Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Warung Kopi - diskusi lain-lain   kirim topik baru

Bagian ini digunakan untuk mendiskusikan hal-hal yang tidak tercakup dalam bagian Warung Kopi lainnya. Pastikan Anda telah membaca halaman bantuan kami.
Untuk halaman perkenalan diri, silakan kunjungi halaman perkenalan

Ingat beri tanda tangan dan tanggal pada akhir pesan Anda dengan cara mengetikkan ~~~~. Harap menambahkan topik baru hanya di bagian bawah halaman ini.
Warung Kopi
Kebijakan
Usulan
Teknis
Bahasa
Berita
Lain-lain
Facebook
Semua
Kembali ke atas
Pengguna yang berulang tahun hari ini, Kamis, 26 Maret 2015
Nuvola apps cookie.svg Selamat ulang tahun, Marfiadi!
Lihat pula tokoh yang berulang tahun hari ini
(Tambahkan tanggal lahir Anda, dan jangan lupa mengucapkan selamat {{ulang tahun}} kepada mereka)

Mohon bantuan melengkapi[sunting | sunting sumber]

Memulai

Selamat malam, Tuan-tuan. Saya terkendala oleh minimnya data beberapa artikel yang sudah saya rintis. Jika ada yang mengetahui, mohon bantuan untuk melengkapi, yaitu:

  • Ong Harry Wahyu, art director beberapa film. Belum ada keterangan tempat dan tanggal lahir
  • Petrus Kaseke, pelestari alat musik kolintang. Belum ada tanggal lahir
  • Tony Taulo, aktor film. Belum ada keterangan tanggal lahir
  • Nunus Utomo, musikus. Lahir di Semarang, tanggalnya belum ada. Meninggal di Jakarta tanggal sudah ada

Sebagai tambahan, Mas Ong itu tinggal di Nitiprayan, Yogyakarta, jadi mungkin Tuan-tuan pengguna yang ada di Yogya kemungkinan akan tahu. Pak Petrus, kalau belum berubah, tinggalnya di Salatiga. Mas Nunus terakhir tinggal di Jakarta. Atau mungkin pengguna Semarang ada yang tahu? Sedangkan Tony, sekarang bermukim di Jakarta. Demikian permohonan bantuan ini saya sampaikan. Atas kebaikan Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih. Salam

 ANDRIANA  SUKE 
23.12, 15 Februari 2015 (WIB)

Definisi[sunting | sunting sumber]

Memulai

Sebenarnya, bagaimanakah tatacara mendefinisikan suatu objek dalam bahasan? Bolehkah kita mengulang kata yang sedang didefinisikan ke dalam kalimat? Saya sendiri belum tahu. Tapi menurut saya (pribadi), kita perlu menghindari penyebutan ulang kata yang kita definisikan ke dalam kalimat definisi. Contoh: "Mol adalah tanda dalam musik yang digunakan untuk menurunkan setengah nada". Bandingkan dengan contoh ini: "Pangkalan TNI AL Tegal atau Lanal Tegal adalah Pangkalan TNI AL Kelas C di bawah Komando Pembinaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Surabaya". Dalam definisi tersebut "Pangkalan TNI AL" disebut dua kali. Jika demikian, apa gunanya definisi? Maka saya lebih cenderung memilih demikian: "Pangkalan TNI AL Tegal adalah kesatuan militer yang ditugaskan di wilayah Kabupaten Pemalang sampai Kabupaten Brebes yang berada di bawah Komando Pembinaan Lantamal V Surabaya". Tapi itu menurut saya. Kalau Tuan-tuan ingin memilih cara lain silakan.

 ANDRIANA  SUKE 
16.03, 16 Februari 2015 (WIB)

Kalimat wiki boleh sama dengan kalimat pers?[sunting | sunting sumber]

Memulai

Selamat siang, Tuan-tuan. Lagi-lagi saya yang cerewet ini ingin ngomel-ngomel. Saya berpandangan bahwa kalimat wiki semestinya tidak disamakan dengan kalimat pers. Wiki memang menjadi salah satu sumber informasi, tapi cara penulisannya tetap harus mengacu kepada gaya ensiklopedi. Saya akan memberikan contoh:

"Rhoma Irama adalah musikus, pencipta lagu, dan politikus berkebangsaan Indonesia. Suami dari Veronica, ini pada tahun 2014 bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa saat menjelang pemilihan presiden"

Rhoma Irama memang merupakan suami dari Veronica. Tapi, menurut saya, sebaiknya informasi tersebut diletakkan dalam kalimat lain, terpisah dengan kalimat yang sedang menyebutkan bahwa dia bergabung dengan PKB. Demikian ngomel-ngomel saya. Kalau bermanfaat silakan diadopsi, kalau tidak ya monggo. Terimakasih. Salam.

 ANDRIANA  SUKE 
10.58, 17 Februari 2015 (WIB)

Tergantung, tapi pada umumnya diperbolehkan.--AldNonBicara? 20 Februari 2015 07.16 (UTC)
Baiklah, Tuan jika pada umumnya diperbolehkan. Mungkin kecuali saya, tak tega kalau konten wiki ditulis dengan gaya media massa. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 11.59 (UTC)
Diperbaiki saja bagian yang menurut Anda bergaya media massa. Ingat! Wikipedia bebas disunting koq.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 20:35 wib.
Ooo tentu saja saya ingat, Tuan. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 13.47 (UTC)
Oke Dan tolong perhatikan indentasi seperti yang tertera pada Wikipedia:Halaman diskusi. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 21:39 wib.
Siap, Tuan. Tapi apakah tidak lebih baik jika indentasi itu hanya berlaku untuk pemberi komentar? Sedangkan saya sebagai penulis bagian (subjudul), tulisan saya tetap sejajar dengan margin awal saja? Untuk membedakan bahwa itu balasan kalimat dari saya. Terimakasih. Andriana Suke (bicara) 20 Februari 2015 15.01 (UTC)
Indentasi runtun biasanya digunakan untuk diskusi mengenai topik yang sama. Jika sudah berbeda topiknya, silakan dimulai dari awal indentasinya. Salam.  ‹› Iwan Novirion™ Kirim Pesan  Jumat, 20 Februari 2015 - 22:07 wib.

Bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain[sunting | sunting sumber]

Judul dikusi saya tersebut sekaligus pertanyaan yang memerlukan jawaban dari pengguna yang mengetahui, bagaimana cara minta izin karya sendiri yang dipakai orang lain? Misalnya demikian. Suatu masa, ketika saya belum menjadi pengguna wikipedia, saya punya foto yang diminta oleh teman saya untuk keperluan blognya. Saya merelakan foto tersebut, tapi dia lupa mencantumkan nama saya dalam caption. Lantas foto itu saya pakai kembali untuk dijadikan berkas di wikipedia. Padahal teman saya itu sudah lupa password untuk login ke blog, sehingga dia tidak dapat menyunting keterangan foto. Sedangkan jika dia bikin blog baru kemudian mencantumkan nama saya dalam caption, saya khawatir itu hanya dianggap akal-akalan. Pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan ketika memberi keterangan pada lisensi berkas wikipedia? Atas jawaban Tuan-tuan, saya sampaikan terimakasih.

 ANDRIANA SUKE 
28 Februari 2015, pukul 01:11 WIB
Anda bisa menyatakan bahwa karya tersebut adalah karya Anda sendiri bersumber dari Anda sendiri (untuk keperluan pengunggahan di Wikipedia). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.44 (UTC)
@Andriana08 coba lihat templat {{copyvio}} didalamnya ada alamat surel (permissions@wikimedia.org) yang bisa Anda beritahukan untuk mengarahkan si pemilik ijin karya tersebut, bila klaim yang diberikan pantas dan dia memang pemilik ijin karya tersebut maka saya sebagai anggota m:OTRS akan memperbolehkan berkas/karya tersebut dipakai untuk Wikipedia. Salam.--AldNonBicara? 12 Maret 2015 15.57 (UTC)

Main Page-nya English Wikipedia versi Mobile[sunting | sunting sumber]

Saya mau nanya, kenapa Main Page-nya English Wikipedia hanya menampilkan Today's featured article & In the news sementara Did you know..., On this day..., dan Today's featured picture-nya tidak ditampilkan ? --Erik Fastman (bicara) 28 Februari 2015 18.19 (UTC)

Karena halaman utama versi mobile bergantung dengan konfigurasi di Halaman Utama (mw:Mobile Gateway/Mobile homepage formatting), maka komunitas dapat mengatur bagian apa saja yang dimunculin di versi mobile. Untuk WBI, karena tidak ada konsensus mengenai bagian apa saja yang dimunculkan, maka saat disuruh menyetel halaman utama, saya memunculkan semua bagian (AP, PT, HIDS, TA, GP). ·· KℇℵℭK 1 Maret 2015 03.42 (UTC)

Penggunaan tanggal di Wikipedia bahasa Thai[sunting | sunting sumber]

Saya lihat di Wikipedia bahasa Thai (WBT) kok menggunakan penanggalan non-kalender Gregorian (penanggalan kalender Buddhis) pada artikel-artikelnya ya. Ini saya kasih contohnya:

dan masih banyak lagi.

Emangnya kenapa ya ? Padahal Wikipedia bahasa Arab sendiri saya lihat juga tak pakai penanggalan kalender Hijriah, begitu pula dengan Wikipedia bahasa Tionghoa yang juga tak pakai penanggalan kalender Tionghoa, alias masih menggunakan penanggalan kalender Gregorian. Apakah orang Thai lebih menggunakan penanggalan kalender lokal ketimbang penanggalan kalender Gregorian yang dipakai pada umumnya ? Apakah ada Wikipedia bahasa lainnya selain WBT yang juga menggunakan penanggalan kalender non-Gregorian ? Apakah hal tersebut diperbolehkan oleh Yayasan Wikimedia ? Kalo hal tersebut diperbolehkan, kenapa kagak sekalian aja Wikipedia bahasa Jawa pake penanggalan kalender Jawa. --Erik Fastman (bicara) 1 Maret 2015 05.25 (UTC)

Bila wikipedia lokal komunitasnya menginginkan dan menjadikannya "policy" maka tidak masalah.--AldNonBicara? 4 Maret 2015 22.55 (UTC)

Usulan pengangkatan birokrat[sunting | sunting sumber]

Halo, para wikipediawan/ti!

Mohon kiranya anda dapat memberikan suara/komentar pada usulan pengangkatan birokrat di min.wp. Terima kasih dan salam. Wagino 20100516 (bicara) 7 Maret 2015 05.33 (UTC)

Mengenai WikiHow[sunting | sunting sumber]

Halo semuanya, saya baru saja mengetahui tentang situs Wiki yang bernama WikiHow dari informasi mengenai Wikimania 2014. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:

  • Siapa sih pendiri dari WikiHow Indonesia ?
  • Siapa sih pengguna-pengguna yang biasa aktif disana ? Bot kah atau bukan ? Kok saya lihat aktif banget ya ?
  • Siapa sajakah Wikipediawan Indonesia yang ikut mengambil bagian dalam Wiki tersebut ?
  • Coba cek artikel-artikel yang ada disana, apakah artikel-artikel yang ada disana terjemahannya cocok/pas ? apakah terjemahannya terjemahan mesin atau manual ?
  • Bagaimana cara jadi pengurus disana ?

Sekian dari saya. Terima kasih --Erik Fastman (bicara) 8 Maret 2015 05.34 (UTC)

Tolong Hapus/Perbarui Lisensi Berkas Ini[sunting | sunting sumber]

Kepada pengurus WBI, tolong hapus berkas ini Berkas:Wendy Afiana Wilson.jpeg atau kalau masih bisa diperbaiki dengan memberikan lisensi yang lebih tepat, agar berkas tersebut tidak dihapus oleh pengurus WBI dikemudian hari.

Berkas tersebut sebenarnya memiliki 1 pranala di halaman Wendy Afiana , hanya saja sampai detik ini belum ada konfirmasi dari pengguna terotoritas dari halaman tersebut.

Ma'af kalau ada kata-kata yang kurang pas yang saya gunakan.

Terima kasih Ubenuh Insor (bicara) 8 Maret 2015 17.52 (UTC)

@Ubenuh Insor Selesai Selesai, berkas tidak ada lisensi, tidak ada alasan penggunaan, dan saya curiga foto tersebut hasil curian dari website lain.--AldNonBicara? 8 Maret 2015 18.00 (UTC)

Usul templat introduksi untuk halaman permohonan peninjauan artikel[sunting | sunting sumber]

Akhir-akhir ini sering ada pengguna yang secara ngawur saat menuliskan permohonan. Kadang ditulis di atas subjudul Permohonan belum diproses. Kadang ada pula ada yang menulis di tempat lain. Saya duga itu karena ketika mau mengklik mereka bingung melihat kode-kode, sementara tempat dan tombol yang disediakan untuk menuliskan permohonan malah tidak tahu. Untuk mengatasi kebingungan para pengguna itu, saya mengusulkan agar dari awal halaman sampai kalimat "Jangan menghapus permohonan yang telah ada sebelumnya" disatukan dalam sebuah templat. Jika toh pengguna mengklik Sunting sumber akan langsung dipandu melalui tulisan TULIS PERMOHONAN DI BAWAH INI. Syukur jika mengklik tombol Buat permohonan baru. Demikian usulan saya. Semoga dapat menjadi pertimbangan demi kemudahan bersama. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 13 Maret 2015 16.14 (UTC)

Sementara saya sudah bikinkan templat {{Wikipedia:Validasi_artikel/Intro}} yang saya pasang di bagian awal halaman, sehingga kalau ada pengguna baru mau menuliskan permohonan tidak kebingungan. Kepada yang berkeberatan terhadap langkah saya tersebut, boleh mengembalikan seperti semula dan menghapus templat yang saya bikin. Terimakasih. Salam. Andriana Suke (bicara) 14 Maret 2015 07.16 (UTC)

Selesai Selesai Karena sampai sekarang tak ada satu pun pengguna yang mengkritisi usulan saya ini, maka lebih baik saya tutup saja dan saya nyatakan selesai. Saya telah membuatkan templat seperti yang saya maksudkan di atas -hanya semata- untuk memudahkan. Dan terbukti, setelah saya buatkan, semua permohonan peninjauan cukup tertib, sesuai tempatnya, kecuali kadang ada yang lupa mencantumkan tanda bintang dan mencantumkan pranala. Terimakasih. Salam.

Salam Wikipedia!
 ANDRIANA  SUKE 
09.44, 19 Maret 2015 (WIB)

Mitos[sunting | sunting sumber]

Banyak tempat wisata atau perhelatan budaya yang ramai pengunjung karena mitos yang berkembang. Menghadapi artikel-artikel yang kadang mencantumkan mitos, bagaimana sikap kita? Apakah meminta rujukan atau membiarkan saja? Sedangkan di Wikipedia ini juga ada artikel berjudul Mitos Yunani. Saya minta pendapat Tuan-tuan semua. Terimakasih.

Salam Wikipedia!
 Andriana  Suke  01.23, 25 Maret 2015 (WIB) 

Perlu rujukan. Contohnya artikel Giant's Causeway, suatu lokasi di UK, hasil dari proses geologi, yang telah menjadi subjek legenda hingga akhirnya jadi tempat wisata dan situs warisan dunia. Penulisannya sudah bagus. Ada penjelasan dari sisi geologi, legenda, info wisata, ciri khas lokasi, dan keanekaragaman hayati. Semuanya didukung oleh rujukan. -- Adiputra बिचर -- 25 Maret 2015 12.26 (UTC)
Kalau keanekaragaman hayati dan geologi sih jelas ranah ilmu pengetahuan, bukan mitos. Yang saya maksudkan adalah semisal perhelatan budaya Sekaten di Yogyakarta yang pengunjungnya meyakini bahwa barangsiapa yang dapat meraih/membawa pulang buah-buahan pada gunungan Sekaten itu akan beroleh berkah. Nah, hal seperti itu kan jelas tidak mungkin dapat kita carikan rujukannya. Atau misalnya air di Sendang Nyatnyono Ungaran, Kabupaten Semarang, apabila digunakan untuk berendam, cuci muka, dan dibawa pulang akan membuat awet muda dan enteng jodoh. Dari mana kita mencari rujukannya? Demikian, terimakasih.

Salam Wikipedia!
 Andriana  Suke  20.40, 25 Maret 2015 (WIB) 

Artikel yang saya maksud bukan tentang geologi belaka, dan memiliki sisi mitos dan legenda. Yang Anda maksud mungkin artikel yang fokus membahas mitos, dan tidak berimbang. Sesungguhnya, bahkan artikel dengan mitos sebagai subjeknya, katakanlah mitologi Yunani, pun tidak membahas mitos dan legenda belaka, namun apa yang mendasari terjadinya mitos tersebut, bagaimana pandangan para ahli, bagaimana posisinya dalam kajian mitologi komparatif, dan sebagainya. Artikel tentang perhelatan yang Anda maksud, tentu bisa berada di ranah kepercayaan, dan masalah kepercayaan benar-benar subjektif. Jadi, kita masukkan pandangan-pandangan secara berimbang, agar tidak terkesan kita mendukung mitosnya, atau pun sebaliknya, meremehkan kepercayaannya. Mungkin kita dapat mengambil contoh tentang kutukan Tippecanoe. Artikelnya memberi deskripsi yang jelas. Ia tidak berusaha mengatakan mitos itu "benar" atau "salah", tapi menyampaikan bagaimana mitos tersebut, apa latar belakangnya, dan apa yang sesungguhnya terjadi. Sekali lagi, yang penting ada rujukannya. -- Adiputra बिचर -- 26 Maret 2015 06.16 (UTC)
Terimakasih atas jawaban Anda, Tuan Adiputra. Salam. - Andriana Suke (bicara) 26 Maret 2015 07.44 (UTC)

Pengunggahan multi berkas[sunting | sunting sumber]

Saya dapati di TolPed ada fitur multi unggah: http://tolololpedia.wikia.com/wiki/Istimewa:Multi_unggah (NB: Cuman bisa dilihat kalo udah log in/sign up)

Cuman entah kenapa pas sempat saya coba kok malah nggak bisa ya ? Anda-anda sekalian ada yang bisa melakukan multi unggah di TolPed nggak ? What a joke (bicara) 26 Maret 2015 01.54 (UTC)