi. Silakan lihat di tabel di bawah ini untuk menemukan bagian yang paling cocok dengan pertanyaan/komentar Anda. Untuk mengungkapkan segala komentar, saran, dan uneg-uneg sehubungan dengan Wikipedia, Anda dapat mengunjungi Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain). Untuk masalah yang lebih pelik, Anda dapat menghubungi para pengurus Wikipedia secara langsung.

Jangan lupa memberikan tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda (dengan cara mengetikkan ~~~~ atau mengklik tombol "tanda tangan" di toolbar penyuntingan).

Hi! Welcome to Indonesian Wikipedia's Village Pump. You don't speak Indonesian? You can visit our Embassy page and leave a note in its talk page!

Warung Kopi Wikipedia
Untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan atau pedoman yang telah ada dan membicarakan proposal kebijakan baru Untuk mendiskusikan usulan mengenai Wikipedia yang tidak berhubungan dengan kebijakan Untuk mendiskusikan hal-hal teknis dan mengajukan permintaan bantuan untuk hal-hal yang belum tercakup di halaman bantuan Untuk mendiskusikan penggunaan ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Untuk mendiskusikan hal-hal seputar perkembangan terbaru di Wikipedia dan Wikimedia Untuk menanyakan hal-hal di luar kategori yang telah ada. Untuk komunitas Facebook dan perkembangannya
Tampilkan semua topik yang sedang dibahas di Warung Kopi

Kebijakan

Amandemen syarat jadi pengembali revisi

Halo. Setelah melihat diskusi yang berkembang di grup Pengguna Wikipedia bahasa Indonesia di Facebook, saya rasa kita sudah saatnya untuk mengamandemen syarat menjadi pengembali revisi. Selama ini saya lihat ada permohonan yang ditolak atas alasan pemohon baru mendapatkan status editor, sehingga beberapa pengurus menganggap sang pemohon masih belum layak jadi pengembali revisi (sampel) atau bahasa halusnya, "apa tidak mau menikmati status editor dulu?"

Daripada kita menyerahkan kelayakan editor baru jadi pengembali revisi kepada selera subjektif masing-masing pengurus yang meninjau, lebih baik kita lakukan amandemen terhadap syarat jadi pengembali revisi. Usul saya, pemohon harus sudah menjadi editor minimal 3 bulan dari waktu permohonan. Bagaimana pendapat yang lain? SpartacksCompatriot (bicara) 6 Maret 2014 14.30 (UTC)

WTF Pendapat saya : Untuk mendapatkan hak sebagai pengembali revisi, sebaiknya yang dilihat pertama kali adalah, apakah pengguna yang bersangkutan cukup aktif dalam menanggulangi (membatalkan suntingan) vandalisme sebelum dan atau sesudah diangkat menjadi editor. Jika belum pernah atau tidak aktif, maka diberikan kesempatan (waktu) untuk aktif memerangi vandalisme setelah diangkat menjadi editor. Jangka waktunya saya pikir jangan terlalu lama, 1 bulan cukup. Bagi pengguna yang sudah aktif membantu memerangi vandalisme sebelum diangkat menjadi editor, tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hak pengembali revisi setelah diangkat menjadi editor. Demikian pendapat saya. Salam, Bozky(bicara) 7 Maret 2014 03.49 (UTC)
Setuju dengan Bozky Alasan;
  • Pertama, 3 bulan terlalu panjang apalagi ini biasanya dipakai bila permintaan hak yang sebelumnya gagal bukan untuk permintaan yang berhasil.
  • Kedua bila seseorang aktif di secara global di wikimedia dia tinggal tunggu 2 bulan bisa mendapatkan Hak Global rollback yang lebih keras lagi haknya dibanding local rollback di WBI itu sendiri, tandanya sama saja dengan bohong.
  • Ketiga, kita membutuhkan pengguna yang lebih aktif lagi mematroli perubahan terakhir WBI bukan membuat mereka kesusahan dikarenakan tidak mempunyai alat yang bisa digunakan untuk melawan Vandal.
  • Keempat kita mempunyai kebiasaan tidak mau studi banding lihat Wiki lain mengapa penggunanya bisa aktif, wikipedianya bisa bersih, dan artikelnya bisa berjumlah banyak dalam waktu yang cepat, dikarenakan mereka punya konsep ini bukan hak yang spesial, berikan saja pengguna menjadi termotivasi dengan alat barunya untuk melakukan pekerjaannya, WBI seharusnya memfasilitasi bukan menghalang halangi pengguna yang ingin berkontribusi.
  • kelima 1 bulan adalah waktu yang sudah lebih dari cukup untuk melihat kontribusi pengguna, kebiasaan menyunting pengguna, dan untuk melihat apakah dia akan tetap aktif di masa depan atau tidak.
Ini saja sekian dari saya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Maret 2014 09.31 (UTC)
Kalau begitu, saya sepakat satu bulan saja. Bagaimana pendapat yang lain? SpartacksCompatriot (bicara) 7 Maret 2014 10.24 (UTC)
Setuju dan menunggu suara lainnya Setuju dan menunggu suara lainnya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Maret 2014 14.33 (UTC) Memindahkan ke usulan pak Wagino.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 15 Maret 2014 18.30 (UTC)

Jika syarat jadi pengembali revisi akan diamandemen, saya/kami punya usul sederhana saja:

Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 10 Maret 2014 04.30 (UTC)

Komentar: Kalau saya sendiri tetap dengan proposal awal ketika saya mengajukan fitur ini: semua bisa dapat hak ini asalkan dinilai mampu, tidak harus jadi editor dulu. Kalau ada penyalahgunaan tinggal cabut kan? Proses pencabutannya lebih mudah daripada pengurus (tidak ada voting), jadi sebenarnya tidak perlu dibikin susah. Gombang (bicara) 12 Maret 2014 18.16 (UTC)
Saya setuju dengan usulan wagino, per alasan saya per alasan Wagino per alasan Gombang. Sekaligus proposal ini dimohon untuk dibuka kembali.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 15 Maret 2014 18.30 (UTC)

Proposed optional changes to Terms of Use amendment

Hello all, in response to some community comments in the discussion on the amendment to the Terms of Use on undisclosed paid editing, we have prepared two optional changes. Please read about these optional changes on Meta wiki and share your comments. If you can (and this is a non english project), please translate this announcement. Thanks! Slaporte (WMF) 13 Maret 2014 21.56 (UTC)

Changes to the default site typography coming soon

This week, the typography on Wikimedia sites will be updated for all readers and editors who use the default "Vector" skin. This change will involve new serif fonts for some headings, small tweaks to body content fonts, text size, text color, and spacing between elements. The schedule is:

  • April 1st: non-Wikipedia projects will see this change live
  • April 3rd: Wikipedias will see this change live

This change is very similar to the "Typography Update" Beta Feature that has been available on Wikimedia projects since November 2013. After several rounds of testing and with feedback from the community, this Beta Feature will be disabled and successful aspects enabled in the default site appearance. Users who are logged in may still choose to use another skin, or alter their personal CSS, if they prefer a different appearance. Local common CSS styles will also apply as normal, for issues with local styles and scripts that impact all users.

For more information:

-- Steven Walling (Product Manager) on behalf of the Wikimedia Foundation's User Experience Design team

Mengenai sumber dari blog dan wordpress

Tahun lalu saya pernah menanyakan hal ini, tetapi jawabannya masih mengambang sampai sekarang. Jadi saya bermaksud untuk mengangkat permasalahan ini sekali lagi, semoga kali ini bisa didiskusikan hingga tuntas .
Templat: Noblog

Halo, selamat datang di Wikipedia Indonesia dan terima kasih telah bersedia mencoba menulis di Wikipedia. Wikipedia Bahasa Indonesia sangat tidak menganjurkan mengambil referensi dari blog. Segala macam blog yang dicantumkan di dalam sebuah artikel akan dihapus. Anda dapat melihat pedoman resmi mengenai sumber-sumber terpercaya jika Anda ingin mengetahuinya dengan lebih lanjut.

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan hubungi saya, atau ajukan pertanyaan di Warung Kopi. Terima kasih.


Juga membaca dari Wikipedia:Sumber tepercaya dan halaman pembicaraannya, saya juga mengutip kalimat dari artikel blog:
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog.

Itulah sebabnya blog dan wordpress sebaiknya tidak digunakan sebagai sumber referensi. Tapi bagaimana dengan blog-blog resmi pemerintah, organisasi, yayasan, dsb? Dalam pandangan saya, sumber-sumber tersebut tentu saja tidak sembarangan ditulis (bukan semata-mata tulisan pribadi seseorang) dan bersifat resmi sehingga seharusnya bisa digunakan sebagai referensi. Contoh blog resmi:

  1. Kodim Kudus -- militer
  2. SELAMAT DATANG DI BLOG PEMERINTAH DESA SIDOREKSO -- pemerintah
  3. MASJID NEGERI PULAU PINANG -- organisasi
  4. Gereja Katolik St Ann -- yayasan

Saya mohon diskusinya, terutama dari kalangan pengurus wikipedia yang tentunya lebih memiliki wewenang dalam hal memutuskan wewenang dan kebijakan lainnya. @Hariadhi @Bozky @Hanamanteo Okkisafire (bicara) 6 April 2014 02.26 (UTC)

Tapi jujur saja, memang ada kesulitan juga jika mendefiniskan blog berdasarkan resmi atau tidaknya. Menurut pengalaman saya, saya juga menemukan beberapa blog resmi organisasi yang isinya terlalu ke kiri atau ke kanan, sehingga akurasi permasalahan yang dibahas terlalu condong ke paham yang mereka anut dan menjadi kurang (atau tidak) netral. Di lain pihak, ada beberapa informasi yang tidak ditemukan di web selain blogspot atau wordpress, meskipun isinya bisa dikatakan akurat (sudah merupakan pengetahuan umum dan diterima secara luas oleh masyarakat --atau kelompok tertentu yang berhubungan dengan isi artikel yang dibahas). Okkisafire (bicara) 6 April 2014 02.32 (UTC)

"Sebaiknya tidak" bukan berarti "dilarang sama sekali". Dinilai saja apakah memang tidak ada referensi lain lagi untuk menguatkan datanya? Karena sifat blog adalah mudah dilansir tanpa ada proses editing dan bisa diubah atau hilang sewaktu-waktu. Kalaupun memang tidak ada, ya apa boleh buat. Intinya tulisan tersebut harus jelas sumber datanya, logikanya benar, dan kalau bisa penulisnya kredibel Hariadhi - Ngobrol 6 April 2014 04.21 (UTC)

Wordpress sendiri bukan hanya mengacu pada kumpulan situs blog pribadi saja, tetapi juga sebagai sebuah manajemen konten situs. Artinya banyak juga website-website resmi yang bukan situs pribadi dan menggunakan top level domain (com, org, gov, co.id, or.id, go.id) yang dibuat dengan menggunakan engine wordpress dan memiliki konten yang bisa dipertanggungjawabkan. Saya sangat setuju apabila pembagian situs referensi bisa dinilai berdasarkan kualitas dan keakuratan kontennya. Tentunya dengan masih memperhatikan NPOV dan kebijakan ummum wikipedia lainnya.  eMpu  bicara  6 April 2014 07.06 (UTC)
Sebenarnya untuk blog sendiri, tergolong dalam kriteria referensi yang mana? Mengutip WP:ST:
1.9. Artikel yang ditulis di internet dengan referensi jelas dari sumber non internet
2.2. Artikel yang ditulis di internet dengan referensi jelas dari sumber internet
Tidak ada point yang menjelaskan secara spesifik tentang blog kecuali templat noblog itu sendiri. Ada juga blog yang menjadi Sumber primer sehingga tidak mengambil referensi dari manapun. Okkisafire (bicara) 6 April 2014 07.10 (UTC)
Jadi kebijakan mengenai blog bagaimana? Saya sih berharapnya bisa menjadi jelas dan memiliki dasar hukum, bukan hanya sekedar diskusi biasa, supaya kedepannya nanti tidak terjadi masalah. Soalnya tahun lalu kan sudah pernah saya singgung, tahun ini topik ini saya angkat kembali. Mohon bantuan para pengurus Okkisafire (bicara) 13 April 2014 04.45 (UTC)
Dlm pandangan sy, blog bole digunakan manakala dia resmi, klo tdk resmi, misalx, blog pribadi, atw blog 'tuk jual2an, ya ndk bole digunakan. Atau, sy ad syarat lain, klo misalx tdk ditemukan ref. lain, sehingga hanya blog itulah satu2nya ref., silahkan gunakan. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 13 April 2014 05.15 (UTC)
Jika demikian, apa diskusi ini sudah memiliki kekuatan hukum terhadap blog dan wordpress? Lalu kalimat "Segala macam blog yang dicantumkan di dalam sebuah artikel akan dihapus" di templat Noblog sudah bisa diganti menjadi "Segala macam blog tidak resmi yang dicantumkan di dalam sebuah artikel akan dihapus"? Dan juga sudah bisa dilakukan perbaikan di artikel Wikipedia:Sumber tepercaya dengan memasukkan kata blog dan wordpress? Atau masih diperlukan diskusi lebih lanjut? Okkisafire (bicara) 14 April 2014 02.21 (UTC)
Pendapat Bung Adi.akbartauhidin dapat dipertimbangkan. Mas Okki kalau tidak keberatan, diskusi ini bisa dipindahkan ke halaman khusus proyek, agar dapat didiskusikan lebih lanjut oleh pengguna lainnya. Salam, Bozky (bicara) 14 April 2014 02.43 (UTC)
Maaf mas Bozky, saya baru pertama kali ini ngotot mengenai kebajikan Wiki, jadi nggak pernah membuat halaman khusus proyek . Jika tidak keberatan, mohon bantuannya untuk memindahkan, atau mohon ajari saya caranya. Nanti saya juga mau belajar untuk membuat jika dibutuhkan di lain waktu. Terima kasih atas perhatian dan bantuannya Okkisafire (bicara) 14 April 2014 02.51 (UTC)

Keberatan soal penggunaan blog sebenarnya (menurut saya) ada dua: (1) blog sifatnya self-publishing, jadi tidak ada orang lain yang mengoreksi (tidak seperti peer reviewed journal misalnya) (2) dalam kasus blog resmi, informasi yang diberikan sifatnya sumber primer, yang memang tidak dianjurkan buat digunakan sebagai referensi Wikipedia. Gombang (bicara) 14 April 2014 05.53 (UTC)

Memang benar itu, merujuk pada ketentuan Wikipedia:Bukan riset asli. Wikipedia:Sumber tepercaya juga menyatakan:
Artikel Wikipedia dapat menggunakan sumber primer hanya jika sumber-sumber ini telah dipublikasikan oleh penerbit tepercaya, misalnya traskrip pengadilan yang dipublikasikan oleh stenografer pengadilan, dan hanya dapat dipergunakan semata-mata untuk pernyataan deskriptif.
Tapi jujur saja, saya lebih condong untuk menggunakan beberapa data seperti tanggal lahir, tanggal pendirian, biografi, sejarah pembangunan, dan sejenisnya dari sumber primer. Dan informasi seperti itu biasanya tidak dipublikasikan di internet sebagai sumber sekunder (kecuali biografi artis, tentu saja. Dan dari pengalaman saya selama di WIB, yang namanya tanggal lahir, tempat lahir, agama, dan sejenisnya, seringkali simpang siur dari sumber yang satu dg sumber yang lain. Pada akhirnya, saya bakal kembali ke sumber primer.). Rasanya hampir tidak mungkin kan jika suatu perusahaan mempublikasikan surat pendirian perusahaannya ke internet? Dan jika dipublikasikan (setidaknya nomor suratnya), jika ternyata yg sumber primer menyebut tahunnya tahun 2000, dan sumber sekunder tahun 2003, untuk anda sekalian, lebih milih sumber yang mana?
Saya sendiri lumayan sering mengoreksi artikel baru dengan memberitahu wikipediawan baru bahwa di Wiki sebaiknya menggunakan sumber sekunder. Tapi dalam pelaksanaannya, saya pribasi seringkali tidak bisa lepas dari sumber primer untuk memperoleh data yang akurat. Disamping itu, sumber primer juga saya gunakan untuk mengimbangi pernyataan sehingga kenetralan artikel dapat dipertahankan. Bisa jadi suatu topik dicaci-maki oleh masyarakat, dan bila dibuatkan artikelnya, akibatnya malah jadi tidak netral. Dalam hal tersebut, sumber primer kembali dibutuhkan. Contohnya adalah artikel GKI-Yasmin yang saya kembangkan, saya menggunakan sumber primer dari pemerintah Kota Bogor sendiri untuk mempertahankan kenetralan artikel. Namun, saya tetap mencari sumber sekunder untuk mengimbangi sumber primer yang sudah saya gunakan, atau mending artikelnya nggak usah ditulis sama sekali sebelum nemu sumber yang jelas.
Maaf, out of the topic . Mohon bantuan wikipediawan sekalian untuk memfixkan masalah ini hingga benar-benar tuntas serta mendiskusikannya dengan menimbang berbagai sudut pandang yang ada. Terima kasih. Okkisafire (bicara) 14 April 2014 06.25 (UTC)
Sepertinya sudah jelas, sumber primer bisa digunakan untuk hal-hal faktual dan deskriptif. Kalau kebetulan sumber primernya berupa blog ya tidak apa-apa dipakai. Alasan sumber sekunder lebih disukai dengan alasan NPOV. Saya kira blog di sini tidak dianjurkan bukan karena semata-mata blog, tapi dengan dua alasan yang sudah saya kemukakan di atas. Gombang (bicara) 14 April 2014 08.11 (UTC)
Bukan, maksud saya begini mas Gombang , apakah diskusi ini sudah memiliki kekuatan hukum untuk blog dan wordpress? Atau masih perlu diskusi lebih lanjut pada level yang lebih serius? Apa hanya dengan diskusi ini sudah bisa dilakukan perubahan terhadap templat noblog dan Wikipedia:Sumber tepercaya, atau harus memindahkan diskusi ini ke halaman khusus proyek seperti yang dianjurkan mas Bozky? Soalnya, dari kesimpulan sementara sih, sepertinya pendapat2 di atas rata2 sama semua maksudnya. Tapi biasanya di Wiki kan diadakan voting? Okkisafire (bicara) 14 April 2014 08.37 (UTC)
Tidak perlu voting kalau dari diskusi sudah terlihat konsensus. Gombang (bicara) 14 April 2014 08.39 (UTC)
Kalau begitu, pembicaraan ini saya simpan. Terima kasih Okkisafire (bicara) 15 April 2014 06.24 (UTC)

Usulan

Usulan templat pengguna baru

Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia

atau "pernah mengikuti Wiki berjamaah". Sekalian mereka latihan menaruh templat di halaman pengguna. Hysocc, Let's talk 2 Maret 2014 07.56 (UTC)

Boleh. Kenapa tidak? :) Gombang (bicara) 12 Maret 2014 22.03 (UTC)
Sudah saya buat, silakan dilihat di sini. -- Bonaditya (bicara) 10.00, 14 Maret 2014 (WIB)
Bagaimana kalau ditambahkan parameter untuk tanggal? Setuju? -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 01.38 (UTC)
Saya setuju dengan usul M. Adiputa, namun bagaimana juga kalau saya usulkan parameter kota? Format penggunaan templat ini nantinya akan seperti ini: Jika kita mengetikkan {{Pengguna kopder Wiki-ID|Jakarta|1 Maret 2014}} akan menghasilkan templat seperti ini:
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Jakarta pada 1 Maret 2014

Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 Maret 2014 05.38 (UTC)

Hm, misalkan saya sudah ikut kopdar selama 6 kali, apakah tidak kebanyakan jadinya? Mohon maaf, saya kurang sependapat dalam hal ini. Kalau ada usul yang lebih baik, silakan ajukan -- Bonaditya (bicara) 13.03, 16 Maret 2014 (WIB)

Tidak apa-apa. Saya setuju dengan usul Hanamanteo. Kalau dibuatnya begini, rasanya bisa dikoleksi ala bintang wiki. -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 09.16 (UTC)
Kotak pengguna
Female Icon.svg
Pengguna ini adalah seorang perempuan
Monas view from Gambir station.JPG Pengguna ini berdomisili di Jakarta, Indonesia
Kopi Darat
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Jakarta pada 1 Maret 2014
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Bandung pada 21 Juni 2014
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Surabaya pada 31 Oktober 2014
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Semarang pada 15 Januari 2015
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Medan pada 1 April 2015
Logo Wiki-ID.svg
Pengguna ini pernah mengikuti kopi darat Wikipedia Indonesia di Makassar pada 5 Mei 2016

Dua perkara

Assalamu alaikum wr.wb. Mohon maap sy tdk bisa ikut Wikipedia slama bbrp bln ini karna memang byk kegiatan, dan skrg malah sy perlahan mulai suka menulis perihal Islam, sprti Bayram Temizligi dan Ibnu Abi 'Ashim. Tlg dipriksa.

Kedua, perihal program "Bebaskan Pengetahuan" itu kok hasil tulisan dan artikelnya kok (bukan menghina dan merendahkan) kok kelihatan acakadut? D mana koordinator ini program, spatutnyalah sbagian artikel mereka diperbaiki.

Wabillahi taufiq wal hidayah, wassalamu alaikum wr.wb. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 31 Maret 2014 07.14 (UTC)

Biasanya memang begitu di awal. Boleh dikoreksi dan dikasih saran juga kok mereka. Gombang (bicara) 31 Maret 2014 17.10 (UTC)

Perpendekan masa penampilan AP di Halaman Utama

mengingat makin hari makin banyak artikel yang dijadikan AP. Maka dengan ini saya kasih saran saja buat memperpendek masa penampilan AP di Halaman Utama. Selama ini kan periode masa penampilan AP di Halaman Utama berkisar 10 hari. Kagak usah diperpendek cuman jadi sehari doank sih, paling enggak 7 hari (1 minggu) atau 3 hari entah gimana caranya (karena saya sendiri kagak tau gimana caranya )

Apalagi saat ini ada semacam proyek pengembangan AP khusus Capres. Kita kan kagak tau ada berapa orang ntar yang maju jadi Capres nantinya, sementara saat ini cuman jatah 3 fase menjelang Pilpres untuk menampilkan AP khusus Capres di Halaman Utama, & 2 fase sudah dipake untuk artikel Jokowi & ARB, sehingga yang tersisa cuman 1 fase doank. Ntar kalo misalnya capresnya ada 5 kan rada kagak enak, kok cuman 3 Capres doank yang ditampilin di Halaman Utama.

Selain itu juga dengan semakin banyaknya AP, maka ntar penjadwalannya akan melebar sampe ke tahun berikutnya sehingga jika semakin hari semakin banyak artikel yang jadi AP tapi fase penampilan AP di Halaman Utama tetap sama (10 hari) maka semakin lama pula penampilan AP yang paling baru di Halaman Utama. Bagaimana nih tanggapannya ? --What a joke (bicara) 15 April 2014 02.42 (UTC)

Di samping masalah pilpres, (muncul masalah klasik yaitu:) bagaimana caranya menjamin bahwa artikel pilihan tidak akan kosong pada masa depan? Salam. ·· KℇℵℭK 16 April 2014 12.18 (UTC)

Teknis

Tech News: 2014-11

10 Maret 2014 09.10 (UTC)

buat artikel

mau tanya buat artikel? terima kasih banyak sebelumnya ().().().(). 16 Maret 2014 12.25 (UTC) – komentar tanpa tanda tangan oleh Thcfretd (bk) .

Untuk mengetahui cara membuat artikel, Anda tinggal mengklik halaman ini. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 16 Maret 2014 14.53 (UTC)

Tech News: 2014-12

17 Maret 2014 07.14 (UTC)

Tanya

Saya mau membuat halaman disambiguasi untuk IMB, karena bisa merujuk ke Indonesia Mencari Bakat dan Izin Mendirikan Bangunan. Tapi sudah ada halaman pengalihan Imb yang dibuat oleh Tagtool sehingga halaman IMB tidak bisa dibuat. Saya pikir, untuk singkatan, Imb kok tidak cocok, mohon pendapatnya. Terima kasih . Okkisafire (bicara) 20 Maret 2014 01.35 (UTC)

Caranya mudah. Sunting halaman Imb menjadi halaman disambiguasi, lalu pindahkan ke IMB. Ingat pula untuk memberikan interwiki ke halaman en:IMB. -- Adiputra बिचर -- 20 Maret 2014 03.10 (UTC)
Sedikit tambahan. Mohon jangan menambahkan interwiki secara langsung, tetapi silakan ditambahkan di Wikidata pada entry Q240768. Terima kasih. Wagino 20100516 (bicara) 20 Maret 2014 03.26 (UTC)
Terima kasih nasihat2nya Okkisafire (bicara) 20 Maret 2014 03.37 (UTC)
Maksud saya menambahkan interwiki (secara langsung) dengan cara mengeklik Arbcom ru editing.svg Tambah Interwiki di sebelah kiri, di bawah kotak peralatan. -- Adiputra बिचर -- 20 Maret 2014 04.25 (UTC)
-- Betul, Mas! Wagino 20100516 (bicara) 20 Maret 2014 07.22 (UTC)

Xcount Edit Counter, penghitung suntingan, Supercount baru

Halo para pengguna WBI, Anda sudah bosan dengan Xcount yang lama? Tenang saja sekarang Xcount sudah diganti dengan Supercount. Adjusment Canvas juga sudah selesai melalui Beta testing. Anda bisa melihat pranala untuk menggunakan disini https://tools.wmflabs.org/supercount/

Selamat menggunakan para Wikipediawan :D

  • Terima kasih untuk Cyberpower678 Pengguna en dan meta telah melayani adjusment canvas untuk versi Bahasa Indonesia.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 20 Maret 2014 23.02 (UTC)

Tech News: 2014-13

24 Maret 2014 18.56 (UTC)

Tech News: 2014-14

31 Maret 2014 09.20 (UTC)

Menambahkan Interwiki bahasa lain pada artikel

Bagaimana caranya menambahkan Interwiki Bahasa Inggris pada artikel berbahasa Indonesia? BP48Fadhillah (bicara) 31 Maret 2014 09.57 (UTC) BP48Fadhillah (bicara) 31 Maret 2014 09.57 (UTC)

Lihat di panel kiri, ada bagian "Bahasa lain". Klik "sunting interwiki". Di "Wikipedia pages linked to this item" klik edit enwiki, atau add kalau belum ada. Kalau belum ada interwiki sama sekali tulisan yang muncul "Tambah interwiki". Anda akan diminta memasukkan bahasa (English(enwiki) buat bahasa Inggris) serta judul artikel. Gombang (bicara) 31 Maret 2014 12.36 (UTC)

wikifisasi

gann,

ada yang bisa bantu, saya mau bikin wikifisasi ke wikipedia dalam bahasa lain (mis: dari id ke en). terimakasih.

BP22Heber (bicara) 2 April 2014 01.24 (UTC)

Itu namanya interwiki, bukan wikifisasi. Coba baca pembahasan di atas. Gombang (bicara) 2 April 2014 07.22 (UTC)
Bisa pakai format [[:en:nama artikel pada Wikipedia English|kata yang mau di wikifisasi]]. Tapi tidak disarankan, kalau tidak ada artikelnya biarkan saja. Tidak apa-apa merah. -39.231.54.7 2 April 2014 22.10 (UTC)

Halaman Bantuan

Pranala bantuan di pojok kiri atas mengapa menuju laman Mediawiki ya? Kok tidak menuju ke Bantuan:Isi lagi. Tolong perbaiki ya.

Beeyan (bicara) 5 April 2014 01.49 (UTC)

Akan saya coba untuk perbaiki, terima kasih atas pemberitahuannya. -- Bonaditya (bicara) 09.07, 5 April 2014 (WIB)
Selesai Sudah diperbaiki -- Bonaditya (bicara) 09.14, 5 April 2014 (WIB)

Location map

Saya telah membuat templat Location map South America, tapi sepertinya rusak. Padahal saya telah mengikuti templat Location map Europe yang baik-baik saja. Mohon batuannya. Salam. Irvan Ary Maulana (bicara) 5 April 2014 14.15 (UTC)

Tech News: 2014-15

7 April 2014 08.00 (UTC)

Kategori Hasil Suntingan

Selamat sore, Saya mau bertanya apakah untuk penggunaan kategori harus lebih dari 1 (satu) kategori ? Untuk kategori dari biologi apakah perlu dijabarkan seperti untuk jenis atau bisa di hubungkan untuk bidang lainnya ?

Hasil suntingan saya berjudul selulosa bakteri, kategori apakah yg seharusnya saya cantumkan ?


Terima Kasih


Fita Paulin (BP60Fita)

BP60Fita (bicara) 7 April 2014 10.27 (UTC)

Halo saudari @BP60Fita, untuk artikel selulosa bakteri, bisa dimasukkan ke dalam kategori:produk bioteknologi. Mencari kategori bisa dari induknya. Kalau saya mencari dari Kategori:bioteknologi, lalu klik sub-subkategorinya dan menemukan kategori produk bioteknologi dan menurut saya itu yang tepat.
Kategori bisa lebih dari satu namun sebaiknya tidak bertumpuk. Maksudnya kategori yang diberikan tidak berada di dalam kategori yang ada di artikel tersebut. Misal artikel Kelangkaan air sudah memiliki kategori:Air minum dan kategori:Suplai air, jangan lagi diberikan Kategori:air karena kedua kategori tersebut sudah berada di dalam kategori air.
Contoh lainnya adalah jika sebuah artikel memiliki kategori tersendiri. Misal artikel "A" sudah punya "kategori A", sehingga kategori yang terkait dengan artikel (misal artikel "A" terkait dengan "Kategori B") dimasukkan sebagai kategori dari "kategori A", sehingga "Kategori A" ada di dalam "Kategori B" karena artikel "A" sudah punya kategori sendiri.
Namun ini tidak mengikat, setiap orang punya argumen masing-masing untuk berbuat lain. Saya sudah sering menjelajah banyak kategori sehingga saya yakin ini yang terbaik.

-- Hysocc, Let's talk 7 April 2014 10.46 (UTC)

Terima kasih @Hysocc. maaf saya masih baru dan harus banyak belajar :D Terima kasih atas infonya, info anda sangat membantu saya BP60Fita (bicara) 7 April 2014 14.11 (UTC)


Saudari @BP60Fita, penulisan kategori yang benar adalah
(1)[[kategori:Nama kategori]],
...bukan...
(2)[[:kategori:Nama kategori]].
Saya pakai format yang nomer dua karena jika ditulis dengan format no. 1 di sini, tidak akan muncul di tulisan. Untuk kategorisasi, pakai format yang nomer satu.

-- Hysocc, Let's talk 7 April 2014 14.18 (UTC)

Penggunaan Karya Orang Lain

Saya ingin mengambil salah satu foto Michael Riffaterre dari web Columbia University. Namun karya tersebut belum bebas untuk digunakan. Foto tersebut saya butuhkan untuk melengkapi data saya. Mohon solusi dari teman-teman. BP83Carlos (bicara) 9 April 2014 15.20 (UTC)

Gambar pilihan

Saya ingin bertanya bagaimana cara memberikan voting pada "halaman pengusulan gambar pilihan" sebab tidak diberikan keterangan yang cukup jelas untuk memilihnya. terima kasih


Clifford (bicara) 10 April 2014 13.47 (UTC)

Caranya adalah dengan menambahkan baris berisi kode * {{setuju}} ~~~~ (atau memakai templat lain yang menyatakan kesetujuan, misalnya {{27}}, atau {{vote}}) pada gambar yang diinginkan. Salam. ·· KℇℵℭK 10 April 2014 15.44 (UTC)

Tech News: 2014-16

14 April 2014 07.18 (UTC)


Bahasa

Ancient Cities

Mohon saran untuk terjemahan yang pas untuk kategori Ancient Cities apakah Kota tua, Kota kuno, Kota bersejarah, atau ada pendapat yang lain. Terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 14 Maret 2014 09.05 (UTC)

Kota purba? SpartacksCompatriot (bicara) 14 Maret 2014 11.06 (UTC)
Terima kasih masukannya Uda Spartack, jika tidak ada masukan lain saya akan buat kategori Kota purba. Kemudian pada permasalahan lain tentang judul terjemahan juga, yaitu artikel yang menggunakan judul Jalur Sutra, tapi kategori yang ada adalah Kategori:Jalan Sutra, apakah tidak sebaiknya di selaraskan saja, karena setelah saya buat kategori:Jalur Sutra (sesuai judulnya), ternyata sebelumnya sudah ada kategori:Jalan Sutra. ibensis (What’s the Story?) 15 Maret 2014 10.37 (UTC)
Kota Kuno saja. Kalau purba, kesannya zaman prasejarah begitu.. Saya cek di KBBI, makna kata purba adalah dahulu (tentang zaman ribuan atau jutaan tahun yang lalu). -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 01.35 (UTC)
Benar juga apa yang dikatakan Mas Adiputra. Dalam bayangan saya sekarang, Kota tua mungkin untuk kota yg berumur cukup tua tapi masih dekat waktunya, Kota kuno untuk waktu beberapa ratus atau ribuan tahun dan mungkin kotanya masih ada/dihuni, Sedangkan kota purba cocok untuk kota yang diperkirakan berumur ribuan hingga berpuluh ribuan tahun lebih, dan peradabannya sudah tidak eksis, semacam pra-sejarah. Didalam halaman kategori:ancient cities tersebut, sebagian kotanya masih ada/dihuni. Sehingga menurut saya usulan Kota kuno lebih pas. Silahkan jika ada tanggapan yang lain. ibensis (What’s the Story?) 16 Maret 2014 06.23 (UTC)
Baiklah, karena sudah seminggu maka saya ambil keputusan. Dikarenakan usulan mas Spartack masih diikuti tanda tanya (?, tidak terlalu yakin) dan dengan alasan yang disampaikan Mas Adiputra diatas, yang saya juga sependapat. Maka saya akan membuat kategori Kota kuno. Jika ada yang ingin mengubah dengan nama yang lebih sesuai silahkan diedit saja dikemudian hari. Begitu pula dengan Istilah Jalur Sutra dan Jalan Sutera akan saya satukan menjadi Jalur sutera saja. terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 21 Maret 2014 10.18 (UTC)
Ternyata. Kategori tersebut sudah ada sejak 2009!, hanya saja sebelumnya belum terhubung di Interwiki (entah mengapa saya lupa/tidak mengecek sebelumnya, maaf merepotkan), dan juga telah dikerjakan oleh Mas Hanamanteo. Terima kasih. ibensis (What’s the Story?) 21 Maret 2014 10.28 (UTC)

Templat:Circa

Untuk templat tersebut di atas, saya punya usul agar diubah jadi Templat:Sekitar.
Sebelumnya jika kita mengetik {{circa}} akan muncul ca.
sekarang saya mengusulkan agar muncul sk.
agar terasa lebih Indonesia. Setuju? -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 02.33 (UTC)

Alternatif yang saya usulkan, selain sk. singkatannya mungkin kr. untuk kira2, ks. untuk kisaran/berkisar, atau tanda plus/minus ±. ibensis (What’s the Story?) 16 Maret 2014 06.36 (UTC)
Setuju untuk pakai tanda ±. Terasa mewakili seluruh usulan yang ada. -- Adiputra बिचर -- 16 Maret 2014 12.19 (UTC)

Bagaimana cara mengartikan MVP dalam Bahasa Indonesia?

Bisakah MVP (Most Valuable Person) dalam sebuah artikel berbahasa Indonesia ditulis dengan format yang sama? atau adakah Bahasa Indonesia lain yang lebih sesuai untuk mengganti kata diatas? Terima Kasih.


BP44Rana (bicara) 1 April 2014 11.51 (UTC)

Kalau Anda ragu dengan terjemahannya sementara tidak apa-apa tidak diterjemahkan dulu. Mungkin nanti ada yang bisa memberikan padanan yang enak. Tapi jangan lupa dimiringkan. Gombang (bicara) 1 April 2014 13.06 (UTC)

Mohon Pantauan Kepaksian Skala Brak https://id.wikipedia.org/wiki/Kepaksian_Sekala_Brak

Kepada admin dan relawan Wikipedia lainnya,

Mohon agar artikel Kepaksian Skala Brak https://id.wikipedia.org/wiki/Kepaksian_Sekala_Brak dipantau. Sebab artikel tersebut ditulis berdasarkan buku yang dibuat oleh Diandra Natakembahang yang mana merupakan keluarga dari Skala Brak itu sendiri. Adanya konflik kepentingan terlihat dari gaya bahasanya yang seperti menulis 'Company Profile' dari Skala Brak. Tanpa keraguan, tanpa anti-tesis, tanpa memuat pertentangan atau pendapat-pendapat dari pihak peneliti yang mayoritas tidak mengakui adanya kerajaan di Lampung.

Perlu diketahui buku-buku asing yang dijadikan sumber klaim bahwa Skala Brak diakui sebagai kerajaan tertua di Lampung adalah tidak benar. Buku-buku yang dikutip dalam buku / artikel tersebut tidak pernah mengatakan hal-hal seperti itu. Namun oleh tim Skala Brak termasuk Diandra Natakembahang dipotong-potong kalimatnya hingga seolah-olah mengakui Skala Brak sebagai kerajaan tertua di Lampung.

Perlu diketahui, menurut para peneliti dan pengamat sejarah kebudayaan Lampung yang objektif dan tidak memiliki kepentingan. Lampung tidak pernah memiliki kerajaan / kesultanan. Karena dari masa ke masa hanya tunduk pada Sriwijaya, Banten, dll.

Diandra Natakembahang diduga membuat buku (tanpa penerbit) untuk meligitimasi seolah-olah Skala Brak sudah diteliti sebagai kerajaan tertua di Lampung. Lalu isi buku ini di copy paste di berbagai blog milik keluarga Skala Brak, sehingga jika kita googling 'Skala Brak' akan dipenuhi oleh blog-blog mereka.

Buku yang ditulis Diandra Natakembahang ditulis tanpa kajian yang kritis. Sehingga saya meminta agar halaman artikel Skala Brak dipantau.Pengguna:Margapesisir

Sudah saya masukkan dalam daftar pantauan saya. Tapi akan lebih baik jika @Margapesisir ikut memantau, karena Bapak paham dengan artikel tersebut. Bagi yang tidak paham seperti saya, cuma bisa memantau supaya tidak divandal + kenetralan artikel. Sementara kesahihannya, repot juga. Okkisafire (bicara) 3 April 2014 05.55 (UTC)

Baik. Sangat disayangkan karena artikel ini sudah terlanjur dipaste ke berbagai Blog oleh para penulis-penulis Blog. Semoga mulai sekarang kita bisa menetralkan artikel ini.Pengguna:Margapesisir (bicara) 3 April 2014 13.33 (GMT)

Berita

Lain-lain

gambar untuk kompetisi bebaskan pengetahuan 2014

saya hillun, peserta kompetisi bebaskan pengetahuan 2014

saya ingin mengembangkan artikel mengenai Garin Nugroho. pada artikel tersebut sudah ada foto Garin. dalam penilaian kompetisi, terdapat komponen soal gambar, apakah saya harus mengganti foto tersebut dengan yang baru?

tq..

BP41Hillun (bicara) 1 April 2014 07.47 (UTC)

Karena menyangkut lomba sebaiknya ini Anda tanya kepada panitia. Kalau buat keperluan Wikipedia sendiri sih tidak perlu diganti. Kalau mau Anda bisa menambahkan foto/gambar lain, misalnya foto Garin dalam beberapa kesempatan yang berbeda. Coba lihat-lihat artikel biografi yang lain, biasanya dalam satu artikel bisa ada beberapa foto orang yang sama. Gombang (bicara) 1 April 2014 11.15 (UTC)
P.S. Setelah saya lihat gambar yang ada bukan gambar berlisensi bebas. Kalau Anda bisa mendapatkan gambar berlisensi bebas buat menggantikannya bisa diunggah ke Commons. Gombang (bicara) 1 April 2014 12.52 (UTC)
Halo Hillun, seperti kata Mas Gombang di atas, jika ada masalah teknis lomba bisa bertanya kepada panitia melalui halaman pembicaraan atau jaringan pribadi. Jika ada masalah teknis, bisa di Warung Kopi juga. Selamat menyunting!

Terima kasih juga Mas Gombang untuk bantuan penjelasannya. Salam.55hans (bicara) 1 April 2014 14.05 (UTC)

Kategori

Selamat Sore,

Saya BP20Benny peserta kompetisi menulis Wikipedia 2014.

Saya menulis artikel tentang Androsentrisme

Saya kebingungan memasukkan artikel ini ke dalam kategori apa

Mohon Bantuannya

Terima kasih.. – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Mungkin dalam Kategori Feminisme? Kalau bingung soal kategori contoh saja pengkategorian di Wikipedia bahasa Inggris (en:Androcentrism) Gombang (bicara) 1 April 2014 11.18 (UTC)

Wikifisasi

Selamat pagi,

Saya BP20Benny peserta kompetisi wikipedia 2014

Saya ingin bertanya apabila satu kata sudah diwikifisasi, apakah kata itu harus diwikifisasi lagi ketika saya menggunakan kata tersebut dalam kalimat lain yang masih dalam satu artikel??

Mohon bantuannya

Terima kasih – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Biasanya sih tidak perlu (misalnya kalau istilah absurdisme sudah disebutkan di bab 1, maka di bab 2 tidak harus diwikifisasi lagi. Tapi kalau absurdisme diwikifisasi di paragraf pembuka, mungkin masih bisa diwikifisasi lagi di bab 1, tapi tidak harus di bab 2).  Mimihitam  1 April 2014 19.48 (UTC)
Tidak harus, tapi bukan berarti tidak boleh. Sebaiknya dihindari mewikifisasi secara berlebihan, cukuplah satu atau dua kata yang diwikifisasi jika katanya sama. -39.230.23.74 1 April 2014 19.51 (UTC)

Waktu

Selamat Pagi,

Saya BP20Benny peserta lomba Wikipedia 2014

Saya mempunyai masalah dengan penyesuaian waktu..

Terakhir kali saya memperbaharui artikel androsentrisme adalah 2 April 2014 pukul 02.47 WIB

tetapi dalam versi terdahulu di artikel ini justru waktu yang muncul adalah 1 april 2014 pukul 19.41 WIB

Mohon bantuannya

Terima Kasih – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

19:41 bukan merujuk pada Waktu Indonesia Barat (+7), tapi Coordinated Universal Time (0). Kalau ingin diganti bisa diatur di preferensi di kanan atas (klik preferensi, lalu klik tab tanggal dan waktu).  Mimihitam  1 April 2014 19.53 (UTC)

Artikel

Selamat sore,

Saya BP20Benny peserta lomba wikipedia 2014

Saya membuat artikel yang berjudul Deus Faber

Artikel ini belum ada belum ada dalam Wikipedia bahasa Inggris

Apakah saya perlu juga untuk membuat artikel ini juga dalam bahasa Inggris?

Mohon Bantuannya

Terima Kasih.. – komentar tanpa tanda tangan oleh BP20Benny (bk) .

Untuk keperluan kompetisi ini, tidak perlu. Salam.  Mimihitam  3 April 2014 08.31 (UTC)

Sepinya Kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2014

Saya kok merasakan BP 2014 kurang greget yah... Selain tidak diekspos di media nasional juga selama hampir satu minggu ini, suntingan dan kontribusi artikel para peserta kurang mewarnai laman WBI. Padahal waktu kompetisinya tergolong singkat hanya 90 hari saja. Saya mengusulkan agar para peserta diarahkan untuk membuat artikel-artikel yang diminta pengguna atau artikel dengan yang tema dikuasai oleh peserta. Ayoo..ayoo.. Semangat Menyunting...!!!  eMpu  bicara  6 April 2014 07.19 (UTC)

Halo Empu, terima kasih sudah memberikan perhatian kepada kompetisi ini ya *nyengir. Soal tidak diekspos di media nasional, itu benar. Tidak banyak wartawan yang tertarik datang ke Konferensi Pers tanggal 25 Maret kemarin di kantor Kemenkokesra. Ada beberapa sebab yang panitia lihat, dua diantaranya adalah keterlambatan kami dalam mengirim undangan dan kesibukan pemilu yang menyedot perhatian media. Walau demikian, ada beberapa media online yang memuat berita tentang ini. Lalu soal kurangnya kontribusi para peserta, menurut saya hal itu dikarenakan para peserta masih berupaya 'menjajal' Wikipedia. Ada satu dua peserta yang sudah membuat lebih dari tiga artikel, artinya di luar harapan panitia, namun sebagian besar masih berkutat di angka satu-dua artikel. Sementara itu, peserta yang sudah gugur cukup rendah, di bawah 10 orang sejauh ini. Untuk masukan dari Anda soal permintaan artikel, nanti panitia akan usulkan ke peserta sebagai bahan. Terima kasih ya. Salam hangat.55hans (bicara) 6 April 2014 22.58 (UTC)
Terima kasih atas perhatiannya Empu, sama seperti yang Hans Abdiel utarakan sebelumnya untuk media memang saat ini media dan wartawan lebih tertarik untuk mengejar pemilu. Bahkan, rata-rata yang memuat kompetisi ini di laman mereka, mereka tidak datang dan hanya meminta pers rilis dari kami. Selain itu, terkait kontribusi peserta; ada yang artikelnya melebihi apa yang kami harapkan, namun ada juga yang tidak. Beberapa kampus selama dua minggu ini juga sedang masa UTS, jadi kami juga berpendapat mungkin ini bisa menjadi tolok ukur mengapa kontribusi masih kurang. --Beeyan (bicara) 7 April 2014 02.56 (UTC)

AP Piala Dunia

Berhubung AP untuk menyambut Piala Dunia belum ada, ada yang berminat membirukan artikel Piala Dunia FIFA sehingga bisa diajukan sebagai artikel pilihan? Saya lihat artikelnya sudah dikembangkan oleh salah seorang pengguna, dan saya perhatikan cukup banyak pengguna WBI yang suka bikin artikel sepak bola. Saya sih berminat, tapi lagi sibuk -39.226.108.222 7 April 2014 18.34 (UTC) (sori lagi malas masuk log)

Daftar pilihan

Halo semuanya, sekarang saya sudah buat nih Wikipedia:Daftar pilihan. Silahkan bagi yang berminat untuk mengusulkan suatu daftar untuk dicalonkan. Maaf kalo masih sedikit kelihatan baru. Hanya saja disitu tidak ada Wikipedia:Daftar pilihan/Kriteria, mohon bagi yang bersedia untuk mengisi halaman kriteria tersebut. Terima kasih --What a joke (bicara) 9 April 2014 00.27 (UTC)

Halo, saya sudah menyiapkan semuanya tentang DP (Daftar pilihan), mulai dari halaman usulan, templat, hingga kriteria. Tetapi kriterianya belum diterjemahkan dengan sempurna. Adakah yang ingin membantu menerjemahkan kriteria secara sempurna? Salam. Arifin.wijaya Mari bicara 9 April 2014 15.54 (UTC)

Saya sendiri mendukung adanya daftar pilihan. Namun, sebaiknya sebelum pemilihan daftar dimulai, kriterianya agar dibahas dan disepakati komunitas terlebih dahulu. Salam.  Mimihitam  9 April 2014 20.36 (UTC)

Pertama kali kriterianya dibuat oleh Pengguna:What a joke karena terjemahannya buruk jadi saya perbaiki sedikit. Salam. Arifin.wijaya Mari bicara 10 April 2014 16.16 (UTC)

Anon mau komplain

Kenapa sih beberapa orang di sini mentang-mentang anon yang menyunting sembarangan direvert begitu saja? Contohnya Pengguna:Arifin.wijaya yang asal merevert suntingan tanpa dilihat dulu (contoh: cek sejarah artikel Aburizal Bakrie). Tolong buat para pengurus orang2 seperti ini ditegur. – komentar tanpa tanda tangan oleh 145.97.140.243 (bk) .

Anda bisa menegur langsung sebenarnya. Gombang (bicara) 9 April 2014 13.59 (UTC)

Pemilu legislatif

Waduh kok, penyelenggaraan pemilihan legislatif 2014 gak masuk dalam peristiwa terkini di halaman utama? Padahal ini pesta demokrasi 5 tahun sekali. -Denny eR Ge (bicara) 11 April 2014 07.38 (UTC)

Sudah ditambahkan. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 12 April 2014 08.12 (UTC)

Proposal mengenai kebijakan daftar pilihan

Saya sudah membuat halaman proposal tentang sistem daftar pilihan dan kriterianya. Anda dapat memberikan komentar di sini dan di sini. Bila tidak ada komentar maka akan dilaksanakan pemungutan suara. Terima kasih. Arifin.wijaya Mari bicara 12 April 2014 14.43 (UTC)

artikel negara

Halo, saya seorang pembaca setia Wikipedia. Kalau boleh tau, artikel negara/kota terpanjang apa ya? Saya heran aja, kok artikel Indonesia di Wikipedia bahasa lebih pendek dari artikel Amerika Serikat? Dan artikel Paris lebih panjang dari Jakarta? Saya hanya penasaran saja. Terima kasih112.215.63.29 13 April 2014 08.19 (UTC)

Anda bisa melengkapinya dengan mengeklik tombol "Sunting sumber" di bagian atas halaman. Sebelum menyunting sebaiknya daftarkan diri terlebih dahulu di sini. Semoga bermanfaat. Arifin.wijaya Mari bicara 13 April 2014 08.25 (UTC)

Artikel biasanya diterjemahkan dari Wikipedia bahasa Inggris. Dan oleh sebab itu panjang artikel juga sesuai dengan Wikipedia bahasa Inggris.

10 artikel geografi terpanjang:

  1. Chili [279.621 bita]
  2. Britania Raya [233.810 bita]
  3. Amerika Serikat [213.619 bita]
  4. Inggris [177.725 bita]
  5. Skotlandia [177.094 bita]
  6. London [173.521 bita]
  7. Selandia Baru [161.674 bita]
  8. Manchester [149.085 bita]
  9. Italia [148.740 bita]
  10. Estonia [147.031 bita]

Selengkapnya bisa dilihat disini. Romanda (bicara) 13 April 2014 08.42 (UTC)

Artikel Boas

Selamat Malam,

Saya BP20Benny peserta lomba wikipedia 2014.

Saya sedang menyempurnakan artikel Boas, tetapi dalam artikel itu sudah ada beberapa referensi

yang saya belum tahu apakah referensi itu termasuk standard referensi yang baik menurut wikipedia.

Apakah saya harus menghapusnya referensi tersebut atau saya biarkan saja?

lalu, apakah artikel ini bisa masuk hitungan artikel sempurna saya? jika saya menyempurnakan referensi dan juga melengkapi isi dari artikel ini??

Terima kasih

Artikel Abaddon

Selamat Malam,

Saya BP20Benny Peserta lomba wikipedia 2014..

Saya membuat artikel Abaddon tanpa menyadari bahwa artikel itu sudah dalam nama Abadon...

lalu saya coba menghapus artikel Abaddon, tetapi tidak bisa...

Mohon bantuannya terima kasih..

Kalau namanya mirip, Anda boleh mengalihkan halaman tersebut ke halaman yang benar. (baca: Bantuan:Pengalihan) Salam. ·· KℇℵℭK 16 April 2014 11.58 (UTC)

Facebook