Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Rabu, 1 Oktober 2014
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Tanya,[sunting | sunting sumber]

Bagaimana cara menjadi penulis yang baik dan apa yang diperlukan untuk menulis sebuah cerita, tankas~ Untung Suparman (bicara) 9 Agustus 2014 08.24 (UTC)

Dapat Anda baca pada halaman panduan menulis artikel yang baik, dan di sana sudah tersedia banyak tautan ke berbagai halaman bantuan dan panduan. -- Adiputra बिचर -- 11 Agustus 2014 04.09 (UTC)

Merdeka![sunting | sunting sumber]

Keren dan bagus, logo idwiki. Sy mengucapkan, Merdeka, meskipun telat. Maju terus Wikipedia, dlm mencerdaskan bangsa. -- 193.200.150.137 18 Agustus 2014 02.54 (UTC)

Jumlah pulau[sunting | sunting sumber]

Mengapa jumlah pulau di artikel Indonesia#Geografi dan Geografi Indonesia berbeda? Mohon penjelasannya, terima kasih. DimasIgnatius (bicara) 20 Agustus 2014 12.36 (UTC)

Sebenarnya sampai sekarang masih belum ada kesepakatan (bahkan di antara lembaga-lembaga negara dan militer sekalipun) tentang berapa banyak pulau yang dimiliki Indonesia. Silakan baca artikel dari Dewan Ketahanan Nasional ini untuk mengetahui berbagai versi "jumlah pulau Indonesia" yang pernah diterbitkan lembaga-lembaga negara dan militer di Indonesia. Demikian, semoga membantu. 36.81.12.223 22 Agustus 2014 07.00 (UTC)

Mohon bantuan[sunting | sunting sumber]

Tolong kembalikan isi halaman ini: pasukan nasi bungkus seperti semula. Gara-gara dipindahkan oleh seorang panasbung, paragraf pembukanya jadi hilang. I love Jilboobs (bicara) 22 Agustus 2014 13.22 (UTC)

Update:Paragraf pemukanya udah gue benerin sendiri, jadi gak usah dibalikin. Sekarang mending blokir aja nih panasbung yang udah ngacak-ngacak artikel itu, nih orangnya: Pengguna:Yogdri. Blokir aja selamanya, kalo perlu blokir sampe akherat. Sekalian ye tolong hapuisn tuh halaman yang udah dia buat nih yang ini nih: Pembicaraan:Pasukan Nasi Sayur Lodeh (by Jokowers). I love Jilboobs (bicara) 22 Agustus 2014 14.02 (UTC)
Wuih, kagak nyangka ada juga yang bikin artikel tentang panasbung. Awalnya sih saya berencana buat artikel ini. Ternyata udah ada orang yang buat toh. Terima kasih ya --Erik Fastman (bicara) 23 Agustus 2014 05.35 (UTC)
Siap bang. Kalo gitu mending abang buat arikel Jilboobs aja, soalnya fenomena jilboobs udah layak diabadikan di wikipedia. Abang buat aja, nanti gue bantuin. Oke bang. Salam jilboobs. I love Jilboobs (bicara) 23 Agustus 2014 14.23 (UTC)
Sudah bang. Kalo bisa bantuin juga kembangin artikel Tongkat narsis. Soalnya lagi fenomenal juga nih. --Erik Fastman (bicara) 24 Agustus 2014 06.53 (UTC)
Mantap bang Erik, makasih. Kalau ada waktu nanti gue bantu kembangin artikelnya. Oke bang. Salam Jilboobs. I love Jilboobs (bicara) 24 Agustus 2014 11.19 (UTC)

Meminta pendapat[sunting | sunting sumber]

Melihat adanya "ancaman" internet Indonesia akan mati, saya memiliki ide untuk melakukan aksi "protes" sebagai bentuk keprihatinan mengenai peristiwa yang terjadi (informasi akan saya berikan berupa pranala luar di bawah). Rencananya, aksi ini akan dilakukan dengan mengubah sedikit logo Wikipedia dengan ditambahkan pita hitam serta memberikan pesan seperti ini. Saya tidak akan mengubah apapun sebelum ada persetujuan dari komunitas, jadi mohon partisipasinya untuk memberikan pendapat dari ide yang saya ajukan ini. Terima kasih!

Wikipedia membutuhkan akses internet!
Kami adalah ensiklopedia daring, pembaca dan pengguna Wikipedia tidak dapat berbagi pengetahuan secara bebas tanpa adanya akses internet.
Informasi

-- Bonaditya (bicara) 08.53, 27 September 2014 (WIB)

Aksi serupa yang dilakukan di beberapa Wikipedia lain setahu saya dikarenakan regulasi yang membatasi kebebasan informasi, sementara sejauh pantauan saya, di Indonesia bukan kebebasan informasinya yang terancam, tapi ISP-ISP terancam dipidanakan, dan mereka berencana mematikan layanan internet selama beberapa hari (hanya sementara) sebagai bentuk solidaritas atau demo maya atau semacamnya, jadi efeknya internet mati cuma sementara (kalau jadi), bukan seperti regulasi yang efeknya jauh ke depan. Kalaupun kita pasang panji hitam, apa akan mempengaruhi rencana ISP-ISP tersebut? Tidak juga; Apakah akan membebaskan rekan mereka yang dipidana? Tidak juga. Ini konflik antar ISP dan institusi kehakiman, Ibarat gajah bertarung sama gajah, pelanduk mati di tengah-tengah. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin komunikasi 13.47, 27 September 2014 (WIB)
Emang bener apa yg dibilang Eyang Lin, situasinya beda. Malah kebalik... kalo Wiki blackout, server wiki yg sengaja dimatikan sebagai aksi protes, sementara internetnya lancar2 aja. Nah kalo kita apa yg mau di aksikan, wong internetnya putus, hingga wikipediawan Indonesia ga bisa akses untuk lihat bannernya. Paling yang dari LN, itupun kalo melek Bahasa.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  20.36, 30 September 2014 (WIB)

Menurut saya ini sebenarnya persoalan bisnis dengan pemerintah. Dan judul internet indonesia mati itu lebai. Kan ga semua provider bermasalah dengan kontrak frekuensi ini. Kalau mau salurkan saja aspirasinya secara pribadi. Kalau ada ancaman penyensoran, barulah kita bisa bikin aksi blackout. Kalau itu urusan kontrak bisnis ya ngapain kita ikut-ikutan :) Hariadhi - Ngobrol 30 September 2014 15.31 (UTC)

ps: Kalau mau bikin aksi blackout harusnya saat urbandictionary kemarin disensor. Itu kan project kolaborasi juga yang diban oleh pemerintah. Tapi kalau sekarang mau bikin aksi udah telat sih, menteri nya udah turun Hariadhi - Ngobrol 30 September 2014 15.33 (UTC)

Aduh, terlambat saya . Tapi terima kasih atas masukan yang diberikan, jadinya saya bisa berpikir jernih untuk melihat dampak ke depannya dari apa yang akan saya lakukan. Mohon maaf jika ide yang saya lontarkan ini cenderung berlebihan. -- Bonaditya (bicara) 22.43, 30 September 2014 (WIB)

Artikel Perkeretaapian[sunting | sunting sumber]

Selamat siang pengguna WBI. Saya merasa kesal karena saya berkali-kali melakukan pengembalian revisi artikel bertopik Kereta Api di Indonesia akibat diberikannya sejumlah informasi palsu oleh pengguna anonim 36.81.xxx.xxx atau 180.247.xxx.xxx. Menurut pengakuan dari Muhammad Pascal Fajrin (b • k • l) maupun Calvin Wisanto (b • k • l), orang tersebut "berkebutuhan khusus" sehingga meskipun diperingatkan masih "ngeyel". Sebagai contoh:

Saya berkali-kali meminta kepada Albertus Aditya, Mimihitam, ataupun Bennylin untuk memblokir pengguna-pengguna tersebut, namun rupanya cukup lihay karena alamat IP-nya gonta-ganti namun diawali dengan 36.81 dan 180.247. IP itu dipakai oleh orang yang sama, dan Muhammad Pascal Fajrin (b • k • l) mengaku kalau ada seseorang yang meninggalkan pesan di Facebook gara-gara tidak bisa menyunting karena dilindungi atau diblokir. Terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 27 September 2014 08.46 (UTC)

Kalau begini jadinya, sebaiknya berikan saja pelindungan ke artikel tersebut. -- Bonaditya (bicara) 18.09, 27 September 2014 (WIB)

ShameOnYouSBY[sunting | sunting sumber]

Apa artikel ShameOnYouSBY layak ada di Wikipedia? Kalau menurut pengurus tidak layak tidak masalah kalau dihapus. Bona Kartono (bicara) 28 September 2014 04.58 (UTC)

Lho, tidak ada yang salah dengan artikelnya koq. Menceritakan sejarah tagar yang menjadi topik trending di Indonesia. Apabila nanti kebetulan ada generasi selanjutnya yang ingin tahu mengenai hal ini, semua telah disajikan dengan lugas berikut kata-kata yang baik pada artikel tersebut sesuai dengan referensi yang ada. Salut  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  20.48, 30 September 2014 (WIB)
menurut saya infonya bagus namun lebih baik jadi bagian dari UU pilkada. :) Kalau satu hashtag TTWW dijadikan artikel, nanti alay-alay yang hobinya bikin TT juga ikutan minta dibuatkan artikel wikipedia. Atau solusi lain dijadikan definisi sebuah gerakan sosial, bukan definisi sebuah tagar. Soalnya kan sampai ada di dunia nyata (Car free day) Hariadhi - Ngobrol 30 September 2014 16.11 (UTC)
Menurut saya, artikel itu sudah cukup lengkap, bahkan bisa diusulkan sebagai AP di kemudian hari, namun di halaman pembicaraan pengguna yang membuat topik ini, M. Adiputra menginginkan pemindahan artikel karena pembahasan artikel tersebut bisa saja meluber ke hal lainnya, tapi menunggu atensi dari pengguna lain. Jadi, apakah kita dapat membahas usulan dari M. Adiputra di topik ini? Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 1 Oktober 2014 07.32 (UTC)
Setuju dengan Mas Har. Cukup dijadikan satu subbagian saja di bawah bagian "Reaksi" di artikel UU Pilkada. Toh tak semua hestek yang bisa dianggap penting. SpartacksCompatriot (bicara) 1 Oktober 2014 12.01 (UTC)