Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Minggu, 1 Maret 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Kampung vs Kelurahan/Desa[sunting | sunting sumber]

Saat menelusuri Rintisan Kelurahan Des 2014, saya perhatikan ada beberapa nama "kampung" yang menurut saya mestinya tidak berada dalam kategori "kelurahan" tapi lebih tepatnya "sub" dari kelurahan (kampung, RW, RT, atau apalah istilahnya). Intinya: Mohon ditinjau/diperbaiki. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 25 Desember 2014 23.51 (UTC)

Kesalahan pada templat {{kelurahan-stub}}, yang mengkategorikan rintisan artikel desa/kampung/kelurahan secara otomatis ke dalam kategori rintisan kelurahan, sesuai waktu suntingan pertama. Suntingan dilakukan oleh Bennylin. Kiranya kita dengarkan penjelasannya terkait hal ini (summon: Bennylin (bicaraAdminwpo.png). -- Adiputra बिचर -- 26 Desember 2014 06.37 (UTC)
Contoh halaman? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 17.36, 28 Desember 2014 (WIB)
Silakan jelaskan unek-unek Anda, Pak Andiazamuddin (bicara). -- Adiputra बिचर -- 28 Desember 2014 12.37 (UTC)

────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────Cihiris, Cikiray, Cepak Cengir, ini adalah sebagian contoh yang menurut saya tidak masuk dalam kategori "Kelurahan", tapi lebih tepatnya "sub-kategori" (misalnya kategori Kampung). Demikian. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 28 Desember 2014 14.43 (UTC)

Karena menggunakan {{kelurahan-stub}}, bukan {{kampung-stub}} (non-eksisten juga sih). Saya pribadi lebih cenderung menggabungkan semua kampung ini (dati V?) ke satuan terkecil yang masih layak dibahas, yaitu kelurahan/desa (dati IV), dalam hal ini Cihiris, Cikiray, Cepak Cengir menurut saya belum layak berdiri sendiri, dan sebaiknya digabungkan ke Cisarua, Nanggung, Bogor. (Selain fakta bahwa nomenklaturnya kita hanya sampai dati IV: [[<dati IV>, <dati III>, <dati II>]]). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin negosiasi 21.02, 7 Januari 2015 (WIB)
Pak Benny dan teman-teman lain, salah satu artikel yang dipertanyakan di atas, yakni Citumbuk, telah pernah beberapa kali dihapus (arsip: ini dan ini); salah satunya karena ketika itu menyalahi format judul artikel yang menyerupai format judul (nama) kecamatan. Di samping itu, saya --salah satu pengusul penghapusan-- berpandangan bahwa artikel mengenai kampung/dusun atau unit wilayah di bawah desa umumnya, akan jadi sangat banyak jumlahnya bila diberi ruang tersendiri, sementara di pihak lain artikel desa (yang juga banyak jumlahnya) umumnya masih minim isi (bahkan, artikel Desa Cisarua, Nanggung, Bogor pun, yang melingkupi kampung-kampung yang dibahas ini, masih kosong). Karena itu lebih baik jika info kampung-kampung itu diintegrasikan ke artikel desanya. Alasan ini pernah saya sampaikan kepada Ezagren dan salah satu kontributor artikel Citumbuk, yakni sdr. Endang Sholihuddien (lihat di sini). Akan tetapi setelah dihapus untuk ke sekian kalinya awal Desember lalu, artikel ini sekarang muncul lagi, malahan disertai dengan artikel kampung-kampung yang lain di Desa Cisarua itu sebagaimana ditulis Andiazamuddin di atas. Untuk itu, saya mohon ketegasan konsensus kita bersama soal artikel kampung (dati V) ini, apakah akan terus difasilitasi sebagai artikel mandiri atau digabungkan saja ke dalam artikel desa (dati IV)? Salam, Wie146 (bicara) 13 Januari 2015 04.08 (UTC)
Saya sependapat dengan Sdr.Wie146. Menurut hemat saya, artikel kampung (kecuali untuk Provinsi Lampung) dan yang setingkat/Dati V digabung dan ditulis di artikel Daerah Tingkat IV, lihat:{{Daerah administrasi Indonesia}}. Saat ini sudah banyak desa yang mempunyai situs web resminya sendiri, dengan adanya domain xxx.desa.id. Sehingga memudahkan kita untuk mengembangkan artikel Dati IV menurut sumber tepercaya. Salam, Bozky (bicara) 13 Januari 2015 05.03 (UTC)
Sebagai tindak lanjut atas diskusi di atas, maka artikel-artikel berikut dialihkan ke Cisarua, Nanggung, Bogor:
Sementara Templat:Desa Cisarua, Templat:Parigi, dan Templat:Kampung Citumbuk dialihkan ke Templat:Nanggung, Bogor. Ke depan, kasus ini juga dapat menjadi preseden untuk artikel-artikel Dati V yang dibuat. 13 Januari 2015 09.01 (UTC)

Karena ketiga pengguna yang membuat (Endang Sholihuddien, Idham Paulo, Adjie Dafrozt, + Iis Lisnawati) tidak terlibat dalam diskusi, silakan mereka dihubungi dan dijelaskan tentang Wikipedia:Kelayakan artikel/Desa, serta diarahkan supaya bisa berkontribusi mengembangkan Cisarua, Nanggung, Bogor.

Sekalian mengundang teman-teman untuk kembali berpartisipasi mendiskusikan proposal WP:DESA di atas. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 16.31, 13 Januari 2015 (WIB)

Terima kasih atas respons cepatnya, Pak Benny . Saya telah hubungi keempat pengguna termaksud di halaman pembicaraan mereka masing-masing. Salam, Wie146 (bicara) 13 Januari 2015 16.57 (UTC)

Wikipedia for All[sunting | sunting sumber]

Salam, semuanya yang ada ditempat. Saya Irfansyah , saya mengusulkan bagaimana jika kita buat Wikipedia menjadi lebih Global, Fun and Number One, dengan Wikipedia for All. Dengan fitur ini, kita membuat Wikipedia menjadi lebih Simple, bisa di akses dimanapun, kapanpun, cepat dan mudah, baik di versi Mobile maupun Dekstop. Dengan adanya fitur ini, masyarakat bisa mengupload file seperti data data biografi seseorang, film, wilayah negara/daerah dll. Seperti yang ada di wikipedia semudah membalikan telapak tangan, dengan lebih menarik. tapi, dengan mempunyai akun yang jelas, sehat dan mempunyai manfaat (tentu dengan pembuatan akun dan akan diproses dengan jangka waktu 1 hari). Nanti kita bicarakan lagi

Musaif 1 Januari 2015 11.36 (UTC)

Kp. Babakan, Des. Tarikolot, Kec. Citeureup. Bogor. 01/Januari/2015

Trims bung Irfansyah, atas masukan, dan semangatnya. Seperti yang Anda lihat, saat ini Wikipedia bahasa Indonesia sudah melakukan hal tersebut, global, fun, simpel, dan "number One" di Indonesia . Untuk lebih menghidupkan WBI ini mari berkreativitas dengan membuat artikel-artikel yang menarik. Salam untuk Anda. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Januari 2015 13.04 (UTC)

Ada apa dengan Biografi?[sunting | sunting sumber]

Aneh aza pas nge-link ke Biografi. Mestinya berisi daftar/kategori biografi atau tokoh....

Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 5 Januari 2015 19.55 (UTC)

Divandal.. jika lain kali merasa suatu artikel tidak wajar isinya, buka saja bagian "Riwayat Suntingan". Di sana bisa ketahuan siapa saja yang mengacau dan versi mana yang lebih benar. Tinggal dikembalikan ke versi yang benar. Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 04.00 (UTC)

In memoriam[sunting | sunting sumber]

Sanko.jpg

Hiks... Selamat ulang tahun Pak, semoga kau tenang di sisi-Nya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 00.46, 7 Januari 2015 (WIB)

Rosen (Pinatypie).jpg Rest in peace...  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  02.22, 7 Januari 2015 (WIB)
Maaf agak telat, saya baru inget kalau Sanko itu editor terkenal di Wikimedia, dia aktif m:GLAM dan m:Public outreach, in memoriam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Januari 2015 12.42 (UTC)

Diskusi Commons tentang PD-IDGov[sunting | sunting sumber]

https://commons.wikimedia.org/w/index.php?title=Commons:Village_pump&oldid=145571911#All_Indonesian_government_pictures_are_copyvio

Tunggu orang-orang Commons komentar dulu ya, lihat situasi dulu, yang lain baca-baca dan ikuti dulu aja. Kemungkinan akan aku ajukan Request for Comment. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 06.02, 7 Januari 2015 (WIB)

Hii syereeem.... itu semua mau dihapus dari commons? #glek  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  06.49, 7 Januari 2015 (WIB)
Menurut Undang-undang Hak Cipta Indonesia terbaru :UU Nomor 28 Tahun 2014, pasal 43, penggandaan foto presiden dst... tidak termasuk kepada pelanggaran hak cipta. Boleh saya komentar di commons, Mas Benny ? Sepertinya para pengurus di commons belum diupdate mengenai undang-undang terbaru tersebut. Bozky (bicara) 7 Januari 2015 01.35 (UTC)
Boleh, mas. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 18.23, 7 Januari 2015 (WIB)
Semuanya berawal dari disaat mas relly gak bisa memberikan bukti ke OTRS disini c:Commons:Deletion requests/File:Joko Widodo official.jpg Padahal dia pegawai negeri/official. Perlukah saya komentar disana?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 02.10 (UTC)
Yap betul, saya pun mencoba beragumen disini : c:Commons:Deletion_requests/File:Jusuf_Kalla_official.jpg, mirip seperti dengan yang Relly lakukan. Saya mencoba dengan menganggap bahwa foto presiden adalah pengumuman, dan mencantumkan sumbernya. Namun setelah berlakunya undang-undang hak cipta terbaru tahun 2014, foto-foto tersebut dapat dipertahankan, minimal foto para presiden dan para wakil presiden RI. Bozky (bicara) 7 Januari 2015 02.24 (UTC)
Ini sih moot point/moot case, biarpun hukum memperbolehkan, website masih make copyright owned per 2010 di websitenya, commons gak berani masukan file secara terang terangan dari sumber yang menulis bahwa berkas tersebut dimiliki oleh mereka(situs tersebut) inilah kenapa Wikimedia punya m:OTRS, yah untuk membypass hal beginian, dengan memberikan keterangan langsung ke wmf via ticketing system, harusnya ntah relly atau siapapun dari pemerintah bisa berikan bukti di surel ke OTRS.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 03.45 (UTC)

Tentang UU 28/2014[sunting | sunting sumber]

Saya salin dulu UU-nya ke Wikisource. s:Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tolong dibantu menyalin bagian yang relevan dulu saja, terutama untuk menggantikan commons:Commons:Copyright_rules_by_territory#Indonesia ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 18.25, 7 Januari 2015 (WIB)

Memang harus ada sumber UU-nya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 12.06 (UTC)
Sudah saya buat tembusan, sekaligus baca ulang mana tau c:Com:fop juga bakal diganti.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 14.18 (UTC)

Tolong dong yang di Jakarta mengusahakan menghubungi

KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA
REPUBLIK INDONESIA
Jl. Veteran No. 18
Jakarta 10110
Telp:(021) 3845627

atau

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Jl. Merdeka Barat
Jakarta 10110
(dari indonesia.go.id)

atau

Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Informasi Publik
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
Tlp. (021) 3843858
email: ppid@setneg.go.id
Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Teknis Aplikasi Website
Asisten Deputi Dukungan Data Kebijakan dan Informatika
Tlp. (021) 3458595
(dari http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=8181&Itemid=)

dan dijelaskan tentang situs-situs *.go.id apakah berkas-berkasnya boleh dimuat dengan lisensi PD-IDGov (Domain Publik, semua hak dilepaskan, vs. berhak cipta). Kalau yang dihubungi tidak paham, minta dihubungkan dengan yang mengurus masalah HAKI, dan dijelaskan atau gimana lah. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 00.16, 8 Januari 2015 (WIB)

PS: Kalau benar mau mengubungi, jangan lupa minta foto presiden yang asli/resolusi tinggi. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 00.28, 8 Januari 2015 (WIB)
Berjalan Saya akan coba kirim email kembali Mas Benny. Saya sebenarnya sudah pernah mengirimkan email beberapa bulan yang lalu, tetapi itu hanya permohonan saya untuk bisa mendapatkan foto resmi presiden yang lengkap dengan tanda-tanda kebesaran. Sampai saat ini belum dibalas. Namun saya akan berkirim email kembali, sekaligus membicarakan masalah hak cipta berdasarkan UU terbaru tersebut. Bozky (bicara) 8 Januari 2015 03.48 (UTC)

Menurut saya UU ini perlu disosialisasikan lebih lanjut, terutama di kalangan Wikipediawan. Bacaan lebih lanjut (keyword: indonesian copyright law 2014)

Perbedaan antara UU 19/2002 dan 48/2014 yang relevan dengan Wikipedia:

19/2002 Pasal 14

Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

  1. Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
  2. Pengumuman dan/atau Perbanyakan segala sesuatu yang diumumkan dan/atau diperbanyak oleh atau atas nama Pemerintah, kecuali apabila Hak Cipta itu dinyatakan dilindungi, baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau diperbanyak; atau
  3. Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.

(yang dicetak tebal ditafsirkan di Commons termasuk situs pemerintah *.go.id yang memiliki simbol © di situsnya)

48/2014 pasal 43

Perbuatan yang tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta meliputi:

  1. Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan lambang negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
  2. Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan segala sesuatu yang dilaksanakan oleh atau atas nama pemerintah, kecuali dinyatakan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan, pernyataan pada Ciptaan tersebut, atau ketika terhadap Ciptaan tersebut dilakukan Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan;
  3. pengambilan berita aktual, baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lainnya dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap; atau
  4. pembuatan dan penyebarluasan konten Hak Cipta melalui media teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat tidak komersial dan / atau menguntungkan Pencipta atau pihak terkait, atau Pencipta tersebut menyatakan tidak keberatan atas pembuatan dan penyebarluasan tersebut.
  5. Penggandaan, Pengumuman, dan/atau Pendistribusian Potret Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, Pahlawan Nasional, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian / lembaga pemerintah non kementerian, dan/atau kepala daerah dengan memperhatikan martabat dan kewajaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak ada bedanya sih menurut saya. Walaupun ada tambahan ayat ke-5 (e) tentang potret negarawan, sehingga foto presiden bisa tetap dimuat dengan ayat tersebut. (bandingkan dengan foto negarawan Thailand, misalnya, yang berhak cipta, sehingga tidak ada satu pun foto resmi negarawan Thailand yang bisa dimuat di Commons)

TODO: perbarui Templat:PD-IDGov dan versi bahasa Inggrisnya (en:Template:PD-IDGov dan commons:Template:PD-IDGov) ꦱꦭꦩ꧀Bennylin obrol 01.15, 8 Januari 2015 (WIB)
Tunggu pengguna lain yang tinggal di Jakarta.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 21.19 (UTC)
Ah, lupa menambahkan, kalau Pengurus commons.wikimedia -revi sudah ngasih lampu hijau untuk mengganti atau membuat template per hukum yang baru.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 21.20 (UTC)
Berjalan Sudah beberapa minggu ini, sejak UU yang baru tersebut disahkan, saya mencari terjemahan resminya dalam bahasa Inggris dari sumber terpercaya belum berhasil/ketemu. Bozky (bicara) 8 Januari 2015 03.52 (UTC)
Yang di en.ws diterjemahkan sendiri oleh @Tjmoel? [1]
Sepertinya bukan Mas, perkiraan saya mereka ambil dari sini. Bozky (bicara) 9 Januari 2015 09.51 (UTC)

Fair use[sunting | sunting sumber]

Kenrick di IRC bilang sama saya Wikipedia:Penggunaan media nonbebas Juga harus diperbaharui, @Bennylin.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 18 Januari 2015 13.30 (UTC)

Wikipedia Indonesia sudah memiliki IRC yang lama defunct[sunting | sunting sumber]

Halo! Saya bersama Bennylin dan beberapa Wikimediawan sudah mengaktifkan kembali ruangan #wikipedia-idconnect. Kegunaan ruangan ini untuk berkomunikasi antar pengguna layaknya fitur obrolan di Facebook. Jika ada pertanyaan apa dan bagaimana secara lebih detail mengenai IRC, silakan diajukan . Salam! -- Bonaditya (bicara) 06.16, 7 Januari 2015 (WIB)

Bonaditya, saya lihat ada user wm-bot, kira-kira fungsinya apa ya? Juga apakah ada semacam perintah ke suatu bot untuk melakukan tugas tertentu? – komentar tanpa tanda tangan oleh ‎S Rifqi (bk) .
@‎S Rifqi: Mohon maaf, saya baru balas sekarang. Silakan Anda melihat halaman wm-bot di Meta, semoga membantu! -- Bonaditya (bicara) 11.14, 13 Februari 2015 (WIB)

Vandal[sunting | sunting sumber]

Tolong diperiksa akun anon 103.19.81.76. Dia memvandal artikel Goblin (lihat) dengan nama yang tak pantas. Saya mau memberi tag "vandal" tapi tidak saya temui Halaman Pembicaraannya (pranala merah). Trus saya periksa kontribusinya, ternyata memang dia melakukan beberapa vandal lainnya. Thanks Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 05.46 (UTC)

Halooo?? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 17.34 (UTC)
Sudah saya berikan peringatan Pembicaraan_Pengguna:103.19.81.76, tunggu dia bertindak lagi baru berikan peringatan lainnya, atau blokir, tapi bila dia dalam masa panjang baru melakukan vandalisme lagi, blokir tidak diperlukan, balikan suntingan dia lalu berikan peringatan saja sudah cukup.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 17.59 (UTC)

Pernyataan maaf dari Relly Komaruzaman[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan kata-kata bijak yang dibaca oleh saya di halaman pengguna Sdr. Hariadhi yang berisikan tiga kata yang selalu berhasil memperbaiki masalah di dunia yang berupa maaf, tolong, dan terima kasih. Dengan ini, saya menyatakan bahwa:

"Mohon maaf atas penganvasan yang telah diaksikan oleh saya dengan melakukan kampanye untuk memilih saya sebagai pengurus. Selain maaf, tolong dukung saya menjadi pengurus. Selain maaf dan tolong, sekaligus saya berikan ucapan terima kasih atas dukungannya nanti. Kepada Sdr. Hariadhi, saya tambahkan kata ke-4 yang berupa salam yang merupakan kata istimewa untuk Anda yang berhasil menghilangkan aksi pensiun dari saya untuk keduakalinya di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya juga tidak ada kegiatan positif dalam penggunaan Internet selain mengunduh film dan menonton YouTube. Saya kembali aktif berkontribusi lagi hingga waktunya tiba untuk pensiun secara sungguhan nantinya."

—Relly Komaruzaman

Saya akan mulai bersahabat dengan kontributor aktif lainnya dengan menggunakan akun Facebook ini untuk berkomunikasi seputar persahabatan dan masa depan.

Relly Komaruzaman | Bicara 11 Januari 2015 18.31 (UTC)

Halo mas @Relly Komaruzaman, sebelumnya saya meminta maaf jika tindakan yang saya lakukan membuat Anda sempat ingin berhenti menyunting di Wikipedia. Saya melakukan blokir tiga hari kepada Anda hanya untuk mencegah tindakan canvassing yang telah dilakukan, saya juga berharap nantinya Anda juga dapat berkontribusi dengan baik di Wikipedia bahasa Indonesia.
Karena Anda sudah membuat pernyataan permohonan maaf, maka saya akan membuka kembali halaman pemungutan suara yang sempat saya tutup. Lain kali jangan mengandalkan mengirim pesan ke banyak pengguna untuk mendapatkan suara, melainkan ikuti saja proses pemilihan ini dengan demokratis. Satu lagi, jangan memprotes pilihan mereka jika seandainya tidak sesuai dengan harapan Anda. Biarkan pengguna memilih dengan bijaksana, ini juga untuk kemajuan Wikipedia bahasa Indonesia. Salam! -- Bonaditya (bicara) 17.22, 12 Januari 2015 (WIB)

Jenis Lisensi Berkas[sunting | sunting sumber]

Jenis lisensi apa yang harus dipakai untuk berkas? Karena hampir semua berkas saya dihapus oleh pengurus. Termasuk berkas yang memiliki ke halaman yang saya buat, padalam ada sebagaian halaman itu sudah diperiksa. Sekarang halaman2 tersebut tidak ada fotonya. Terima kasih Ubenuh Insor (bicara) 16 Januari 2015 16.42 (UTC)

@Ubenuh Insor Lain kali gunakan {{fairuse}} untuk berkas dari website atau luar atau gunakan {{DU-Sendiri}} untuk gambar buatan sendiri, jangan lupa sertakan sumber, dan alasan kenapa berkas tersebut diunggah(rationale), dan ingat, berkas yang tidak digunakan akan dihapus.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 16 Januari 2015 16.55 (UTC)

Hapus/Blokir Akun Saya Secara Permanen[sunting | sunting sumber]

Kepada pengurus WBI, tolong hapus akun/blokir akun saya ya. Sekalian halaman/berkas yang telah saya buat. Thanks Ubenuh Insor (bicara) 16 Januari 2015 18.47 (UTC)

Sejauh yang saya tahu Anda tidak melakukan aksi vandal, hanya saja beberapa artikel dan berkas yang Anda buat bermasalah. Sebaiknya tetaplah berkontribusi melalui akun Anda di WBI, walaupun beberapa artikel dan berkas yang Anda buat dihapus. Sepertinya tidak ada alasan agar akun Anda diblokir. Anbu (bicara) 16 Januari 2015 19.57 (UTC)
Pengurus tidak dapat memblokir pengguna yang tidak melakukan kesalahan dan tidak akan melakukan kesalahan di masa depan, sebaiknya anda menggunakan Wikipedia:Skrip CutiWiki atau Cuti paksa, sampai anda dingin dulu.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 16 Januari 2015 20.26 (UTC)

Agimitoeagim[sunting | sunting sumber]

Saya saat ini merasa resah dengan pengguna yang bernama Agimitoeagim (bicara) dan Agimkwekkwek (bicara). Ia telah berkali-kali mengunggah gambar (mungkin > 50x) tanpa lisensi hak cipta (karya orang lain) tapi mau menunjukkan sumbernya. Saya ini sudah dua atau tiga kali memberi peringatan tetapi ia seperti tidak mau menghiraukan peringatan tersebut bahkan saya mengancam agar memblokir pengguna tersebut. Terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 18 Januari 2015 09.06 (UTC)

@Alqhaderi Aliffianiko, sedang saya kerjakan penghapusannya, mengenai blokir, saya pikir jangan, beberapa hari ini dia tidak beraksi kembali. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.41 (UTC)
@Alqhaderi Aliffianiko@Calvin Wisanto Semua berkas sudah saya hapus dan pengguna sudah saya blokir selama 3 bulan, terima kasih untuk laporannya. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 30 Januari 2015 12.31 (UTC)

Mohon ditinjau artikel Rahmatullah dari Banjar[sunting | sunting sumber]

Mohon ditinjau artikel Rahmatullah dari Banjar, apakah gaya penulisannya memang demikian? Sebagai pembaca, saya hanya merasa janggal dengan over-tab di dalamnya. Memang tujuannya adalah menyampaikan silsilah dari generasi ke generasi, tapi apakah tak ada cara lain yang lebih baik/bagus sehingga pembaca merasa enak membaca artikel tersebut. Tapi kalau memang begitu aturan penulisannya, ya tak apa-apa. Thanks. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 13.33 (UTC)

PING! ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 21 Januari 2015 20.10 (UTC)
Bung Andi. Tentu Anda boleh mengedit artikel itu sehingga lebih enak dibaca, misalnya dengan memindahkan silsilah yang panjang itu ke dalam artikel baru dan kemudian memberinya judul yang tepat. Sementara itu, pada artikel lama yang dipangkas, Anda beri keterangan atau pranala yang jelas ke silsilah yang dipindahkan itu. Sehingga pembaca lebih dimudahkan, namun tetap punya pilihan/tidak kehilangan info jika memang memerlukannya. Salam, Wie146 (bicara) 22 Januari 2015 10.00 (UTC)

Tolong Check Lisensi Berkas Ini[sunting | sunting sumber]

Kepada Pengurus WBI, tolong Check Jenis lisensi berkas ini Berkas:Wendy Afiana Wilson.jpeg, apa benar atau salah? Sekalian Halaman Wendy Afiana yang menggunakan berkas tersebut. Thanks Ubenuh Insor (bicara) 19 Januari 2015 15.28 (UTC)

Berkas tidak berlisensi (lihat). Hanya isi ringkasan berkas saja. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 16.27 (UTC)
Silakan masukkan {{CC-BY-SA-3.0}} pada halaman edit ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 16.31 (UTC)

Arti warna arsiran dalam Kontribusa Pengguna[sunting | sunting sumber]

Saya memperhatikan ada beberapa warna (pink, hijau, biru, orange, dll) di Istimewa:Kontribusi pengguna. Itu maksudnya apa? Makasih ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Januari 2015 23.53 (UTC)

Anda menanyakan besar bita atau mengenai revisi? karena keduanya sama sama menggunakan warna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 00.13 (UTC)
Kalau versi revisi? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Januari 2015 01.57 (UTC)
Pink/oranye berarti revisi tidak terperiksa, tanpa warna berarti tidak pernah diperiksa sama sekali, biru berarti revisi yang sudah terperiksa.(hanya berlaku di ruang nama artikel dan templat)-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.01 (UTC)
Untuk besar bita merah semakin tajam warnanya berarti besar bita (data konten) yang dihapus semakin besar, hijau semakin tajam warnanya berarti besar bita (data konten) yang ditambahkan atau dimasukan semakin banyak, contoh : disaat Anda menambahkan konten ke dalam artikel, semakin banyak yang Anda tambahkan akan semakin tajam warna hijaunya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.04 (UTC)
Trims, mas, sangat bisa difahami ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Januari 2015 02.08 (UTC)

@Aldnonymous & @Andiazamuddin 👍 Iwan Novirion menyukai ini.

Membuat pembicaraan pengguna[sunting | sunting sumber]

Saya bermaksud ingin menyampaikan sesuatu (saran, peringatan, dan semacamnya) ke seorang pengguna, namun halaman pembicaraannya masih tidak aktif (redlink). Apakah harus menunggu, atau bagaimana? (Saya bermaksud membuatnya, namun khawatir melanggar hak pengguna ybs). ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 27 Januari 2015 16.57 (UTC)

Silakan sapa dia dengan ucapan selamat datang agar anda dinilai ramah dengan pengguna baru, kemudian sampaikan sesuatu tersebut. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 27 Januari 2015 17.05 (UTC)
Berarti Boleh ya? Makasih mas Wagino atas masukannya. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 27 Januari 2015 17.14 (UTC)

Artikel Sambirenteng, Tejakula, Buleleng[sunting | sunting sumber]

Menurut saya artikel ini masih perlu dikembangkan lagi. Jika ada yang mengetahui tentang artikel ini silahkan menulis di bawah diskusi ini. Desa ini adalah desa di utara bali. *~DIMA&SMILE~* (bicara) 29 Januari 2015 14.21 (UTC)

Silakan dikembangkan artikel desanya, mas @Sudi dima. Tambahkan foto-foto alam sekitar desa, balai desa atau lainnya. Bebas koq mas. Khan ensiklopedia yg bebas disunting siapa saja. Lagipula yang paling tahu soal desa tempat tinggalnya, tentu orang yang tinggal di desa tersebut. Selamat menyunting  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.15, 29 Januari 2015 (WIB)

Logo Karya Sendiri[sunting | sunting sumber]

Assalamu'alaikum, selamat malam pak Mimin. Saya punya berkas, lihat dibawah

Format svg, diedit dari Adobe Illustrator CS3, dibuat dari sumber asli di YouTube, sumber asli gambar tidak ada, gimana lisensinya? Wassalam.

Muhammad Hanafi 29 Januari 2015 14.46 (UTC)

@Mhanafi95x - Wa'alaikum Salam. Sudah benar itu lisensinya {{LogoTV}}, karena yang memiliki lisensi atas logo tersebut, ya pihak stasiun TV nya. Walaupun gambarnya buatan Anda sendiri. Oya, untuk membubuhkan tanda tangan pada percakapan, silahkan dibaca artikel Bantuan:Tanda tangan. Selamat menyunting.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  22.04, 29 Januari 2015 (WIB)

Memindah Artikel Otobiografi[sunting | sunting sumber]

Baru-baru ini Saya memindahkan artikel Ahmad Ardian yang dibuat oleh Pengguna:Ahmad Ardian. Karena saya (sempat) berpikir, ini adalah tindakan yang menyalahi kebijakan Wikipedia bukanlah, maka artikel saya pindah ke Pembicaraan Pengguna:Ahmad Ardian. Apakah yang saya lakukan keliru? Jika ya, maka akan saya kembalikan ke versi awal (dengan tag yang semestinya). ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 29 Januari 2015 20.43 (UTC)

@Andiazamuddin - Halo, saya ingin memberi masukan saja:
Jika ada halaman tersebut, silakan pindahkan ke halaman penggunanya (jika masih kosong) dan pengurus akan menghapus halaman awal. Apabila halaman penggunanya sudah terisi, tidak perlu dipindahkan dan cukup diberi tag {{hapus|A7}}. Semoga membantu! -- Bonaditya (bicara) 04.45, 30 Januari 2015 (WIB)
YaY Sangat! Trims mas ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 29 Januari 2015 21.59 (UTC)
Tambahan Mas @Andiazamuddin. Artikel Otobiografi yang mas maksud dikategorikan sebagai Wikipedia:Vanitas. Dan untuk memantaunya sudah diberikan fasilitas bagi pengguna pada halaman Perubahan terbaru >>> di sini. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.04, 31 Januari 2015 (WIB)

Support Wikiversiti Indonesia[sunting | sunting sumber]

Selamat malam, sahabat WBI.
Baru-baru ini, saya ada mengajukan proposal Wikiversity Indonesia di MetaWiki. Dan atas saran Mas @Iwan Novirion, maka dalam kesempatan ini saya mengharapkan dukungan kawan-kawan di WBI agar proyek WVI bisa diterima oleh Dewan Bahasa di MetaWiki. Bentuk dukungan bisa disampaikan di laman proposal ini dengan memberi tag {{support}} pada bagian Supporters
Sekian dulu, and thanks a lot. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 31 Januari 2015 16.28 (UTC)

Ehm.. karena Wikiversity itu adalah Wiki University, apakah tidak sebaiknya diterjemahkan jadi Wikiversitas (Wiki Universitas)?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  23.39, 31 Januari 2015 (WIB)
Setuju Setuju pada penamaan Wikiversitas ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 31 Januari 2015 16.49 (UTC)
Setuju Setuju ngomong-ngomong kalo WikiVoyage Indonesia kok masih di Inkubator ya ?--Erik Fastman (bicara) 1 Februari 2015 06.53 (UTC)
Setuju Setuju untuk gagasan. Tapi apakah nantinya hanya universitas saja yang dimasukkan? Sedangkan institut, akademi, sekolah tinggi yang sama-sama perguruan tinggi apakah akan kita anaktirikan? Andriana08 (bicara) 1 Februari 2015 07.02 (UTC)
Jelas tidak, seperti halnya di WBI, semua yang terkait dengan pendidikan (lembaga, materi, dll) bisa dimasukkan (setahu saya). Btw, thanks dah support ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Februari 2015 10.32 (UTC)

Maksudnya Artikel Apa?[sunting | sunting sumber]

Di beberapa halaman wiki, WP:PPP dan WP:VA/PHE (yang saya tahu ada 2), kenapa muncul Kategori:Artikel dengan pernyataan yang tidak disertai rujukan
Maksudnya artikel yang bagaimana? dan kenapa muncul di halaman Wikipedia? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Februari 2015 10.09 (UTC)

Transklusi templat, misal artikel tersebut diarahkan menggunakan {{tl}}/include category ke halaman lain, ini sengaja dibiarkan biar bisa dilihat pengguna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 1 Februari 2015 10.19 (UTC)
Yup betul, transklusi templat. Tepatnya transklusi dari templat {{fact}} atau templat [butuh rujukan] dari percakapan mas @Andiazamuddin dan @HaEr48 pada halaman WP:VA/PHE dan halaman tersebut berada (juga) pada halaman WP:PPP. Btw karena percakapan ini juga terdapat templat tsb, maka kategorinya juga muncul di Warkop ini (lihat dibawah).  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  21.04, 1 Februari 2015 (WIB)
Selesai Selesai Terimakasih mas Iwan dan mas Aldnon ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 2 Februari 2015 11.37 (UTC)

Bertanya[sunting | sunting sumber]

Assalamu alaikum.

Kawan, brp bln saya tinggalkan Wikipedia. Jadi, dahulu saya banyak menulis tumbuhan, kini ttg hewan, budaya, ke-Islam-an, dan pembenaran artikel. Yang saya kesal, artikel Islam dan kucing ada tokoh menentang hadits. untung sudah saya beri penegasan dengan sumber lain bahwa dia salah. Ada yang mau ngasih ide penulisan artikel? Wassalam. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 2 Februari 2015 09.10 (UTC)

Templat:Information[sunting | sunting sumber]

Hello,

(My apologies for writing in English.)

I'm reaching out to you because this wiki is the 4th wiki with the most files missing machine-readable information, and I'm hoping you can help.

As you may know, the official Licensing policy of the Wikimedia Foundation mandates that "Non-free content […] must be identified in a machine-readable format so that it can be easily identified by users of the site as well as re-users."

As part of the File metadata cleanup drive, I and others have been adding machine-readable markers to many templates, but that is not enough.

Many files on this wiki don't have an Information (or similar) template, which means that the description, author and source of the file can't be accessed by image tools.

Due to the high number of images to fix, it would take a long time to fix every file manually, so it's recommended to use bots. You may want to use a tracking category for the bot-fixed files, so you can check them later to improve the fields manually. In the meantime, the information will be available thanks to the bots, even if it's not perfect.

You may try different approaches to add the information template. What has worked well on other wikis is a progressive approach like this:

  1. Identify groups of similarly-formatted file pages (for example from the same user or series) and run a bot to add the template around the information.
  2. Otherwise, take larger groups of files, like files with a == Ringkasan == section, and put everything from that section into the "Description" field of the information template.
  3. Otherwise, do the same for all content on a file page that isn't a license template or a category.

This approach isn't perfect, since some information like the Author and the Source may be put into the Description field. However, it's better for it to be shown in the Description field than not be shown at all, at least until the file is checked manually.

More information is available in the how-to, and I'm also available if you need help. Over a third of all broken files have already been fixed across all wikis, and I'm hoping that we can continue this work to get rid of most of those files.

Guillaume (WMF) (bicara) 4 Februari 2015 19.26 (UTC)

Penggunaan Lisensi tidak tepat[sunting | sunting sumber]

Per peringatan Staff Wikimedia, saya melihat beberapa hari ini banyak yang asal menggunakan lisensi, contoh @Tian x-way (Berkas:Peta Pesisir Barat.jpeg) contoh 2 @Andiazamuddin (Berkas:Logo Sultan Adam.jpg) <--- Ini semua kejadian dalam waktu kurang dari setengah jam berarti dalam waktu 1 jam bisa dikatakan ada 4 pengguna mengunggah dengan lisensi asal asalan, saya sudah mendapatkan usulan dari Wikimedia di IRC, supaya mencabut hak pengunggahan pengguna biasa (hanya pengurus yang dapat mengunggah berkas), apa dilakukan saja?--AldNonBicara? 7 Februari 2015 15.25 (UTC)

Saya dan mas Aldnonymous sudah mendiskusikan di IRC mengenai pencabutan hak unggah berkas lokal bagi pengguna, rencananya yang bisa mengunggah berkas adalah pengurus dan pengguna yang sudah diberi hak "uploader" (ini juga dilakukan di Wikipedia bahasa Korea). Hal tersebut didasarkan pada halaman ini, di mana WBI sudah banyak sekali melakukan pelanggaran hak cipta. -- Bonaditya (bicara) 08.47, 8 Februari 2015 (WIB)
@Bonaditya Saya setuju. Di Wikipedia bahasa Rusia pun kalau tidak salah ada perkakas uploader. Wagino 20100516 (bicara) 13 Februari 2015 04.34 (UTC)
Saya koq ya kurang setuju. Apalagi jika dikaitkan dgn upaya sebelumnya untuk meminta ke phabricator agar ektensi UploadWizard diaktifkan di WBI. Karena kalau opsi pengunggahan "nantinya" hanya merupakan hak para "uploader" maka UploadWizard akan mubazir, karena seingat saya diskusi awalnya mengimplimentasikan UploadWizard adalah guna memberi edukasi pada pengguna Wikipedia Indonesia akan pentingnya hak cipta. Tapi jika tujuan edukasi dari Wikipedia dianggap tidak penting lagi, saya usul dimatikan saja sekalian opsi pengunggahan ke WBI, hingga baik pengguna maupun pengurus hanya dapat mengunggah ke commons saja. Jadi kerja pengurus WBI juga akan jauh lebih mudah, karena urusan pemeriksaan berkas akan dilakukan oleh pengurus Commons. Kenapa harus ribet dgn opsi uploader? #sarkasmodeon {{hiks...}}  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 13 Februari 2015 - 14:21 wib.

Owalah, pantas saja di Wikipedia bahasa Jawa sudah tidak bisa lagi melakukan pengunggahan berkas. Ternyata ini toh penyebabnya. Kalo boleh tau, untuk jadi uploader untuk Wikipedia2 yang telah dicabut hak pengunggahannya bagaimana ya ? --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 04.11 (UTC)

Tambahan: kalo di Uncyclopedia kok juga berkasnya harus pake lisensi ya ? Kemarin saya unggah berkas disana eh langsung dihapus tuh --What a joke (bicara) 17 Februari 2015 05.19 (UTC)

Ping @What a joke, meluruskan pemahaman. Tidak ada yang dicabut haknya di wiki bahasa Jawa dalam hal mengunggah berkas. Semua pengguna bisa mengunggah berkas, bahkan pengguna anonim. Hanya saja berkas langsung di arahkan ke commons. Beda sekali dengan pembicaraan di sini mengenai pencabutan hak pengguna biasa untuk mengunggah berkas. Karena berkas akan tetap tersimpan di WBI (bukan di commons) namun hanya pengurus dan pengguna berstatus uploader yang dapat menggunggah berkas. Perlu dijelaskan status uploader disini akan seperti halnya status editor dan status rollback yang punya kriteria tertentu untuk dapat diberikan pada pengguna.
Mengenai mengapa Uncyclopedia juga butuh lisensi untuk gambar2nya. Ya iyalah... siapa juga yang mau terkena tuntutan hukum soal pelanggaran hak cipta?  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Selasa, 17 Februari 2015 - 13:43 wib.

Apa terjemahan yang tepat untuk half brother/half sister ?[sunting | sunting sumber]

Saya mau tanya, terjemahan yang tepat untuk half brother/sister itu apaan ya ? setengah saudara/setengah saudari ? soalnya kalo diterjemahkan menjadi saudara/saudari tiri maka hal tersebut tidak cocok karena terjemahan yang tepat untuk saudara/saudari tiri adalah step brother/sister. Lagipula, pengartian untuk saudara/saudari tiri & step brother/sister adalah kerabat yang sama sekali tidak memiliki hubungan darah dengan seseorang sementara pengartian untuk half brother/sister adalah kerabat yang setidaknya masih memiliki hubungan darah dari ayah/ibunya tapi tidak keduanya. Jadi, apakah terjemahan yang cocok untuk half brother/sister ? --Erik Fastman (bicara) 7 Februari 2015 07.45 (UTC)

Saudara seibu/seayah... adalagi half milk brother/sister, saudara sepersusuan  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Sabtu, 07 Februari 2015 - 15:36 wib.
Betul kata bung Iwan, seayah/seibu/saudara sepersusuan Kebetulan aku punya half-brother (dari ayahku) Andi bapander 16.43, 7 Februari 2015 (WITA)

Lalu bagaimana dengan kata half brother/half sister yang tidak diberi keterangan maternal/paternal (seibu/seayah) ? --Erik Fastman (bicara) 7 Februari 2015 15.07 (UTC)

Jika tidak ada istilah yang baku, tentunya dapat digunakan keterangan yang sepatutnya, misalnya: "saudara (laki-laki/perempuan) sekandung dari salah satu orang tua". Ini lebih baik dari pada menggunakan istilah yang tidak umum, sehingga malah membingungkan. JohnThorne (Bicara) 14 Februari 2015 00.01 (UTC)

Terkait Lisensi Berkas[sunting | sunting sumber]

Terkait pemuatan informasi pada mesin data, bagian sumber berkas, apakah yang dimasukkan itu link gambar (contoh: http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/de/Wikipedia_Logo_1.0.png) atau link situs (contoh yang sama: https://en.wikipedia.org/wiki/Klingon_language) ? Sekian. Terimakasih Andi bapander 01.13, 8 Februari 2015 (WITA)

Poin yang bagus! Pada dasarnya belum ada kebijakan yang menegaskan hal ini di WBI. Pada Kebijakan penggunaan gambar hanya disebutkan secara samar:

Berikan keterangan mengenai sumber gambar/foto (misalnya nama pengambil foto atau URL situs web di mana Anda dapati gambar tersebut) di halaman keterangan gambar.


Hal tersebut bisa menjadi rancu, karena yang disebutkan hanya "URL situs web di mana Anda dapati gambar tersebut" yang mana membuat banyak pengguna menafsirkan dengan cukup mencantumkan URL situs web-nya saja (contoh: gambar dari kompas.com sumbernya http://www.kompas.com) alih-alih mencantumkan URL dimana gambar tersebut berada. {{tepok-jidat}}
Namun di wp.en hal ini ditegaskan pada sub-judul "Copyright and licensing", dibagian "More information on how to...dst":

A good description of the origin for an image from an internet location is to point to the HTML page that contains the image (http://www.navy.mil/view_single.asp?id=3097) and not directly to the image itself: (http://www.navy.mil/management/photodb/webphoto/web_021028-N-3228G-006.jpg).


Jadi menurut hemat saya, memang halaman situs dimana gambar itu beradalah yang dijadikan sumber. Karena sudah barang tentu informasi yang terkait dgn gambar tersebut berada di sana, seperti informasi pembuatnya, lisensinya, tanggal dibuatnya dan lain sebagainya. Jadi bukan link gambar-nya langsung. Demikian pengamatan saya. Mohon maaf jika interpretasi saya salah. Salam  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Minggu, 08 Februari 2015 - 02:33 wib.
Sependapat! Mungkin langsung bisa ditambahkan ke halaman kebijakan tersebut, agar tidak terjadi lagi kerancuan. -- Bonaditya (bicara) 08.31, 8 Februari 2015 (WIB)
Bisa dimengerti. Jadi yang diberikan link adalah halaman HTML-nya dimana semua informasi tersebut (tanggal, berkas, pengarang, judul, dll) bisa didapat disana. Terimakasih bung @Iwan Novirion dan bung @Bonaditya. Salam. Andi bapander 19.25, 8 Februari 2015 (WITA)

Mohon bantuan melengkapi[sunting | sunting sumber]

Memulai

Selamat malam, Tuan-tuan. Saya terkendala oleh minimnya data beberapa artikel yang sudah saya rintis. Jika ada yang mengetahui, mohon bantuan untuk melengkapi, yaitu:

  • Ong Harry Wahyu, art director beberapa film. Belum ada keterangan tempat dan tanggal lahir
  • Petrus Kaseke, pelestari alat musik kolintang. Belum ada tanggal lahir
  • Tony Taulo, aktor film. Belum ada keterangan tanggal lahir
  • Nunus Utomo, musikus. Lahir di Semarang, tanggalnya belum ada. Meninggal di Jakarta tanggal sudah ada

Sebagai tambahan, Mas Ong itu tinggal di Nitiprayan, Yogyakarta, jadi mungkin Tuan-tuan pengguna yang ada di Yogya kemungkinan akan tahu. Pak Petrus, kalau belum berubah, tinggalnya di Salatiga. Mas Nunus terakhir tinggal di Jakarta. Atau mungkin pengguna Semarang ada yang tahu? Sedangkan Tony, sekarang bermukim di Jakarta. Demikian permohonan bantuan ini saya sampaikan. Atas kebaikan Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih. Salam

Andriana Suke
23.12, 15 Februari 2015 (WIB)

Definisi[sunting | sunting sumber]

Memulai

Sebenarnya, bagaimanakah tatacara mendefinisikan suatu objek dalam bahasan? Bolehkah kita mengulang kata yang sedang didefinisikan ke dalam kalimat? Saya sendiri belum tahu. Tapi menurut saya (pribadi), kita perlu menghindari penyebutan ulang kata yang kita definisikan ke dalam kalimat definisi. Contoh: "Mol adalah tanda dalam musik yang digunakan untuk menurunkan setengah nada". Bandingkan dengan contoh ini: "Pangkalan TNI AL Tegal atau Lanal Tegal adalah Pangkalan TNI AL Kelas C di bawah Komando Pembinaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya". Dalam definisi tersebut "Pangkalan TNI AL" disebut dua kali. Jika demikian, apa gunanya definisi? Maka saya lebih cenderung memilih demikian: "Pangkalan TNI AL Tegal adalah kesatuan militer yang ditugaskan di wilayah Kabupaten Pemalang sampai Kabupaten Brebes yang berada di bawah Komando Pembinaan Lantamal V Surabaya". Tapi itu menurut saya. Kalau Tuan-tuan ingin memilih cara lain silakan.

Andriana Suke
16.03, 16 Februari 2015 (WIB)

Kalimat wiki boleh sama dengan kalimat pers?[sunting | sunting sumber]

Memulai

Selamat siang, Tuan-tuan. Lagi-lagi saya yang cerewet ini ingin ngomel-ngomel. Saya berpandangan bahwa kalimat wiki semestinya tidak disamakan dengan kalimat pers. Wiki memang menjadi salah satu sumber informasi, tapi cara penulisannya tetap harus mengacu kepada gaya ensiklopedi. Saya akan memberikan contoh:

"Rhoma Irama adalah musikus, pencipta lagu, dan politikus berkebangsaan Indonesia. Suami dari Veronica, ini pada tahun 2014 bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa saat menjelang pemilihan presiden"

Rhoma Irama memang merupakan suami dari Veronica. Tapi, menurut saya, sebaiknya informasi tersebut diletakkan dalam kalimat lain, terpisah dengan kalimat yang sedang menyebutkan bahwa dia bergabung dengan PKB. Demikian ngomel-ngomel saya. Kalau bermanfaat silakan diadopsi, kalau tidak ya monggo. Terimakasih. Salam.

Andriana Suke
10.58, 17 Februari 2015 (WIB)

Tergantung, tapi pada umumnya diperbolehkan.--AldNonBicara? 20 Februari 2015 07.16 (UTC)
Baiklah, Tuan jika pada umumnya diperbolehkan. Mungkin kecuali saya, tak tega kalau konten wiki ditulis dengan gaya media massa. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 11.59 (UTC)
Diperbaiki saja bagian yang menurut Anda bergaya media massa. Ingat! Wikipedia bebas disunting koq.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 20:35 wib.
Ooo tentu saja saya ingat, Tuan. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 13.47 (UTC)
Oke Dan tolong perhatikan indentasi seperti yang tertera pada Wikipedia:Halaman diskusi. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 21:39 wib.
Siap, Tuan. Tapi apakah tidak lebih baik jika indentasi itu hanya berlaku untuk pemberi komentar? Sedangkan saya sebagai penulis bagian (subjudul), tulisan saya tetap sejajar dengan margin awal saja? Untuk membedakan bahwa itu balasan kalimat dari saya. Terimakasih. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 15.01 (UTC)
Indentasi runtun biasanya digunakan untuk diskusi mengenai topik yang sama. Jika sudah berbeda topiknya, silakan dimulai dari awal indentasinya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 22:07 wib.

Bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain[sunting | sunting sumber]

Judul dikusi saya tersebut sekaligus pertanyaan yang memerlukan jawaban dari pengguna yang mengetahui, bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain? Misalnya demikian. Suatu masa, ketika saya belum menjadi pengguna wikipedia, saya punya foto yang diminta oleh teman saya untuk keperluan blognya. Saya merelakan foto tersebut, tapi dia lupa mencantumkan nama saya dalam caption. Lantas foto itu saya pakai kembali untuk dijadikan berkas di wikipedia. Padahal teman saya itu sudah lupa password untuk login ke blog, sehingga dia tidak dapat menyunting keterangan foto. Sedangkan jika dia bikin blog baru kemudian mencantumkan nama saya dalam caption, saya khawatir itu hanya dianggap akal-akalan. Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan ketika memberi keterangan pada lisensi berkas wikipedia? Atas jawaban Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih.

 ANDRIANA SUKE 
28 Februari 2015, pukul 01:11 WIB
Anda bisa menyatakan bahwa karya tersebut adalah karya Anda sendiri bersumber dari Anda sendiri (untuk keperluan pengunggahan di Wikipedia). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.44 (UTC)

Main Page-nya English Wikipedia versi Mobile[sunting | sunting sumber]

Saya mau nanya, kenapa Main Page-nya English Wikipedia hanya menampilkan Today's featured article & In the news sementara Did you know..., On this day..., dan Today's featured picture-nya tidak ditampilkan ? --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2015 18.19 (UTC)

Karena halaman utama versi mobile bergantung dengan konfigurasi di Halaman Utama (mw:Mobile Gateway/Mobile homepage formatting), maka komunitas dapat mengatur bagian apa saja yang dimunculin di versi mobile. Untuk WBI, karena tidak ada konsensus mengenai bagian apa saja yang dimunculkan, maka saat disuruh menyetel halaman utama, saya memunculkan semua bagian (AP, PT, HIDS, TA, GP). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.42 (UTC)

Penggunaan tanggal di Wikipedia bahasa Thai[sunting | sunting sumber]

Saya lihat di Wikipedia bahasa Thai (WBT) kok menggunakan penanggalan non-kalender Gregorian (penanggalan kalender Buddhis) pada artikel-artikelnya ya. Ini saya kasih contohnya:

dan masih banyak lagi.

Emangnya kenapa ya ? Padahal Wikipedia bahasa Arab sendiri saya lihat juga tak pakai penanggalan kalender Hijriah, begitu pula dengan Wikipedia bahasa Tionghoa yang juga tak pakai penanggalan kalender Tionghoa, alias masih menggunakan penanggalan kalender Gregorian. Apakah orang Thai lebih menggunakan penanggalan kalender lokal ketimbang penanggalan kalender Gregorian yang dipakai pada umumnya ? Apakah ada Wikipedia bahasa lainnya selain WBT yang juga menggunakan penanggalan kalender non-Gregorian ? Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh Yayasan Wikimedia ? Kalo hal tersebut diperbolehkan, kenapa kagak sekalian aja Wikipedia bahasa Jawa pake penanggalan kalender Jawa. --Erik Fastman (bicara) 1 Maret 2015 05.25 (UTC)