Wikipedia:Warung Kopi (Lain-lain)/Arsip/2016

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arsip Diskusi
2004 Tahun 2016:
2005 Kebijakan
2006 Usulan
2007 Teknis
2008 Bahasa
2009 Lain-lain
2010 Semua
2011
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
2019
2020
2021
2022
2023
Diskusi Terkini




Arsip September 2016

Masalah Pemfitnahan & Pencabutan hak akses

Pengguna:Ign christian telah melakukan vandalisme disertai pelanggaran peraturan-peraturan WP:3RR (membatalkan revisi-revisi yang memperbaiki kualitas artikel) juga berulang kali menyulut perang suntingan serta secara sembarangan melecehkan Wikipediawan lain bahkan menimbulkan fitnah.

  1. Ign christian mempermalukan saya di muka publik melalui perkara fitnah dan tuntutan blokir di Warung Kopi.
  2. Ign christian berupaya menghambat kontribusi-kontribusi secara tidak teliti juga tanpa didasari alasan yang kuat. (artikel masih mentah, masalah paganisme, pembatalan revisi secara terburu-buru).
  3. Ign christian mempergunakan hak akses pembalik revisi secara ngawur hingga seenaknya menuduh kontribusi membangun sebagai suntingan spekulatif.
  4. Ign christian tidak menjunjung prinsip etika terhadap topik kontroversial.
  5. Ign christian sering menghakimi secara sepihak melalui pernyataan yang menyerang kontribusi Wikipediawan lain. ([1] [2] [3] [4] [5])
  6. Ign christian terlalu egois menindak permasalahan melalui tuntutan blokir dan "sering menggigit" Wikipediawan lain.
  7. Ign christian tidak menerapkan prinsip asumsikan niat baik, sebab terbukti tidak memajukan kualitas artikel bahkan seenaknya merusak dan menghambat karya orang lain.
  8. Ign christian tetap melakukan penghinaan agresif secara berulang meski telah diperingatkan. (Pembicaraan_Pengguna:MusenInvincible#Suntingan_spekulatif Pembicaraan_Pengguna:MusenInvincible#Arianisme Wikipedia:Warung_Kopi_(Lain-lain)#Pencabutan_status_pengguna_pemeriksa_otomatis)
  9. Ign christian hanya cenderung sembarangan dalam mengomentari maupun membatalkan revisi Wikipediawan lain daripada melakukan perbaikan artikel secara teliti dan konstruktif.
  10. Ign christian tidak pantas mempergunakan hak akses sampai selamanya sebab terbukti telah melecehkan, memvandal, melaporkan bahkan berlaku sembarangan menuntut blokir terhadap akun Wikipediawan lain.

Dengan demikian, Pengguna:Ign christian tidak layak mengemban status editor ataupun rollbacker dan Ign christian lebih baik diblokir selamanya agar mencegah masalah serupa terulang di kemudian hari.

Selain itu, saya juga mempertanyakan kepantasan hak akses pengurus yang telah disalahgunakan oleh Pengguna:Erik Fastman sewaktu menindak akun saya lantaran alasan tak masuk akal yang dibesar-besarkan sehingga seorang pengurus WBI seolah sengaja melanggar sikap kenetralan dan tidak mengerti kebijakan yang berlaku.
"Wajarkah lantaran "menghilangkan beberapa tag bermasalah" lalu seorang Pengurus memblokir akun Wikipediawan selama sebulan?"
Erik Fastman juga cenderung memihak Pengguna:Ign christian ketika menengahi masalah; sebab Erik tidak mematuhi prosedur meninggalkan pesan yang jelas ataupun memberi kesempatan secara semestinya kepada saya untuk membela diri sebelum blokir dilakukan.

Saya percaya terdapat banyak Wikipediawan lain yang menjunjung prinsip berasumsi secara baik serta memberi kontribusi secara koorperatif untuk mengganti "kontributor-kontributor perusak" yang menghambat karya orang lain secara vandal. Hal ini sebagai pelajaran agar tidak ada lagi Wikipediawan dengan hak akses tertentu yang dibiarkan memfitnah ataupun "bertindak keterlaluan" menyerang Wikipediawan lain. Demi kebaikan bersama, Pengguna:Ign christian harus diblokir untuk selamanya agar sikap pelecehan secara pribadi beserta "dampak kekacauan vandalisme" tidak terulang kembali.

Salam. - MusenInvincible (bicara) 9 September 2016 23.57 (UTC)[balas]

Sebelumnya saya ingin mengingatkan Anda untuk tidak "melakukan pengerusakan" halaman pengguna, gunakan etika ketika berhadapan dengan pengguna lain meskipun sedang ada permasalahan. Dalam kasus ini saya tidak mau terburu-buru mengambil keputusan, mengingat kedua belah pihak memiliki argumen yang saya rasa sama-sama kuat. Jadi, saya harapkan Ign christian dan MusenInvincible untuk menyelesaikan masalah di sini terlebih dahulu. Selain itu, saya mohon keterangan dari Erik Fastman untuk menjelaskan apa yang telah terjadi.
Kali ini saya mengundang seluruh pengguna Wikipedia untuk memberikan komentar maupun masukan terhadap kasus ini. Ingatlah, diskusi dengan baik dan perhatikanlah etikawiki. Salam. — Bonaditya (bicara) 10 September 2016 00.27 (UTC)[balas]
Menurut saya, sebaiknya suntingan yang sifatnya kontroversial sangat perlu disertai rujukan/sumber yang kuat sehingga lebih objektif. Dan saya hanya mengingatkan kepada MusenInvincible agar artikel yang sudah menjadi artikel pilihan jangan terlalu banyak diubah isinya. --Anbu (bicara) 10 September 2016 01.19 (UTC)[balas]

Mohon ingat bahwa:

  1. Pemblokiran adalah tindakan preventif untuk mencegah vandalisme, bukan hukuman karena pernah bertindak salah.
  2. Pengurus juga dapat lalai dalam melaksanakan tugasnya, jadi mohon diberitahu jika salah, sehingga dapat mengurusi dengan lebih baik lagi.
  3. Dalam hal beda pendapat, mohon didiskusikan bersama di halaman pembicaraan artikel yang bersangkutan dengan memberikan sumber-sumber yang tepercaya.

Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 September 2016 02.46 (UTC)[balas]

Saya tidak ingin memberi komentar spesifik pada satu per satu kasus, tetapi secara umum saya mencatat ada beberapa hal yang perlu kita ingat, bahwa: (1) Jika ada dua (atau lebih) pandangan bahkan yang kontradiktif sekalipun, maka ditulis keduanya dalam satu artikel yang sama (atau dapat dipecah menjadi beberapa artikel jika memenuhi kelayakan) -- jangan memaksakan satu konteks untuk satu topik;

(2) Gunakan referensi secara tepat dan jelas, bila perlu dengan kutipan langsung dari literatur yang digunakan serta hindari penggunaan sumber yang tak pasti (pengguna menyimpulkan, bukan mencatat kesimpulan pihak ketiga) yang menjadi ajang riset tanpa metode ilmiah; (3) Etika tetap harus dipergunakan dalam menangani setiap perbedaan pendapat ataupun masalah lainnya. Silakan melakukan instropeksi atas tindakan masing-masing (Erik, Musen, Ign). Dari pengamatan saya, semua melakukan tindakan-tindakan yang tidak diperlukan dan perlu melakukan perbaikan agar tidak terulang ke depannnya. Selebihnya sependapat dengan Kenrick seperti di atas. Salam. Albertus Aditya (bicara) 10 September 2016 02.54 (UTC)[balas]

Dalam kesempatan ini saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada semua pihak yang merasa dirugikan, khususnya MusenInvincible, karena saya kerap melakukan pembatalan atau pembalikan suntingan secara emosionil. Saya mengakui kesalahan yang saya buat itu dan belajar untuk tidak menyunting dengan cara demikian, sambil mengharapkan agar suntingan-suntingan yang berpotensi mendiskreditkan pihak tertentu seharusnya tercantum secara eksplisit dalam sumber sekunder layak yang disertakan. Atas tindakan-tindakan penyalahgunaan wewenang yang telah saya lakukan, saya siap diberi sanksi oleh pengurus sesuai aturan yang berlaku. Mengenai hal-hal lainnya, saya serahkan kepada penilaian komunitas. Ign christian (bicara) 11 September 2016 10.09 (UTC)[balas]
Saya harap Ign christian diblokir selamanya sebab mencemarkan nama baik & melakukan tindakan kriminal berupa fitnah dan pencemaran nama baik. Oleh sebab itu, blokir selamanya adalah solusi terbaik. Kalaupun tidak diblokir maka saya mengharap hak akses Ign christian dicabut sehingga tak bisa mempergunakan hak akses sebagai editor atau rollbacker.

MOHON PENGURUS SEGERA MELAKUKAN PEMBLOKIRAN SELAMANYA. KALAUPUN ADA WIKIPEDIAWAN YANG BERANI UNTUK MELAWAN; MAKA ANDA SEMUA YANG AKAN MENANGGUNG RESIKONYA !

Salam - MusenInvincible (bicara) 17 September 2016 05.42 (UTC)[balas]

Saya sepakat untuk mencabut hak rollbacker ybs. tetapi sama sekali tidak menemukan alasan pemblokiran (untuk saat ini). Saya juga mengharapkan agar Musen tetap tenang dan berkata-kata secara etis. Albertus Aditya (bicara) 17 September 2016 06.46 (UTC)[balas]
Berdasarkan tindakan MusenInvincible berupa ini; ini; dan ini, maka MusenInvincible diblokir selama 2 minggu. Jika ada pendapat dari pengguna lain, mohon untuk disampaikan. — Bonaditya (bicara) 17 September 2016 15.56 (UTC)[balas]
Saya hanya ingin Wikipedia bahasa Indonesia menjadi Wikipedia yang dikelola secara baik serta bebas dari editor yang cenderung memaksakan kehendaknya sendiri. Oleh sebab itu, Ign christian 100 % harus diblokir sebagai "solusi terakhir," karena Ign christian terbukti bersalah sewaktu melakukan pemfitnahan maupun tindakan kriminal lain, sehingga Ign christian semestinya mengetahui etika di Wikipedia bahasa Indonesia. Saya juga menuntut pengguna Bonaditya supaya bertanggung jawab akibat membela orang bersalah sehingga menyadari kesalahannya sendiri dibanding melakukan pemblokiran akun MusenInvincible secara sepihak.
Saya juga mengharap ada Pengurus Wikipedia bahasa Indonesia yang secepatnya membatalkan blokir akun saya.
Salam. — MusenInvincible (bicara) 18 September 2016 13.45‎ (UTC)[balas]
Untuk diketahui, bahwa Ign christian sudah meminta maaf secara terbuka melalui halaman ini dan hal tersebut yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak melakukan tindakan pemblokiran terhadap pengguna tersebut. Meskipun demikian, Ign christian akan dipantau kontribusinya dan untuk tindakan selanjutnya akan didiskusikan lebih jauh dengan pengurus lainnya.
Saya tahu bahwa Anda dengan Ign christian sedang ada masalah, namun tidak berarti Anda harus "beringas" ketika pihak lain sedang memanas. Jangan lakukan serangan pribadi kepada pengguna lain, walaupun sepanas apapun kondisinya. Saya secara pribadi menilai kedua belah pihak sama-sama melanggar hal ini, namun karena salah satu pihak sudah minta maaf (seperti yang telah saya sebutkan di atas) maka saya tidak akan terlalu mengambil tindakan untuk yang satu pihak ini. Mohon bantuannya untuk pengurus maupun pengguna lain yang ingin berpendapat atau memberikan saran. Salam. — Bonaditya (bicara) 19 September 2016 01.58 (UTC)[balas]

Infobox Actor Awards Tidak Muncul di Wikipedia Bahasa Indonesia

Halo semua, saya ingin menanyakan tentang templat infobox actor awards seperti di Daftar nominasi dan penghargaan yang diterima oleh Lonceng Cinta yang tidak bisa muncul di wikipedia bahasa Indonesia, saya mengambil dari wikipedia bahasa Inggris. Yang saya herankan kenapa infobox K-pop artis awards bisa muncul di wikipedia bahasa Indonesia seperti di artikel Daftar penghargaan dan nominasi yang diterima oleh Super Junior Puchicatos (bicara) 18 September 2016 00.46 (UTC)[balas]

Hal itu terjadi karena templat en:Template:Infobox actor awards belum dibuat di WBI. Jadi templat-templat yang ada di Wikipedia bahasa Inggris harus dibuat dan diterjemahkan lebih dulu agar bisa muncul di artikel, templat anda yg anda sebutkan telah saya terjemahkan (Templat:Infobox penghargaan aktor), anda juga bisa ikut membatu membuat templat atau menterjemahkanya apabila menemui hal serupa, terima kasih.

--Hidayatsrf (bicara) 21 September 2016 06.21 (UTC)[balas]

Arsip Agustus 2016

Pencabutan status pengguna pemeriksa otomatis

Mohon maaf jika salah halaman, karena saya tidak paham harus menuliskan hal ini di mana. Saya ingin mengusulkan kepada pengurus agar dapat mencabut status pemeriksa otomatis atas Pengguna:MusenInvincible karena:

  1. Berulang kali melakukan pelanggaran kebijakan-kebijakan Wikipedia seperti yang terdapat di halaman pembicaraannya dan suntingan-suntingan tidak netral dengan basis riset asli tanpa penjelasan memadai ataupun semestinya pada ringkasan suntingan (beberapa contoh terakhir: [6], [7], [8]).
  2. Tidak ada alasan ataupun dokumentasi perihal pemberian status pemeriksa otomatis kepadanya.

Terima kasih, Ign christian (bicara) 29 Juli 2016 02.36 (UTC) (dipindahkan dari Wikipedia:Warung Kopi (Kebijakan)#Pencabutan status pengguna pemeriksa otomatis. — Bonaditya (bicara) 29 Juli 2016 03.17 (UTC))[balas]

Saya sudah melihat beberapa suntingan yang dilakukan oleh pengguna tersebut berdasarkan data yang telah Anda berikan, beberapa di antaranya saya rasa sudah menyebutkan sumber yang sesuai. Mungkin MusenInvincible bisa memberikan keterangan mengenai hal ini? — Bonaditya (bicara) 29 Juli 2016 03.27 (UTC)[balas]
Terima kasih atas tanggapannya. Saya coba merinci penjelasan saya sebelumnya:
  1. Mengenai suntingan pada Konstantinus Agung: yang digunakan hanya sumber primer dari Eusebius (Vita Constantini 4.62.4.); pembaptisan tersebut hanya bersumber dari tulisan Eusebius (lih. en:Constantine the Great#Sickness and death) dan terdapat kontroversi (lih. en:Constantine the Great#Donation of Constantine ) sehingga menyalahi WP:NETRAL dengan pernyataan dalam suntingan tersebut; sumber yang diberikan tidak memberikan informasi bahwa ia "berperan krusial dalam penentuan prinsip keimanan Kekristenan" (lih. dokumen tersebut dalam terjemahan Inggris) sehingga menyalahi WP:SINT atau dapat juga dikatakan memberi informasi palsu.
  2. Mengenai suntingan pada Konsili Nicea I: suntingan yang tidak perlu dengan ringkasan seperti propaganda: "Arius is the Yesus' disciple, Yesus is the Mosheh's disciple, Mosheh is the Monotheism".
  3. Mengenai suntingan pada The Da Vinci Code (film): suntingan yang tidak perlu dengan pernyataan "... peran Kaisar Konstantin I pada dogma dasar keimanan Kristen, penentangan tentang keilahian Yesus Kristus ..." yang lagi-lagi mengaitkan Konstaninus dengan Kredo Nicea tanpa rujukan semestinya.
  4. Tambahan: saya menemukan pola bahwa pengguna tersebut berusaha keras mengaitkan Konstantinus Agung (atau Konstantin, Konstantin I) dengan terbentuknya Kredo Nicea/Nicaea. Bukti tambahan yang mendukung kesimpulan saya adalah suntingan yang dilakukannya beberapa waktu lalu, dan sudah saya singgung di halaman pembicaraannya, pada halaman Arianisme: wikifikasi kata "politik" ke artikel Pengakuan Iman Nicea (Kredo Nicea/Nicaea) menurut saya adalah suntingan yang tidak pantas. Tidak semestinya sesuatu yang kontroversial diwikifikasi ke suatu artikel untuk menguatkan pandangan tertentu, sementara di artikel-artikel terkait tidak memuat penjelasan mengenai kontroversi itu.
Demikian penjelasannya, semoga membantu. Terima kasih, Ign christian (bicara) 29 Juli 2016 04.47 (UTC)[balas]


Saya hanya hendak menyampaikan hal-hal yang saya ketahui, sekiranya dapat menambah pemahaman ataupun ilmu yang memang memiliki dasar. Saya pun menyadari tentang objektivitas topik berdasar fakta-fakta yang saya ketahui, walau terdapat sebagian yang kontroversial.

Subjektivitas

Sekiranya anda menuduh tentang adanya isi informasi palsu dalam buku, maka mengapa anda tidak bertanya langsung kepada sang penulis buku itu sendiri. Sekiranya hanya pendapat anda bahwa buku itu adalah kepalsuan; secara tidak langsung anda telah menuduh sang penulis berbuat dusta, padahal buku "Vita Constantini" karya Eusibius adalah sebuah karya tulis melalui pikiran dan penelitian manusia yang belum tentu menjamin kebenaran.

Sebagai contoh umum, kalau ada orang yang mencantumkan referensi pro-evolusi melalui buku "On the Origin of Species by Means of Natural Selection, or the Preservation of Favoured Races in the Struggle for Life" karya Charles Darwin, sebuah buku kontroversial yang membelah kubu pro Evolusi maupun kontra Evolusi, lalu apakah anda menyalahkan orang yang mencantumkan referensi ataukah anda menyalahkan bahwa Charles memberi informasi "palsu" lantaran hal tersebut "tidak benar" bagi anda, walaupun bagi orang lain bisa menjadi "fakta" apabila terdapat bukti-bukti yang memberi informasi bahwa hal tersebut adalah kebenaran bagi mereka sendiri. Lagipula terdapat banyak buku tentang berbagai topik kontroversial baik pada kubu kontra maupun pro.

  • Walau berperan krusial dalam penentuan prinsip keimanan Kekristenan, Konstantinus dibesarkan sebagai seorang penganut paganisme Romawi dan baru dibaptis sewaktu ajal mendekat.[1]
    Konfirmasi: keterangan yang berdasar referensi Vita Constantini karya Eusebius adalah "Konstantin baru dibaptis sewaktu ajal mendekat di Sungai Yordan."
  • Keterangan lain: Constantine was baptized by Eusebius of Nicomedia, bishop of the city where he lay dying.[2]

Sekiranya Konstantin tidak berperan krusial lalu siapakah "pihak" yang berperan penting mengadakan dan memimpin konsensus tentang "Pengakuan" Iman? apakah Arianisme? di artikel sendiri telah tertulis "bahwa Konsili Nicea I diadakan oleh (convoked by) Kaisar Konstantinus I dipimpin oleh (presided by) Hosius dari Corduba dan Kaisar Konstantinus I."

Subjektivitas NPOV by Jimmy Wales

Anda menulis "suntingan yang tidak perlu dengan ringkasan seperti propaganda" (ringkasan "yang tidak perlu" atau ringkasan "yang seperti propaganda" adalah menurut pandangan anda)

Opini? Arius berdasar pada Tuhan Yang Tunggal sebagaimana dinyatakan Yesus di beberapa kitab Injil, cek artikel Arianisme atau perbandingan berikut.[3]

Sekiranya ada kerancuan tentang topik kontroversial, anda dapat menghapusnya atau anda memberi keterangan tambahan disertai referensi, semisal: "Walaupun demikian, terdapat argumen dari ..... bahwa...", "Akan tetapi, pendapat ini merupakan.... menurut...." yang menyatakan bahwa keterangan tersebut kurang valid atau perlu perbaikan.

Rujukan

Sepengetahuan saya, film The Da Vinci Code justru mendapat reaksi keras di berbagai negara akibat hal-hal demikian, silakan cek di en.wiki; Sementara itu "peran Kaisar Konstantin I pada dogma dasar keimanan Kristen, penentangan tentang keilahian Yesus Kristus" memang ada dalam adegan ketika Sir Leigh berdebat dengan Robert.

"Kaitan Konstantin & Kredo Nicea I tanpa rujukan?" (lalu siapa yang berperan untuk mengadakan maupun memimpin Permusyawaratan Kredo Nicea yang masih diimani sampai saat ini?)

  • Politik, tidak pantas?

Kaisar = Pemimpin politik

Romawi = Wilayah politik

Kredo = Hasil perundingan, kesepakatan atau konsensus politik antara penguasa dengan oknum-oknum, (Kekaisaran Romawi & Trinitarianisme)

Ada pengusulan maupun persetujuan = Perumusan Undang-Undang yang diusulkan anggota legislatif lalu disahkan oleh lembaga eksekutif.

Religious policy (Kebijakan keagamaan) Constantine was the first "emperor" (kaisar, politisi) to stop Christian persecutions and "to legalise" (mengakui, menyetujui) Christianity along with all other religions and cults "in the Roman Empire." {then worldwide}

Apakah sebuah konsensus menjadi sah diberlakukan tanpa seizin pejabat yang berwenang? atau legal-kah Undang-Undang tanpa persetujuan dari politik yang berkuasa di sebuah wilayah? sekiranya Undang-Undang yang sah diberlakukan di "masyarakat" harus melalui persetujuan oknum "pemimpin masyarakat" lalu apakah Undang-Undang "Keilahian" hasil rancangan manusia dapat dianggap sah hanya melalui kuasa "kekaisaran manusia" tanpa keterlibatan "Pemimpin Ilahi."

"Kredo" diperlukan Gereja sesuai latar belakang Kredo itu sendiri "pernyataan atau pengakuan rangkuman mengenai suatu kepercayaan;"
"Gereja mendapat tugas dari Kristus untuk mengabarkan ajaran Kristus kepada seluruh makhluk (Markus 16 : 15), karena itu maka "Gereja merasa perlu" untuk memiliki suatu rumusan singkat yang merangkum seluruh ajaran Kristus agar bisa diungkapkan dan diingat semua orang."

Konflik antara Arianisme dan keyakinan Trinitarian adalah konfrontasi doktriner besar pertama dalam Gereja setelah agama Kristen dilegalisasikan oleh Kaisar Romawi Konstantin I. Terdapat pula pernyataan : "Konsili Nicea signifikan secara historis karena konsili ini adalah upaya pertama untuk mencapai konsensus dalam Gereja melalui suatu permusyawaratan yang mewakili keseluruhan umat Kristiani."

Singkatnya, apakah Kredo ini menurut pada iman kepada "Pemimpin Ilahi" atau iman kepada hasil permusyawaratan "Politik Pemimpin Kekaisaran" ?

Sekiranya Allah yang berwenang di langit dan bumi memberi kewenangan untuk seorang manusia yakni Yesus, supaya turut mengesahkan Undang-Undang Keilahian ini, tentu Hukum tersebut lebih mengikat dan valid di seluruh bumi maupun langit,[4] namun bagaimana pendapat anda tentang seorang manusia, Konstantin I, yang hanya berwenang di sebuah kekaisaran, (semula tidak menganut Kristen) dapat mengesahkan "Undang-Undang Keilahian" lalu dijadikan Hukum Ilahi bagi umat Kristiani di seluruh dunia?

Konfirmasi

Bukankah saya sudah mengonfirmasi bahwa pada 313 M diadakan Edik Milano (keputusan politis tentang kebebasan beragama dan beribadah) untuk melegalkan sebuah agama di Romawi yang kemudian menimbulkan konflik antara Arianisme dan keyakinan Trinitarianisme sehingga harus diselesaikan pada 325 M melalui konsili untuk mendapat "konsensus" bahwa "para peserta menyepakati" Kredo Nicea serta menganggap Arianisme sebagai Bidah Kristen.

Pemikiran Arius mengenai keilahian Kristus kemudian ditolak dalam Konsili Nicea dan ia dikucilkan dari gereja.[5]

Terdapat banyak kesalahan (miskonsepsi) yang harus "dibenarkan" namun semua ini kembali pada pribadi masing-masing untuk menerima atau mengimani hal tersebut. Kalaupun menurut anda salah, bagi saya bukankah siapapun bisa berbuat kesalahan? namun hal terbaik yang dapat dilakukan adalah belajar dari kesalahan lalu melakukan hal yang benar serta tidak mengulangi kesalahan serupa di kemudian hari supaya masa depan menjadi lebih baik. - MusenInvincible (bicara) 29 Juli 2016 11.40 (UTC)[balas]

Referensi

  1. ^ Eusebius, Vita Constantini 4.62.4.
  2. ^ Pohlsander, Hans. The Emperor Constantine. London & New York: Routledge, 2004a. Hardcover ISBN 0-415-31937-4 Paperback ISBN 0-415-31938-2, 75–76; Lenski, Noel, ed. The Cambridge Companion to the Age of Constantine. New York: Cambridge University Press, 2006. Hardcover ISBN 0-521-81838-9 Paperback ISBN 0-521-52157-2, "Reign of Constantine" (CC), 82.
  3. ^ Injil Markus 12 : 24-32, Injil Yohanes 5 : 45-47
  4. ^ Injil Matius 22 : 31-38, Injil Matius 5 : 18-19
  5. ^ (Inggris) Diarmaid MacCulloch. 2009. A History of Christianity: The First Three Thousand Years. London: Penguin Books. hlm. 211-22.
Mohon maaf jika saya tidak mengerti dengan argumen-argumen yang Anda berikan, tampaknya tidak menjawab permasalahan. Saya tidak membahas mengenai tulisan tersebut salah atau benar, karena itu di luar ruang lingkup Wikipedia. Yang saya singgung adalah Anda menyimpulkan sesuatu yang tidak tercantum secara eksplisit dalam rujukan, perlu dipahami terlebih dahulu pedoman-pedoman yang saya cantumkan terdahulu. Saya mengerti bahwa WBI tidak menerapkan peraturan-peraturan dengan ketat seperti en.wiki, untuk itu lebih baik diskusi kita akhiri di sini supay tidak melebar lebih jauh ke hal-hal di luar ruang lingkup Wikipedia. Namun, saya bertanya-tanya mengapa pengguna seperti Anda hanya 'berani' melakukan suntingan seperti demikian di WBI? Tidak melakukannya di en.wiki? Terima kasih, Ign christian (bicara) 30 Juli 2016 02.41 (UTC)[balas]
@Ign christian: Apakah anda menganggap salah jika MusenInvincible lebih memilih aktif WBI dibanding en.wiki; ataukah anda juga menganggap salah terhadap para Wikipediawan lain yang hanya memilih aktif di sebuah Wikipedia bahasa tertentu ? Ataukah Wikipedia merupakan "ensiklopedia bebas" yang "membatasi kebebasan" pihak Wikipediawan lain untuk aktif di sebuah Wikipedia bahasa tertentu ? Bukankah setiap Wikipediawan berhak memilih hal yang sesuai bagi masing-masing ? Apakah anda hendak memberi saran ataukah anda merasa "berhak menuntut Wikipediawan lain" ? Adakah "keharusan" bagi pihak terkait supaya menuruti anda ? Kalaupun pihak terkait secara pribadi menolak hal tersebut, apakah kesalahan pihak terkait terhadap anda ? sekiranya hal semacam ini bukan hal yang penting untuk diri anda, apakah tampak beretika dan santun bagi seorang Wikipediawan mengomentari urusan orang lain ? - MusenInvincible (bicara) 13 Agustus 2016 11.36‎ (UTC)[balas]

Pengalaman di Wikimania 2016

Halo, saya ingin berbagi pengalaman perjalanan yang saya dapati dari Wikimania 2016. Silakan dibaca Pengguna:Kenrick95/Wikimania 2016 dan silakan berikan komentar Anda. Salam. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 5 Agustus 2016 13.58 (UTC)[balas]

widih keren nih kayaknya, meluncur ke TKP deh :D Alfan.nusantara 5 Agustus 2016 18.22 (UTC)

Pelanggaran-pelanggaran peraturan

Pengguna:MusenInvincible melakukan pelanggaran peraturan-peraturan WP:3RR dan penghapusan tag pada beberapa artikel seperti: [9], [10], [11], [12], selain WP:NETRAL dan WP:RISET. Semoga pengurus dapat mengambil tindakan. Terima kasih, Ign christian (bicara) 8 Agustus 2016 09.42 (UTC)[balas]

 Selesai --Erik Fastman (bicara) 8 Agustus 2016 09.57 (UTC)[balas]


@Ign christian: dan @Erik Fastman: dimohon mendahulukan rasionalitas dan memberi penjelasan atas penindakan berlebihan terhadap akun saya. Selain itu, Saya juga mempertanyakan sikap Ign christian sebagai seorang pengembali revisi yang tidak menjalankan aturan Etikawiki maupun aturan pengembalian revisi secara benar.

Saya mempertanyakan tindakan pengurus yang telah memblokir akun saya dengan alasan "menghilangkan tag"? Wajarkah seorang kontributor diblokir selama satu bulan lantaran "menghilangkan beberapa tag bermasalah." Sebagai konfirmasi, saya menghapus beberapa tag di artikel ini, karena beberapa tag itu tidak ditempatkan secara sesuai di artikel. Wajarkah ada tag "ref improve" {yang umumnya untuk artikel tanpa referensi atau artikel membutuhkan sumber yang tepercaya} ketika telah terdapat puluhan sumber sekunder ditambah berbagai keterangan sumber primer dari ayat-ayat kitab suci, dan sewaktu saya "menghapus tag-tag yang bermasalah di beberapa artikel" apakah saya dituduh telah berbuat kerusakan pada kualitas artikel sehingga akun saya harus diblokir.

Bukankah saya yang telah berusaha menambah sumber-sumber lain untuk memperbaiki kualitas artikel, tetapi berbagai kontribusi itu justru tiga kali dibatalkan secara vandal oleh Ign christian. [Silakan cek halaman Wikipedia:Vandalisme. {Penggunaan tag sengketa tak pada tempatnya: Tag sengketa adalah cara untuk menunjukkan pada para pengguna bahwa ada masalah dengan suatu artikel. Jangan menghapus tag ini kecuali Anda yakin bahwa permasalahan telah diselesaikan. Jangan pula meletakkan tag sengketa secara sembarangan jika sebenarnya tak ada masalah, dan alasan pemasangan tag adalah karena suatu suntingan tertentu gagal menemukan konsensus. Sebaiknya, gunakan petunjuk penyelesaian sengketa dan "terimalah bahwa beberapa perubahan memang tidak bisa mencapai konsensus."]

Konfirmasi terhadap ringkasan suntingan Ign:

  • Anti-Tritunggal = rv, dimohon dengan hormat untuk tidak menghapus tag2 (Wajarkah ada tag ref improve? sewaktu terdapat puluhan sumber sekunder ditambah sumber-sumber ayat Alkitab. Wajarkah ada tag riset asli? sewaktu saya berusaha mencantumkan pranala terkait disertai referensi, namun tetap berkeras dibatalkan oleh Ign christian)
  • Kayu = rv, riset asli (saya telah mencantumkan beberapa sumber namun tetap berusaha dibatalkan oleh Ign)
  • Abodah Zarah = saya akan tetap terus mengembalikan suntingan semacam ini, kecuali memenuhi kriteria netralitas (seakan ign merupakan pemilik artikel bahkan menuduh saya tidak netral, namun cobalah cek versi en.wp atau anda membaca artikel serupa di situs lain; ataupun cobalah membaca artikel yang secara eksplisit cenderung memihak kontra atau pro; lalu haruskah isi artikel semacam ini dipaksakan menjadi 100% netral sementara isi artikel secara eksplisit memiliki kecenderungan memihak kepada kubu tertentu; tentulah permasalahan yang muncul adalah sebatas pandangan subjektif bagi sebagian pihak. Sekalipun tampak subjektif, bukankah isi artikel masih dapat diubahsesuaikan ataupun disanggah, daripada membatalkan revisi dari Wikipediawan lain.)

Konfirmasi perbaikan suntingan

  • Sementara itu; perhatikan keterangan di artikel Tritunggal : "Tidak ada pemeluk Kristen yang menolak konsep Tritunggal, tetapi ada sebagian yang menganggap hal itu tidak begitu penting untuk dijadikan sebuah doktrin.) keterangan yang tampak subjektif dan rancu (Tidak ada.....tetapi ada sebagian....) lalu wajarkah perbaikan kalimat justru tetap dibatalkan oleh pengembali revisi.

Saya pun telah menjawab beberapa tuntutan dari Ign christian di ringkasan suntingan; namun Ign seakan tidak mendahulukan common sense dan tetap berkeras membatalkan revisi-revisi saya.

Catatan: "Pengembali revisi tidak dapat memilih revisi yang akan dikembalikan. Versi yang dipulihkan/dikembalikan adalah versi yang tidak dibuat oleh penyunting revisi terakhir. Versi ini juga mungkin bermasalah, jadi harus berhati-hati dan memeriksanya dengan teliti."
"Untuk B, jangan memblokir tanpa kesempatan membela diri, baik penyunting baru (jangan digigit), maupun penyunting lama (asumsikan niat baik)."


Mohon cek WP:3RR : "Tidak boleh mengembalikan suatu halaman baik secara keseluruhan maupun sebagian lebih dari tiga kali. Pelanggar dari kebijakan ini bisa dikenakan pemblokiran oleh pengurus."

Dalam hal ini, justru Ign yang telah melanggar peraturan WP:3RR, sebab merupakan suntingan-suntingan saya yang tiga kali dibatalkan lalu menyulut perang suntingan akibat Ign cenderung tidak berhati-hati dan tidak dengan teliti memeriksa revisi-revisi terkait. Selain itu, Pengurus Erik Fastman memblokir akun saya tanpa ada kesempatan membela diri. Terlebih lagi mengapakah akun Ign christian yang melanggar aturan justru tidak diblokir, melainkan akun saya. Sekalipun harus mendapat blokir, bukankah untuk pembalikan revisi harus lebih dari tiga kali dalam kurun waktu 24 jam. Sedangkan saya hanya mendapati tiga kali pengembalian dalam artikel-artikel terkait. Bukankah sebaiknya mempertimbangkan untuk secara kooperatif untuk menyempurnakan artikel daripada menentang atau menghilangkan hasil karya orang lain."

Coba pertimbangkan pula pesan ini {Kesempurnaan tidak selamanya dapat dicapai; penyuntingan mungkin membawa artikel lebih dekat ke kesempurnaan, tetapi sebenarnya, kesempurnaan mempunyai arti yang berbeda kepada setiap Wikiwan/Wikiwati. Kesempurnaan mungkin tidak dapat dicapai, tetapi membawa kesenangan untuk mencobanya} maka Wikipedia akan menjadi terhambat jika ada Wikipediawan yang terkesan memiliki artikel sehingga menghalangi revisi yang dapat dianggap buruk secara subjektif oleh Wikipediawan tersebut.

Ketika kontributor telah menjelaskan keterangan berdasar fakta maupun sumber, adakah hal demikian tampak tidak netral? Mohon cooling down dan dahulukan rasionalitas, Ign menuduh saya melanggar WP:RISET dan WP:NETRAL pada topik yang dinilai kontroversial, namun saya hendak meminta pendapat; apakah setiap kalimat di seluruh artikel WBI berdasar pada referensi luar sehingga bebas dari WP:RISET? Selain itu dapatkah artikel yang cenderung "non-netral" (misal artikel Teori evolusi, Kesenjangan ekonomi, Kapitalisme, dsb.) untuk sepenuhnya menjadi netral ketika secara eksplisit menunjukkan kecenderungan kepada salah satu kubu pandangan.

Kalaupun terdapat isi artikel yang tidak sesuai, bukankah "setiap halaman di Wikipedia adalah upaya kolaborasi bersama yang harus dibangun dengan niat baik dan etika dari tiap kontributor" sekalipun anda yang merasa kontra terhadap isi artikel, tentu anda dapat menulis ulang ataupun anda menambah referensi pembanding disertai pernyataan sanggahan misal; "walaupun demikian,...." ; "akan tetapi,....." sehingga artikel kontroversial tampak lebih produktif serta berimbang, tanpa harus menghambat peran Wikipediawan yang ingin berkontribusi lebih.

(Prinsip Wikipedia:sudut pandang netral adalah sebuah kebijakan yang sulit untuk dipahami, bahkan bagi para wikipediwan dan wikipediwati kawakan. Memang kita semua kadangkala silau karena kepercayaan atau idealisme kita. Meski hal ini disayangkan, hal ini bukanlah vandalisme.) dengan demikian, kebijakan yang masih "rumit" secara logis tidaklah berkaitan dengan keharusan pemblokiran.)

Sekiranya saya menuduh rollbacker terlalu memaksakan argumen subjektif maka perhatikan kembali prinsip Wikipedia:Tiga kali pengembalian : "Gunakanlah akal sehat, jangan menciptakan perang suntingan." lalu siapakah yang tidak mendahulukan common sense dalam kasus ini? apakah kontributor yang berusaha memperbaiki artikel ataukah pengembali revisi yang berkeras membatalkan revisi bahkan menuduh secara subjektif? bukankah tampak aneh ketika secara tidak sadar terdapat ribuan atau bahkan jutaan wikipediawan lain yang bisa berlainan argumen dalam hal subjektivitas.

Apabila dinilai ada kekurangan pada suntingan-suntingan saya; maka saya mempertanyakan: apakah semua artikel di Wikipedia harus '100% sempurna'? atau apabila anda merasa kesal terhadap isi artikel-artikel tertentu, maka silakan memahami pesan berikut:

"Kesal karena isi suatu artikel. Wikipedia bukanlah karya yang telah selesai. Wikipedia akan selalu menjadi karya yang sedang dalam proses. Mohon toleransinya akan artikel-artikel yang tidak sempurna, dan bantulah menyempurnakan suatu artikel."

"Dari pada melakukan pengembalian, orang-orang yang berselisih seharusnya secara kooperatif mencari metode kompromi, atau cara penulisan pernyataan lain. Walaupun suntingan yang dibuat dengan semangat kolaboratif membutuhkan waktu dan pikiran yang lebih banyak dibandingkan dengan pengembalian secara refleks, hal ini lebih menjamin terbentuknya artikel yang dapat memuaskan semua pihak serta lebih objektif."

Solusi untuk masalah tag di artikel kontroversial yang "non-netral." sekiranya menganggap artikel tersebut tidak netral bukankah lebih masuk akal untuk menaruh tag sengketa netralitas pada artikel terkait dibanding memasang tag yang tidak semestinya (misal tag ref improve ketika artikel sudah menyediakan berbagai sumber yang valid.)

Mengingat kebijakan dan pedoman:

Wikipedia:Pengembali revisi
"...Untuk B, jangan memblokir tanpa kesempatan membela diri, baik penyunting baru (jangan digigit), maupun penyunting lama (asumsikan niat baik)."

"Jangan jatuh terhadap godaan untuk mengembalikan, kecuali Anda hendak mengembalikan vandalisme yang sangat terang-terangan (seperti "LALALALAL*&*@@THIS_SUX0RZsammygoo", atau ada yang mengubah "4+5=9" menjadi "4+5=30")."

"Hindari pembalikan dan penghapusan jika memungkinkan, kecuali dalam kasus vandalisme. Jelaskan alasan pembalikan yang Anda lakukan pada ringkasan penyuntingan.
Ingatkan diri Anda bahwa Anda berurusan dengan manusia lain. Akan ada orang lain di dunia ini yang senang atau menyayangi orang tersebut. Perlakukanlah orang lain dengan hormat."

Sesuai kebijakan Wikipedia, Pengurus harus terlebih dahulu memberi alasan jelas dan spesifik sewaktu memblokir sehingga kontributor terkait dapat mengerti, akan tetapi saya tidak memahami tentang "pemblokiran selama satu bulan" hingga saya menganggap Erik Fastman seakan terburu-buru mendahulukan tuntutan subjektif dari Ign christian maupun masalah seukuran "menghilangkan tag" seolah-olah setara dengan masalah vandalisme tingkat berat.

Wikipedia:Penyelesaian_perselisihan
"Fokuskan kontribusi Anda ke artikel lain yang memungkinkan Anda membuat kemajuan konstruktif {memperbaiki kualitas/menambah isi maupun referensi}. Hindari kembali ke halaman yang menimbulkan perselisihan. Hal ini akan mengurangi simpati orang lain terhadap Anda dan akan menghambat Anda menggunakan tahapan selanjutnya untuk penyelesaian perselisihan. Sebaliknya, diskusi yang berkelanjutan dan negosiasi serius antar pihak-pihak yang terlibat, bahkan jika tidak seketika juga berhasil, menunjukkan bahwa Anda berniat untuk mencari pemecahan yang sesuai dengan kebijakan Wikipedia."

Dibanding melakukan pemblokiran didasari subjektivitas, mohon kiranya pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia dapat mempertimbangkan penindakan secara objektif ataupun mencabut blokir akun saya sesuai dengan kebijakan dan pedoman yang berlaku di Wikipedia Bahasa Indonesia untuk solusi yang lebih baik.

-- Saya mewakili akun MusenInvincible.

Terima kasih. - MusenInvincible (bicara) 11 Agustus 2016 03.33‎ (UTC)[balas]

Diskusi

Saya secara pribadi akan membuka blokir dari akun MusenInvincible, namun saya meminta kepada pihak yang terkait (MusenInvincible serta Ign christian) agar tidak diperkenankan menyunting artikel yang sedang dipermasalahkan untuk sementara waktu hingga masalah ini dapat diselesaikan atau disepakati. Saya juga mengundang para pengurus dan pengguna lainnya untuk memberikan pendapat. Salam. — Bonaditya (bicara) 11 Agustus 2016 13.50 (UTC)[balas]

Sepakat. Terima kasih untuk Bonaditya yang menengahi hal ini. ꦱꦭꦩ꧀Bennylin omong 12 Agustus 2016 - 09:29 WIB
Saya mengucapkan banyak terima kasih untuk bantuan Pengurus WBI Bonaditya yang telah bersedia menyelesaikan permasalahan ini. Mohon pemakluman apabila saya telah memberi penjelasan yang cukup banyak, semoga hal demikian tidak terulang di kemudian hari.
Salam. - MusenInvincible (bicara) 12 Agustus 2016 12.45‎ (UTC)[balas]

Pong Tiku

Bagi para Wikipediawan, terutama yang dari Sulawesi, adakah yang bersedia memotret & mengunggah entah itu gambar, lukisan, patung, monumen, ukiran gambar, atau semacamnya yang berkaitan dengan Pong Tiku. Pasalnya artikel tersebut pada Hari Pahlawan kedepan bakalan ditayangin di Halaman Utama. Oh ya, selain itu mengunggahnya ke Commons ya & berlisensi bebas alias tidak terikat hak cipta --What a joke (bicara) 12 Agustus 2016 07.42 (UTC)[balas]

Bagaimana menjadi kontributor?

Halo saya danu, dan saya ingin memposting tugas untuk kumpulan dokter endometriosis. Bagaimana saya dapat memulainya?

Saya menjamin materi saya baru, dan apabila sudah ada yang posting sebelumnya saya dapat berkolaborasi dengan menambahkannya. Terima kasih Danulagi (bicara) 18 Agustus 2016 02.12 (UTC)[balas]

Danulagi (bicara) 18 Agustus 2016 02.12 (UTC)[balas]

@Danulagi: Silakan Anda membaca halaman tutorial terlebih dahulu, lalu setelah itu kunjungi halaman ini jika Anda ingin membuat artikel untuk pertama kalinya. Salam. — Bonaditya (bicara) 19 Agustus 2016 05.00 (UTC)[balas]

2 Pengguna yang sama

Coba dilihat/periksa pengguna atas nama Ahmad Afandi (Aktor) (bicara) dan Hening Widya Pengestu (bicara) berdasar ini Trimakasih Murbaut (bicara) 19 Agustus 2016 04.24 (UTC)[balas]

@Murbaut: Mohon buatkan permohonannya terlebih dahulu di halaman ini, agar ada bukti otentiknya. Salam. — Bonaditya (bicara) 19 Agustus 2016 05.00 (UTC)[balas]

Arsip Juli 2016

ESEA Newsletter June 2016

ESEA Newsletter Header
ESEA Newsletter Header

ESEA Newsletter is out! Check out some amazing work done by Wikimedia Communities in East and Southeast Asia! Here is the summary of the Newsletter.

  • What is Affiliations Committee and how ESEA is related with it? ESEA editors interviewed one of the members Ting Chen on Wikimedia Conference 2016.
  • Wikimedia Indonesia brings the news on Sundanese Wikipedia community held a Wikipedia writing competition, and one participant who was only 12 years old managed to edit 118 articles using a 4-inch smartphone, using source editor!
  • Wikimedia Taiwan invites parliament members to take open licensed photo, 38 out of 113 congresspeople have participated in this event.
  • Wikimedians in Thailand organised two meetups in March 2016 at Mahidol University International College. They gathered around 30 new editors, including a visually impaired student.
  • One of Wikimedia Hong Kong members was invited to give a presentation about building up an Arts database in Asia on Wikipedia, and the Ministry of Culture in Taiwan expressed their interest to cooperate with us in order to establish the database.

MediaWiki message delivery (bicara) 3 Juli 2016 17.52 (UTC)[balas]

Ichcha dan Tapasya & Uttaran

Saya mau tanya, apakah artikel Ichcha dan Tapasya & Uttaran harus digabung atau tetap dipisah. Pasalnya kedua artikel tersebut berasal dari sebuah serial TV yang sama hanya saja dibagi jadi 2 serial oleh antv dengan yang satu (Ichcha dan Tapasya) khusus berkisah tentang masa kecilnya dan yang satunya lagi (Uttaran) khusus berkisah tentang masa dewasanya. --Erik Fastman (bicara) 13 Juli 2016 10.34 (UTC)[balas]

Gabung Gabungkan Saya perhatikan, untuk masalah ini, Anda dapat menambahkan perihal Ichcha dan Tapasya berikut sumbernya ke artikel Uttaran. Nantinya, Anda dapat mengalihkan artikel Ichcha dan Tapasya ke artikel Uttaran. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 14 Juli 2016 14.01 (UTC)[balas]

Revisi tertunda

Dear Admin dan kontributor. Saya lihat ada revisi tertunda pada artikel tentang darah. Yang mau saya tanyakan:

  1. Bagaimana cara mengajukan perubahan agar segera ditindaklanjuti perubahan pada artikel ?
  2. Siapa yang berwenang memeriksa penambahan dan perubahan pada artikel dan memberi status artikel telah diperiksa

Mohon maaf pertanyaan dasar, saya anggota baru di wiki Indonesia ini, Terima kasih. MTG Wiki (bicara) 15 Juli 2016 03.35 (UTC)[balas]

Anda dapat mendatangi halaman pembicaraan editor atau pengurus untuk meminta validasi atas revisi tertunda. Yang berwenang memeriksa revisi tunda adalah editor dan pengurus. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 15 Juli 2016 14.27 (UTC)[balas]

Wiki-Indonesia di Wikipedia Ukraina

Halo semua, @Mimihitam: @Johnstad Di Maria:, Wikipediawan Ukraina berencana membuat artikel bertopik Indonesia. Kalau ada usulan artikel untuk dibuat di Wikipedia Ukraina (banyak sekali artikel yang belum ada), silakan ditambahkan ke uk:Вікіпедія:Проект:Тематичний тиждень/Тиждень Індонезії#За запитом користувачів із Індонезії / Request from Indonesia Community atau ke halaman pembicaraan saya untuk saya masukkan.

Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 04.53 (UTC)[balas]

@Beeyan apakah dari Ukraina sendiri ada request? Mungkin kita perlu buat halamannya juga?  Mimihitam  15 Juli 2016 09.10 (UTC)[balas]
Sudah saya buatkan di Wikipedia:Bulan Ukraina Wikipedia, @Mimihitam:, bantu untuk lihat dan perbaiki ya :) --Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 09.15 (UTC)[balas]

Ada apa dengan Stephensuleeman ?

Ada apa gerangan, kenapa Stephensuleeman menghapus halaman Mermaid In Love, Uttaran, Young Lex(kecuali yang Young Lex yang saya lihat memang melanggar A7) yang jelas-jelas suntingannya banyak tapi dihapus padahal masalahnya hanya isinya saja yang divandal ? Bukannya harusnya bila suntingannya ngawur harusnya dicek terlebuh dahulu riwayat suntingannya untuk mengecek apakah itu hanya divandal atau memang jelas-jelas ngawur. --Erik Fastman (bicara) 25 Juli 2016 15.10 (UTC)[balas]

Di mana Wikipos?

Sudah bertahun-tahun semenjak pos terakhir dari Wikipos. Aku sendiri baru tahu kalau WBI punya Wikipos. Ada apa gerangan? Mengapa tidak ada pos lagi? Muhammad Rifqi Priyo Susanto (bicara) 27 Juli 2016 15.16 (UTC)[balas]

Arsip Juni 2016

Pendapatnya

Mohon pendapatnya diWikipedia:Petisi penghapusan berkas tidak bebas untuk tokoh. Terima kasih. Enrique Que (bicara) 2 Juni 2016 02.50 (UTC)[balas]

Suaranya

Bisakah para pengguna Wikipedia yang terhormat memberikan suaranya pada petisi Wikipedia:Petisi penghapusan berkas tidak bebas untuk tokoh? – komentar tanpa tanda tangan oleh 36.68.33.254 (bk).

Penghapusan artikel secara semena-mena

Dear admin/pengurus,

Saya hanya ingin memberitahu bahwa saya kecewa dengan wikipedia indonesia karena arogansi penyunting yang tanpa pemberitahuan sebelumnya langsung menghapus artikel saya. Saya tahu artikel saya belum sempurna, tapi alangkah baiknya jika ada pemberitahuannya.

Sefi3qunix (bicara) 27 Juni 2016 08.38 (UTC)sefi[balas]

Boleh tahu artikel mana yang dimaksud? Muhraz (bicara) 27 Juni 2016 15.34 (UTC)[balas]
Sepertinya yang ini --Erik Fastman (bicara) 28 Juni 2016 05.59 (UTC)[balas]

Arsip Mei 2016

Pengguna anonim

Kenapa Wikipedia tidak mengijinkan lagi pengguna anonim membuat artikel baru? Bukankah artikel ke-100.000 Wikipedia Bahasa Indonesia dibuat oleh pengguna anonim? – komentar tanpa tanda tangan oleh 180.241.169.71 (bk).

Iya betul artikel ke-100.000 dibuat oleh pengguna anonim. Per keputusan komunitas tahun 2009 ini (WP:NOANON), Wikipedia bahasa Indonesia tidak lagi mengizinkan pengguna anonim mebuat artikel karena banyaknya artikel buatan pengguna anonim berupa uji coba ataupun vandalisme, dan juga karena pengurus yang kewalahan memeriksa semua perubahan tersebut. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 Mei 2016 15.06 (UTC)[balas]
Kenapa tidak jumlah pengurusnya saja yang ditambah? – komentar tanpa tanda tangan oleh 125.165.97.21 (bk).
Penambahan jumlah pengurus sebenarnya tidak akan mengubah keadaan. Saya perhatikan, hanya sedikit pengurus yang menyunting WBI dalam sehari. Harap maklum bahwa pengurus juga memiliki kesibukan di dunia nyata, jadi tidak mungkin kalau pengurus mengawasi WBI seharian penuh. Pengguna-pengguna lain juga demikian.
Catatan: Harap bubuhkan tanda tangan Anda setiap kali menuliskan pesan di Warung Kopi. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 5 Mei 2016 15.06 (UTC)[balas]

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── Sebenarnya Wikipedia tidak memaksakan Anda untuk menggunakan nama asli ketika mendaftar, boleh pakai nama samaran asalkan sesuai dengan ketentuan. Menurut saya, menyunting dengan tidak masuk log (anonim/alamat IP) cukup riskan karena alamat IP dapat digunakan untuk melacak posisi Anda maupun perangkat yang Anda gunakan. Dengan membuat akun, sebenarnya alamat IP Anda akan disamarkan oleh nama pengguna yang Anda pakai, akibatnya orang lain tidak akan mengetahui alamat IP Anda. Selain itu masih banyak keuntungan lain jika mendaftar di Wikipedia, silakan baca di sini. Salam. — Bonaditya (bicara) 6 Mei 2016 23.48 (UTC)[balas]

Hm, maaf, sepertinya Anda salah menjawab pertanyaan. Anon tersebut menanyakan mengapa Wikipedia melarang anon untuk membuat artikel baru, bukannya masalah pemilihan nama pengguna saat mendaftarkan diri. Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 7 Mei 2016 15.00 (UTC)[balas]
Maksud saya begini, mengingat pengguna anonim tidak bisa membuat artikel dan harus mempunyai akun, maka saya sarankan untuk mendaftarkan diri. Saya ingat ada yang pernah bertanya kepada saya ketika melakukan pelatihan penyuntingan Wikipedia, "Apakah di Wikipedia harus menggunakan nama asli ketika mendaftar?", maka saya jawab tidak. Saya berusaha untuk menghilangkan anggapan bahwa mendaftar di Wikipedia harus menggunakan nama asli, begitu saja. Bonaditya (bicara) 8 Mei 2016 01.11 (UTC)[balas]
A-ah, saya paham maksud Anda. Sebelum saya menanggapi jawaban Anda, sebenarnya saya sudah tahu maskud Anda itu apa. Tanggapan saya lebih mengarah kepada yang membaca halaman ini agar tidak salah paham. Maklum, bagi sebagian (besar) yang lain, ketika membaca jawaban Anda, mereka menjadi tidak paham dan malah menganggap Anda salah jawab... Hanamanteo Halaman pembicaraan saya 8 Mei 2016 06.10 (UTC)[balas]

Sekilas info

Sepertinya sekarang Lsjbot (yang bertanggung jawab atas jutaan artikel di wiki Swedia dan Cebuano) mulai beraksi dengan membuat artikel tentang desa-desa di Indonesia: ceb:Kategoriya:Mga subdibisyon sa Provinsi Jawa Tengah – komentar tanpa tanda tangan oleh Mimihitam (bk).

Ya, tapi sepertinya bot itu tidak melakukan penginterwikian terhadap laman Wikidata yang telah ada. --Erik Fastman (bicara) 6 Mei 2016 09.58 (UTC)[balas]

Permasalahan dengan PecintaKpop

Begini, pada awalnya seorang anon yang meminta penghapusan berkas. Namun ternyata saya melihat bahwa ia meminta penghapusan berkas-berkas dengan cara menghapus berkas tersebut dari artikel-artikel asalnya terlebih dahulu. Karena saya kepikiran dengan kejadian yang dulu, maka saya langsung memblokir anon tersebut dengan alasan Vandalisme & melakukan pengembalian suntingan yang dibuat oleh anon tersebut. anon lainnya datang dan melakukan pembalikan revisi terhadap pengembalian suntingan saya dan saya blokir juga tuh anon tersebut. Lalu datanglah si PecintaKpop dan melakukan hal yang sama dengan kedua anon tersebut.

Kemudian saya cek berkas-berkas yang diminta untuk dihapus oleh anon yang pertama (yang merupakan poster-poster dari singel-singelnya BoA) sebetulnya juga dipakai di en.wiki tapi dengan judul berkas yang berbeda & ada sumber & lisensinya (berbeda dgn yg di WBI yang tidak ada sumber & lisensinya) Kemudian saya menjelaskan ke PecintaKpop begimana kalo menjadi berkas-berkas tersebut dipindahkan saja ke judul yang dipakai di en.wiki. Eh, si PecintaKpop-nya malah meminta saya dan Kenrick untuk memblokir dia selamanya. Tak hanya itu, dia menarik semua BintangWiki yang pernah ia berikan kepada saya dan memberikan pernyataan pengunduran diri di halaman pembicaraannya.

Nasi sudah menjadi bubur, nila setitik rusak susu sebelanga. Nggak enak juga jadinya, gara-gara kejadian ini kita jadi kehilangan satu pengguna aktif yang setiap harinya membuat artikel yang bertopik K-pop & Korean Wave serta pengguna yang bisa diminta vote untuk pengusulan AP, AB, GA, & DP, setelah sebelumnya kita kehilangan SamanthaPuckettIndo & Bona Kartono/Aldo samulo. Jadi, begimana nih tanggapannya para Wikipediawan/wati ? --Erik Fastman (bicara) 10 Mei 2016 08.39 (UTC)[balas]

Mungkin Erik akan tertarik melihat en:User_talk:Mimihitam#Hapus untuk mengetahui siapa pelakunya. Dari pola suntingan dll kelihatan orangnya sama  Mimihitam  10 Mei 2016 09.05 (UTC)[balas]

Maksud Anda Aldo samulo = PecintaKpop ? Setau saya Aldo samulo dulu minatnya bukan Korea deh, atau Aldo samulo ganti style pada tahun-tahun terakhir dengan beralih minat ke Korea. Tapi emang sih kalau dilihat dari tenggang waktu keberadaan Aldo samulo dengan siluman-silumannya (Bona Kartono, Maharaja Wiki & Aldonymous) yang berakhir pada 2014, memang terlihat kalau PecintaKpop baru muncul pada tahun berikutnya, yakni 2015. Oh ya, tapi ngomong-ngomong soal Aldo samulo, ternyata akun utamanya diam-diam mengembangkan proyek WikiVoyage Indonesia yang masih ada di Incubator lho --Erik Fastman (bicara) 10 Mei 2016 11.53 (UTC)[balas]

@Erik Fastman: Koreksi: Pengguna:Aldnonymous itu bukan Aldo.
Saya pernah "menjebak" beberapa akun yang saya rasa merupakan silumannya, sayangnya investigasi ini belum dilanjutkan oleh Pemeriksa.
Dari pola-pola penyuntingannya, saya cukup yakin bahwa mereka (pengguna terdaftar (PecintaKpop, dll.) maupun pengguna anon) merupakan Aldo samulo. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 Mei 2016 14.17 (UTC)[balas]
Coba saya bantu panggilkan: Meursault2004, Bennylin, Mimihitam, dan Aldnonymous. — Bonaditya (bicara) 10 Mei 2016 14.50 (UTC)[balas]
Sedikit meluruskan, Aldnonymous itu bukan Aldonymous. Anbu (bicara) 10 Mei 2016 16.13 (UTC)[balas]
Psst psst saya bukan Aldo, btw maaf tidak bisa online akhir akhir ini sibuk irl+kecelakaan masuk rumah sakit (untung gw masih hidup).--AldNonBicara? 25 Mei 2016 16.54 (UTC)[balas]
btw akun siluman = akun samaran ya :), Bung roy cepet sembuh. Murbaut (bicara) 28 Mei 2016 13.09 (UTC)[balas]

Blokir

Sebaiknya anda memblokir akun saya untuk selamanya. Karena saya dituduh sebagai pengguna siluman dan selain itu saya sangat sibuk di dunia nyata sehingga tidak akan sempat lagi menyunting di Wikipedia. Walaupun saya bukan pengguna siluman saya akan menerima semua tuduhan saya sebagai pengguna siluman dan anggap saja saya pengguna siluma karena di saya melihat di warung kopi saya telah "dijebak disini" oleh salah satu pengurus agar dianggap sebagai pengguna siluman dari akun lainnya. Dan berikut kata-kata beliau di Warung Kopi "Saya pernah "menjebak" beberapa akun yang saya rasa merupakan silumannya, sayangnya investigasi ini belum dilanjutkan oleh Pemeriksa. Dari pola-pola penyuntingannya, saya cukup yakin bahwa mereka (pengguna terdaftar (PecintaKpop, dll.) maupun pengguna anon) merupakan Aldo samulo. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 10 Mei 2016 14.17 (UTC)". Walaupun saya mungkin tidak melakukan kesalahan tapi anggap saja semua tuduhan dari jebakan itu benar dan saya menerimanya. Jadi saya bersedia untuk diblokir selamanya. Terima kasih. LionWhiteKnight (bicara) 11 Mei 2016 08.04 (UTC)[balas]

Minggu atau bulan tematis Indonesia di Wikipedia bahasa Ukraina

Halo semua, Wikimedia Ukraina mengabarkan jika mereka tertarik membuat minggu atau bulan tematis terkait Indonesia. Kira-kira pada tertarik untuk membuat hal yang sama untuk minggu atau bulan tematis Ukraina? Beeyan (bicara) 14 Mei 2016 02.08 (UTC)[balas]

Boleh saja, bisa dibuat event pembuatan dan perbaikan artikel tentang Ukraina.  Mimihitam  14 Mei 2016 20.56 (UTC)[balas]
@Mimihitam:, Wikipediawan Ukraina sudah buat nih uk:Вікіпедія:Проект:Тематичний тиждень/Тиждень Індонезії --Beeyan (bicara) 15 Juli 2016 04.46 (UTC)[balas]

A new "Welcome" dialog

Hello everyone. Apologies for using English on this page. Tolong bantu terjemahkan ke bahasa Anda. Terima kasih!

This is a heads-up about a change which is going to be announced in Tech News: Add the "welcome" dialog (with button to switch) to the wikitext editor.

In a nutshell, this will provide a one-time "Welcome" message in the wikitext editor which explains that anyone can edit, and every improvement helps. The user can then start editing in the wikitext editor right away, or switch to the visual editor. (This is the equivalent of an already existing welcome message for visual editor users, which suggests the option to switch to the wikitext editor. If you have already seen this dialog in the visual editor, you will not see the new one in the wikitext editor.)

  • I want to make sure that, although users will see this dialog only once, they can read it in their language as much as possible. Please read the instructions if you can help with that.
  • I also want to underline that the dialog does not change in any way current site-wide and personal configurations of the visual editor. Nothing changes permanently for users who chose to hide the visual editor in their Preferences or for those who don't use it anyway, or for wikis where it's still a Beta Feature, or for wikis where certain groups of users don't get the visual editor tab, etc.
    • There is a slight chance that you see a few more questions than usual about the visual editor. Please refer people to local documentation or to the feedback page, and feel free to ping me if you have questions too!
  • Finally, I want to acknowledge that, while not everyone will see that dialog, many of you will; if you're reading this you are likely not the intended recipients of that one-time dialog, so you may be confused or annoyed by it—and if this is the case, I'm truly sorry about that. Please feel free to cross-post this message at other venues on this wiki if you think it will help avoid that users feel caught by surprise by this change.

If you want to learn more, please see https://phabricator.wikimedia.org/T133800; if you have feedback or think you need to report a bug with the dialog, you can post in that task (or at mediawiki.org if you prefer).

Thanks for your attention and happy editing, Elitre (WMF) 15 Mei 2016 12.47 (UTC)[balas]

Maaf ya numpang nanya lan ngabari

Nih langsung saja, saya ingin memberitahu. Bagi yang punya akun di map-bms tulung partisipasinya ya disini . Jika pesan ini ngganggu bisa direvert. Bagi pengurus saya minta izin ya erik, bona dan yang lainnya. Murbaut (bicara) 28 Mei 2016 12.48 (UTC)[balas]

Arsip April 2016

Komunitas Wikipediawan Padang

Halo semua Wikipediawan!

Saya mewakili Wikipediawan di kota Padang memberi kabar bahwa telah terbentuk komunitas Wikipediawan Padang pada Sabtu, 16 April 2016 - pukul 10.36 WIB di Business Center Universitas Andalas.

Saya ingin mengundang para Wikipediawan yang aktif maupun yang baru bergabung di Wikipedia untuk menghadiri pertemuan berikutnya. Pertemuan berikutnya akan diisi dengan membahas jalan yang akan ditempuh berikutnya serta tentu saja kegiatan menyunting bersama. Acara ini nantinya akan digelar pada

Jumat, 29 April 2016, pukul 14.00 - selesai WIB
Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumatera Barat
JL. Diponegoro, No. 4, Padang (Lihat Peta)

Untuk itu kami juga meminta tolong kepada sanak-sanak yang berada di grup ini untuk membatu penyampaian informasi kepada Wikipediawan yang berada di Sumatera Barat.

Kami tunggu kehadiran Anda di acara ini!

Terimakasih,

Salam,

Faishal Wafiq Zakiy (bicara) 17 April 2016 04.57 (UTC)[balas]

Wah selamat! Mudah-mudahan kalau lagi pulang kampung saya bisa ikut hadir di pertemuannya. Gombang (bicara) 17 April 2016 06.26 (UTC)[balas]
@Pengguna:Gombang Kehadiran Uda Gombang selalu dinanti Faishal Wafiq Zakiy (bicara) 18 April 2016 04.33 (UTC)[balas]
Tahniah! Apakah setuju jika ini diumumkan di media sosial Wikipedia bahasa Indonesia? — Bonaditya (bicara) 17 April 2016 12.43 (UTC)[balas]
@ Pengguna:Bonaditya Tentu saja setuju mas Pengguna:Bonaditya Faishal Wafiq Zakiy (bicara) 18 April 2016 04.33 (UTC)[balas]

👍Suka  Mimihitam  18 April 2016 05.28 (UTC)[balas]

Saya menyarankan agar ini dibuat halaman tersendiri, misalnya di Wikipedia:Kopi darat sebelum diumumkan di media sosial. Bagaimana menurut rekan sekalian? — Bonaditya (bicara) 22 April 2016 13.20 (UTC)[balas]
Silakan, lamannya sudah dibikin Gombang (bicara) 28 April 2016 05.04 (UTC)[balas]

Kampanye presidensial

Saya lihat menjelang pemilihan presiden 2016 AS & Filipina, dibuat tuh halaman kampanye presidensial: en:Donald Trump presidential campaign, 2016 & en:Rodrigo Duterte presidential campaign, 2016

Kalo tau gitu, kenapa nggak disini nggak dibikin aja ya halaman kampanye presidensial Joko Widodo 2014 & kampanye presidensial Prabowo Subianto 2014 --Erik Fastman (bicara) 21 April 2016 01.07 (UTC)[balas]

Silakan dibuat, Mas Erik. Muhraz (bicara) 21 April 2016 03.44 (UTC)[balas]
Istilah presidensial terasa aneh, mungkin kepresidenan? Ah, terasa aneh juga. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 21 April 2016 04.22 (UTC)[balas]

Undangan Wikipedia bahasa Minang 2016

Yth rekan-rekan, anda semua diundang untuk turut berpartisipasi dalam pemilihan Pengguna:Algazel sebagai pengurus di Wikipedia bahasa Minang (WpMin), di halaman ini. Hal ini dalam rangka menambah jajaran pengurus, yang saat ini hanya terdiri dari tiga orang saja. Terima kasih atas kontribusinya dalam pengembangan WpMin. Salam, Naval Scene (bicara) 21 April 2016 07.13 (UTC)[balas]

Pembenahan

Bagian halaman artikel HAGOROMO OTSUSUKI kurang lengkap bisakah di buat lebih lengkap . shadowlands (bicara) 6 April 2016 04.10 (UTC)[balas]

Ini tempat usulan, bukan tempat request. Lagipula Anda bisa mengembangkannya sendiri. Anbu (bicara) 29 April 2016 12.29 (UTC)[balas]

Arsip Maret 2016

Support request

User:AnnisaSylvia needs your help, as explained here. Please keep the conversation here or in another meaningful venue, thanks, I'm going to close that topic soon. --Elitre (WMF) (bicara) 9 Maret 2016 10.55 (UTC)[balas]

@Elitre (WMF): Thanks for informing us. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 9 Maret 2016 13.50 (UTC)[balas]

@AnnisaSylvia: Halo, dari percakapan di forum tersebut, sepertinya pranala yang akan Anda masukkan termasuk dalam salah satu dari daftar hitam URL spam kami. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 9 Maret 2016 13.50 (UTC)[balas]

Undangan acara peluncuran "Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia"

Halo semua Wikipediawan!

Saya mewakili Wikimedia Indonesia ingin mengundang para Wikipediawan yang aktif maupun yang baru bergabung di Wikipedia untuk menghadiri acara peluncuran "Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia". Diharapkan setelah acara peluncuran buku panduan menyunting ini para Wikipediawan, terutama yang baru, dapat memiliki pedoman dalam menyunting artikel di Wikipedia. Acara ini nantinya akan diadakan pada

Kamis, 31 Maret 2016, pukul 11.00-15.00 WIB
Goethe-Institut Jakarta
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 9-15, Menteng, Daerah Khusus Ibu kota Jakarta 10350, Indonesia

dengan detail acara sebagai berikut:

Hari, tanggal Sesi Pukul Rincian acara Lokasi
Kamis, 31 Maret 2016 I 11.00–12.00 WIB Peluncuran "Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia" Perpustakaan Goethe-Institut Jakarta
II 13.00–15.00 WIB Menyunting Wikipedia bahasa Indonesia

Apabila Anda tertarik hadir ke acara tersebut di atas, mohon mengisi formulir berikut. Karena tempat terbatas, saya sarankan agar segera mendaftar dan nanti kami akan menginformasikan kesediaan tempat bagi Anda.

Acara ini akan dibagi dalam dua sesi:

  1. Peluncuran "Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia", dan
  2. Praktik langsung menyunting di Wikipedia bahasa Indonesia

Kami tunggu kehadiran Anda di acara ini!

P.S.: Untuk detail lengkap mengenai acara, silakan kunjungi pranala berikut ini atau halaman di Wikimedia Indonesia.

Salam, ··· 👦 Rachmat04 · 💬 10 Maret 2016 03.42 (UTC)[balas]

@Rachmat04: Aku mau tanya apa "Buku Pedoman I: Menyunting Manual Wikipedia Bahasa Indonesia" nantinya bisa dibeli secara umum, kalau bisa dimana belinya? Farizkang (bicara) 11 Maret 2016 07.11 (UTC)[balas]
@Farizkang: Buku ini nantinya akan tersedia secara terbatas di acara tersebut. Jika Anda dapat hadir, silakan mengisi formulir di atas. Buku itu juga tersedia dalam bentuk pdf yang dapat diperoleh di sini. Trims, ··· 👦 Rachmat04 · 💬 11 Maret 2016 08.31 (UTC)[balas]
@Rachmat04: Apakah sudah bisa didownload atau harus menunggu peluncuran dulu? Farizkang (bicara) 12 Maret 2016 09.09 (UTC)[balas]
@Farizkang: Sudah dapat diunduh, kok, tanpa harus menunggu peluncuran. Peluncuran nanti hanya untuk meresmikan bahwa pihak Wikimedia telah selesai mengompilasikan buku pedoman penyuntingan ini. ··· 👦 Rachmat04 · 💬 12 Maret 2016 10.58 (UTC)[balas]
@Rachmat04: Rencana peluncuran Buku Pedoman II kapan? Hehe maaf kalau aku tanya mulu. Farizkang (bicara) 12 Maret 2016 15.34 (UTC)[balas]

──────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────────── @Farizkang: Belum dapat dipastikan sebab bukunya masih dalam finalisasi. ··· 👦 Rachmat04 · 💬 12 Maret 2016 15.41 (UTC)[balas]


Pembaruan terakhir

Untuk pengguna yang ingin memperoleh buku ini secara elektronik, silakan kunjungi halaman ini. Trims, ··· 👦 Rachmat04 · 💬 4 April 2016 13.29 (UTC)[balas]

Berkas-berkas artis Indonesia

Saya melihat banyak artikel-artikel mengenai artis-artis Indonesia entah itu pemeran atau penyanyi yang menggunakan berkas tidak bebas dan berhak cipta yang mungkin tidak mendapatkan ijin. Apakah tidak sebaiknya dihapus saja? Karena Wikipedia Bahasa Inggris sama sekali tidak ada artikel mengenai artis yang tidak bebas dan semuanya menggunakan berkas-berkas yang berasal dari Wikimedia Commons dan kalau tidak ada maka artikel tersebut di Wikipedia Bahasa Inggris sama sekali tidak menampilkan berkas atau fotonya. Apakah tidak sebaiknya Wikipedia Bahasa Indonesia meniru Wikipedia Bahasa Inggris. Terima kasih. – komentar tanpa tanda tangan oleh 36.68.37.131 (bk).

Bajotz

Saya usulkan apa ada filter tentang bajotz jika belum, maka tolong dibuatkan dan kalau bisa ditambah di spam-blacklist AYST201 (bicara) 25 Maret 2016 23.26 (UTC)[balas]

Arsip Februari 2016

ESEA Newsletter January 2016

ESEA Newsletter Header
ESEA Newsletter Header

ESEA Newsletter is out! Check out some amazing work done by Wikimedia Communities in East and Southeast Asia! Here is the summary of the Newsletter.

MediaWiki message delivery (bicara) 1 Februari 2016 14.28 (UTC)[balas]

Sorry, I speak English (or French).

This person has been indicated as dead on 23 february 2016… which is in the future. I guess it's either an error, either spam.

Could you please correct info (that appeared in wikidata), as it is obviously wrong :) – komentar tanpa tanda tangan oleh Hsarrazin (bk).

Arsip Januari 2016

Mengapa kata Traveloka / traveloka.com diblokir ?

Selamat sore, Saya adalah pemilik akun traveloka (resmi). Bermaksud menyunting halaman ini https://id.wikipedia.org/wiki/Traveloka Adapun penyuntingan yang kami maksud adalah agar ada alamat URL homepage kami yang tampil di laman tersebut. Hal ini agar pengguna lebih mudah dan tidak salah. Namun entah mengapa, setiap kami menyuntingnya selalu gagal dengan alasan kata traveloka diblokir/terindikasi spam. Padahal kami tidak melakukan spam dan hanya ingin agar URL resmi traveloka, yaitu traveloka bisa diklik sehingga memudahkan pengguna wiki. Kami tidak ada maksud untuk spamming ataupun berpromosi disini dan bahkan kami akan dengan senang hati jika bisa berkontribusi di Wikipedia ini. Mohon kebijaksanaan pengurus/editor wikipedia agar mempertimbangkan agar menghapus kata traveloka dot com dari blacklist/spammer. Terima kasih atas kerjasama nya, Salam Traveloka (bicara) 21 Desember 2015 10.17 (UTC)[balas]

Halo, salam kenal @Leoraver: ! Nampaknya link situs anda, traveloka.com, terkena blacklist global di seluruh proyek Wikimedia. Nama situs anda tertera disini (bukti). Anda bisa minta penghapusan nama situs anda dari daftar itu disini. Salam, RaymondSutanto (bicara) 3 Januari 2016 16.06 (UTC)[balas]
Telah saya buat permintaannya. [13] ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 Januari 2016 16.07 (UTC)[balas]
Sebenarnya nama Traveloka sendiri tidak boleh digunakan untuk nama pengguna, ini salah satu nama yang dilarang dan seharusnya nama pengguna diganti. Karena pengguna adalah orang perorangan, dan apabila ingin menulis tentang perusahaannya sendiri maka harus pakai disclaimer di halaman pengguna menggunakan nama yang dipilih, bahwa pengguna adalah pegawai traveloka. (Maaf pengurus mustinya mengerti ini @Kenrick)
Untuk Mbak/ Mas Traveloka, Wikipedia tidak mengakui pengguna perusahaan. Nama pengguna Indosat, misalnya, tidak diperbolehkan. Karena Wikipedia bukan direktori perusahaan, dan perusahaan tidak bisa dianggap bertanggung jawab apabila ada postingan salah/ spam/ iklan. Yang dianggap bertanggung jawab adalah orang perorangan. Nama pengguna juga tidak boleh digunakan oleh staf dengan penggunaan berbagi kata sandi, karena nanti tidak diketahui siapa yang bertanggung jawab. Tolong pengurus namanya diblokir dan melalui proses penggantian nama. Serenity (bicara) 19 Januari 2016 20.34 (UTC)[balas]
Pengguna:Traveloka telah mengubah namanya menjadi Pengguna:Leoraver. Kalaupun paragraf pertamanya (tentang klaim akun resmi) diabaikan, permintaannya cukup valid. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 19 Januari 2016 23.26 (UTC)[balas]

Akun palsu

Mohon admin waspadai akun palsu yang baru-baru ini muncul dan menyunting beberapa kali di bak pasir tanpa alasan yang jelas. Dugaan saya, ia ingin agar akun-akun tersebut mendapatkan status pengguna terkonfirmasi otomatis agar dapat memilih di pemilihan pengurus. Dennis Vicarth (bicara) 3 Januari 2016 13.41 (UTC)[balas]

@Dennis Vicarth: Terima kasih atas pemberitahuannya. Sedang diinvestigasi oleh pengurus. Salam, RaymondSutanto (bicara) 3 Januari 2016 16.22 (UTC)[balas]

Diperoleh dari sejarah suntingan di bak pasir, berikut ini adalah nama-nama akun tersebut:

  1. ‎Huntailing (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  2. Gonsal (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  3. Guruguy88 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  4. Ginongpraja (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  5. Gunamas (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  6. Gandis4 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  7. Gundiman (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  8. Gilang70 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  9. Fikoran77 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  10. Flixker (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  11. Enabone (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  12. Enang9 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  13. Edol73 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  14. Dionsum (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  15. Edoy1 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  16. Diyah23 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  17. Enower88 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  18. Dimas78 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  19. Dogel86 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  20. Dyananur66 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  21. Dindalaa11 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  22. Donasintia45 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  23. Doniol1 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  24. Domerakol (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  25. Comalur (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  26. Cimaltuang (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  27. Cungmanao (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  28. Nartina8 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  29. Merauta78 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  30. Selomitha4 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  31. Cantika34 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  32. Dedemila (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  33. Sulio77 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  34. Mikdar17 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  35. Bilyan21 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  36. Bilanba7 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  37. Bonasad.rp (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  38. Bundilan77 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  39. BintangR (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  40. Adus66 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  41. Acung26 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  42. Anurab17 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)
  43. Arza27 (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth)

Nama-nama tersebut kemungkinan masih akan terus bertambah. Salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 4 Januari 2016 05.05 (UTC)[balas]

Kok masih ada saja ya yang seperti ini? Naval Scene (bicara) 4 Januari 2016 09.41 (UTC)[balas]
@Naval Scene: Iya, Pak! Mereka masuk kategori makhluk langka yang sangat dilindungi karena jumlahnya sangat sedikit dan sudah hampir punah di abad ini -- Wagino 20100516 (bicara) 5 Januari 2016 04.13 (UTC)[balas]
@Wagino 20100516:

Ohya saya dapat pesan dari pengguna anonim katanya, saya berbicara sama akun yang dibuat saya sendiri, padahal saya tidak membuat akun ganda. Dan saya menemukan nama diatas mendaftar ke wikipedia bahasa banyumas Lihat ini [14]. Dan saya lihat aktivitas pengguna tersebut tidak ada. Ini harus diperhatiin, saya akan memantau akun tersebut jika tidak ada aktivitas dalam seminggu, saya akan memperingatkannya, jika anda berpendapat untuk memblokir maka saya akan memblokir pengguna tersebut atau untuk meminta steward blok secara global. Salam -- Arifys™ (Bicara) 5 Januari 2016 09.36 (UTC)[balas]

Opini mengenai pemilihan pengurus 2016

Dapat dibaca di Pengguna:Kenrick95/Pemilihan pengurus 2016. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 3 Januari 2016 15.17 (UTC)[balas]

Usul

Saya mengusulkan sebaiknya seluruh berkas tidak bebas yang tidak berasal dari Wikipedia Bahasa Inggris sebaiknya dihapus saja dari Wikipedia Bahasa Indonesia untuk menghindari permasalahan seperti yang mulai muncul pada saat ini di Wikipedia Bahasa Indonesia dan juga kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan bersih-bersih secara besar-besaran dan juga pemeriksaan ulang secara besar-besaran di Wikipedia Bahasa Indonesia. Terima kasih. PecintaKpop (bicara) 5 Januari 2016 04.35 (UTC)[balas]

Mengapa ada berkas yang ada hanya di Wikipedia bahasa tertentu, dan tidak ada di Commons? Menurut saya, salah satunya karena suatu berkas tertentu bisa saja menurut hukum Amerika Serikat tidak legal (jadi tidak bisa ditampilkan di Commons), sedangkan di wilayah tempat penutur Wikipedia bahasa tertentu tersebut, berkas tersebut legal. Contohnya banyak gambar bangunan dan panorama di Indonesia yang dihapus di Commons, namun sebenarnya gambar tersebut tidak bermasalah untuk ditampilkan menurut hukum Indonesia. Salam, Naval Scene (bicara) 5 Januari 2016 05.52 (UTC)[balas]
Maksud saya ada berkas-berkas tidak bebas yang kemungkinan memiliki hak cipta yang dipergunakan di Wikipedia sebaiknya dihapus saja. Sedangkan untuk gambar bangunan dan panorama di Indonesia selama itu berlisensi bebas rasanya tidak masalah. PecintaKpop (bicara) 5 Januari 2016 06.11 (UTC)[balas]
Menurut pemahaman saya, berkas lokal yang ada di Wikipedia bahasa Indonesia, baik yang berasal dari bahasa Inggris, atau bahasa lainnya namun tidak ada di Commons, itu bukan ada alasan lain hanya untuk mengilustrasikan suatu topik, di mana media bebasnya tidak tersedia. Di templat {{fairuse}} sendiri telah dicantumkan dengan jelas bahwa media (yang pasti/mungkin memiliki hak cipta) yang diunggah tersebut digunakan di bawah ketentuan penggunaan wajar dan untuk memberikan gambaran mengenai suatu artikel. Saya mungkin setuju jika gambar tidak bebas tersebut tidak memiliki sumber dan lisensi yang jelas dan juga tidak terpakai di artikel manapun boleh dihapus. Namun jika sumber, lisensinya jelas dan terpakai di artikel rasanya tidak baik untuk dihapus. ··· 👦 Rachmat04 · 💬 5 Januari 2016 08.21 (UTC)[balas]
Yang jadi masalah adalah adanya pengguna anon atau akun palsu yang sangat suka menghapus pranala berkas pada artikel kemudian memberi tag hapus pada berkas dengan alasan tidak digunakan. Dengan demikian berkas yang sebenarnya masih dipakai seakan-akan memang tidak digunakan lagi. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 5 Januari 2016 08.47 (UTC)[balas]
Iya benar, kasus seperti yang disebutkan Bung Wagino 20100516 pernah juga saya jumpai beberapa kali. Memang harus lebih jeli memeriksa dulu riwayat penyuntingan berkas-berkas tersebut, sebelum menghapusnya. Salam, Naval Scene (bicara) 5 Januari 2016 11.57 (UTC)[balas]

Tanya

Para Pengurus yang terhormat saya ingin bertanya apa yang dimaksud oleh Pengguna Wagino 20100516 pada halaman pembicaraan saya dan saya bertanya apa maksudnya tapi tidak pernah ditanggapi oleh pengguna yang bersangkutan. Apa saya tidak normal? Dan kenapa saya dikatakan makhluk langka? Apa kesalahan saya? Ini pernyataan beliau pada halaman pembicaraan saya.

"Makanya anda harus bercita-cita menjadi pengurus agar dapat berkontribusi lebih di proyek ini. Caranya tentu saja anda harus melakukan revolusi mental agar keluar dari kelompok (maaf) makhluk langka dan bergabung dengan makhluk normal lainnya. Saya yakin tidak ada satu pengguna pun yang membenci diri anda di WPID, komunitas di sini hanya tidak menyukai kelakukan anda yang (maaf) tergolong tidak normal. Selain itu saya juga amat sangat yakin 1.000% nasihat ini akan anda abaikan karena saat ini anda masih dalam lingkaran (maaf lagi) makhluk langka tersebut. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 5 Januari 2016 05.20 (UTC)"

Terima kasih. PecintaKpop (bicara) 7 Januari 2016 09.32 (UTC)[balas]

Mungkin Wagino 20100516 dapat memberikan keterangan lebih detail mengenai hal ini? Selain itu, saya ingin menambahkan agar Anda tidak boleh menggeneralisasi bahwa semua pengurus memiliki prasangka buruk terhadap pengguna lain (berdasarkan suntingan Anda di sini). Saya tahu, Anda mungkin merasa sakit hati dengan ybs., namun bukan berarti menilai salah satu dan diterapkan untuk semua. Saya percaya masih banyak pengurus yang ramah terhadap pengguna (saya sendiri masih belajar untuk hal tersebut, hal ini jadi motivasi saya untuk terus lebih baik), dan mau membantu jika ada permasalahan. Salam. — Bonaditya (bicara) 7 Januari 2016 11.37 (UTC)[balas]
FYI. Terima kasih dan salam sejahtera. Wagino 20100516 (bicara) 31 Januari 2016 05.39 (UTC)[balas]

Kepada Yth Pengurus

Assalamu'alaikum wr wb

Kepada pengurus yang saya hormati. Dan telah mengerjakan tugas dengan baik dan bijaksana.


Dengan ini saya mengundurkan diri menjadi pengurus. Namun sama sekali tidak terkait dengan Pengguna Siluman karena saya tidak pernah membuat akun sebanyak itu, biarlah orang berkata apa (seperti pepatah: semakin tinggi kedudukannya semakin banyak celaannya). Dimana saya sekarang sedang fokus untuk ujian semester. Saya minta doa kepada kalian semua semoga lancar. Dan saya juga belum berpengalaman di wikipedia bahasa indonesia dan saya juga akan mengajukan jadi pengurus jika saya sudah pantas, saya hanya mengurus di wikipedia bahasa banyumasan. Saya mengucapkan banyak terimakasih dan salam sejahtera. Mungkin saya tidak aktif 3 bulan dan mengenai kepengurusan di mapbmswp saya sudah ngomong dengan yang mengangkat saya. Pesan saya: Jadilah pengurus yang bijak dan selalu memperhatikan penggunannya (jika pengurus banyak salah itu wajar, karena manusia)

Demikian kami buat pernyataan ini secara sadar dan tanpa paksaan.

Salam

Arifys™ (Bicara) 7 Januari 2016 14.19 (UTC)[balas]

Wassalamu'alaikum wr wb

Semoga ujian semesternya sukses ya. Salam, Naval Scene (bicara) 11 Januari 2016 08.23 (UTC)[balas]

Pasal maraton, saya mau nanya

Assalamu alaikum. Selamat siang, dan semoga kawan-kawan selalu dlm keadaan baik. Apakah di tahun ini tiada maraton artikel kayak tahun-tahun yang kemarin? Tolonglah, rayakanlah. Rindu saya dengan perlombaan itu. --A.A.T. 'Dahler' Het Pontianaksch Volk 8 Januari 2016 07.46 (UTC)[balas]

Untuk soal maraton akan dipertimbangkan terlebih dahulu, mengingat kegiatan pemilihan pengurus masih berlangsung. Menurut hemat saya, kalau maraton diadakan dalam waktu dekat, maka akan memecah konsentrasi kegiatan (pemilihan pengurus atau maraton). — Bonaditya (bicara) 9 Januari 2016 14.05 (UTC)[balas]

Tanya

Bukankah berkas Berkas:Detective Conan Movie 04 - Captured in Her Eyes.jpeg dan Berkas:Detective Conan Movie 05 - Countdown to Heaven.jpeg yang berkaitan dengan film detektif conan yang diunggah oleh pengguna Fariska L. Fikri telah dihapus oleh pengurus? (maaf kalau salah). Karena berkas-berkas tersebut saya lihat tidak memiliki sumber dan lisensi tapi kenapa pengguna Kenrick mengembalikan berkas-berkas tersebut dan memaksa untuk menggunakanannya pada artikel? Dan saya lihat pada artikel-artikel yang terkait pada Wikipedia Bahasa Inggris sudah ada berkasnya sendiri dan saya lihat suntingan anonim itu hanya mengganti nama berkas yang (maaf kalau salah) anda hapus dengan nama berkas dari Wikipedia Bahasa Inggris. Tapi karena pengguna anonim tidak dapat mengunggah berkas jadi kelihatannya saja jadi seperti berkas rusak. Dan saya lihat pengurus Kenrick95 bukan yang pertama kalinya melakukan suntingan seperti ini dan juga pernah melakukan pada halaman New York, New York (film) kalau tidak salah ada sedikit kesalahan nama berkas dan tidak sesuai dengan Wikipedia Bahasa Inggris dan nama berkas di Wikipedia Indonesia sumbernya berkasnya juga salah dan dilindungi mati-matian oleh pengguna Kenrick95 dan sepertinya halaman tersebut akhirnya sedikit diperbaiki nama berkasnya dan berkas yang salah itu dihapus oleh Pengurus Farras. Saya mohon pengurus lainnya untuk memeriksa. Terima kasih. LionWhiteKnight (bicara) 15 Januari 2016 09.31 (UTC)[balas]

Hapus

@Bonaditya: Bisakah anda menghapus halaman PRAGON, Berkas:Detective Conan Movie 04 - Captured in Her Eyes.jpeg dan Berkas:Detective Conan Movie 05 - Countdown to Heaven.jpeg. Terima kasih.

BSH akut

Iseng2 saya buka artikel Israel lewat Wikipedia Mobile, siapa nih yang menuangkan rasa BSH di bagian ringkasan artikel Israel nih ?

Berkas:Screenshot 2016-01-24-10-43-07.png

--What a joke (bicara) 24 Januari 2016 03.47 (UTC)[balas]

Hmm, bagaimana ya cara menyunting caption itu? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 24 Januari 2016 06.55 (UTC)[balas]
 Selesai! Sudah saya perbaiki. FYI: Deskripsi tersebut terletak di Wikidata. — Bonaditya (bicara) 30 Januari 2016 01.52 (UTC)[balas]

Selamat untuk Wikipedia bahasa Jepang yang sudah mencapai 1 juta artikel

Selamat untuk Wikipedia bahasa Jepang yang telah menjadi Wikipedia Asia yang sudah mencapai 1 juta artikel setelah Wikipedia Vietnam, Cebuano, & Waray-Waray !

https://meta.wikimedia.org/wiki/List_of_Wikipedias

As of January 2016, it has over 1,001,000 articles.

--Erik Fastman (bicara) 29 Januari 2016 03.28 (UTC)[balas]

Ayo kita kejar! Hehehe.... Muhraz (bicara) 29 Januari 2016 15.53 (UTC)[balas]
Tepatnya sekitar tanggal/waktu ini. ·· Kℇℵ℟ℑℭK 29 Januari 2016 16.10 (UTC)[balas]
Tabel pada halaman Berita Wikimedia telah saya perbarui pada tanggal 19 Januari 2016. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 30 Januari 2016 10.48 (UTC)[balas]
25rb pengguna Cebuano dan 27 rb pengguna Waray-Waray bisa bikin artikel diatas 1,2 jt itu... wow... adminnya juga cuma 4 dan 2... --Eddy bf (bicara) 30 Januari 2016 10.30 (UTC)[balas]
Yang membuat artikel begitu banyak dan cepat ternyata hanya 1 ekor bot saja yang juga aktif di sv.wp, Mas Eddy! -- Wagino 20100516 (bicara) 30 Januari 2016 10.51 (UTC)[balas]
Kebanggaan semu ya pak.. hehe... --Eddy bf (bicara) 31 Januari 2016 01.23 (UTC)[balas]

Pelatihan Wikidata & Wikibot

Halo semua,
WMID mengundang pembicara dari Inggris & Australia untuk Wikidata dan Wikibot. Pengguna Wikipedia yang aktif nge-bot dipersilahkan datang tanggal 27 Februari dengan mengisi formulir di sini Siska.Doviana (bicara) 31 Januari 2016 14.26 (UTC)[balas]

Jadwal dan keterangan lebih lanjut bisa dilihat di sini Siska.Doviana (bicara) 15 Februari 2016 07.31 (UTC)[balas]