Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Selasa, 27 Januari 2015
Tidak ada yang berulang tahun hari ini.

Pengaduan saya[sunting | sunting sumber]

Begini, saya ada nulis artikel anime Shigatsu wa Kimi no Uso, termasuk anime bagus di musim ini. Saya lihat di artikel saya, kenapa templat anime-stub saya menyatu dengan kotakinfo-nya? Saya sudah mengadukan hal ini di Warung Kopi (Teknis), tapi tak dijawab. Tolong segera responnya, kenapa begini? Wassalam. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 11.30 (UTC)

@Adi.akbartauhidin Saya sudah perbaiki(darurat) dengan menggunakan (" "s). untuk sementara waktu, sampai saya tahu kesalahannya dimana di dalam parameter template.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 17 Desember 2014 11.44 (UTC)
Makasih, om. Coba om seret/summon ke sini para pengurus dan "teknisi" Wikipedia. Mungkin mereka bisa --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 11.46 (UTC)
Saya usahakan :p .-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 17 Desember 2014 11.52 (UTC)
Coba anda lihat Barakamon, kenapa keduanya berbdea skali 'yah? Kalo di Barakamon, kelihatannya anime-stub-nya terpisah; lain dgn Shigatsu. Kenapa? --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 12.02 (UTC)
@Adi.akbartauhidin ternyata kamu lupa nambahin {{Infobox animanga/Footer}} jadi template masih jalan jauh ke bawah, dan infobox bergeser/tertarik ke bawah gara gara parameternya kurang lengkap, sudah saya perbaiki, selamat menyunting. Mengenai barakamon saya pikir sama saja infoboxnya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 17 Desember 2014 12.04 (UTC)
Makasih, atau arigatou gozaimasu, om. Btw, Barakamon ama Gekkan Shoujo Nozaki-kun, adalah anime terlawak musim lalu 'lho :v . Saya ada dapat anime itu. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 12.22 (UTC)
Barakamon memang terlawak musim lalu, sekarang ada Gugure kokkuri-san, kalau niat nanti saya bantu buat artikelnya, termasuk Handa-kun manga spin-offnya Barakamon.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 17 Desember 2014 12.29 (UTC)
Yo'i. Apalagi pas dua orang nenek bertemu di satu kios, eps.3. Itu terlawak. :v Btw, Gugure itu shonen atw seinen, om? Tapi kalau aksi, saya sarankan musim ini Psycho-Pass Season 2. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 12.41 (UTC)
Di w:en:Gugure! Kokkuri-san(wikipedia bahasa Inggris) saja genrenya gak jelas, sudah dicoba didiskusikan di /a/ juga akhirnya malah debat panjang lebar, Gugure itu Seinen apa shoujo? Tapi yang pasti jauh dari kesan shounen.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 17 Desember 2014 13.11 (UTC)
Untuk yang seinen, saya agak hati2. Nanti ada yang "aneh-aneh"-nya. Makanya, yang saya buat insya Allah 'tuk musim ini Kiseijuu, sama barangkali Psycho-Pass saja. :) Kalau seinen, mudah2an, jarang yang "aneh-aneh"-nya. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 17 Desember 2014 13.39 (UTC)

Syarat Menjadi Editor @WBI[sunting | sunting sumber]

Mohon informasi tentang cara untuk bergabung sebagai Editor di WBI. Apakah ada persyaratan khusus, seperti jumlah editan, atau jumlah artikel yang dibuat, atau ada hal-hal penting lainnya. Trims. « Ӑ₦Đị » (bicara) 21 Desember 2014 15.00 (UTC)

@Andiazamuddin Baca disini Wikipedia:Validasi_artikel/Status_pengguna#Status_Editor.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 21 Desember 2014 15.41 (UTC)
Thanks bung @Aldnonymous atas notifikasinya. Salam wiki! « Ӑ₦Đị » (bicara) 21 Desember 2014 15.47 (UTC)

Menghapus Project Page milik User Itu Sendiri[sunting | sunting sumber]

Mohon infonya: Apakah perlu menghapus sebuah project page yang dibuat oleh user itu sendiri, dengan alasan halaman tersebut sudah fixed/kelar? Kalau tak mengapa, bagaimana caranya? Trims -- « Ӑ₦Đị » (bicara) 21 Desember 2014 22.08 (UTC)

Mohon infonya sekali lagi, trims. Pertanyaan serupa tapi tak sama: apakah seorang pengguna bisa menghapus artikel yang "tidak sengaja"/"terlanjur" dibuatnya? Trims "again" -----> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Desember 2014 16.03 (UTC)
Halo! Untuk yang mengurusi penghapusan berkas maupun artikel hanya pengurus. Jika Anda secara tidak sengaja sudah membuat halaman yang tidak diinginkan, Anda tinggal menambahkan tag {{hapus}} pada halaman tersebut atau bisa menghubungi salah satu pengurus yang sedang aktif. -- Bonaditya (bicara) 23.30, 22 Desember 2014 (WIB)
sipp! thanks sipp! thanks -----> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Desember 2014 17.48 (UTC)

Tanya[sunting | sunting sumber]

Maaf bahasa indonesia saya tidak baik.

Mengapa artikel OK Streaming TV tidak layak sedangkan artikel Kidnesia lolos? Dan artikel2 terbuat oleh Willy2000 saya memeriksa beberapa lolos meski tidak memiliki referensi pihak ketiga.

Saya senang berkeliling transwiki mencari artikel yang bisa dipindah ke wikiRusia dan Wiki english. Begitu banyak artikel penuh manfaat seperti contoh misal pahlawan nasional indonesia, tokoh politik indonesia, dan selebriti indonesia. Tapi jika tidak ada referensi pihak ketiga maka saya tidak mau menerjemahkannya.

mungkin ini kebijakan lokal wiki indonesia dan tidak sama dengan wiki-wiki di seluruh dunia. Karena hanya Indonesia dan Malaysia yang saya tahu tampak seperti ini (dari enam bahasa non-native yang saya kuasai), tidak perduli referensi, yang penting ada pun sudah jadi artikel. Mohon dijawab, karena membaca halaman kebijakan membuat kepala saya pusing. Dijawab dengan english atau Russian pun saya akan senang sekali.

-- 201.152.194.248 23 Desember 2014 11.08 (UTC)

Kebetulan saya mampir disini, dan ingin berbagi pendapat. Kalau saya lihat, ternyata tipis sekali perbedaan antara "wikifikasi" dan "promosi". RCTI, ANTV, dll juga adalah sebuah "produk" namun tetap "layak" sebagai suatu Wiki. Pasti ada dasar dari seorang peninjau melakukan "ketidaklayakan" ini (dalam hal ini: promosi terang-terangan). Saran saya, coba usulkan keberatan Anda di link yang diberikan peninjau itu. -----> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Desember 2014 11.42 (UTC)
Gaya penulisan artikel OK Streaming TV yang bermasalah, karena terkesan seperti iklan. Saya rasa bahasa Indonesia Anda cukup baik, malah mungkin tidak ada yang tahu Anda bukan penutur asli. Artikel di Wikipedia bahasa lain ada juga kok yang tidak memiliki cukup referensi bisa lolos, tergantung gaya penulisan dan kondisi, jadi jangan beranggapan seperti itu. Maaf, saya membalas dengan bahasa Indonesia, karena saya mencintai bahasa asli saya sendiri. Anbu (bicara) 23 Desember 2014 11.53 (UTC)
Anbu sudah menjelaskan dengan baik, selain itu berikan referensi dari koran yang netral maka memenuhi syarat notabilitas dan tidak terkena aturan hapus A7 dan U11.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Desember 2014 12.00 (UTC)
Saya mencoba merapikan sedikit artikel Anda, dan menghapus paragraf terakhir yang terkesan promosi (seperti yang disampaikan bung Anbu). -----> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Desember 2014 12.11 (UTC)

Emang pengurus wikipedia itu goblog semua, mereka dibayar untuk melindungi artikel2 fiktif dan yang tidak layak. -- Pham Luis (bicara) 23 Desember 2014 14.33 (UTC)

Tidak perlu mengata-ngatai orang lain, baik pengurus maupun pengguna bisa menyelamatkan suatu artikel yang telah diberikan tag hapus, dengan cara memperbaiki kualitas penulisan dan referensi yang bisa dipercaya. Terima kasih Hariadhi - Ngobrol 24 Desember 2014 08.39 (UTC)

Kelayakan artikel[sunting | sunting sumber]

Ada yang bisa menjelaskan apakah artikel Mayang Yudittia dan Kidnesia layak? Atau minimal memperbaiki. Ayo pengurus, jangan pura-pura gak lihat tulisan ini. -- Pham Luis (bicara) 23 Desember 2014 14.32 (UTC)

Dua duanya saya lihat tidak layak, cuma formatnya saja yang sudah di wikifisasi, dua duanya menggunakan referensi(dipaksa dari pranala luar) primer, dan tidak ada konfirmasi referensi tersier, dan yang satu Mayang Yudittia adalah biografi orang yang masih hidup bisa libel kalau informasi isinya salah dan tidak memiliki referensi. Omong-omong, kok Anda di blokir setelah melaporkan diri Anda sendiri disini, itu lebih lucu malahan menurut saya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Desember 2014 15.17 (UTC)
Anda yang lebih lucu, tidak bisa membedakan status diblokir dan tidak diblokir. Calon pengurus kok seperti ini? Status diblokir bisa dilihat di halaman kontribusi pengguna. -- Pham Luis (bicara) 24 Desember 2014 03.42 (UTC)
Jika melihat gejala suatu artikel tidak layak, anda mempunyai pilihan untuk memperbaikinya agar menjadi layak (dengan menambahkan referensi mengenani subjek yang dibahas, dan membuatnya enak dibaca dengan memperbaiki cara penulisannya), atau memberikan tag {{hapus}}. Memperbaiki tentu lebih disarankan dibanding mengajukan penghapusan, terutama jika sebenarnya artikel tersebut memenuhi syarat kelayakan.
Perbaikan kualitas artikel2 di Wikipedia bukan hanya tugas pengurus semata. Di sini kita semua berkolaborasi, bukan memerintah atau menyalahkan. Terima kasih Hariadhi - Ngobrol 24 Desember 2014 08.54 (UTC)
@Pham Luis Oh kalau gitu saya yang salah lihat, saya pikir anda Bono kartono (oops), kan dia di blokir :^) **badum tsss**-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 24 Desember 2014 09.20 (UTC)

Pengguna Menyisipkan Tag: Bolehkan?[sunting | sunting sumber]

Kepada Pengurus.. Mau nanya, apakah pengguna seperti saya (bukan Editor) dibolehkan untuk menyisipkan tag, seperti (rapikan, hapus, stub, dll)(tentunya setelah saya pertimbangkan faktor kelayakan artikel tsb)? Khawatir kalau tindakan seperti ini "melangkahi" aturan main di WBI? Trims ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 24 Desember 2014 14.56 (UTC)

@Andiazamuddin(Saya bukan pengurus tapi saya akan jawab). Boleh!, bahkan sangat dianjurkan :D, agar orang lain melihat kekurangan halaman artikel itu dan mana tahu mereka akan membantu memperbaikinya. Asalkan jangan berlebihan menambahkan tag nya jadi malah mengganggu pembaca Wikipedia.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 24 Desember 2014 15.16 (UTC)
Sukurlah, .. trims (again) bung AldNon ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 24 Desember 2014 15.24 (UTC)

Kampung vs Kelurahan/Desa[sunting | sunting sumber]

Saat menelusuri Rintisan Kelurahan Des 2014, saya perhatikan ada beberapa nama "kampung" yang menurut saya mestinya tidak berada dalam kategori "kelurahan" tapi lebih tepatnya "sub" dari kelurahan (kampung, RW, RT, atau apalah istilahnya). Intinya: Mohon ditinjau/diperbaiki. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 25 Desember 2014 23.51 (UTC)

Kesalahan pada templat {{kelurahan-stub}}, yang mengkategorikan rintisan artikel desa/kampung/kelurahan secara otomatis ke dalam kategori rintisan kelurahan, sesuai waktu suntingan pertama. Suntingan dilakukan oleh Bennylin. Kiranya kita dengarkan penjelasannya terkait hal ini (summon: Bennylin (bicaraAdminwpo.png). -- Adiputra बिचर -- 26 Desember 2014 06.37 (UTC)
Contoh halaman? ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 17.36, 28 Desember 2014 (WIB)
Silakan jelaskan unek-unek Anda, Pak Andiazamuddin (bicara). -- Adiputra बिचर -- 28 Desember 2014 12.37 (UTC)

────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────Cihiris, Cikiray, Cepak Cengir, ini adalah sebagian contoh yang menurut saya tidak masuk dalam kategori "Kelurahan", tapi lebih tepatnya "sub-kategori" (misalnya kategori Kampung). Demikian. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 28 Desember 2014 14.43 (UTC)

Karena menggunakan {{kelurahan-stub}}, bukan {{kampung-stub}} (non-eksisten juga sih). Saya pribadi lebih cenderung menggabungkan semua kampung ini (dati V?) ke satuan terkecil yang masih layak dibahas, yaitu kelurahan/desa (dati IV), dalam hal ini Cihiris, Cikiray, Cepak Cengir menurut saya belum layak berdiri sendiri, dan sebaiknya digabungkan ke Cisarua, Nanggung, Bogor. (Selain fakta bahwa nomenklaturnya kita hanya sampai dati IV: [[<dati IV>, <dati III>, <dati II>]]). ꦱꦭꦩ꧀Bennylin negosiasi 21.02, 7 Januari 2015 (WIB)
Pak Benny dan teman-teman lain, salah satu artikel yang dipertanyakan di atas, yakni Citumbuk, telah pernah beberapa kali dihapus (arsip: ini dan ini); salah satunya karena ketika itu menyalahi format judul artikel yang menyerupai format judul (nama) kecamatan. Di samping itu, saya --salah satu pengusul penghapusan-- berpandangan bahwa artikel mengenai kampung/dusun atau unit wilayah di bawah desa umumnya, akan jadi sangat banyak jumlahnya bila diberi ruang tersendiri, sementara di pihak lain artikel desa (yang juga banyak jumlahnya) umumnya masih minim isi (bahkan, artikel Desa Cisarua, Nanggung, Bogor pun, yang melingkupi kampung-kampung yang dibahas ini, masih kosong). Karena itu lebih baik jika info kampung-kampung itu diintegrasikan ke artikel desanya. Alasan ini pernah saya sampaikan kepada Ezagren dan salah satu kontributor artikel Citumbuk, yakni sdr. Endang Sholihuddien (lihat di sini). Akan tetapi setelah dihapus untuk ke sekian kalinya awal Desember lalu, artikel ini sekarang muncul lagi, malahan disertai dengan artikel kampung-kampung yang lain di Desa Cisarua itu sebagaimana ditulis Andiazamuddin di atas. Untuk itu, saya mohon ketegasan konsensus kita bersama soal artikel kampung (dati V) ini, apakah akan terus difasilitasi sebagai artikel mandiri atau digabungkan saja ke dalam artikel desa (dati IV)? Salam, Wie146 (bicara) 13 Januari 2015 04.08 (UTC)
Saya sependapat dengan Sdr.Wie146. Menurut hemat saya, artikel kampung (kecuali untuk Provinsi Lampung) dan yang setingkat/Dati V digabung dan ditulis di artikel Daerah Tingkat IV, lihat:{{Daerah administrasi Indonesia}}. Saat ini sudah banyak desa yang mempunyai situs web resminya sendiri, dengan adanya domain xxx.desa.id. Sehingga memudahkan kita untuk mengembangkan artikel Dati IV menurut sumber tepercaya. Salam, Bozky (bicara) 13 Januari 2015 05.03 (UTC)
Sebagai tindak lanjut atas diskusi di atas, maka artikel-artikel berikut dialihkan ke Cisarua, Nanggung, Bogor:
Sementara Templat:Desa Cisarua, Templat:Parigi, dan Templat:Kampung Citumbuk dialihkan ke Templat:Nanggung, Bogor. Ke depan, kasus ini juga dapat menjadi preseden untuk artikel-artikel Dati V yang dibuat. 13 Januari 2015 09.01 (UTC)

Karena ketiga pengguna yang membuat (Endang Sholihuddien, Idham Paulo, Adjie Dafrozt, + Iis Lisnawati) tidak terlibat dalam diskusi, silakan mereka dihubungi dan dijelaskan tentang Wikipedia:Kelayakan artikel/Desa, serta diarahkan supaya bisa berkontribusi mengembangkan Cisarua, Nanggung, Bogor.

Sekalian mengundang teman-teman untuk kembali berpartisipasi mendiskusikan proposal WP:DESA di atas. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rapat 16.31, 13 Januari 2015 (WIB)

Terima kasih atas respons cepatnya, Pak Benny . Saya telah hubungi keempat pengguna termaksud di halaman pembicaraan mereka masing-masing. Salam, Wie146 (bicara) 13 Januari 2015 16.57 (UTC)

Hai[sunting | sunting sumber]

Kira-kira apa ya artikel yang cocok untuk ditulis bocah usia 9 tahun seperti saya? Thanks...

Luo Chen Li (bicara) 28 Desember 2014 04.45 (UTC)

Bukan masalah Anda umur berapa, tapi yang penting adalah sumbangan artikel Anda (apapun itu). Selama artikel itu informatif, dan memenuhi kelayakan, maka bisa dimuat di Wikipedia Bahasa Indonesia. Salam ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 28 Desember 2014 07.59 (UTC)
Coba berlatih menulis artikel biografi. Biasanya biografi orang penting sumbernya mudah ditemukan. Bisa juga artikel bertopik hobi seperti selancar angin yang belum ada di Wikipedia Hariadhi - Ngobrol 2 Januari 2015 09.56 (UTC)

Ngiklan di Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Kalau saya melihat artikel ini --> https://id.wikipedia.org/wiki/Penyelenggara_jasa_Internet Wikipedia semakin lama mirip Yellow Pages. Sudah berapa lama Wikipedia menjual diri? Kekurangan uang ya?

202.152.204.101 29 Desember 2014 01.15 (UTC)

Selesai Selesai dirapikan. -- Adiputra बिचर -- 29 Desember 2014 02.20 (UTC)

Wikipedia for All[sunting | sunting sumber]

Salam, semuanya yang ada ditempat. Saya Irfansyah , saya mengusulkan bagaimana jika kita buat Wikipedia menjadi lebih Global, Fun and Number One, dengan Wikipedia for All. Dengan fitur ini, kita membuat Wikipedia menjadi lebih Simple, bisa di akses dimanapun, kapanpun, cepat dan mudah, baik di versi Mobile maupun Dekstop. Dengan adanya fitur ini, masyarakat bisa mengupload file seperti data data biografi seseorang, film, wilayah negara/daerah dll. Seperti yang ada di wikipedia semudah membalikan telapak tangan, dengan lebih menarik. tapi, dengan mempunyai akun yang jelas, sehat dan mempunyai manfaat (tentu dengan pembuatan akun dan akan diproses dengan jangka waktu 1 hari). Nanti kita bicarakan lagi

Musaif 1 Januari 2015 11.36 (UTC)

Kp. Babakan, Des. Tarikolot, Kec. Citeureup. Bogor. 01/Januari/2015

Trims bung Irfansyah, atas masukan, dan semangatnya. Seperti yang Anda lihat, saat ini Wikipedia bahasa Indonesia sudah melakukan hal tersebut, global, fun, simpel, dan "number One" di Indonesia . Untuk lebih menghidupkan WBI ini mari berkreativitas dengan membuat artikel-artikel yang menarik. Salam untuk Anda. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 1 Januari 2015 13.04 (UTC)

Ada apa dengan Biografi?[sunting | sunting sumber]

Aneh aza pas nge-link ke Biografi. Mestinya berisi daftar/kategori biografi atau tokoh....

Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 5 Januari 2015 19.55 (UTC)

Divandal.. jika lain kali merasa suatu artikel tidak wajar isinya, buka saja bagian "Riwayat Suntingan". Di sana bisa ketahuan siapa saja yang mengacau dan versi mana yang lebih benar. Tinggal dikembalikan ke versi yang benar. Hariadhi - Ngobrol 6 Januari 2015 04.00 (UTC)

In memoriam[sunting | sunting sumber]

Sanko.jpg

Hiks... Selamat ulang tahun Pak, semoga kau tenang di sisi-Nya. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bicara 00.46, 7 Januari 2015 (WIB)

Rosen (Pinatypie).jpg Rest in peace...  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  02.22, 7 Januari 2015 (WIB)
Maaf agak telat, saya baru inget kalau Sanko itu editor terkenal di Wikimedia, dia aktif m:GLAM dan m:Public outreach, in memoriam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 10 Januari 2015 12.42 (UTC)

Diskusi Commons tentang PD-IDGov[sunting | sunting sumber]

https://commons.wikimedia.org/w/index.php?title=Commons:Village_pump&oldid=145571911#All_Indonesian_government_pictures_are_copyvio

Tunggu orang-orang Commons komentar dulu ya, lihat situasi dulu, yang lain baca-baca dan ikuti dulu aja. Kemungkinan akan aku ajukan Request for Comment. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin celoteh 06.02, 7 Januari 2015 (WIB)

Hii syereeem.... itu semua mau dihapus dari commons? #glek  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  06.49, 7 Januari 2015 (WIB)
Menurut Undang-undang Hak Cipta Indonesia terbaru :UU Nomor 28 Tahun 2014, pasal 43, penggandaan foto presiden dst... tidak termasuk kepada pelanggaran hak cipta. Boleh saya komentar di commons, Mas Benny ? Sepertinya para pengurus di commons belum diupdate mengenai undang-undang terbaru tersebut. Bozky (bicara) 7 Januari 2015 01.35 (UTC)
Boleh, mas. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin rembuk 18.23, 7 Januari 2015 (WIB)
Semuanya berawal dari disaat mas relly gak bisa memberikan bukti ke OTRS disini c:Commons:Deletion requests/File:Joko Widodo official.jpg Padahal dia pegawai negeri/official. Perlukah saya komentar disana?-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 02.10 (UTC)
Yap betul, saya pun mencoba beragumen disini : c:Commons:Deletion_requests/File:Jusuf_Kalla_official.jpg, mirip seperti dengan yang Relly lakukan. Saya mencoba dengan menganggap bahwa foto presiden adalah pengumuman, dan mencantumkan sumbernya. Namun setelah berlakunya undang-undang hak cipta terbaru tahun 2014, foto-foto tersebut dapat dipertahankan, minimal foto para presiden dan para wakil presiden RI. Bozky (bicara) 7 Januari 2015 02.24 (UTC)
Ini sih moot point/moot case, biarpun hukum memperbolehkan, website masih make copyright owned per 2010 di websitenya, commons gak berani masukan file secara terang terangan dari sumber yang menulis bahwa berkas tersebut dimiliki oleh mereka(situs tersebut) inilah kenapa Wikimedia punya m:OTRS, yah untuk membypass hal beginian, dengan memberikan keterangan langsung ke wmf via ticketing system, harusnya ntah relly atau siapapun dari pemerintah bisa berikan bukti di surel ke OTRS.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 03.45 (UTC)

Tentang UU 28/2014[sunting | sunting sumber]

Saya salin dulu UU-nya ke Wikisource. s:Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tolong dibantu menyalin bagian yang relevan dulu saja, terutama untuk menggantikan commons:Commons:Copyright_rules_by_territory#Indonesia ꦱꦭꦩ꧀Bennylin bincang 18.25, 7 Januari 2015 (WIB)

Memang harus ada sumber UU-nya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 12.06 (UTC)
Sudah saya buat tembusan, sekaligus baca ulang mana tau c:Com:fop juga bakal diganti.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 14.18 (UTC)

Tolong dong yang di Jakarta mengusahakan menghubungi

KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA
REPUBLIK INDONESIA
Jl. Veteran No. 18
Jakarta 10110
Telp:(021) 3845627

atau

KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
Jl. Merdeka Barat
Jakarta 10110
(dari indonesia.go.id)

atau

Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Informasi Publik
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
Tlp. (021) 3843858
email: ppid@setneg.go.id
Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Teknis Aplikasi Website
Asisten Deputi Dukungan Data Kebijakan dan Informatika
Tlp. (021) 3458595
(dari http://www.setneg.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=8181&Itemid=)

dan dijelaskan tentang situs-situs *.go.id apakah berkas-berkasnya boleh dimuat dengan lisensi PD-IDGov (Domain Publik, semua hak dilepaskan, vs. berhak cipta). Kalau yang dihubungi tidak paham, minta dihubungkan dengan yang mengurus masalah HAKI, dan dijelaskan atau gimana lah. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin diskusi 00.16, 8 Januari 2015 (WIB)

PS: Kalau benar mau mengubungi, jangan lupa minta foto presiden yang asli/resolusi tinggi. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin debat 00.28, 8 Januari 2015 (WIB)
Berjalan Saya akan coba kirim email kembali Mas Benny. Saya sebenarnya sudah pernah mengirimkan email beberapa bulan yang lalu, tetapi itu hanya permohonan saya untuk bisa mendapatkan foto resmi presiden yang lengkap dengan tanda-tanda kebesaran. Sampai saat ini belum dibalas. Namun saya akan berkirim email kembali, sekaligus membicarakan masalah hak cipta berdasarkan UU terbaru tersebut. Bozky (bicara) 8 Januari 2015 03.48 (UTC)

Menurut saya UU ini perlu disosialisasikan lebih lanjut, terutama di kalangan Wikipediawan. Bacaan lebih lanjut (keyword: indonesian copyright law 2014)

Perbedaan antara UU 19/2002 dan 48/2014 yang relevan dengan Wikipedia:

19/2002 Pasal 14

Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:

  1. Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
  2. Pengumuman dan/atau Perbanyakan segala sesuatu yang diumumkan dan/atau diperbanyak oleh atau atas nama Pemerintah, kecuali apabila Hak Cipta itu dinyatakan dilindungi, baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau diperbanyak; atau
  3. Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.

(yang dicetak tebal ditafsirkan di Commons termasuk situs pemerintah *.go.id yang memiliki simbol © di situsnya)

48/2014 pasal 43

Perbuatan yang tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta meliputi:

  1. Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan lambang negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
  2. Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan segala sesuatu yang dilaksanakan oleh atau atas nama pemerintah, kecuali dinyatakan dilindungi oleh peraturan perundang-undangan, pernyataan pada Ciptaan tersebut, atau ketika terhadap Ciptaan tersebut dilakukan Pengumuman, Pendistribusian, Komunikasi, dan/atau Penggandaan;
  3. pengambilan berita aktual, baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lainnya dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap; atau
  4. pembuatan dan penyebarluasan konten Hak Cipta melalui media teknologi informasi dan komunikasi yang bersifat tidak komersial dan / atau menguntungkan Pencipta atau pihak terkait, atau Pencipta tersebut menyatakan tidak keberatan atas pembuatan dan penyebarluasan tersebut.
  5. Penggandaan, Pengumuman, dan/atau Pendistribusian Potret Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden, mantan Wakil Presiden, Pahlawan Nasional, pimpinan lembaga negara, pimpinan kementerian / lembaga pemerintah non kementerian, dan/atau kepala daerah dengan memperhatikan martabat dan kewajaran sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tidak ada bedanya sih menurut saya. Walaupun ada tambahan ayat ke-5 (e) tentang potret negarawan, sehingga foto presiden bisa tetap dimuat dengan ayat tersebut. (bandingkan dengan foto negarawan Thailand, misalnya, yang berhak cipta, sehingga tidak ada satu pun foto resmi negarawan Thailand yang bisa dimuat di Commons)

TODO: perbarui Templat:PD-IDGov dan versi bahasa Inggrisnya (en:Template:PD-IDGov dan commons:Template:PD-IDGov) ꦱꦭꦩ꧀Bennylin obrol 01.15, 8 Januari 2015 (WIB)
Tunggu pengguna lain yang tinggal di Jakarta.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 21.19 (UTC)
Ah, lupa menambahkan, kalau Pengurus commons.wikimedia -revi sudah ngasih lampu hijau untuk mengganti atau membuat template per hukum yang baru.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 21.20 (UTC)
Berjalan Sudah beberapa minggu ini, sejak UU yang baru tersebut disahkan, saya mencari terjemahan resminya dalam bahasa Inggris dari sumber terpercaya belum berhasil/ketemu. Bozky (bicara) 8 Januari 2015 03.52 (UTC)
Yang di en.ws diterjemahkan sendiri oleh @Tjmoel? [1]
Sepertinya bukan Mas, perkiraan saya mereka ambil dari sini. Bozky (bicara) 9 Januari 2015 09.51 (UTC)

Fair use[sunting | sunting sumber]

Kenrick di IRC bilang sama saya Wikipedia:Penggunaan media nonbebas Juga harus diperbaharui, @Bennylin.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 18 Januari 2015 13.30 (UTC)

Wikipedia Indonesia sudah memiliki IRC yang lama defunct[sunting | sunting sumber]

Halo! Saya bersama Bennylin dan beberapa Wikimediawan sudah mengaktifkan kembali ruangan #wikipedia-idconnect. Kegunaan ruangan ini untuk berkomunikasi antar pengguna layaknya fitur obrolan di Facebook. Jika ada pertanyaan apa dan bagaimana secara lebih detail mengenai IRC, silakan diajukan . Salam! -- Bonaditya (bicara) 06.16, 7 Januari 2015 (WIB)

Bonaditya, saya lihat ada user wm-bot, kira-kira fungsinya apa ya? Juga apakah ada semacam perintah ke suatu bot untuk melakukan tugas tertentu? – komentar tanpa tanda tangan oleh ‎S Rifqi (bk) .

Vandal[sunting | sunting sumber]

Tolong diperiksa akun anon 103.19.81.76. Dia memvandal artikel Goblin (lihat) dengan nama yang tak pantas. Saya mau memberi tag "vandal" tapi tidak saya temui Halaman Pembicaraannya (pranala merah). Trus saya periksa kontribusinya, ternyata memang dia melakukan beberapa vandal lainnya. Thanks Onigiri cheerleader.gif ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 05.46 (UTC)

Halooo?? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 7 Januari 2015 17.34 (UTC)
Sudah saya berikan peringatan Pembicaraan_Pengguna:103.19.81.76, tunggu dia bertindak lagi baru berikan peringatan lainnya, atau blokir, tapi bila dia dalam masa panjang baru melakukan vandalisme lagi, blokir tidak diperlukan, balikan suntingan dia lalu berikan peringatan saja sudah cukup.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 7 Januari 2015 17.59 (UTC)

Pernyataan maaf dari Relly Komaruzaman[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan kata-kata bijak yang dibaca oleh saya di halaman pengguna Sdr. Hariadhi yang berisikan tiga kata yang selalu berhasil memperbaiki masalah di dunia yang berupa maaf, tolong, dan terima kasih. Dengan ini, saya menyatakan bahwa:

"Mohon maaf atas penganvasan yang telah diaksikan oleh saya dengan melakukan kampanye untuk memilih saya sebagai pengurus. Selain maaf, tolong dukung saya menjadi pengurus. Selain maaf dan tolong, sekaligus saya berikan ucapan terima kasih atas dukungannya nanti. Kepada Sdr. Hariadhi, saya tambahkan kata ke-4 yang berupa salam yang merupakan kata istimewa untuk Anda yang berhasil menghilangkan aksi pensiun dari saya untuk keduakalinya di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya juga tidak ada kegiatan positif dalam penggunaan Internet selain mengunduh film dan menonton YouTube. Saya kembali aktif berkontribusi lagi hingga waktunya tiba untuk pensiun secara sungguhan nantinya."

—Relly Komaruzaman

Saya akan mulai bersahabat dengan kontributor aktif lainnya dengan menggunakan akun Facebook ini untuk berkomunikasi seputar persahabatan dan masa depan.

Relly Komaruzaman | Bicara 11 Januari 2015 18.31 (UTC)

Halo mas @Relly Komaruzaman, sebelumnya saya meminta maaf jika tindakan yang saya lakukan membuat Anda sempat ingin berhenti menyunting di Wikipedia. Saya melakukan blokir tiga hari kepada Anda hanya untuk mencegah tindakan canvassing yang telah dilakukan, saya juga berharap nantinya Anda juga dapat berkontribusi dengan baik di Wikipedia bahasa Indonesia.
Karena Anda sudah membuat pernyataan permohonan maaf, maka saya akan membuka kembali halaman pemungutan suara yang sempat saya tutup. Lain kali jangan mengandalkan mengirim pesan ke banyak pengguna untuk mendapatkan suara, melainkan ikuti saja proses pemilihan ini dengan demokratis. Satu lagi, jangan memprotes pilihan mereka jika seandainya tidak sesuai dengan harapan Anda. Biarkan pengguna memilih dengan bijaksana, ini juga untuk kemajuan Wikipedia bahasa Indonesia. Salam! -- Bonaditya (bicara) 17.22, 12 Januari 2015 (WIB)

Hapus/Blokir Akun Saya Secara Permanen[sunting | sunting sumber]

Kepada pengurus WBI, tolong hapus akun/blokir akun saya ya. Sekalian halaman/berkas yang telah saya buat. Thanks Ubenuh Insor (bicara) 16 Januari 2015 18.47 (UTC)

Sejauh yang saya tahu Anda tidak melakukan aksi vandal, hanya saja beberapa artikel dan berkas yang Anda buat bermasalah. Sebaiknya tetaplah berkontribusi melalui akun Anda di WBI, walaupun beberapa artikel dan berkas yang Anda buat dihapus. Sepertinya tidak ada alasan agar akun Anda diblokir. Anbu (bicara) 16 Januari 2015 19.57 (UTC)
Pengurus tidak dapat memblokir pengguna yang tidak melakukan kesalahan dan tidak akan melakukan kesalahan di masa depan, sebaiknya anda menggunakan Wikipedia:Skrip CutiWiki atau Cuti paksa, sampai anda dingin dulu.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 16 Januari 2015 20.26 (UTC)

Agimitoeagim[sunting | sunting sumber]

Saya saat ini merasa resah dengan pengguna yang bernama Agimitoeagim (bicara) dan Agimkwekkwek (bicara). Ia telah berkali-kali mengunggah gambar (mungkin > 50x) tanpa lisensi hak cipta (karya orang lain) tapi mau menunjukkan sumbernya. Saya ini sudah dua atau tiga kali memberi peringatan tetapi ia seperti tidak mau menghiraukan peringatan tersebut bahkan saya mengancam agar memblokir pengguna tersebut. Terima kasih. Alqhaderi AliffianikoBicara 18 Januari 2015 09.06 (UTC)

@Alqhaderi Aliffianiko, sedang saya kerjakan penghapusannya, mengenai blokir, saya pikir jangan, beberapa hari ini dia tidak beraksi kembali. Salam.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.41 (UTC)

Mohon ditinjau artikel Rahmatullah dari Banjar[sunting | sunting sumber]

Mohon ditinjau artikel Rahmatullah dari Banjar, apakah gaya penulisannya memang demikian? Sebagai pembaca, saya hanya merasa janggal dengan over-tab di dalamnya. Memang tujuannya adalah menyampaikan silsilah dari generasi ke generasi, tapi apakah tak ada cara lain yang lebih baik/bagus sehingga pembaca merasa enak membaca artikel tersebut. Tapi kalau memang begitu aturan penulisannya, ya tak apa-apa. Thanks. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 13.33 (UTC)

PING! ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 21 Januari 2015 20.10 (UTC)
Bung Andi. Tentu Anda boleh mengedit artikel itu sehingga lebih enak dibaca, misalnya dengan memindahkan silsilah yang panjang itu ke dalam artikel baru dan kemudian memberinya judul yang tepat. Sementara itu, pada artikel lama yang dipangkas, Anda beri keterangan atau pranala yang jelas ke silsilah yang dipindahkan itu. Sehingga pembaca lebih dimudahkan, namun tetap punya pilihan/tidak kehilangan info jika memang memerlukannya. Salam, Wie146 (bicara) 22 Januari 2015 10.00 (UTC)

Tolong Check Lisensi Berkas Ini[sunting | sunting sumber]

Kepada Pengurus WBI, tolong Check Jenis lisensi berkas ini Berkas:Wendy Afiana Wilson.jpeg, apa benar atau salah? Sekalian Halaman Wendy Afiana yang menggunakan berkas tersebut. Thanks Ubenuh Insor (bicara) 19 Januari 2015 15.28 (UTC)

Berkas tidak berlisensi (lihat). Hanya isi ringkasan berkas saja. ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 16.27 (UTC)
Silakan masukkan {{CC-BY-SA-3.0}} pada halaman edit ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 19 Januari 2015 16.31 (UTC)

Arti warna arsiran dalam Kontribusa Pengguna[sunting | sunting sumber]

Saya memperhatikan ada beberapa warna (pink, hijau, biru, orange, dll) di Istimewa:Kontribusi pengguna. Itu maksudnya apa? Makasih ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 22 Januari 2015 23.53 (UTC)

Anda menanyakan besar bita atau mengenai revisi? karena keduanya sama sama menggunakan warna.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 00.13 (UTC)
Kalau versi revisi? ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Januari 2015 01.57 (UTC)
Pink/oranye berarti revisi tidak terperiksa, tanpa warna berarti tidak pernah diperiksa sama sekali, biru berarti revisi yang sudah terperiksa.(hanya berlaku di ruang nama artikel dan templat)-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.01 (UTC)
Untuk besar bita merah semakin tajam warnanya berarti besar bita (data konten) yang dihapus semakin besar, hijau semakin tajam warnanya berarti besar bita (data konten) yang ditambahkan atau dimasukan semakin banyak, contoh : disaat Anda menambahkan konten ke dalam artikel, semakin banyak yang Anda tambahkan akan semakin tajam warna hijaunya.-AldNonUcallin?♫☎☏♬ 23 Januari 2015 02.04 (UTC)
Trims, mas, sangat bisa difahami ---> απδι αζαmμδδιπ (bicara) 23 Januari 2015 02.08 (UTC)

@Aldnonymous & @Andiazamuddin 👍 Iwan Novirion menyukai ini.