Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Senin, 4 Mei 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Kalimat wiki boleh sama dengan kalimat pers?[sunting | sunting sumber]

Memulai

Selamat siang, Tuan-tuan. Lagi-lagi saya yang cerewet ini ingin ngomel-ngomel. Saya berpandangan bahwa kalimat wiki semestinya tidak disamakan dengan kalimat pers. Wiki memang menjadi salah satu sumber informasi, tapi cara penulisannya tetap harus mengacu kepada gaya ensiklopedi. Saya akan memberikan contoh:

"Rhoma Irama adalah musikus, pencipta lagu, dan politikus berkebangsaan Indonesia. Suami dari Veronica, ini pada tahun 2014 bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa saat menjelang pemilihan presiden"

Rhoma Irama memang merupakan suami dari Veronica. Tapi, menurut saya, sebaiknya informasi tersebut diletakkan dalam kalimat lain, terpisah dengan kalimat yang sedang menyebutkan bahwa dia bergabung dengan PKB. Demikian ngomel-ngomel saya. Kalau bermanfaat silakan diadopsi, kalau tidak ya monggo. Terimakasih. Salam.

AdrianaSuke
10.58, 17 Februari 2015 (WIB)

Tergantung, tapi pada umumnya diperbolehkan.--AldNonBicara? 20 Februari 2015 07.16 (UTC)
Baiklah, Tuan jika pada umumnya diperbolehkan. Mungkin kecuali saya, tak tega kalau konten wiki ditulis dengan gaya media massa. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 11.59 (UTC)
Diperbaiki saja bagian yang menurut Anda bergaya media massa. Ingat! Wikipedia bebas disunting koq.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 20:35 wib.
Ooo tentu saja saya ingat, Tuan. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 13.47 (UTC)
Oke Dan tolong perhatikan indentasi seperti yang tertera pada Wikipedia:Halaman diskusi. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 21:39 wib.
Siap, Tuan. Tapi apakah tidak lebih baik jika indentasi itu hanya berlaku untuk pemberi komentar? Sedangkan saya sebagai penulis bagian (subjudul), tulisan saya tetap sejajar dengan margin awal saja? Untuk membedakan bahwa itu balasan kalimat dari saya. Terimakasih. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 15.01 (UTC)
Indentasi runtun biasanya digunakan untuk diskusi mengenai topik yang sama. Jika sudah berbeda topiknya, silakan dimulai dari awal indentasinya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 22:07 wib.

Bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain[sunting | sunting sumber]

Judul dikusi saya tersebut sekaligus pertanyaan yang memerlukan jawaban dari pengguna yang mengetahui, bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain? Misalnya demikian. Suatu masa, ketika saya belum menjadi pengguna wikipedia, saya punya foto yang diminta oleh teman saya untuk keperluan blognya. Saya merelakan foto tersebut, tapi dia lupa mencantumkan nama saya dalam caption. Lantas foto itu saya pakai kembali untuk dijadikan berkas di wikipedia. Padahal teman saya itu sudah lupa password untuk login ke blog, sehingga dia tidak dapat menyunting keterangan foto. Sedangkan jika dia bikin blog baru kemudian mencantumkan nama saya dalam caption, saya khawatir itu hanya dianggap akal-akalan. Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan ketika memberi keterangan pada lisensi berkas wikipedia? Atas jawaban Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih.

 ANDRIANA SUKE 
28 Februari 2015, pukul 01:11 WIB
Anda bisa menyatakan bahwa karya tersebut adalah karya Anda sendiri bersumber dari Anda sendiri (untuk keperluan pengunggahan di Wikipedia). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.44 (UTC)
@Andriana08 coba lihat templat {{copyvio}} didalamnya ada alamat surel (permissions@wikimedia.org) yang bisa Anda beritahukan untuk mengarahkan si pemilik ijin karya tersebut, bila klaim yang diberikan pantas dan dia memang pemilik ijin karya tersebut maka saya sebagai anggota m:OTRS akan memperbolehkan berkas/karya tersebut dipakai untuk Wikipedia. Salam.--AldNonBicara? 12 Maret 2015 15.57 (UTC)

Main Page-nya English Wikipedia versi Mobile[sunting | sunting sumber]

Saya mau nanya, kenapa Main Page-nya English Wikipedia hanya menampilkan Today's featured article & In the news sementara Did you know..., On this day..., dan Today's featured picture-nya tidak ditampilkan ? --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2015 18.19 (UTC)

Karena halaman utama versi mobile bergantung dengan konfigurasi di Halaman Utama (mw:Mobile Gateway/Mobile homepage formatting), maka komunitas dapat mengatur bagian apa saja yang dimunculin di versi mobile. Untuk WBI, karena tidak ada konsensus mengenai bagian apa saja yang dimunculkan, maka saat disuruh menyetel halaman utama, saya memunculkan semua bagian (AP, PT, HIDS, TA, GP). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.42 (UTC)

Penggunaan tanggal di Wikipedia bahasa Thai[sunting | sunting sumber]

Saya lihat di Wikipedia bahasa Thai (WBT) kok menggunakan penanggalan non-kalender Gregorian (penanggalan kalender Buddhis) pada artikel-artikelnya ya. Ini saya kasih contohnya:

dan masih banyak lagi.

Emangnya kenapa ya ? Padahal Wikipedia bahasa Arab sendiri saya lihat juga tak pakai penanggalan kalender Hijriah, begitu pula dengan Wikipedia bahasa Tionghoa yang juga tak pakai penanggalan kalender Tionghoa, alias masih menggunakan penanggalan kalender Gregorian. Apakah orang Thai lebih menggunakan penanggalan kalender lokal ketimbang penanggalan kalender Gregorian yang dipakai pada umumnya ? Apakah ada Wikipedia bahasa lainnya selain WBT yang juga menggunakan penanggalan kalender non-Gregorian ? Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh Yayasan Wikimedia ? Kalo hal tersebut diperbolehkan, kenapa kagak sekalian aja Wikipedia bahasa Jawa pake penanggalan kalender Jawa. --Erik Fastman (bicara) 1 Maret 2015 05.25 (UTC)

Bila wikipedia lokal komunitasnya menginginkan dan menjadikannya "policy" maka tidak masalah.--AldNonBicara? 4 Maret 2015 22.55 (UTC)

Usulan pengangkatan birokrat[sunting | sunting sumber]

Halo, para wikipediawan/ti!

Mohon kiranya anda dapat memberikan suara/komentar pada usulan pengangkatan birokrat di min.wp. Terima kasih dan salam. Wagino 20100516 (bicara) 7 Maret 2015 05.33 (UTC)

Mengenai WikiHow[sunting | sunting sumber]

Halo semuanya, saya baru saja mengetahui tentang situs Wiki yang bernama WikiHow dari informasi mengenai Wikimania 2014. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

  • Siapa sih pendiri dari WikiHow Indonesia ?
  • Siapa sih pengguna-pengguna yang biasa aktif disana ? Bot kah atau bukan ? Kok saya lihat aktif banget ya ?
  • Siapa sajakah Wikipediawan Indonesia yang ikut mengambil bagian dalam Wiki tersebut ?
  • Coba cek artikel-artikel yang ada disana, apakah artikel-artikel yang ada disana terjemahannya cocok/pas ? apakah terjemahannya terjemahan mesin atau manual ?
  • Bagaimana cara jadi pengurus disana ?

Sekian dari saya. Terima kasih --Erik Fastman (bicara) 8 Maret 2015 05.34 (UTC)

Tolong Hapus/Perbarui Lisensi Berkas Ini[sunting | sunting sumber]

Kepada pengurus WBI, tolong hapus berkas ini Berkas:Wendy Afiana Wilson.jpeg atau kalau masih bisa diperbaiki dengan memberikan lisensi yang lebih tepat, agar berkas tersebut tidak dihapus oleh pengurus WBI dikemudian hari.

Berkas tersebut sebenarnya memiliki 1 pranala di halaman Wendy Afiana , hanya saja sampai detik ini belum ada konfirmasi dari pengguna terotoritas dari halaman tersebut.

Ma'af kalau ada kata-kata yang kurang pas yang saya gunakan.

Terima kasih Ubenuh Insor (bicara) 8 Maret 2015 17.52 (UTC)

@Ubenuh Insor Selesai Selesai, berkas tidak ada lisensi, tidak ada alasan penggunaan, dan saya curiga foto tersebut hasil curian dari website lain.--AldNonBicara? 8 Maret 2015 18.00 (UTC)

Pengunggahan multi berkas[sunting | sunting sumber]

Saya dapati di TolPed ada fitur multi unggah: http://tolololpedia.wikia.com/wiki/Istimewa:Multi_unggah (NB: Cuman bisa dilihat kalo udah log in/sign up)

Cuman entah kenapa pas sempat saya coba kok malah nggak bisa ya ? Anda-anda sekalian ada yang bisa melakukan multi unggah di TolPed nggak ? What a joke (bicara) 26 Maret 2015 01.54 (UTC)

Artikel tentang kasus hukum[sunting | sunting sumber]

Saya lihat di en.wiki adapula artikel-artikel tentang kasus hukum dengan format "A v. B", coba deh lihat satu per satu:

Kalo gitu, kenapa nggak sekalian WBI bikin saja tentang kasus hukum lokal macem Adi Bing Slamet v. Eyang Subur atau Julia Perez v. Dewi Persik misalnya --Erik Fastman (bicara) 4 April 2015 16.42 (UTC)

Sistem hukum yang berlaku di sana berbeda (sistem dari Inggris), di sana yang memutuskan sebuah kasus adalah para juri (bukan hakim) dan spesifik per kasus; dan setiap kasus bisa membuat sebuah peraturan baru di hukum mereka, makanya setiap kasus itu harus ada catatannya, sementara sistem hukum di Indonesia (yang menganut sistem dari Belanda) itu berbeda, kasus yang ada itu diputuskan oleh hakim berdarsarkan UU atau peraturan yang telah ada. ·· KℇℵℭK 5 April 2015 10.41 (UTC)
Tuan Erik Fastman, saya kira anda perlu mencoba merintis artikel semacam itu. Saya (sangat) mendukung. Yang penting isi artikel ditulis dari sudut pandang netral. Karena artikel versus, tentu saja bisa berisi kasus-kasus yang masih berjalan maupun yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Karena saya masih awam dalam soal itu makanya saya tidak berani mengawali. Ayo ayo!! Bikin artikel kasus hukum versus!! Catatan: Ini komentar ngawuran, mohon jangan dimasukkan kehati. Saya nulis ini daripada tidak menulis. Yang senior mohon memaklumi perilaku aneh seperti saya. Yang senior, sibuk, dan jadi orang penting, abaikan komentar saya ini. Terimakasih. – Andriana Suke pada 5 April 2015 - 17:54 WIB

Kendala membuat artikel original[sunting | sunting sumber]

Saya berusaha bikin artikel original atau artikel yang dibuat sendiri tanpa harus menerjemahkan dari Wikipedia Inggris. Tapi saya kesulitan dalam membuat artikel original dalam jumlah besar & pada akhirnya juga banyakan bikin artikel hasil terjemahan dari Wikipedia Inggris. Satu hal yang menjadi penyebabnya adalah bahasa Indonesia hanya banyak digunakan di Indonesia. Itu pun kebanyakan hanya terkonsentrasi di pulau Jawa. Negara lainnya yang dikatakan juga menggunakan bahasa Indonesia yakni Timor Leste sekalipun hingga kini belum ada sumber atau narasumbernya. Sementara Wikipedia Inggris banyakan artikelnya yang dibuat dan dikembangkan terkonsentrasi pada Brutus (maklum negara asalnya), Om Riki (negara pemakai bahasa Inggris terbanyak), Kanada, Australia, India, & Hong Kong (bekas jajahan Inggris), sehingga kesannya bakalan monoton. Sementara untuk menerjemahkan dari Wikipedia bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris juga tak banyak yang dapat melakukannya mengingat orang dengan kemampuan poliglotisme terbatas. --What a joke (bicara) 10 April 2015 02.42 (UTC)

Merintis artikel tanpa menerjemahkan dari bahasa lain itu tidaklah sulit selagi kita menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan benar, ditambah memahami pedoman kebijakan Wikipedia menyangkut gaya yang dituntut harus ensiklopedis dan memperhatikan kriteria kelayakan sebuah artikel. Selain itu kita juga harus menghindari konflik kepentingan, potensi vanitas, pelanggaran hak cipta, vandalism, dan kalimat bernuansa iklan. Kita hanya perlu kemampuan mengolah data yang kita himpun dari berbagai referensi terpercaya, menjadi kalimat yang memenuhi kriteria kelayakan sebuah entri Wikipedia. Meskipun tidak terlalu sempurna, saya sudah merintis lebih dari seratus artikel yang (setidaknya) mendekati kelayakan itu. Mestinya untuk ukuran Anda yang suntingannya sudah mencapai lebih dari delapan ribu, hal ini sudah tidak menjadi persoalan. Selamat memulai!! – Andriana Suke, 10 April 2015, jam 10:51 WIB
Yang penting tetap semangat dan pantang menyerah.... --Eddy bf (bicara) 10 April 2015 07.41 (UTC)

NGT48[sunting | sunting sumber]

Awalnya, isi dari NGT48 dialihkan oleh orang iseng ke Wikipedia:NGT48. Terus pada akhirnya halaman Wikipedia:NGT48 dihapus sama Eddy sementara halaman artikel NGT48 saat ini masih ada tapi hanya sebagai halaman pengalihan yang mengacu pada pranala merah. Buat para pengurus disini, bisa nggak kalo kamu kembalikan isi dari Wikipedia:NGT48 yang telah dihapus ke NGT48. --Erik Fastman (bicara) 21 April 2015 09.38 (UTC)

Bebaskan Hama dan Patah ![sunting | sunting sumber]

Hari ini akun Hama dan Patah dibanned di ForumKristen.com (FK) dengan alasan: Non-Kristen posting di luar Forum Terbuka

Padahal saya kan bukan non-Kristen. Mohon deh bagi yang bisa mengkontak Momod FK atw Momod FK sendiri yg sekalian baca ini harap segera membuka blokirnya. Erik Fastman (bicara) 23 April 2015 12.47 (UTC)